Pages


Selasa, 24 November 2015

MENANAM, sejuta rasanya


Quote:Assalamu’alaikum …
Hai agan, aganwati, om, tante semua, disini ane mau share pengalaman ane dalam bercocok tanam dan berbagi ilmu yang ane punya, meskipun ilmu ane baru segede upil.

Menurut ane, bercocok tanam itu… paket komplit, mulai dari berperan sebagai petani, peneliti, detektif (contoh: misteri matinya pohon mangga *ngikngikngik/ceritanya backsound serem , atau Misteri mutilasi sawi hijau dll), dokter tanaman sampai berperan sebagai bisnismen kalau yg dijual.
Berikut ini adalah poin-poin bercocok tanam yang alhamdulillaah sedang ane lakukan:


1. Menanam dari yang termudah
Spoiler for 1. Menanam dari yang termudah:
Menanam dari yang termudah maksudnya, tanamlah sesuatu yang mudah kita dapatkan bibitnya,entah itu nemu di selokan depan rumah, entah itu dari toko tanaman di daerah kita, dapat minta dari rumah mama/mertua , atau beli online, itu juga mudah. Ada satu lagi tempat yg mudah buat dapetin bibit, GRATIIIIIIIS, bahkan sering kita buang yaituuuuuu DAAAPPPUUUURRRR.





2. Menanam dari apa yang kita makan
Spoiler for 2. Menanam dari apa yang kita makan:
Poin ini erat kaitannya dengan dapur, misal bawang (potong bawang dengan cara melintang menjadi 2 bagian, bagian atas pake masak, bagian bawah yang ada akar-akarnya ditanam, ketika menanam, bagian potongan ditongolin, jangan ketutup tanah) , cabe, tomat (ambil yg matang, pisahin bijinya jemur, setelah kering siap ditanam di media tanam/tanah), ubi, Daun bawang, seledri, kacang tanah, nanas, papaya, serai, kurma dan sebagainya juga bisa loh ditanam lagi, tergantung cara mereka berkembangbiak




3. Perbanyakan tanaman dari yg kita miliki
Spoiler for 3. Perbanyakan tanaman dari yg kita miliki:
Ketika kita memiliki tanaman yang mulai berbunga atau berbiji, kumpulin bijinya, tanam lagi, atau tanaman yg dari umbi bawang (contoh: zepyranthes) perbanyak dengan misahin umbi-umbinya agar mereka membentuk rumpun baru dan lain sebagainya. Kalau sudah banyak, bisa disumbangin (itung-itung menyebar virus hijau) atu bisa juga dijual


4. Rawat tanaman yg kita miliki
Spoiler for 4. Rawat tanaman yg kita miliki:
Poin ini berlaku juga untuk tanaman yang tidak sengaja kita tanam. Misal yang pernah ane alami, semangka, tomat, sintrong (sejenis lalapan) tumbuh tanpa ane tanam, kemudian ane rawat (siram-siram, kasih nutrisi, dan kasih sayang serta perhatian heheheh)



Quote:Ketika kita mulai down dan hampir putus asa dengan satu jenis tanaman tertentu yg kita gagal terus, gak ada salahnya kita beralih dulu ke tanaman yang lain buat ngrefresh kemumetan kita, yang penting jangan berhenti bercocok tanam.

Dalam bercocok tanam senengnya tuh disini
Spoiler for Dalam bercocok tanam senengnya tuh disini :kisss :

1. Ketika tanaman yang hampir mati, terus kita rawat dan si tanaman berhasil survive kemudian sehat kembali
2. Ketika ngeliat tanaman/bunga yg tadinya dikit jadi banyak dan itu bikin mata jadi suegerrrr (bunga, bunga… penuh bunga bungaaa…. *ala syahrini)


3. Ketika tanaman yang kita tanam berbuah dan kita memetik hasilnya, meskipun buahnya cuma 1, atau ketika nanem kangkung/bayam, manen dan masak dari yang kita tanam selama 25 hari, padahal kalo di mang sayur harganya cuma 2000 perak, rasanya tuh gan, kayak abis cape-capean nemu nasi liwet, ikan asin dan sambel, nikmaaattt banget, padahal menunya sederhana.



Begitulah gan, bahagia itu sederhana, dan menikmati proses itu amazing Be Ge Te


Sikap mental yang bisa dibangun dari menanam
Spoiler for Sikap mental yang bisa dibangun dari menanam:

1. Menikmati proses. Mulai dari biji sampai mengasilkan biji, mulai dari 1 dahan jadi banyak dahan, mulai dari 1 bunga jadi banyak bunga, dan seterusnya.

2. Berlatih sabar, sabar disini bukan berarti pasrah, tapi sabar dalam berusaha (ulet), ketika tanaman kita diserang hama atau mati, kita tidak lantas menyerah, tapi terus evaluasi dan mencoba lagi. Gak masalah kita banyak gagal, asalkan mencoba nya lebih banyak dari gagalnya


3. Tidak pernah berhenti belajar (maksimalkan fungsi gadget), mencari ilmu berkebun di dunia maya, selain bikin mata seger karena liat foto-foto tanaman yg aduhai tapi juga banyak ilmu berkebun yg bisa kita dapatkan dan praktekkan, dijamin banyak…. Banyyyak.. (ini jadi salah satu motivasi/penyemangat ane, ketika ane down karena tanaman ane mati atau gagal tumbuh)

4. Berasa ada kedekatan batin sama tanaman , ga tahan kalo liat tanaman yang sakit bawaannya pengen merawat dan mengobati doi atau ketika tanaman tumbuh subur, kita bisa merasakan kebahagiaan si tanaman, berasa tanamannya lagi senyum-senyum mannja sama kita (maaf rada absurd hahaha)



5. Apa yang kita tanam adalah sedekah.
Ada salah satu hadis tentang bercocok tanam (mohon maaf tidak bermaksud sara), “ Tidaklah seorang muslim yg bercocok tanam, kecuali setiap tanamannya yg dimakannya bernilai sedekah baginya, apa yg dicuri orang darinya menjadi sedekah baginya, apa yg dimakan binatang liar menjadi sedekah baginya, apa yg dimakan burung menjadi sedekah baginya, & tidaklah seseorang mengambil darinya, melainkah ia menjadi sedekah baginya. (HR. Muslim No.2900).“ini juga jadi salah satu penyemangat ane untuk terus menanam dan tidak putus asa, misalnya ketika ane menanam sawi mulai dari biji, ketika tingginya baru 10cm-an, dalam 2 hari ludes tinggal akar doang karna dimakan si mikimos, atau ketika buah mangga ane yang hampir mateng, dipetik orang entah siapa, atau ketika pohon singkong ane ada yg manen entah siapa, atau ketika pohon singkong ane digelantungin & dimakanin daunnya oleh kambing yang entah milik siapa juga, disini kita belajar menerima kenyataan, belajar ikhlas, dan tidak kecewa, insyaa Allah g da yang sia-sia dalam menanam, karna semuanya bernilai sedekah, dan itulah yang bikin ane terus semangat menanam.


Demikianlah share ane tentang bercocok tanam. Terima kasih atas perhatiannya….
Selamat menanam…..
Sumber gambar: Koleksi Pribadi Tanaman ane
Sumber thread: semua yang pernah ane baca, ane liat dan ane pahami baik dari situs-situs, grup tanaman, maupun ngobrol sama penjual tanaman, yang gak bisa ane sebutin satu-satu situsnya karena ane lupa, atau siapa nama penjual tanamannya karena ane juga g pernah nanya. Terima kasih buat semuanya yg telah berbagi ilmu dengan ane.

Wassalamu’alaikum
Dapat salam nih dari bunga-bunga
Spoiler for ....:


update:
alhamdulillah ternyata threadnya jadi HT, meskipun hanya sebentar terima kasih sama mimin,momod, dan teman-teman kaskuser semua, yang udah nge-rate, komen, ngasi cendol (kalo ada, karena ane ga ngerti cara ngecek kulkasnya ) makasih juga buat yg udah baca thread ane, semoga bermanfaat y teman-teman.
seperti emak ane,
kayak judul TS sejuta rasanya, mungkin itu yg dirasakan.
bisa betah berjam2 ngurusin tanaman
Quote:Original Posted By galangARCHI
seperti emak ane,
kayak judul TS sejuta rasanya, mungkin itu yg dirasakan.
bisa betah berjam2 ngurusin tanaman


wow, salut buat emaknya agan semoga ane bisa konsisten seperti beliau
UPDATE
Maaf g bisa jawab komengnya satu-satu,
Linkk temen-teman kaskuser lainnya yang ikut KOMBAT, mampir ya...
ayo hidup secara go green agar bumi kita tetap sehat
Hijaukan Rumah Agan dengan Dollar!
berikut ini komeng dari agan-aganwati yang sudah merasakan INDAHNYA... NIKMAT BER...cocok tanam *pake nada lagucrisye , inspiratif banget, wajib dicontoh, bahkan ada yang sudah menjadi sumber penghasilan, kereeen terima kasih sudah mau berbagi
Quote:Original Posted By the.darn.knight
Ane doyan menanam kok gan
melihat tanaman yang tumbuh bermekaran dari hasil jerih payah ane itu bikin terharu sendiri

Quote:Original Posted By benzia
di kebun ane tanam pisang susu, seneng banget kalo waktu panen.

Quote:Original Posted By wongalas34
Numpang Pamer ya gan...


Grow Your Own Food

dengan menanam tanaman yang agan makan, bisa megurangi jejak Carbon gan....

Jejak karbon adalah jumlah emisi gas rumah kaca yang diproduksi oleh suatu organisasi, peristiwa (event), produk atau individu




Quote:Original Posted By yaitulahgua
ane udah biasa menanam, malah dirumah ane udah kayak hutan

Quote:Original Posted By garselfootwear
ane juga lagi belajar hidroponik kok gan, udah bisa instalasi juga siap jual , aseekk

Quote:Original Posted By tsabit23
Mantep agan satu ini..Inspirasi ane On lg setelah lama Off...teringet ane lg jaman STM..hobby bgt tanam singkong gan....3 bln ane panen...trus ngUndang kwn2 n Sohib2 ane tuk ikut panen,,_alhasil kita kukus or goreng singkong bareng.....Asli gan Nikmat bgt kala itu..

Quote:Original Posted By autobanned46
Ane juga doyan menanam dan merawat tanaman gan.
awalnya hanya dari iseng bikin peneduh teras rumah, jadi ane tanam anggur tuh.
diawal ane ga berharap ama buahnya. tapi kenapa ga sekalian dipelajari hingga bs berbuah?
ane cari tuh refference dr berbagai sumber, ane terapkan, dan tadaaaaaa...
selain teras rumah ane jadi teduh, dapet bonus buah pula. mana yang ane tanam adalah anggur hijau yg manis bgt buahnya. heheheee...
semacam menemukan kepuasan tersendiri rasanya. saat merawat tanaman dan tanaman itu merespon balik pada kita.

ane paling suka saat menyirami tanaman gan, bikin pikiran ruwet jd fresh lagi.
berasa menjadi LELAKI YANG SEUTUHNYA muhahahahaaaaa..... *apasih

Quote:Original Posted By F7onAz
nostalgia masa kecil ane banget gan...
dulu pernah punya kebun kebunan sama temen, nanam di samping tempat wudhu (di rumah ane pake kendi yang ditaruh di halaman).
nanamnya serabutan asal nemu aja yang penting bisa liat ijo ijo tumbuh hasil sendiri

Dan... itu kebun ane sama teman ane lombain siapa yang paling rimbun : walaupun kebunnya cuma +- 1m persegi lah, tapi yang ditanam sampe bibit biji mangga

bener kata agan, menanam emang asik gan, ada semangat dan bahagianya sendiri kalo udah liat tanamannya tumbuh subur, ijo apalagi sampai ada hasil

nice share gan, selamat HT

Quote:Original Posted By miss...afet
Bener tuh gan mesti sabar.
Ane nanem bunga variant Europe sama asli turki. Awalnya 2 tahun lalu iseng beli bibit bunga di tiap traveling ikut laki. Ane tanem di rumah. Pas sudah mekar Banyak temen, keluarga ma tetangga yang suka. Ane iseng jualin waktu itu sambil ane budidayakan bibitnya. Tahun ini ketemu dah sama gardener betulan. Ane belajar lebih serius dan al hasil udah 3 bulan ini ane jualan bunganya lokal dan bibit bunga ane jual ke luar turki jadi penghasilan ane buat nambahin beli susu krucil. Dari penasaran jadi hobi jadi penghasilan... Emang sejuta rasanya... Seneng campur bersyukur

Quote:Original Posted By msmuch


jadi langsng mindahin taneman selada ane gan...

Quote:Original Posted By anisawa91
kerjaan ane tiap hari nih gan. ane lulusan pertanian. temen-temen yang lain kerjanya pada di kantor, kalo ane kerjanya di lahan. seger bener daahh

Quote:Original Posted By edwardeor
Di rumah juga banyak tanaman, tapi buat dijual
Ada pinus sama cengkeh.. kalo ada yang mau beli bisa PM gan,
entar yang ngurus bapak ane soalnya bapak ane yg jadi juragannya (malah promosi )

Quote:Original Posted By aslibandung69
wah ane banget nih! mulai dari umur 3 taun, dah 2 dekade suka menanam dan menuai hasilnya. ada buah mangga, rambutan, lengkeng, jambu yg butuh waktu dan kesabaran utk dapet hasilnya. sampe yg simple kaya cabe, tomat, bawang daun, seledri, kunyit, jahe, dkk juga ane tanam.


ada komen yang lucu & ada juga komen yang absurd
Quote:Original Posted By detaa
ane sudah menanm hatiku di hatimu

Quote:Original Posted By mantap.kale
Ane hanyalah ingin menanam rasa cinta di ladang hatinya gan...

Quote:Original Posted By justinblue
Ane jg hobby nanem gan, apalagi nanemnya benih baby

Quote:Original Posted By Elazul
Bisa tanem pohon duit ga gan ?


Ane baca komen-komen dari agan, ternyata banyak juga yang mulai tertarik sama tanaman, itu langkah awal yang bagus, lanjutkan dengan realisasinya ya gan... smangat...
yang masih bingung g punya lahan, bisa pake cara hidroponik gan, beliau-beliau yang udah nyoba, bisa memaksimalkan balkon apartemen yang kecil, teras kosan bahkan atap untuk bercocok tanam. Mau tau caranya? gampang gan, tinggal maksimalkan gadget agan untuk berselancar di dunia maya, mencari ilmu sebanyak-banyaknya
banyak manfaat untuk menanam bisa menghassilkan uang malahan hehe
Hmmm...... Menarik juga apa yg dibahas TS. Ternyata berkebun itu menyenangkan. Okelah ane akan coba mengikuti langkah2 yg udah diulas TS setelah pohon jeruk bali hadiah juara Kombat ane dikirim sama mimin
Oke gan, dicoba ya
Betul sekali gan
ane sudah menanm hatiku di hatimu
Quote:Original Posted By detaa
ane sudah menanm hatiku di hatimu


wkwkwk gubrak
Ane doyan menanam kok gan
melihat tanaman yang tumbuh bermekaran dari hasil jerih payah ane itu bikin terharu sendiri
Ane lagi nanam caisim nih gan, lumayan disni 5000 perak per ikat, bisa cepet kaya
di kebun ane tanam pisang susu, seneng banget kalo waktu panen.
ane suka nanem kankung ama bayem dirumah hehehe
mejeng di pejwan
menarik nih treat nih,mngajak bercocok tanam scara perlahan,, GOgreen
menanam sayuran menghasilkan uang
betul gan, ini hobi baru ane selalu betah kalo suruh berkebun, seneng banget liat taneman seger
ane jg mulai suka tanam menanan gans....
salah satu ambisi ane nih gan:

menanam pohon jati emas sama pohon suren. terus ditunggu 10-20 tahun mendatang.

mudah-mudahan bisa kejadian.
Ane sih lebih demen menanam MODAL bisa menghijaukan saldo

hehehh ane punya banyak tanaman dirumah koq buat nyegerin udara
Wah masi kebagian pejwan

Ane sedang menanam kebaikan dgn menjaga pejwan dari para maho yg berseliweran gan

Btw asli pengen berkebun, tapi ga punya lahan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar