Pages


Rabu, 11 November 2015

Pahlawan Olahraga



Quote:Original Posted By intro

Agan-agan pasti tau setiap 10 November, selalu diperingati Hari Pahlawan.Kejadian ini merujuk peristiwa pertempuran di Surabaya melawan tentara sekutu, NICA dan antek-anteknya.

Tapi itu dulu gan, toh semangat kepahlawanan masih relevan sampai kapan pun. Ada banyak bidang kehidupan bisa kita jadikan medan perjuangan baru agar Indonesia bisa sejajar dengan bangsa lainnya.
Dan salah satunya melalui Olahraga.


Quote:Memang sampai sekarang belum ada pahlawan nasional yang punya latar belakang atlet atau olahragawan. MH Thamrin, Otto Iskandar Dinata, Soekarno, Sjahrir dan banyak pahlawan nasional lain punya hobi berolahraga. Namun itu hanya sebatas kesukaan, bukan digeluti jadi sebuah profesi.

Namun pasca merdeka, banyak olahragawan kita yang membuat Indonesia terkenal ke seantero negeri. Ini dia gan sebagian kecil #PahlawanOlahraga yang mengharumkan Indonesia


Quote:Tiga Srikandi Panahan

Olimpiade Seoul 1988 momen bersejarah bagi Indonesia, untuk kali pertama sejak ikut Olimpiade 1952, Indonesia bisa naik ke podium dan dapat medali perak dari cabang panahan.

Para #PahlawanOlahraga ini dikenal dengan sebutan Tiga Srikandi dengan komposisi Nurfitriyana, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani. Ini dia gan Tiga Srikandi yang cantik-cantik itu..

Spoiler for tiga srikandi:


Kalau ini sih pemeran film Tiga Srikandi yang bakal difilmkan gan Chelsea Islan, Tara Baso dan Bunga Citra Lestari. Srikandi dari Kahyangan ini mah . Ane juga mau nih kalau jadi sasaran target mereka

Ini #PahlawanOlahraga Tiga Srikandi yang beneran. Gak kalah cantiknya kok sama yang diatas.
Spoiler for tiga srikandi:



Quote:Petarung Tangguh di atas Ring

Dalam soal urusan Tinju, Indonesia punya nama mentereng di kancah dunia. Tiap generasi pasti punya #PahlawanOlahraga di bidang tinju masing-masing.

Generasi 80-an pasti ingat Elyas Pical. Hayooo siapa coba yang pernah nonton bareng orang se-kampung nyimak pertandingan Elyas Pical versus Wayne Mulholland, Cesar Polanco, Dong-chun Lee, Juan Polo Perez di TVRI. . Di generasi 90-an jangan lupakan juga Pino Bahari yang sampai berdarah-darah rebut medali emas di Asian Games 1990.

Berlanjut pada generasi 2000-an, jangan lupakan juga "The Dragon" Chris John, Muhammad Rahman atau Daud Jordan. Gak hanya di cabor tinju, Indonesia pun patut berbangga di olahraga Taekwondo. Gak pernah ada yang sangka Taekwondoin kita pernah raih medali perak di Olimpiade Barcelona 1992.

Dalam Olimpiade itu caborTaekwondo memang masih jadi olahraga demonstrasi jadi gak dimasukin ke dalam penghitungan perolehan medali secara keseluruhan. Meski begitu Indonesia bisa ambil tiga medali perak dan satu medali perunggu. Salut mesti ditunjukan ke Dirc Talumewo Rahmi Kurnia dan Susilawati dan Jefi Tri Aji.

Btw sama seperti para pahlawan di era kemerdekaan, ada banyak para #PahlawanOlahraga ini yang gak dikenal dari beragam cabor mulai dari Silat, Karate sampai Tarung Drajat. Namun mereka tetap berusaha berdarah-darah lho agar merah-putih bisa berkibar di kancah internasional.

Spoiler for Petarung tangguh:



Quote:Berjaya Namun Selalu Di Lupakan

Ada banyak atlet-atlet di cabang olahraga non-populer yang sering dilupakan publik padahal mereka berprestasi banyak di dunia internasional. Diantaranya yakni Angkat Besi. Selain bulutangkis, angkat besi adalah cabor yang sering nyumbang medali di Olimpiade dalam tiga penyelengaraan Olimpiade terakhir. Di saat cabor-cabor lain kesulitan lolos dari kualifikasi Olimpiade, Angkat Besi malah selalu kasih prestasi

Ada yang masih inget Lisa Rumbewas? dulu dia sempat jadi idola mirip Raisa di generasi sekarang .
Jangan lupakan juga Winarni Binti Slamet dan Indriyani. Di Sektor putra ada Eko Yuli Triawan dan Triyatno.

Mesti mereka gak terkenal dan kalah tenar ketimbang pemain sepak bola, mereka bisa membuat Indonesia dikenal di luar negeri. Salut ditujukan pada #PahlawanOlahraga ini.

Spoiler for Angkat Besi:



Quote:Ayok Angkat Raket-Mu! Tinggi-Tinggi

Semua sepakat olahraga yang selalu bisa dibanggakan Indonesia adalah olahraga yang berkaitan dengan raket. Di olahraga tenis, Indonesia sempat berjaya di Asian Games dekade 60-an sampai 90-an. Saat ini di cabor Tenis Asian Games, Indonesia jadi pengumpul medali terbanyak ketiga sepanjang masa, dengan 15 emas, 6 perak dan 21 perunggu. Ada yang kenal mbak Yayuk Basuki, Lita Sugiarto atau Suzanna Wibowo? Di era jayanya, mereka-mereka sering tampil sebagai model juga lho.

Namun dibandingkan dengan tenis, gak ada yang bisa menyaingin cabor bulutangkis. Hanya orang bodoh yang mempertanyakan kontribusi bulutangkis ke olahraga Indonesia. Juara dunia udah makanan sehari-hari mereka, dari mulai era Presiden Sukarno sampai Jokowi

Siapa yang gak kenal Tan Joe Hoek, Rudi Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Jonan Wahyudi, Icuk Sugiarto, Imelda Wiguna, Verawati Fajrin dan lain-lain. Nama-nama itu dari generasi lawas, betapa banyaknya #PahlawanOlahraga di bulutangkis. Kalau ditambah dengan generasi 90-an sampai sekarang bakal pusing ane nulisnya gan. ada Taufik Hidayat, Alan Budikusuma, Hendra Setiawan, Muhammad Ahsan sampai Tommy Sugiharto.

Namun dari sekian banyak nama itu. Ada satu sosok yang membuat ane tergila-gila gan dengan prestasi dan kecantikannya.
Sosok #PahlawanOlahraga itu tak lain adalah.

Spoiler for cekidot:



Berkat Mbak Susy Untuk pertama kalinya Indonesia bisa sejajar dengan negara lain di kancah Olimpiade. Yups, dialah yang pertama kali mempersembahkan medali emas dia ajang Olimpiade. Ada yang masih ingatkah laga final Mbak Susy lawan Bang Soo-Hyun? waktu itu kampung ane sepi banget gara-gara semua nonton di rumah pak RT .

Paling terharu itu pas Mbak Susy naik podium. Dan dia nangis gan gara-gara terharu denger lagu ciptaan WR Soepratman berkumandang mengiringi naiknya Merah Putih. Ayoooo siapa juga yang di momen itu pada nangis? Air mata Mbak Susy dan kita pas waktu itu adalah sebuah keharuan yang membanggakan, suka cita sebagai sebuah bangsa.


Oh yah foto Mbak Susy yang nangis ini adalah jepretan fotografer koran Kompas, Kartono Ryadi. Taukah agan foto yang berjudul "Air Mata Emas" ini dapat penghargaan sebagai juara World Press Photo kategori Olahraga tahun 1994 di Belanda.

Yap, untuk menjadi juara itu gak mudah gan. Dan Mbak Susy butuh waktu bertahun-tahun agar bisa jadi juara. Banyak hal yang dia lakukan untuk jadi juara.







Pahlawan itu bukan DNA yang lahir dari sononya. Kepahlawanan itu hasil kegigihan, kerja keras & perjuangan yg tak gampang putus. Banyak teladan #PahlawanOlahraga yg ditempa latihan & dilambari cinta tanah air. Ayok gan, kita jadi pahlawan dg karya hebat & prestasi besar di berbagai bidang.

Ayok siapa #PahlawanOlahraga favorit agan? ane post nanti di mari.




Quote:Source: berbagai sumber

Quote:
Spoiler for komentar kaskuser:

Quote:Original Posted By abangijokuning
Sepak bola jg patut diapresiasi gan...salah satu olah raga yg menggabungkan beberapa cabang...harus menguasai sepak bola,tinju,silat
Inggris -.kick and rush
Indonesia - kick and rusuh


agan ini bisa aja..

Quote:Original Posted By yavid182
Ane dukung rio haryanto gan.. pembalap ga banyak omong tapi bisa berprestasi


Yoii kita tunggu dia, semoga aja bisa main di F1 ya...
Quote:Original Posted By D 7053 pH
Spoiler for Air Mata Emas:


"Foto yang berjudul "Air Mata Emas" ini dapat penghargaan sebagai juara World Press Photo kategori Olahraga tahun 1974 di Belanda".
Koq bisa?
Padahal itu khan foto pas menang Olimpiade Barcelona 1992..
Time traveller kah?
CMIIW..


Sudah ane ralat gan.. harusnya 1994..

Quote:Original Posted By edyhernawan
mantab gan...emosi mbak susi wkttu nangis smpe banget ke kita..mbk susi ngajarin kita kerja keraz pantng menyerah...
smga sgra hadir susi2 yg lain..amiin;


Wah agan ini dulu Susimania korwil mana nih?

Quote:Original Posted By wise01new
hmmm.... timnas sepak bola sea games 1990 g ada yah gan...?
Ferryl hattu dkk merebut emas sea games terakhir di sepak bola....


Sea Games mungkin jadi prestasi sepak bola kita yang tertinggi ya gan? kapan ya sepak bola niru Bulutangkis? untuk ngejer angkat besi juga susah kayaknya..

Quote:Original Posted By manaldani
Pahlawan olahraga kesukaan ane dari Indo itu chris john
kalo dari luar sabina altynbekova


Waduh gan di Indonesia juga banyak atlet-atlet yang bening kok

Quote:Original Posted By SaintHayden
itu u-19 evandimas cs harusnya udah dianggep pahlawan gan lumayan udah bisa ngasi trofi ke negara c.ronaldo aja yang fenomenal belum bisa ngasi trofi meskipun pernah runner up euro


Iya gan, ada satu gelar yang gak pernah didapat Ronaldo dan Messi, yaitu juara dan topskor Indonesia Super League gan.


Quote:Original Posted By santoso626
kenapa mesti sepak bola yg di eluh eluhkan, padahal prestasinya kurang


Terakhir ane dukung PSSI pas Indonesia juara Sea Games 1991 gan..


pertamaxgan
legend itu gan susi susanti
Ane masih inget jaman dulu paling inget Alan Budikusuma sama Susi Susanti
untuk menjadi pahlawan, tidak harus mengangkat senjata & berperang melawan musuh...

selamat hari pahlawan
ya salah satu pahlawan yang tak "diperhatikan" pemerintah
atlet2 yang berjuang demi nama baik indonesia
semoga pemerintah bisa lebih memerhatikan para pahlawan ini ya






Quote:Original Posted By brandy007
untuk menjadi pahlawan, tidak harus mengangkat senjata & berperang melawan musuh...

selamat hari pahlawan


Yoi gan bener banget. Pahlawan itu gak mesti angkat senjata dan tembak lawan..
banyak pahlawan olahraga yang hidup kekurangan setelah masa kejayaannya gan
elyas pikal gans !

Susy Susanti tetap No.1, perasaan kalo liat Beliau Menang trus, Podium trus
alan dan susi.. paling fenomenal
the legend elyas pical bray
Susi susanti pertama mendali emas olimpiade

Keliatan banget umur agan berapa.. banyak banget yang idolain ilyas pical hahahaha...
favorit ane susi susanti....

jadi juara gak mudah, menu latihannya mbak susi serem abis

semoga gnerasi emas bulutangkis indonesia bisa lahir lagi
Quote:Original Posted By jolong2
favorit ane susi susanti....

jadi juara gak mudah, menu latihannya mbak susi serem abis

semoga gnerasi emas bulutangkis indonesia bisa lahir lagi


Tunggal putri sekarang udah sulit bersaing gan... pada males, lapangannya kegedean kayaknya
Quote:Original Posted By maidenprincess

Susy Susanti tetap No.1, perasaan kalo liat Beliau Menang trus, Podium trus


Kangen yah pengen liat tunggal putri berjaya lagi..
emang kurang diapresiasi gan keknya di Indonesia

apalagi kalo dibandingin sama korea

ane nonton acara korea yang ada legenda olahraga mereka

dihormatin banget

kalo dimari rasanya yang cuma punya nama gede aja
mbak susi gan..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar