Pages


Senin, 06 April 2015

8 Fakta tentang Paskah dan Cokelat Telur



Quote:selamat datang ditread sederhana saya dan saya mau mengucapkan selamat paskah bagi yang merayakannya .agan taunga kenapa paskah kok identik dengan telor dan mengapa telornya pake telor asin ya dari pada binggung yuk mari kita simak ulasan berikut ini



Sejarah Paskah

Quote:Paskah (bahasa Latin: Páscha, bahasa Yunani: Πάσχα, Paskha; bahasa Aram: פַּסחא‎ Pasḥa; dari bahasa Ibrani: פֶּסַח Pesaḥ[1]) adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai "anak domba Paskah"; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan[a], dan pada hari yang ketiga[b] bangkit dari antara orang mati. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Paskah juga merujuk pada masa di dalam kalender gereja yang disebut masa Paskah, yaitu masa yang dirayakan dulu selama empat puluh hari sejak Minggu Paskah (puncak dari Pekan Suci) hingga hari Kenaikan Yesus namun sekarang masa tersebut diperpanjang hingga lima puluh hari, yaitu sampai dengan hari Pentakosta (yang artinya "hari kelima puluh" - hari ke-50 setelah Paskah, terjadi peristiwa turunnya Roh Kudus). Minggu pertama di dalam masa Paskah dinamakan Oktaf Paskah oleh Gereja Katolik Roma. Hari Paskah juga mengakhiri perayaan Pra-Paskah yang dimulai sejak empat puluh hari sebelum Kamis Putih, yaitu masa-masa berdoa, penyesalan, dan persiapan berkabung.

Paskah merupakan salah satu hari raya yang berubah-ubah tanggalnya (dalam kekristenan disebut dengan perayaan yang berpindah[2]) karena disesuaikan dengan hari tertentu (dalam hal ini hari Minggu), bukan tanggal tertentu di dalam kalender sipil. Hari raya-hari raya Kristen lainnya tanggalnya disesuaikan dengan hari Paskah tersebut dengan menggunakan sebuah formula kompleks. Paskah biasanya dirayakan antara akhir bulan Maret hingga akhir bulan April (kekristenan ritus Barat) atau awal bulan April hingga awal bulan Mei (kekristenan ritus Timur) setiap tahunnya, tergantung kepada siklus bulan. Setelah ratusan tahun gereja-gereja tidak mencapai suatu kesepakatan, saat ini semua gereja telah menerima perhitungan Gereja Aleksandria (sekarang disebut Gereja Koptik) yang menentukan bahwa hari Paskah jatuh pada hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah, yaitu bulan purnama pertama yang hari keempat belasnya ("bulan purnama" gerejawi) jatuh pada atau setelah 21 Maret (titik Musim Semi Matahari/vernal equinox gerejawi)

Minggu Paskah bukan perayaan yang sama (namun masih berhubungan) dengan Paskah Yahudi (bahasa Ibrani: פסח atau Pesakh[1])[3][c] dalam hal simbolisme dan juga penanggalannya. Bahasa Indonesia tidak memiliki istilah yang berbeda untuk Paskah Pesakh (Yahudi) dan Paskah Paskha (Kristen) sebagaimana beberapa bahasa Eropa yang mempunyai dua istilah yang berbeda, oleh sebab itu kata Paskah dapat memiliki dua arti yang berbeda di dalam bahasa Indonesia.

Banyak elemen budaya, termasuk kelinci Paskah, telur Paskah, dan mengirim kartu Paskah telah menjadi bagian dari perayaan Paskah modern, dan elemen-elemen tersebut biasa dirayakan oleh umat Kristen maupun non-Kristen.


Quote:Paskah tahun ini jatuh pada Minggu, 5 April 2015. Hari Kebangkitan Yesus ini disimbolkan dengan telur.

Dan telur menjadi kado tradisional yang meramaikan perayaan di berbagai negara. Mari menyimak fakta-fakta menarik seputar perayaan Paskah.


Coklat Telur

Quote:
Cokelat Telur. Makanan ini menjadi terfavorit di hari Paskah. Dibuat pertama kali di Eropa pada awal abad ke-19 dan masih populer hingga saat ini .dijamin gurih2 nyoi


Hari Perayaan

Quote:
Setelah Halloween, Paskah menjadi perayaan kedua untuk dipestakan disusul Natal dan hari Valentine.


Coklat paskah Bunnies

Quote:
Setiap kali Paskah, sebanyak 90 juta coklat Paskah bunnies (kelinci) dibuat dan Berdasarkan survei, 76 persen orang mengigit kuping pada coklat bunnies pertama kali baru bagian lainnya.


Telur Paskah

Quote:
orderan telor asin meningkat tiap tahun disene pedagang tengkulak telor asin bakalan laku luar biasa


Acara menghias telur paskah

Quote:
tak ketinggalan buat adik2 tersayang acaranya menghias telur paskah dengan warna warni


Roti Salib

Quote:
Roti salib yang tersedia di hari Paskah, dibuat oleh biarawan dan biarawati di Eropa dan diberikan kepada orang miskin saat puasa 40 hari.


Anak Domba

Quote:
Di antara simbol-simbol Paskah Kristiani yang populer, anak domba adalah yang paling penting dalam perayaan agung ini.Doa paling kuno untuk pemberkatan anak domba ditemukan dalam buku ritual abad ketujuh biara Benediktin di Bobbio, Italia. Dua ratus tahun kemudian Roma mempergunakannya dan sesudah itu, selama berabad-abad kemudian, menu utama santap malam Paus pada Hari Raya Paskah adalah anak domba panggang. Setelah abad kesepuluh, sebagai ganti anak domba utuh, disajikan potongan-potongan daging yang lebih kecil.

Tradiri kuno anak domba Paskah juga mengilhami umat Kristiani untuk menyajikan daging anak domba sebagai hidangan populer pada masa Paskah. Hingga sekarang, daging anak domba disajikan sebagai menu utama Minggu Paskah di berbagai daerah di Eropa timur. Tetapi, seringkali bentuk-bentuk anak domba kecil terbuat dari mentega, roti atau pun gula-gula menggantikan sajian daging anak domba, dan menjadi hidangan utama jamuan Paskah


Gua Maria

Quote:
Di Nusa Tenggara Timur, Indonesia setiap menjelang Paskah, puluhan ribu peziarah mengunjungi Kapel Tuan Ma di Kota Larantuka, untuk menghormati Mater Dolorosa atau patung Bunda Maria. Selain hari Paskah, patung ini tidak diperkenankan dilihat untuk umum. Puluhan ribu umat Katolik dari berbagai daerah rela mengantre berjam-jam untuk dapat masuk dalam Kapel Tuan Ma. Di kapel itu, digelar upacara Muda Tuan atau pembersihan patung Bunda Maria. Selesai upacara, pintu-pintu kapela dibuka dan umat diperbolehkan masuk untuk memberikan penghormatan kepada Mater Dolorosa. Di dalam kapela, para peziarah menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu-lagu untuk memuji Mater Dolorosa. Patung Mater Dolorosa hanya dapat dilihat setahun sekali pada saat menjelang Paskah.


sumber  (id.wikipedia.org)

Quote:nah itulah fakta2 menarik seputar paskah ssemoga menambah pengetahuan agan2 sekalian bila ada kata2 yg kurang berkenan saya mohon maaf bantu rate ya gan sama klo boleh berbagi cendolnya nie TS lagi haus tq

nga nyangka banget tread saya bisa jadi HT tq bwt yang sudah rate sama ngasih cendol maaf bgt saya ngak dpt balas chat agan satu2 soalnya hp ts lemot dan uda kadaluarsa ....trima kasih
udah ane bantu
Ane cuma tahu nya telur paskah di tipi
cokelat telurnya enak sepertinya

Selamat paskah buat yg merayakannya





Bangsad Brotherhood adalah tujuan kami
yg coklar telur itu kulitnya dah dibuang ya gan??

wah indah2 telur esternya...
jadi sayang klo dimakan
Quote:Original Posted By game.otak.hati
yg coklar telur itu kulitnya dah dibuang ya gan??

wah indah2 telur esternya...
jadi sayang klo dimakan


ya blom gan sapa mau ngupas ratusan telur bwt jemmaat gereja - -
Quote:Original Posted By zedaefide
Ane cuma tahu nya telur paskah di tipi


biasanya tuh acara menghias telor asin gan klo telor mentah pecah ya baunya meluber kemana mana gan klo untuk orang dewasa biasanya telor asinya polos dan disisipi ayat firman di telornya
nyimak dulu gan
pernah liat film tentang kelinci paskah tapi lupa judulnya
telor yg mau dihias itu telornya direbus dulu , jd ga mgkn pecah

selamat paskah utk kita yg merayakan
Easter's Eggs
Istilahnya suka dipakai juga untuk hal2 unik yang tersembunyi dalam film, game atau karya seni lain

tapi bingung jga kok bisa ada telor sma kelinci pdhl kelinci kan gk bertelur
HAPPY EASTER SUNDAY FOR ALL !
WILUJENG PASKAH RENCANG-RENCANG !!!
HAPPY EASTER Y'ALL

nice post gan
Happy easter gan
Ninggal jejak dulu dah
coklat telurnya kayaknya enak tuh gan
wah enak tuh gan telor coklat...
aduh jadi kangen masa SD
acara menghias telur
ane dulu hias telur tapi kacau
tapi have fun banget masa masa itu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar