Pages


Senin, 13 April 2015

[MASUK] Jawaban Atas Hilangnya Orang-orang di Pantai Selatan Jawa

WELCOME TO MY THREAD

Quote:



Orang-orang, terutama masyarakat Indonesia itu banget-banget kalo udh bawa-bawa masalah mitos & takhayul , contohnya aja di areal pantai selatan jawa, Kanjeng Nyi Roro Kidul kena getahnya mlu padahal gk salah apa-apa . Siapa disini yang pernah sok2an gak percaya takhayul make baju hijau ke tengah2 laut parangtritis? , kalau pernah, selamat, entah karena ente pencari hal ekstrim atau emang bener2 putus asa mo bunuh diri, atau emang dasarnya gobl*k .

Percaya gak percaya takhayulnya, jangan jadi orang nekat juga kali , terlepas juga dari semua takhayul, baik dari pake baju ijo, gk pake baju ijo, atau gk pake bajupun semua ada resikonya, terutama karena laut selatan jawa terkenal dengan arus balik ombaknya...




Quote:

Arus Balik, Apakah Itu? Rip Current?



Menurut Wikipedia :
"Arus air laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horisontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan dunia. Arus juga merupakan gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang. Pergerakan arus dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain arah angin, perbedaan tekanan air, perbedaan densitas air, gaya Coriolis dan arus ekman, topografi dasar laut, arus permukaan, upwellng , downwelling."

Ini berarti arus balik tidak lain dan tidak bukan, adalah arus air laut yang membalik menuju ke arah lautan kembali (sebenernya gak perlu dijelasin udah pada tau lah )

Tapi, apa maksudnya Rip Current?

Arus laut itu banyak macemnya, ada Shorewave/Longshore current, Cross-Shore Flows, dan ada juga gelombang Rip Current. Tapi yang dibahas disini adalah si rip current ini.

Di areal laut jawa, dengan topografi daratan yang meliuk-liuk antara tanjung dan teluk itu menyebabkan pembelokan arah arus laut yang cukup sering dan membuat sebuah impact atau tubrukan antara masing-masing arus yang biasanya tubrukan yang saling berlawanan itu saling bertemu di areal teluk, sehingga menimbulkan arus balik yang sangat kebangetan dorongannya , dorongan balik yang sangat kencang inilah yang disebut gelombang Rip Current, lebih jelasnya liat gambar :



Nah, udah jelas toh, terlihat di gambar itu gelombang yang bertabrakan dengan masing-masing tanjung & teluk sehingga saling membelok, membawa air laut yang rapat densitas/massa jenisnya ke daerah teluk, terus tabrakan akhirnya menimbulkan gelombang arus balik yang kuat ,

Lebih gampangnya gini, kalo ada 2 balon yang digencet kenceng2 satu sama lainnya, pasti bakalan pecah dong , nah, pecahnya itu sama dengan gelombang2 yang saling bertubrukan itu, dengan arah hembusan pecahan arusnya yang kembali ke arah laut.

Spoiler for Hasil Karya Gelombang Rip Current:







Karena kecepatan gelombangnya yang bisa ampe 80 KM/Jam, jadi sangat tidak mungkin orang yang terjebak ditengah2 gelombang ini bakalan selamet ...



Quote:
Cara Selamat Dari Gelombang Rip Current?

Enggak deng canda, masih bisa selamet kok . Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk keluar dari gelombang rip current ini, How?

Spoiler for Penjelasan:

*Sorry, vid in english


Kalo penjabarannya ane jelasin gini :

+Bagi Korban Gelombang Rip Current :

*Jangan Panik (WAJIB)
*Jangan Berenang Melawan Arus (PERCUMA!)
*Jangan Nyelem (Karena Arusnya makin kenceng dibawah, silahkan yg mao modar )

*Cara Keluar dari Rip Current :

*First, Berenang keluar dari areal rip current, caranya? Kan arusnya itu membentuk kayak pohon (Coba liat gambar, arus awalnya yang tegak lurus makin lama makin ngebentuk kayak pohon di ujungnya ) nah, ente bisa keluar dengan berenang menyamping (tanpa perlu melawan arus). Perlu diperhatikan juga arah arus yang datang, jika arus dominan datang dari arah kiri agan, maka berenang ke arah kanan, begitu sebaliknya. )

*Second, Ente diem aja ngapung (lho?) Iya diem aja, tunggu sampe ente kebawa arus ke areal yang berbentuk pohon (dimana di areal ini arusnya udah gak sekenceng yang tadi) baru berenang balik ke pinggir pantai.


+Bagi yang melihat Korban Terjebak Rip Current :
*Jangan ikutan berenang ngebantuin kecuali ente udah pro-renang dan tau antisipasinya (Kalo gak tau, baahh...Makin berabe urusannya )
*Buru2 Panggil Lifeguard atau SAR, jangan nontonin doang


*Tindakan Preventif agar Tidak terkena Arus Rip Current :

-Jangan Maen terlalu ke tengah pantai
-Yang gk bisa berenang sadar diri klo ad di pantai, jangan berada di areal pantai sendirian (Termasuk Jomblo )
-Perhatikan titik-titik pos penjaga pantai
-Perhatikan sanak famili yang sedang bermain di pantai.


Dan... Yepp, itu antisipasi yang bisa ane kasih tahu , jujur ane gak pernah kejebak di Rip Current, emang keliatannya ane ngomong gampang banget, tapi prakteknya susah (Ya iyalah ) tapi setidaknya ane bisa ngasih sedikit masukan biar tahu kalau emang kejadian, hehe



Spoiler for Saran/Komentar Kaskuser:


Quote:Original Posted By ansorJK
Penjelasan yg logis gan

Ane sering ke pantai selatan, terutama pelabuhan ratu (kebetulan kk ane tinggal di sukabumi, jd kadang klo lg banyak libur dan ada waktu pasti maen kesitu).
Pas waktu itu ane kebetulan pake baju ijo ke pantai (krn ane lupa )
dan alhamdulillah gak terjadi apa apa.
Intinya sih percaya aja ama yg diatas dan selalu berdoa klo lg pergi ke suatu tempat yg emg penuh mitos.

Tapi memang arus pantai selatan itu kuat banget, apalagi pas air pasang, disarankan jgn main ke pantai saat waktu itu.


Quote:Original Posted By r03d13
alhamdulillah ane udh tau gan..hehee..
Dulu sempet nyari artikel tentang rip current itu, di Indonesia emang mitos dan fakta selalu dikaitan satu sama lain..
Oia yg tentang yg ga boleh make pakaian warna ijo itu karena warna ijo itu nyaru sama warna air laut gan.
Jadi klo misalkan ada kejadian korban kebawa arus air laut/ tenggelam petugas penyelamat bisa cepat tanggap menolong n tau lokasinya..cmiiw..


Quote:Original Posted By yuniepunya


Penjelasan ilmiah yang ane tau sih kenapa di laut jangan pakai baju hijau. Pertama bs narik perhatian ikan hiu, krn dia peka warna hijau, nanti dikira kura2. Ke dua, mempersulit SAR menemukan kita, krn semakin dalam laut, airnya keliatann hijau, jd nyamar kan
Kalau soal ngapung, itu fisika sih. Ane kurang paham. Loogikanya ditubuh kita ada ruang hampa, otomatis ngapung kalau posisi kita jg terlentang CMIIW


Quote:Original Posted By semok999
kalau menurut ane, kalau main ke pantai atau ketempat lain harus menjaga omongan kita, jangan buang air sembarangan, kalau kata orang jaw sih "ojok nyampah ndk kene" . tp percaya gak percaya tentang mitos, kalau ane sih percaya aja gan, toh mereja emang ada kok,.. Hehhe


Quote:Original Posted By d1i1k1a1
dulu ane pernah ngalamin yg arus balik itu gan . di pantai parang tritis jogjakarta.
waktu tu tangan ane masukin ke dalam pasir untungny . arus baliknya bener2 kuat.
dan waktu tu juga ane bareng adek ane . apa jadinya kalo sampek tangan ane yg cuma pegangan pasir terlepas . mungkin ane sama adek ane udah ....... hilang gan .

ati2 aja gan kalau maen di situ + gak jago renang . jangan sampek kebawa arus balik laut .


Quote:Original Posted By anhsirkwijaya
nice inpoh gan, ane ngerti rip current dari kuliah oseanografi gan. emang kalo pantai selatan jawa itu topografi pantainya curam, beda sama pantai2 di tempat lain yg cenderung landai. nah dari topografi pantainya itu akan membentuk ombak yang memiliki karakteristik yang berbeda pula. gelombang sama ombak itu beda, ombak terjadi kalo ada pengaruh angin, ketika gelombang merambat mendekati pantai, maka di situlah gelombang mulai terusik oleh topografi dasar laut deket pantai (yg jauh lebih dangkal dibanding dasar samudera), lalu pecah menjadi ombak dan terhempas. jadi ada beberapa ombak yg bisa untuk surfing, berenang, dan ada ombak yg tdk diperuntukkan untuk surfing atau berenang ada rip current. jadi kalo agan nyoba surfing di pantai parangtritis udah pasti ga bakal bisa, karena emang jenis ombaknya ga ngedukung, yang ada malah keseret gan wkwk






Sekian gan...
Kalau boleh, ane minta dan nya ya gan!


JANGAN LUPA KOMENTARNYA GAN!

TRIMS!

Kalo ilang disana nanti bisa ketemu ama Ratu Pantai Selatan ya, mau dung ketemuan ama Ratu Pantai Selatan
Sangat bermanfaat tulisannya...semoga HT
bagus nih infonya..cendol sent..
nice share gan ! ane jg mau kasih info yg gak kalah penting nih

ngeri yah kecepatan gelombangnya gan
info bagus ini mas
bermanfaat untuk yang sering ke pantai selatan
ternyata emang arus dipantai selatan berbahaya gan
jd jgn terpaku ama mitos ntr malah jatoh kepada ke musyrikan
wuih, mantap nih info
iya nih banyak yang percaya klo pake pakaian tertentu nanti bisa tenggelam / hilang. ane sih ga percaya itu
Tapi emang ombak nya serem sih gan
Quote:Original Posted By laksamanadoremi
Sangat bermanfaat tulisannya...semoga HT


Quote:Original Posted By mytools
bagus nih infonya..cendol sent..


Quote:Original Posted By boldies99
info bagus ini mas
bermanfaat untuk yang sering ke pantai selatan


Thanks gaaannn...

Betul gan.. Aku juga kurang percaya mitos pakai baju hijau di pantai selatan bakalan hilang.


Dan ternyata ini jawaban ilmiahnya yang sangat logis


Keren banget gan threadnya. Suka sama thread yg beginian. Memecahkan mitos
Calon HT nih gan
Itu ya penjelasan ilmiah nya, wah baru tau ane gan . Tapi klo soal mitos mitos kaya klo pake baju ijo bisa ilang itu sih percaya kaga percaya gan, soalnya ane juga belom pernah nyoba hehehe tapi serem juga gan secara itu kan kepercayaan masyarakat sekitar . Terus serius tuh diem doang ngapung? Koq bisa gan?
Oh begitu ya gan ternyata. Jadi tentang setan itu cuma mitos donk...
oh gitu ya gan,
ga jadi kimpoi sama nyiroro kidul dong gan?
Quote:Original Posted By kikaigazerock
Oh begitu ya gan ternyata. Jadi tentang setan itu cuma mitos donk...


Ya ini penjelasan Ilmiahnya gan, terserah ente mo percaya yg mana?
Quote:Original Posted By chondro101
Itu ya penjelasan ilmiah nya, wah baru tau ane gan . Tapi klo soal mitos mitos kaya klo pake baju ijo bisa ilang itu sih percaya kaga percaya gan, soalnya ane juga belom pernah nyoba hehehe tapi serem juga gan secara itu kan kepercayaan masyarakat sekitar . Terus serius tuh diem doang ngapung? Koq bisa gan?


Iye gan, percaya gk percaya itu mah masing2 orgnya aj...

Iye, ente cmn diem aj sampe nanti di hilir berakhirnya rip current, ente dibantu ombak yg dtng berenang lgi ke pinggir pantai
Quote:Original Posted By duasatu212121
ga jadi kimpoi sama nyiroro kidul dong gan?


Ini lagi...
Jadi penyebabnya ini ya..bukan karena mitos tersebut
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar