Pages


Selasa, 30 Juni 2015

15 Benda Menakjubkan Yang Dibuat Dengan Printer 3D [PICT]



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost


Quote:Quote:Pengertian dan Sejarah Printer 3D
Spoiler for pict printer 3D:
3D Printing atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses membuat objek padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari model digital. Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan tehnik membuat objek dari sejumlah layer/ lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya. Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1983. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sistem informasi geografis sampai biotech (penggantian jaringan tubuh manusia).
Spoiler for WOW 3D:

Tidak terasa sudah 3 dekade berlalu sejak Chuck Hull pertama kali menemukan printer tiga dimensi pada tahun 1983. Sejak saat itu teknologi printer 3D telah berkembang pesat dalam inovasi dan yang paling penting adalah ukuran serta bahan baku cartridge printernya.
Setelah menjalani trial and error selama bertahun-tahun, teknologi printer 3D sudah maju begitu pesat sehingga sekarang di pinggir-pinggir jalanan di Jepang, orang mulai membuka layanan mencetak patung diri.


Spoiler for CONTOH HASIL PRINTER 3D:
Quote:Lalu benda apa saja yang telah dibuat menggunakan printer 3D ini? Berikut daftar benda menakjubkan yang telah dibuat orang menggunakan printer 3D
Quote:Quote:1. Pistol
Spoiler for beceng:
Printer 3D telah membuka peluang bagi orang-orang kreatif untuk mencetak apa saja, termasuk yang paling kontroversial adalah pistol. Seorang pemuda berusia 26 tahun bernama Cody Wilson telah membuat pistol yang bisa Anda rakit sendiri di rumah yang diberi nama ‘The Liberator’.
Sekarang semua orang yang mempunyai printer 3D dan koneksi internet bisa mendownload dan mencetak pistol sendiri dengan bahan baku plastik. Tetapi jangan salah sangka! Meskipun terbuat dari plastik, pistol ini mampu menembus tubuh manusia seperti pistol sungguhan. Pembuatan pistol dengan printer 3D ini di Amerika sekarang masih diperbolehkan karena belum ada undang-undang yang mengaturnya tetapi pastinya tidak akan lama lagi akan dilarang mengingat bahaya yang ditimbulkannya.


Quote:Quote:2. Drone
Spoiler for drone:
Pesawat tanpa awak yang awalnya ditujukan untuk kegiatan mata-mata dan pertempuran ini sekarang sudah bisa Anda buat sendiri dengan printer 3D, meskipun untuk mendapatkan modelnya Anda harus menghubungi SULSA (Southampton University Laser Sintered Aircraft) yang telah berhasil mencetak drone dengan printer 3D.
Drone yang masih berupa prototipe ini memang belum sempurna karena cuma bisa terbang dengan kecepatan maksimal 90 mil perjam dan menggunakan baterai yang hanya mampu bekerja selama 30 menit, tetapi dalam beberapa tahun ke depan, masalah ini tentu bisa diatasi dengan mudah. Keunggulan drone berbahan plastik ini antara lain bisa dirakit dalam waktu sangat singkat yaitu sekitar 10 menit dan tanpa menggunakan sekrup sehingga sulit dideteksi dan tidak mengeluarkan bunyi.


Quote:Quote:3. Mini-Me
Spoiler for kembar mini:
Ide mencetak patung diri ini awalnya muncul di Tokyo beberapa tahun yang lalu dan kini telah merambah berbagai belahan dunia. Untuk mendapatkan model 3D keseluruhan tubuh Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah berpose di dalam sebuah alat yang dilengkapi dengan 48 kamera digital. Kamera-kamera ini kemudian akan menggabungkan potongan gambar-gambar Anda dari berbagai sudut dan memprosesnya menjadi gambar tiga dimensi.
Jika Anda ingin menggunakan jasa perusahaan pencetak patung diri ini, Anda tidak perlu harus pergi ke Jepang karena di internet telah muncul banyak sekali website yang menawarkan jasa tersebut. Biaya per patung bervariasi tetapi paling murah ditawarkan cuma $60, hanya saja Anda harus menyediakan dana lebih banyak untuk biaya pengiriman.


Quote:Quote:4. Baju
Spoiler for desainer:
Untuk mencetak baju dalam skala besar mungkin belum bisa dilakukan sekarang karena waktu dan biaya yang dikeluarkan masih jauh lebih besar tetapi dalam beberapa waktu ke depan kemungkinan ini masih terbuka lebar. Tidak percaya? Buktinya telah diperagakan oleh model Dita Von Teese yang memperagakan gaun hasil cetakan printer 3D untuk pertama kalinya.
Alat yang digunakan untuk mengukur tubuh pemakai gaun ini sama seperti yang digunakan model patung diri di atas dan jika kelak biaya yang harus dikeluarkan sudah bisa ditekan sedemikian rupa, maka para penjahit konvensional serta industri garmen harus siap-siap untuk gulung tikar karena orang tentu lebih suka membuat sendiri pakaian mereka.


Quote:Quote:5. Cokelat
Spoiler for cocolate:
Beneran nih sekarang sudah bisa cetak cokelat sendiri? Gampang, caranya siapkan saja model kuenya lalu tinggal ganti cartridge printer 3D dengan cokelat cair dan segala bentuk kue cokelat bisa Anda cetak sendiri dengan cepat dan mudah.
Chocedge adalah salah satu jenis printer 3D yang khusus mencetak cokelat. Harganya untuk sekarang masih lumayan mahal mencapai ribuan dollar. Tetapi tidak perlu khawatir karena ternyata persaingan pada industri printer cokelat ini ternyata lumayan ketat sehingga pasti terjadi perang harga. Bahkan pada bulan Januari 2014, Hershey Company dan 3D System mulai mencari partner kerja sama dengan industri makanan untuk menggantikan tenaga manusia dengan teknologi printer 3D ini.


Quote:Quote:6. Pistol Fantasi Menjadi Nyata
Spoiler for dorrr:
Awalnya, teknologi cetak 3D digunakan untuk mencetak benda-benda fantasi dengan desain yang rumit menjadi nyata. Pistol fantasi ini sebagai contohnya. Pistol ini begitu nyata walaupun sebenarnya sama sekali tidak bisa digunakan.

Quote:Tapi Kini Printer 3D mampu Membuat Senjata Sungguhan
Spoiler for keren:
Liberator adalah pistol sekali tembak yang dibuat sepenuhnya dari plastik. Dibantu dengan computer aided design (CAD), pistol ini dibuat pada tahun 2013. Siapapun yang memiliki printer 3D dengan bahan yang tepat bisa membuatnya sendiri.

Quote:Disainer Kini Membuat Bagian Senapan Serbu dengan 3D Printer
Spoiler for gokil:
Untuk senjata yang lebih besar, pengguna dapat mencetak bagian tertentu dari senapan serbu, seperti gagang senapan serbu AR-15 ini.


Quote:Quote:7. Mencetak Gitar & Piano
Spoiler for gitar:
Ini bukan gitar asli tapi dibuat replika dari aslinya menggunakan printer 3D. Gitar tersebut dipegang oleh Abraham Reichental, CEO 3D System, salah satu perusahaan pengembang printer 3D terbesar.

Tidak hanya gitar yang mampu dibuat, piano ini juga tercipta dari printer 3D.
Spoiler for piano:


Quote:Quote:8. Janin 3D
Spoiler for janin:
Fasotec, perusahaan asal Jepang, menggunakan pemodelan CAD untuk membuat model janin 3D dari bayi di dalam rahim. Dengan teknik ini, para orang tua bisa melihat dan memegang janin replika mereka sendiri.


Quote:Quote:9. Kue
Spoiler for nyami:
Disainer, ahli pangan dan insinyur teknik di London menciptakan makanan dari printer 3D menggunakan pemodelan CAD dengan bahan tinta berupa campuran tepung yang bisa langsung dimakan.


Quote:Quote:10. Perlengkapan Tukang
Spoiler for kunci inggris:
Mencetak Kunci pas nampaknya bukanlah hal luar biasa. Tapi beda halnya bila ini dicetak di Stasiun Luar Angkasa ISS. Inilah yang terjadi saat astronot membutuhkan kunci pas untuk tugas luar angkasa, mereka membuatnya dengan printer 3D.


Quote:Quote:11. Robot Murah
Spoiler for robot:
Perusahaan Robot Asal Amerika Serikat dan negara lain sudah mulai memanfaatkan bahan 3D untuk mencetak bagian robot , menjadikan biaya pembuatan robot jauh lebih murah. Salah satu contohnya adalah robot InMoov, yang dibuat pertama kali di London.


Quote:Quote:12. Rumah 3D
Spoiler for rumah:
Entah untuk tujuan artistik atau praktis, banyak yang menggunakan pencetakan 3D untuk membuat rumah. Sebuah perusahaan Belanda menjadi pionir pembuatan rumah pribadi dengan printer 3d raksasa, sedangkan Cina menggunakannya karena alasan murah dan cepat.


Quote:Quote:13. Pembedahan Pra-Operasi
Spoiler for gila:
Bahkan para dokter di Rumah sakit Dijon, Perancis, mulai menggunakan hasil cetak 3D untuk mensimulasikan operasi tulang tengkorak yang akan dilakukan.


Quote:Quote:14. Tangan Bionik
Spoiler for takjub:
Ana Quiñones, 9 tahun. memperlihatkan tangan barunya yang dibuat dengan printer 3D. Anne Jacobs, sang kepala sekolah, menghubungi E-nable, dan merekrut Clay Guillory untuk membuat tangan palsu dengan bantuan disain open source.


Quote:Quote:15. Teknologi 3D Printing, Ilmuwan Bisa Cetak Pembuluh Darah
Spoiler for ilustrasi:
Ilustrasi cetak organ tubuh dengan printer 3d

Quote:Quote:BONUS
Spoiler for BONUS INDONESIA:
Quote:Quote:Orang Indonesia Tidak Kalah Canggih juga Agan, Bikin "Printer" 3D
Spoiler for indo:
Berawal dari kegemarannya pada dunia desain grafis, Johanes Djauhari kini merakit mesin pencetak (printer) 3D. Dengan memanfaatkan teknologi open source, printer 3D yang dirakit Johanes dapat mencetak dokumen digital menjadi benda tiga dimensi.
Spoiler for pict:





Update
Quote:Quote:Cara Kerja Printer 3D
Spoiler for video:

Quote:Gimana pendapat Agansista membuat hal mustahil menjadi nyata dengan Printer 3D?
klo ada yg mau nambahin monggo di share dimari

Printer
3D
sejarah
indonesia





Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT

Reserved

Tambahan dari Kaskuser
Quote:Original Posted By aslamnur28
Ane pengen yg senjata. Tapi bahaya juga kalo sampe jatuh ke tangan teroris



Quote:Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya
Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku SeparuhHT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas PurwoHT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara MengatasinyaHT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RIHT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan SekitarnyaHT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat IniHT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke MasaHT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di IndonesiaHT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan LogikaHT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak DikuburHT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem MaluHT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam HariHT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris ManisHT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia AirHT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen IndonesiaHT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat BerlipatHT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati MudaHT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang SurabayaHT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]HT
Pelajaran Berharga di Balik MengantriHT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun LaluHT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]HT
7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi InspirasiHT
Gaya Berenang dan Hubungannya dengan Kepribadian GansisHT
Belajar Dari Kehidupan Daun Yang Jatuh Ke Tanah !!!HT
Kesatuan Militer Paling Cantik di Dunia [PICT]HT
Nostalgia, 5 Serial Silat Tiongkok yang Melegenda di IndonesiaHT
Film Ini Menggambarkan Pentingnya Toleransi BeragamaHT
10 Foto Viral di Internet yang Faktanya DiputarbalikkanHT
Inilah Produk Sehari-hari Hasil Perbudakan Anak !!!HT
Tanpa Disadari Inilah 10 Bisnis Yang Sedang Berkembang Saat IniHT
4 Fenomena Yang Bisa Bikin Orang Indonesia Marah !!!HT
Balita Berbaju Hijau Adalah Sam Grinner, The Success KidHT
Pelajaran Membangun Tim Ala Film The AvengersHT
7 Milyader Yang Memiliki Ritual Pagi Yang InspiratifHT
Cara Belanja Menggambarkan Kepribadian AganWati Lho!HT
`Berkah Alam Semesta, PSSI Diaktifkan Lagi`HT
NOSTALGIA 90-AN, Lompat - Lompat Yuk Bareng Vampir Cina!HT
Breaking News! WOW, Kerajinan Khas Indonesia yang Menembus Pasar DuniaHT
Cara Alami Mengusir Tikus Di Rumah, Terbukti AmpuhHT
Mengenal 15 Jenis Pempek Palembang, Bule Aja Suka!!! [PICT]HT
7 Peluang Usaha Terlaris Saat Bulan RamadhanHT
Alasan Kenapa Traveling Naik Kereta Api Paling Hemat dan AsyikHT
Mainan Tradisional Indonesia Dari Bambu [PICT]HT
7 Cara Membangunkan Orang Sahur yang Paling Out of The BoxHT

keren
kendaraan udah belum ya gan
keren bingits meski rada mustahil
Ane klo punya bikin tank sama senapan M4 terbaru gan...
bisa di salah gunakan nih..
keren nih bs nyetak 3D
Keren2 dah
Bakal gk laku lagi produsen2 figurin
iya gan keren banget
Woooow .....
Kren abis dan ternyata di Indonesia juga ada yang bisa salut rate 5
buset dah itu cara kerjanya gimana sih??
Quote:Original Posted By jokokirun
keren

indonesia gokil jg ya gan

Quote:Original Posted By alinzis
kendaraan udah belum ya gan

udah om gan, pict contohnya di bawah TKP

Quote:Original Posted By bandel02
keren bingits meski rada mustahil

hehehe..iya gan

Quote:Original Posted By kozakov007
Ane klo punya bikin tank sama senapan M4 terbaru gan...

terus klo udah jadi, di apain tuch tank sma senapan M4 nya?

Quote:Original Posted By yakupanser
bisa di salah gunakan nih..

bner gan, udah kasusnya di luar sana

Quote:Original Posted By bossgedhe
keren nih bs nyetak 3D

serba bisa gan printer 3D ini

Quote:Original Posted By yoshitake
Keren2 dah
Bakal gk laku lagi produsen2 figurin

kalo di indo kayaknya masih berlaku gan produsen figuran, soalnnya printer 3D ini lumayan mehong, tapi memuaskan sii

Quote:Original Posted By Kaos123
iya gan keren banget

pengen punya ya gan

Quote:Original Posted By bewox
Woooow .....

hehehe
nyetak raline shah atau raisa bisa dong gan?
dunia makin canggih aja ya
wih keren keren amat ciptaan printer 3D
sampe senjata aja bisa
Quote:Original Posted By Lisis
Kren abis dan ternyata di Indonesia juga ada yang bisa salut rate 5

yo'i gan, indonesia g kalah canggih jg
sekalian takjil nya dikirim

Quote:Original Posted By rasyid777
buset dah itu cara kerjanya gimana sih??

ntar ane update cara kerja ya gan
pantengin terus trit ane
keren nih tunggu booming aja nih printer..

Keren..
Quote:Original Posted By whymelord
nyetak raline shah atau raisa bisa dong gan?
dunia makin canggih aja ya

bisa donk pastinya gan
bukn dunianya yg makin canggih gan tapi manusianya yg makin canggih otak nya

Quote:Original Posted By tamfan.
wih keren keren amat ciptaan printer 3D
sampe senjata aja bisa

canggih yg mustahil tapi nyata gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar