Pages


Kamis, 26 November 2015

Sering denger sih, Apa arti Mbps tersebut ?

Spoiler for No Repost:

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi .Khususnya di Indonesia, internet sangat berkembang pesat sehingga pengguna internet semakin meningkat.
Spoiler for Sejarahnya:
Pada tahun 1994 IndoNet.menawarkan layanan internet secara komersial yang bisa dinikmati indonesia .Yang kala itu koneksi internetnya menggunakan koneksi jenis Dial-up.
Tapi seiring perkembangan waktu kini koneksi internet sangat beragam. Berikut jenis koneksi internet yang berada di Indonesia dari waktu ke waktu.

1. Dial – Up



koneksi internet dial up adalah komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dengan modem,atau yang disebut jalur PSTN (Public Switched Telephone Network).Yang mempunyai kecepatan Dial-up 56Kbps.

Untuk melakukan Dial-up diperlukan perangkat keras seperti : komputer, modem dan saluran telepon.Sedangkan perangkat lunaknya disediakan oleh ISP tempat kita berlangganan. Tapi sayang banyak kekurangan dalam menggunakan sistem ini seperti kecepatan internet menjadi lemot/ lelet saat mengakses internet terutama pada jam-jam sibuk. Ketika sedang menggunakan internet ,pengguna tidak bisa menggunakan telepon. ,juga tarif dial-up masih berdasarkan waktu .

2. ADSL



Koneksi internet adsl(Asymmetric Digital Subscriber line) adalah salah satu bentuk dari teknologi digital subsriber line ,yang mempunyai ciri khas sifatnya ,sehingga memberikan kecepatan yang tinggi .Saluran telepon dan modem dipisahkan menggunakan splitter.

3. Koneksi internet GPRS



General Packet Radio Service (GPRS) memiliki kemampuan untuk mengirimkan transfer ,biasanya paket data yang dikirim yang berhubungan dengan e-mail gambar dan browsing internet. Kecepatan koneksi internetnya mulai dari 56 Kbps hingga 115 Kbps..

4. 3G



3G ( third generation technology ) Berupa standar International Telecommunication Union yang di aplikasikan pada telephone seluler, serta digunakan untuk perkembangan teknologi telephone nirkabel .Sehingga pengguna telephone seluler mempunyai akses cepat ke internet. sampai 384 KB per detik .

5. HSPA



Speed Packet Access (HSPA).Mempunyai kempuhan kerja lebih cepat dari pada koneksi R99.HSPA sebanding dengan Evolution Data optimized (EV-DO)hasil pengebangan dari CDMA.HSPA mempunyai kecepatan transmisi data berbeda antara arus turun atau downlink dan arus naik (uplink). Kecepatan akses internet HSPA mencapai 7.2 Mbps


6. Wireless LAN



Pertamakali Teknologi Wireless LAN di design untuk apilikasi perkantoran dengan menggunakan gelombang radio. Seiring berjalanya waktu dan perkembangan teknologi Wireless LAN dapat di gunakan dalam ruangan pada jaringan peer to peer.,dan di luar ruangan atau point to point. Pada tempat dan lingkungan yang berbeda dapat mengoptimalkan jaringan nirkabel ini .dengan menggunakan standar teknologi 802.11g yang bekerja dengan frekuensi 2,4 Ghz, koneksi internet bisa menembus 54Mbps.

7. 4G LTE



Jaringan 4G (4G network) merupakan jaringan nirkabel yang memiliki kecepatan yang lebih baik dan stabil dari jaringan generasi sebelumnya.. Ini merupakan jaringan terbaru di Indonesia. Dengan teknologi 4G kecepatan koneksi internet bisa mencapai 72Mbps.

Masih suka bingung kenapa kecepatan internet kamu cuma 100-300 KB(kilobyte) per second(detik) padahal yang tertera pada keterangan provider internet kamu sebesar 3.1 Mbps, mestinya kan bisa lebih cepat, kamu berpikir apa ada yang salah dengan PC, modem, kabel, sinyal, cuaca, tempat dll. mungkin bisa saja hal itu juga mempengaruhi kecepatan internet kamu tapi sebelumnya mari saya jelaskan tentang pengertian Mbps yang simpang siur dan tidak dijelaskan lebih jelas oleh pihak provider internet, mungkin untuk tujuan menarik minat pelanggan, namun jika kita ingin menjadi pelanggan yang cerdas, kita wajib mengetahui hal ini.
Spoiler for Pengertian Mbps:
Mbps adalah kepanjangan dari Mega(M) Bits(b) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits, bukan byte ya !

Spoiler for Perbedaan Mbps dan MBps:
MBps adalah kepanjangan dari Mega(M) Byte(B) Per(p) Second(s), adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan byte.
Perbedaan MBps dan Mbps terletak pada besar kecilnya huruf "B", seperti pada MBps, huruf "B" nya besar berarti kepanjangannya "Byte", sedangkan Mbps, huruf "b" nya kecil berarti kepanjangannya "bits".
Perbedaannya satuan byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits sama dengan 0.125 byte, atau 1 bits dibagi 8 jika diubah ke satuan byte.

Spoiler for Contohnya gan :
3.1 Mbps/310 kbps/3100 bps = 0.387 MBps/387 KBps Jika satuan bits diubah ke satuan byte berarti dibagi 8, jadi kecepatan 3.1 Mbps sebenarnya kecepatannya hanya 387 KBps maksimalnya, karena biasanya di PC, gadget atau handphone kecepatan internetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits, sedangkan operator provider internet kita menggunakan satuan ukuran bits.

7.2 Mbps = 0.9 MBps.
14.7 Mbps = 1.83 MBps.

Gimana? sudah mengerti kan sekarang dengan kecepatan 3.1 Mbps, 7.2 Mbps atau 14,1 Mbps yang diinformasikan oleh operator provider internet kita dan bisa memperkirakan berapa kecepatannya
Spoiler for Mata airnya gan:


Mohon Koreksian gan /siss, Maklum Masih Nubie
Klo boleh bagi Sendol / Senggol / Chendol / Mendol,
Apakah ini yang namanya pertamax?......

Tapi mungkin sebaiknya thread kayak gini, masuknya ke forum internet dan mobile broadband
Quote:Original Posted By iamvincents18
Apakah ini yang namanya pertamax?......

Tapi mungkin sebaiknya thread kayak gini, masuknya ke forum internet dan mobile broadband


Sorry gan, kupikir ini juga termasuk sains dan teknologi.. heheheee.. Mangaap..
^
gak papa kok gan, ini jg termasuk teknologi.

bit per second atau bit per detik adalah satuan yg biasa dipakai dalam transmisi digital. seperti unit satuan lain, ada tingkatannya 1000 bit = 1 kilo bit, dan 1000 kilo bit = 1 mega bit. tetapi ada yang unik dalam transmisi data, sebenarnya yg biasa disebut 1 Mbps bukan genap 1000 tetapi 1024 kbps atau 2 Mbps adalah 2048 kbps. Kenapa begitu? silahkan google yah .

ada sedikit salah kaprah yg biasa di masyarakat umum, benar byte adalah satuan 8 bit tetapi byte per second tidak digunakan untuk transmisi data, byte biasa digunakan dalam sistem komputasi. Kenapa begitu? selamat googling gan .
Gak apa apa gan, ane juga kan
Wahh baru tau gan....berarti ane ketipu donk..
Quote:Original Posted By duniahepi
^
gak papa kok gan, ini jg termasuk teknologi.

bit per second atau bit per detik adalah satuan yg biasa dipakai dalam transmisi digital. seperti unit satuan lain, ada tingkatannya 1000 bit = 1 kilo bit, dan 1000 kilo bit = 1 mega bit. tetapi ada yang unik dalam transmisi data, sebenarnya yg biasa disebut 1 Mbps bukan genap 1000 tetapi 1024 kbps atau 2 Mbps adalah 2048 kbps. Kenapa begitu? silahkan google yah .

ada sedikit salah kaprah yg biasa di masyarakat umum, benar byte adalah satuan 8 bit tetapi byte per second tidak digunakan untuk transmisi data, byte biasa digunakan dalam sitem komputasi. Kenapa begitu? selamat googling gan .


Quote:Thanks gan masukannya, bener banget ntu

1 Mbps bukan berarti 0,125 MBps

Sinyal internet dikirim dalam bentuk bit, dan walaupun 1 byte mengandung 8 bit, tetapi terdapat banyak bit-bit lainnya yang ikut dikirimkan, misalnya berupa checksum, counter, handshaking, dan lainnya.

Secara umum, TCP/IP (yang digunakan di internet), menggunakan struktur layer dalam pengiriman datanya, dan tiap layer menambahkan berbagai macam data yang harus dikirim juga dalam upaya mencegah kesalahan data yang dikirim dan diterima.

sepi nih...
Sering lupa inget...mbps ama MBps ah yàng penting kuota banyak haha
WOW udah HT aja nih, amazing

Ane sih dah sadar dari dulu gak. Btw good info ini
Nyimak
berarti kalo speed yg di janjiin 1GBps

berapa speed nya di laptop / IDM ?
Quote:Original Posted By azzam001
Wahh baru tau gan....berarti ane ketipu donk..


ente nge troll, gan ?


klo ada yg ngerasa ketipu bkn brarti Operator/Provider internetnya nipu, itu agan2 aja kurang informasi seputar dunia IT. Gmn biar nga ketipu ? blajar trus perkembangan IT ato ilmu dasar IT biar nanti nga gaptek. Jgn maunya aja punya perangkat mobile yg modern tp nga mau blajar istilah2 yg umum digunakan pada perangkat tsb.

yang penting downloadan kelar maksimal gan bodo amat spidnya berapa juga
Udah seharusnya operator berkewajiban menjelaskan sama konsumen hal hal yang kek gini biar gak ada yg ngerasa ketepu
nambahin,

untuk HSPA+ Speed maks bisa sampai 21Mbps

dan untuk 4G bisa sampai 300Mbps.

CMIIW
akhirnya terjawab sudaahh ketidakpahaman ane gan
makasih banyak gan
Yang penting koneksi stabil juga udah lumayan buat ane gan



Gue gembok dlu pejwan yeh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar