Pages


Kamis, 03 Maret 2016

World Water Day: Share Tentang Air di Tempat Agan dan Raih Hadiahnya

Apa Kabar Semuanya???


Kita berbagi air dulu yuk...


Tahukah kamu? Setiap tahun pada tanggal 22 maret kita diingatkan dengan sebuah momen untuk memperingat Hari Air Dunia.

Sub Forum Sains dan Teknologi ingin mengundang semua kaskuser untuk ikut serta dalam Science & Techno Thread Competition dalam rangka hari air dunia yang bertemakan “Water and Jobs (Water for People, Water by People)”



Quote:Quote:Fakta-fakta tentang air bersih

  • Menurut Technology Indonesia, dari 92 daerah terluar di Indonesia, 64 diantaranya merupakan daerah sulit air bersih. Dapat disimpulkan lebih dari setengah penduduk indonesia kekurangan bahkan beberapa tidak bisa mendapatkan sumber air bersih. ( sumber: http://www.technology-indonesia.com )cute_waterdrop2
  • Menurut Republika, Cilacap adalah salah satu daerah di Indonesia sebanyak 32 desa yang tersebar di 12 kecamatan yang pada awal Agustus silam mengalami krisis air bersih. ( sumber : http://www.republika.co.id )
  • Kasus lainnya terjadi di Makassar, ratusan warga yang bermukim di Desa Turatea, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan mengalami krisis air bersih penyebabnya adalah hanya karena konflik pengelola air bersih. ( sumber : http://www.bisnis-kti.com )
  • Dalam acara Forum Air Dunia II (World Water Forum) di Den Haag (Maret, 2000) disebutkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan mengalami krisis air pada 2025. Penyebabnya antara lain kelemahan dalam pengelolaan air, seperti pemakaian air yang tidak efisien. Laju kebutuhan akan sumber daya air dan potensi ketersediaannya sangat pincang dan semakin menekan kemampuan alam dalam menyediakan air. ( http://green.kompasiana.com )

Melihat fakta diatas apa sih yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat untuk mendukung program pelestarian sumber air ini?


Mari, share cerita agan berkaitan dengan air di sini bisa tentang pendidikan cinta lingkungan air, biasanya nih, kalau berkaitan dengan perayaan hari tertentu apalagi berkaitan dengan lingkungan adalah sebuah kesempatan bagus untuk melakukan edukasi publik.

Inilah saatnya, Kaskuser sharing cerita tentang air sekaligus solusinya, buktikan kita bisa ikut turut serta bersama-sama mengedukasi masyarakat terkait dengan air, apa yang air telah berikan untuk manusia, dan apa yang manusia telah berikan untuk air.

Sebelum ikutan event ini, ada baiknya, baca dulu syarat dan ketentuan yang berlaku di event ini

Quote:Quote:Syarat dan Ketentuan Science & Techno Thread Competition
1. Post Reply di thread ini yang berisi tentang air dan ceritakan masalah air yang ada di sekitar tempat tinggal agan dengan disertakan foto atau video.

2. Selanjutnya harus sertakan solusi untuk permasalahan air yang sudah Agan ceritakan. Lebih disukai jika disertai penjelasan ilmiah.

3. Isi postingan dilarang mengandung unsur SARA dan Promosi. KASKUS & Panitia event ini terbebas dari segala tuntutan yang berhubungan dengan foto, video, maupun isi yang dimasukkan oleh peserta.

4. Cerita yang dibuat harus merupakan pengalaman pribadi (karya orisinil), tidak boleh copy-paste atau menulis ulang cerita orang lain

5. Judul post reply WAJIB menggunakan tag: [Science & Techno Thread Competition]: Subject

Contoh subject: [Science & Techno Thread Competition] Pekerjaan Saya Bermain Air

Contoh postingan:
Pekerjaan saya sehari-hari membuat saya harus sering bersentuhan dengan air. Bukan hanya air bersih, air sungai (dan air permukaan lainnya). Saya senang bermain dengan air, dari saya mulai dari mengambil sampel, menganalisa,mengolah data hingga membuat pelaporan tentang kondisi air.

Asyik? Tentu saja! Karena saya bisa bermain air dan melihat langsung kondisi air di lapangan.


Gambar: Saya saat menguji parameter lapangan di sebuah sumber air tak jauh dari Kawah Ijen


Gambar: Kali Pait


Gambar: Menemani Siswa SMA Belajar Meneliti Air


Pekerjaan sehari-hari menyangkut air, membuat saya sedikit bisa memotret kondisi air saat ini. Bicara soal air, jika merujuk pada siklus hidrologi sebenarnya masalah kuantitas tidak akan pernah berubah. Tetapi bagaimana jika kita harus memperhitungkan faktor kualitas? Karena, bukankah hanya air berkualitas yang aman untuk keperluan masyarakat?

Tekanan industri, pertambahan penduduk serta seluruh aktiitasnya juga perubahan gaya hidup, tentu berpengaruh pada terbentuknya sesuatu bernama limbah. Limbah, meski secara teori harus diolah dulu sebelum dibuang ke lingkungan, tenyata tak selalu demikian prakteknya.

PENTING: Cerita dan gambar di atas hanya sebuah contoh postingan.

6. 3 Pemenang akan dipilih oleh Panitia Science & Techno Thread Competition 2016. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.

10. Kriteria penilaian adalah keunikan, moment, dan kesesuaian dengan tema.

11. Pemenang yang terbukti melakukan pelanggaran atau kecurangan, akan didiskualifikasi. Kemenangan dibatalkan dan hadiah akan ditarik.

12. Pemenang yang tidak bisa dihubungi dalam jangka waktu 7 hari setelah pengumuman pemenang, maka hadiahnya akan dianggap hangus & tidak dapat dipindahtangankan.

13. Periode pendaftaran postingan: 1 Maret – 15 Maret 2016. Event ditutup pada 15 Maret 2016 pukul 23.59 WIB. Pengumuman pemenang pada tanggal 22 Maret 2016.


Quote:Quote:Hadiah Science & Techno Thread Competition

Dan... Hadiah Science & Techno Thread Competition kali ini dijamin bikin

Hadiah dari Kaskus
1. Kaskus Plus 3 Bulan untuk pemenang 1, 2, dan 3
2. Merchandise Kaskus
3. Kaskus Plus 1 Bulan untuk semua yang ikut serta dalam Science & Techno Thread Competition 2016

Hadiah dari Donatur
1. Kaskus Plus / Donat 1 tahun untuk pemenang pertama
2. GRP/BRP +/- 500 dari Regional Madura
3. GRP/BRP +/- 25 dari ID Kak.Edy
4. GRP/BRP +/- 25 dari ID alkhairgroup
5. GRP/BRP +/- 5 dan dari ID Jokiez
6. 5 bungkus kripik tempe berbagai rasa & 2 bungkus brem dari ID Jokiez (ongkir ditanggung oleh pemenang)
7. Pulsa: 100K juara I, 50K juara II, 25K juara III dari ID kingkin28
8. Pulsa: 25K Juara I, 10K Juara II, 5K juara III dari ID grander
9. Pulsa: 100K juara I, 100K juara II, 100K juara III dari ID Bridge Engineer

(dan mungkin terus bertambah)


Hadiah sewaktu-waktu dapat berubah dan akan diupdate di sini


Ditunggu postingannya Gan!
yuk diramaikan


  1. Air dan Sampah by irturhamun
  2. Limbah cair dari usaha penyepuhan by mindz
  3. Air,Dumai dan Konsekuensinya by alphaversion
  4. Pengolahan Air Sampah menjadi Air Baku by Metalholic
  5. Water & City by noelsasaki
  6. Masalah Klasik Air Rumahan by ma.x.ri.x.ka
  7. Air gambut VS Air bersih,Riau by marylinmonreo
  8. Pengolahan limbah air di jasa cuci kendaraan by ciuni
Keserempet...
reserved

sekalian nyumbang
juara 1 pulsa seratus ribu
juara 2 pulsa lima puluh ribu
juara 3 pulsa dua puluh lima ribu

eh ama sekalian buku deh
ntar dicari dulu yg ada disini apa
reserved
Reserved~


Ekowisata Mangrove wonorejo berada di Pesisir Timur Kota Surabaya. Berfungsi sebagai sabuk hijau dan hutan kota. Mangrove adalah salah satu sabuk hijau perairan laut selain terumbu karang dan padang lamun. Dengan menjadikan mangrove sebagai tempat wisata berwawasan lingkungan (ekowisata), dapat menjadikan masyarakat umum menjadi lebih paham dan 'care' terhadap pelestarian mangrove.



Contoh postingannya seperti itu
yok yoi
reserped buat kepentingan lain
Nama Saya Turham. Saya tinggal di pinggiran timur kota Jakarta. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang air dan sampah. Mungkin kedua hal ini cukup jauh berbeda. Namun di lingkungan sekitar saya kedua hal ini sulit dipisahkan.

Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah di aliran air, seperti sungai dan selokan pun sepertinya sudah mendarah daging. Kesadaran lingkungan yang minim membuat daerah ini menjadi daerah rawan banjir. karena aliran air terus mengalami pendangkalan akibat sampah yang tertimbun di dasar aliran air.

Perda tentang larangan membuang sampah pun dirasa seperti angin lalu karena tidak adanya pengawasan dari pemerintah. Keadaan ini diperparah dengan mahalnya iuran sampah sehingga membuat semakin banyak orang yang enggan membayar iuran sampah dan malah membuang sampah ke aliran air. Akibatnya banjir selalu menggenangi daerah ini setiap tahunnya.


Spoiler for Foto Banjir:


Pada saat foto tersebut diambil saya sempat berbincang-bincang dengan salah seorang Petugas Kebersihan disela-sela aktivitasnya ketika melakukan evakuasi banjir. "Mau bagaimana lagi yah wong mereka saja tidak cinta dengan lingkungannya terus giliran banjir tolong-tolong ama kita dek. Sebenernya kami ini capek tiap pagi harus turun ke sungai untuk membersihkan sungai ini dari sampah, tetapi mereka malah terus-terusan buang sampah di sungai ini. Gimana bisa bersih klo kayak gini caranya." ujar salah satu petugas kebersihan.

Nampaknya Air dan Sampah kini menjadi masalah klasik dan tak pernah ada ujungnya karena setiap kali dibersihkan setiap kali juga ada yang membuang sampah. Begitulah kisah saya

Mungkin solusi dari permasalahan ini adalah penanaman kesadaran lingkungan untuk tidak membuang sampah di aliran air dan penegasan aturan perda dan pengawasannya lebih ditingkatkan lagi. serta iuran sampah dibikin gratis
*Foto diambil saat sedang banjir
hemmm...
Boleh juga event nya...

air sungai musi keruh
Quote:Original Posted By irturhamun


Foto atau videonya mana tur?
[Science &Techno Thread Competition] Limbah cair dari usaha penyepuhan

Kegiatan keseharian gw selalu berhubungan dengan yg namanya air dan limbah cair dengan usaha di bidang electroplating dan manufacturing kompenen besi.

Sumber bahan baku yang dipergunakan berupa plat baja bersifat berbahaya, bentuk fisik padat asal bahan impor, dengan bahan baku tambahan seperti grenda potong, kain polis, pasir polis, HCL dan soda api. Sedangkan bahan penolong sebagai katalis berupa nikel plat, nikel krorit, asam kromit, dan nikel sulfat bersifat berbahaya dan perlu dilakukan khusus pengelolaannya dan analisis sludge.

Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan usaha ini berupa dampak negatif penting. Dalam upaya menekan dampak negatif dan meningkatkan dampak positif, maka pihak pemrakarsa secara penuh kesadaran melaksanakan upaya pengelolaan air limbah dan juga pemantauan lingkungan.

Sumber energy yang digunakan pada proses produksi berasal dari PT. PLN dengan kapasitas terpasang 131 kVA dan genset berbahan bakar solar milik sendiri sebanyak 1 (satu) unit dengan kapasitas 400 kVA sebagai energy cadangan.

Dalam menjalankan proses produksinya, usaha ini menggunakan beberapa jenis peralatan dengan energi penggerak listrik seperti mesin pon, mesin polish, tiu electroplating, dan ruang pengering.

Penggunaan air Sungai untuk keperluan proses pencucian, sedangkan untuk keperluan air domestik karyawan seperti mandi, cuci, dan kakus memanfaatkan air sumur dan air permukaan sehingga total penggunaan air perhari sekitar 35 m³.

Kompenen kegiatan operasional meliputi proses penyepuhan, pemakaian bahan baku dan bahan penolong, bahan bakar dan pelumas, jenis alat angkut dan kendaraan produksi. Secara rinci proses penyepuhan atau pelapis adalah sebagai berikut:
Setelah bahan yang mau di sepuh dimasukkan ke dalam bak cairan soda panas untuk membersihkan dari minyak, di teruskan ke bak HCL untuk membuang karat. Selanjutnya dicuci dengan air dan dikeringkan.
Setelah kering dipindahkan ke bak electroplating nickel untuk dilapisi supaya mengkilap. Selanjutnya dicuci dengan air dan dikeringkan. Setelah kering dipindahkan ke bak electroplating chrome untuk dilapisi supaya tidak cepat berkarat. Selanjutnya dicuci dengan air dan dikeringkan dengan bak panggang.

Berdasarkan Upaya Pengelolaan air limbah dan Upaya Pemantauan Lingkungan, dampak lingkungan yang terjadi pada kegiatan operasional adalah dampak lingkungan fisik-kimia seperti kualitas udara, kebisingan, kualitas air, residu bahan bakar dan pelumas, kualitas tanah dan flora. pada tahap operasional berpotensi mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Namun demikian, hingga saat kegiatan monitoring ini dilakukan belum pernah terjadi permasalahan lingkungan yang serius selama kegiatan operasional berlangsung.

Pelaksanaan dan Evaluasi

- PELAKSANAAN
Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) Limbah Cair

- Sumber Dampak

Berasal dari kegiatan proses produksi yaitu kegiatan penyepuhan, pencucian, dan perendaman.

Tolok Ukur

Untuk menghindari pencemaran air buangan dan peresapan dalam tanah serta menjaga kualitas limbah yang memenuhi baku mutu limbah cair (Kepmen LH No. 51 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair).

Lokasi Pengelolaan

Lokasi saluran limbah berada di belakang bangunan dari ruang produksi dan lokasi IPAL berada di belakang bangunan.

Tindakan Pengelolaan

Membuat saluran limbah yang berakhir di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).
Limbah cair lain berupa limbah domestik dan saluran MCK dialirkan ke septic tank dan saluran pembuangan umum. Air hujan dibuat saluran khusus yang terpisah dari saluran air limbah.

Foto air hasil dari penyepuhan ditampung dalam bak pengolahan limbah


Foto mesin dan peralatan pengolahan limbah


Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) Proses Produksi
- Jenis dan Sumber Dampak

Berasal dari kegiatan proses produksi yaitu kegiatan penyepuhan, pencucian, dan perendaman yang menimbulkan intensitas kebisingan dan penurunan kualitas udara dan air berupa endapan (sludge).

Tolok Ukur
Kepmen LH No. 48 Tahun 1996 tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan, PP No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, dan Kepmen LH No. 51 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair.

Lokasi Pemantauan
Terhadap limbah cair dilakukan di IPAL di belakang bangunan.

Metode Pemantauan
Pengukuran kualitas limbah cair dilakukan dengan metode yang telah baku untuk masing – masing parameter.

Jangka Waktu / Periode Pemantauan

Untuk pemantauan kualitas limbah cair setiap 3 bulan sekali.

Tabel Hasil Pengukuran Kualitas Limbah Cair

No. Parameter Satuan Baku Mutu *) Hasil Metode
1. pH - 6,0 – 9,0 7,97 Elektrometri
2. Total Padatan Tersuspensi mg/l 20 39 Gravimetri
3. Sianida (CN) mg/I 0,2 <0,01 Kolorimetri
4. Total Krom (Cr) mg/I 0,5 <0,05 AAS
5. Krom Valensi Enam (Cr⁺⁶) mg/I 0,1 <0,04 Kolorimetri
6. Tembaga (Cu) mg/I 0,6 <0,02 AAS
7. Seng (Zn) mg/I 1,0 0,09 AAS
8. Nikel (Ni) mg/I 1,0 <0,06 AAS
9. Kadmium (Cd) mg/I 0,05 <0,002 AAS
10. Timbal (Pb) mg/I 0,1 <0,05 AAS

Berdasarkan hasil pemantauan kualitas limbah cair di lokasi pemantauan diketahui bahwa kualitas limbah cair umumnya masih berada dibawah baku mutu yang ditetapkan. Dengan kondisi tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa kualitas limbah cair yang dibuang ke badan air penerima masih aman dari pengaruh kegiatan operasional.

Hasil pemantauan dapat dinyatakan bahwa kualitas limbah cair yang tidak mencemari badan air yang bisa menimbulkan kerusakan secara langsung.

Berdasarkan hasil pengukuran, kandungan senyawa racun, logam – logam dan ion logan (CN, Cr, Cr⁶⁺, Cu, Zn, Ni, Cd, Pb) yang terdapat dalam air limbah setelah diolah berada di bawah baku mutu yang ditetapkan dalam Kepmen LH No. 51 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi Kegiatan usaha.

Evaluasi Tingkat Kritis (Critical Level Evaluation)
Limbah Cair
Dari hasil pemantauan kualitas limbah cair, diketahui bahwa kadar pencemar air berada di bawah baku mutu dan keadaan ini dapat dinyatakan tidak kritis berdasarkan Baku Mutu yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 51 Tahun 1996 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi Kegiatan usaha.

Dengan hasil tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa usaha kami tidak melakukan pencemaran ke badan air penerima dan telah melakukan pengolahan air limbahnya dengan baik.

Evaluasi Pentaatan (Compliance Evaluation)
Kualitas Limbah Cair
Pemantauan kualitas limbah cair dari kegiatan tetap harus dilakukan oleh pemrakarsa, untuk mengevaluasi kecenderungan peningkatan kadar pencemaran di air sekitar lokasi kegiatan.
Berdasarkan evaluasi hasil kegiatan pemantauan maka upaya mempertahankan kinerja lingkungan yang ada saat ini terutama dalam upaya menjaga kualitas limbah cair yang bersumber dari kegiatan sudah berjalan dengan baik. Hasil evaluasi pemantauan kualitas limbah cair sampai sekarang masih menunjukkan kualitas yang baik. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan kinerja lingkungan kegiatan yang dilihat dari upaya – upaya menjaga kualitas limbah cair secara berkesinambungan sudah cukup baik dan telah dilaksanakan oleh pemrakarsa.

SARAN
Kualitas Limbah Cair

Meskipun kualitas limbah cair yang dibuang telah memenuhi baku mutu lingkungan namum tetap harus dipastikan bahwa IPAL yang menjadi kunci terjaganya kualitas emisi harus dijalankan secara periodik. Pemeliharaan dan pengawasan terhadap jalannya proses pengolahan air limbah harus dipastikan oleh pemrakarsa terhadap petugas yang bersangkutan.
Sehingga air buangan setelah melalui proses pengolahan sudah tidak berbahaya untuk di pergunakan bagi warga sekitar yang berdomisili di pinggiran sungai dan secara tidak langsung ikut menjaga pencemaran air yang semakin memprihatinkan.
Quote:Original Posted By sabna.tamara


Foto atau videonya mana tur?


itu ada kok sab fotonya baru gue tambahin soalnya ngapload lewat hape lama
Komen dulu, nanti bikin.
Air, adalah salah satu komponen penyokong kehidupan. Seumur hidup ane, ane tinggal didaerah yang lumayan melimpah airnya serta memiliki kualitas yg cukup baik. Warna yang jernih,rasa yang netral semua itu membuat ane sangat senang bermain main dengan air baik itu saat hujan,atau disungai belakang rumah ataupun di danau didaerah sebelah.
Namun,semua hal itu berubah ketika saya menginjakan kaki dikota Duma,Riau. Dalam rangka mencari nafkah saya mulai menjejakan kaki di kota ini. Kesan pertama saya terhadap kota ini cukup baik,dengan banyak gedung dan kehidupannya yang "lively". Akan tetapi,semua berubah ketika saya melongok dikamar mandi dikamar kos saya. Air yang keluar berwarna keruh dengan rasa agak payau. Dan berbau seperti besi berkarat. Seperti gambar dibawah ini :



Jika air ini digunakan untuk mandi,maka pada rambut dan badan akan terasa agak lengket. Bahkan jika air ini ditampung dan diamkan selama semalam maka akan terlihat lapisan minyak dibagian atasnya. Setelah saya telusuri ternyata hampir diseluruh daerah Dumai memang kualitas airnya begitu. Saya tercengang melihat bagaimana penduduk kota ini bisa terbiasa dengan keadaan ini. Instalasi "Water Plant" milik PDAM pun tidak mengalirkan air bersih secara terus menerus. Bahkan kata penduduknya,lebih banyak matinya dari pada lancarnya.Kota Dumai dengan segala keglamouran minyak bumi nya yang melimpah ternyata juga membawa efek negatif seperti mempengaruhi kualitas air ini. Semenjak saat itu saya mulai kembali berfikir bahwa air sebagai penopang kehidupan ternyata sangat penting bagi kehidupan sehari - hari. Sehingga bagi agan2 yang masih diberkahi dengan curahan air yang banyak dan masih bersih bersyukurlah karena masih banyak didaerah lain yang warganya harus berjibaku untuk mendapatkan air bersih. Begitu pula utk pihak pemerintah kota Dumai,mohon diperbaiki fasilitas "water plant" untuk dapat menyuplai warga kota Dumai dengan air bersih yang layak.
Save our Water, Save our live
Reserved dulu
reserpet
gembok
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar