Pages


Sabtu, 28 November 2015

Ini Daftar Helikopter Canggih yang Pernah Dipakai Presiden RI





Spoiler for Bukti No repost gan:




Quote:Rencana pembelian helikopter kepresidenan belakangan ini menjadi bahan pembicaraan di masyarakat. Pro dan kontra mewarnai proses pengadaan ini, meski sebenarnya rencana ini telah masuk dalam program pengadaan 2014-2019 dengan alasan helikopter kepresidenan saat ini, Super Puma AS-332, sudah tua.

Merujuk ke belakang, sebenarnya bukan hal baru Presiden RI menggunakan helikopter kepresidenan. Bahkan, kono Presiden Soekarno adalah presiden pertama di dunia yang memiliki helikopter kepresidenan.
Apa saja helikopter kepresidenan yang pernah dipakai presiden Indonesia? Cekibrottt



Quote:1. Hiller 360

Helikopter ini cukup membanggakan bagi bangsa Indonesia. Sebab, perakitan pesawat rotary wing ini dilakukan oleh anak bangsa, Wiweko Supono pada Desember 1950. Inilah helikopter pertama yang dimiliki Indonesia pascakemerdekaan. Komodor Udara Wiweko Supono kemudian menerbangkan helikopter ini dengan mengangkut Presiden Soekarno.



Dari segi desain, helikopter ringan ini sangat ringkas, malah bentuknya menyerupai moda angkutan populer di Jakarta pada dekade tahun 70-an, yakni “helicak.” Karena dipakai oleh Bung Karno, tak salah juga bila ada yang menyebut Hiller 360 sebagai heli kepresidenan, meski jasa terbesar heli ini sebenernya sebagai cikal bakal pembentukan skadron helikopter TNI AU. Pada tahun 1953, TNI AU mulai merinitis skadron percobaan helikopter, tentunya dengan Hiller 360 sebagai pelatak fondasinya.



Quote:2. Sikorsky S-58

Selepas dari Hiller 360, Presiden Soekarno makin akrab dengan helikopter kepresidenan. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim dalam sebuah tulisannya di websitenya, menyebutkan, di akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an, Presiden Soekarno sering menggunakan pesawat helikopter VVIP kepresidenan yang antara lain digunakan untuk bepergian dari Istana Merdeka ke Istana Bogor. Helikopter yang dimaksud adalah Sikorsky S-58.



Helikopter ini merupakan hadiah dari Presiden Amerika Serikat Dwight Eisenhower untuk Presiden Soekarno pada tahun 1960. Heli ini memiliki empat baling-baling sepanjang 17,07 meter, bermesin tunggal, dengan daya angkut 18 orang. Sikorsky S-58 mampu melaju dalam kecepatan hingga 198 km/jam. Dalam variannya, Sikorsky S-58 juga ada yang didesain sebagai pesawat militer dan komersial.


Quote:3. Sikorsky S-61

Masih dalam tulisan Chappy, Heli VIP Sikorsky S-61 ini juga hadiah dari AS. Bedanya, kali ini yang menghadiahi Presiden Soekarno adalah Presiden Kennedy.



Tak hanya memberikan heli, AS juga menugaskan seorang engineer, Arthur Wheller Loper yang akrab dipanggil Archie. Dia adalah ahli teknik pesawat helikopter kelahiran 24 Januari 1933 di Connecticut, Amerika Serikat. Dia bertugas di Indonesia sejak tahun 1960 dengan tugas utamanya menyiapkan Sikorsky kepresidenan agar selalu dapat berada dalam kondisi yang siap terbang.


Quote:4. Super Puma SA-330

Super Puma SA-330 diproduksi oleh perusahaan Prancis, Aerospatiale. SA-330 yang merupakan helikopter angkut sedang ini pertama dibeli pada tahun 1978 dengan varian militer.



Presiden Indonesia yang pernah memakai helikopter ini adalah dari era Presiden Soeharto. Sebelum dioperasikan di Skadron Udara 17 VIP Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, SA-330 dioperasikan di Lanud Atang Senjaja. Selain dipakai untuk helikopter VIP kepresidenan, sebagian besar heli ini digunakan untuk keperluan tugas militer TNI AU.


Quote:5. Super Puma AS-332

Heli ini diproduksi oleh Eurocopter (awalnya dibuat Aerospatiale) dengan varian sipil dan militer. SA-332 merupakan pengembangan dari varian pendahulunya dengan perbedaan yang paling menonjol dari segi tampilan adalah memiliki daya angkut lebih besar. Helikopter ini bisa dipersenjatai senapan, roket dan misil, serta peralatan untuk antikapal.



Super Puma dioperasikan banyak negara, termasuk Indonesia. Bahkan, Indonesia juga memegang lisensi untuk memproduksi pesawat ini lewat PT Dirgantara Indonesia. Hingga sekarang, helikopter kepresidenan Indonesia masih menggunakan heli jenis ini. Di beberapa negara juga melakukan hal sama.


Quote:TNI AU mengajukan pengadaan helikopter VVIP terbaru untuk menggantikan heli lama, Super Puma AS-332, yang sudah dimakan usia.
Ini dia Heli yang dibidik adalah AgustaWestland AW101 buatan Inggris-Italia.


Quote:AgustaWestland AW101

Agusta AW101 ini diproduksi dalam dua jenis, sipil dan militer. "AW101 menggabungkan teknologi paling canggih, peralatan misi, fitur keamanan, kenyamanan yang luar biasa dan keahlian manufaktur untuk memberikan sistem helikopter superior.





Beberapa fitur standar unggulan heli ini. Apa saja?

1. Menggunakan tiga mesin turboshaft dengan Authority Digital Engine Control (FADEC)
2. Fitur keselamatan tingkat tinggi
3. Low Vision Goggle yang membantu pilot saat mengoperasikan dalam lingkungan gelap, komunikasi terintegrasi, navigasi, avionik canggih.
4. Kenyamanan pada kabin karena tingkat kebisingan yang rendah.
5. Memiliki kabin yang luas dengan ukuran tinggi 1,83 meter dan lebar 2,49 meter.
6. Fasillitas kabin yang mennunjang VVIP, termasuk adanya perlindungan balistik.
7. Dilengkapi Defensive Aids Suite terdiri Radar Warning Receiver (RWR), Laser Warning Sistem (LWS), Missile Approach Warning System (MAWS), Countermeasures Dispensing System (CMDS), dan Directed Infra-Red Countermeasures (DIRCM).


Quote:Itulah beberapa helikopter yang pernah dipakai oleh Presiden RI yang digunakan
untuk keperluan negara, semoga dapat menambah wawasan agan/sis skalian.











* Klik cendol untuk memberi TS cendol




ini helicopter kudu masuk museum semua nih..bersejarah



Quote:Original Posted By lokerboy
rgdfgfgthyh


nape lu gan ??

keselek
yang nomor satu keren.
ada dimana brngnya sekarang gan ?
itu heli buat blusukan yah gan , keren keren euy
Itu heli bersejarah gan,
Keren" smua..
AgustaWestland AW101 ini yang paling keren gan
Quote:Original Posted By ephie90
yang nomor satu keren.
ada dimana brngnya sekarang gan ?


Mngkn udah d museum kan gan

Quote:Original Posted By approve.cc
itu heli buat blusukan yah gan , keren keren euy


ya gan, fitur nya udah smkin canggih gan, tmbh keren

Quote:Original Posted By lokerboy


Mngkn udah d museum kan gan



di museum angkut batu kah ?
Ternyata ada yg diksh jg, br tau..

Nice thread gan
pengen liat foto mereka naek helikopternya,,.,sambil dadah dadah kebawah,.,.
Mantap. Dulu ribut karena pesawat,sekarang heli, mungkin ke depan, di ributkan tank kepresidenan.
Ane cma tau yg prtama dl di pke ama presiden soekarno gan,
Tp keren smua heli nya
Quote:Original Posted By ephie90


di museum angkut batu kah ?


bsa jd gan, kl ke sna ane cek gan

Quote:Original Posted By killwar
Ane cma tau yg prtama dl di pke ama presiden soekarno gan,
Tp keren smua heli nya


ya gan, sejarah helikopter Indonesia tuh
kapan ane bisa naik helicopter kayak gitu
Quote:Original Posted By approve.cc
itu heli buat blusukan yah gan , keren keren euy

tp ente gak boleh ikut gan
yg terbaru keren gan
Helikopter apache gans biar lebih maknyoss...
coba yang mau dibeli itu heli Sea King
Quote:Original Posted By lamlimkum
Helikopter apache gans biar lebih maknyoss...


itumah buat perang gan

-------------

sekalian gembok page one deh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar