Pages


Senin, 23 November 2015

[F.R.] 100 lobang Biopori KOSKAS Bogor untuk 5 juta Lobang Biopori KOTA BOGOR

Hari Minggu, 15 Nopember, KOSKAS Bogor mengadakan acara pembuatan 100 Lobang BIOPORI untuk 5 Juta lobang BIOPORI.
Acara ini bekerja sama dengan KOSKAS Bogor dan BOBATS (Bogor Sahabat).

Quote:jika belum tau apa itu lobang BIOPORI,

Quote:BIOPORI adalah :
Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir R Brata, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.
Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.


Quote:Kegunaan dari lobang biopori ini adalah yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Selain itu, biopori juga bermanfaat secara arsitektur lanskap karena telah digunakan sebagai pelengkap pertamanan di berbagai rumah mewah dan rumah minimalis yang menerapkan konsep rumah hijau. Biopori kini menjadi pelengkap penerapan kebijakan luas minimum ruang terbuka hijau di perkotaan bersamaan dengan pertanian urban.Bahkan pemerintah Kota Sukabumi sangat menganjurkan ruang terbuka hijau memiliki biopori


Dalam pembuatan biopori ini hanya diperlukan alat bor tanah ukuran diameter sekitar 20 cm dengan panjang 1,5 mtr.
Lobang biopori sendiri dalamnya sekitar 80 cm - 100 cm, jika sudah selesai terlubangi, lubang tersebut diisi oleh sampah organik.


Kalo mau lebih jelas soal biopori, silahkan gugling sendiri yah...

Acara ini dihadiri sekitar 20 orang member KOSKAS Bogor, sebagian tidak bisa hadir karena kesibukannya masing-masing.
Sebelum memulai acara, KOSKAS Bogor kumpul di Taman Topi sekitar jam 07.00 kemudian dilanjut gowes sampai TKP yaitu di Lapangan PUSDIKZI Zeni Bogor, Jl. Jendral Sudirman.

Berikut dokumentasinya...
Spoiler for dokumentasi:

Kumpul di Taman Topi
Quote:














Persiapan Pengeboran
Quote:



Pengarahan dari SENIOR BOBATS














Proses Pengeboran
Quote:





























Hasil Pengeboran BIOPORI



Narsis setelah pengeboran

Quote:



Mudah-mudahan, acara pembuatan 100 lobang biopori KOSKAS hari ini, berguna bagi semua warga Bogor, dan tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dalam pembuatan lobang biopori ini, yaitu pihak BOBATS dan PUSDIKZI.

KOSKAS Bogor :
ndarzz
iyazz
blackzero71
byson529
hom3coming
erenem
taweuran13
bbaayyuu
getyourgun
vesplatina
xyz.yudi
white.gen
spinblackcircle
B04M











saya dapet 5 lubang, yang 3 cuma 20 cm
rumah gw dong sekalian dikasih lubang
biar ga banjir gitu gan

edit
Selamat ye gan udah HT
semoga kegiatannya bisa meluas sampe ke daerah rumah ane
Ane cuma kuat 5 lobang tapi mentok batu semua
wow mantab om
ane tgl 13 des juga mau bikin ini acara
mantab sukses acaranya bermanfaat gan...
wuih jaib bener nih acaranya
semoga sukses terus buat koskas ya
Quote:Original Posted By hom3coming
saya dapet 5 lubang, yang 3 cuma 20 cm

sssttt.....sama dong

Quote:Original Posted By dono107
rumah gw dong sekalian dikasih lubang
biar ga banjir gitu gan

wani piro....

Quote:Original Posted By xyz.yudi
Ane cuma kuat 5 lobang tapi mentok batu semua

keliatannya mudah tapi rupanya ngeselin juga yah gan..

Quote:Original Posted By thoto
wow mantab om
ane tgl 13 des juga mau bikin ini acara

mantap om.....

Quote:Original Posted By qwertytyuiop
mantab sukses acaranya bermanfaat gan...



Quote:Original Posted By jengjamed
wuih jaib bener nih acaranya
semoga sukses terus buat koskas ya


Wah biopori telah merambah kaskus
Quote:Original Posted By iyazz

sssttt.....sama dong


wani piro....


keliatannya mudah tapi rupanya ngeselin juga yah gan..


mantap om.....








kan kalau bisa dibuat list pesertanya
biar ane ajukan donat
Quote:Original Posted By thoto


kan kalau bisa dibuat list pesertanya
biar ane ajukan donat


siyap om, saya data dulu listnya, gak semua kaskuser juga soalnya.
Quote:Original Posted By iyazz


siyap om, saya data dulu listnya, gak semua kaskuser juga soalnya.


ok kang
ini dah ane request Hot Thread juga
mantap acaranya, ajak ajak dong gan
itu ada kang vespa
pindah haluan yak jd anak goew wew
cendolcendolbig
saya dapet batu banyak hahaha
Quote:Original Posted By blackzero71
saya dapet batu banyak hahaha


tinggal digosok aja gan....wkwkwkwkwkwk

saya 7 lubang om
Keren amat tuh yg pake celana merah
saya 7 lubang, kapan lagi kita memberikan sesuatu pada Bogor jika bukan sekarang
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar