Pages


Kamis, 26 November 2015

Ternyata ada hal lain yang bisa kita pelajari dari sosok seorang guru loh Gan


Selamat hari guru buat guru-guru di luar sana

Siapa sih guru buat Agan-Agan? Mereka sosok yang ngajarin kita banyak hal saat di sekolah. Yang ngajarin sesuatu yang kita nggak tau sampai akhirnya kita jadi tau. Tapi sadar nggak sih gan, belajar dari guru bukan sekedar belajar soal ilmu-ilmu pasti atau eksata aja. Bukan sekedar soal matematika, IPA dsb, tapi juga ada pelajaran soal hidup yang bisa kita pelajari dari tindakan guru itu sendiri. Apa aja?

1. Malu bertanya sesat di jalan
Quote:
Quote:Ada yang masih belum jelas? Ada yang mau bertanya? Ini semua sudah pada paham atau pura-pura paham ya?
Ini salah satu pertanyaan yang sering banget guru lontarkan ke muridnya ketika di kelas. Kadang ada kan sebagian murid yang sebenarnya gak tau tapi terlalu malu buat ngakuin kalau dia gak tau. Alhasil apa yang dikerjain ternyata ga sesuai dengan instruksi. Intinya dengan guru yang sering nanya dan ngulang pertanyaan ini ke muridnya adalah supaya muridnya berani ngomong kalau dia masih belum jelas atau paham. Nggak ada salahnya buat bilang nggak ngerti dan nggak ada salahnya buat bertanya. Mending bertanya daripada sesat di jalan kan.


2. Semua perlu kerja keras
Quote:
Sekolah bukan soal siapa yang pintar dan tidak pintar, tapi soal siapa yang berusaha dan tidak berusaha. Sering banget kan guru juga ngasih reward bagi mereka yang sekalipun punya kemampuan akademis yang berbeda tapi udah berusaha dan nunjukin progress. Nggak peduli seberapa pintarnya murid tapi ketika dia malas ya dia tidak akan memperoleh apapun. Yang guru ajarkan adalah perlu usaha buat ngedapetin apa yang kamu mau. Kalau mau dapat nilai bagus ya belajar. Kalau mau jadi juara kelas ya tunjukin dong usahanya.


3. Setiap perbuatan ada konsekuensinya
Quote:
Quote:Kamu nyontek? Nilai kamu saya bikin jadi 0 ya.
Itu yang main-main di kelas silahkan keluar aja ya.

Guru juga nggak pengen nyiksa muridnya kok. Guru cuma pengen kalian sadar bahwa setiap perbuatan yang kalian lakukan pasti ada konsekuensinya. Ketika kamu menyontek, itu akan jadi nggak adil buat mereka yang sudah susah payah belajar. Ketika kamu sibuk main-main di kelas, teman-teman yang ingin serius belajar pasti keganggu dan itu sebabnya kamu harus berhenti bermain-main di kelas ketika jam pelajaran.


4. Ada pelajaran yang bisa diambil dari setiap kesalahan
Quote:
Quote:Guru: Ini yang salah tolong tulis ya jawaban yang benar seperti apa di samping soal pake bolpen merah.
Nggak ada orang yang sempurna. Ketika murid kerap melakukan kesalahan, guru juga pasti paham dan mengerti. Sepertihalnya ketika murid salah menjawab soal dan guru ingin murid tersebut secara mandiri mencari ulang dan menulis jawaban yang benar itu maksudnya agar murid tahu di mana letak kesalahannya dan supaya dia tau apa jawaban yang seharusnya.


5. Percaya diri itu penting
Quote:
Quote:Guru: Ya budi maju ke depan coba bacakan tugasnya
Budi: *dalam hati* Ih ibu apaan sih kenapa aku yang disuruh maju. Kenapa nggak orang lain aja sih. Pengen banget ya bikin aku jadi bulan bulanan anak-anak

Nggak ada guru yang senang murid muridnya menjadi bahan tertawaan kok. Yang ia ingin ajarkan adalah bagaimana membangun percaya diri supaya bisa jadi kunci penting kamu buat mempresentasikan diri.


6. Time management itu perlu
Quote:
Quote:Guru: Tugasnya dikumpul besok ya
Murid: Aaaa kok besok sih .. minggu depan dong minggu depan. Pr matematika juga besok bu dikumpulnya

Ada maksud lain kok yang pengen guru sampein dengan ngasih pr bertubi-tubi. Guru pengen supaya kita terbiasa mengatur jadwal dan waktu supaya di sela sela kegiatan sekolah kita juga bisa mengerjakan tumpukan PR yang ditugaskan. Guru kamu sebenarnya juga pengen ngajarin bahwa semua yang kamu lakuin di hidup perlu ada management waktu biar semua bisa selesai pada waktunya.


7. Always prepare for the worst
Quote:
Quote:Yak, keluarin kertas selembar, buku buku dimasukin. Hari ini kita tes ya
Mungkin awalnya kita selalu merasa ini guru atau tukang sulap sih sukanya ngasih surprise. Tapi ada maksud lain kok yang ingin guru kita tanamkan, yakni soal bagaimana kita harus selalu siap dengan segala macam kemungkinan. Dengan sering ngadain kuis dadakan guru juga ingin kita agar belajar nggak cuma ketika mau ulangan doang.


8. Nggak ada yang bisa hidup sendiri.
Quote:
Quote:Kita kerja kelompok ya, ayo pilih temen yang mau diajak kerja kelompok trus tulis namanya di sini
Ini termasuk metode yang sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Dengan kerja kelompok sebenarnya guru juga pengen bilang kalau kadang kita juga butuh orang lain dan kita perlu tau bagaimana sih supaya bisa hidup berdampingan dan saling bantu.


Nah itu dia Gan, hal-hal lain yang bisa kita pelajari dari tindakan Guru kepada kita. Intinya Guru nggak pernah bermaksud jahat ke kita kok. Mereka juga pengen yang terbaik buat muridnya. Guru mana sih yang nggak senang kalau muridnya jadi sukses dan membanggakan, ya kan. Sekali lagi selamat hari guru yaaaaa

kangen guru ane waktu sd gan
Quote:Original Posted By mtfrisianflag
kangen guru ane waktu sd gan


samaaak Gan. Jadi nostalgia masa masa sekolahan
Terkadang mengesalkan banget kalau pas jadi murid mengalami kejadian2 tersebut terutama test mendadak/kuis.. tapi ya semua ada hikmahnya.. semua demi kebaikan..
Terima kasih bapak/ibu guru.. Selamat Hari Guru
ya jelas dong gan, kan guru org tua di sekolah
galak nya juga karna sayang nya beliau sama kita
Quote:Original Posted By Badcouple
Terkadang mengesalkan banget kalau pas jadi murid mengalami kejadian2 tersebut terutama test mendadak/kuis.. tapi ya semua ada hikmahnya.. semua demi kebaikan..
Terima kasih bapak/ibu guru.. Selamat Hari Guru


yup.. guru ga ada maksud jelek kok ya
Cuma nyuruh doang, itu sudah
Quote:Original Posted By approve.cc
galak nya juga karna sayang nya beliau sama kita


Serius lo bray, gak ada maksud
Quote:Original Posted By ephie90
ya jelas dong gan, kan guru org tua di sekolah


setujuuuuuu deh sama Agan
Quote:Original Posted By approve.cc
galak nya juga karna sayang nya beliau sama kita


betul. Keras di luar lembut di dalam kok Gan
Quote:Original Posted By kamujahat21
Cuma nyuruh doang, itu sudah


itu sudah apa Gan?
rindu masa2 sekolah gan
Meme nya kocak2 gan.
Quote:Original Posted By mutenroshi23
rindu masa2 sekolah gan


ayo sekolah lagi aja Gan
Quote:Original Posted By mrautumn
Meme nya kocak2 gan.


makasih Gan
Thread SAMPAH

Spoiler for Penjelasan:
Salam PERDAMAIAN
bener banget itu gan hehe
selamat hari guru
Quote:Original Posted By nin88
selamat hari guru



Selamat hari guru
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar