Pages


Rabu, 28 Oktober 2015

Kira kira agan tau alesan kenapa agan diciptakan dan hidup di dunia?









Spoiler for no repost:






Quote:Manusia (kita) diciptakan di dunia dan hidup didalamnya. kalau menurut agama ane, manusia diciptakan untuk jadi khalifah (pemimpin) dimuka bumi. Iya gan, pemimpin. Ya kalau gak mimpin suatu kaum atau umat, minimal mimpin diri sendiri. Tapi ane disini gak ngomongin alasan kenapa manusia diciptakan secara universal, tapi lebih ke personal. Coba renungin gan, kira kira Albert einstein tau alasan dia hidup buat nemuin rumus E=MC2? (gak bisa bikin kuadrat ane ), Apa Eiichiro Oda tau dia diciptain buat nulis komik yang judulnya "One Piece"? Atau Mahatma Gandhi yang bakal jadi pejuang kemerdekaan India?
Persepsi pertama, mereka sebenernya udah tau, karena sebelum mereka lahir, malaikat udah bilang "Einstein, kamu bakal nemuin rumus ini, kamu belajar yang rajin, jangan pilih pilihan yang salah dalam hidup kamu, pikir baik baik sebelum ngambil keputusan". yang secara gak sadar bikin Einstein milih jalan hidup yang bakal bikin dia jadi penemu rumus paling kontroversi .
Persepsi kedua, Anggap Tuhan merahasiakan semuanya, karena, lagilagi menurut agama ane, takdir udah ditentukan dan gak seorang pun tau takdir masing-masing. Alasan kita diciptakan emang berkaitan banget sama takdir, mencari cari alasan kenapa kita diciptakan sama aja kayak mencari tau takdir Tuhan yang udah ditetapkan ke kita.
tapi dengan sangat menyesal gan ane disini gak bakal ngomongin soal takdir, karena takdir menurut ane adalah ketetapan tuhan yang gak bisa dirubah lagi, contohnya: umur, waktu kelahiran, pokoknya yang berkaitan dengan awal dan akhir hidup manusia. alasannya? ya selain waktu kelahiran, umur manusia punya kemampuan untuk "milih" jalan sendiri, walaupun nanti dalam beberapa kesempatan tetap ada beberapa kuasa Tuhan yang berlaku. Dalam proses "pemilihan" itu mungkin Einstein berhasil milih jalan yang bikin dia jadi penemu, atau Oda yang berhasil milih jalan yang ngebawa dia jadi penulis komik terkenal.
Dan kalau kita berpegang pada asumsi kedua anggap aja berarti kita (manusia) memang belum tau alasan kenapa kita diciptakan dan hidup didunia sebelum kita dilahirkan. Paham tentang alasan kenapa kita dilahirkan penting banget. kenapa? analoginya ya sama kayak kita sekolah, kalau kita tau dan paham kenapa kita sekolah ya pasti bakal "do the best" buat bisa berprestasi. Kira kira kita bisa tau gak gan alesannya kenapa kita diciptakan? menurut penerawangan ane di atas genangan kopi hitam ada beberapa hal dulu yang harus kita renungi supaya kita paham sebenernya kita ini diciptakan untuk apa. silahkan disimak dulu




Quote:1. Kebahagian dan Kesedihan Cuma Ilusi



Iya gan, Kebahagian dan kesedihan cuma ilusi. Coba aja search di mbah google gan, si mbah bakal ngasih banyak quote yang berhubungan sama ke-ilusi-annya mereka berdua. mungkin maksudnya gini gan; ketika agan sedih cuma bisa makan pake telor, tetangga sebelah ternyata lebih memprihatinkan, cuma bisa makan pake garem. ketika agan dapet nilai ujian 60, temen agan yang lain ternyata ada yang dapet 50. Ketika agan cuma digaji sejuta sebulan, ternyata masih aja ada orang yang gajinya dibawah agan. See? Betapa ilusinya kesedihan.
Dan kalau kita balik contoh diatas kita dapet gambaran tentang gimana betapa ilusinya kebahagiaan gan; ternyata yang makan pake garem bisa lebih bersyukur daripada yang makan pake telor. yang dapet nilai 50 slow aja kayak di pulau gak stress kayak yang dapet 60. dan yang gajinya dibawah sejuta tetep bisa beli ini itu daripada yang gajinya lebih besar. liat kan?
Terus kalau kebahagian sama kesedihan cuma ilusi, nyang realnya di hidup ini apa gan? ini sih jawabannya tergantung pribadinya masing masing. sama gan, ane juga masih bingung yang bener bener "Real" di hidup ane apa. Satusatunya yang mendekati kata real buat ane itu cuma "Prestasi". Iya gan, prestasi bakal diinget orang, bahkan ada beberapa prestasi yang bikin hidup banyak orang jadi lebih baik, kayak om bill gates yang nemuin microsoft, mimin yang nemuin kaskus, ane yang bikin thread ini(?), dll setiap orang pasti punya "prestasi" masing-masing. yang kadang gak perlu diakuin banyak orang, yang penting seneng aja bisa nyelesaiin atau berhasil melakukannya. Kenapa memahami mana yang "real" dan mana yang "ilusi" itu penting? ini sih hubungannya nanti samaa poin ketiga yang bakal ane jelasin gan, simpen dulu aja penasarannya. Itu sih menurut ane gan, menurut ente yang bener bener "real" di hidup ente itu apa?




Quote:2. Kenali lingkungan dan diri sendiri



Ini penting banget, pahami agan lahir di keluarga seperti apa, hidup di lingkungan seperti apa, punya temen seperti apa, agan paling menguasai bidang apa, dll. dari sini ntar masing-masing individu bakal tau apa dan gimana mereka harus menyikapi hidup. even orang yang lahir dari lingkungan "broken home" kalau paham dia harus seperti apa dan gimana dia bakal keluar dari efek ke-brokenhome-an nya. bisa jadi penggerak anti kekerasan rumah tangga mungkin, who knows. mulai sekarang dan seterusnya apatisnya dikurung dulu aja rapet rapet gan, coba untuk memahami lingkungan tempat dimana agan hidup dan berkembang. memahami bukan berarti harus ikut cuap cuap, sok kenal sok deket, atau apapun yang berbau agresif lain sampe orang ngecap kita "aneh". just do it smoothly, no need to rush.




Quote:3. Pahami kekuatan "Memilih"



Ini gan, semua orang menurut ane itu superhero, kalau pengertian superhero masih ke arah orang yang punya kekuatan super. kenapa ane mengkategorikan kekuatan "Memilih" ini kekuatan super? karena, masih menurut ane, dari pilihan ini kita bisa jadi apa yang kita mau. bayangin gan ada berjuta juta profesi, berjuta juta tempat rekreasi, berpuluh puluh jurusan perkuliahan, berjuta kemungkinan yang bisa terjadi buat satu orang manusia. semuanya tergantung dari kekuatan "Memilih" nya mereka "Mau jadi apa"
Emang pilihan dalam hidup itu identik sama benar salah, buat sebagian orang. Misal; hari ini milih antara mau ikut kuliah atau gak. buat yang milih ikut kuliah mereka ngerasa mereka sudah melakukan hal yang benar, gitu juga buat yang milih gak ikutan. Dan ternyata, masih menurut ane, mereka sama sama bener. kenapa? karena menurut ane gak ada pilihan yang salah atau benar. analogi lagi. ternyata yang gak ikutan kuliah milih buat main dota di warnet, setelah sekian tahun gak ikutan kuliah buat main dota, doi ikut turnamen internasional dan menang hadiah 12M. see? kalau menurut sebagian besar orang "gak ikutan kuliah" itu salah dan masa depan si pemilih itu suram, mungkin mereka lupa kalau masing-masing individu punya kekuatan memilih dan gak ada pilihan yang salah maupun yang bener, karena balik lagi ke poin pertama, Hidup ini sebagian besar cuma ilusi. yang penting agan harus yakin kalau pilihan yang kita ambil itu emang bener "the real" nya hidup agan




Quote:PENUTUP

Dari gabungan ketiga poin ini, masih menurut ane, kita bisa tau kenapa alasan kita dilahirkan kedunia. contoh terakhir, orang yang kaya raya, punya segalanya, milihh buat foya foya hambur uang sana sini tiba tiba bangkrut gak punya apa apa dan mati. ini orang alasan diciptain nya apa? ya mungkin ada yang nulis artikel tentang doi di internet terus jadi pelajaran buat orang kaya lain supaya gak foya foya. see, gak ada hidup yang percuma.
sekian gan thread singkat ane, thred ini keseluruhan dari pemikiran ane gan, dari berpuluh orang yang baca ada berpuluh kemungkinan alasan juga tiap individu diciptakan buat apa. Kira kira alasan agan diciptakan apa gan?
sebagai penutup ane punya quote menarik:
The two most important day in your life are the day you were born and the day you find out why - Mark Twain

















PERTAMAX
KOMENG NTAR ANE POST DISINI




Quote:Quote:Original Posted By inspiringyou
mungkin maksud agan ts adalah tujuan hidup ya?
tujuan (hidup) = sesuatu yang (mungkin) dapat dicapai (dalam kehidupan personal)
3 poin yang agan ts paparkan mengarah ke pilihan, pilihan masing2 pribadi mau bereaksi spt apa atas "rangsangan" internal maupun "eksternal" dan memang benar mnrt ane ini yang akan mengarahkan kita memiliki tujuan hidup.

tapi kalo alasan hidup/diciptakan ?
alasan (hidup) = dasar/penjelasan/justifikasi (mengapa kita hidup)
secara ilmiah bisa dijawab krn pembuahan, bernafas, makan, dll... tapi ane rasa poin ts bukan kearah sini juga kan?
secara "unscientific" mnrt ane, alasan hidup itu cuma nunggu hari mati, kembali kepada Pencipta...

idk, just my opinion


Quote:Original Posted By sadayoar
Nice Thread Gan! Simple dan Berisi..
Klo boleh ane tebak mungkin tujuan hidup agan jadi seorang filsuf ato klo di agama ane sebutannya seorang sufi..
Ok pertama, manusia makhluk yang sempurna / khalifah diatas muka bumi, perlu dipahami dimuka bumi gan bukan di alam semesta. Tujuan manusia sendiri menurut ane belum ditentukan. Saat ini sedang dalam proses seleksi oleh alam semesta apakah termasuk makhluk yang akan membuat perubahan. Ujiannya ya.. dimuka bumi, jadi dimuka bumi inilah manusia harus memahami "Kekuatan Memilih" seperti yang agan bahas di thread ini.
Klo agak terlalu jauh maafin ya gan - maksud ane cuman mau bahas secara global aja..

Ok, manusia secara individu, karena agan sudah menjelaskan secara luas dan menurut ane sudah mewakili yang ane pikirkan, jadi ane cuman menambahkan saja..
"Ketidakteraturan", setelah coba memahami tentang takdir, jalan hidup, tujuan dll.. ane melihat bahwa ketidakteraturan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari manusia dan ketidakteraturan itu pula yang kadang bisa membuat perubahan dan bisa juga memberi pengetahuan.. contoh : ada seorang ahli perhitungan dan seorang yang nekat, dua-duanya terkondisikan dalam keadaan mau terjun payung. Yang ahli berhitung sibuk memperhitungkan resiko ini itu dan yang satunya ternyata sudah lompat dan hasilnya yang nekat sudah sampai dibawah. Disini ada "Keteraturan vs Ketidakteraturan", terus mana yang benar?? ga ada salah ataupun benar - maaf ya gan ane pake lagi kata-katanya, tapi kalau bisa menggunakan secara seimbang antara "Keteraturan vs Ketidakteraturan" maka akan lebih baik - segala sesuatu yang berlebihan kan memang tidak baik.

Trus apa hubungannya ketidakteraturan dengan tujuan hidup!!.. sabar ya gan ini maksudnya..
"Insting Makes Perfect" didalam ketidakteraturan lebih banyak menggunakan insting, tapi kalau didalam keteraturan lebih banyak menggunakan logika. Ketika menjalani hidup setiap individu manusia sadar atau tidak sadar kadang-kadang menggunakan insting untuk mengambil keputusan,.. agan pernah denger quote berikut ini :
“Rata-rata manusia hanya menggunakan 10% dari kapasitas otaknya” hal ini adalah salah satu miskonsepsi terbesar dalam biologi.
Lalu 90% gmn ?? ane tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan yang 90%nya. Tapi ane bisa mengatakan 90%nya itu sudah ada dalam diri kita. Insting adalah salah satu contoh letupan kecil dari 90%nya, ikatan seorang anak dengan ibu yang terasa walaupun jauh atau ikatan sesama manusia dengan orang yang dia sayangi itu juga contoh letupan kecil dari 90%nya. Intinya saya hanya ingin menyampaikan "Tujuan Hidup" bisa diketahui dengan meningkatkan fungsi insting dan insting ini seringkali menginformasikan segala sesuatu sedini mungkin. Dan kadang-kadang juga ada informasi yang datang terulang lagi seakan-akan mengikat atau tidak bisa terlepas dari diri agan sendiri, sampai agan mengerti maksudnya.

Semoga Bermanfaat, Salam.




Quote:Original Posted By ironman.jarvis


yang real menurut ane adalah perjuangan tanpa kenal kata meyerah gan .. kebayang gak, kalau misalnya albert einstein meyerah ketika gagal mulu merumuskan R=MC2 (gak bisa kuadrat gw juga ), kebayang gak kalau misalnya colonel sanders menyerah untuk mencari cafe yang mau jualin resep fried chickennya, kebayang gak kalo misalnya pak soekarno dan jend. soedirman menyerah ketika mempertahankan kemerdekaan.

Yup itulah kenyataan buat ane gan, ketika kita berjuang itu kita akan merasakan seperti apa sih kebahagian sejati itu, tidak seperti kebahagian semu yg agan bilang di pewan, dan selama kita berjuang juga kita akan merasakan kesedihan sejati itu seperti apa.

Kalo kata orang bijak, manisnya buah mangga sama manisnya buah apel itu beda, meskipun keduanya sama2 dibilang manis, atau asamnya jeruk nipis sama asamnya buah asam itu beda, meskipun sama2 disebut asam. Begitu juga kebahagian dan kesedihan untuk tiap2 orang itu berbeda gan.


Quote:Original Posted By langaustin
Ane waktu kecil ngiseng mikir gini "sebelum kita datang ke dunia ini,tuhan dah nyetting semuanya pada diri kita misal kek ntar kita tinggal dimana,lahir dimana,kerja apa,pacar siapa ,meninggal pun kapan"
ya gitu lah mnurut ane kira2
taro pejwan dong klo boleh ts


Quote:Original Posted By basseb89
alesannya untuk menjadikan kita manusia yang SEMPURA... Itu janji Yang Maha Kuasa kepada kita manusia... Tetapi sebelum janji itu di buktikan, kita diturun kan ke dunia (lahir kedunia) untuk hidup selama yg udah ditentukannya kepada kita,, selama kita hidup Dia menyuruh kita untuk mencari Dan mencari kemuliaannya saat sebelum janji itu dibuktikan... Tujuan kita hidup itu ya MATI !! Hidup itu masalah.. Dan didalam masalah itu kita diberikan jalan yaitu sebuah PILIHAN, pilihan ini adalah awal dari tindakan kita nanti, apakah kita bisa mendapatkan apa yg udah dijanjikan dia ke kita ... Karna dalam proses mendapatkan kesempurnaan yg udh dijanjikan dia kepada kita itu melalui proses yg lumayan lama dalam hidup didunia.... Dan saat kita meninggal janji itu akan tergenapi kita akan mendapatkan kehidup pan yg sempurna, manusia yg sempurna, dimana kah tempat itu ?? Di tempat keabadian... Yaitu SURGA....
Ini ideologi gw....
Klo gw salah mohon maaf manusia itu tidak sepenuhnya benar


Quote:Original Posted By tombr0
filosofi Jawa mengatakan, "urip mung mampir ngombe"
filosofi lain mengatakan, "hidup itu untuk mati"

filosofi2 di atas adalah filosofi untuk menjelaskan HAKIKAT kehidupan dunia.....nah tapi TS bertanya, "ya, itu hakikat kehidupan dunia, tapi apa alasan kita hidup di dunia?untuk apa kita dilahirkan di dunia?"

IMHO, ada 3 alasan/tujuan hidup kita :
1. Bersyukur
2. Bermanfaat
3. Beribadah

kita harus mengawali hari, setiap pagi sepanjang usia kita, untuk selalu bersyukur. Kita sudah diberikan nikmat sehat, tubuh yang sempurna, dicukupkan rejekinya, dll.
Setelah itu, setiap hari sepanjang usia kita, kita harus selalu berusaha untuk memberikan manfaat ke lingkungan sekitar kita, kita harus jadi orang yang bermanfaat.
Dan, setiap hari sepanjang usia kita bersyukur dan bermanfaat, kita niatkan untuk IBADAH. Kita ikhlaskan untuk Sang Maha Pencipta semata. Kita selalu ingat pada Tuhan Yang Maha Esa.
Sehingga, di penghujung hari, sepanjang usia kita, kita dapat mengucapkan, "segala puji bagi Tuhan semesta alam, yang memberikan kasih dan sayang-Nya pada kita semua, hanya kepada-Mu kami berdo'a dan memohon, selalu tunjukilah kami jalan (takdir) yang terbaik, bukan jalan (takdir) orang yang celaka. Ya Tuhan kami, kabulkan do'a kami".

3 konsep di atas, bukan berarti "nrimo ing pandum", "pasrah bongkokan", dan sejenisnya. Tapi kita harus menyadari hidup itu bermanfaat bila hari esok selalu lebih baik daripada hari ini. Maka kita harus terus sungguh-sungguh berusaha untuk selalu memperbaiki dan berusaha untuk mencapai takdir terbaik. Kita hanya berhenti berusaha, apabila kita mati.
Maka sesungguhnya, orang yang merugi itu adalah orang yang mati ketika hidup, dia tidak memberikan manfaat sama sekali bahkan pada hidupnya sendiri. Maka kalau merugi, bagaimana dia akan bersyukur?kalau dia tidak pernah bersyukur, bagaimana dia mau beribadah dengan ikhlas?

Karena hakikat ibadah adalah mensyukuri nikmat-Nya

Maka, apa jawaban yang paling sederhana untuk pertanyaan, "apa alasan kita dilahirkan di dunia?", ya untuk BERIBADAH


Quote:Original Posted By KuroKitsune
Menurut seorang teman ane, kita hidup karena ada yg membutuhkan kita gan, bayangin kalo agan gaada, gimana temen agan yg ini, yang itu, mungkin agan bukan siapa2 buat dunia, tapi buat orng2 deket agan?
Sejahat2nya orang pasti ada yg ngebutuhin juga, karena tiap sisi jahat pasti memiliki sisi baik

Pertamax
Keduax apa ketigax
Quote:Original Posted By google.adsense.
Pertamax


keduax

Quote:Original Posted By dhenny54
Keduax apa ketigax


ente ketigax gan
menurut ane sih buat mengisi dunia yg fana ini gan
ane jg kgak tau...udah takdir kali yak mgkin ente tau
Bagi ane, ane diciptakan karena emak ama bapak ane kimpoi dan pengen punya anak.Tapi ane punya alesan ane hidup yang udah ane atur di dalem otak ane yang indah ini beserta dengan tujuan jangka pendek dan panjangnya gan
Quote:Original Posted By ryandareza25
menurut ane sih buat mengisi dunia yg fana ini gan

Juga buat ibadah padaNya gan
Jd lakukan yg terbaik dan itu baik bagi diri sendiri, sesama umat manusia dan lingkungan gan. Jangan bakar2 hutan lah gan nyesek nih dada kangen udara segar ( sory sedikit curhat )
Setuju dengan TS..
Yg ane tau sih selama ane mampu dan mau ane pengen jd orang yg bermanfaat aja dalam hal kebaikan buat orang lain gan.. ga lebih
Bagi ane hidup ini seperti yg di katakan ahmad albar yaitu "Panggung sandiwara"

Di mana kita yg akan jadi pemain, dan Tuhan Yang menjadi sutradara nya, lalu Kita di hadapkan pada drama, konflik dan perselisihan..
Baik dan buruk nya, suka atau tidak suka kita harus menerima nya, karna jalan hidup dan takdir kita sdh tertulis dan tersurat dlm naskah yang telah di ciptakan Nya..
Berbuat baik apapun itu gan di dunia ini, perbanyak amal dan ibadah, membahagiakan kedua orang tua pastinya, serta tidak luput pula bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya

Inget kehidupan di dunia hanya sementara, akhirat nanti lah kehidupan yang sebenarnya
gak nemu ane jawaban nya gans
mungkin karna anne tampan gan
mejeng pukiwan lagi
Quote:Original Posted By kdonkey
mungkin karna anne tampan gan
mejeng pukiwan lagi


mungkin gan
Quote:Original Posted By aryonux
Berbuat baik apapun itu gan di dunia ini, perbanyak amal dan ibadah, membahagiakan kedua orang tua pastinya, serta tidak luput pula bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya

Inget kehidupan di dunia hanya sementara, akhirat nanti lah kehidupan yang sebenarnya


ane juga pengen gitu gan, tapi secara gak sadar ane suka jahat kadang
Tugas manusia di bumi adalah menjadi seorang pemimpin (khalifah)
Quote:Original Posted By kefett
ane jg kgak tau...udah takdir kali yak mgkin ente tau


takdir ente dikaskus bray
Quote:Original Posted By sandbox466
Tugas manusia di bumi adalah menjadi seorang pemimpin (khalifah)


iyaa gan makasih dah mampir
"Tidakkah aku menciptakan segala sesuatu (dari hal yang terkecil) kalaupun karena tidak ada manfaatnya"
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar