Pages


Kamis, 04 Februari 2016

Pemerintah Buka Kesempatan Besar Untuk Melanjutkan Pendidikan S2 dan S3

Gan ada berita menggembirakan nih. Sekarang pemerintah siap menampung biaya buat kita-kita yang mau ngelanjutin kuliah di jenjang S2. Dengan dana yang besar melalui program dari Kementrian Keuangan yakni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), pemerintah siap memberikan beasiswa kepada masyarakat yang memang ingin melanjutkan kuliahnya S2. Kuliahnya bisaa di mana aja looh gan, bisa di Indonesia atau di luar negeri hehe




Quote:Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tengah menyiapkan dana sebesar 20,6 Triliun Rupiah pada tahun 2016 ini. dana yang tengah disiapkan oleh pemerintah ini meningkat 5 Triliun Rupiah dibanding dana yang disiapkan pada tahun 2015 lalu. Dan di tahun ini targetnya akan memberikan beasiswa kepada 5000 orang. "Ada Rp 20,6 triliun yang dikelola saat ini dan pokoknya tidak dapat diganggu gugat. Target tahun depan 5.000 orang," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro setelah menghadiri acara Welcoming Alumni LPDP di Hotel Borobudur Jakarta, Senin malam, 1 Februari 2016.



Bambang mengatakan, pada intinya, beasiswa LPDP hanya memberi syarat kepada penerimanya untuk kembali ke Indonesia setelah merampungkan studinya. "Ikatan cuma satu, kembali ke Indonesia, yang penting bisa menerapkannya di Indonesia," katanya. Dan juga mengenai pembangunan di daerah, Menteri Keuangan Republik Indonesia juga mengingatkan bahwa saat ini Indonesia sudah terdesentralisasi. "Sekarang sudah desentralisasi, ekonomi masa depan mengarah ke daerah," tambahnya.

Berdasarkan data LPDP Kementerian Keuangan, sangat kecil penerima beasiswa yang gagal menempuh pendidikan. "Mungkin bisa dihitung dengan jari karena alasan yang tidak bisa ditinggalkan, seperti sakit atau profesornya meninggal. Ada juga yang mundur sebelum berangkat," kata Eko Prasetyo selaku Direktur LPDP.

Selain itu, Direktur LPDP Eko Prasetyo juga menandatangani kesepahaman dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam mempublikasikan beasiswa LPDP. "MOU itu untuk memperkenalkan beasiswa LPDP ke daerah sehingga ada yang daftar dan merata," kata Eko. Hal ini mebuat banyak putra dan putri dari berbagai daerah dapat mendapatkan sosialisasi mengenai program beasiswa LPDP ini dan dapat mengikuti program beasiswa S2 dan S3 ini.

"Mungkin Pemda yang selama ini mengirim beasiswa secara mandiri bisa diubah. Kandidat mereka dikursuskan saja untuk kemudian disiapkan untuk mendapat beasiswa LPDP ini agar merata. Jadi tidak di Jawa saja, itu arahnya ke sana," kata Eko.



Program LPDP ini juga mempunyai tujuan untuk membangun daerah-daerah yang ada di Indonesia gan. Jadi enggak di kota besar aja yang jadi tujuan pembangunan dari para lulusan LPDP ini.



Quote:Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan mendanai ribuan mahasiswa yang melakukan studi S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri setiap tahunnya. Untuk 2016, alumni LPDP diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah saat ini.



Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo mengatakan, LPDP telah memiliki manajemen untuk memantau alumninya. LPDP akan memantau dan melihat peran dari alumni itu sendiri.

"Kemarin sudah mulai. Mereka (alumni LPDP) pulang kita sambut, kita pertemukan dengan pemerintah daerah, karena temanya permasalahan pemerintahan daerah," kata Eko di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/2/2016).

Alumni LPDP, lanjut Eko, merupakan lulusan dari kampus terbaik di dunia. Mereka dipertemukan dengan gubernur dan bupati dari beberapa daerah untuk berdiskusi tentang permasalahan yang ada di daerah saat ini.

Eko menambahkan, ribuan alumni yang telah bertemu dan berdiskusi dengan pemerintah daerah telah membuat tulisan yang berisi ide untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami daerah di Indonesia. "Mereka sudah juga bikin tulisan ide dan gagasan membangun daerah dan desa," kata Eko.

Menurut Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan RI, Welcoming Alumni Leadership Forum dapat mendekatkan alumnus penerima LPDP terhadap kondisi daerah. "Banyak penerima beasiswa ke luar negeri sehingga pemahaman mereka tentang daerah belum ada. Kita tidak bisa mendorong mereka, caranya lebih persuasif," ujar Bambang.



Selain untuk membangun daerah, pemerintah juga mengharapkan para alumni penerima program LPDP ini juga dapat menjadi wiraswasta dan dapat membangun lapangan pekerjaan sehingga membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Quote:Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro berharap para alumni penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menjadi wiraswasta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

"Selain butuh orang pintar, Indonesia juga perlu banyak orang yang mau membuka usaha sendiri," ujar Bambang usai temu alumni penerima beasiswa LPDP di Jakarta.

Dia melanjutkan, negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan dan Republik Rakyat Tiongkok bisa menjadi maju karena adanya perpaduan antara kecerdasan pikiran dan kemauan menjadi wiraswasta. Menurut Bambang, ketiga negara Asia tersebut sangat mungkin disusul jika semakin banyak pengusaha Indonesia yang melanjutkan pendidikan minimal ke jenjang S2. "Dengan menggenggam pendidikan minimal S2, mereka bisa semakin memahami bidang yang digeluti dan memiliki wawasan luas," tutur Menteri Keuangan.



Nah ini dia gan yang jadi persyaratan supaya agan-agan bisa ikut program beasiswa dari pemerintah ini gan.

Quote:LPDP mencatat, ada kenaikan pendaftar setiap tahunnya. Ini terlihat sejak 2013 lalu, yaitu mencapai 2.500 peserta. Pada 2015, jumlah pendaftar mencapai 3.100 peserta. Kamil menargetkan, jumlah pendaftar pada tahun ini bisa mencapai 5.000 peserta. Ketua Persiapan Keberangkatan LPDP (person in charge), Mohammad Kamiluddin, mengatakan, pada 2016 ini akan ada 40 angkatan penerima beasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.



Rencananya, tahun ini, beasiswa LPDP akan dibuka dalam empat gelombang, yakni pada Februari, Mei, Agustus, dan November. Kamil menjelaskan, ribuan peserta akan diseleksi melalui tahap-tahap yang dicanangkan oleh LPDP.

Ini dia jadwal pendaftaran LPDP untuk beasiswa S2 dan S3 ini gan!



Calon peserta bisa mendaftar secara online di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/ dan melengkapi persyaratannya. Jika lolos pada tahap itu, peserta akan melalui seleksi administrasi dan wawancara. Seleksi ini mewajibkan para pendaftar membawa dokumen-dokumen, antara lain ijazah sarjana, transkip nilai, lampiran TOEFL, dan surat keterangan sehat.

Tak hanya itu. Pendaftar juga wajib memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimum 3,00 dan lancar berbahasa Inggris berdasarkan uji ETS atau IELTS. Selanjutnya, peserta akan mengikuti program kepemimpinan. Program Kepemimpinan adalah program pembekalan yang diselenggarakan oleh LPDP bagi para calon penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dilaksanakan selama enam hari.

"Para penerima beasiswa akan ditanamkan nilai-nilai kenegaraan dengan berdiskusi, membuat karya ilmiah, dan outbond," tutur Kamil. "Inilah yang harus dilewati para calon peserta penerima beasiswa. Baca semua persyaratan mengenai LPDP dan lengkapi persyaratan tersebut. Itu kuncinya," Kamil menambahkan.

Tak hanya jiwa kepemimpinan, LPDP juga mengharapkan, para penerima beasiswa bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara. Maka dari itu, setiap peserta diwajibkan kembali ke Tanah Air setelah selesai menempuh studinya.


Widiih mantaaap nih program gan. Jadi ane punya kesempatan besar nih buat ngelanjutin kuliah ane. Selain itu ane juga bisa jalan-jalan ke luar negeri tapi dibayarin sama negara lumayan gan sambil menyelam minum aer


Sumur Ane Nih Gan
Sumur nih
Ssuummuurr
ngebor sumur
Berita bagus nih
Jadi pengen lanjut lagi nih
wewww kesempatan nih....
Mantab...

Kabar Bagus, semoga panasbung ga ikutan ya
Quote:Original Posted By yess1
Kabar Bagus, semoga panasbung ga ikutan ya


Tentunya bray
gan, dapet cium basah dari gue
thank you berat....ane emang lg ada rencana buat nglanjutin s2 doain ane ya gan...ane liat di daftar universitasnya ada universitas impian ane
program bagus ini
Program mantab
Harus Periksa Berkas Doloe Ini.......


Kali aja mujur dapet behasiswa... eh... salah... beasiswa maksudnya
Mantaaap.. bisa lanjut studi lagi neeeeeee
ini kan sudah sejak 2-3 tahun yg lalu bray....
Ane gak tamat sma, gimana mau ngejar s2 / s3?
Bambang mengatakan, pada intinya, beasiswa LPDP hanya memberi syarat kepada penerimanya untuk kembali ke Indonesia setelah merampungkan studinya. "Ikatan cuma satu, kembali ke Indonesia, yang penting bisa menerapkannya di Indonesia," katanya

ane baca yg ini kayaknya gimana gitu ya
nice info gan ane baru tau
Bagus nih planning dari pemerintah..
programnya bagus bro
ane belum lulus gan masih semester 6
wah sayang umur ane dah hampir 40an
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar