Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

Peralatan dan perlengkapan pasukan zaman dahulu

*update baru Knight = knight tournament .. ..sorry belom update lagi, nyari materinya susah gan, masih ane usahain...tq udh mampir

* update baru senjata samurai era sengoku : rifle
*update Mongolia..thanksyg udh request dan sabar nunggu

-update Immortal persia Persia Immortal

-update Knight and templar knight (finish) Knight and Knigh Templar

-update mongolia (finish) Mongolian Army

next update adalah....rahasia gann..wait aja ya..


Wah buset..thread lama bisa jadi HT..tq to momod and para kaskuser yg udh baca... .HT ke 2 ane 2 hari berturut2
Spoiler for HT2:





halo agan agan semua, siapa sih yang g tau film 300 ?..film yg bercerita tentang perang antara pasukan yunani dan sparta dengan pasukan persia di sebuah tempat yaitu thermophale...

nah disini ane akan kasih info tentang peralatan yg digunakan pasukan zaman dahulu untuk perang...dari yunani dan persia trus romawi dan mesir, ke bizantium dan turki, dan terakhir ke abad pertengahan dan perang salib. tapi ane lebih fokus dipasukan jarak dekat dan menengah bukan jarak jauh seperti pemanah dan crowwbow.

ane bahas yang pertama dulu yaitu yunani..

Quote:prajurit prajurit yunani dan perlengkapannya

1. Hoplites
Spoiler for hoplites:

Hoplites adalah prajurit-penduduk di negara kota-negara kota Yunani Kuno. Hoplites berfungsi terutama sebagai penombak dan bertempur dalam formasi phalanx. Kata "hoplite" (bahasa Yunani: ὁπλίτης hoplitēs; plural: ὁπλίται hoplitai) berasal dari "hoplon" (ὅπλον, plural hopla ὅπλα), sejenis perisai yang digunakan oleh para prajurit Yunani Kuno,[1] meskpun kata "hopla" dapat pula bermakna senjata yang dibawa atau bahkan keseluruhan perlengkapan tempur. Dalam perkembangan selanjutnya, istilah Hoplites merujuk pada infantri yang berbaju perang, terlepas dari persenjataan atau etnisnya.

Seorang hoplites adalah warga negara merdeka. Negara tidak menyediakan perlengkapan militer sehingga mereka biasanya harus membuat/membeli/mencari baju zirah dan senjatanya sendiri. Di beberapa negara-kota, para warganya menerima pelatihan dasar militer dan betugas di pasukan tempur selama periode tertentu. Mereka diharapkan untuk ikut serta dalam kampanye militer ketika mereka diperlukan. Penduduk Lakedaimon (Sparta) terkenal karena pelatihan tempur mereka yang panjang dan kehebatan militer mereka. Sementara di Athena, seseorang dibebaskan dari kewajiban militer setelah berusia 60 tahun.

Setelah penaklukan Makedonia pada abad ke-4 SM, hoplites perlahan-lahan ditinggalkan dan digantikan oleh phalangites. Banyak tokoh, seniman, penyair, dan filsuf terkenal yang pernah bertempur sebagai hoplites

peralatan hoplites:
a.helm korinthos
Helm Korinthos adalah helm perang Yunani Kuno yang namanya berasal dari nama salah negara kota, Korinthos. Helm ini dibuat dari perunggu yang dalam gaya selanjutnya menutupi seluruh kepala dan leher, dengan bukaan untuk mata dan mulut. Garis lengkung di belakang helm melindungi tengkuk. Helm ini juga melindungi tulang pipi, yang disukai oleh orang Yunani.

Jika tidak sedang bertempur, seorang hoplites Yunani biasanya memakai helm Korinthos dengan sedikit mengangkatnya supaya lebih nyaman. Tindakan ini memunculkan sejumlah bentuk variasi di Italia, ketika bukaannya hampir seluruhnya ditutup, karena helmnya tidak lagi ditarik menutupi wajah tapi dipakai seperti topi. Meski helm Korinthos klasik pada akhirnya digantikan oleh tipe helm yang lebih terbuka, namun helm Italia-Korinthos terus dipergunakan sampai abad ke-1 M, di antaranya oleh pasukan Romawi.

Spoiler for helm korinthos:

Spoiler for helm korinthos 2:


b. armor
armor adalah peralatan perlindungan seorang prajurit. armor prajurit hoplites sangat lengkap dan memiliki kualitas baik. prajurit yunani biasanya tidak memakai pelindung tangan dikarenakan mengurangi kelincahan dan daya genggamnya.
Spoiler for armor atas:

Spoiler for leg armor:

Spoiler for shoulder armor:


c.perisai aspis atau hoplon
perisai merupakan unsur perlindungan pertama bagi prajurit yunani.perisai bisa menahan serangan panah dan tombak serta dari sabetan dan tusukan benda tajam maupun tumpul.perisai yunani ada 2 versi yaitu yang bulat sempurna dan yang memiliki cekungan yg digunakan untuk tempat tombak.
Spoiler for perisai bundar:

Spoiler for perisai :


d. tombak dory dan sarissa
Dory (bahasa Yunani: δόρυ) adalah tombak yang digunakan oleh prajurit hoplites (infantri berat) di Yunani kuno. Istilah "dory" pertama kali muncul dalam karya Homeros dengan makna "kayu" dan "tombak". Para pahlawan dalam sajak-sajak Homeros masing-masing membawa dua buah dory.[1][2] Dalam sajak Homeros dan pada periode Yunani Klasik, dory merupakan simbol kekuatan militer, bahkan barangkali lebih penting daripada pedang xiphos, seperti dapat dilihat dari ungkapan "Troya ditaklukan oleh dory"[3] dan kata-kata seperti "doryktetos" (menang oleh dory) dan "doryalotos" (diperbudak oleh dory).[4]

Dory memiliki panjang sekitar dua sampai tiga meter. Dory memiliki pegangan (batang) dengan diameter dua inci dan dibuat dari kayu, biasanya dari kayu cornel atau kayu abu, dengan berat 1-2 kg. Mata tombaknya berbentuk daun datar dan dibuat dari besi, dengan bagian penyeimbang berupa duri yang dibuat dari perunggu.

Sarisa atau sarissa (bahasa Yunani: σάρισα) adalah tembiang sepanjang 4 sampai 7 meter (13-21 kaki) yang digunakan dalam peperangan Hellenis dan Yunani kuno. Senjata ini diperkenalkan oleh Filipos II dari Makedonia dan digunakan oleh pasukan Makedonia dalam formasi phalanx Yunani sebagai pengganti tombak Dory, yang lebih pendek. Phalanx Filipos dikenal sebagai phalanx Makedonia. Pada masa Bizantium, kata sarisa juga dipakai untuk menyebut tombak panjang yang digunakan oleh infantri Bizantium

jadi intinya, sarissa lebih panjang dari dory tetapi dory tetap menjadi senjata utama pasuka yunani.sarissa hanya digunakan dalam formasi phalanx saja.
Spoiler for sarissa:

Spoiler for dory:


e.pedang xiphos
pedang ini memiliki 2 sisi tajam dan mirip pada senjata gladius romawi. pedang ini digunakan jika tombak sudah patah maupun hilang tetapi biasanya orang2 yunani sangat jarang kehilangan tombaknya.
Spoiler for xiphos:




seiring berkembangnya waktu, peran hoplites digantikan oleh falangites karena lebih murah dan cepat masa pelatihannya.dibandingkan dengan hoplites yang menggunakan full armor kelas tinggi, falangites hanya menggunakan armor dari kulit atau logam kualitas buruk sehingga keamanan mereka sangat rendah tetapi bisa menghemat pengeluaran biaya. falangites telah dilengkapi tombak model baru bernama sarissa yang sangat panjang. pasukan ini efektif dari depan tetapi sangat lemah dari samping karena tidak bisa bermanuver dan merubah arah senjata dalam waktu singkat..selain itu, moral pasukan falingites lebih rendah dari hoplites karena mereka dilatih secara biasa sedangkan para hoplites sudah dilatih semenjak masih kecil sehingga moral dan skill tentu saja mereka berbeda.

Sarissa adalah tombak yang digunakan oleh tentara Phalangites. Panjang sebenarnya sarissa sekarang tidak diketahui, tetapi tampaknya dua kali lebih panjang dari doru . Jadi paling tidak 14 kaki (~ 4.3m), tetapi 18 kaki (~ 5.5m) sepertinya lebih mungkin. (Xyston milik kavaleri panjangnya 12,5 kaki (~ 3,8m) sebagai perbandingan.) Tombak yang amat panjang ini diimbangi dengan berat penyeimbang di bagian belakang, yang juga berfungsi sebagai paku-belakang, memungkinkan sarissa ditancapkan ke tanah. Karena panjang, berat dan keseimbangan yang berbeda, sarissa dipegang oleh dua tangan. Ini berarti bahwa aspis tidak lagi praktis sebagai pertahanan. Karena itu, phalangites mengikat perisai yang lebih kecil yang disebut pelte (biasanya dipakai oleh tentara ringan - peltast)) di lengan kiri mereka. Meskipun hal ini mengurangi dinding perisai, panjang ekstrem dari tombak mencegah musuh untuk mendekat, karena tombak dari tiga sampai lima baris pertama semua bisa disodorkan di depan barisan depan. Tombak ini harus dibawa di bawah ketiak, karena bila dibawa di atas pundak, perisai akan menghalangi pandangan prajurit. Juga karena panjangnya, akan sangat sulit untuk mencabut sarissa dari apa pun yang ditusuknya (tanah, perisai, dan tentara musuh) jika tombak tersebut didorong ke bawah.

formasi phalanx oleh phalangites:
Spoiler for formasi phalanx:

Spoiler for formasi phalanx 2:

formasi phalanx oleh hoplites:
Spoiler for phalanx hoplites:

Spoiler for phalanx hoplites 2:


sekian dulu tentang pasukan yunani dari ane...dipost selanjutnya akan ane update trus pasukan yang lain...

jangan lupa nya ya gan
tpi jgn dilempar
pasukan kuno selanjutnya yg akan ane bahas adalah romawi dulu gan..romawi itu adalah kerajaan/imperium yg sangat besar dan memiliki daerah sangat luas..bahkan luas wilayahnya adalah terluas ke 2 setelah kerajaan mongol(nnti akan ane update tntng pasukan mongol)..wilayahnya udah mencakup seluruh eropa dan sebagian asia...menurut data, itu kira kira 1/4 dunia gan ..



kejayaan romawi g terlepas dari peran penting pasukan pasukannya...pasukan romawi adalah salah satu pasukan terkuat dan terdisiplin didunia..semua itu didapat dari latihan yg ketat, gaji yg memadai serta perlengkapan yang luar biasa lengkap dan berkualitas..dan jangan lupa peran para jendral romawi yg membuat formasi serta taktik yg brilian sehingga terkadang, pasukan romawi berhasil mengalahkan musuh yg jauh lebih banyak.pasukan romawi mengedepankan strategi daripada asal tebas. mereka luar biasa terkoodinisir sehingga musuh2 berpikir 2 kali untuk menyerang romawi...

ayo kita langsung bahas beberapa pasukan infantri romawi paling utama yg mengalahkan peran pasukan kavaleri , archer dan balistika nya...

Quote:

1. LEGIONNAIRE



Untuk sebagian besar dari periode Imperial Romawi, legiun adalah bagian dari tentara Kekaisaran dan membentuk infanteri elit berat, direkrut secara eksklusif dari warga negara Romawi (provinsial yang bercita-cita mendapatkan kewarganegaraan ketika diberhentikan dengan hormat dari pembantu). Setiap legiun selalu disertakan lampiran kavaleri kecil. Tentara Romawi (untuk sebagian besar periode Imperial) kebanyakan terdiri dari kohort (tambahan), yang memberikan infanteri tambahan, dan sebagian besar kavaleri tentara Romawi.romawi memiliki ratusan legion dan setiap legion terdiri dari 4000-5000 orang +50 centurion(perwira romawi yang membawahi setiap 80 prajurit)..centurion dipilih dari pengalaman berperang dan kemampuan mereka memimpin..centurion tertinggi disebut primus pilus/legate dan merupakan tingkat tertinggi dari 1 legion.centurion memiliki 1 wakil centurion yg disebut optio...dalam 1 legion, jika baris terdepan berhasil tertembus ada pasukan khusus yg masih termasuk legion tpi mempunyai pengalaman tempur yg sangat tinggi yaitu triarii.mereka akan menahan serbuan musuh dan mencoba mengembalikan formasi legiun yg telah kocar kacir. para triarii memiliki perlengkapan sama tpi kemampuan mereka luar biasa ahli karena mereka biasanya adalah veteran2 dari perang terdahulu atau disebut vocati.banyak yg menyebutkan bahwa triarii adalah pasukan terpisah tetapi dalam kenyataan sejarahnya mereka adalah bagian dari legion.

peralatan mereka adalah :

1. armor baja (lorica segmentata) dan armor rantai/cincin (lorica hamata)

armor mereka adalah yang kedua terbaik dari semua pasukan romawi lain(yg pertama praetorian yaitu bodyguard kaisar)....armor mereka tebal dan dibuat khusus dengan desai lempengan baja yg disatukan.biasanya sebelum memakai lorica segmentata mereka menggunakan terlebih dahulu lorica hamata untuk perlindungan ekstra. tebal baja lorica segmentata adalah 3mm-5mm dengan berat total armor badan adalah 25kg..sedangkan untuk pasukan khusus legion yg punya pengalaman lebih banyak daripada yg lain mendapatkkan baju lorica manica yaitu armor seperti lorica segmentata dengan full perlindungan dibagian tangan untuk menggantikan hand armor, biasanya centurion juga memakai baju jenis ini jika memungkinkan.

Spoiler for lorica segmentata:

Spoiler for lorica hamata:

Spoiler for lorica manica:


2.helm/Cassis

helm para legion memiliki kekuatan yg sama dengan armor mereka karena kepala adalah organ vital. berbeda dengan helm yunani yang memakai pelat baja permanen disekitar wajah, cassis romawi menggunakan lempengan yang fleksibel yang bisa sesuai dengan wajah pemakainya agar nyaman. cassis para centurion memiliki aksesoris tambahan yaitu bulu merah dengan desain terbalik dari bulu helm yunani.sedangkan cassis wakil centurion memiliki alur sama dengan helm yunani tetapi disertai aksesoris bulu tambahan

Spoiler for cassis regular:

Spoiler for cassis centurion:

Spoiler for cassis wakil centurion:


3. tunic/baju

dengan berat dan kerasnya armor mereka, pasti memakai baju didalemnya(klo gk geli dan sakit lah gan..masa kegesek gesek besi )
baju mereka disebut tunic, tunic legion berwarna merah dan praetorian hitam atau ungu.

Spoiler for tunic:


4.pedang gladius dan spatha

pedang gladius adalah Pedang sepanjang 18 inci berbilah lurus bermata ganda. Dengan ujung yang lancip, pedang ini sangat cocok untuk menusuk, meskipun dapat pula dipakai untuk memotong dan menebas. Gagangnya dibuat dari tulang dan dibentuk bergelombang untuk memudahkan pegangan dengan bagian pomel yang berbentuk bulat. Pedang dipakai oleh pasukan Romawi hingga akhir abad ke-2 M sebelum digantikan oleh pedang Spatha. Dari nama pedang inilah muncul istilah Gladiator.tapi gladiator g selalu memakai gladius, bahkan mereka lebih sering memakai schimitar, gada, kapak raksasa, tombak dll.

sedangkan spatha mulai menggantikan peran gladius karena lebih panjang jangkauannya..mereka lebih suka yang panjang daripada lebar gan
Spoiler for gladius:

Spoiler for spatha:


5.philum/tombak

tombak pasukan romawi berbeda dari tombak pasukan lain didunia.Lembing Romawi sepanjang 2 meter dan berat 2-5 kg yang terdiri atas batang besi dengan ujung yang tajam yang terpasang pada gagang kayu panjang. Pilum digunakan dengan cara dilemparkan ke arah musuh. Pilum dirancang sedemikian rupa sehingga akan patah begitu menancap pada musuh, dengan demikian musuh tidak akan dapat melempar balik Pilum ke arah pasukan Romawi.lembing ini sangat akurat dan kuat, bahkan bisa menembus perisai musuh.setelah philum dilempar, baru mereka bertempur dengan pedang +perisai
Spoiler for pilum:


6.leg dan hand armor

semua legion memakai pelindung kaki untuk memberikan perlindungan tambahan dari sabetan pedang atau panah. sedangkan untuk hand armor hanya digunakan oleh centurion dan jendral jendral lainnya.
Spoiler for leg armor:

Spoiler for hand armor:


7.sandal prajurit atau caligae
udh lengkap semua masa g pake sendal gan.nginjek duri sakit lho..ini sepatu dari kulit dan memiliki tonjolan setengah lingkaran seperti pul dibawahnya.

Spoiler for caligae:


8.cingulum/pelindung selangkangan

pelindung selangkangan yg terbuat dari kulit dan tonjolan2 besi..biasanya terdapat pisau cadangan yaitu puggio yg menempel dicingulum
Spoiler for cingulum:


9.dolabra
kapak dengan bilah tajam disatu sisi dan lancip disisi lain. biasanya untuk menggali lubang atau menebang pohon..tpi bisa digunakan sebagai senjata cadangan.
Spoiler for dolabra:


10.falx
pisau dengan satu sisi tajam yg melengkung.sebagai senjata cadangan bagi pasukan romawi
Spoiler for falx:


11.rome eagle/elang roma
ini yg paling penting dari semua..simbol kehormatan suatu legion..setiap legion memiliki elang emas sebagai simbol legion itu yg biasanya dipasang diatas tongkat.jika elang ini sampai terebut ditangan musuh, kehormatan legiun itu akan hilang sampai mereka berhasil merebutnya kembali..biasanya yg memegang elang ini adalah wakil centurion.
Spoiler for elang emas:


12.puggio
pisau cadangan yg ditempelkan dicingulum, bukan piaggio ya gan merk motor.
Spoiler for puggio:







lanjut infantri kelas berat berikutnya...
Quote:praetorian/caesar elite army and guard

Spoiler for praetorian:


praetorian adalah pasukan khusus yg dibentuk kaisar yg akan menuruti seluruh perintah kaisar.pasukan ini berfungsi melindungi kaisar dari segala ancaman termasuk lawan politik.pasukan ini sangat loyal bahkan berani mati untuk kaisar..pasukan elite ini terdiri dari 8-15 unit dan setiap unitnya terdiri dari 1000 orang. perbedaan antara praetorian dengan legion adalah :

1. legion merupakan pasukan utama dimedan pertempuran sedangkan praetorian sebagai penjaga cadangan dimedan belakang

2. warna khas pakaian legion adalah merah menyala dengan tongkat elang yg selalu dibawa kemana mana, sedangkan praetorian berwarna ungu atau hitam begitu pula dengan perisainya.
Spoiler for praetorian 2:


3. perbedaan armor adalah legion memakai lorica segmentata sedangkan praetorian memakai lorica musculata yg berbentuk badan sixpack
Spoiler for lorica musculata:


4. cassis legion berwarna merah dan polos dibagian depannya, sedangkan cassis praetorian berwarna hitam atau ungu dan memiliki bagian tambahan di dahi nya..
Spoiler for cassis praetorian:


5.praetorian ditambahi aksesoris jubah berwarna ungu dibagian belakangnya untuk menambah kesan elite.

sedangkan untuk senjata dan perlengkapan lain kurang lebih sama..

ane tambahin beberapa cerita, praetorian dikerahkan pertama untuk menyerbu mesir dibawah perintah julius cesar(bukan yuk keep smile lho gan)...praetorian dikerahkan melalui serangan kilat/blitzkrieg untuk menguasai hal hal penting...kemudian baru legion dikerahkan secara besar besaran untuk merebut mesir...praetorian yg dikerahkan mencapai 9000 orang sedangkan legion mencapai 200.000 orang...akhirnya jendral pemimpin penyerangan ke mesir yaitu mark anthony bertemu ratu cleopatra dan menjalin cinta terlarang. kemudian mark anthony ingin menggulingkan kekuasaan kaisar sehingga menimbulkan perang saudara...

keponakan kaisar yaitu octavianus yg merupakan calon kaisar penerus julius cesar yg memimpin penyerangan untuk memberantas pemberontakan mark anthony dibawah perintah julis cesar.akhirnya mark antony kalah karena terbunuh pasukan octavianus.cleopatra sedih lalu bunuh diri dengan digigit ular berbisa..

nah dari semua pasukan pemberontak yg memihak mark antony itu ada banyak praetorian, julius cesar pun merasa terkhianati dan segera membubarkan praetorian..

kemudian julius dibunuh oleh beberapa orang yg merupakan suruhan dewan senat yg tidak suka sikap cesar.pembunuhan itu dipimpin oleh brutus yaitu keponakan cesar.






tambahan:
formasi kura kura andalan legion yang sangat sangat sangat sulit ditembus bahkan oleh pasukan elite pun. formasi ini membentuk sebuah benteng kokoh yg terdiri dri perisai perisai yg disatukan membentuk formasi yg mirip sebuah punggung kura2..musuh yg mencoba mendekat akan terkena tusukan pedang atau tombak dari dalam.formasi ini juga kuat mendobrak lapisan musuh karena antara 1 legion dan 1 legion lain akan saling membantu dalam mendorong...bahkan formasi ini berhasil menembus pertahanan formasi phalanx yunani yg terkenal mustahil ditembus ketika romawi menyerang yunani untuk memperluas kekuasaan

Spoiler for testudo:


Spoiler for testudo 2:


Spoiler for tembus gan:
[/SPOILER

[SPOILER=kaya gini bisa ditembus gan]


sebenrnya sih formasinya banyak gan, ada yg segitiga, lingkaran jarum dll..tpi yg paling kuat dan efektif itu gan..

gimana gan kedua pasukan diatas?mantep kan?...mereka berhasil menguasai dunia karena disiplin dan terkoodinisirnya pasukan serta cerdiknya para panglima romawi dalam mengatur strategi..akan ane update pasukan lainnya deh...
masih banyak kok gan...wait for the next update

sumber : google.com, http://www.primaryhomeworkhelp.co.uk dan http://id.wikibooks.org dan koleksi pribadi buku gw.
Samurai adalah perwira militer kelas elit pada masa praindustri di Jepang. Samurai bekerja untuk majikan atau tuan tanah yang disebut daimyo, sedangkan samurai yang tak memiliki majikan disebut ronin. Samurai memilki seperangkat aturan atau kode etik yang disebut bushido.



samurai itu sangat loyal gan..jrg ada pengkhianatan di era samurai...mereka sangat terhormat....bahkan salah satu isi bushido adalah perintah bunuh diri/seppuku bila mereka gagal menyelesaikan tugas, mempermalukan klan/keluarga, atau kabur dalam pertempuran..


Samurai mengenakan sejenis zirah lamelar besi yang disebut dō-maru atau "penutup badan". Zirah ini dibuat dari banyak sisik logam yang kecil yang diikat dengan tali menjadi lempengan besar dan dipernis. Kemudian tiap lempeng itu diikat hingga membentuk satu zirah lengkap. Karena besi cukup berat untuk dipakai, akhirnya penggunaan besi dalam zirah ini dibatasi hanya untuk melindungi bagian-bagian penting tubuh, sedangkan sisanya menggunakan kulit. Setelah adanya kontak dengan bangsa Eropa, Samurai mulai memakai zirah lempeng, yang memberikan perlindungan lebih kuat.

para samurai adalah orang kaya atau bangsawan.mereka mampu membeli armor dan senjata kualitas terbaik...sedangkan prajurit kelas bawah hanya mampu membeli armor seadanya.para prajurit kelas bawah banyak jenisnya tp yg saya akan bahas yaitu ashigaru

langsung aja nih peralatan mereka...

Quote:
SAMURAI

ARMOR UTAMA

1.main armor/do
Samurai mengenakan sejenis zirah lamelar besi yang disebut dō-maru atau "penutup badan". Zirah ini dibuat dari banyak sisik logam yang kecil yang diikat dengan tali menjadi lempengan besar dan dipernis. Kemudian tiap lempeng itu diikat hingga membentuk satu zirah lengkap. Karena besi cukup berat untuk dipakai, akhirnya penggunaan besi dalam zirah ini dibatasi hanya untuk melindungi bagian-bagian penting tubuh, sedangkan sisanya menggunakan kulit. Setelah adanya kontak dengan bangsa Eropa, Samurai mulai memakai zirah lempeng, yang memberikan perlindungan lebih kuat.

gila jenis armornya banyak banget gan...buanyyyaaak banget..ane pilih beberapa yg utama dan paling umum...

armor armor ini memiliki model/variasi yg didasari pada penyusunan lempeng lempeng...untuk yg terbuat dari lempeng kecil disebut hon kozane do sedangkan dari lempeng besar disebut hon iyozane do

- do maru : ini armor untuk bangsawan kelas menengah...armor ini berawal dri abad ke 10/11...rata rata armor ini memakai bahan dari kulit yg dikeraskan sedangkan untuk bagian vital sepeti dada dan pundak baru memakai lempengan besi..armor ini ringan sehingga memudahkan pemakainya bergerak bebas..armor ini rawan tertembus anak panah desain khusus yg mampu menembus lempeng tipis..biasanya samurai yg memakai do maru berada di barisan kedua bersama pemanah dan penembak serta dibelakang ashigaru...

do maru memakai lempeng kecil atau disebut hon kozane do.lempeng logam ini disatukan dengan tali hingga menjadi satu..
Spoiler for do maru:


- o yoroi : ini armor kelas atas untuk bangsawan kelas atas juga.armor ini memiliki tingkat perlindungan paling tinggi dari armor lain.armor ini memakai lempeng besar atau hon iyozane do.armor ini lebih berat dari do maru serta jauh lebih mahal karena bahan yg digunakan lebih berkualitas..

ninja ninja yg menjadi musuh samurai lebih memilih menghidar daripada berhadapan langsung dengan samurai yg memakai o yoroi karena sulit untuk mencari titik lemahnya.selain itu sulit ditembus oleh shuriken, panah bahkan tombak sekalipun.

samurai pemakai armor ini biasanya berada dibarisan ketiga bersama meriam atau senjata berat dan berada dibelakang samurai memakai do maru dan pemanah serta didepan daimyo/pemimpin klan paling tinggi.

mereka adalah pendobrak kelas berat sekaligus benteng terakhir bila pasukan lain telah tewas.skill mereka diatas rata rata selain itu armor mereka juga sulit ditembus.
Spoiler for o yoroi:


2.mail armor atau armor cincin/kusari dan kikko

armor cincin ini banyak digunakan diberbagai belahan dunia termasuk jepang. armor ini dipakai lebih dulu sebelum memakai do atau terkadang digunakan paling luar setelah memakai do..samurai juga memakai kusari untuk menutupi bagian yg rawan karena kurang tertutup oleh do..armor cincin ada macam yaitu :

- kusari : armor cincin yg sering kita jumpai diperlengkapan pasukan lain diseluruh dunia.armor ini dimodifikasi oleh blacksmith jepang dengan desain khusus 3 lapis yg bisa bertahan dari serangan peluru.
Spoiler for kusari:


-kikko : armor ini terdiri dari lempeng tipis yg saling dihubungkan untuk menambah kekuatan do.
Spoiler for kikko:


3.helm/kabuto

helm adalah wajib dipertempuran maupun lalu lintas gan. dibanding helm pasukan lain, helm para samurai unik karena memiliki banyak model yg bisa dikreasi sendiri tergantung pembuat ataupun klan nya...rata rata helm ini memiliki motif tanduk atau bulan sabit.

kabuto dibuat dari lempeng baja yg tebal dan kuat serta memiliki pelindung tengkuk dibagian belakang.menurut ane helm helm kabuto jepang papling keren gan.
Spoiler for kabuto 1:

Spoiler for kabuto 2:

Spoiler for kabuto 3:

Spoiler for bukan yg ini:


4.skirt armor atau kusazuri

armor ini berbentuk seperti rok dibawah do.armor ini melindungi bagian pusar kebawah para samurai.biasanya terbuat dari kulit dan besi.
Spoiler for kusazuri:
[/SPOILER]

5.sode atau pelindung pundak
armor ini berbentuk kotak besar didaerah pundah gan.kotak2 gitu.terbuat dari lempeng besi.
[SPOILER=sode]


6.kote atau hand armor
pelindung tangan yg keren menurut ane.menutupi semua bagian tangan tanpa ada yg terbuka.bagian telapaknya dibuat dari bahan khusus yg elastis untuk memudahkan samurai menggenggam katana dan senjata lain.
Spoiler for kote:


7.shikoro/pelindung tengkuk leher
ini biasanya dijadiin satu sama kabuto.untuk melindungi leher/tengkuk dari serangan belakang.terbuat dari logam.
Spoiler for shikoro:


8.pelindung kaki/suneatte/greaves
pelindung kaki samurai.terbuat dari lempeng baja yg keras dan tebal.
Spoiler for suneatte:


9.pelindung paha dan lutut /tateage
pelindung kaki dari lempengan besi.
Spoiler for tateage:


10.waraji/sandal samurai
pelindung kaki yg sederhana tpi kuat.tidak dilapisi logam.
Spoiler for waraji:


11.mempo/mengu/pelindung muka
ini pelindung muka samurai yg serem2 gan.kaya masker muka gitu.ekspresinya jadi nurunin mental musuh.
Spoiler for mempo:

Spoiler for mempo 2:



itu baru armor utama gan..belom yg kecil2 dll......lanjut bawah..

Quote:

ARMOR PELENGKAP

1.guruwa atau pelindung leher utama
untuk melindungi leher dri panah atau tebasan.
Spoiler for guruwa:


2.nodowa/pelindung tambahan leher
untuk menambah perlindungan dileher.
Spoiler for nodowa:


3.tate eri
melindungi pundak bagian dalam dari gesekan dengan do.bahannya seperti kain lembut dan empuk.
Spoiler for tate eri:


4.manju no wa
pelindung pundak, ketiak dan lengan atas bagian dalam dari berat armor do dan lain lain.memiliki bahan lembut dan empuk
Spoiler for manju no wa:


5.wakibiki
pelindung dan pelapis bagian dalam untuk bagian dada dari berat do.
Spoiler for wakibiki:



6.kogake/pelindung kaki
pelindung kaki dari panah dll
Spoiler for kogake:


7.horo/jubah
perlindungan tambahan punggung dan bagian belakang dari serangan panah.
Spoiler for horo:


8.sashimono/bendera pengenal
untuk membedakan mana musuh atau teman.setiap klan memiliki sashimono yg berbeda.biasanya bentuknya bendera kotak gan.
Spoiler for sashimono:


9.jirushi
alat identifikasi lain seperti sashimono tetapi ditempelkan diarmor.
Spoiler for jirushi:




itu baru armor dan aksesoris gan..senjata belom nih..lanjut lagi ya..sambil ngopi2 dlu gan..bacanya pelan2 and dinikmati aja..

Quote:
Senjata

1.katana
Pedang Jepang bermata tunggal berbilah melengkung dan ramping. Pelindung tangannya biasanya berbentuk bundar atau segi empat. Gagangnya cukup panjang untuk dapat dipegang dengan dua tangan. Katana dibuat dari besi khusus Jepang yang disebut Tamahagane. Katana dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki tepian bilah yang tajam dan keras serta mampu menyerap tekanan tanpa menjadi hancur. Katana biasanya dipakai untuk menebas dan memotong meskipun ada dapat pula dipakai sebagai senjata tusuk. Katana disimpan di pinggang dengan bagian tajamnya yang mengarah ke atas..

inilah napas para samurai gan..sumber kehormatan dan kebanggaan mereka.jika sampai katana direbut para samurai harus mendapatkannya kembali atau mereka akan malu lalu melakukan seppuku.
Spoiler for katana:


2.wakizashi
pendamping samurai selain katana.lebih pendek dari katana.sebagai senjata cadangan
Spoiler for wakizashi:


3.tanto
pisau kecil para samurai.serba guna
Spoiler for tanto:


4.nodachi
Pedang yang mirip katana namun jauh lebih panjang dan besar sehingga kekuatan tebasannya lebih besar.
Spoiler for nodachi:


5.nagamaki
mirip seperti nodachi, tapi ini memiliki pegangan yg lebih banyak.
Spoiler for nagamaki:


6.kanabo
gada dari jepang dengan tonjolan besi atau paku
Spoiler for kanabo:


7.yari
tombak dengan ujung lurus atau terbagi 3 seperti trisula
Spoiler for yari:


8.naginata
tombak dengan ujung melengkung
Spoiler for naginata:


9.sasumata dan torimono
senjata untuk hansip keliling dijepang*gtau namanya
Spoiler for g jelas:


10.chigiriki
senjata gada berantai/flail
Spoiler for chigiriki:


11.kusurigama
sabit berantai mirip seperti alat ninja
Spoiler for kusurigama:


12.yumi
panah khas jepang yang sangat kuat dan akurat
Spoiler for yumi:





nah itu beberapa perlatan samurai yang ane kasih...sebetulnya masih banyak bgt armor dan senjata lain tapi kurang terkenal gitu jadi g ane masukin..

bayangin gk armor dobel2 segitu banyak, berat dan panas + senjata yg macem2..blom lgi perbekalannya...

ane kasih info sedikit nih, dlu jepang pernah diinvasi imperium terkuat dan terluas dibumi yaitu mongol dibawah pimpinan genghis khan tapi pasukan mongol g bisa mengalahkan pasukan jepang padahal saat itu mongol sedang mengalahkan romawi yg terkenal disiplin..ane akan kasih tau beberapa info menurut ane ampe tentara mongol nyerah menguasai jepang dan beralih kedaerah lain.padahal secara perlengkapan, infrastruktur jelas menang romawi..

ternyata pasukan jepang saat itu yg terbagi menjadi klan2 saling bersatu dan bahu membahu mengusir mongol. selain itu mereka menggunakan taktik sama dengan mongol yaitu mengandalkan pemanah berkuda yg lincah.pasukan jepang juga mengoptimalkan samurai dan tombak mereka untuk menghancurkan pasukan berkuda mongol yg begitu mengerikan.(pasukan mongol pernah bunuh 1 juta orang cina dalam 1 hari ketika invasi di cina)..selain itu juga tekstur geografis jepang yg membuat mongol kesulitan menjalankan strategi pasukan panah berkudanya.

gimana gan menurut ente tentang samurai?...mantap kan...tunggu update selanjutnya lagi ya..

Quote:
update samurai weapon : sengoku rifle/tanegashima

pada jaman jepang, udh ada senjata api gan...yg ciptain dari klan oda nobunaga, klan yg pertama kali mempersatukan jepang...senapan jaman sengoku diisi oleh mesiu dengan peluru berbentuk bulat yang terbuat dari besi/timah/logam lain.maka dari itu, klan oda nobunaga sangat ditakuti di era sengoku

Spoiler for tanegashima:

Spoiler for tanegashima:

Spoiler for bullet:

Spoiler for in action:




mantap gan, ane rate 5 deh..
update lagi gan utk pasukan kuno lainnya..
Quote:Original Posted By .9sembilan9.
mantap gan, ane rate 5 deh..
update lagi gan utk pasukan kuno lainnya..


siap gan..thanks...pasti ane akan update trus deh...
Helmnya keren gan, biar gak headshot.
Quote:Original Posted By proysf
Helmnya keren gan, biar gak headshot.


iya gan tpi ketinggalan jaman tuh helm...hahaha..kurang gaul ..
bakal panjang nih artikelnya
Quote:Original Posted By 2V7
bakal panjang nih artikelnya


panjang banget gan..wkwkwk...sabar ye gan..
itu formasi phalanx bisa ditembus testudo emang fakta atau cuma di game rome total war gan?

Menurut ane testudo lemah ama serangan missile cavalry yang hit and run mulu...mau ngga mau testudo jadi bulan-bulanan tanpa bisa nyerang balik
misal di battle of carrhae ketika testudo nya crassus jadi bulan2an pasukan parthia
Quote:Original Posted By sieghart28
itu formasi phalanx bisa ditembus testudo emang fakta atau cuma di game rome total war gan?

Menurut ane testudo lemah ama serangan missile cavalry yang hit and run mulu...mau ngga mau testudo jadi bulan-bulanan tanpa bisa nyerang balik
misal di battle of carrhae ketika testudo nya crassus jadi bulan2an pasukan parthia


digame sih gan tpi secara logika klo posisi rapet banget trus testudonya pol masuk trus tiba tiba buka formasi nyelip 1 1 lewat celah celah apa gk kocar kacir phalanxnya?..soalnya kan pegang tombak semua dan tngan lain pegang perisai..g sempet bertahan dari serangan jarak dekat...apalagi ditambah serangan dari samping gan...itu menurut ane sih...tpi dlu yunani pernah dijajah romawi saat perluasan kekaisaran gan...

klo sama misil kyknya testudo agak kocar kacir sih gan...bertahan bisa tpi nyerang g bisa..hehe
gak sabar dengan pembahasan soal perlengkapan perang bangsa mongol
Quote:Original Posted By travispr3
gak sabar dengan pembahasan soal perlengkapan perang bangsa mongol


bsk jumat akan ane update pasukan lagi gan..wait tomorrow ya..
Quote:Original Posted By ayokwing


digame sih gan tpi secara logika klo posisi rapet banget trus testudonya pol masuk trus tiba tiba buka formasi nyelip 1 1 lewat celah celah apa gk kocar kacir phalanxnya?..soalnya kan pegang tombak semua dan tngan lain pegang perisai..g sempet bertahan dari serangan jarak dekat...apalagi ditambah serangan dari samping gan...itu menurut ane sih...tpi dlu yunani pernah dijajah romawi saat perluasan kekaisaran gan...

klo sama misil kyknya testudo agak kocar kacir sih gan...bertahan bisa tpi nyerang g bisa..hehe

Hmm..tapi ada yang bilang pasukan phalanx juga bawa pedang syphos, semacam gladius gitu lah..kalo di roma
jadi kalo close combat pun masih ada perlawanan
tapi mungkin kalo diadu close combat nya roma mungkin menang kompak plus disiplin, jadi ane emang lebih megang roma

request perlengkapannya samurai ato ngga viking dong gan
Quote:Original Posted By sieghart28

Hmm..tapi ada yang bilang pasukan phalanx juga bawa pedang syphos, semacam gladius gitu lah..kalo di roma
jadi kalo close combat pun masih ada perlawanan
tapi mungkin kalo diadu close combat nya roma mungkin menang kompak plus disiplin, jadi ane emang lebih megang roma

request perlengkapannya samurai ato ngga viking dong gan


iya gan...salah satu pasukan paling terdisiplin didunia..tpi jrg klo formasi phalanx udh siap close combat..wong panjang tombaknya 5-6 m..g mungkin langsung digeletakin begitu aja..bisa ancur formasinya..hehe..tpi ada formasi phalanx yg pake pedang syphos kaya difilm 300 gan..
samurai bahan udh ada nih...viking msh cri2..bsk jumat ada update gan..wait aja ye..wkwkwk
agak kurang sepakat dengan tulisan agan tentang formasi phalanx Yonani yang bisa ditembus formasi testudo Roma.

Berbeda dengan formasi testudo Roma yang bertujuan menahan serangan pemanah sehingga membentuk posisi berdekatan dan mengedepankan pelindung tameng (shield), formasi phalanx Yunani bertujuan menahan serangan kavaleri berkuda dan infateri biasa sehingga berdekatan dan mengedepankan tombak dan tumpukan manusia.

tombak sarissa sepanjang hingga 6 meter apabila dibentuk formasi phalanx maka tiga atau empat baris pasukan pertama akan mengarahkan tombaknya ke depan, barisan ke lima dan seterusnya akan mengangkat tombak membentuk sudut 30 - 40 derajat. Maka, satu prajurit infanteri musuh akan berhadap-hadapan dengan 4 mata tombak sarissa sekaligus. Belum lagi ditambah dengan sifat formasi phalanx di mana pasukan infateri disusun dengan sangat berdekatan sehingga tidak memungkinkan adanya celah antar pasukan di dalam formasi. Sehingga satu prajurit infanteri musuh akan berhadapan dengan 8 mata tombak sekaligus.

Setahu saya, berdasarkan artikel yg saya baca (udah lama banget), kekalahan Yunani atas Romawi, karena pasukan Roma berhasil mengekploitasi kelemahan formasi phalanx dan kelemahan doktrin pertahanan Yunani itu sendiri, ditambah dengan fleksibilitas pasukan Roma tentunya.

Quote:Original Posted By sieghart28

Menurut ane testudo lemah ama serangan missile cavalry yang hit and run mulu...mau ngga mau testudo jadi bulan-bulanan tanpa bisa nyerang balik
misal di battle of carrhae ketika testudo nya crassus jadi bulan2an pasukan parthia

Salah gan. Formasi testudo justru tidak bisa ditembus anak panah. Bayangkan saja, tiga tameng ditumpuk jadi satu, mana bisa anak panah tembus.
Kekalahan Roma di Battle of Carrhae karena Parthia saat itu memiliki tiga macam pasukan yaitu Cataphract Berat, Pemanah Berkuda, dan pasukan Unta (sebagai pembawa suplai anak panah).
Saat diserang pasukan panah, infateri Roma membentuk formasi testudo sambil menunggu pasukan panah kehabisan anak panah, untuk kemudian menyerang.
Akan tetapi pasukan panah Parthia dapet suplai anak panah teros dibawain pasukan unta (khusus buat bawa anak panah doang). Jadi otomatis itu formasi testudo ngga dibuka-buka.
Bayangkan, gurun pasir + armor baja + formasi tertutup rapat = oven!
Saat infanteri Roma udah kelelahan berat karena dipanggang di oven alam, barulah Capathract berat menyerang.
-sumber wiki, kebetulan kemarin baru baca

ditunggu samurai nya gan
Quote:Original Posted By ejihager
agak kurang sepakat dengan tulisan agan tentang formasi phalanx Yonani yang bisa ditembus formasi testudo Roma.

Berbeda dengan formasi testudo Roma yang bertujuan menahan serangan pemanah sehingga membentuk posisi berdekatan dan mengedepankan pelindung tameng (shield), formasi phalanx Yunani bertujuan menahan serangan kavaleri berkuda dan infateri biasa sehingga berdekatan dan mengedepankan tombak dan tumpukan manusia.

tombak sarissa sepanjang hingga 6 meter apabila dibentuk formasi phalanx maka tiga atau empat baris pasukan pertama akan mengarahkan tombaknya ke depan, barisan ke lima dan seterusnya akan mengangkat tombak membentuk sudut 30 - 40 derajat. Maka, satu prajurit infanteri musuh akan berhadap-hadapan dengan 4 mata tombak sarissa sekaligus. Belum lagi ditambah dengan sifat formasi phalanx di mana pasukan infateri disusun dengan sangat berdekatan sehingga tidak memungkinkan adanya celah antar pasukan di dalam formasi. Sehingga satu prajurit infanteri musuh akan berhadapan dengan 8 mata tombak sekaligus.

Setahu saya, berdasarkan artikel yg saya baca (udah lama banget), kekalahan Yunani atas Romawi, karena pasukan Roma berhasil mengekploitasi kelemahan formasi phalanx dan kelemahan doktrin pertahanan Yunani itu sendiri, ditambah dengan fleksibilitas pasukan Roma tentunya.


Salah gan. Formasi testudo justru tidak bisa ditembus anak panah. Bayangkan saja, tiga tameng ditumpuk jadi satu, mana bisa anak panah tembus.
Kekalahan Roma di Battle of Carrhae karena Parthia saat itu memiliki tiga macam pasukan yaitu Cataphract Berat, Pemanah Berkuda, dan pasukan Unta (sebagai pembawa suplai anak panah).
Saat diserang pasukan panah, infateri Roma membentuk formasi testudo sambil menunggu pasukan panah kehabisan anak panah, untuk kemudian menyerang.
Akan tetapi pasukan panah Parthia dapet suplai anak panah teros dibawain pasukan unta (khusus buat bawa anak panah doang). Jadi otomatis itu formasi testudo ngga dibuka-buka.
Bayangkan, gurun pasir + armor baja + formasi tertutup rapat = oven!
Saat infanteri Roma udah kelelahan berat karena dipanggang di oven alam, barulah Capathract berat menyerang.
-sumber wiki, kebetulan kemarin baru baca

ditunggu samurai nya gan


soal formasi phalanx, klo ane pikir mlh mudah ditembus infantri dripada kavaleri gan...saat udh deket ke phalanx, testudo trus mendobrak, nah saat itu juga mereka langsung membuka formasi..testudo langsung ngelempar philumnya untuk mendobrak barisan depan...saat kocar kacir itu, legion nyusup diantara tombak2 itu gan...soalnya sekali lolos dri tombak mereka aman soalnya tombak itu panjangnya 6 meter...selain itu legion luar biasa disiplin..mereka menunggu saat phalanx sedang repot dengan philum dan langsung menyerang dengan timing tepat gan..

itu menurut ane sih...hehe..samurai akan ane update nnti malem gan...
Quote:Original Posted By ejihager
agak kurang sepakat dengan tulisan agan tentang formasi phalanx Yonani yang bisa ditembus formasi testudo Roma.

Berbeda dengan formasi testudo Roma yang bertujuan menahan serangan pemanah sehingga membentuk posisi berdekatan dan mengedepankan pelindung tameng (shield), formasi phalanx Yunani bertujuan menahan serangan kavaleri berkuda dan infateri biasa sehingga berdekatan dan mengedepankan tombak dan tumpukan manusia.

tombak sarissa sepanjang hingga 6 meter apabila dibentuk formasi phalanx maka tiga atau empat baris pasukan pertama akan mengarahkan tombaknya ke depan, barisan ke lima dan seterusnya akan mengangkat tombak membentuk sudut 30 - 40 derajat. Maka, satu prajurit infanteri musuh akan berhadap-hadapan dengan 4 mata tombak sarissa sekaligus. Belum lagi ditambah dengan sifat formasi phalanx di mana pasukan infateri disusun dengan sangat berdekatan sehingga tidak memungkinkan adanya celah antar pasukan di dalam formasi. Sehingga satu prajurit infanteri musuh akan berhadapan dengan 8 mata tombak sekaligus.

Setahu saya, berdasarkan artikel yg saya baca (udah lama banget), kekalahan Yunani atas Romawi, karena pasukan Roma berhasil mengekploitasi kelemahan formasi phalanx dan kelemahan doktrin pertahanan Yunani itu sendiri, ditambah dengan fleksibilitas pasukan Roma tentunya.


Salah gan. Formasi testudo justru tidak bisa ditembus anak panah. Bayangkan saja, tiga tameng ditumpuk jadi satu, mana bisa anak panah tembus.
Kekalahan Roma di Battle of Carrhae karena Parthia saat itu memiliki tiga macam pasukan yaitu Cataphract Berat, Pemanah Berkuda, dan pasukan Unta (sebagai pembawa suplai anak panah).
Saat diserang pasukan panah, infateri Roma membentuk formasi testudo sambil menunggu pasukan panah kehabisan anak panah, untuk kemudian menyerang.
Akan tetapi pasukan panah Parthia dapet suplai anak panah teros dibawain pasukan unta (khusus buat bawa anak panah doang). Jadi otomatis itu formasi testudo ngga dibuka-buka.
Bayangkan, gurun pasir + armor baja + formasi tertutup rapat = oven!
Saat infanteri Roma udah kelelahan berat karena dipanggang di oven alam, barulah Capathract berat menyerang.
-sumber wiki, kebetulan kemarin baru baca

ditunggu samurai nya gan


yap bener ane lupa nambahin ada cataphract di battle of carrhae itu...cuma menurut ane sih tanpa cataphract pun testudo pasti kewalahan juga kalo suruh diem terus2 an tanpa bisa nyerang balik, plus panas dan dehidrasi, sama mesti seenggakny ada panah yang nyelip2 lewat celah perisai.
Kalo misalnya ga kena panah pun ga mungkin roma tahan seharian berdiri merapat sambil dipanahin
Disiplin mereka lama2 pasti pecah juga, karena kelelahan, panas, sama gatel pengen nyerang juga
syaratnya ya panahnya si missile cavalry harus disuplai terus
nambahin , testudo pun kayaknya ga tahan sama pasukan gajah perang ala hannibal, gila aja kura2 mau lawan gajah (testud0: kura2)
mantap nih.. lanjutt gann..

ane tunggu penjabaran VIKING armor & weapon..
Quote:Original Posted By mrtq
mantap nih.. lanjutt gann..

ane tunggu penjabaran VIKING armor & weapon..


akan ane update gan rabu tpi rahasia ye pasukan apa dlu..hhehe..psti akan saya update viking kok gan..tq to read my thread
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar