Pages


Senin, 04 Januari 2016

10 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Berkata Jujur Atau Bohong !!

WELCOME TO MY THREAD


ASSALAMUALAIKUM WR.WB
CEK REPOST

Alhamdulillah akhirnya HT juga , Terima kasih Agan dan Aganwati Semua , Terima kasih Momod . HT pertama Ane nih .

Quote:PEMBUKAAN

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang ingin dibohongi, seiring berkembangnya jaman, pakar-pakar psikolong banyak menemukan cara-cara ampuh untuk mengetahui gerak gerik yang biasanya dilakukan oleh seorang pembual atau pembohong. Memang tidak mudah untuk mendeteksi mimik wajah seseorang, tetapi ada beberapa tanda yang bisa kamu amati jika dia itu sedang berbohong.


Quote:1. Lihat Matanya


Mata melihat ke kiri atas, maka mengingat-ingat pengalaman terkait dengan pertanyaan anda. Mata melihat ke kanan atas, maka dia akan sedikit mengarang karena belum siap dengan jawabanya. Mata melihat ke kiri bawah, maka dia sedang mengambil fakta dari masa lalunya (jujur). Mata melihat ke kanan bawah, terhubung dengan perasaan seseorang, bukan sebuah rekayasan.


Quote:2. Lihat Dari Mimik Mukanya


Amati mimik wajah apakah pipinya merona, lubang hidung melebar, kebiasaan tiba-tiba menggigit bibir, bekedip cepat hingga menarik nafas dalam-dalam ketika berbicara. Kalau dia melakukan hal-hal tersebut biasanya itu tanda bahwa dia sedang mengatakan kebohongan kepada kamu.


Quote:3. Perhatikan Bahasa Tubuhnya


Kamu bisa mendeteksi apakah dia sedang berbohong atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Namun, cara ini bisa dilakukan jika dia tidak sedang dalam keadaan ‘sibuk’. Pertama-tama, perhatikan tangannya. Jika dia meremas kedua tangannya waktu ngomong sama kamu atau mengelus wajah itu tanda bahwa dia sedang cemas atau sedang menutupi cerita yang sebenarnya.

Lalu, amati juga kakinya. Jika kakinya terlihat sering bergerak, mungkin dia tegang dan ingin segera mengakhiri topik yang sedang dia bicarakan (di mana topik ini biasanya mengandung kebohongan).


Quote:4. Lihat Cara Dia Tersenyum


Perhatikan dengan baik bagaimana si dia tersenyum ketika kalian membicarakan topik tertentu. Misalnya, awasi gerakan mulut dan mata ketika si dia tersenyum. Jika dia tersenyum lepas yang melibatkan seluruh organ wajah itu tanda kalau dia jujur. Tetapi kalau dia tersenyum menyeringai (seolah terpaksa) itu tanda bahwa dia sedang berbohong..


Quote:5. Cara Bicaranya


Para ahli menyarankan untuk melihat atau merasakan bagaimana pola napasnya ketika berbicara, apakah cepat atau lambat. Jika dia bicara terlalu cepat atau terlalu lambat, biasanya dia tidak sedang berkata jujur.


Quote:6. Terlalu Banyak Menyentuh Bagian Tubuh


Saat berbohong, biasanya ada perubahan perilaku yang dilakukan. Mulai dari nada bicara, postur dan gerakan tangan bisa berubah. Hal-hal sederhana seperti ini sering terjadi dan dilakukan untuk menutupi kebohongan dari cerita yang kamu dengarkan. Saat berbohong, dia juga biasanya akan sering menyentuh beberapa bagian tubuh tertentu seperti wajah, bibir, dan leher.



Quote:7. Membuang Wajah Ketika Ditanya

Wajar jika pertanyaan yang kamu berikan adalah pertanyaan sulit kemudian dia membuang wajah atau memalingkan muka. Namun, jika di pertanyaan sederhana saja dia menghindari tatapanmu, maka kamu perlu curiga. Karena jawaban yang akan diberikan oleh dia selanjutnya bisa jadi adalah jawaban yang tidak jujur.


Quote:8. Sifat Defensif

Saat kamu mengajukan pertanyaan, dia seolah sedang dihakimi dan dipojokkan. Padahal kamu hanya mengajukan pertanyaan biasa. Malah, kadang dia jadi melakukan sikap defensif dengan balik marah dan menuduh kamu terlalu curiga atau posesif.


Quote:9. Mengalihkan Pembicaraan

Ketika si dia berusaha mengalihkan pembicaraan secara halus dengan membicarakan topik lain, ada dua kemungkinan. Dia tidak tertarik atau dia sedang berbohong. Jika setelah bahasan lain dibicarakan dia menghela napas panjang, ini karena dia sudah lega karena nggak perlu lagi berbohong sama kamu.


Quote:10. Dengarkan Dengan Cermat Apa Yang Dibicarakan

Seseorang yang berbohong cenderung memakai kata-kata seperti “tapi”, “kecuali”, “sedangkan” karena proses berpikir yang rumit ketika berbohong. Dan juga biasanya mereka suka melakukan pengulangan. Si dia juga akan sering memakai kata “aku”, “punyaku”. Di dalam cerita yang dilontarkan oleh pembohong, kamu juga akan menemukan sedikit kata ganti pribadi.


Quote:PENUTUP

jangan sesekali menjudge orang bahwa dia berkata bohong, jujur atau tidaknya seseorang, itu adalah urusanya sama Tuhanya. Semoga tidak ada pertengkaran hebat setelah tips mendetektsi kebohongan ini publish.


Quote: Kalo Bermanfaat , Dan Bisa Diterima Bolehlah Kasih Saya

Sebagai Rasa Terima Kasih

Quote:Komentar Bermutu
Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak , Karena Dari Komentar Kalian, Bisa Menginspirasi banyak Orang


----------------------------------------------------------------------------

Quote:Original Posted By yodishadow
Ane mau sedikit kasih penjelasan/penerangan di sini yg semoga bisa membantu:

Apa yg disebutin oleh TS kebanyakan bener, tapi ada yg lupa TS jelasin di sini yaitu ttg menentukan baseline. Baseline yg dimaksud di sini adalah kondisi awal seseorang ketika bicara santai tanpa ada tekanan apapun. Ada orang yg emang bawaan.ny kalo ngomong ga liat mata, ada yg emang kebiasaan jaga jarak atau ga bida diem tangan.ny kalo ngomong dan ini ga bisa jadi indikasi seseorang berbohong karena emang itu bawaan.ny. jadi yg perlu dilakukin pertama" kalo mau "interogasi" orang adalah ajak bicara santai dulu, liat body language.ny gimana, jangan terlalu fokus di mata karena cuman sepersekian detik dan sulit diliat, perhatiin posisi badan/bahu, tempo bicara, kata ganti orang (biasa.ny kalo orang bohong, dia ga nyebut nama orang tapi milih make kata dia, orang itu atau yg lain.ny buat bikin "jarak") atau kalo agan ngerasa dia bohong tapi ga yakin, suruh dia cerita tapi kronologi.ny kebalik. Contoh: dia cerita dari bangun, sarapan, mandi, blablabla, berangkat. Suruh dia cerita dadi berangkat ke bangun lengkap sama detail.ny. orang yg bohong biasa.ny susah ngurutin.ny. (tapi semua itu ga mudah dilakukan ya. Apalagi kalo emang lawan bicarany pinter bohong)

Semoga membantu dan boleh ditaro di pejwan kalo ts berkenan

Sumber: buku" psikologi khusus.ny ttg liespotting sama body language, tv series semacam lie to me



Quote:Original Posted By wangob.mangan
Mata yg berbicara
Ane sih gitu gan membedakan mana kejujuran mana bualan gombal semata mamen


Quote:Original Posted By foxsheep
Bagus threadnya. Layak rate 5, dikoment, dan jadi ht.
Memang seperti itulah caranya, bahkan memang ada pelajaran khususnya terutama mata kuliah jurusan psikologi, cara2 macam ini jg digunakan penyidik2 dan penyelidik dari aparat2 penegak hukum.



Quote:Original Posted By enricojc
ane nerapin yg bahasa tubuh sama cara berbicara bree kalo bohong ama jujur keliatan bgt bree soalnya
salam org jujur nan tampan bree



Quote:Original Posted By lovespa76
Klo baru pertama kali ketemu susah coy.... itu tanda2 klo kita udah kenal sama orang yg bohong kayaknya.
Apalagi penipu yg udah profesional..



Quote:Original Posted By ningsih.anin
kadang mimik wajahnya keliatan kayak ngerasa bersalah juga breee



Quote:Original Posted By aldianzie
Dari mata dan raut wajah terkadang bs kelihatan.. tp itu buat org yg jarang bohong.. kalo yg pakar bohong mah susah ngeliatnya..






Quote:Original Posted By mcdle
Itu semua yg di atas gak berlaku bagi yg udah keseringan boong.
Kadang dia yg salah tapi dia yg lebih nyolot depan kita. Bukti udh nunjukin doi salah tp masih tetep kekeh ga ngaku. Pinter


Quote:Original Posted By risky.cules
ane udah bisa nerapin gan.
Nais inpoh



Quote:Original Posted By like.this
dari matanya aja biasanya keliatan


Quote:Original Posted By mr.otong9
ane ndak pandai boong gan kalo boong pasti langsung ketahuan soalnya ane orangnya polos banget benelan



Quote:Original Posted By parasyte
bener juga ya...

tapi semua itu nggak berlaku gan bagi orang yg udah biasa bohong



Quote:Original Posted By pelet.com
intinya sih jawabanya gak logis ama yg di pertanyakan



Quote:Original Posted By karmanaaa
Ohh pake body language tohh, keknya bisa dicoba diaplikasikan tuh

Quote:Original Posted By ekiazzx
Nambahin gann..kalau boong biasanya jawabnya lamaaa dan kurang logis..puter2in aja tuh ngobrolnya, ntar jg ketauan sendiri boongnya


Quote:Original Posted By no.2nd.chance
detak jantung dan cara ngomong gan ckckck itu mampan banget dah waktu itu dulu di skolah ane lagi mengiterogasi org2 yg dituduh melakukan pencurian dan tetot dari cara dia duduk, ngomong, gestur tubuhnya ane langsung tau kalo itu pelakunya..

detakan jantung SANGAT SANGAT KENCANG..udah kayak mau copot aja tuh jantung padahal ane nanya biasa doang wkwkw



Quote:Original Posted By Razerbluz
hmmm....gesture plg ptg


Quote:Original Posted By jhoul
mohon diklarifikasi kembali gan,
ketika saya share ini di twitter saya @jhoul_ISDS, diretweet oleh Pak Handoko Gani @LieDetectorID, beliau ahli pendeteksi kebohongan yg pernah belajar di Manchester. Beliau mengatakan thread yg agan buat, tidak semuanya benar. Dan bahkan beliau juga mengatakan Soko Guru Lie Detection seperti Aldert Vrij dan Paul Ekman mengingatkan bahwa tidak ada tanda-tanda kebohongan yang pasti. Jika ideosyncratic alias Baselinenya seperti di atas, jelas berbahaya mengatakan seseorang berbohong. Karena untuk melihat tanda kebohongan juga memperhatikan karakter, fisiologi tubuh setiap manusia, profesi, sikon saat itu, lawan bicara, dll. Bisa dibayangin jutaan pembaca thread ini di kaskus, maka bisa jadi yg ngelamar kerja bisa gagal, bos pecat stafnya, yg PDKT gagal, istri ceraikan suami, ortu curiga sama anak dll. Coba agan lihat di [url=http://www.handokogani.com]www.handokogani.com[/url]






untuk Selebihnya Hanya Tuhan yang tau, Kita manusia cuma Bisa Berusaha

Jika Saya Salah , Tolong Tegur saya . Saya Hanya Manusia . Saya menerima Setiap Masukan dari Agan dan Aganwati semua .




Quote:Sumber
mntap gan
Wow thread yg bermanfaat...
Mata yg berbicara
Ane sih gitu gan membedakan mana kejujuran mana bualan gombal semata mamen
Mntap gan
Bagus threadnya. Layak rate 5, dikoment, dan jadi ht.
Memang seperti itulah caranya, bahkan memang ada pelajaran khususnya terutama mata kuliah jurusan psikologi, cara2 macam ini jg digunakan penyidik2 dan penyelidik dari aparat2 penegak hukum.
Quote:Original Posted By mutenroshi23
mntap gan


Mantap palelu

Dimana mana mantap mulu
ane nerapin yg bahasa tubuh sama cara berbicara bree kalo bohong ama jujur keliatan bgt bree soalnya
salam org jujur nan tampan bree
Baca pikirannya gan..
thread bagus ni
Klo baru pertama kali ketemu susah coy.... itu tanda2 klo kita udah kenal sama orang yg bohong kayaknya.
Apalagi penipu yg udah profesional..
Kelihatannya mudah dan pantas dicoba
Dari mata dan raut wajah terkadang bs kelihatan.. tp itu buat org yg jarang bohong.. kalo yg pakar bohong mah susah ngeliatnya..


Itu semua yg di atas gak berlaku bagi yg udah keseringan boong.
Kadang dia yg salah tapi dia yg lebih nyolot depan kita. Bukti udh nunjukin doi salah tp masih tetep kekeh ga ngaku. Pinter
ntar ane coba praktekin
kadang mimik wajahnya keliatan kayak ngerasa bersalah juga breee
liat idung nya , kembang kempis gak
Quote:Original Posted By mutenroshi23
mntap gan

Terima kasih gan
Hahaha gampang gan, kalo ditanya trs jawabnya rada2 bingung sama gelagat tubuhnya aneh, udh pasti ngibul nih orang
Gembok dulu bray

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar