Pages


Minggu, 03 Mei 2015

Pekerjaan Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Ijazah Belum Turun Tapi Sudah Lulus SMA/SMK



Quote:Cek no repost
Spoiler for NO repost:


Quote: Alhamdulillah HT pertama ane thanks mimin, momod, all kaskuser diseluruh dunia
Spoiler for HT 1st:


Quote:INTERMEZO

Setelah lulus SMA/SMK diantara kita pasti ada yang bimbang mau nerusin kuliah atau kerja. Kalo Ane pribadi sih milih kerja dulu baru kuliah. Udah cukup orangtua ngebiayain ane sekolah, ane mau kuliah dari hasil keringet sendiri. Ketika lulus SMA/SMK pastinya ijazah belum kita dapatkan, harus nunggu beberapa minggu lagi buat dapetin ijazah. Disini Ane bakal share Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Dilakukan Bagi Kalian ang Baru Lulus atau Akan Lulus SMA/SMK yang Belum Memiliki Ijazah.



Quote:1. Jadi Operator Warnet
Spoiler for OP Warnet:


Jadi operator warnet juga menguntungkan gan. Gak perlu ijazah buat jadi OP warnet. Lumayan juga jadi OP Warnet bisa Online gratis, download sepuasnya, dapat gaji pula. Pengalaman temen Ane nih gan jadi OP warnet gajinya sekitar 1 jt per bulan bersih.


Quote:2. Jaga Toko
Spoiler for Jaga Toko:


Jaga toko misalnya jaga warung, jaga material, jaga counter pulsa, jaga es capcin atau es bubble asal jangan jagain pacar orang aja.


Quote:3. Mekanik Bengkel
Spoiler for Mekanik:


Yap bagi kaian yang hobi di bidang otomotif pas banget nih. Coba aja agan nongkrong dibengkel terus bantuin Lay dibengkel tempat agan nongkrong siapa tau bisa jadi partnernya. Dan bisa jadi mekanik dibengkel itu. Pengalaman temen ane nih gan ada yang jadi mekanik bengkel ditempat dia nongkrong


Quote:4. Bisnis
Spoiler for Bisnis:


Buat kalian yang punya otak bisnis coba deh lebih ditingkatin lagi ! Mulai dari bisnis kecil kecilan kaya jualan baju, cemilan, parfum, dkk. Coba lebih dikembangin lagi promosiin lewar Sosmed, FJB, Online Shop. Siapa tau nanti bisnisnya bisa jadi besar dan bisa buka cabang


Quote:5. Bidang Jasa
Spoiler for Jasa:


Bidang jasa disini maksudnya jika kalian punya keahlian coba jual keahlian yang kalian punya biar bermanfaat bagi orang lain. Contohnya kalo agan jago ngetik coba aja buka jasa pengetikan. Kalo agan punya motor coba aja ngojek atau jadi kurir. Pengalaman ane sendiri nih


Quote:6. Ngajar
Spoiler for Ngajar:


Kalo kalian punya ilmu lebih coba dibagikan ke orang lain karena "Jika seorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yautu : sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, doa anak yang sholeh ( HR Muslim no. 1631 )" Contohnya kalo agan pinter coba aja jadi guru les privat. Pengalaman temen ane gan dia anak paskibra di sekolah ane. Sampe sekarang dia ngajar eskul paskibra di SMPnya


Quote:7. Tour Leader
Spoiler for Tour Leader:


Jadi Tour Leader enak gan. Gimana enggak, bisa jalan jalan dan digaji pula. Pengalaman waktu ane perpisahan sekolah ke jogja kemaren. Tour Leader di bus ane ternyata dia satu angkatan sama ane baru mau lulus juga dan belum punya ijazah


Quote:PENUTUP

Bagi kalian yang baru lulus atau akan lulus SMA sederajat disinilah pola pikir kalian diuji. Mau ngapain kalian setelah ini. Apakah akan jadi pecundang selamanya atau jadi jajaran orang yang akan menantang dunia. Ane juga lagi ngalamin masa ini, sambil nunggu ijazah turun daripada nganggur luntang lantung gak jelas dirumah mending cari pekerjaan. Ane juga disini lagi nyari pekerjaan tapi belum dapet juga. Tapi ingat pendidikan tetap harus diperhitungkan kalo ada duit mending kuliah


Quote:Pesan TS

Kita masih muda lakukan apa yang ingin kita lakukan selagi itu bermanfaat kenapa enggak. Jadi teringat puisi di forum Heart To Heart subforum poetry "Hidup bukan untuk duduk, ini dunia bro bukan tali pusarmu"



Quote:Sumber Pemikiran Ane sendiri, Gamber dari Google

Quote: Utamakan Komen Ya



Quote: Thanks buat cendol segernya gan, sangat berharga buat ane
Spoiler for Kulkas:


Quote: Komentar Kaskuser
Spoiler for Top Comment:
Quote:Original Posted By susisrikandi
ane dlu waktu udah lulus dan lagi nunggu kuliah masuk ijazah juga belum turun......dari pada bete2 dirumah gak ada kerjaan mending nyari duit gan....


Quote:Original Posted By hakagemi
Jadi mekanik pesawat jga bisa gan 😄
Alhamdulillah ane uda lulus selksi masuk, tinggal nunggu hasil un aja, trus uda bisa kerja..


Quote:Original Posted By niel182
dulu juga ane 2 minggu sebelum ijasah turun udah kerja gan,, meskipun jadi cleaning service,,
soalnya ane penasaran ama yang namanya nyari duit sendiri,,,


Quote:Original Posted By mnb20
wah situasi ane banget nih
serius deh, jadi pengangguran gak enak banget! ane pingin kerja tapi sekalian nunggu pengumuman kelulusan coz dapat SKHUN nya, tinggal 2 minggu lagi
jadi pengajar nih ane tertarik, dapat pahala dapat duit pula


Quote:Original Posted By mlecudrux
Belum tentu nongkrong di bengkel itu enak gan ?
ada tuh ditempatku pengunjung nggak boleh deket2 ama mekaniknya
cuma bisa lihat paling deket 5 meter

kecuali bengkel temen kita sendiri , bebaslah

Quote:Original Posted By nashiru
ane dulu sebelum pengumuman lulus sudah lamar kerjaan dan ikut proses seleksi gan, dinyatakan lolos dan diterima baru 2 hari setelah pengumuman kelulusan..
alhamdulillah tempat kerja ane gak begitu memperdulikan masalah ijazah, wong cap 3 jari ijazah aja ane udah kerja dan harus ambil izin, ijazah baru ane ambil ber-bulan" setelah ane kerja..
ditambah lagi tempat kerja ane gak terpaku pada pendidikan karyawan, tapi lebih pada kemampuan karyawanannya, ane lulusan SMK Akuntansi waktu masuk jadi admin keuangan, 1,5 tahun kemudian promosi ke operasional perusahaan, baru setengah tahun di operasional pindah ke IT sampai sekarang..
ane kerja di salah satu penerbit islami..

Quote:Original Posted By antoo04
kalo ane kerja catering gan...sebulan 700rbu..lumayan...buat nunggu ijazah


Quote:Original Posted By wonebiskywalker
Ane ada loker gan,posisi nya gantiin ane jadi admin customer service
Gaji nya lumayan 1,5jt
Kerja nya nyantai,,Bos nya baik lagi..
Daerah Jakpus (Tanah Abang)

kemaren sebelum UN ane coba ngelamar dan alhamdullilah keterima, nah sekarang karena udah mulai mau daftar kuliah ane harus berhenti itu pun karna tuntutan ortu.. Jadi kalau ada agan-agan yang berminat menjadi admin bisa langsung PM ane gan
Karena ane lagi butuh pengganti ASAP biar bisa cepet-cepet urus kuliah

Terima kasih mimin salam.

Quote:Original Posted By mayaaaaaa
ane dulu juga kerja, buka jasa pengetikan
pelanggannya cuma emak ane sendiri
ya sama aja nggak kerja sih sebenernya cuma bantuin aja, trus dapet tambahan uang jajan


Quote:Original Posted By atep1234
klw pengalaman ane dlu sih sebelum ijsah ane kelar tuh.. dari pada waktu ke buang jd pengangguran tidak ada arti.. mendingan bantuin ortu .. jualan di pasar gan,,hehhehheheh

Quote:Original Posted By bangways
Yang penting mah sekarang itu SKILL kayaknya gan, percuma lulusan S1 atau S berapapun kalo nggak ada kemampuan mah kan ?

Itu sih #SokTau Gue

Quote:Original Posted By Dwijantoko
Menurut ane solusinya ga Pinter gan

Kenapa? karena gini, yang namanya kemampuan / skill itu ga ngaruh sama sekali dengan ijasah.
dan skill itu sudah dikembangkan sejak kita mulai masuk kuliah / bahkan saat SMU / SMP. Kalo
dari solusi yang dijabarin, itu hanya sekedar dapet duit, bukan melakukan pekerjaan yang berdasarkan
kemampuan dari masing" pribadi. ( contoh , IT = Programmer, Struktur, Konsep Aplikasi, Design = Designer, Branding, Guerilla Strategi Ekonomi = Marketing, Ekonom, Strategi. dan lainnya yang setema. )

Jadi menurut ane sih, kalo Kerjaan yang dilakukan ga nyambung dgn yg dipelajari ya ngapain capek2 sekolah / kuliah utk nunggu ijasah doang?

Ane udah 4th lebih kerja Online gan, jurusan Ane DKV. kerjaan ane? dr Bisnis, sampe kerjain project orang, semua aspeknya sama dan tidak melenceng. dibidang Brand, Strategi Branding, dan minat ane plg besar di Game Design & Development. sampe hari ini, dan detik ini ane ngerjain kerjaan yang tidak jauh dari bidang itu. ( ga mungkin ujuk2 ane jadi Agen Asuransi krn yg ane pelajarin Desain? ) kalo emang iya, seharusnya itu pilihan untuk orang" yang mendalami ilmu Pemasaran dan Ekonomi. bukan programmer, desainer apa lagi orang planologi -_-".

Jadi balik lagi, pertanyaannya, pada kuliah untuk apaan sih? cuma dapet ijazah untuk main aman doang? atau ngembangin skill?

Sampe hari ini ijazah ane belom turun gan ( karena masih belon diberesin TA nya :v ). tapi ane dapet Tawaran banyak banget, dari macem" studio game di indonesia dan dari luar. ( salah satunya King developer Candy Crush, ane keterima disono, tp ga berangkat krn mesti ngurus administrasi, visa dan bahasa untuk bisa lolos ikut standar hukum disana & Nvidia Asia ) gajinya? 4k$ /bln dikontrak 2tahun. tapi ane ngambil yg laen karena bs dikerjain remote dari sini. Sekali lagi Tanpa IJAZAH, cuma portofolio ane doang.

Jadi masalahnya bukan di Ijazahnya gan, tapi individunya gimana? Fokus ga? berkembang ato tidak? bisa promosiin diri ga?
dan ada satu aspek ilmu yang mendukung ane sampe hari ini, yaitu Marketing ( ini berguna banget utk org2 yang kerja Freelance sendiri, dan promosi diri sendiri ) ane pelajarin ilmu itu dr jaman aktif2nya ikut MLM dgn inisial T :v 3 tahun. karena pengalaman itu, ane punya bekal untuk bisa promosiin diri, ke Klien lokal bahkan sampe ke Luar. Tapi lagi" itu balik ke Individunya masing".

Ane cuma punya satu pepatah bagus dari Om Danny Wirianto - CEO Mindtalk. Marketingnya Kaskus dulu. ( sempet ketemu pas seminar ).
dia bilang gini gan, " Orang yang sibuk dengan Duit Kecil, bakal Kehilangan Duit Gede ". artinya jgn sibuk dgn urusan" yg receh n ga penting, tapi konteksnya disini membangun Nilai melalui Karya dan Pengetahuan kita. itu baru pinter dan ilmunya aplikatif. Soalnya kalo cuma ngomong duit, ya banyak cara dapetin duit, nipu temen / bikin arisan juga dapet duit. tapi masalahnya ilmunya itu lho dikemanain?

Gitu aja pemikiran ane, bukan bermaksud menyerang atau mendebat. tapi jujur ane paling greget dengan statement " Asal Kenyang ".
yang penting makan, ya iya pantes aja Negara Kita ga Tumbuh, wong Anak2 mudanya ga menciptakan nilai untuk dirinya sendiri. :/

Semoga bermanfaat.

N.B skrg SMK udah ada kejuruan yang ngikut perkembangan zaman tgl masalahnya mau mulai / tidak :d
Steve job drop out dr kuliahnya krn ga bisa bayar. tapi dia tetep diem" masuk kelas untuk "belajar". beda dengan mayoritas anak" disini
datang pagi pulang siang untuk dapet "Absen". Kalo gitu jgn berharap bs ngalahin Alm Steve Job / bahkan Mark / Mimin ( Ane Salut dengan perjuangannya Mimin aka Andrew Darwis ).


Quote:Original Posted By TOMACHAN
ini pengalaman pribadi ane sih, setelah ane ujian sidang skripsi bulan Maret 2012 di salah satu perguruan tinggi di malang. Ane udah coba apply kerja lewat jobstreet atau jobdb, dengan catatan ijazah belum dapet karena ijzah dikasih pas sesudah wisuda, dan alhamdulillah banyak banget yang panggil untuk interview, nah pas interview gak pernah tuh ditanyain masalah Ijazah, malah ditanya kemampuan dan pengalaman Organisasi kamu bisa apa saja, dan akhirnya gue diterima kerja di salah satu perusahaan produksi mie kering di sidoarjo sebagai QC Group Leader, gue kerja selama 2 bulan (April dan Mei 2013) dan itu gue tanpa Ijazah cuman modal DPA akhir aja. setelah itu gue dapat panggilan di salah satu perusahaan di produksi mebel export di pasuruan sebagai MT dan sekali lagi tanpa ijazah, di sini gue kerja 10 Bulan (Juni - Maret) gue resign karena ada panggilan kerja di tempat yang lebih baik yaitu perusahaan minyak plat merah dan perusahaan otomotif dan ini gue apply tanpa Ijazah cuman modal DPA. namun Allah SWT berkata lain ane diarahkan jadi pengusaha mulai tahun 2013 sampai sekarang dan alhamdulillah gue udah serba kecukupan dan bisa bantu orang tua (dan sampai sekarang ijazah masih ada di Kampus)Catatan :1. Ijazah Penting cuman lebih penting lagi kemampuan dan kemauan situ mw pengen maju atau jadi pecundang


Jadi wiraswasta gan

ane dulu juga kerja, buka jasa pengetikan
pelanggannya cuma emak ane sendiri
ya sama aja nggak kerja sih sebenernya cuma bantuin aja, trus dapet tambahan uang jajan
wah2 ide bagus jg tuh
tp ttp butuh pengetahuan basic masing2 job ya gan ?
jadi cabe2an atau terong2an gan
online shopping men
Jualan batu juga gan..
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
ane dulu juga kerja, buka jasa pengetikan
pelanggannya cuma emak ane sendiri
ya sama aja nggak kerja sih sebenernya cuma bantuin aja, trus dapet tambahan uang jajan

sepertinya menarik sist
mejeng page one biar keren
emng tour leader yg satu angkatan ama kita spa rot?
emng tour leader yg kmren siapa yg satu angkatan ama kita rot?
nice info walaupun gw udh tau yg di tulis di sini
Quote:Original Posted By obot
Jualan batu juga gan..


bener nih agan satu ini mumpung lagi ngebum
Jadi OP Warnet boleh juga tuh
Gigolo
Quote:Original Posted By obot

sepertinya menarik sist


Apanya yang menarik gan, abis ngetik jari jd keriting semua
Udah gitu gajinya abis, buat biaya rebonding jari
nice info gan....
Ane juga lagi ngalamin masa ini nih. bingung mau kerja apa kuliah
jualan online trading main usaha jasa prepeknya gede gan, bisa dijalanin yg udah lulus maupun yg belom lulus
Jadi maling gan

btw
atas ane maling sempak
bawah ane maling ayam nih
op warnet gan, bisa sambil internetan gratis
reserved
segel pejwan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar