Pages


Kamis, 09 April 2015

(Nostalgia) Senam Kesegaran Jasmani ( SKJ ) dari Masa ke Masa



Quote:
HT Thx Mimin, Momod, All Kas Officer
dan khususnya All Kaskuser dimanapun berada, moga trit sederhana ini bisa jadi ajang nostalgia.
Sekali lagi terima kasih .





Quote:(Nostalgia) Senam Kesegaran Jasmani ( SKJ )
dari Masa ke Masa

Cek No Repost  (www.kaskus.co.id)
Rekomen HT  (docs.google.com)



Quote:Quote:

Pagi/Siang/Malam Agan-Agan,
Kalo agan-agan masa kecil dan remaja di tahun 80 an - 90 an tentu tidak asing lagi dengan kegiatan wajib masa sekolah atau pun kantor-kantor melaksanakan senam kesegaran jasmani di setiap hari jumat pagi. Banyak kisah saat melaksanakan senam kesegaran jasmani ini
( selanjutnya cukup ane tulis SKJ ) mulai kalo telat hukumannya aneh-aneh, kalo pas ane es em pe pernah dulu kalo telat hukumannya bersihkan wc sekolah , mulai modifikasi skj kungfu-kungfuan ala yoko (return condor heroes), pelorotin celana teman dan tingkah konyol lainnya.


Quote:
Beberapa sekolah di daerah menggunakan gerakan senam sebagai bahan ujian akhir mata pelajaran olah raga. Bahkan di daerah lain, senam ini digunakan sebagai materi dalam perlombaan olah raga. SKJ sering dilombakan dalam kegiatan PORSENI karena gerakannya yang sudah pasti, mudah melakukan penilaian.




Quote:
Selidik punya selidik ternyata SKJ ini program pemerintah di jamannya Presiden Soeharto, ya munculnya di masa orde baru. Senam ini adalah salah satu upaya pemerintah orde baru dalam membangun sumber daya manusia. pemerintah saat itu giat mengkampanyekan slogan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga. Sebagai implementasi dari keseriusan untuk membangkitkan semangat berolahraga di seluruh tanah air. Bermula dari pembentukan kementrian pemuda dan olahraga pada tahun 1983 dan semakin nyata dengan dicanangkannya Hari Olahraga Nasional pada 9 September 1983. Adapun penetapan tanggal adalah 9 September diambil dari tanggal yang sama dengan penyelenggaraan PON pertama di Solo pada tahun 1948. Sebenarnya sudah ada Senam Pagi Indonesia (SPI) diakhir 70 an tapi belum semassif seperti SKJ yang dibawah kementrian pemuda dan olahraga. Kalau seri Senam Pagi Indonesia diperkenalkan di akhir 70-an dengan SPI seri A, B, C dan D untuk anank-anak sekolah.





Quote:Quote:Tahapan gerakan SKJ dapat dibagi seperti berikut ini:
1. Pemanasan
Gerakan pemanasan ini bertujuan untuk membuat tubuh beradaptasi dengan gerakan senam yang lebih cepat nantinya. Gerakan ini mencegah terjadinya kram atau keseleo.

2. Gerakan inti
Gerakan ini dilakukan setelah gerakan pemanasan.

3.Pendinginan
Gerakan ini bertujuan untuk melemaskan badan setelah melakukan gerakan yang lebih cepat sebelumnya. Gerakan ini membantu tubuh dalam persiapan melakukan penghentian gerakan.






Gerakan dalam SKJ ini berubah tiap beberapa tahun meskipun hanya beberapa gerakan dan musik pengiringnya saja. Berikut beberapa daftar tentang perkembangan senam kesegaran jasmani, yaitu:



SKJ 82 yang pertama kali diperkenalkan






SKJ Tahun 84 dengan musik pengiring diaransemen oleh Nortier Simanungkalit. Ini ane yg paling ingat pembuka awal teng...teng...






SKJ Tahun 88 dengan musik pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi sekitar 5 menit.



Quote:Original Posted By jatafest.junior
paling enak didengar menurut saya SKJ 88 betul2 everlasting song itu


KONYOL TAPI KEREN NIII...

SKJ 88 VERSI NGOCOL.





SKJ Tahun 92 dengan musik pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi Pemanasan, Inti, dimulai dari lagu:

Yamko Rambe Yamko (Papua)
Jali Jali (Jakarta)
Tanduk Majeng (Jawa Timur)
Cing Cangkeling (Jawa Barat)
Rasa Sayange (Maluku)
Paris Barantai (Kalimantan Selatan)










SKJ Tahun 94 dengan musik pengiring sama dengan SKJ 92 hanya diberi hitungan.





SKJ usia SD 96 dengan musik pengiring diaransemen oleh FX Sutopo. Pada SKJ ini gerakan sudah lebih lengkap yaitu pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan atau pelemasan.





Quote:
Kalo menurut ane, ini adalah salah satu program orde baru yang bermanfaat sekali. bisa dimanfaatkan untuk memperkuat relasi sosial, terutama di sekolah. Hubungan antarsiswa ataupun pegawai bisa terjalin dengan baik melalui sarana SKJ bersama. Menurut info media  (nasional.kompas.com), program SKJ ini akan diadakan kembali





Quote:Demikian trit sederhana ini dibuat dengan semestinya, kalo ada koreksi atau tambahan dari agan-agan dipersilahkan, sekedar sarana nostalgia.






Quote:kalo berkenan dan dibantu



Quote:Pengalaman Jadul Agan-agan Kaskuser Ane taruh di sini ya, Sekedar ajang nostalgia, di tunggu share partisipasinya



Spoiler for Komeng Jadul:

Quote:

Quote:Original Posted By cocconut02

Ada gan...
Ane sukanya dibarisan belakang kalo senam...
Senam belom slesei ane lari masuk kelas trus ngumpet... panass...
Tapi keseringan gitu akhirnya ketahuan gan, karena ada yg lapor.. Dasar anak kecil, sukanya ngadu
Alhasil semua pada slesei senam ane malah disuruh senam sendiri...

Quote:Original Posted By naryukita


klo ane gabisa kabur gan, semua hrus ada di lapang soalnya ada guru yg ngawasin di blkang sambil ikut senam juga sama klo ga ngikutin gerakan senam, ntar suka di taro di depan biar jadi instrukturnya


Quote:Original Posted By a.ziehad
ane inget waktu SD ane juara SKJ 94 yang diadain di Lapangan PASI Senayan, terus 7 taun lalu bawa anak murid ane juara 2004


Quote:Original Posted By nonnai
Ane paling demen SKJ1997 lagunya keren haouehaoue
ada yg punya ga? mau nostalgila lg neh

btw benernya ngeselin jg skj pagi2...soalnya kan keringetan, trus hbs itu lanjut pelajaran sekolah, mana kamar mandi rebutan pula buat ganti baju

Quote:Original Posted By nowfreejiecez
jadi ingat jaman dulu dari sd tahun 90 - smp 99 sekolah ane tiap jumat-sabtu, tapi sma sdh gak.
dulu waktu smp ane kalo senam nyari barisan dekat-dekat cewe, biar bisa sentuh gitu kalo pas peregangan tangan dibagian pemanasan.

Quote:Original Posted By sremet
klo pas ane sd tiap hari jumat senamnya namanya jumat bersih
masa2 yg sangat indah
sekarang udah ga ada lg

Quote:Original Posted By jerecoz


jaman ane itu kalo mau senam seneng banget hahah soalnya jam pelajaran kepotong sama senam pagi

Spoiler for :
jangan dicontoh ya adek-adek

Quote:Original Posted By pmanendoh
ahahaha. jadi inget waktu masih SD senam SKJ di sekolah tiap jumat pagi, abis itu inspeksi sampah..
nama programnya Jumat Bersih, enak masik kelasnya jadi telat jam 9 klo ga salah, tapi jadi olah raga & bersih sekolahannya..

Quote:Original Posted By approve.cc
wah dulu ane hafal nd jago , sampe ikut lomba lomba , terahir seinget ane lomba di cibubur

Quote:Original Posted By wedcom95
Jadi inget masa kecil ane pertama kali ikut SKJ tahun 94, sering juga dihukum gegara ga ikut. Satu lagi gan program dari pakdhe Harto, bagi-bagi susu setiap bulan

Quote:Original Posted By Bang-Jaka
jadi inget lagi waktu saia sd dulu
dulu ga pernah hapal gerakannya

Quote:Original Posted By kako.tokal
jadi inget jaman sd ama smp
dlu setiap jum'at selalu skj
alhasil jam pelajaran bru d mulai jam 9

Quote:Original Posted By .deathstalker.
hahahah paling inget yg ada teng..teng..teng...

langsung inget dorong2an pas baris, pada ga mau di depan, enak dibelakang deket pohon jd ga kejemur

Quote:Original Posted By afgannistan
jadi inget pas jaman sd gan ...
ane dulu setiap jumat di suruh ke depan jadi intrukstur senam sama temen" ane gan ..
udah pernah juga gan di suruh lomba senam ya alhamdullilah juara gan

Quote:Original Posted By chunky_49
bantu rate aja gann .
ane kangen sama beginian .. padahal dulu males"an waktu sd yg namanya SKJ. tpi pas jadi mentor di depan malah mendadak jadi demen SKJ.secara di sekolahan ane siapa yang males"an jadi mentor didepan .. huehehhe...

Quote:Original Posted By blackpink507
Jadi inget waktu sekolah
Malah dulu waktu di SMA, sekolah ane punya gerakan senam sndiri, tyap hari sabtu pagi sebelum belajar senam dlu deh semua di lapangan,
Wahh jadi kangen

Quote:Original Posted By perdana.editya
ane punya kenangan manis + pahit ama ini senam, ane pas sd dulu pernah dpt undangan SKJ bareng bupati + perwakilan murid + guru SD se kota/kab... udh dilokasi dari jam 6 sama peserta lain eh si bpati + crew ini ngaret sampe jam 8.30 baru sampe lokasi eh senamnya cuma stengah jam doang tapi dibalik lama nunggu itu ane dpt kenalan murid sd lain + ada yg cajkep juga

Quote:Original Posted By perdana.editya
ane punya kenangan manis + pahit ama ini senam, ane pas sd dulu pernah dpt undangan SKJ bareng bupati + perwakilan murid + guru SD se kota/kab... udh dilokasi dari jam 6 sama peserta lain eh si bpati + crew ini ngaret sampe jam 8.30 baru sampe lokasi eh senamnya cuma stengah jam doang tapi dibalik lama nunggu itu ane dpt kenalan murid sd lain + ada yg cajkep juga

Quote:Original Posted By Ady Dirnt
pling g enk dpt tmpt d dpn dan d tgh lapang..gk bs bcandaan ma tmen dan yg malesin klo ad yg maen plorotan celana..malunya dobel...

Quote:Original Posted By kamar69
Tambahan videonya ni gan
SKJ Senam Kesegaran Jasmani

Quote:Original Posted By exe24
ini waktu ane sd sering banget senam baisanya pas jam olah raga pagi,
seru waktu itu juga kocak
abis keringetan senam eh langsung lanjut pelajaran alhasil temen temen ane pada tepar

maklum masih kecil dulu.

tapi yah... nostalgila

pokoknya iramanya itu ngangein

sayang dah gak ikut senam

Quote:Original Posted By refi1
SKJ 92-94 itu yg paling ngena buat ane gan...
Apalagi bagian Yamko Rambe Yamko...












jadi inget nih masa sekolah

terakhir senam SKJ tahun 1998 pas kelas 3 sma
Kalo ane paling demen poco2
Irana dan goyangannya
Quote:Original Posted By tokomapan
jadi inget nih masa sekolah

terakhir senam SKJ tahun 1998 pas kelas 3 sma


berarti agan merasakan skj 88 juga
Quote:Original Posted By namakulyna
Kalo ane paling demen poco2
Irana dan goyangannya


poco2 apa termasuk senam wajib di sekolah2 ?
Quote:Original Posted By pratama.putra


poco2 apa termasuk senam wajib di sekolah2 ?


Dulu waktu es em peh poco2 mulu
Quote:Original Posted By pratama.putra


berarti agan merasakan skj 88 juga


so pasti dong bray
jadi inget pas waktu sekolah nih gan
Jadi inget plesetan ref SKJ 88
"Dukun pelet - dukun pelet, bapak loe....."
lihatin cewek2 senam gan
harga susu naik turun.
Satu.. Dua.. Tiga.. Empat..
Ane cuma tau iramanya aja gan
Quote:Original Posted By namakulyna


Dulu waktu es em peh poco2 mulu


seingat ane di tahun 2000 an poco2 boomingnya.

Mumpung masih masih di pejwan ane share poco poco yopie latul.

Poco-Poco
Label: Maluku, Sulawesi utara

Malenggang patah patah
Ngana pe goyang pica pica
Ngana pe body...poco poco

Cuma ngana yang pika cinta
Cuma ngana yang pika sayang
Cuma ngana suka bikin pusing

Ngana bilang pika na sayang
Rasa hati ini malayang
Jauh...kiga..,kiga

Biar pika ngana pe bayang
Biarlah biking layang layang
Cuma ngana yang pika sayang





Catatan:
Gubahan seniman Ternete berdarah Ambon, Arie Sapulette. Saat itu, Arie melihat seorang gadis sedang membawakan suatu tarian tradisi masyarakat Yospan, Papua dan Wayase, Ambon di suatu pesta. Lagunya popular ke seluruh Indonesia setelah dinyanyikan oleh penyanyi tersohor Yopie Latul

Sumber : Poco2  (liriknusantara.blogspot.com)
Quote:Original Posted By filma
jadi inget pas waktu sekolah nih gan


ajang nostalgia mas gan
Ea, dulu guru olahraga gw kejem
Quote:Original Posted By doongdoongan
Jadi inget plesetan ref SKJ 88
"Dukun pelet - dukun pelet, bapak loe....."


seingat ane dulu memang ada plesetan2 nya tp lupa
dari jaman SD sampe ane SMA dulu senam terus neh
senamnya beda-beda tapi bisa hapal juga ya
Quote:Original Posted By hantuu100
Satu.. Dua.. Tiga.. Empat..
Ane cuma tau iramanya aja gan


itu SKJ 94 ya gan ?
Quote:Original Posted By pratama.putra


itu SKJ 94 ya gan ?


Kayaknya sih begitu, au dah lupa
ane bantu gan
semoga tritnya HT neh,
lumayan buat inget kenangan masa lalu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar