Pages


Kamis, 25 Juni 2015

Agan suka Ngomong Kata2 Kasar / Jorok? Berarti Agan kena Sindrom ini.

Kepada Mod dan Min, mohon maaf kalau ada kata-kata kasar yang ane tuliskan di thread ini. kata-kata tersebut murni hanya alat peraga...

Sebelumnya, ane mau sharing kenapa ane kepikiran untuk membuat thread ini...

alasannya hanya 1. ane prihatin dengan anak-anak jaman sekarang omongannya ga bisa dikontrol. ga ada apa2, ngomong jorok, ngomong kotor. malu didengar oleh orang lain...

oke... langsung aja ya...

Spoiler for 'Not Safe for Work":


Spoiler for 'INTRO':
Hampir ga ada orang yang ga pernah ngedenger orang lain ngomong kata-kata kasar / jorok sebagai ungkapan kekaguman atau kekesalan, atau bahkan untuk mengata-ngatai orang lain.
Atau malah yang lebih parah lagi, kata-kata kasar/jorok itu diucapkan hanya sebagai PELENGKAP kalimat!
rasanya kalo ga ada kata-kata kasarnya, ngomong kurang greget gitu...

(Mungkin) semua orang pernah setidaknya 1x seumur hidup mengucapkan kata kasar / jorok sebagai ungkapan.

"Anjin* Cakep banget itu cewek...!" (yang cakep cewek nya apa anjin* nya gan?)

"B*ngs*t lu! Emak lu P***k dasar!" (emaknya ga salah apa2 kok dibawa2? kualat loh...)

"Hoaamh... Ng*nt*t... ngantuk banget gue" (what the...? )

"Eh Ko*t**, Apa lu liat2 ?!" (kasian amat gan diliatin kok sama Ko*t**? bau dong?)

"Ah ta* banget nih HP lemot" (jelas2 HP... kok dibilang ta*? )

Ya... mungkin bagi kita di jaman sekarang ini, itu adalah hal yang biasa. yang mudah sekali kita temui kapan saja dimana saja.
sebenarnya apa ya yang menyebabkan seseorang bisa ngomong seperti itu dengan gampangnya dan merasa ga bersalah ya?


Kenalin nih gan...
Spoiler for ' ':

George Gilles de la Tourette


Seorang Psikiater Perancis yang mencetuskan sindrom Tourette, yaitu kondisi neurologikal seseorang yang menyebabkan orang seringkali melakukan tic (gerakan/ucapan yang kurang disadari)

Ingin tau lebih banyak tentang orang ini?

Kapan gua ceritain tentang sindromnya kalo gitu? heheh


oke... Sindrom Tourette...
Spoiler for ' ':

Sindrom Tourette adalah penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan (tic) tanpa bisa mengontrolnya.

Penyakit ini diwariskan secara turun temurun dan seringkali dikaitkan dengan pengeluaran ucapan kata-kata kotor, kasar, atau menghina yang tak dapat ditahan (koprolalia), namun gejala ini hanya ada pada beberapa orang yang mengidap sindrom Tourette.

Sindrom Tourette bukan lagi merupakan kondisi yang langka, namun tidak selalu diidentifikasi secara tepat karena sebagian besar sindrom Tourette merupakan sindrom yang ringan dan tic yang dikeluarkan berkurang ketika anak beranjak dewasa.

Sindrom ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, namun sebab pastinya masih belum diketahui. Saat ini masih belum ada penanganan yang efektif, namun beberapa obat dan terapi dapat digunakan. Pendidikan merupakan bagian yang penting dalam penanganan.

Ingat kalimat terakhir ya gan... PENDIDIKAN...
jadi, bagi ente yang merasa BERPENDIDIKAN, tidak seharusnya ente membiasakan diri mengucapkan kata-kata yang tidak pantas.
oh... sorry... tersinggung yah? ya udah ane ganti kalimat ane...
Tidak seharusnya ente dengan senang hati membiarkan diri untuk mengidap Kelainan... sorry salah... maksud gue... KECACATAN MENTAL yang diberi nama Sindrom Tourette.


Ciri Khas dan Dampak Sindrom Tourette...
Spoiler for ' ':

  • Adanya tics (gerakan/ucapan yang kurang terkendali). Tics berlangsung secara terus menerus dan mendadak. Gejala awal nya mendadak dan bisa berlanjut hingga semakin parah.

  • Frekuensi tics harus terjadi berkali kali sehari, hampir setiap hari, selama lebih dari satu tahun, tanpa periode pengurangan selama tahun terjadi yang berlangsung lebih lama dari dua bulan.

  • Lokasi, jumlah, frekuensi, jenis, kompleksitas atau keparahan tics harus berubah dari waktu ke waktu.

  • Gangguan ini dapat menyebabkan stres yang ditandai oleh penurunan yang signifikan dalam hal belajar, pekerjaan dan sosial.

  • Selain gangguan tics, penderita juga kesulitan untuk memusatkan perhatian dan berkonsentrasi terhadap suatu hal. Penderita bisa kehilangan konsentrasi dan tidak bisa memusatkan perhatiannya terhadap suatu hal dalam jangka waktu yang lama.

  • Penyakit ini juga sangat berkaitan dengan faktor psikologis. Stres dan depresi juga berkaitan dan sangat berpengaruh terhadap penyakit ini.

  • Biasanya penderita Sindrom Tourette juga memiliki gejala neuropsikiatri lain yang terkait seperti OCD (Obsessive Compulsive Disorder) dan anxiety (gangguan kecemasan).


NB:
OCD adalah gangguan mental dimana seseorang tidak meyakini hal2 yang ia lakukan, sehingga harus melakukannya berulang2.
contoh: seseorang ingin menghitung uang yang ada di dalam dompet nya. setelah dihitung, orang itu ga yakin dengan jumlah nya. maka dia ngitung lagi. begituu terus ga berenti2.


Oke... Udah tau ya dampak dari Sindrom Tourette? berikut summary dan beberapa tambahan dari ane...
Spoiler for ' ':
dampak dari Sindrom Tourete:

  • Tourette dapat menyebabkan stres yang ditandai oleh penurunan yang signifikan dalam hal belajar, pekerjaan dan sosial : jadi... kalau ente merasa goblok di sekolah/kuliah, coba introspeksi diri. apakah ente mengidap Sindrom Tourette? jangan dibiarkan hingga ente semakin goblok gan. kecuali kalo ente memang bercita-cita jadi orang goblok.

  • Penderita bisa kehilangan konsentrasi dan tidak bisa memusatkan perhatiannya. dalam jangka waktu yang lama : amit-amit ya gan... jangan sampai Ente menjadi Debil, Imbisil, atau bahkan Idioteka secara DISENGAJA oleh diri ente sendiri.

  • Bisa dicap sebagai anak bandel, anak ga bener, anak rusak, anak ancur, anak kurang ajar. Bayangkan ente keceplosan ngomong jorok di depan orang tua pacar ente... atau keceplosan ngomong jorok pada acara formal seperti upacara keagamaan, acara seminar yang dihadiri oleh orang-orang penting, dll... kalo ente ga merasa malu, ente kudu cek urat malu ente masih nyambung apa kaga.

  • Bisa terbawa ke pergaulan yang negatif. ingat gan... jika ente orang baik-baik, orang jahat akan enggan mendekati ente. orang jahat dan orang ga bener akan selalu cari teman yang notabene adalah orang (yang keliatannya) ga bener juga.

  • Ga ada keren-kerennya ente ngomong kasar/jorok. ingat gan. baca diatas. Sindrom Tourette dapat dipengaruhi faktor genetik. jangan sampe ketika ente punya anak, anak ente mengidap Sindrom Tourette juga. betapa malu nya ente sebagai orang tua punya anak memiliki KECACATAN MENTAL (seperti bapaknya/ibunya waktu muda dulu).



Oke... segitu dulu aja dari ane.
semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.
Jika ada yang mengkritisi, menambahkan, atau mengoreksi hal-hal yang kurang tepat ane ungkapkan, Monggo...

Sumber:
s1
s2
s3
reserved for updates (jika ada)
kalau latah termasuk ngak gan?
kalo syndrome kagak bisa disembuhkan dong gan?



makasih
Ane sering gan tp yg versi bahasa nigga / inggris
seperti dah kebanyakan orng gitu gan
termasuk sih ane
Tic/Sindrom Tourette bukannya kalau memang udah nggak bisa dikontrol yah? kalau anak-anak sekarang sih palingan cuman kebiasaan atau latah aja
Ane baru baca bukunya selasa kemaren, biopsychology kan?

Waktu ane baca bukunya, ada kasus dimana anaknya emang udah nggak bisa ngontrol lagi tingkah sama kata-katanya
Sampe dia kadang megang-megang kemaluannya sama ngucapin kata kata kotor di depan umum di luar kemauannya

Jangan sampe deh
Wah berarti banyak dong temen ane kena sindrom tourete
Quote:Original Posted By uao
kalo syndrome kagak bisa disembuhkan dong gan?



makasih


ane belum menelusuri lebih lanjut. tapi menurut common sense ane,
sindrom tourette itu hanya masalah kebiasaan jelek yang dibiarkan.

jadi ya mungkin menurut ane itu bisa disembukan selama orangnya mau mengubah kebiasaan.


Quote:Original Posted By BearSlayer
Ane sering gan tp yg versi bahasa nigga / inggris


Quote:Original Posted By geuge
seperti dah kebanyakan orng gitu gan
termasuk sih ane


Selamat mencoba untuk mengurangi ya gan.

Quote:Original Posted By siie.tatafarra
Tic bukannya kalau memang udah nggak bisa dikontrol yah?
Ane baru baca bukunya selasa kemaren, biopsychology kan?

Waktu ane baca bukunya, ada kasus dimana anaknya emang udah nggak bisa ngontrol lagi tingkah sama kata-katanya
Sampean dia kadang megang-megang kemaluannya sama ngucapin kata kata kotor di depan umum


Tic itu ada beberapa macam. coba dibaca lagi buku nya. kalau ngga ada pembahasan mengenai macam2 tic, bisa googling.

bahkan... bersin, kedip mata karena kering, kedip mata karena ada yang mau nabok, itu juga bisa disebut sebagai Tic.
Ane gak pernah gan, kalau ngomong kasar ane sengaja dan sadar
Ane mah orang baik-baik gan
Ababil2 tuh yg seneng tic,
misuh2 kok dibudidayakan..
Sindromismeholic.
gue gak suka pakek kata kasar atau kebun binatang choy
wah anak muda kyknya byk yg kena sindrom ini
Quote:Original Posted By auresch

Tic itu ada beberapa macam. coba dibaca lagi buku nya. kalau ngga ada pembahasan mengenai macam2 tic, bisa googling.

bahkan... bersin, kedip mata karena kering, kedip mata karena ada yang mau nabok, itu juga bisa disebut sebagai Tic.


Itu emang bisa disebut tic gan, tapi itu kan selain berulang juga memang sudah refleks/nggak bisa dikontrol lagi

Anak-anak sekarang sih cuman kebiasaan aja, niru niru yang dia denger

Sip deh gan, ntar ane googling lagi
anak jaman sekarang banyak yg kena nih
Quote:Original Posted By siie.tatafarra


Itu emang bisa disebut tic gan, tapi itu kan selain berulang juga memang sudah refleks/nggak bisa dikontrol lagi

Anak-anak sekarang sih cuman kebiasaan aja, niru niru yang dia denger

Sip deh gan, ntar ane googling lagi


betul gan...
justru sindrom tourette ini berawal dari tic tic kecil dan (mungkin) jarang terjadi, tapi lama kelamaan frekuensinya makin sering, sehingga si penderita jadi udah ngga nyadar lagi...

ngutip kata-kata dari Storm Shadow...
Ikan yang seumur hidupnya hidup di dalam air, ya ikan itu ga akan sadar kalo dia ada di dalam air.
Oh gitu
Baru tau ane itu sindrom
waktu kecil ane sering gitu gan terbawa lingkungan soalnya.
kalau sekarang udah bisa ngontrol ucapan gan.
oke kalau kejadiannya kayak gini gimana gan?

kalau uda sama kawan ane ngomong kotor uda spontan dan sebagai kalimat pelengkap
kalau sama orang lain mau selama apapun bicara tidak pernah ada kata pelengkap nya

nah kalau itu apa namanya? syndrome pilih" tempat atau bagaimana?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar