Pages


Sabtu, 07 November 2015

Ini Dia Tujuan Touring Nusantara Yang Bisa Menjadi Referensi Untuk Agan






Indonesia yang notabenenya adalah negara kepulauan yang terdiri dari deretan pulau sehingga disebut juga dengan Nusantara yang berarti hubungan antar pulau. Tentu menjadi sebuah kebanggaan untuk agan yang udah pernah ngider meluncur ke pulau-pulau yang punya destinasi dan pemandangan indah yang sayang banget kalau agan lewatkan, Agan dapat melampaui dari pulau ke pula dengan touring menggunakan roda dua berkeliling menjelajahi nusantara.




Bagi agan yang gemar melakukan turing roda dua dari pulau ujung barat hingga ke arah timur Indonesia tentunya menjadi surganya turing. Beberapa pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Lombok jelas menjadi sasaran tujuan turing dengan beragam tingkat kesulitannya mulai dari pegunungan hingga ke tepi laut. Maka melalui kesempatan kali ini ane bakalan share pulau di Indonesia yang bisa menjadi referensi agan saat melakukan turing, Cekidot Gan:


Quote:1. Sumatra (Pulau Sabang KM. 0)


Salah satu kebanggaan buat para biker Indonesia adalah bisa turing sampai titik Kilometer Nol di pulau Sabang yang terletak di ujung utara pulau yang satu ini gan. Di Pulau Sumatera, agan bisa mulai berangkat dari Pelabuhan Bakauheni meluncur ke kota Bandar Lampung, saran ane sih mendingan agan menyusuri jalur timur pulau Sumatera dikarenakan lebih mudah dan enak dimana kita bakalan melalui kota-kota besar seperti Palembang, Jambi, Pekanbaru, Medan, dan Banda Aceh.


Didalam perjalanan agan bakal disuguhi berbagai tingkat kesulitan yang beragam dari jalan rusak, tanah merah, dan bahkan bebatuan menanjak, tetapi tak kalah menarik agan juga bakalan menikmati pemandangan yang mengasyikkan dari hutan, perkebunan sawit dan pegunungan.
Sedikit tips dari ane neh gan, untuk menghadapi medan jalanan Sumatera agan harus mempersiapkan motor yang cukup tangguh dan tentunya fisik yang kuat.


Quote:2. Jawa (Dataran tinggi Dieng)


Berbeda dengan pulau Sumatra, di Pulau Jawa untuk akses transportasi lebih baik karena emang udah banyak kota besar. Salah satu tujuan turing favorit Jawa adalah dataran tinggi Dieng yang letaknya di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara. Rutenya gampang banget gan, kalau agan meluncur dari Jakarta, agan tinggal ikuti jalur Pantura dimana melalui kota Cirebon, Tegal, sampai ke Pekalongan. Nah, tapi di rute ini wajib waspada dan ekstra hati-hati karena banyak kendaran besar dan jalanya banyak yang rusak. Sesampainya agan di Pekalongan, agan tinggal ambil ke arah Bojong dan Banjarnegara yang kurang lebih bakal memakan 4 jam lamanya.


Satu momen yang wajib agan lakukan ketika sampai Di Dieng hal pertama yang wajib agan lakukan yaitu foto di depan gapura gede dengan tulisan “Dieng Plateau Area”. Selain itu juga agan bisa main-main ke semacam candi (Candi Gatutkaca & Candi Arjuna) kemudian jangan lewatkan untuk mampir ke Telaga Warna dieng, karena agan bakal disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah.


Quote:3. Kalimantan (Pulau Derawan Berau)


Bagi agan yang berada di pulau Kalimantan seperti Samarinda, Banjarmasin dan Balikpapan ada jalur turing yang cukup menantang lho gan, dimana nantinya bakal diakhiri di Pulau Derawan Berau. Agan bisa menapaki melalui jalur timur kawasan Pulau Kalimantan yang membelah jalan dari selatan ke utara.


Bisa memulai dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju Balikpapan hingga Samarinda yang bakalan menempuh jarak sekitar 600 kilometer. Dari Samarinda menuju Berau dan dilanjutkan lagi sampai ke Tanjung Batu. Bagi agan sistah yang membawa kendaraan roda dua jangan khawatir gan, karena agan sistah masih bisa nitipin motornya di rumah penduduk setempat, sehingga agan masih bisa melanjutkan dengan speed boat yang akhirnya sampai deh ke Pulau Derawan dan langsung snorkling ama ikan-ikan dan terumbu karang disana yang indah-indah.

Tips dari ane neh gan: untuk kondisi jalan yang cukup bervariasi mulai dari jalan beraspal, cor hingga tanah merah melewati perkebunan kelapa sawit dengan banyak tikungan yang menantang. Kurangnya tempat bahan bakar cukup membuat waspada para pengguna roda dua dengan kapasitas tanki yang kecil. Mungkin agan bisa membawa bekal bahan bakar menggunakan jerigen .


Itulah dia sekilas penglaman yang bisa ane ceritakan untuk seluruh penghuni jagad raya Kaskus, Mungkin agan pernah meluncur ke pulau tersebut? Boleh dong tambahin di sini gan . Atau mungkin Agan Sistah yang mau berbagi dan mencari informasi lebih banyak soal rute turing, info motor, bahkan agan bisa dapetin kesempatan bikin TURING GRATIS ala Club motor agan. Langsung aja gabung di www.unity-team.com gan, tempat saudara satu aspal se-nusantara berkumpul.

Salam Satu Aspal, Gan!

Quote:
Tambahan Dari Kaskuser Lainnya :

Quote:Original Posted By giotto
cuma share pengalaman nubie waktu ke KM 0 bareng temen2, kl bias di taruh di pekiwan ya gan




Sumber Thread:
Pengalaman Pribadi, Unity Team




seru tuh touring ampe sabang 0 KM Indonesia...
kapan ane bisa ikut touring kaya gini om
anjrit sampai 0 Km keren gan.
jadi tertarik ane untuk gabung
dieng seru kyknya nih
wah, jd pengen touring sndrian nih
cuma syang mtor nya kurang pas
wah ane sih pingin ke titik 0

belum kesampaian sampe skr
Ke tugu Khatulistiwa tapi lewat jalur trans Kalimantan berani ga?
ke padang gan sumatra :
dieng blh jg tuh, sejuk pasti
0 KM sudah biasa gan
Belum ada loh yang ke meraoke
ngambil libur panajgn...
tancap gaspol
pengen ke sana
ane biasa touring naik roda dua jakarta-papua bro
keren lokasi yg buat touringnya gan
dari dulu temen ngajakin turing tp blm pernah sekalipun ikut
skrg jadi pengen ikut kalo ada yg ngajak





ke dieng asik nih
dieng deket rumah ane.


ane pingin ke derawan
Kayaknya Dieng enak tuh, sejuk-sejuk gimana gitu.
ane lg kaga blh turing gan , bini ane lg hamil gede hehe
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar