Pages


Kamis, 04 Februari 2016

Tak lagi laku, Panasonic dan Toshiba hengkang dari Indonesia

Quote:Tak lagi laku, Panasonic dan Toshiba hengkang dari Indonesia



Merdeka.com - Pelemahan ekonomi dunia ikut mempengaruhi investasi di sektor manufaktur Indonesia. Dua raksasa perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic dan Toshiba hengkang dari tanah air.

Penutupan pabrik kedua perusahaan ini akibat melemahnya daya beli masyarakat. Imbasnya, penjualan produk kedua perusahaan ini turun drastis.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan Toshiba lebih dulu merumahkan ribuan pekerjanya di Cikarang, Bekasi. Pabrikan asal negara matahari terbit itu mempunyai enam pabrik. Namun, satu-persatu mulai angkat kaki dalam kurun 10 tahun terakhir.

"Jadi tidak ada lagi pabrik Toshiba. Yang ada Toshiba memproduksi printer di Batam tapi skalanya kecil. Nah, yang tutup ini adalah pabrik televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang," kata Said di Jakarta, Selasa (2/2).

Said menegaskan manajemen Toshiba sepakat untuk menutup produksinya pada April 2016. Untuk itu, Said tengah melakukan negosiasi pesangon yang diwajibkan pemerintah.

"Dalam 10 tahun terakhir, ada 13 perusahaan Panasonic di Indonesia. Sebelumnya ada Panasonic komponen sudah ditutup, sekarang tinggal tiga, yakni Panasonic Manufakturing Indonesia (PMI), Panasonic Energy Indonesia yang produksi baterai dan Panasonic Healthcare yang produksi alat kesehatan," kata dia.

Menurut dia, produk-produk elektronik sekarang ini lebih bersaing dibanding lima sampai 10 tahun lalu.

"Produk televisi Toshiba tidak laku lagi dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya banyak yang beli. Itu karena daya beli masyarakat melemah akibat upah murah pemerintah," pungkas dia.

http://www.merdeka.com/uang/tak-lagi...indonesia.html


Ford pergi, kini elektronik pergi.

Quote:KSPI: Paket kebijakan ekonomi Jokowi bikin Panasonic & Toshiba tutup



Merdeka.com - Tutupnya dua perusahaan raksasa elektronik asal Jepang, PT Panasonic dan PT Toshiba di Indonesia mengakibatkan sekitar 2.500 buruh mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). PHK ini dimulai sejak Februari hingga Maret 2016.

Dua raksasa elektronik, PT Panasonic berada di Cikarang, Bekasi dan PT Toshiba yang ada di Pasuruan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut, ke dua perusahaan raksasa tersebut tutup karena paket kebijakan ekonomi Presiden Jokowi yang dinilai tidak tepat dan efektif. Paket kebijakan ekonomi utu kata Iqbal merupakan sinyal negatif terhadap investasi negara sudah mulai terasa.

"Menurut kami kebijakan yang dikeluarkan Jokowi-JK tidak tepat dan tidak efektif di lapangan. Justru PHK ini terjadi saat kebijakan itu keluar. Jadi paket kebijakan itu tidak efektif. Kita mendesak ulang tentang kebijakan itu dan apa retorikanya," ucap Iqbal, Selasa (2/2).

Iqbal meminta supaya Pemerintah bersungguh-sungguh dalam tingkat pengawasan, pelaksanaan, kebijakan, dan tidak dalam paket kebijakan mercusuar.

"Kita meminta kepada Pemerintah untuk tidak langsung mem-PHK. Tetapi bisa saja mengurangi shift, merumahkan dan hanya dibayar tunjangan gaji pokok saja, atau mengurangi hari kerja," ucapnya.

http://www.merdeka.com/peristiwa/ksp...iba-tutup.html


Quote:Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHK



Liputan6.com, Jakarta - Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Yang tutup ini adalah pabrik televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," tegasnya saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (2/1/2016).

Said mengatakan, penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

"Pabrik di Pasuruan mempekerjakan lebih dari 600 orang dan sudah di PHK. Sedangkan pabrik yang di Bekasi PHK hampir 1.000 lebih karyawan," ucap Said.

Dengan demikian, Said menyebut, total karyawan atau buruh yang terkena PHK lebih dari 2.500 orang. "Ini jadi sinyal negatif bagi investasi di Indonesia," paparnya. (Fik/Ndw)

http://bisnis.liputan6.com/read/2426...buruh-kena-phk





Quote:Tak hanya Panasonic dan Toshiba yang bangkrut di Indonesia



Merdeka.com - Salah seorang pengelola kawasan industri di Cikarang membenarkan adanya penutupan dua pabrik multinasional asal Jepang yaitu Panasonic dan Toshiba. Tak hanya itu, menurut dia akan ada lagi satu pabrik elektronik asing yang akan ditutup pada tahun ini.

"Saya belum bisa konfirmasi ini ya. Hal itu memang benar tapi saya harus kembali kroscek yah," kata lelaki yang enggan disebutkan namanya itu saat dihubungi melalui selular, Jakarta, Selasa (2/2).

Dia mengungkapkan, iklim bisnis industri elektronik Tanah Air sedang melemah sebab persaingan pasar yang sangat beragam. Ditambah persaingan produk elektronik dari negara lain yang ikut mendominasi pangsa pasar di Indonesia.

"Iklim elektronik sangat berat sekali dibandingkan 2-3 tahun sebelumnya, karena persaingan produk-produk dari negara asing yang lain belum bisa memberikan tren positif. Salah satu raksasa lain Samsung, menjadikan Vietnam based produksi di ASEAN," ujarnya.

Menurut dia, kebijakan pemerintah dengan memberikan insentif kepada pelaku industri belum memberikan tren positif. Padahal, Indonesia mempunyai keunggulan dari segi demografi.

"Apalagi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) artinya pengusaha bisa produksi di mana aja. Pemerintah memberi perhatian terhadap hal itu, tapi memang belum bisa bersaing. Pemerintah sedang menyusun kebijakan dan izin disederhanakan," katanya.

Dia kembali menegaskan akan ada industri elektronik lainnya yang akan tutup di Indonesia. "Tahun ini ada juga kok pabrik elektronik asing juga yang akan tutup. Ribuan pekerja juga. Dari investasi Penanaman Modal Asing (PMA)," katanya yang enggan merinci.

http://www.merdeka.com/uang/tak-hany...indonesia.html


buruhnya suruh minta kerjaan ama si said

Quote:
semua beralih ke LG dan SAMSUNG produk sodara kim jong un
Naikkan upah buruh
Quote:"Produk televisi Toshiba tidak laku lagi dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya banyak yang beli. Itu karena daya beli masyarakat melemah akibat upah murah pemerintah," pungkas dia.
sak karepmu

gara2 barang cinak sih
32+10 yang penuh kesia-siaan
Warna nya jelek,org indonesia suka warna yg tajam spt samsung dan LG
Eh ajeeenggg gara2 upah murah pulak kau bilang...!!!!


Sudah jelaskan gara2 kau minta naik gaji buruh dan efek sampingnya harga itu barang jadi naik!!!

Jgnlah kau putar2 itu.. Lagian biar kau tau ya.. Dalam KLH buruh yg kau buat mereka mintak TV merek apa? Bukan panasonik dan tosibakan njeeng...
seolah-olah daya beli masyarakat itu ditentukan oleh daya beli buruh yg berani ngambil ninja 250...pabrik tutup nyalahin upah murah
Quote:Original Posted By grosson
semua beralih ke LG dan SAMSUNG produk sodara kim jong un


ada benarnya, panasonic sama toshiba, terutama toshiba overpricr si,
fitur nya cuma gitu2 aja, ketinggalan inovasi sama duo korea
Quote:Original Posted By grosson
semua beralih ke LG dan SAMSUNG produk sodara kim jong un


Samsung, Desember kemarin bukannya mulai PHK besar2an dari divisi elektronik sampai industri beratnya juga kena, tapi paling besar di divisi elektronik
bangkrut sudah endonezah......
tinggal hukum rimba aja lah
Mantap, tahun ini gak ada panasonik gembel award
kalah ama korea
Panasonic kemahalan ACnya meskipun emang usia nya mampu bertahan 10 tahun...
kebanyakan pindah ke ac samsung, changhong, uchida sama LG...

toshiba tvnya jarang ane lihat di toko2 elektronik..
kebanyakan yg dipajang samsung, LG, Changhong sama merk2 china..
Quote:Original Posted By orang.hutan


Samsung, Desember kemarin bukannya mulai PHK besar2an dari divisi elektronik sampai industri beratnya juga kena, tapi paling besar di divisi elektronik


yup, tapi samsung alasannya karena sering terjadi demo dan walaupun terjadi penurunan penjualan tapi samsung tetap masih "raja" di negara ini

sama alasannya seperti RIM dulu yang lebih milih buka pabrik di malaysia tapi jualan di indonesia ... cmiiw
kalo kata panastak:

itu salah perusahaannya gak mampu bersaing...

indonesia gak krisis kok santai aja...
gara² buruh nih
Quote:Original Posted By mows
Panasonic kemahalan ACnya meskipun emang usia nya mampu bertahan 10 tahun...
kebanyakan pindah ke ac samsung, changhong, uchida sama LG...

toshiba tvnya jarang ane lihat di toko2 elektronik..
kebanyakan yg dipajang samsung, LG, Changhong sama merk2 china..


kita tunggu hukum rimba...
orang lapar peluru aja dimakan njing!
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar