Pages


Jumat, 27 November 2015

10 Komputer Paling Populer Dalam Sejarah

Quote:

Quote:

Quote: Thank You Kaskus & Kaskuser semuanya


Quote:
Quote:

Personal Computer atau PC, adalah benda yang saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, kebanyakan profesi dan bidang pekerjaan yang digeluti orang-orang saat ini tidak lepas dari penggunaan mesin yang satu ini, dan tidak hanya sebatas untuk menyalurkan hobi dalam bermain game, mencari uang sampai pada tindakan kriminal / cyber crime, komputer bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang, sampai-sampai juga banyak sindroma negatif yang muncul akibat penggunaan komputer yang berlebihan. Hampir semua lapisan masyarakat saat ini sudah mengetahui dan memiliki mesin elektronik yang satu ini.

Namun ketika pasar PC masih belum seumur jagung, masih sangat kecil dan tentu saja dengan harga yang sangat mahal, semuanya nampak sangat berbeda dengan saat ini. Komputer kita adalah segalanya. Pada akhir tahun 1970’an dan 1980’an, membeli sebuah komputer adalah investasi yang sangat besar, mencapai nilai ribuan dollar dan juga menentukan software macam apa yang akan kita jalankan untuk 7 tahun kedepan. Berikut ini adalah 10 komputer paling populer dalam sejarah dunia.


Spoiler for 1:

TIMEX SINCLAIR 1000

Spoiler for timex:


Pada tahun 1981, Sinclair merilis sebuah komputer yang harganya termasuk masih bisa dibilang “Gila” pada 30 tahun kemudian yakni : USD99.95. Timex Sinclair 1000 atau yang juga dikenal dengan ZX81, memiliki ukuran yang kecil dengan sistem BASIC, RAM nya hanya 2KB , prosessor nya 3.25 MHz. Meski termasuk lambat / lemot untuk standard era 1981’an, namun harganya yang hampir mencapai 100 Dollar itu membuat komputer ini mendapatkan penilaian positif tersendiri khususnya untuk yang berhobi dan yang tak mau menghabiskan seribu dollar untuk sebuah PC.

Spoiler for timex:





Berkat harganya itu, Timex Sinclair 1000 terjual lebih dari 600.000 unit di AS. Performa Timex Sinclair 1000 ini tentu saja sangatlah lambat, karena komputer ini hanya memiliki 4 chip, dan mengandalkan pada CPU untuk semua tugas pemrosesan data dan lain lain tak peduli perangkat monitor eksternal apa yang dihubungkan padanya. Mengganti settingan ke “FAST” mode memang bisa menambah kecepatan kalkulasi akan tetapi menyebabkan screen refresh rate yang buruk. Untungnya, komputer ini mendukung banyak expansion seperti floppy drive dan penambahan RAM, yang bisa mendongkrak performanya.



Spoiler for 2:

TANDY TRS-80

Spoiler for trs 80:


Radio Shack. Pada suatu waktu, perusahaan ini menjual komputer dengan merk tersendiri. Dan nyatanya menuai sukses yang besar. Pada tahun 1970’an, ketika kaset pita (bukan floppy disk / disket) beredar di pasaran sebagai media penyimpanan berukuran sedang untuk komputer, Tandy menempatkan sebuah PC yang disebut dengan TRS-80. Berkat TRS-80, nama Tandy menjadi sebesar dan sepopuler IBM atau Apple yang merajai pasar PC pada 1980’an.

Spoiler for trs-80:


TRS-80 dirilis pada 1977, sebelum pasar komputer rumahan benar-benar membeludak. Tandy menawarkan tipe pertamanya dengan RAM 4K, Prosessor 1.77 MHz dan layar monitor 12 inci dengan harga USD.600. Tipe terbarunya dengan penambahan sebesar USD.300 mampu meningkatkan kemampuan komputernya, penambahan floppy disk, ekstra port dan tambahan memori.

Sistem DOS pada Tandy (TRS-DOS) adalah OS yang sangat populer sebagai pendahulu MS-DOS (OS pertama Microsoft yang memiliki banyak kesamaan dengan TRS-DOS), tidak heran karena Tandy telah menjual lebih dari 200.000 unit dan diikuti oleh kesuksesan seri TRS-80 dengan banyak OS terkenal lain seperti Color Computer 1980 atau CoCo.


Spoiler for CoCo:




Spoiler for 3:

MSX

Spoiler for msx:


Sementara AS dan pasar Eropa dikuasai oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM, Sinclair dan Apple, Jepang memiliki raksasa hardware nya sendiri pada tahun 80’an. MSX adalah komputer yang unik, karena namanya yang bisa berarti kepanjangannya Microsoft Extended Basic atau Machines with Software Exchangeability yang sebenarnya terkait dengan jumlah sistem operasi yang hampir sama yang dibuat oleh perusahaan Jepang seperti Toshiba dan Sony.

Spoiler for msx:







MSX didesain sebagai hardware standar yang diprakarsai oleh Wakil Presiden Microsoft Jepang Kazuhiko Nishi. Komputer ini menggunakan Microsoft BASIC dan tidak harganya tidak semahal komputer lain di era 1980’an. Sejak peluncuran MSX pada tahun 1983, telah terjual lebih dari 5 juta unit. MSX tak pernah menjadi perangkat keras standar dunia, namun komputer ini sangat populer dan menuai kesuksesan besar di Jepang (seperti yang diketahui penggemar game, Metal Gear pertama kali dirilis pada MSX sebelum Nintendo).




Spoiler for 4:

NEC PC-98

Spoiler for PC 98:


Sementara MSX yang populer dengan perangkat keras yang umum pada standar, PC-98 milik NEC menuai keberhasilan yang luar biasa dengan caranya sendiri. Dirilis pada 1982, PC-98 memiliki prosesor Intel 8086 5 MHz pada CPU nya, ditambah memiliki 2 display controller dan RAM 128KB. PC-98 merupakan komputer terkuat pada saat itu, dan NEC menguasai pasar komputer di Jepang sebesar 50% dari keseluruhan pasar.

Spoiler for NEC PC-98:


Ketika tahun 1980’an pasar komputer didominasi oleh komputer dari IBM, arsitektur NEC yang unik tetap menguasai Jepang. PC-98 terjual lebih dari 15 juta unit selama lebih dari satu dekade. Meski demikian, NEC adalah perusahaan komputer Jepang yang menjadi pionir pada tahun 1980’an, membuat komputer PC-98 adalah komputer dari bagian timur yang bisa disejajarkan dengan komputer dari IBM.



Spoiler for 5:

iMAC

Spoiler for imac:


iMac, pasti udah banyak yang tau tentang komputer yang satu ini, iMac adalah pengecualian dalam hal komputer modern yang mana tak ada satu tipe pun yang cukup unik atau cukup populer untuk menyainginya pada komputer era 70 dan 80’an, tentu saja, inilah tujuan Apple yang sebenarnya. Ketika mereka merilis iMac pada tahun 1998, mereka menunjukkan tampilan yang penuh warna dengan maksud mengkritik warna PC pada umumnya yang hanya abu-abu atau hitam. Saat ini, Apple sudah beralih dari warna-warna candy untuk iMac, akan tetapi fitur dan segalanya tentang iMac tetap tak berubah. Simpel, desain all in one yang menggabungkan semua komponen komputer ke dalam sebuah monitor, mudah dipindahkan dan dibawa, juga mudah digunakan.

Spoiler for imac:


iMac adalah awal dari sebuah era baru pada Apple, yakni keberhasilan produk-produknya dengan nama awalan “i” seperti iPod dan iPhone. iMac tak pernah mencapai kesuksesan dalam hal penjualan produk. Apple mencapai masa keemasan beberapa tahun kemudian bersama dengan Laptop MacBook dan MacBook Pro nya, namun itu adalah produk Mac pertamanya selama bertahun-tahun berusaha mendobrak dominasi pasar PC oleh Microsoft di tahun 1990’an.

Pada tahun 1999, Apple menggugat sejumlah perusahaan komputer karena menjiplak penampilan iMac, yang akan mereka promosikan dengan nilai kampanye pemasaran mencapai USD.100 Juta. Mengingat kesuksesan mereka dengan tiap produk yang dirilis sejak iMac, kampanye itu nampaknya adalah investasi yang sangat ber-prospek.


Spoiler for 6:

COMMODORE AMIGA

Spoiler for amiga:


Amiga 500, dirilis pada tahun 1987, diikuti oleh kesuksesan komputer seperti Commodore 64 dan Apple II. Komputer ini adalah tipe baru, lebih cepat dan lebih baik. Amiga 500 membuat terobosan dari 8-bit CPU sampai 32 bits dan dengan kecepatan 7 MHz. Komputer ini dilengkapi dengan RAM 512KB, mampu mendukung hingga 4096 warna dan floppy drive internal 3.5 inchi. Tak bagitu buruk untuk harga rilis sebesar USD.700.

Spoiler for amiga:


Amiga adalah komputer dengan performa yang “ngebut”, berkat desain dan fitur multipel prosessor yang didesain untuk menghandle tugas-tugas yang berhubungan dengan audio dan video. CPU nya tak harus memproses semuanya sendirian. Commodore merilis banyak tipe Amiga selama lebih dari satu dekade, tapi tipe 500 adalah yang paling populer. Amiga merupakan platform software yang populer untuk game dan program untuk mengolah video dan audio. Berkat komponen co-processor nya, Amiga cukup ampuh untuk melakukan tugas dalam bidang grafis dan animasi yang mana sebelumnya adalah sesuatu yang mustahil bagi konsumen PC. Secara keseluruhan, seri Amiga terjual sekitar 6 juta unit, sebuah angka yang fantastis untuk komputer yang diluncurkan pada era 1980’an.



Spoiler for 7:

APPLE II

Spoiler for apple II:


Pada tahun 1977, tahun yang sama ketika Sinclair merilis Timex Sinclair 1000, Apple merilis Apple II. Komputer Apple yang memiliki harga sedikit lebih mahal dari sinclair untuk harga awalnya, sekitar USD.1.300. Apple II menuai kesuksesan yang luar biasa, dibangun berdasarkan desain Apple I yang mempertahankan prosessor 1MHz dan RAM 4KB dan dengan penambahan casing dan keyboard.

Delapan slot expansion pada motherboard Apple II membuat komputer ini sangat mudah dilakukan kustomisasi untuk para pecinta PC, dan sistem operasinya bisa diatur sampai RAM 48KB. Tetapi software lah yang benar-benar memisahkan Apple II. Steve Wozniak mendesain penambahan floppy drive 5 ¼ inci, Disk II itu biaya produksinya relatif murah, berkat program baru untuk membaca dan menulis pada disket. Lebih penting lagi, program pengolah tabel (spreadsheet) VisiCalc membuat komputer ini menjadi alat yang ampuh untuk perusahaan yang bersedia membayar lebih dari USD.1000 per unit.

Spoiler for apple II:


Apple II adalah salah satu komputer laris yang terjual di pasaran selama 5 tahun, terjual lebih dari 1 juta unit, dan menempatkan Apple pada daftar Fortune 500. Apple memperkenalkan Macintosh pada 1983 dan berhasil menjual 1 juta unit pada tahun 1987. Sementara nama Macintosh mengalami hambatan, Apple II membuat perubahan yang spektakuler pada industri komputer.


Spoiler for 8:

ZX SPECTRUM

Spoiler for zx:


Perusahaan komputer lain seperti Sinclair menuai kesuksesan di AS bersama Timex Sinclair 1000 nya, kontribusi terbesar pada industri ini adalah ZX Spectrum, diluncurkan beberapa tahun setelah 1982. Desainnya mirip, hanya saja komputer ini cukup kecil, ( dengan harga 125 Euro di Inggris), sistem operasinya sangat bisa diandalkan dengan penyatuan keyboard ke casingnya. Spectrum adalah komputer yang handal daripada pendahulunya, berkat RAM 16KB nya dan keyboardnya.

Spoiler for zx spectrum board:


Jajaran ZX Spectrum berhasil menuai kesuksesan di seluruh dunia, terjual lebih dari 5 juta unit selama masanya. Tapi komputer ini juga merupakan komputer yang membawa PC ke tiap rumah di Inggris. Ini adalah komputer pertama yang banyak orang dapat memilikinya. Spectrum menghasilkan ratusan atau bahkan ribuan karir, untuk para ahli IT dan video game di Inggris, semua berawal dengan ZX Spectrum.


Spoiler for 9:

IBM PC

Spoiler for IBM PC:


Komputer non-Mac saat ini, pada dasarnya adalah IBM PC. Komputer berbasis Intel, dengan sistem operasi Windows yang telah mendominasi pasar sejak 1990’an terlahir dari IBM PC yang dirilis pada 1981 dengan prosessor 4.77MHz Intel 8088 dan RAM 16KB. IBM Model 5150 bukanlah usaha terakhir perusahaan untuk masuk ke pasar personal komputer. Mereka merilis komputer mahal pada tahun 1975. Sistemnya bukan merupakan yang tercepat, tapi telah dilengkapi prosessor Intel 16-bit daripada prosessor 8-bit yang banyak dipakai kebanyakan komputer saat itu. Meski menggunakan chip baru, prosessor 8088 menggunakan bus 8-bit, membuatnya kompatibel dengan penambahan memori.

IBM PC berharga USD.1.600 untuk konfigurasi standar, yang mana cukup terjangkau untuk sebuah komputer yang tangguh. Sistem nya cukup populer dan program-programnya dibuat secara spesifik untuk memberikan keuntungan pada IBM PC dan memaksimalkan performa prosessor 8088. Jadi perusahaan lain meng-klone BIOS dari IBM dan membuat klonengan IBM PC. Dalam waktu beberapa tahun, semua komputer berbasis x86 yang menggunakan prosesor Intel, mereka semua kompatibel dengan IBM PC dan secara virtual identik dengan desain IBM. Semuanya menjalankan sistem operasi MS-DOS dan lahan komputer x86 menjadi standar de facto. Hanya ada satu alasan mengapa IBM PC tidak menjadi komputer paling populer yang pernah dibuat, karena terlalu banyak perusahaan yang membuat versi mereka sendiri



Spoiler for 10:

COMMODORE 64

Spoiler for c64:


Commodore 64 adalah sistem komputer mandiri populer yang pernah dibuat. Dirilis pada tahun 1982, Commodore 64 memiliki prosessor 1MHz pada CPU nya dan 2 fitur lain, sound chip yang kuat dan grafik yang baik untuk komputer era 1982. Bahkan lebih baik lagi, Commodore 64 harganya masih terjangkau, USD.595 dan memiliki RAM 64KB. Commodore juga bisa dihubungkan pada TV, membuatnya nampak seperti gabungan komputer dan konsol video game.

Spoiler for c64:


Ketika dirilis pada tahun 1982, kemampuan grafis Commodore mengalahkan telak komputer lain seperti Apple II. Berkat harganya juga, komputer ini terjual dengan sangat baik dan terus terjual. Ketika komputer menjadi semakin murah untuk diproduksi, Commodore menurunkan harganya, menjaganya tetap populer sampai tahun 1980’an dan terus diproduksi sampai tahun 1994.

Spoiler for c64:


Modem dari Commodore juga membuat Commodore 64 adalah komputer yang ampuh untuk beroperasi online dan layaknya kebanyakan sistem yang menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Komputer ini adalah platform yang sangat populer. Pada masa akhir hidupnya, Commodore 64 telah terjual lebih banyak dari komputer manapun sebelum atau sejak saat itu. Commodore 64 terjual dengan angka yang luar biasa, 17 juta unit sampai akhir masanya.


Spoiler for c64:







Demikian trit singkat ane gan, mohon maaf kalo TS ada salah kata. Ane ucapkan terima kasih buat semua kaskuser yang udah nyempetin buat baca, komeng dan ngasi

SUMUR

Spoiler for sumur:

Tulisan TS & beberapa referensi
Pics : Google

Ref 1
Ref 2
Ref 3
Ref 4



KOMENG KASKUSER

Quote:
Quote:Original Posted By .makmurbarokah.
lisanya apple gak dimasukin gan?
terkenal juga lho


Quote:Original Posted By xylene
jadi ngebayangin....ram 2kb tuh kalu buat browsing kyk gimana yah speed nya


Quote:Original Posted By beewalk
Bentuknya jadul-jadul tapi unik semua gan
BTW si TIMEX SINCLAIR 1000 cuma punya ram 2 kb doang


Quote:Original Posted By dikisatrio
wew.. jadi pengen koleksi, masih ada kagak yah barang kayak gitu


Quote:Original Posted By blackjack1
Pejwan

IBM kalo gak salah Pc buruan si john titor tuh gan..


Quote:Original Posted By sitoy.51704
namanya aneh aneh


Quote:Original Posted By lupacoliharia
kl gak salah ibm awal dari berdirinya produk lenovo


Quote:Original Posted By idamic
wuiiih keren* gan


btw tuh kalo diangkat seberat apa ya gan


Quote:Original Posted By zharvakko
spek nya bagus amat
ram nya aja 2kb

ga kebayang lemotnya kyk gimana


Quote:Original Posted By bonuslemper
mac design nya paling beda banget gan


Quote:Original Posted By 4X3L4
zaman jaya jaya nya IBM produksi komputer rumahan, sekarang udah merajai komputer server


Quote:Original Posted By AdjieBuntu
yang Commodore Amiga, Commodore 64 & MSX keren banget gan.....


Quote:Original Posted By cxn
Gan apa beberapa orang sekarang masih ada yang punya computer tsb.
Mungkin bisa jadi koleksi classic ya


Quote:Original Posted By .makmurbarokah.
lisanya apple gak dimasukin gan?
terkenal juga lho


Quote:Original Posted By langaustin
Nomor 1 sekilas mirip kalkulator gan


Quote:Original Posted By vanerik
yg jadul" 11/12 sama calculator bentuknya


Quote:Original Posted By haha.swfodox
komputer ato mesin tik entu gan ?




haha.swfodox


Quote:Original Posted By hakuramen47
kok komputer jaman sekarang ga ada yang masuk ke daftar popular gan ts?


Quote:Original Posted By gadgetriz
Fresh terbuka bener neh wawasan ane...teringan NEC pertama ane yang kebakar gan..hahahaha


Quote:Original Posted By cahyonoayano
kece badaiiiii, di rumah masih ada komputer yang tabung, tapi udah 1998/1999 alm bokap ane belinya. pernah diupgrade cpu-nya, trus diupgrade juga softwarenya jadi windows 2000 tapi udah gak dipake. dijual juga kagak laku.


Quote:Original Posted By paulJBank


ane dulu punya toshiba satellite t 1 masih pake windows NT bootingnya bisa 15 menit sendiri masih pake flopy trus mousenya pake mouse treckwheel, sayang lama ga pernah dipake tiba2 ga bisa nyala gan a e jual di rongsokan laku 12rb perak pas waktu bersi bersih2 rumah


Quote:Original Posted By pulpe
sekilas kayak rice cooker itu imac diliat dr atas......




Quote:Original Posted By Rofachan87
benar benar mantab neh kalo ada museumnya atau ada yang ngoleksi



Quote:Original Posted By Buford
di buat main dota 2 meledak itu komputer



Quote:Original Posted By finnt.hidayat
ngeliat IBM jadi inget komputer2 yang buat di hack di fallout 4



Quote:Original Posted By johnmarkum
Nec PC-98 masih ada gua



Quote:Original Posted By ueki19
Buset dah tuh kompe maen battlefield 3 tembus 60 FPS , setting babat habis full HD



Quote:Original Posted By Ghusphonsel
Aje gile. Di tahun 80an komputer nya super. (Suoer lelet) hhee.



Quote:Original Posted By willyyaz
sepuhnya kompi ini mah gan, rata2 ramnya masih hitungan kb

jaman ane pertama kali pake kompi udah pentium 2, os Win98 Plus.



Quote:Original Posted By dvsandhi
Thread yang bermutu gan, menambah wawasan Saya tentang Komputer



Quote:Original Posted By bektixp
imut2 kompi zaman dulu



Quote:Original Posted By yaitulahgua
dukuasai oleh PC jadul semua

Selamat Malam


Quote:Original Posted By lordjashin
Jadoel semua yah
Tp kl ga ad mereka, ga akan ada kmpi2 yg skrg


Quote:Original Posted By hars99
Wuihhh sesepuhh
Btw, itu yg tanpa layar (cma keliatan keyboard doang) gunanya buat apa ya gan ?
Ada yg bisa jelasin


Quote:Original Posted By eWiNz
Tetep aja taon segitu bisa beli komputer udah luar biasa bangetttt


Quote:Original Posted By febrianveloso
Buset... Kayaknya jaman dulu ram 2kb kayaknya dah paling kenceng yaa


Quote:Original Posted By lokerboy
Keren gan, tp bentuk nya kyk kalkulator ya


Quote:Original Posted By agent89
gimana ya kalau jaman sekarang ram cuma 2 kb..bisa2 layarnya gelap.wkkkw


Quote:Original Posted By CG123
bentar lagi kompi2 yang ada sekarang jg jadi sejarah


Quote:Original Posted By bintangfairing

jadul2 semua.. ram 2kb
modar makenya. ane baru tau semua itu gan.. nice thread


Quote:Original Posted By Rivaldi46
Nice thread gan
jaman segitu dapet pc dengan spek yang ''wow'' uda berasa kayak milyuner


Quote:Original Posted By PecanduKopi
buat yg msh punya n terkapar di gudang jangan dibuang dlu, bersihin n bisa jadi pajangan dgn tema steampunk / vintage


Quote:Original Posted By terakhirx
Kalau komputer zaman sekarang, satu pabrikan aja langsung ngeluarin banyak model, terus ganti tahun udah ganti model lagi.
Btw, Komputer yang paling banyak dan masih dijual saat ini mungkin Raspberry Pi.


Quote:Original Posted By bebasap
WTF ram 2kb.


Quote:Original Posted By orang.bener
itu komputer kok banyak yang keyboard nya doang ...
cara liat outputnya gimana dah ???


Quote:Original Posted By mageeno
OLD SCHOOL banget kwkwkwwk ane masiih ada tuh yg pc nyambung sama Monitornya ...peninggalan moyang klo ga salah,.tp ga tau cra nyalainnya


Quote:Original Posted By rizkybond
Yang timex itu cikal bakal komputer PDA & Tablet PC tuch gan
Seingat ane konputer jadul itu komputer IBM & Commodore
Kala itu OSnya pake Ms DOS gan
Jadi speknya masih KB punya
Nah dizaman pentium itulah baru pake windows 95,NT,98,2000 dan ME gan
Dan speknya lumayan lah gan


Quote:Original Posted By putraros
Ane pernah punya IBM gan


Quote:Original Posted By dekepetz
ane pernah punya yg NEC PC-98 almarhum bokap bawa tu pc dr jepang. sampe disini bingung mau makenya ane lha keyboard nya huruf jepang semua


Quote:Original Posted By rhysGAN
RAM 2kb, itu RAM apa size notepad gan?
4 GB aja main game sekarang aut autan
#OldButGold


Quote:Original Posted By Baringbing
Nggak bisa bayangin komputer di tahun 2050 modelnya seperti apa ya gan


Quote:Original Posted By juvemuse
Ram cuma 2 kb..??
buka google chrome langsung ngadat pc-nya..?


Quote:Original Posted By superaymond
Pioneer! Apple selalu jd pioneer hampir di setiap kelas produknya!

Saluuut!


Quote:Original Posted By renaudo
ram 2 kb buat apa gan?
ane punya komputer tahun jadul tuh ribet ngurusnya, pake win xp berat, pake win 2000 banyak virusnya, sekarang nganggur cuma kepake ane buat maen game2 jadul


Quote:Original Posted By lain.jangsia
Semua kompi nye muncul sebelom ane lahir.. ane lahir dimana windows 95 masih berjaya gan, dan game saat itu game roadrash ane maenin kwkwkwkkwkw


Quote:Original Posted By biangober
ram 2kb jaman skarang mah dah di buang kali ya


Quote:Original Posted By lawliet19
iMac dan Apple II masuk nominasi wooooowww


Quote:Original Posted By hiratasama
ram nya memang kecil, tp udah sangat membantu perhitungan2 di zaman itu.

kalo di bandingin kompi gaming saat ini, memang ngga ada apa2nya, tp dr komputer2 ini cikal bakal game ada.


Quote:Original Posted By lekazald
buseeh, pertama kali make kompi aja udah Pentium 4 gan ane penyabar banget orang dulu tuh yaa berarti s


Quote:Original Posted By alfaglos
Ram 2kb ???? Download naruto/doraemon 1 episode nunggunya 5tahun lagi kelar 1 episode

Itu yang apple II kategori masadepan ya
Nice info TS


Quote:Original Posted By ketjap.hakka
Soal komputer dulu di Indonesia jaman jadul, IBM PC XT 8088 populer banget di Indonesia seperti pentium sekarang ini.
Dulu ane inget waktu itu sekolah ane pake komputer ini


Quote:Original Posted By aslibandung69
ane pernah punya NEC PC 98 tuh


Quote:Original Posted By DewaZEUZ
aaa ya ampun jdi ingat intel 486dx, 386dx
jaman2 wktu floppydisk digantung dileher
kangen masa2 itu


Quote:Original Posted By hostmaster

dari 10 itu.. cuma timex dan msx yg blm pernah ane jajal..
selebihnya pernah.. bahkan beberapa pernah jadi temen di kamar pas sd/smp/sma

* holy shit! am I that old??


Quote:Original Posted By x.banditz
ane pernah make tu neo pc-98
jadi inget jaman sekolah dulu


Quote:Original Posted By dhanie117
bener" keren tuh semua nya..
sekarang udah canggih banget semua upgrade
ram 8GB joss


Quote:Original Posted By affandhie
di indonesia era 70 an - awal 80 siapa yg pake ya gan..hehe. kadang nonton tv aja masih banyak yg numpang ke tetangga di jaman itu


Quote:Original Posted By Badcouple
komputer jadul semua..
tahun segitu ane mah belom maen komputer.. bahkan sebagian besar ane belom lahir malahan..


Quote:Original Posted By luciferstore
gila gua baru tuh komputer. kaya kalkulator ya bentuknya tapi mantap gan


Quote:Original Posted By oleh2nyadong
makasih gan thread nya, membantu banget, sekarang ane rada tau sejarah sejarah komputer


Quote:Original Posted By nathanaditya
bentuknya mirip mesin ketik



nice trit gan buat ane yg belom tau sejarah kompi
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
nice trit gan buat ane yg belom tau sejarah kompi


terima kasih udah mampir ya gan
jadi ngebayangin....ram 2kb tuh kalu buat browsing kyk gimana yah speed nya
Quote:Original Posted By xylene
jadi ngebayangin....ram 2kb tuh kalu buat browsing kyk gimana yah speed nya


2KB buat buka 1 gambar aja bisa hang gan
makasi udah mampir
Bentuknya jadul-jadul tapi unik semua gan
BTW si TIMEX SINCLAIR 1000 cuma punya ram 2 kb doang
wew.. jadi pengen koleksi, masih ada kagak yah barang kayak gitu
Pejwan

IBM kalo gak salah Pc buruan si john titor tuh gan..
namanya aneh aneh
kl gak salah ibm awal dari berdirinya produk lenovo
Quote:Original Posted By beewalk
Bentuknya jadul-jadul tapi unik semua gan
BTW si TIMEX SINCLAIR 1000 cuma punya ram 2 kb doang


2 KB mau buat apaan ya ?

Quote:Original Posted By dikisatrio
wew.. jadi pengen koleksi, masih ada kagak yah barang kayak gitu


kolektor biasanya yg punya gan
kalo gak udah masuk museum deh

Quote:Original Posted By blackjack1
Pejwan

IBM kalo gak salah Pc buruan si john titor tuh gan..


john titor

Quote:Original Posted By sitoy.51704
namanya aneh aneh


Quote:Original Posted By lupacoliharia
kl gak salah ibm awal dari berdirinya produk lenovo


pejwan semua ya gan
makasi udah mampir
Belinye dimane tuh gan?
Quote:Original Posted By zsklght
Belinye dimane tuh gan?


Tetangga sebelah gan..

Quote:Original Posted By zsklght
Belinye dimane tuh gan?


coba cari di museum gan
Menurut beberapa sumber! Komputer pertama kali digunain, yg di film imitation game. Buat pecahan kata sandi enigma Nazi.. CMIIW
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Tetangga sebelah gan..
Belom buka gan... di FJB ato enggak di olshop ada gak?

Quote:Original Posted By Third.Reich
coba cari di museum gan
Kebanyakan barang museum gak boleh dibeli gan...

Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Menurut beberapa sumber! Komputer pertama kali digunain, yg di film imitation game. Buat pecahan kata sandi enigma Nazi.. CMIIW


iya, cikal bakalnya gan
terima kasih udah mampir
Quote:Original Posted By zsklght
Belom buka gan... di FJB ato enggak di olshop ada gak?

Kebanyakan barang museum gak boleh dibeli gan...



ya coba cari di bekas dot com gan
kalo barang2 kek kompie jadul2 yg pernah mendunia gitu ya kolektor2 yg punya ato gak di pelelangan
Quote:Original Posted By Third.Reich


iya, cikal bakalnya gan
terima kasih udah mampir


Tapi udah pake sejenis chipset atau blm sih gan..? Ane juga blm pernah liat
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar