Pages


Senin, 08 Juni 2015

Mengenal Lebih Dekat Solar Impulse 2, Pesawat Bertenaga Surya

Untuk Kaskus Yang Lebih Baik, Semoga Bermanfaat Jangan Lupa Bantu Dan Rate
Kunjungi juga ini Mengunjungi Ashmolean Museum Yuk Gan, Museum Universitas Pertama di Dunia  (kask.us)


Quote:Quote:Solar Impulse 2, Pesawat Bertenaga Surya

Quote:Teknologi dirgantara terus berkembang. Pesawat umumnya menggunakan bahan bakar avtur. Namun, kini hadir teknologi baru pesawat dengan bahan bakar tenaga matahari. Pesawat yang disebut ”Solar Impulse 2 ” mulai dikenalkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pesawat ini akan menjalankan misi penerbangan keliling dunia yang akan dijalankan dalam beberapa hari. Solar Impulse 2 merupakan pesawat bertenaga surya pertama yang mampu terbang dalam beberapa hari siang dan malam. Pesawat ini akan mendarat sebanyak 12 kali selama menempuh perjalanan sejauh 35.000 kilometer.

Solar Impulse 2 melanjutkan kesuksesan proyek sebelumnya yakni Solar Impulse sebagai pelopor pesawat tanpa bahan bakar yang mampu terbang selama 26 jam pada 2010. Solar Impulse 2 membuktikan kemampuannya untuk menyimpan energi dalam baterai lithiumdari energi matahari dan digunakan untuk penerbangan malam hari. Menurut sumber dari pelaksana proyek ini, penerbangan tahun ini menandai puncak dari penelitian dan uji coba yang dilakukan selama 12 tahun.

Pembuat Solar Impulse 2 mengklaim bahwa ini adalah teknologi paling hemat energi yang pernah diterapkan pada pembuatan pesawat. Selain itu, rentang pesawat yang lebih lebar dibanding Boeing 747. Namun berkat desain yang inovatif, membuat beratnya lebih ringan dari satu unit mobil keluarga.

Pesawat dengan tempat duduk tunggal ini terbuat dari bahan serat karbon, memiliki sel surya yang ditempatkan di bagian sayap. Terdapat sebanyak 17.249 sel surya yang akan memberi pasokan tenaga kepada empat mesin dan juga baterai lithium yang dapat diisi ulang. Kecepatan terbang pada malam hari dibatasi untuk menghindari agar baterai pesawat tidak cepat habis.


Quote:Para pilot telah menjalani latihan intensif, meliputi yoga dan hipnotis diri, memungkinkan mereka untuk tidur selama 20 menit tapi merasa kembali segar saat bangun. Dan jangan bayangkan perjalanan tersebut senyaman liburan dengan kapal terbang mewah. Ruang kabin tidak diberi tekanan, jadi suhu dapat mencapai -40°C. Lalu mereka harus makan, minum, tidur, dan buang air di tempat yang sama karena ruang gerak sangat terbatas.

Solar Impulse 2 memang mempunyai fitur co-pilot elektonik, namun teknologinya masih lebih primitif dibanding full autopilot. Mengapa? Bobot Si2 sangat ringan, cuma 2,3 ton (sedikit lebih berat dari mobil keluarga), menuntut pilot harus selalu siaga dalam mengendalikannya. Ia tenagai empat motor yang dipasok 17.248 sel surya via baterai lithium, dan melesat dengan kecepatan maksimal di 138 km per jam. Menariknya, sayap Si2 sendiri lebih lebar dari Boeing 747-8I.

Spoiler for Solar Impulse 2:

Perbandingan panjang dan berat solar impulse 2 dengan pesawat airbus380

Spoiler for Solar Impulse 2:

Spesifikasi solar impulse 2

Spoiler for Solar Impulse 2:

Penampakan pesawat solar impulse 2 saat di persentasikan

Spoiler for Solar Impulse 2:

Penampakan cockpit solar impulse 2

Spoiler for Solar Impulse 2:

pilot Bertrand Piccard sedang menjalankan simulasi

Spoiler for Solar Impulse 2:

Kedua pilot peswat solar impulse 2 sedang persentasi

Spoiler for Solar Impulse 2:

Penampakkan pesawat solar impulse 2 di abu dhabi saat penerbangan pertama

Spoiler for Solar Impulse 2:

Spoiler for Solar Impulse 2:

Spoiler for Solar Impulse 2:

Quote:Solar Impulse 2 Kelilingi Dunia

Quote:Proyek Solar Impulse 2 (juga dipanggil Si2) merupakan upaya pertama manusia mengelilingi Bumi dengan pesawat hanya menggunakan tenaga dari cahaya matahari. Dua pilot ditunjuk demi memastikan kesuksesan misi tersebut, Bertrand Piccard dan Andre Borschberg – keduanya berasal dari Swiss. Penerbangan dilakukan secara bergantian dan pastinya Solar Impulse 2 tidak terbang terus-menerus.

Petualangan sudah dimulai pada awal Maret 2015 dimulai di kota Abu Dabhi, Uni Emirat Arab. Rencananya Solar Impulse 2 akan menempuh jarak 35.000 kilometer, dan berhenti di beberapa kota checkpoint: Muscat, Oman; Varanasi, India; Mandaly, Myanmar; Chonqing dan Nanjing di China; Hawaii; dan Phoenix, Midwest serta New York di Amerika Serikat. Tantangan paling besarnya adalah menyeberangi Samudera Pasifik dan Atlantik.

Quote:Fakta-Fakta Solar Impulse 2
Spoiler for Fakta 1:
Petualangan Dimulai

Solar Impulse 2 memulai penerbangan keliling dunia dengan hanya mengandalkan tenaga surya, Senin pagi (09/03/15) dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Ettape pertama menuju ibukota Oman, Muscat, dengan menempuh penerbangan selama 10 jam.

Spoiler for Fakta 2:
12 Etape

Seluruhnya terdapat 12 etape yang harus diterbangi pesawat yang digerakkan sel surya untuk menempuh jarak 35.000 km. Piccard dan rekannya Andre Borschberg akan secara bergiliran menjadi pilot. Solar Impulse 2 direncanakan terbang selama 25 hari mengelilingi dunia diselingi jeda-jeda panjang, hingga kembali lagi ke Abu Dhabi akhir Juli mendatang.

Spoiler for Fakta3:
Dua Pilot

Bertrand Piccard (kiri) adalah seorang psikiater dan Andre Borschberg (kanan) adalah seorang insinyur. Mereka akan bergantian menjadi pilot pesawat sel surya itu. Saat melakukan penerbangan panjang melintasi samudera besar, keduanya mengembangkan strategi relaksasi, misalnya dengan meditasi atau yoga.

Spoiler for Fakta 4:
Hanya Saat Cuaca Bagus

Solar Impulse 2 relatif ringkih dan tidak dirancang untuk hadapi cuaca buruk. Pesawat ini hanya akan terbang jika mendapat lampu hijau dari pusat pengendali di Monte Carlo. Badai pasir, hujan lebat, hujan salju atau hujan es dapat membahayakan proyek penerbangan keliling dunia bebas emisi ini.

Spoiler for Fakta 5:
Pusat Pengendali

Data dari pesawat secara rutin dikirim ke pusat pengendali di Monte Carlo. Dengan begitu pengawas di darat bisa terus memonitor kapasitas baterai, kondisi kesehatan kedua pilot atau juga fungsi instrumen dalam pesawat.

Spoiler for Fakta 6:
Pengembangan Lanjut Prototype

Solar Impulse 2 adalah pesawat sel surya ke-dua yang dibuat oleh Piccard dan timnya. Kabinnya lebih luas dibanding pendahulunya Solar Impulse 1 dan konstruksinya menggunakan struktur lebih ringan dan lebih modern serta menggunakan teknik terbaru modul sel surya.

Spoiler for Fakta 7:
Super Ringan

Pesawat ini hanya dilengkapi kabin sempit untuk seorang pilot dan rentang sayapnya 64meter. Pesawat Solar Impulse 1 bobotnya 1,6 Ton termasuk pilot. Sementara Solar Impulse 2 sekitar 2,3 Ton. Sebagai perbandingan sebuah pesawat Airbus 340 bobotnya sekitar 125 ton.

Spoiler for Fakta 8:
Hanya Digerakkan Energi Surya

Sayap berukuran raksasa punya fungsi khusus, yakni untuk memasang lebih 17.000 sel surya. Energi yang dihasilkan menggerakan empat mesin berbaling-baling yang menerbangkan pesawat dalam kecepatan antara 70 hingga 140 km/jam. Ketinggian maksimal adalah 8.500 meter.

Spoiler for Fakta 9:
Visi Penerbangan Tanpa Emisi

Tujuan utama dari petualangan terbang keliling dunia dengan energi surya adalah mendorong penggunaan energi ramah lingkungan. Visi lebih besar, suatu hari nanti bisa dioperasikan pesawat terbang yang mengangkut ratusan penumpang yang sepenuhnya digerakkan energi alternatif.

Quote:Video Solar Impulse 2


Quote:
Mohon Maaf Jika Thread Ane
Jika Berkenan Bagi

Rekomendasi HT   (docs.google.com)


Sumber  (www.koran-sindo.com)
Sumber  (www.trenologi.com)
Sumber  (www.google.co.id)

Spoiler for makasih:
Makasih buat mimin, co mimin, om momod dan seluruh kaskuser ats dukungan di HT ane
Ciat ciat pertamax dong
wohh
keren pesawatnya

indonesia kapan bisa buat gituan ya??
Quote:Original Posted By uao
wohh
keren pesawatnya



Kalau suka bantu rate 5 yah gan
Mereka yang berbuat jahat kepada orang lain - tukang ngjunk, spammers, tukang ngebot, silent readers, haters - anda akan mengenal saya dengan baik. Frank Castle telah mati, Panggil saya... The Punisher.
lebarnya mirip airbus, tp ceking
jd terkesan mubajir
wow rodanya cuma depan belakang aja.
ada yang ngejar pake sepeda, kenapa gak pake motor aja yah hehe..
Quote:Original Posted By singebeer
wow rodanya cuma depan belakang aja.
ada yang ngejar pake sepeda, kenapa gak pake motor aja yah hehe..


Maksudnya yang di video yah ini ?
Biar hemat bensin gan
Wahhh sayang nya ga 'kebal' sama cuaca buruk ya gan
wah keren nih solar impulse 2
Quote:Original Posted By pff
wah keren nih solar impulse 2


Wah kalau suka bantu rate 5 nya yah agan
Quote:Original Posted By HughWolverine


Wah kalau suka bantu rate 5 nya yah agan

siap gan
Quote:Original Posted By pff

siap gan


Makasih yah gan, huhu terharu
cocok buat drone nih
Quote:Original Posted By de_rebel
cocok buat drone nih


Ide bagus tuh, semoga Indo punya
ane gangerti gan
Quote:Original Posted By hafidh45
ane gangerti gan


Waduh, ga ngerti dmna nya gan ??
Quote:Original Posted By HughWolverine


Ide bagus tuh, semoga Indo punya


Biar ga ribut bbm mulu
wih keren pesawatnya
tapi kalo musim ujan ga bisa dong ....
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar