Pages


Jumat, 27 November 2015

5 Hal Yang Terjadi Jika Serangga Musnah dari Muka Bumi

Quote:
Quote:Kebanyakan orang biasanya akan merasa jijik atau geli ketika melihat serangga. Sehingga biasanya dengan cepat akan mengambil semprotan anti serangga dan melakukan cara apapun untuk memusnahkan serangga yang ada.

Meski bikin geli dan jijik, kita tetap harus berterima kasih dengan binatang-binatang merayap ini lho. Pasalnya jika mereka tidak ada dan tiba-tiba menghilang dari bumi, bumi justru akan dilanda bencana seperti berikut ini.


1. Hanya Dalam Hitungan Hari, Binatang Lain Ikut Mati
Quote:
Quote:Mungkin dalam pikiran orang pada umumnya, tidak ada serangga berarti rumah bersih dan tidak ada gigitan binatang-binatang kecil ini. Tapi ada masalah yang lebih besar dari itu, binatang pemakan serangga seperti burung dan katak justru akan mati karena mereka tidak memiliki sumber makanan lagi.

Tidak berhenti sampai di situ saja, binatang pemakan burung dan katak seperti ular, anjing, serigala, dan sejenisnya juga akan mati kelaparan. Selanjutnya makhluk lain yang ada di rantai makanan paling atas seperti beruang, singa, bahkan manusia juga menghadapi kepunahan karena kekurangan sumber makanan hewani juga hilang.


2. Banyak Tanaman Akan Mati
Quote:
Quote:Serangga memiliki peran penting bagi tanaman karena serangga seperti kupu-kupu, lebah, bahkan lalat membantu penyerbukan. Proses ini membantu perkembangbiakan dan pembuahan tanaman sehingga tumbuh makanan yang bisa dimakan binatang dan manusia.

Tanpa adanya serangga yang bisa membantu penyerbukan, bahan makanan juga akan berkurang drastis dan bahkan bisa habis. Tanpa adanya sumber makanan yang berasal dari tanaman, maka makhluk pemakan tanaman juga akan terancam mati kelaparan.


3. Bangkai yang Bergelimpangan di Mana-mana
Quote:
Quote:Dengan tidak adanya serangga, proses pembusukan makhluk lainnya yang sudah mati akan makan waktu yang terlalu lama. Pohon biasanya akan dimakan dan dirombak oleh kumbang, rayap, dan serangga lain.

Tidak cuma itu saja, proses penguraian binatang yang mati juga dibantu oleh serangga-serangga ini. Bisa dibayangkan, tanpa mereka akan ada banyak mayat dan bangkai dimana-mana yang mencemari lingkungan karena mereka sulit diurai.


4. Banyak Penyakit yang Menyebar
Quote:
Quote:Serangga yang menghilang dari muka bumi berarti proses pembusukan yang melambat. Dengan banyaknya bangkai yang tidak juga selesai diuraikan, potensi penyebaran penyakit dari sisa-sisa bangkai juga semakin besar.

Bangkai bergelimpangan dan tidak terurai bisa mencemari air yang juga penting sebagai sumber kehidupan. Akibatnya, penyakit seperti diare, disentri, atau penyakit lainnya akan mengancam kesehatan.


5. Kepunahan Makhluk Hidup di Muka Bumi
Quote:
Quote:Dengan tidak adanya serangga, rantai makanan akan terputus. Mulai dari tanaman, hingga yang berada di puncak rantai makanan, mereka akan merasakan dampak serius karena tidak tersedianya bahan makanan.

Tanpa bahan makanan, maka makhluk hidup di muka bumi akan terancam mati kelaparan. Dengan demikian, kepunahan tidak akan bisa terhindarkan.

Meski dianggap menjijikkan, serangga ternyata juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di muka bumi ini. Tanpa serangga, rantai makanan akan terputus dan ini berarti bencana bagi makhluk hidup lainnya. Karena itulah, ada baiknya jika kita tidak melakukan pemusnahan tanpa alasan terhadap makhluk ini.






Spoiler for Jangan Dibuka:
pabrik racun serangga ikut tutup gan...
buruhnya kena phk...ga bs demo minta naik upah lagi....ga bisa bayar kridit ninja...ga bisa blokir jalan lagi.....ga bisa......yasudala.....
intinya semua di dunia ini saling keterkaitan dalam rantai makanan.. bila salah satu musnah maka akan mempengaruhi ekosistem yang lain..
serangga doang padahal ya...
Ngeri juga ternyata ya gan?

Ane jadi merasa bersalah udah sering mbantai nyamuk sama laler nih gan
lestarikanlah serangga
semua yang ada didunia ini meskipun itu serangga, tetep punya pengaruh yang besar ...


good thread gan..
Intinya saling berhubungan, rantai makanan namanya gan
Sama seperti perasaan ini padamu
mengerikan sekali, jangan sampe serangga punah
serangganya yg pruduktif apa enggak nih gan
kalau kecoa bijimane
Mejeng dulu
jangan sampe atuh gan , krna semua nya kan simbiosis mutualisme
intinya serangga berperan penting dalam rantai makanan ya gan
Quote:Original Posted By Vandisk
pabrik racun serangga ikut tutup gan...
buruhnya kena phk...ga bs demo minta naik upah lagi....ga bisa bayar kridit ninja...ga bisa blokir jalan lagi.....ga bisa......yasudala.....

wakakaka, ini komeng greget bgt gan. only in Indonesia.
wew serem gaan
Coa kecoa ting bunting
Burung mungkin akan evolusi jadi herbivore makan buah kalo serangga gada
ngeri juga ya,
Rantai makanan terputus ya punah semua..
Wahh ht nih thread, kalo tikus gimana gan?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar