Pages


Selasa, 02 Juni 2015

Pengalaman beli rumah melalui KPR (sharing story)

Dear Agan2,


Punya rumah pasti impian sebgaian besar orang, baik itu untuk ditinggalin ataupun untuk investasi. Kali ini ane pengen share pengalaman ane beli rumah melalui KPR konvensional (non-syariah), so buat agan2 yang kepengen beli rumah melalui KPR berikut beberapa langkah yang perlu agan ketahui.


1. Diniatin bener2 punya rumah dan netapin deadline

Waktu sudah kepengen beli rumah, ane niatin banget gan, setelah diniatin bener2, ane jadi lebih nahan diri untuk ga boros, lebih semangat kerja jg gan. Ane juta netapin deadlinenya kira2 bulan apa tahun berapa ane mau deal-in tu rumah,karena inget gan rumah makin lama biasanya makin mahal, makin ditunda makin susah belinya.

2. Tentuin range harga dan itung budget sesuai kemampuan.

Karena dulu pas ambil KPR berstatus karyawan, pemasukkan ane cuma ngandalin gaji gan, jadi untuk range harga rumah yang realistis aja gan harus sesuaiin sama gaji. Ane ga mau karena kepengen rumah bagus lokasi oke dan harga mahal tapi harus ngutang sana sini utk DP atau nyusahin orang tua untuk tombokin. Nah disini pentingnya tetapin deadline gan, waktu ane mau lunasin DP rumah ane udah tetapin bulannya, yaitu setelah terima bonus dan THR gan, jadi ga berat bayarnya.

3. Lakukan Riset

Ane mule riset kalo ga salah 6 bulan sebelum deal. Riset disini maksudnya ane mule pilih lokasi dan komplek rumah mana saja yang kira2 masuk budget. Setelah ada beberapa pilihan, mulai lah ane survei satu2 ke lapangan, ke pameran ataupun ke ke kantor marketingnya. Ga lupa ane cek background dari developer rumahnya apakah kredibel atau tidak.

4. Dealing

Setelah 6 bulan riset nyantai, ane akhirnya kepincut ama satu rumah harganya waktu itu skitar Rp 500jtan luas tanah 72m2 dan bangunan 36m2 di suatu komplek yang baru setengah jadi. Kalo diliat dari harganya waktu itu masih masuk budget sih, tapi sebenernya tu harganya uda naik Rp 100 jutaan dari pertama x launching gan. Tp ane pikir gpp la, toh waktu itu uda setgah jadi kompleknya jadi ane yakin dengan developernya (istilahnya ga beli gambar doank gan). Setelah tanya panjang lebar dengan marketingnya ane pesen unitnya bikin PPJB (Perjanjian Jual Beli), bayar Rp 5 jt sebagai tanda jadi sekaligus pengikat harga (yang ini bakal angus nih kalo ampe ga jadi ambil).

5. Down Payment

Untuk DPnya ane diberi tau kalo waktu itu boleh DP 10 %dan boleh cicil selama 6x gan karena waktu itu peraturan pemerintah ttg DP rumah belum terlalu ketat gan. Ane putusin untuk DP 20 % (Rp 100jtan). Nah untuk DP biar kata 6x byar bukan berarti sebulan kita harus bayar 20jt (berat banget kalo ini), jadi ane dibolehin bayar minimal 2 jt per bulan, di bulan ke-6nya baru dilunasin DPnya (waktu itu skitar 80jtan). Saran dari ane, DP ya kalo bisa semaksimal agan bisa karena lumayan ngurangin beban bunga KPR. Untuk besaran DP sekarang setau ane sudah ga boleh 10 %, minimal 30 % (utk rumah pertama) tapi boleh 20% untuk rumah dengan luas bangunan di bawah 72m2.

6. Pengajuan KPR

Agak panjang ya yang ini.
Selama masih mencicil DP, ane mulai tanya2 ke bank gan mengenai KPR, bunganya, syarat2nya, dsb. Ane juga coba2 masukin ke file simulasi cicilan KPR dengan bunga2 yang ditawarkan jadi tau kira2 berapa cicilan per bulan. FYI, waktu itu developer rmhnya kerjasama sama 6 bank (ada bank negeri dan swasta). So kata developernya cuma bisa dibank2 yang sudah kerjasama aj, padahal ane waktu itu maunya sama bank BC* karena paling murah bunganya, cuma kan ga kerjasama jadi ga bisa (TAPI....saran ane nih ya, kalo emang agan minat ama bank tertentu wlaupun ga kerjasama dgn developer, dicoba aja gan masukin, kalo keterima biasanya developer jg nanti terima2 aja, ya daripada customer ga jadi beli....). In the end, ane mutusin nyoba dua bank BI* dan CIM* dengan pertimbangan dua bank itu punya program bunga fixed rate paling lama (5-10 tahun).

Mengenai program bunga KPR biasanya ada dua macem gan fixed sama floating (kombinasi biasanya). Biasanya bank kasih bunga fixed rendah sekitar 8-10% selama 1-3 tahun pertama, kemudian tahun ke-4 dan seterusnya ngikutin bunga pasar (biasanya suku bunga dasar BI + presentase tertentu) rangenya sekitar 12-15%. Nah jadi cicilan agan akan tetap (segitu2 aja) tahun ke 1-3, tapi pas tahun ke -4 dst bisa melejit gan cicilannya. Lebih untungin yang mana? MEnurut ane yang fixed, jadi semakin lama periode fixed nya semakin bagus, karena walaupun bunga pasaran turun, biasanya ga akan turun sampe di bawah 10%.

Persyaratan pengajuannya waktu itu: Ya dokumen2 kek ftkp KTP, KK, NPWP, Perjanjian jual beli dengan developer, Slip gaji , srt keterangan kerja (yang ini agan2 bisa liat di website banknya aja). Untuk syarat lain: katanya sih, besar cicilan KPR nanti maksimal 30% dari gaji bulanan kita (tapi yang ini aga flexible gan, yang penting agan ga punya history gagal bayar aja spt kartu kredit atau nyicil apa gitu) karena bank pemberi KPR akan lakukan BI checking untuk ngecek history agan.

7. Goal KPR, bayar pajak dan ke Notaris

Setelah DP lunas (yang ini harus ya gan sebelum approval KPR), akhirnya ane diapprove sama bank BI* dengan jangka waktu KPR bunga fixed 12.5% untuk 10 tahun gan, aga tinggi bunganya tapi enaknya ga pusing gan cicilannya segitu2 aja mau kondisi perekonomian kek apa juga. Akhirnya setelah dapet surat approval, ane diharuskan bayar pajak, biaya notaris hampir Rp3jt, biaya provisi, dan biaya admin Rp 500rban. Nah yang mahal tu biaya pajak gan namanya BPHTB (bea pemilikan hak tanah dan bangunan) nilainya yaitu harga rumah sebelum PPN 10% (skitar 400jtan wkt itu) dikurangi dengan NJOP (waktu itu 60jt kalo ga salahh, beda2 masing2 daerah ya) dikali 5%, totalnya Rp 20 jutaan gan. Sebenernya ni pajak sudah diinfo oleh marketing gan waktu ngedeal dulu, tapi ane ga aware, ane pikir bayarnya nanti aja setelah ada duid. EHHHH, gataunya kalo ga bayar ini, KPR ga bs dilanjutin gan, untungggg banget waktu itu ada rejeki lebih pas banget harinya ane dapet deh duid segitu. Jadi kalo agan2 mau beli rumah make sure agan punya duid senilai DP + 5% dari total harga rumah.

Terus besokannya ane ke notaris utk ttd AJB (Akta Jual Beli) dan Perjanjian KPR, disitu juga ada orang banknya, nah disana la ane lunasin semua biaya2 notaris, provisi, dan BPHTB tadi. FYI, biaya provisi biasanya 1% dr pinjeman, tapi jangan lupa nego ya ke banknya gan sebelum ke notaris, ancem2 aja bakal ke bank laen kalo ga dikasi diskon biaya provisi, alhasil waktu itu ane bayar 0.5% provisi dan free biaya admin. Untuk Notaris karena mungkin notarisny ditunjuk ama developer ga nego deh.

8. Tandatangan surat perjanjian KPR di depan notaris.

Di perjanjian dibilangin gan, cicilan akan auto debet dari rekening bank (yang sudah harus kita buka dulu sebelum perjanjian KPR ini), tiap keterlambatan pembayaran akan kena penalti 4% per bulan dan akan mulai dapet peringatan sampai penyitaan kalo nunggak mulu. Tapi agan jangan terlalu parno, biasanya bank akan ajak ngobrol dulu misal agan ga mampu bayar bulanan, mungkin dibantu untuk perpanjang jangka waktu kredit dll.
Terus apabila kita lakukan pelunasan sebelum jangka waktu kredit berakhir (dalam hal ini 10 tahun) maka akan kena penalti 1%. Tapi ya kalo ada rejeki lebih gpp deh gan dilunasin bayar 1 % lebih menguntung kan dari pada bayar bunga terus2an.

FYI sistem KPR itu anuitas, artinya biar kata cicilan agan tetap per bulan misalnya Rp 1 jt per bulan, itu terdiri dari cicilan pokok utang dan beban bunga, dimana tiap bulan komposisinya beda2 gan. tahun2 awal porsi pokok utang lebih kecil dan bunga besar, makin lama porsi pokok utang ini makin gede dan bunga kecil. Jadi kalo tiba2 di tahun ke -5 agan mau lunasin utang KPRnya jangan kaget kalo utang yang agan lunasin mungkin lebih gede dari itungan agan.

9. Sertifikat rumah dan serah terima

Dan tahap terakhir, waktu itu developer jual rumah dengan sertifikat hak guna bangunan (HGB), nah ditawarin sama notarisnya mau upgrade ga ke hak milik (SHM). OK langsung segera upgrade gan, jangan tunda lagi, byar Rp 1.5jt kalo ga salah waktu itu, biar plong dah kalo uda hak milik. Setelah beberapa bulan sejak ttd KPR dan nyicil, baru deh ane serah terima tu rumah. hehehe

Sekian dari ane gan, mudah2an infonya membantu. Silahkan leave comment kalo ada yang mau ditanyain, ane jawab sebisanya yah.


jangan lupa kasi cendol bila berkenan.





Quote:Original Posted By anotherdayz
rinciin gan di page one,

real siapin uang sampe serah terima rumah,

untuk rumah 500jtan, agan2 harus nyiapin uang

1. aaaa : 5 jt
2. bbbb : 10 jt
3. cccc : ... jt

dst

sampe ketauan total yang harus di siapin buat rumah 500 jtan,


Heheh, kira2 ini gan.
Asumsi harga rmh Rp 500 pas (dibawah ini dengan kondisi skitar 2-3 taon lalu ya gan, trus ini skenario terburuk artinya kalo tanpa nego2). Mudah2an ga ada yang kelupaan

1. DP: 20% = Rp 100juta ------> kalo rumah subsidi mungkin bisa lebih murah x
2. BPHTB: 5% x (Rp 450juta - Rp 60jt) = Rp 19.5 jt --->> tiap daerah mungkin beda2 gan, tapi tarif 5% itu maximal uda.
3. B. Notaris: Rp 3jt -----> ini juga negotiable, bisa juga kalo notaris om atau tante agan ndiri mungkin bisa free
4. B. provisi: 1% x (Rp 500jt - 100jt DP) = Rp 4jt - ----> ini bisa nego ke bank nya ampe 0% bahkan
5. B. admin bank: Rp 500rb ----->> ini ane lupa2 inget, tapi dulu ini ane bisa nego free
6. Biaya upgrade sertifikat: Rp 1.5 jt ----->> kecuali sertifikatnya uda SHM ya gan, ga perlu ada biaya ini (FYI ni srtifikat bakal dipegang ama si bank pemberi KPR sebgai collateral / jminan) jadi agan mungkin cuma dapet fotokopinya, setelah dapet fotokopinya, agan bawa ni fotokopiny ke temen agan yang ngerti hukum atau kalo perlu bayar orang gan, buat ngecek ni sertifikat bener ga, kalo ane dulu ga pnya pengalaman gan, liat sertifikat per tama kali waktu itu jd takut ditipu dan namanya orang bank juga mungkin bisa salah, jadi ane bawa contoh fotokpinya ke temen ane yang kerja di notaris bantu cek in)


Ya total smuanya kira2 RP 128.5 jt, ya buletin aja gan buat jaga2 sekitar Rp 135jt jadinya
hore pertamax...
moga aja ht gan trid bagus nie...
semoga kpr juga lunas gan..amien
Quote:Original Posted By tiobiennyo
hore pertamax...
moga aja ht gan trid bagus nie...
semoga kpr juga lunas gan..amien


heheh aminn gan
Ane bukmak dlu gan, rencana usia 33 tahun, dengan pertimbangan pada usia tsb ane sudah kelar sekolah*sekolah lagi dah
trit nya bagus gan,,,, penyampaiannya sangat mudah dipahami, mudah2an bisa jadi HT.
pengalaman beli rumah itu memang beda dengan beli barang2 lain,,, bener2 penuh perjuangan dan keseriusan klo menurut pengalaman ane meskipun rumah yg ane beli gak semahal yg agan TS beli. salut buat TS karena ane dulu mau beli rumah tanpa ada rencana dari jauh2 hari agak keburu2, jadi kesini nya ada sedikit penyesalan karena tidak mendapatkan rumah sesuai yg kita impikan.
ini enak bgt penjelasanya.. kebetulan temen mau ambil kpr..
belajar dari sini praktekin beberapa tahun mendatang.
Mudah2an kesampean bisa punya rmh sendiri meskipun harus nyicil belasan tahun...
bukmark
Bookmark & subscribe yaa gan ..
Quote:Original Posted By muscarinic
Ane bukmak dlu gan, rencana usia 33 tahun, dengan pertimbangan pada usia tsb ane sudah kelar sekolah*sekolah lagi dah


Monggo gan. Mudah2an semua sesuai ama rencana gan. Sukses dah
Quote:Original Posted By di2c
trit nya bagus gan,,,, penyampaiannya sangat mudah dipahami, mudah2an bisa jadi HT.
pengalaman beli rumah itu memang beda dengan beli barang2 lain,,, bener2 penuh perjuangan dan keseriusan klo menurut pengalaman ane meskipun rumah yg ane beli gak semahal yg agan TS beli. salut buat TS karena ane dulu mau beli rumah tanpa ada rencana dari jauh2 hari agak keburu2, jadi kesini nya ada sedikit penyesalan karena tidak mendapatkan rumah sesuai yg kita impikan.



Hehehe bener gan penuh perjuangan. Tp seneng rsnya ad pegangan aset.
Quote:Original Posted By shara..
ini enak bgt penjelasanya.. kebetulan temen mau ambil kpr..


Hehe mudah2an d approve gan kprny

ane mau tanya,
kan syarat KPR itu harus punya NPWP ?
nah NPWP itu syaratnya harus yg berpenghasilan berapa per bulannya ?
kalo boleh tau TS beli rumah di developer mana ?
ane si masih kuliah (nyambi kerja), tp ane ada rencana mau KPR.
Quote:Original Posted By co.op
ane mau tanya,
kan syarat KPR itu harus punya NPWP ?
nah NPWP itu syaratnya harus yg berpenghasilan berapa per bulannya ?
kalo boleh tau TS beli rumah di developer mana ?
ane si masih kuliah (nyambi kerja), tp ane ada rencana mau KPR.


iya gan, kalo NPWP setau ane ga ada batasan penghasilan de gan, kalo mau bikin, tinggal bikin aja gan di kantor pajak yg pntg ada KTP.
ane beli di developer Kalindo Land namanya, tapi ane lupa nama PT nya apa.

Iya gan , kalo masih kuliah n nyambi kerja, boleh d gan ditentuin deadlinenya kira2 kapan mau ambil, nah mule disiapin skrg gan.
Tapi btw syarat minimal ambil KPR di bank umur 21 tahun gan.


berguna banget buat yang mau ambil kpr nih bre

Quote:Original Posted By RedvWine


iya gan, kalo NPWP setau ane ga ada batasan penghasilan de gan, kalo mau bikin, tinggal bikin aja gan di kantor pajak yg pntg ada KTP.
ane beli di developer Kalindo Land namanya, tapi ane lupa nama PT nya apa.

Iya gan , kalo masih kuliah n nyambi kerja, boleh d gan ditentuin deadlinenya kira2 kapan mau ambil, nah mule disiapin skrg gan.
Tapi btw syarat minimal ambil KPR di bank umur 21 tahun gan.



oh iya ga ada batasan penghasilan ya?
ok dh gan ane mau bikin dh...
itu untuk rumah di Jakarta kah?

ane lahiran 1993 gan, kyknya dah bisa ya ambil KPR ?
pas banget umur ane 21th

cendol sent gan
Share yang bermanfaat gann ,,,,
Merencanakan deadline itu yang paling penting buat yang berencana beli rumah atau belum punya rumah
Quote:Original Posted By co.op

oh iya ga ada batasan penghasilan ya?
ok dh gan ane mau bikin dh...
itu untuk rumah di Jakarta kah?

ane lahiran 1993 gan, kyknya dah bisa ya ambil KPR ?
pas banget umur ane 21th

cendol sent gan


iya gan harusnya uda bisa apalagi agan juga sudah kerja.
Kalo rumah bebas lokasi mana aja gan agan mau ambil.
Ane d daerah serpong dlu.

Thanks cendolnya gan

Quote:Original Posted By ranselkusam
belajar dari sini praktekin beberapa tahun mendatang.


iya gan, penting gan perencanaan dari jauh2 hari, spaya ga nyesel d kmudian hari
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar