Pages


Senin, 08 Juni 2015

(NOT FOR ABABIL) : Sedikit Cerita tentang media & Pembentukan Opini Masyarakat

HT Gan, gak nyangka...
Padahal ini Thread ane buat taun 2014.


Spoiler for HT ke-2 sepanjang sejarah:



Introduction.

Media Massa (Mass Media) singkatan dari Media Komunikasi Massa (Mass Communication Media), yaitu sarana, channel, atau media untuk berkomunikasi kepada publik. Untuk efektifitas berbahasa, Istilah Media Massa sering disingkat “Media” saja, tanpa “Massa”. Media Massa merupakan suatu sumber informasi, hiburan, dan sarana promosi (iklan) dari suatu individu/ kelompok untuk disebarkanluaskan kepada khalayak ramai (masyarakat).



Sedangkan opini adalah pandangan (yang bisa definitif) yang tertanam diotak seseorang.


Berdasarkan definisi singkat diatas, kita titikberatkan perhatian kita bahwa media berfungsi untuk menyebarluaskan informasi, yang artinya, dengan tersebarluasnya suatu objek informasi maka :
1. Media sanggup membentuk perhatian kepada suatu objek berita (Fase 1). Pada saat ini opini masyarakat berada di level low (rendah) karena baru mengenal objek tersebut, mereka belum bisa memasuki opini yg definitif.
2. Meningkatkan perhatian pada suatu objek tersebut (Fase 2). Pada tahap ini, apabila objek tersebut diberitakan terus menerus, maka fokus dan konsentrasi masyarakat akan “stucked” ke objek tersebut, sehingga muncullah “Kepopuleran” terhadap objek. Pada tahap ini, opini masyarakat makin menguat.
3. Mempopulerkan objek yang diberitakan (Fase 3). Hal ini timbul karena perhatian media yg begitu massif untuk terus meliput objek, Entah itu populer dalam arti negatif atau positif. Pada tahap ini, opini masyarakat masuk kedalam level percaya.
4. Mempertahankan kepopuleran objek. Pada fase ini opini dan nilai-nilai yang sudah terbentuk akan terus dipertahankan. Caranya? Tentu dengan terus-terusan memberitakan hal yang sama. Efeknya, Masyarakat yang sudah terlanjur mempercayai informasi yang diberitakan : akan KUKUH pada apa yg telah mereka percayai.


Can you see gan bahwa fase-fase yang kasat mata ini adalah :
Membentuk,
Meningkatkan,
Mempopulerkan,

lalu MEMPERTAHANKAN pandangan yang mereka perkenalkan.


Hal diatas hanya kulit luar saja atas apa yg bakal ane sajikan, silahkan terus dibaca trit ini karena Faktanya Media juga mempunyai Fungsi lanjutan yang lebih dahsyat. Nah untuk bisa lebih memahami, izinkan ane memberi sebuah contoh Opini yang Sangat kental dengan masyarakat Dunia Kekinian.


Apa itu?

Yah tentang
Spoiler for example:
TERORISME.




Jreng...jreng...jreeengg!

Spoiler for Further Prologue :
Dulu, ditahun 1990-an, sewaktu ane masih SD dan remaja awal (masih ababil) ane pernah mendengar kosakata terorisme dari berita-berita. Saat itu otak ane disuapi fakta bahwa Terorisme adalah kegiatan meneror. Sedangkan pelakunya di-cap sebagai teroris (orang yang melakukan tindakan teror/ meneror). Ane coba brainstorming era itu, memang kala itu ada beberapa berita besar tentang kejahatan terorisme. For instance :

Spoiler for For Instance:
1. Pengeboman dan aksi kekerasan atas konflik Irlandia Utara dengan Irlandia Selatan.



sepanjang tahun 1990 ada beberapa tindakan terorisme di wilayah Irlandia Utara dan Irlandia Selatan yg merembet ke tanah Inggris (just search for more information ya gan). Usut punya usut, kejadian tahun 1990 adalah suatu periode koflik etnis yg terjadi di Irlandia Utara sejak tahun 1969. Konflik ini melibatkan kaum loyalis & unionis (umumnya Protestan) yg pro bersatu dengan Inggris melawan kaum nasionalis & republikan (umumnya Katolik) yg pro bersatu dengan Irlandia di mana selama periode konflik itu, tentara Inggris & Irlandia juga terlibat. Tercatat antara tahun 1969 hingga 2001, jumlah korban tewas dalam konflik ini mencapai 3500 lebih. Tahun 1970-an adalah saat2 dimana tensi konflik sangat memanas. Kebayangkan betapa mengerikan teror yang menyeruak didaerah tersebut?

2. Pengeboman WTC pertama di tahun 1993, menewaskan 6 orang dan ratusan orang terluka. Rilis dan Klaim terakhir pemerintah USA menyatakan bahwa aksi ini diotaki oleh seorang radikal muslim Ramzi Youssef, seorang anggota Al-Qaeda.


3. Pengeboman stasiun kereta api bawah tanah di Jepang ini diprakarsai oleh sekte keagamaan Kristen Aum Shinrikyo ditahun 1995. Aksi ini menewaskan 12 orang.




4. Aksi terorisme berupa pengeboman Gedung Pemerintahan Alfred P. Murrah (Tahun 1995 – di Oklahoma USA) yang dilakukan oleh Tim Mc Veigh seorang kristian katolik Roma dari sekte Ranting Daud dan sekaligus seorang mantan tentara Perang Teluk. Tindakannya dilakukan atas dorongan balas dendam setelah 2 tahun sebelumnya (tahun 1992) homebase sekte Ranting Daud dikepung dan dibakar oleh FBI lalu menewaskan banyak pengikutnya.





5. dan sebenarnya masih banyak lagi tindakan terorisme yang dilakukan dengan pengeboman ataupun penembakan yg dilakukan seantero dunia, ane cukup ngasi contoh beberapa saja y gan.


Pada saat itu, karena pelaku terorisme adalah mereka yg berasal dari berbagai negara, berbagai agama, dan beragam latarbelakang, maka ane membentuk opini bahwa tindakan terorisme dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali tanpa melihat apa latar belakang kewarganegaraannya, agamanya, sukunya, dan apapun. Setiap orang berpotensi menjadi Teroris yang menebar Teror. Dan kala itu memang istilah teroris tidak begitu populer, kalaupun ada istilah ini : maka yang terpikirkan oleh orang2 adalah Teroris itu bisa siapa saja (seperti kalimat sebelumnya)


Tapi semua berubah setelah kejadian ini.........
=======>

Spoiler for Ini dia:
WTC Bombing dibulan September 2001.

Siapa sih yang gak tahu dengan peristiwa pengeboman paling mencengangkan (setelah pengeboman Hiroshima + Nagasaki di Jepang 1945 oleh USA) ini? Inilah peristiwa yang banyak disisipi teori konspirasi dengan kisah-kisahnya yang rumit dan motivasi-motivasi yang sebenarnya sudah tertebak tapi masih diingkari oleh sebagian orang. This is an extremely complicated story with numerous players and motives. The 9/11 facts below don't all make sense or fit neatly together. It's a story full of espionage, deceit, and lies. Well, Ane gak usah banyak ketik2 dah mengenai peristiwa ini. Saya kira agan-agan disini baik yang dari level ababil sampe yg kritis tingkat dewa pasti punya pandangan masing2 terkait peristiwa ini, dan tak akan ada habisnya membahasnya.



Whatever, .yang pasti semenjak peristiwa ini, aktivitas TERORISME selalu diidentikkan dengan salah satu agama besar didunia, yaitu ISLAM. Lho, kok bisa? Kan sebelum-sebelumnya opini tentang terorisme itu “Everyone is possible for being a terrorist”. Lho, ini kok malah Terorisme itu Berat ke Islam sih?? Yah kembali ke FASE-FASE yang ane utarakan diatas, coba lihat dan cocokkan polanya.




Spoiler for Coba cocokkan:
1. Media sanggupmembentuk perhatian kepada suatu objek berita (Fase 1). Bagi agan2 yang sudah akil baligh atau setidaknya udah berumur 10 tahun saat 2001 kerasa gak kalau kita tiba-tiba diperkenalkan dengan sebuah paradigma baru, yaitu pengenalan objek Terorisme, Terorisme, dan Terorisme.

2. Meningkatkan perhatian pada suatu objek tersebut (Fase 2). Pada tahap ini, apabila objek tersebut diberitakan terus menerus, maka fokus dan konsentrasi masyarakat akan “stucked” ke objek tersebut, sehingga muncullah “Kepopuleran” terhadap objek. Back to the given case, Pada tahap ini, aksi terorisme melulu disandingkan dengan Islam, atau segala sesuatu yang simbolnya bernuansa Islam. Dimana ada kata terorisme di sebuah surat kabar atau berita TV selalu disandingkan simbol-simbol Islam atau simbol masyarakat yg dominan menganut agama ini (a.k.a Timur Tengah)...?? Contoh : Pria berbaju gamis, bersorban, berbicara bahasa Arab, berjanggut, dll. Pada tahap ini, opini masyarakat makin menguat. Maksud ane, opini masyarakat akan Teroris Baru ini adalah Teroris condong ke Islam (muslim)



3. Mempopulerkan objek yang diberitakan (Fase 3). Hal ini timbul karena perhatian media yg begitu massif untuk terus meliput objek, Entah itu populer dalam arti negatif atau positif. Pada tahap ini, opini masyarakat masuk kedalam level percaya. Dengan terus menerus di-judge bahwa Terorisme adalah Islam, maka populer lah anggapan Terorisme memang adalah Islam. Walhasil, setiap orang yg berlatarbelakang warga TimurTengah, berjanggut, bersorban, berbaju gamis, apalagi kalau dia muslim maka orang2 akan men-judge-nya sebagai representasi Teroris. Dan menyangkut isu yang diangkat secara global bahwa yang melakukan aksi pengeboman gedung WTC adalah kelompok Al Qaeda, maka masyarakat duniapun Almost 100% Believe (Hampir sepenuhnya percaya) bahwa Memang kelompok inilah yang melakukannya. (sekalipun banyak kalangan yang meragukan kevalidan berita ini)



4. Mempertahankan kepopuleran objek. Pada fase ini opini dan nilai-nilai yang sudah terbentuk akan terus dipertahankan. Caranya? Tentu dengan terus-terusan memberitakan hal yang sama. Efeknya, Masyarakat yang sudah terlanjur mempercayai informasi yang diberitakan : akan KUKUH pada apa yg telah mereka percayai. In relation to the above case, ente tentu sudah tau bagaimana uraiannya. Untuk specific example, ente bisa tanya ke opini masyarakat kebanyakan yg udah kecuci otak sama media global, lalu tanya mereka. Niscaya mereka akan mempertahankan apa yang sudah terlanjur “stucked” di otak mereka. Opini telah menjadi pemahaman.

Teknik ini disebarluaskan secara sengaja kepada berbagai negara di dunia. Dari negara-negara Eropa macam Inggris, Prancis, Jerman, Swedia, Norwegia, Bulgaria, dll, sampai ke negara2 Asia-Afrika-Australia macam Jepang, Indonesia, India, Thailand, Australia, dl. Dari sana ente sudah paham bagaimana makna Teroris = Islam itu melekat dipemikiran, bahkan masuk ke alam bawah sadar dominan masyarakat dunia?
BINGO! You get the point.




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contohnya Cuma segitu doank? Berarti fungsi media segitu aja?
Eiitts tunggu dulu, jangan menyimpulkan sesederhana itu dulu. Media adalah alat juga gan? Alat apa? Alat pertanian? Alat mesin mobil? Haha....Big No, guys!

Ane menyebutnya sebagai Alat Perebut Hegemoni dan Alat Untuk mempertahankan Hegemoni sebuah peradaban dan kekuasaan.



Kunci pertama : Media adalah MANUSIA-MANUSIA yang hidup dibelakangnya. Maksud ane, media adalah manusia pemilik media itu, direksi, pejabat, dan karyawan2 media itu sendiri. Disamping butuh makan, secara fitrahnya manusia juga butuh Uang, Power, dan rasa ingn dihormati+disegani yang absolutely didapatkan dari Kekuasaan. So, mengingat hal ini : (Manusia) Media rentan Dibeli untuk kepentingan kaum yang berduit (Kapitalis).


Kunci kedua : mari kaitkan dengan Fase-Fase yang ane sampaikan diatas. Dengan jargon Membentuk Meningkatkan, Mempopulerkan, dan Mempertahankan objek berita, Ente bisa cocok2in deh dengan fenomena terkini dengan polemik rebut-merebut kekuasaan. Apa ente masi ngeh dengan kejadian Arab Spring yang berawal dari gejolak Tunisia kemudian merebak ke negara-negara tetangga macam Mesir, Libia, hingga Yaman? Negara-negara ini memperlihatkan praktek rebutan kekuasaan yang diawali oleh
1. Panasnya Isu ketidakbecusan Kepala Negara dan
2. Panasnya isu ketidakpuasan masyarakat dinegaranya.

Dengan terus memelihara isu ini secara masif, maka gelombang protes dan revolusi muncul. Hasilnya : udah capek2 kemakan isu revolusi dan penggulingan pemimpin, Egypt is under military control again, and Libya is in a state of complete chaos. Dari sini Ente tau pihak mana yang paling diuntungkan? Yaitu mereka yang diangkat citranya oleh media dan manusia2 media itu sendiri.



Bagi negara yang menerapkan demokrasi yang pemilihan pemimpinnya didasarkan BANYAK SUARA – bukan Kualitas (Indonesia juga termasuk didalamnya), dimana pemikiran individu masyarakat adalah kunci dari kemenangan, maka sebagai alat perebut hegemoni, media digunakan untuk mengangkat citra seorang tokoh. Pemikiran individu-individu harus disisipi opini bahwa si fulan tokoh yang baik sedangkan si badu tokoh jahat. Menonjolkan Binary opposition :
sederhana vs kaya,
tokoh yang gayanya merakyat vs tokoh yang bergaya parlente yang menyimbolkan kaum elit,
yang bermuka malaikat vs yang bermuka masam

adalah teknik yang paling lazim dalam kesimpulan dasar manusia, yaitu = BAIK VS BURUK. Media berperan besar dalam memunculkan tokoh yang dianggap bisa menjadi problem solver dan problem maker ditengah negara Demokrasi. Dan sebenarnya gaya ini telah menjalar ke pemikiran orang2 di Indonesia. Dimana ada isu yang diperkenalkan, lebih diperhatikan, dipopulerkan, dan dipertahankan. Anda-anda tentu tahu apa maksud saya. Pencitraan Jokowi sekarang dan Soeharto dulu adalah Output penjelasan diatas.





Kesimpulan :
Spoiler for Read!:
If you want to ease your business and interest, belong or be close to media.
(Jika anda ingin memuluskan dan mewujudkan kepentingan anda, kuasai atau setidaknya dekatlah dengan media)


Terima Kasih buat agan2 Kritis yang sudah membaca Trit ini dan Memberi komen

Quote:Original Posted By Valls01
baca dulu kek nya panjang

ane nangkep tuh yg ttg teroris.
bener juga ya teroris itu harusnya ga identik dgn 1 agama atau dalam hal lain nya.
smenjak kjadian WTC yg ga tau kejadian bener atau skenario agama lain untuk men'halal'kan agama lainnya untuk memusuhin salah satu agama yg terlibat.

media massa memang dalang utama dalam opini masyarakat dunia


Quote:Original Posted By nolab
intinya kalo mau tenar, mau populer, mau keliatan benar, mau keliatan suci, kuasailah media masa


don't trust anyone
truth belongs to god


Quote:Original Posted By ken nero
SKG MEDIA ITU ALAT POLITIK .TERGANTUNG SIAPA YG KUAT BAYAR.LIHAT AJA WAKTU KAMPANYE KEMARIN.TERUTAMA TV, KORAN, INTERNET


Quote:Original Posted By panjikeling
menjadi penguasa informasi, maka bisa menjadi penguasa apapun, bisa lebih berkuasa dari penguasa sebuah negara...
bahkan kalau mungkin merancang, membuat dan menyebarluaskan informasi sebelum itu menjadi fakta,
seperti di salah satu film 007 lama "Tomorrow Never Dies"


Quote:Original Posted By dannyismadness
ENTE MUSLIM dan merasa aneh dengan melihat orang yang berjenggot lalu tidak isbal (celana cingkrang)...congratulation guys you've brain wash by media. Karena itu semua adalah suatu kewajiban sebagai umat islam yang membedakan dengan agama lainnya. Dan gambaran yg beredar dimasyarakat kini adalah berjenggot + tidak isbal = terorist/islam garis keras....good job media you've done well. Marilah kita renungkan.


Quote:Original Posted By EmonPersia
Media itu pengaruhnya kuat ke masyarakat. makanya siapa yang disanjung oleh media masa dia akan disanjung juga sama rakyat dan begitu juga sebaliknya, yang dihujat oleh media akan dihujat juga oleh masyarakat.
contohnya gak perlu ane sebut, agan-agan semua pasti udah tau.


Quote:Original Posted By s.rahadian
Ijin nyumbang pict ya agan TS


sumber : 9GAG ( Ane lupa siapa uploader'nya )

Intinya sih (IMHO), jangan terlalu mudah mencerna apa yang dikatakan media.


Quote:Original Posted By samsulfikri
penjelasan agan ni ilmiah loh...
ane emang ngerasa bahwa media saat ini memberitakan tindakan dari pejabat2 dengan sangat masif dan terkoordinir, dimana membuat opini masyarakat menjadi 'seolah' si fulan itu hadir bak malaikat suci sebagai juru selamat negeri ini dari kutukan. jadi yang ada ane nonton berita itu tampak sebuah usaha membuat si fulan "seolah olah seolah olah" dan seolah olah itu baik sempurna tak bercelah.
namun ane baru tau bahwa pola ini ada teorinya, ada penjelasan ilmiah, besrta fase2. boleh tau gak gan dalam buku apa teori yang beginian?

ane pernah baca gan, bahwa peperangan dimasa dulu ada memegang senjata dan mengisi peluru, namun sekarang peperangannya adalah perang opini dimana senjatanya adalah media dan pelurunya adalah propaganda.

pejwan ya gan


Quote:Original Posted By kucingnime
bacaannya berat men,
sangat tidak rekomended buat ababil
tapi intinya ane dapat = jangan mudah percaya dengan media


Quote:Original Posted By prihtvitattwa
Yup sudah sebaliknya Kita bijak Dalam menghadapi media2. Jangan percaya sepenuhnya kepada media Karena blm tentu benar.

Harus di telaah Lebih Dalam lagi apa Maksud Dari media tersebut, apalagi di Indonesia, pasti media2 nakal juga banyak.
Kita harus berhati2.
Ya kyk trial by press itu juga sudah sering terjadi di negara lain maupun Indonesia

Edit: saya rate 5 ya, agar byk yg terbuka tidak menerima opini media mentah2


Quote:Original Posted By bg9
we sendiri jga nganggep terorisme itu pasti berhubungan dg islam.walau gue sendiri islam.gara2 dulu waktu bocah suka liat berita teroris gara2 extremis islam.cuci otak saat bocah emg bner2 efektif dah...


Quote:Original Posted By dandangglempang
ane udah membuktikan bahwa brainstorming (atau brainwash) melalui media, utamanya media sosial, hasilnya cukup mencengangkan..


baca dulu kek nya panjang

ane nangkep tuh yg ttg teroris.
bener juga ya teroris itu harusnya ga identik dgn 1 agama atau dalam hal lain nya.
smenjak kjadian WTC yg ga tau kejadian bener atau skenario agama lain untuk men'halal'kan agama lainnya untuk memusuhin salah satu agama yg terlibat.

media massa memang dalang utama dalam opini masyarakat dunia
*butuh konsentrasi buat ngerti isinya
intinya kalo mau tenar, mau populer, mau keliatan benar, mau keliatan suci, kuasailah media masa


don't trust anyone
truth belongs to god
media emang jago nya bikin doktrin
Quote:Original Posted By nolab
intinya kalo mau tenar, mau populer, mau keliatan benar, mau keliatan suci, kuasailah media masa


don't trust anyone
truth belongs to god


ga ngejamin bisa populer gan
liat aja CEO M*CTV pak tanu sama b*krie , punya grup media massa tapi kurang tenar
apalagi media indonesia gan.. lebeee
SKG MEDIA ITU ALAT POLITIK .TERGANTUNG SIAPA YG KUAT BAYAR.LIHAT AJA WAKTU KAMPANYE KEMARIN.TERUTAMA TV, KORAN, INTERNET
Quote:Original Posted By Valls01


ga ngejamin bisa populer gan
liat aja CEO M*CTV pak tanu sama b*krie , punya grup media massa tapi kurang tenar


bakrie tenar woi
coba tanya ke orang papua, lapindo punya siapa

hary tanoesoedibjo juga tenar
kalo lu ga percaya coba ke saumlaki sana, masih ada balihonya bareng wiranto
yups gan bner
amerika dgn cnn nya mencuci otak masyarakat agar mereka membenci muslim

ini seperti tvon* yg mengatakan prabowo baik dan tegas, metr*tv yg mengatakan jokowi baik dan sederhana, mn* media yg mengatakan hary panu layak jadi presiden

dan akhirnya lihat lah sekarang
ada dua kubu yg saling hujat akibat hasutan media yg notabene adalah milik para politikus
Quote:Original Posted By nolab


bakrie tenar woi
coba tanya ke orang papua, lapindo punya siapa

hary tanoesoedibjo juga tenar
kalo lu ga percaya coba ke saumlaki sana, masih ada balihonya bareng wiranto


'Dikenal' krna emg udah lama di bidang masing".
klo tenar tuh patokannya pas pemilu aja gan
di kenal dan tenar berbeda
Quote:Original Posted By Valls01


'Dikenal' krna emg udah lama di bidang masing".
klo tenar tuh patokannya pas pemilu aja gan
di kenal dan tenar berbeda


kalo menurut gue tenar itu tipe suara pria
jadi sengaja ya di bentuk opini kyk gtu biar memperngaruhi masyarakat
pemaparan nya ciamik.. good job buat ts. mpoted 5
menjadi penguasa informasi, maka bisa menjadi penguasa apapun, bisa lebih berkuasa dari penguasa sebuah negara...
bahkan kalau mungkin merancang, membuat dan menyebarluaskan informasi sebelum itu menjadi fakta,
seperti di salah satu film 007 lama "Tomorrow Never Dies"
ane sepemikiran gan sama ente. selama ini masyrkt mmng sdh d cuci otaknya sama media, ya skrg tinggal bagaimana kita menyikapinya aja. ane harap kedepannya kita g nelan mentah2 berita yg disampaikan media
Hahaha benar sekali gan.. Media dimana hal yang baik bisa jadi buruk (dan sebaliknya) demi kepentingan suatu "oknum".. Apalagi di negara kita, miris skali ya.. Cukup ketawa aja melihatnya.. Media itu frekuensi publik yang kredibelitasnya harus terpercaya,, betul gak?
SETUJU, tetapi mencari berita pembandingnya bingung juga gan...!
Quote:Original Posted By Valls01
baca dulu kek nya panjang

ane nangkep tuh yg ttg teroris.
bener juga ya teroris itu harusnya ga identik dgn 1 agama atau dalam hal lain nya.
smenjak kjadian WTC yg ga tau kejadian bener atau skenario agama lain untuk men'halal'kan agama lainnya untuk memusuhin salah satu agama yg terlibat.

media massa memang dalang utama dalam opini masyarakat dunia


makanya biar gk tersesat kita harus berupaya netral dulu, trus baca info d sumber lain. Dengan bgtu semoga kita makin bjaksana n bs memilah2 mana yg benar dan salah, dan mana kebenaran atau keburukan yg dtutup-tutupi
semua tergantung yang baca, mau nelan berita secara bulat2 atau menyeleksinya.. .
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar