Pages


Sabtu, 06 Juni 2015

10 Rahasia Mengejutkan Tentang Pesawat Terbang!







Hot Thread #8
Terimakasih Moderator, Officer, Staff serta Kaskuser yang telah menyambut thread ini dengan antusias..
Terimakasih juga untuk Dukungan dari Mas Dani Satria dan Pak Setyo yang selalu memberi saya semangat untuk menghasilkan thread-thread yang berkualitas seperti ini..


Quote:


Pesawat terbang dinilai sebagai transportasi yang paling efektif bila ingin bepergian pada rute-rute lokasi tujuan yang jauh. Pasalnya, pesawat terbang memang mampu mengantarkan para penumpangnya ke lokasi tujuan dalam tempo waktu yang sangat singkat.
Spoiler for Sejarah Pesawat dan Seluk Beluknya :
Quote:Pesawat terbang atau pesawat udaraadalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.


Namun sayang, tidak banyak penumpang yang mengerti rahasia tersembunyi dari transportasi yang sering mereka tumpangi. Bagaimanapun juga, kita sebagai salah satu penumpang maupun calon penumpang pesawat WAJIB untuk mengetahui hal ini agar kita tidak terkejut nantinya saat menumpang pada transportasi tersebut. Apa sajakah rahasianya ?
Spoiler for 1. Pesawat Terbang Terkena Petir Setiap Saat:
Quote:
Ini bukan sesuatu yang harus agan takuti. Mengapa ? karena Pilot pesawat sudah mengerti bagaimana cara mengatasinya. Jadi tenang saja gan, tidak usah khawatir akan hal ini !
Spoiler for 2. Headset Yang Disediakan, Tidak Selalu Baru:
Quote:
Meskipun dibungkus dengan rapi, bahkan ada tag ‘New’, bukan berarti headset itu baru lho. Kebanyakan maskapai menggunakan headset lama, yang sudah dibersihkan lalu dibungkus ulang seperti baru.
Eits, meski bekas, tenang saja, headset ini sudah bersih kok
Spoiler for 3. Masker Oksigen Hanya Bisa Digunakan Selama 15 Menit:
Quote:
Usut punya usut, ternyata oksigen pada masker yang tersedia dibangku hanya bisa dipakai selama 15 menit. Eits, tapi tenang dulu gan, waktu 15 menit tersebut sudah cukup untuk Pilot mencari ketinggian yang aman, sehingga kita bisa bernafas dengan normal lagi.

Tips: Bila sedang mengalami keadaan darurat, pasang masker oksigen agan terlebih dahulu, kemudian barulah agan pasang masker untuk anak agan. Karena jika agan dulu yang pingsan, maka anak agan tidak bisa menolong agan.
Spoiler for 4. Pesawat Selalu Redupkan Lampu Saat Mendarat Malam Hari:
Quote:
Loh kenapa kok dimatikan ? Jawabannya, agar semua para penumpang terbiasa dengan gelap dan bila ada tanda evakuasi sedang menyala maka agan bisa segera menyadarinya bahwa saat ini pesawat sedang mengalami keadaan darurat.
Spoiler for 5. Setiap Pilot Disuguhkan Makanan Yang Berbeda-beda:
Quote:
Quote:
Mentang-mentang Pilot, makanannya istimewa dan selalu ganti-ganti menu.
Eits, jangan berpikiran negatif. Namun sejujurnya, tujuan penggantian menu makanan tiap Pilot ini bertujuan untuk menjaga mereka agar tidak diracuni. Ih serem ya!
Spoiler for 6. Hewan Peliharaan Tidak Akan Diperlakukan Sebaik Penumpang:
Quote:
Lho kenapa? mereka kan juga makhluk hidup, naik pesawatnya juga bayar kok!

Inget gan, para petugas maskapai memiliki hal-hal lain yang penting mereka kerjakan mengenai keselamatan penumpang, dan hewan peliharaan bukanlah prioritas yang utama.
Spoiler for 7. Pramugari Memberi Perintah Agar Kita Mematikan Handphone Tapi Kok ?:
Quote:
Biasanya, para pramugari maupun pramugara memberi perintah agar para penumpang mematikan ponselnya. Namun, belum tentu pramugari/a itu sendiri mematikan ponselnya. Tapi, tidak semua pramugari ataupun pramugara seperti itu kok.
Tips : Lebih baik agan mematikan ponsel saat berada didalam pesawat karena sinyal ponsel agan dapat menganggu komunikasi Pilot dengan bandara. Agan pasti tidak mau kan kalau sampai terjadi apa-apa ? Ingat gan, safety first
Spoiler for 8. Air Di Toilet Pesawat Belum Tentu Bersih:
Quote:
Airnya memang sudah di-desinfeksi, tapi kuman-kuman masih ada lho..
Spoiler for 9. Pesawat Selalu Landing Dengan Keras Saat Cuaca Buruk:
Quote:
Tenang, Pilot memang sengaja melakukan itu kok gan. Karena jika landasan tertutup air hujan pesawat harus turun lebih keras agar tidak tergelincir.
Spoiler for 10. Jangan Minum Air Yang Tidak Didalam Kemasan Botol:
Quote:
Lho kenapa memang? Saluran air untuk membersihkan kamar mandi pesawat dengan saluran untuk mengisi ulang air minum sangatlah dekat. Meskipun sudah dipastikan aman, tentu rasa khawatir dan cemas masih ada.

Tips : Lebih baik membawa minum dari rumah. Namun, biasanya ada juga pihak maskapai penerbangan yang menyediakan air minum dalam botol.


Nah, itulah 10 Rahasia Mengejutkan Tentang Pesawat Terbang !!
Bagaimana gan ? Mengejutkan bukan ?
Ingat, selalu utamakan keselamatan
dan selalu lakukan himbauan dari PRAMUGARI yang bertugas.




Akhir Kata, Terima Kasih Telah Membaca Seluruh Isi Thread Ane
  (www.kaskus.co.id)


Rekomendasi HOT THREAD  (docs.google.com)



Sumber Artikel  (www.centroone.com)

Spoiler for Cek Kulkas Ane ::

UNTUK AGAN YANG SUDAH MEMBERIKAN CENDOL,
SEMOGA DIBERI KELIMPAHAN DAN REJEKI YANG LANCAR, AMIN..

Quote:THREAD ANE YANG LAIN :
Pre Wedding, Penting Atau Tidak? #HT1  (www.kaskus.co.id)
Punya Limbah Kertas? Jangan Dibuang Gan! #HT2  (www.kaskus.co.id)
Kontroversi Dibalik Bangku Sekolah #HT3  (www.kaskus.co.id)
Apa Yang Agan Lakukan Bila Ada Gadget Free Day? #HT4  (www.kaskus.co.id)
Jahili Customer Service, Membanggakan atau Memprihatinkan? #HT5  (kask.us)
Agan Pasti Pernah Melamun Saat Melakukan Hal Ini #HT6  (kask.us)
5 Kota yang Terancam Hilang Dari Peradaban ! #HT7  (kask.us)
KUMPULAN SEMUA THREAD BUATAN ANE  (www.kaskus.co.id)




TAMBAHAN ILMU DARI KASKUSER



Quote:Original Posted By bapak.si.gegep
Berhubung pernah dpt pelatihan sedikit saya cb bantu jawab bebrapa pertanyaan yg gk bs saya quote :

1. Badan peswat itu setelah ditutup pintu nya ada oksigen yg di keluarkan dalam jumla yg ckp banyak bahasa nya mungkin di kompresi, jadi mo gimana pun gk mungkin kehabisan oksigen kecuali ada yg terbuka, masker oksigen itu keluar disaat peswat emang lg mengalami yg namanya turbulance/guncangan yg ckup kuat yg menganggu sensor oksigen yg ditanyakan bahwa oksigen berkurang dlm program komputer, bukan efek "fly" cm dlm masker itu oksigen murni mirip di bawah poon rindang,jd bawaan nya rilex..

2. Buka jendela itu emang buat bantu jd mata pilot/pramugari bila pas take off /landing ada masalah sama mesin/sayap krn landing/take off hal yg plng berbhaya dlm penerbangan...

3. Air minum diperbolehkan masuk kok dlm peswat cm gk blh ditaroh diatas kabin, krn takut bocor,jd silakan bawa cm taro di bangku dpn agan...

4. Air yg di dlm kamar mandi blh kok di minum krn pH nya dah cukup aman ( cukup bukan aman sekali ) krn udah dipisah antara air yg di jamban sama wastafel + pembuangan nya pun saluran nya dipisah jd bs dikatakan msh layak kl mau dikonsumsi bila brani...

5. Hp posisi flight itu msh cari signal kl gk percaya agan beli alat pengecek frekwensi radio deh, sebenarnya di nyalain pun gk ada msalah sama komunikasi kok, krn diatas 3000 kaki signal hp udah ilang, lalu kenapa dilarang alasan nya adalah bilamana sudah turun dan dpt dijangkau signal baru lah komunikasi terganggu ( bukan komunikasi suara loh ) tp mesin2 yg mengukur ketinggian,kompas dll di kokpit itu yg sensitip sama medan magnet signal hp kl komunikasi radio pilot sama atc mah cm kresek2 gk gt berpengaruh..

6. Peswat dibanting pas hujan gede itu biar genangan air nya terbuang disaat ban gigit aspal jd pengereman lbh maksimal meminimalkan ngesot...






PERTANYAAN BAGUS DARI KASKUSER




Quote:Original Posted By unfollow.me
kalo yg disuruh buka tutup cover jendela nya itu buat apa ya gan? masih ga paham ane



1. dari dalam pesawat dapat melihat ke sisi luar pesawat jika ada api atau hal darurat lainnya (misal disayap), sehingga awak kabin tidak membuka pintu darurat ditempat yang berbahaya/ tidak bisa dilewati

2. dalam kondisi darurat, tim penolong dapat melihat kondisi didalam pesawat dari luar.

3. Mata perlu waktu dari terang ke gelap dan sebaliknya, jendela dibuka sehingga mata kita tidak perlu beradaptasi dengan keadaan sekitar. Ini juga menerangkan mengapa lampu kabin dimatikan saat take off/Landing walaupun dimalam hari.

jadi, jangan diremehkan gan.. keliatannya sepele tapi bisa fatal kalau ga dilakukan

Quote:Original Posted By morethannoodle
Gan
Mau tanya gan
kalo misalkan handphone ane, ane aktifin flight mode nya apakah itu berguna gan ? jadi ane bisa main handphone saat pesawat lagi terbang nanti ?

soalnya ane pernah baca katanya flight mode itu sama saja tidak berguna katanya walaupun diaktifin tapi handphone masih tetap menimbulkan sinyal juga

Quote:Original Posted By sebayan9
kalo hp harus dimatikan di pesawat itu bener ga sih? lalu flight mode di hp buat apaan dong?


Hallo gan, pertanyaan yang bagus.
Pada dasarnya, mengaktifkan fitur flight mode sudah sama seperti mematikan handphone.
Namun, perintah untuk mematikan handphone bakal terus tetap ada mengingat tidak semua ponsel memiliki fitur tersebut.
Belum lagi, tidak semua penumpang pesawat berasal dari orang yang kritis dalam memilih smartphone,
Kalau tidak ada fitur flight mode dan tidak ada perintah mematikan ponsel, maka penumpang tersebut akan membahayakan nyawa penumpang yang lain dong ? Oleh karena itu, himbauan mematikan ponsel tetap diberitahukan setiap waktu.

Bila ponsel agan sudah punya fitur flight mode, tinggal aktifkan saja, agan tetap bisa mendengarkan musik, bermain game OFFLINE tanpa harus khawatir menganggu sinyal komunikasi pesawat..

Jawaban dari kaskuser yang lain : Hp posisi flight itu msh cari signal kl gk percaya agan beli alat pengecek frekwensi radio deh, sebenarnya di nyalain pun gk ada msalah sama komunikasi kok, krn diatas 3000 kaki signal hp udah ilang, lalu kenapa dilarang alasan nya adalah bilamana sudah turun dan dpt dijangkau signal baru lah komunikasi terganggu ( bukan komunikasi suara loh ) tp mesin2 yg mengukur ketinggian,kompas dll di kokpit itu yg sensitip sama medan magnet signal hp kl komunikasi radio pilot sama atc mah cm kresek2 gk gt berpengaruh..

Dari Salah Satu Kaskuser  (www.kaskus.co.id)

Semoga jawaban saya BERMANFAAT, gan

Quote:Original Posted By imarintan
hewan boleh naik juga gan? setahu ane nggak boleh deh.


Tidak semua maskapai penerbangan melarang, gan. Namun, hampir semua maskapai penerbangan umum di Indonesia melarang penumpang membawa hewan peliharaan.

Quote:Original Posted By anekdotaneh
Untuk yang no 10, kalo penerbangan domestik bisa bawa minum sendiri, kalo internasional sebelum imigrasi dah harus buang air yg dibawa,
Kalo setelah imigrasi ada tempat refill air baru bisa bawa air lagi


Yup, betul banget gan



KOMENTAR KASKUSER




Quote:Original Posted By DhepSet
ane pikir, landing dengan keras pada cuaca buruk itu disebabkan karena pengaruh cuaca...ealah ternyata disengaja


Quote:Original Posted By uao
wogh
ane baru tau semuanya
keren gan



makasih


Quote:Original Posted By nyonyasamsat
Keren juga ya fakta2nya yang ane baru tau


Quote:Original Posted By sarfogi
Info baru yg bikin ane terkejut gan.. Gk nyangka begitu


Quote:Original Posted By cucut111
serem yg air minumnya gan


Quote:Original Posted By sorondo
masalah ponsel dimatikan atau tidak perlu konfirm pramugarinya tu, apa memang ga ada regulasinya utk pramugari haha....


Quote:Original Posted By amarhifzan
tips nya berguna bgt gan :-) . apa lagi yg tips pakai masker itu


Quote:Original Posted By pulpe
ew, kena petir mlu ya ternyata baru tau ane......




Quote:Original Posted By Juraganjengkols
Tambahan aja ni ya gann.. kalo naek pesawat pas udh di dalem pas agan duduk, coba cek baju pelampung di bawah tempat duduk beneran ada ga??
Ane yakin agan pasti ga pernah ngecek. Betul??


Quote:Original Posted By wanziro
Keren gan, nice info.. Jadi tau nii beberapa fakta yang biasa ga kepikiran di pesawat..
Btw mending bawa air di botol yak...


Quote:Original Posted By gamers4life
Ajib,, baru tau nii keadaan aslinya begini..


Quote:Original Posted By AguzTeam
Keren gan
Ane baru tau semuanya.
Tapi secara logika, semuanya masuk akal.


Quote:Original Posted By dknyind
Info yang menarik sekali terutama nomer 3 & 9.
Nomer 9 memang kadang bikin rata2 penumpang rada jantungan apalagi kalau hujan deras, baru tahu setelah ada penjelasan yang masuk akal dari TS


Quote:Original Posted By qwertybaru
wah beberapa halnya ane baru tau gan, seperti masker cuma utk 15 menit.
tapi di artikel itu kurang 1 hal, ketika pesawat landing darurat kita cuma punya waktu 90 detik bisa kurang tergantung dari mana sumber api, bagian mana yang rusak fatal.


Quote:Original Posted By anekdotaneh
Untuk yang no 10, kalo penerbangan domestik bisa bawa minum sendiri, kalo internasional sebelum imigrasi dah harus buang air yg dibawa,
Kalo setelah imigrasi ada tempat refill air baru bisa bawa air lagi
izin nyimak dulu
ane terkejut Gan
keren ya
reserved for comments
bookmark dulu..lanjut dirumah
WAH SEREM Juga yah kalau proteksinya ga jalan kena petir bisa berabe
nice gan infonya, bagus banget sharenya. helpful
gpp gan

emang ngga semua info perlu kita ketahui

yang penting enjoy aja mudik pake pesawat
Quote:Original Posted By tokomapan
WAH SEREM Juga yah kalau proteksinya ga jalan kena petir bisa berabe

bisa modar, gan.. wkwkwk
Quote:Original Posted By matamera
gpp gan

emang ngga semua info perlu kita ketahui

yang penting enjoy aja mudik pake pesawat

memang sih gan tapi ada juga info yang perlu diketahui sama kita-kita
et dah air minum. jadi selama ini
ane pikir, landing dengan keras pada cuaca buruk itu disebabkan karena pengaruh cuaca...ealah ternyata disengaja
Quote:Original Posted By DhepSet
ane pikir, landing dengan keras pada cuaca buruk itu disebabkan karena pengaruh cuaca...ealah ternyata disengaja


iya gan, memang disengaja, hehe
kalo yg disuruh buka tutup cover jendela nya itu buat apa ya gan? masih ga paham ane
Quote:Original Posted By unfollow.me
kalo yg disuruh buka tutup cover jendela nya itu buat apa ya gan? masih ga paham ane


1. dari dalam pesawat dapat melihat ke sisi luar pesawat jika ada api atau hal darurat lainnya (misal disayap), sehingga awak kabin tidak membuka pintu darurat ditempat yang berbahaya/ tidak bisa dilewati

2. dalam kondisi darurat, tim penolong dapat melihat kondisi didalam pesawat dari luar.

3. Mata perlu waktu dari terang ke gelap dan sebaliknya, jendela dibuka sehingga mata kita tidak perlu beradaptasi dengan keadaan sekitar. Ini juga menerangkan mengapa lampu kabin dimatikan saat take off/Landing walaupun dimalam hari.

jadi, jangan diremehkan gan.. keliatannya sepele tapi bisa fatal kalau ga dilakukan
wah nice info gan

ane belum pernah naek soalnya
Ane terkejut gan


mantap infonya
Quote:Original Posted By haiio
wah nice info gan

ane belum pernah naek soalnya


dibaca gan, biar ga kaget nantinya
wogh
ane baru tau semuanya
keren gan



makasih
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar