Pages


Selasa, 16 Juni 2015

[SHARE] Buat Yang Menganggap IPK Gak Apa Apa Jelek, Yang Penting Ilmu [REAL STORY]

Halo guys, sudah lama sekali semenjak terakhir ane buat thread
Kali ini, ane bakal share perbincangan ane dengan salah satu Petinggi Perusahaan Rokok di Indonesia
Apa sih yang ane bicarakan sama beliau ?
Jadi gini, ane adalah salah satu mahasiswa beruntung yang kebetulan dapet koneksi untuk bicara sama beliau.
Kok bisa ? Jadi salah satu anggota keluaga ane ada yang sudah mengabdi ke perusahaan beliau lebih kurang 30 tahun dan seterusnya dan seterusnya (maaf privasi, jadi gak bisa ane jabarin lebih lanjut )

Jadi gini, untuk memecahkan suasana yang (saat itu) garing karena cuma ada ane dan beliau di 1 ruangan
ane melontarkan pertanyaan ke beliau seperti ini :
Quote:Pak, saya mau tanya. Menurut bapak sebagai pimpinan, bagaimana menyikapi mahasiswa yang punya prinsip "Gak apa apa IPK jelek, yang penting itu ILMU nya"

Berikut adalah perbincangan ane (ane sudah mencoba mengingat kembali setiap perkataannya gan)
Aktor : A = ANE & B = SI Boss (boss)

A : Pak, saya mau tanya, menurut bapak sebagai pimpinan, bagaimana menyikapi mahasiswa yang punya prinsip "Gak apa apa IPK jelek, yang penting itu ILMU nya"
B : hm... kalau saya, saya bakal tolak orang tersebut untuk bekerja
A : kenapa demikian pak jika saya boleh tau ?
B : begini dik, mahasiswa yang punya prinsip seperti itu cuma ada 2 tipe ( 1. PEMALAS dan 2. SOK TEGAR karena nilainya jelek )
A : kok bisa pak ?
B : gini dik, mereka bilang "yang penting itu ILMU nya" toh ? Lah kalau "yang penting itu ILMU nya" harusnya IPK mereka tinggi ! KATANYA yang penting ILMU nya ? berarti kan mereka memaknai ILMU & memahami ilmu tersebut toh? kalau mereka memaknai & memahami ilmu nya, IPK mereka gak mungkin jelek karena mereka belajar
A : (diam tanpa kata)
B : Lagian dik, harusnya mereka yang bilang gitu (prinsip seperti itu) malu sama orang tua yang nyekolahin. Orang tua nyekolahin anaknya biar tambah pinter dik. Dan salah satu tolak ukur kecerdasan atau kemampuan mahasiswa itu adalah IPK. Lagian dik, Orang tua mana yang gak bangga IPK anaknya besar ? Orang tua mana yang gak kecewa lihat IPK anaknya kecil ?
A : tapi pak, IPK bagus kan bisa saja hasil nyontek
B : lho, menurut bapak, itu lebih baik daripada punya prinsip mati "Gak apa apa IPK jelek, yang penting itu ILMU nya" kenapa ? kan bapak bilang diawal kalau "yang penting itu ILMU nya" IPK mereka gak bakal jelek karena mereka pasti BELAJAR. Tapi tetep, IPK hasil nyontek itu memalukan hahahaha (ngakak keras banget beliau gan) [Note : untuk memahami hal ini dengan baik, coba tambahkan logika dari sudut pandang dimensi waktu gan (masa depan dan masa lalu). Ente bakal sadar maksud beliau yang sebenarnya ]

(tiba tiba sekretaris beliau nyamperin beliau, wah ane pikir perbincangan ane bakal kelar disini. Ternyata ENGGAK, beliau ngusir (halus) sekretaris beliau supaya bisa ngomong dikit lagi sama ane)

B : dik, adik mahasiswa semester berapa ?
A : saya semester 6 mau ke 7 pak
B : kalau adik punya konco (temen) mahasiswa yang masih semester kecil, adik harus bantu sadarkan mereka supaya gak terjebak ke dalam prinsip yang salah. Mahasiswa itu TUGAS NYA BELAJAR untuk meraih ILMU minimal demi DIRINYA SENDIRI dan ORANG TUA mereka. Masalah kerja, itu pikirin nanti karena bisa atau tidak nya adik kerja di sebuah perusahaan itu tergantung perusahaan itu sendiri. Walaupun adik lulus tes tapi perusahaan tersebut gak mau nerima adik, adik mau apa ? ya toh ?. Kalau IPK adik baik, setidaknya adik punya nilai PLUS jika ngelamar di sebuah perusahaan. Sisanya ya pengaplikasian ILMU dan pengetahuan yang adik punya + hoki
(berdiri dari kursi)
A : pak terima kasih nasihatnya (sambil nyodorin tangan)
B : (sambil salaman ke ane) oke, sama sama dik. Saya seperti nyeramahin anak saya sendiri. Dia lagi kuliah di luar
A :
B :

Demikian perbincangan ane dengan beliau gan.
Ane sengaja share ke kaskuser karena menurut ane nasihat yang beliau bilang cukup logis dan gak sembarang orang bisa ngomong sama beliau. Jadi ane gak mau nyimpen sendiri pengalaman langka ini dan ane share aja ke agan agan.
Okee gan, ane tunggu ya komentar komentarnya, terlepas itu PRO atau KONTRA ane bakal quote ke pejwan

Maaf kalau ada salah salah tulis, ane sudah sangat sangat berusaha mengingat kalimat beliau
Sampai jumpa di Thread ane selanjutnya

------------------------------------------
Halo, ane gak nyangka kalau bakal jadi HOT Thread karena niat ane bener bener buat berbagi aja
Untuk itu ane belum menyiapkan post kosong buat komentar agan agan.
Tapi sebagai bentuk penghargaan ane terhadap komentar agan agan terlepas dari PRO / KONTRA nya.
Ane sudah rekap jawaban jawaban agan


KOMENTAR KASKUSER
(Saran ane, baca komentar kaskuser juga gan. Ada beberapa anak HRD yang sudah nimbrung )
PART 1  (www.kaskus.co.id)
PART 2  (www.kaskus.co.id)
PART 3  (www.kaskus.co.id)
PART 4  (www.kaskus.co.id)
PART 5  (www.kaskus.co.id)
PART 6  (www.kaskus.co.id)

---------------------------
Karena banyak yang bawa nama Bill Gates,
maka ane putuskan untuk menambahkan ini :


  (twitter.com)


Pendidikan Itu Gak Penting, Bill Gates Walau Drop Out Saja Bisa Kaya...
Yakin ?
  (www.kaskus.co.id)


------------------
BARISAN SAKIT HATI
Quote:Original Posted By vanhoutte

ya jelas otak lo sempit lah, masa ngomong sama yg buat rakyat indonesia jatuh sakit lo bangga.
orang yg buat saudara seindonesia lo, miskin, dan penyakitan lo merasa beruntung.

dimana otak lo, kalau si morris lgsung yang kesini kayaknya bakal sujud2 lo karena menjadi orang paling "BERUNTUNG" karena bisa dialog sama iblis itu

Keep dongo , open mind cok, jgn jadi mental BABU. bikin malu 1 ras gua aja ada org kyk gini
keren gan
Yakin tuh bill gates sama jobs sukses karena hoki dan pintar ?


Setahu gw, pernah denger quote di internet, " saya gagal disemua pelajaran disekolah, tapi temen saya bisa, sekarang temen saya jadi ... ( jabatan lah pokoknya ) di microsoft, saya jadi bosnya


Gw sih g bela siapa siapa, cuma pendapat gw aja, prcuma IPK tinggi ujung ujung g di aplikasikan

komentar

Quote:Original Posted By bayu2101


Menurut ane gan, yg agan maksud seperti bill gates, masuk akal juga, tapi itu susah diaplikasikan di Indonesia, mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa begitu, karena sisanya rata2 di Indonesia lebih mementingkan IP sbagai syarat administrasi masuk sebuah perusahaan.
ada yang sepimikiran juga sama gue

Quote:Original Posted By bahamut146


kalau untuk masalah billgates dan orang" sukses lainnya ... mereka belajar mulai dari kesalahan gan ... bukan berarti mereka mengalami kesalahan mereka diam di kesalahan itu saja ... tapi mereka punya usaha untuk membenarkan kesalahan yang sudah terjadi mereka perbuat ... dan akhirnya mereka memiliki hasil yang memuaskan ... pastinya membenarkan kesalahan itu tidak mudah gan ... perlu banyak perjuangan ...

yo'i gan
SETUJU
bantu up
wkwkwk,itu prinsip sih gan,sama "keberuntungan",kalo ipk lu gede tp lu klah untung sma ipk kecil ?ya sama aja
nggak bs disamain dengan bill gates... org dia aja otak nya kek profesor. ya buang2 waktu klo kuliah...
beda dengan mahasiwa... ya tau diri aja lah.
kalo TS target IPK nya brapa

tetep tinggian ane sih
Quote:Original Posted By mabok.jamu
nggak bs disamain dengan bill gates... org dia aja otak nya kek profesor. ya buang2 waktu klo kuliah...
beda dengan mahasiwa... ya tau diri aja lah.
setuju gan

Quote:Original Posted By mabok.jamu
nggak bs disamain dengan bill gates... org dia aja otak nya kek profesor. ya buang2 waktu klo kuliah...
beda dengan mahasiwa... ya tau diri aja lah.


Bener gan.. Kalo emang dasarnya dah cerdas lha gimana lagi kan? Kadang orang cerdas malah keliatan kayak orang idiot wkwk padahal gak taunya tu orang cerdas luar biasa..
Quote:Original Posted By biagunderson
Yakin tuh bill gates sama jobs sukses karena hoki dan pintar ?


Setahu gw, pernah denger quote di internet, " saya gagal disemua pelajaran disekolah, tapi temen saya bisa, sekarang temen saya jadi ... ( jabatan lah pokoknya ) di microsoft, saya jadi bosnya


Gw sih g bela siapa siapa, cuma pendapat gw aja, prcuma IPK tinggi ujung ujung g di aplikasikan


Iya dia memang gagal karena dia malas. Tp mereka bisa berinovasi, sekarang liat Indonesia Muda. Rugi dikit udah gulung tiker, ide masih nyontek, IPK jelek malah ngeles.
Nice share gan
Inspiratif bgt
jangan disamain ama bill gates
kecerdasan dia melebihi jamannya kala itu
bayangin aja, komputer aja belum ada, masih sebatas prototipe diatas kertas doank, tapi dia udah bisa bikinin bahasa mesin utk komputer yg bahkan belum ada barangnya
jaman dulu belum ada bahasa C++, cuma modal binary on dan off aja, bayangin aja susahnya bikin program di jaman bill gates waktu awal microsoft mulai lahir
bill gates selain cerdas luar biasa, hoki nya juga hebat, ia adalah orang yg berada di waktu dan tempat yang tepat
orang sehoki dia gak akan ada dalam 100 tahun loh
klo otak pas2an ya kejar aja IPK gan.
biar dpt point plus pas nyari kerja gan.
tp klo punya kreatifitas dan menghasilkan g perlu deh.
yakin tuh? palingan juga yang ngomong bukan dari perusahaan multi nasional kan? emang ipk penting ujung2nya yang diliat juga itu, tapi kemampuan orang yang menyerapi ilmunya daripada ngejar nilai lebih penting. ane semester 6, tiap semester di kelas nilai ane lumayan lah, gapernah bagus malah haha, tapi ane dikelas selalu nanya,nyatet,dan kritikal kalo dosen ngasih statement. diluar kampus ane sibuk kerja ngebangun bisnis ane, ketemu dan diskusi langsung sama General Manager perusahaan MICE yang bisa dibilang top 5 di indonesia dan kerjasama bareng mereka. kalo cuma ngandelin ipk trs ilmu yang ente punya NOL besar, buat apa? ente cuma bakal jadi kacung kampret setelah diterima kerja,dan bakalan kaya sapi yang diiket yang nurut disuruh apa aja karna gabisa apa2 lagi.
beberapa bulan kemarin ada perusahaan asing di jakarta yang mau nerima orang kerja dengan posisi oke TANPA IJAZAH, apalagi liat ipk.

tunjukin ente punya skill, ente punya ilmu, bukan punya nilai yang bisa ente banggain ke orang tua dan temen2 ente.
ada jutaan orang yang ipknya bagus, tapi sangat sedikit yang bisa make ilmunya di kehidupan nyata dan dunia kerja.
think it fellas
Indeks prestasi komulatif

Gini bray, ipk ane kecil bray cuman 3.08, ane S1 6 taon 6 bulan 21 hr 13 jam 8 menit 3 detik ane sah berpredikat sarjana dgn segala kewajiaban yg menyertainya

Soal lulus di dunia kerja, ane yakin lulus, dan beneran lulus, ane bukan mau nyombongin dr bray, ane ksh perbandingan antara ane, temen ane yg pinter ipk 4.00 cepet lulus dgn temen ane yg emang males gak serius kuliah ipk 2.66 lama lulus

Temen ipk 4, sampe ane lulus blom kerja padahal dia lulus duluan
Temen ipk 2, ane lulus beda 3 bulan dr die, ane langsung keterima kerja dia juga keterima kerja

Yg ingin ane sampaikan adalah, kuliah itu bukan hanya ilmu, ipk, lulus, jaminan kerja, kuliah lebih kepada pengembangan pola pikir bray, walaupun ente berilmu belum tentu ente bisa mengaplikasikan ilmu tsb, begitu pula yg malas jgn dikira tidak berilmu, bisa jadi bukan ilmu yg didapatkan dr perkuliahan tp ilmu yg berdasar pada pengalaman

Okeh bray itu aje

Bawah ane mahasiswa abadi bray
Quote:Original Posted By biagunderson
Yakin tuh bill gates sama jobs sukses karena hoki dan pintar ?


Setahu gw, pernah denger quote di internet, " saya gagal disemua pelajaran disekolah, tapi temen saya bisa, sekarang temen saya jadi ... ( jabatan lah pokoknya ) di microsoft, saya jadi bosnya


Gw sih g bela siapa siapa, cuma pendapat gw aja, prcuma IPK tinggi ujung ujung g di aplikasikan


brapa sih prbandingan orang "gagal" yg sukses kyk bill gates dibanding orang "gagal" yg tidak/kurang sukses? bahkan orang "gagal" yg sukses pun mnyekolahkan anaknya smpe kuliah kan. itu artinya mereka sadar pendidikan emang penting.

btw, buat yg ipk tinggi tp ngga diaplikasiin emang percuma


---
atas ane maho abadi bray
ane baru denger ada prinsip seperti itu.
kalau menurut ane ini tergantung masing masing untuk menyikapi kata kata itu.
kata itu entah dari mana bisa keluar begitu aja.

apakah yang bilang begitu, sudah berusaha semampuanya atau dari awal emang mengatakan hal seperti itu ?

bingung juga kan.

emang betul kalau kita dapat ilmu pasti dapat timbal baliknya.
Menurut ane sih kalau kita mahasiswa yang rajin belajar, punya keinginan kuat untuk nyari ilmu, IPK tuh gak akan jelek-jelek amat, minimal 3 lah, karena gini, dari sekian banyak mata kuliah masa nilainya pas-pasan semua, pasti banyak yang bagus (A atau B), paling yang nilainya pas-pasan (C) cuma beberapa matkul aja..
Kalau kita males belajar, tapi punya prinsip jujur, baru mungkin IPKnya dikatakan kurang baik,
Kalau kita males belajar, tapi gak punya prinsip kejujuran, IPK masih bisa bagus, asal jago nyontek aja..
Pengalaman ane ngeliat temen dan diri ane sendiri sih gitu..
Quote:Original Posted By xmsme


brapa sih prbandingan orang "gagal" yg sukses kyk bill gates dibanding orang "gagal" yg tidak/kurang sukses? bahkan orang "gagal" yg sukses pun mnyekolahkan anaknya smpe kuliah kan. itu artinya mereka sadar pendidikan emang penting.

btw, buat yg ipk tinggi tp ngga diaplikasiin emang percuma


---
atas ane maho abadi bray
logika lu ada benernya juga

kalo orang nyari ilmu pasti belajar giat dan ipk itu kalo ane bilang sih seperti hadiah dari usaha kita gan,
tp kadang juga dosen juga menentukan nasib ipk kita gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar