Pages


Selasa, 30 Juni 2015

Antara Indonesia dan Gerbong Khusus Wanita

UPDATE: HOT THREAD GAANNN, SIIIISSS!! MAKASIH MAKASIHHHH

Spoiler for HOT TRIT:


-------------------------------------------------------------

Spoiler for Commuter line:


Gue penumpang reguler commuter line jalur hijau. Stasiun gue itu setelah stasiun besar pertama dari arah Tanah Abang di jalur itu. Tiap hari kerja, gue selalu naik di gerbong wanita. Alesannya simpel, karena gue cewe dan kalo telat gue ga perlu jauh-jauh jalan karena pas depan tangga menuju peron 3. Kenapa ga mau jauh-jauh? Karena penumpangnya ganas, ga ada yang mau ngalah. Gue juga ga mau telat tapi ga mau nyakitin orang juga. Yang sering naik kereta pasti paham kan.

Tiap hari naik kereta yang penuhnya ga ketulungan sampe pintu kereta ga bisa ketutup itu suatu hal yang perlu disyukuri juga karena banyak ngasih inspirasi dan bikin gue mikir tentang banyak hal. Salah satu hal yang muncul di pikiran gue adalah ternyata penumpang kereta, khususnya di gerbong wanita karena gue selalu di situ, mencerminkan perilaku masyarakat yang menyebabkan Indonesia sulit untuk maju. Yok dibaca yok.

Quote:1. Ga baca atau pura-pura ga tau peringatan “Dahulukan penumpang yang turun”
Spoiler for Gambar satu:

Ga usah ditanya, ini emang udah banyak yang tau. Sampe ada kereta yang dipasangin peringatan ini cuma di gerbong wanita. Cuma seupil orang yang bener-bener wanita sejati yang mau nunggu orang turun dari kereta di samping pintu masuk. Lainnya langsung serbu pas pintu dibuka kaya macan dikasih daging, akhirnya dorong-dorongan dan korban berjatuhan.

Indonesia: Kalo di kereta harus “Dahulukan penumpang yang turun”, Indonesia ini harusnya “Dahulukan masyarakat yang lebih membutuhkan”. Mungkin ini bisa dikaitin sama beberapa oknum yang ngaku pejabat negara dan pembangunan ya. Tau kan banyak pejabat yang mentingin diri sendiri, ngambil duit kita semua? Tau kan gimana ga ratanya pembangunan di Indonesia?


Quote:2. Duduk di kursi prioritas
Spoiler for Gambar dua:

Gan, menurut gue ini parah. Udah jelas-jelas ditulis kalo kursi prioritas itu buat ibu hamil, ibu membawa balita, lansia, sama penyandang cacat. Plus gambar pula. Ada aja mbak-mbak yang duduk di situ, padahal ga hamil, ga bawa anak kecil, anggota tubuh lengkap, tapi mungkin dia ngerasa udah jadi lansia. Dia tidur aja di situ, sementara kalo ada orang yang bener-bener masuk kriteria boleh duduk di situ, didiemin aja sama dia. Otaknya mungkin ga dibawa kali, disimpen di kulkas. Kalo ada ibu hamil terus keguguran mau tanggung jawab? Sama aja ngebunuh bayi tuh. Ini juga berlaku bagi orang yang ga mau ngasih tempat duduk buat orang yang lebih membutuhkan loh.

Indonesia: Ngambil jatah orang lain. Ini kan yang sering dilakuin orang Indonesia yang ga peduli sama sekitarnya? “Yang penting gue dapet, orang lain mah bodo amat, salah sendiri.” Gitu kali ya mikirnya. Pantes Indonesia ga berubah-berubah.


Quote:3. Senderan ke orang lain
Spoiler for Gambar tiga:

Wah, ini mah kalo jam kereta lagi penuh-penuhnya, udah kaya di kaleng sarden, ada penumpang lain yang dengan santainya senderan ke kita. Mending enteng, berat cuy. Makin mejret lah orang. Mbok ya sadar diri lah, sama-sama susah, kejepit, kok enak banget main nyender aja. Udah diprotes, tetep aja nyender lagi nyender lagi.

Indonesia: Nih cerminan orang males di Indonesia. Maunya bergantung sama orang lain, ga mau susah, ga mau sakit. Pokoknya dia yang ngambil kopinya, kita dapet ampasnya. Salah satu faktor Indonesia susah majunya ya ini, ga pada mau berdiri sendiri.


Quote:4. Kalo ada yang pingsan ga ada yang mau nolongin
Spoiler for Gambar empat:

Pernah naik di gerbong wanita tiga hari berturut-turut ada yang pingsan. Ada yang unik dari tiga kejadian itu, reaksinya sama. Boro-boro nolong, ngelirik doang abis itu buang muka pura-pura ga denger. Gue rasa pada budeg sih. Sampe gue berulang kali teriak-teriak minta tempat duduk ga ada yang bereaksi. Yang duduk pada tidur, yang berdiri di depannya pada sibuk mainan handphone, mungkin update doang kalo ada yang pingsan di kereta.

Indonesia: Udah ga ada lagi gotong royong, bahu membahu, tolong menolong kaya di pelajaran PPKn/PKn/Kewarganegaraan jaman sekolah dulu. Semua jadi manusia individualis, manusia bukan lagi makhluk sosial. Eh, makhluk sosial deh. Sosial media. Hoek.
Pas ada saudara sebangsa yang lagi tertimpa musibah ada gitu yang mau bantu? Peduli? Ada sih, tapi lagi-lagi hanya segelintir. Kalo aja semua saling membantu, betapa mudahnya semua masalah di Indonesia ini bisa teratasi.


Quote:5. Turun berebutan, dorong-dorongan
Spoiler for Gambar lima:

Ga cuma wanita-wanita yang mau naik aja yang ga tau diri. Yang mau turun juga sama brutalnya, ga ada kata sabar. Pokoknya langsung dorong, bodo amat yang lain kesakitan yang penting gue cepet keluar dari kereta.

Indonesia: Yah, ini mah kaya lagi bagi-bagi sembako atau salam tempel. Pada takut ga kebagian kan? Gapapa kalo emang butuh banget, tapi kalo udah cukup mampu ga perlu ikutan kan? Cuma satu kata aja. Tertib. Tapi jaman sekarang mana ada sih yang mau tertib?


Quote:6. Cuma bisa protes, ga ngelakuin apa-apa
Spoiler for Gambar enam:

Mungkin di setiap stasiun beda-beda. Karena gue selalu turun di stasiun Tanah Abang, ada aja kantong belanjaan yang ngalangin jalan orang-orang yang mau turun kereta terutama jam berangkat kerja. Anehnya, bukannya pada bantuin pinggirin itu kantong segede bocah kecil, malah bisanya teriak-teriak. Protes dan ga ngelakuin apa-apa. Terutama penumpang gerbong wanita. Tau kan gimana bawelnya emak-emak? Udah pernah disikut karena bantuin minggirin kantong belanjaan orang? Sabar ye, senasib kita.

Indonesia: INI KERJAAN ORANG YANG CUMA BISA DEMO. Cuma berkoar-koar tapi lu lakuin sesuatu yang bisa nyelesain masalah ga? Ga kan? Yaudah jait mulut lu biar ga bawel. Kalo mau ada perubahan, mending bertindak daripada bisanya protes doang. Sama kaya kasus kantong belanjaan yang ngalangin jalan. Apa kita bisa maju ke depan kalo ada kantong gede yang berat banget di depan kita? Kalo teriak-teriak doang, apa itu kantong bisa minggir sendiri? Jawabannya ga kan? Lakuin sesuatu. Pindahin kantongnya ke pinggir walaupun harus disikut ibu-ibu, didorong-dorong orang. Ga cuma kita sendiri yang bisa jalan, tapi orang lain juga terbantu.


Quote:7. Kalo kereta penuh, maksa naik, terus ngeluh sendiri
Spoiler for Gambar tujuh:

HAH. Emosi gue kalo ada orang yang kerjaannya ngeluh mulu di kereta. Oke, emang sakit kalo digencet orang. Tapi plis, lu tau kan kalo kereta pagi penuhnya kaya apa? Ditambah lagi lu maksa masuk pas gerbong wanita udah ga muat lagi. Terus sekarang lu ngeluh sakit? Yang salah siapa? Pak dosen gue yang rambutnya direbonding terus pake masker pas ngajar di hari pertama abis rebonding? Hah? Siapaaaa??

Indonesia: Mungkin begini yang terjadi di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. Udah tau padet banget kan tuh, tapi banyak aja yang maksa masuk dan tinggal di situ. Akhirnya banyak yang ngeluh kan? Baiknya sih ga usah gitu, udah tau gimana penuhnya kan? Gimana persaingannya, gimana susahnya. Berarti harusnya udah tau konsekuensinya kan. Jangan banyak ngeluh, sesungguhnya cobaan yang berat yang bisa membuat kita lebih setrong.



Keliatan ga gan kaitan antara poin-poin di atas? Apa sih yang sebenernya menjadi penyebab Indonesia lambat majunya? Yak, betul! EGOIS. Kalo aja diilangin tuh rasa egois sedikit aja, dan mengulurkan tangan untuk membantu negara, yakin deh Indonesia bisa ngalahin negara manapun di dunia ini.

Oh iya, kenapa juga harus gerbong wanita? Agan suka denger kan kalo wanita itu jauh lebih egois dari laki-laki? Berarti tau dong hasilnya kalo semua wanita dikumpulin di satu gerbong? Egois vs Egois. Tabrakan deh, meledak, ancur, lebur, berkeping-keping, menjadi butiran debu. Jadi menurut gue cukup mewakili mengingat banyaknya masyarakat yang memelihara sifat ini dengan penuh kasih sayang.

Sekian curhatan gue, bagi yang berkenan nambahin boleh aja. Yang mau nyanggah juga silakan, atau kalo ini udah pernah dibahas sebelumnya boleh dikasih tau. Bagi yang mau ngasih cendol bisa kalo udah buka puasa, yang mau ngebata dilarang ya harus nahan emosi gan. Rate bisa kapan aja, ga ngebatalin puasa kok beneran deh.

Quote:UPDATE TIPS:
Bagi agan yang mau coba naik kereta gerbong wanita, bisa pake baju cewe dan kerudung ditambah masker ijo atau warna warni. Yang gambar Winnie the Pooh atau Hello Kitty juga boleh gan





Ini bercanda loh gan, jangan dipraktekin...
KOMEN MUTIARA PILIHAN

ADA MOMOD CAKEP DAN SETRONG KOMEN:
Quote:Original Posted By makankamus

ane pengguna KRL gerbong wanita intinya sih nikmati aja kalau desek2an dalam gerbong, ngeluh mulu bakal stress. kalau kena dorong, dorong balik haha bercanda ya usahain bertahan aja cari pegangan.

kalau soal duduk bener bgt nih cewek2 emang ngincer kursi cuma ya itu kalau kita duduk di kursi prioritas dan dalam kondisi yg fit ga hamil lalu ada ibu hamil..ya tau dirilah, kasih kursinya ke doi. ada masanya juga nanti kita bakal hamil. ingat karma itu ada, jgn mengumpat kalau ada Ibu hamil yg minta tempat duduk kita.

hanya cewek manja yg kerjaannya ngeluh dalam KRL


PENYABAR:
Quote:Original Posted By itsedierevol
Sabar yak, semua pasti ada hikmahnya


YANG GA BERANI KOMEN TAPI KOMEN:
Quote:Original Posted By luftfrische
Beneran deh, ane gaberani komen klo mslh gerbong wanita. Pada ganas2 bgt isinya. Udh gitu mulutnya pada kaya ga sekolah. Asli, semua poin2 diatas klo yang rutinitasnya pake CL pagi, pasti ngerasain dongkol n gregetannya. Semua merasa punya kepentingan, semua ngerasa punya prioritas.

Dulu pernah ada kan kasus cewe yang komen di path soal ibu hamil ? Itu baru contoh kecilnya gimana sebagian pengguna CL ignorrant bgt n merasa gua lebih penting daripada lo.

Ane beneran taluk deh sama penghuni gerbong cewe, negor salah malah kena semprot, ga ditegor juga ga pada tau diri kadang2.

Scariest place on CL is : Women coach on the rush hour


KORBAN:
Quote:Original Posted By sangpcgame
semakin sering seseorang naik commuterline semakin pudar juga kepedulian terhadap sesama.
ane pernah kehilangan barang. padahal sebelah ane harusnya jelaa banget tau kalo barang yg ane bawa itu punya ane dan di ambil oleh orang lain. dan dia diam tanpa ada rasa apa pun. ga selalu anak muda ada dalam keadaan fit untuk berdiri. ane pernah setelah kena musibah cidera kaki tetap harus berdiri karena penumpang yg dianggap lebih berhak.


YANG SEDIH:
Quote:Original Posted By sagatokenmurah
Emang ego yg ngebuat ini semua, setiap orang hanya memikirkan egonya sendiri, dan ga mau liat lingkungan sekitar.
sedih ya kalo nyadar yg kaya beginian, serasa pingin pindahin semua orang ke negara lain aja


PESAN MAMA:
Quote:Original Posted By chekydoll
makanya nyokap gw sampe ngomong "lebih manusiawi gerbong biasa dek, daripada gerbong khusus wanita.."


YANG JANTAN:
Quote:Original Posted By nantampan
wah gak tau sis klo di gerbong cewe.....karena ane cowo.....klo digerbong umum...hanya no 2 dan no 5 yg sering terjadi...ane pernah didorong2...sampe jam ane lepas dan jatuh k kolong kereta....


SETUJU:
Quote:Original Posted By kang.mus
nah ini nih contohnya, banyak masyarakat yang bilang kalo para pejabat itu egosi korup dll. padahal mereka sendiri terkadang juga egois, dan ga memperdulikan orang laen.. ga semuanya sih, tapi buanyaak banget
Pokoknya pray for the best Indonesia aja dah

Quote:Original Posted By runarazenviq
yang ane ga habis pikir tuh kenapa pada duduk di reserved seat padahal ada yang lebih ber hak
emang naik KRL lama banget kah sampe berdiri buat yang lebih ber hak aja ga kuat?


ANAK TRANSJAKARTA BERNASIB SAMA:
Quote:Original Posted By mr.cow
wah baru tau ane di KRL ekstrim juga penumpangnya.
Ane kebetulan sekarang lagi kerja di jakarta, keseharian naik busway TJ, ternyata busway dan KRL sama2 ekstrim penumpangnya..
Sedikit share, kalo di busway itu
1. Banyak tukang ngeluh
2. Ga sabaran
3. Banyak tukang tidur
4. Ada yang pura-pura goblok
5. Masyarakat lebih menyampingkan etika, karena mindset nya 'yang penting cepat sampai'

Semoga aja dengan thread ini, masyarakat bisa berubah jadi lebih baik


RENUNGAN BERSAMA GAN SIS:
Quote:Original Posted By peph

Thread sederhana yang bermakna sangat besar
Salut gue sama lu bro, gw menikmati apa yg elu tulis
Ya intinya kita harus memiliki kesadaran, dari mana tuh kesadaran? Mulai dari yg kecil dulu ya diri lu sendiri. Tolong yah yg baru mempunyai keluarga didiklah keluarga kalian untuk selalu bahu membahu, mayoritas keluarga jaman sekarang itu pada kerja, berangkat gelap pulang gelap ga ada waktu memikirkan keluarga ya walaupun ada waktu libur, bisa jadi waktu libur dipake untuk istirahat tidak ada waktu untuk bersosialisasi bersama keluarga ngumpul bareng dsb, padahal pondasi dasar itu ya dari keluarga kita sendiri. Jadi intinya kalo bangsa indonesia ingin berubah mulai dulu dari yg kecil lah ya dari diri lu sendiri, coba biasakan untuk care kepada lingkungan sekitar. Dan ingat berkata dengan perbuatan, jangan BERBUAT dengan perkataan apa maksudnya gan? Pake permisalan yah, jadi misalnya lu ngerokok ternyata anak lu juga ngerokok. Pantes ga elu marah2 ke dia jgn ngerokok padahal lu ngerokok? Itu disebut berbuat dengan perkataan tidak baik gan sebaliknya


pantesan yah ga maju maju indonesia
Tapi gw tetep cinta indonesia

wah untung ane kerja ga naik kereta
kursi prioritas sering disalah gunakan
parah emang
Beneran deh, ane gaberani komen klo mslh gerbong wanita. Pada ganas2 bgt isinya. Udh gitu mulutnya pada kaya ga sekolah. Asli, semua poin2 diatas klo yang rutinitasnya pake CL pagi, pasti ngerasain dongkol n gregetannya. Semua merasa punya kepentingan, semua ngerasa punya prioritas.

Dulu pernah ada kan kasus cewe yang komen di path soal ibu hamil ? Itu baru contoh kecilnya gimana sebagian pengguna CL ignorrant bgt n merasa gua lebih penting daripada lo.

Ane beneran taluk deh sama penghuni gerbong cewe, negor salah malah kena semprot, ga ditegor juga ga pada tau diri kadang2.

Scariest place on CL is : Women coach on the rush hour
semakin sering seseorang naik commuterline semakin pudar juga kepedulian terhadap sesama.
ane pernah kehilangan barang. padahal sebelah ane harusnya jelaa banget tau kalo barang yg ane bawa itu punya ane dan di ambil oleh orang lain. dan dia diam tanpa ada rasa apa pun. ga selalu anak muda ada dalam keadaan fit untuk berdiri. ane pernah setelah kena musibah cidera kaki tetap harus berdiri karena penumpang yg dianggap lebih berhak.
Busway jg bgitu gan sama aj .banyak yang manja
Emang ego yg ngebuat ini semua, setiap orang hanya memikirkan egonya sendiri, dan ga mau liat lingkungan sekitar.
sedih ya kalo nyadar yg kaya beginian, serasa pingin pindahin semua orang ke negara lain aja
Wanita selalu benar gan
emang kalo perempuan lebih ganas naik krl
makanya nyokap gw sampe ngomong "lebih manusiawi gerbong biasa dek, daripada gerbong khusus wanita.."
wah gak tau sis klo di gerbong cewe.....karena ane cowo.....klo digerbong umum...hanya no 2 dan no 5 yg sering terjadi...ane pernah didorong2...sampe jam ane lepas dan jatuh k kolong kereta....

Sabar yak, semua pasti ada hikmahnya
Gerbong paling sadis sejagat raya itu gerbong khusus wanita
nah ini nih contohnya, banyak masyarakat yang bilang kalo para pejabat itu egosi korup dll. padahal mereka sendiri terkadang juga egois, dan ga memperdulikan orang laen.. ga semuanya sih, tapi buanyaak banget
Pokoknya pray for the best Indonesia aja dah
ane nggak perlu naik KRL
luar biasaaaa...

Quote:Original Posted By bhethoro.koIo
wah untung ane kerja ga naik kereta


loncat ya gan?

Quote:Original Posted By EdwinSyn
kursi prioritas sering disalah gunakan
parah emang


nah iya banget gan, parahnya pada ga sadar2

Quote:Original Posted By luftfrische
Beneran deh, ane gaberani komen klo mslh gerbong wanita. Pada ganas2 bgt isinya. Udh gitu mulutnya pada kaya ga sekolah. Asli, semua poin2 diatas klo yang rutinitasnya pake CL pagi, pasti ngerasain dongkol n gregetannya. Semua merasa punya kepentingan, semua ngerasa punya prioritas.

Dulu pernah ada kan kasus cewe yang komen di path soal ibu hamil ? Itu baru contoh kecilnya gimana sebagian pengguna CL ignorrant bgt n merasa gua lebih penting daripada lo.

Ane beneran taluk deh sama penghuni gerbong cewe, negor salah malah kena semprot, ga ditegor juga ga pada tau diri kadang2.

Scariest place on CL is : Women coach on the rush hour


iya bener banget gan, ane udah sering negor secara alus malah dikasih tatapan tajem bener dah pokoknya
ane rasa diasah pake batu tuh mata tiap hari

memang individualis sudah merajalela,, semakin individu, semakin bangga,,
iya kata temen ane pengguna jasa CL khususnya di gerbong wanita justru lebih mengerikan, bnyk penumpang yg jauh lebih egois..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar