Pages


Senin, 29 Juni 2015

Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

UPDATE - Akan TS update terus hingga thread ini bisa menjadi panduan buat agan/aganwati yang mau ke Sabang, intinya TS akan mengupas semua tentang Sabang, untuk kaskuser yang mau berkontribusi silahkan komeng.

Alhamdulillah HT #1, 28 Juni2015

Spoiler for HT:


Sebelumnya TS mau ngucapin terima kasih buat semua pihak yang telah berkontribusi hingga thread sederhana ini jadi HT, terus terrang TS masih gak pecayaan masakan thread nubie yang masih harus banyak belajar bisa nangkring petchahh di Home Kaskus,TS terharu, , terima kasih sekali lagi.

HT kali ini menjadi penyemangat bagi TS untuk terus menulis, berbagi cerita dan pengalaman untuk memuaskan diri dan menjadi pencerah buat agan/aganwati semua, sampai hari ini TS baru menjelajah separuh Aceh/11 Kabupaten/Kota, meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie (kampung halaman), Pijay, Bireun, Bener Meriah, Aceh Tengah, Lhokseumawe (tempat TS kuliah-UNIMAL), Aceh Utara, dan Aceh Timur, Insya Allah lebaran nanti mau menjelajah pantai barat Aceh tembus ke Medan, semoga kesampaian. Kunjungi juga: Cerita Dari Aceh Tengah

Mari saling berhubungan, berbagi cerita dan pengalaman, temui TS di Muhak on Facebook dan jejakmuhak on Twitter


Spoiler for Baca Ini Dulu Gan:
Berikut penjelasan isi thread yang menjadi tanda tanya kaskuser di komentar:
Kereta adalah sebutan orang sini (Aceh, Sumatera pada umumnya) untuk sepeda motor.
Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Sabang terletak diujung barat Indonesia, ya walapun ujung, orang sini tidak tertinggal.
TS cuma penikmat, tidak semuanya TS tau tentang sabang, jadi dimaklumi aja.


Masih dari ujung barat Indonesia, selamat pagi/siang/malam buat agan/aganwati semua, jumpa lagi bersama ane dalam theard baru yang pastinya lebih segar menggelegar, kali ini ane akan membahas kenapa setiap kita perlu ke tempat seperti Sabang, ya… walau hanya sekali seumur hidup, terlalu lebay memang, makanya baca sampai habis biar tau arah dan tujuan theard anak 'PANTENGONG' ini.


Pertama maaf dulu kalau salah kamar.
SHIFT+X biar spoilernya kebuka.

Spoiler for Balohan, Sabang:

Spoiler for Peta Wisata Sabang:


"Karena pejalan sesunggungguhnya bukanlah yang sekedar jalan kemudian pulang, tapi membawa kenikmatan dan pelajaran hingga dimasa tua tak ada sediktpun penyesalan."

PENDAHULUAN
Beberapa malam yang lalu ane tarawih-an di Mesjid Agung Babussalam Kota Sabang, seperti biasa setelah shalat isya berjamaah atau sebelum shalat tarawih dimulai selalu diisi dengan ceramah agama, kebetulan yang jadi pembicara malam itu adalah Kapolres Sabang, Bu Nurmeiningsih, tidak ada yang spesial sih, kebanyang donk gimana seorang wanita harus berbicara dalam mesjid yang mayoritas jamaahnya adalah pria, tidak bisa leluasa, ane mengingat beberapa hal yang disampaikan, salah satunya adalah dalam kapasitasnya sebagai Kapolres beliau menyampaikan bahwa orang Sabang sombong-sombong, parkir kereta kuncinya dibiarin begitu saja, sudah saatnya kesombongan itu ditinggalkan karena dapat mengundang tindakan kriminal.

PEMBAHASAN
Berangkat dari itu TS tertarik menulusuri lebih jauh sebenarnya apa sih yang membuat orang Sabang sampai sedemikian ‘sombong’, sampai banyak mobil mewah menjadi bangkai di kebun kosong, serta selama masih disini TS juga menelusuri hal-hal luar biasa yang ‘hanya ada’ di Sabang hingga bisa dikatakan bahwa setiap orang, siapupun diluar sana, Sesekali harus Ke Sabang. Berikut beberapa alasannya:

Teruntuk kamu yang setiap waktu harus was-was dan diserang dengan berita kriminal, mulai dari kasus pecurian, perampokan, sampai pemerkosaan terhadap anak dibawah umur yang berujung pembunuhan, Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, Disini kamu akan bebas menenteng tas mewah tanpa takut dirampas, menggunakan gadget keluaran terbaru di keramaian, kelupaan mencabut kunci kereta saat memarkirnya, serta hal-hal lain yang menjadi bumerang untuk agan sendiri kalau dilakukan diluar Sabang. Betulkah demikian? Apakah di Sabang tidak ada pencuri, perampok, atau sebagainya? orang yang berniat jahat tentu ada, namun niat untuk melakukan hal telarang itu diurungkan karena terlalu beresiko, ya karena ini Sabang, akan terlalu mudah menemukan pelaku kejahatan.

Spoiler for Penuh Sesak:

Spoiler for Damai Sendu:


Teruntuk kamu yang sudah terlalu lelah menghabiskan waktu di tengah kemacetan jalan, tidak tenang karena suara klakson kendaraan yang bising, serta emosi dengan ulah kebanyakan anak muda pakai sepeda motor ugal-ugalan di jalan, Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, disini kamu tidak perlu menyia-nyiakan waktu dan bahan bakar kendaraan dijalanan karena Sabang bebas macet, serta kamu juga tidak akan mendengar dengungan klakson massal yang akan memekikkan telinga, apalagi menemukan aksi balap liar, kalau ada pun itu hanya sekian persen dbandingkan daerah yang kamu tempati sekarang. Soal persimpangan dan traffic light kita bandingkan dengan Kota Banda Aceh yang sebentar-sebentar harus berhenti karena lampu merah, disini disetiap persimpangan tak aada satupun yang terdapat traffc light, what?... ya memang tidak ada, yang ada hanyalah orang-orangnya yang tertib.

Spoiler for Simpang Garuda:

Spoiler for KELOK 9-NYA SABANG:


Teruntuk kamu yang lelah dengan kasus tawuran antar warga, membedakan hak berdasarkan suku, ras, dan agama, Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, disini yang akan kamu temukan hanyalah ketentraman hidup warganya dengan keberagaman yang kompleks, terserah mau suku apa, terserah agamanya apa, terserah orang asli Aceh, gayo, Jawa, bahkan turis luar negeri sekalipun disini sama-sama menghargai. Pernah sekali waktu TS menemukan turis yang makan dikeramaian padahal orang disekitar sedang berpuasa, kemudian datang menyapa seorang pribumi memberi tau bahwa orang sini lagi berpuasa, itu turis langsung menyimpan makanannya dan minta maaf bahwa dia tidak tau, lalu masih banggakah kita dengan kerasisan selama ini, yang beranggapan bahwa seolah-olah hanya akulah segalanya, sementara disini perbedaan malah menghadirkan hal spesial, ya penuh ketentraman.

Spoiler for Tentram:

Spoiler for Tentram:


Teruntuk kamu yang gerah dengan cuaca yang panas sementara sangat susah menemukan taman untuh berteduh dan mendinginkan kembali hati yang sudah terlanjur panas, caelah… taman yang ada malah dirusak oleh tangan-tangan jahil, Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, meski kini cuaca disini lagi panas-panasnya, kamu tak akan susah menemukan tempat teduh, mulai dari jalanan yang dipinggirnya terdapat pohon besar, Taman digital yang hijau bisa sambil wifi-an, atau bisa ke Sabang Fair dengan Susana pinggir pantainya, mungkin karena banyak tempat teduh seperti inilah makanya orang Sabang hidupnya santai, gak suka ribu-ribut.

Spoiler for Teduh:


Teruntuk kamu yang malas melancong karena pantai yang dipenuhi sampah, malas kehutan karena sudah banyak penebangan liar, serta malas karena coretan ngasal anak alay disetiap sudut dinding tertentu di kotamu, Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, dimana yang akan kamu temukan adalah pantai pasir putih dan hitam pekat yang bersih dari sampah berpadu dengan air laut yang biru, kamu juga bisa menikmati rindangnya alam sabang yang masih hijau masih minim polusi, serta coretan dinding yang akan kamu temukan adalah goresan tangan berkualitas, diantaranya terdapat di dinding Stadion Saang Merauke, hasil dari perlombaan Sabang Fair Festival kemarin. Tugas orang sini hanya perlu menjaga serta mengembangkan fasilitas wisata yang ada, Tugu 0 kilometer, Iboih Beach, Gapang Beach, Sumur Tiga Beach. Anoe Hitam Beach, Bunker Jepang, dan tempat luar biasa lainnya.

Spoiler for Zero KM - Maaf Fotonya ngasal:


Spoiler for Master Plan O Kilometer:
[YOUTUBE]https://www.youtube.com/results?search_query=0+kilometer+aceh[/YOUTUBE]


PENUTUP
Ya… Sesekali Kamu Perlu Ke Sabang, dimana akan kamu temukan hal-hal yang selama ini kamu impikan, Kota tanpa macet, Kota tanpa kasus kriminal, Kota yang masih hijau, Kota penuh keberagaman, Kota yang dihuni oleh orang-orang penuh ketertiban, Sekali lagi inilah Sabang.

Setiap kita punya tanggung jawab menjaga kelestarian keindahan, tidak Cuma masa lalu atau hanya sebatas bisa dinikmati di masa sekarang, semoga ini bisa berlangsung selamanya, ketentraman menjadi warisan yang sangat-sangat berharga untuk anak cucu kelak. Sabang yang aman, Sabang yang SAntai BANGet. Akhirnya semoga Sabang menjadi panutan untuk Indonesia lebih baik.
Maaf bila ada salah kata, please tinggalkan jejak, Wasssalam...


Spoiler for Dari Kaskuser:
Quote:Original Posted By prayogiikram
Memang bener gan
Ane anak sabang, memang banyak orang2 sana yg suka ninggalin motornya lengkap beserta kuncinya.
Karna, disana kriminal masi sangat rendah, mereka menjunjung tinggi silaturahmi dan kesopanan
Dan disana banyak mobil2 mewah atau disebut mobil freeport (kalo ga salah yah)
Disana mobil mewah cuman 20an juta keatas
Tapi ya gitu deh, bodong
Cuman bisa buat muter2 pulau weh doang
Hehe


Quote:Original Posted By nokia16
Wah... Sabang, sebuah tempat dimana kenangan tidak akan terlupa gan.... kami ber6 pergi ke sabang berkat rekomendasi temen ane yang emang orang aceh. pesawatnya sih lumayan, kalo beli dijakarta.. temen gue yang orang aceh bilang malah lebih murah kalo beli dari aceh.. hahaha...
disumur tiga, lautnya udah kayak kolam renang gan, kalo pagi... kerenn bgt.. asli gue dan temen" gue snokerling 3 kali sehari.. pulang" item... malemnya nongkrong di pantai kasih sambil ngembat duren seharga 10rb satu biji... naiss gilaa.. pulang ke hotel kepala puyeng semua...
buat agan" yang belum pernah ke Sabang... coba deh luangkan waktu, seminggu.... loe pasti takjub....
indonesia is a big beautifull country guys... dont waste it...


Quote:Original Posted By harimau.betina
Alhamdulillah, ane udah sempetin mampir ke ujung barat ini. Karena ane ngajar di Aceh Singkil selama setahun, ane pikir rugi klo gak sekalian ke Sabang. Sampai ane bikin motto "pantang pulang sebelum sabang"
.


Quote:Original Posted By PriNx
mantap adun, jadi pengen ke Sabang lagi.


Quote:Original Posted By q2r
SABANG = SANTAI BANGET .
Banyak tempat di indonesia yang sebenarnya jauh lebih nyaman ditinggali daripada di Jawa yang sudah over population


Quote:Original Posted By olala24
wow kayaknya nyaman banget ya kotanya,
udah nyaman, damai, aman lg
jd pgn kesana gan


Quote:Original Posted By deArdys
assalamualaikum gan..pua haba...hehehe...ane jg bulan januari kemarin bis dari sabang gan...
emang apa yang agan katakan semua itu benar gan..
mulai dari suasana kotanya yang aman dan tentram..dan sesekali ada mobil mewah lewat...you know what i mean lah gan..wkwkw...selain itu objek wisata nya bagus2..kaya pantai sumur tiga...anoi itam....dan yang legendaris gan..tugu nol kilometer..baru tau ujung Indonesia seindah itu gan..sayang kemaren tugu nol kilometer nya lagi renovasi gan..
oh ya satu lagi..jangan lupa..Pulau rubiah gan!!!!
nih sebagai bukti ane kemaren ke sabang gan huehue..ane snorkling di pulau rubiah.

ada motor gan
tugu nol kilometer gan

oke dah demikian gan..percuma kalo ke luar negeri kalo liat pemandangan sabang pulau weh...hohoho..Page one gan kalo mau....teet siibak dile..(maaf berantakan..bikinnya pake hape
..trus maaf berantakan bahasa aceh nya..masih belajar gan...weheheh)


Quote:Original Posted By ikantodak
Ane pernah ksna medio 2007an
Tpi g sempat ke tugu nol km bru2 mau kejar kapal cepat takut g nyampe banda
Sempat ke benteng jepang kek di fto om Ts

Dlu mobil2 banyak berserakan dsna keknya mobil dari spore..cma katanya ga bisa dibawa keluar sabang cmiww....

Kangen ksna lagi


Quote:Original Posted By RaKeteRaHore
Wisata Indonesia juga ga kalah indah dari luar negeri, mungkin lebih tepat mengunjungi wisata belahan Indonesia sebelum mengunjungi wisata luar negeri


Quote:Original Posted By Fathur Akbar
Udah banyak perkembangan Di Sabang semenjak ane ninggalin Aceh 1 tahun lalu, dimulai renovasi besar2an di sejumlah titik wisata (km0, Iboih, Gapang, dll) sampe adanya direct flight dr Kualanamu..


Quote:Original Posted By abielzz
masukin pekiwan gan.. penting buat traveler :
alhamdulillah 22 desember 2014 ane ngebolang sendirian dari jateng sampe ke sono. alamnya indah, orangnya ramah2, jalanan mulus lengang & aman.. tapi ada satu yang musti diwaspadai traveler. Cuaca! Ya, jika kita berencana nyabang usahakan jangan di musim penghujan. Pengalaman pribadi nih ane waktu di sana, hujan 2 hari non stop. Hujan sih gak masalah, tapi longsoran tebingnya itu gannsss ngeriiii ditambah alam yang masih natural membuat genangan/guyuran air dari gunung yang seringkali memotong jalan. kadang arusnya lumayan deras.... ane sempat 3 kali kejebak aliran air yang cukup deras dan terakhir kejebak longsor waktu mau balik ke banda aceh. padahal musti buru2. dari iBoih ane pagi2 berangkat gataunya ketemu longsor lumayan gede. intinya ane gabakal bisa lewat kecuali musti ngangkat motor. mau cari alternatif sih ada tapi kata orang situ belum tentu aman dari longsor. akhirnya setelah balik ke penginapan lagi, siangnya ane dikonfirmasi kenalan ane kalo tim SAR belum bisa nyampe ke longsoran atas karena di bawah pun ada banyak longsoran! haduuhh.. akhirnya ane nekat gan, nerobos longsoran, motor sewaan ane diangkat penduduk sekitar yang subhanllah pada baik2 banget s:. mereka gotong royong bantu ngangkatin motor.. teritung ane ngelewati 4 longsor skala lumayan lah gan. lumayan bisa matiin orang .. batu2 segede gaban pada banyak yang jatoh... alhamdulillah lewat bantuan penduduk sekitar akhirnya ane selamat sampai pulang. Meski ada kejadian ky gini tetep aja bagi ane sabang ngangenin.. ane kalo ada rejeki lebih lagi pengen ngajakin bini ke sono. seriusss.. Mantepp banget lah..

foto pas longsor :
Spoiler for foto:

Spoiler for foto:

Seeh agan yang perjuangannya luar biasa.

Quote:Original Posted By anakXdurhaka
Penting nih buat yg mau kesabang,kalo bisa cari info dulu sebelum kesana,takutnya kaya ane tahun 2014 kemarin, waktu ke sabang pas bgt ada kenduri laut di wilayah iboih sampai gapang,yg mana itu pantai yg paling indah menurut ane disabang,jadi selama kenduri yg berlangsung 3 hari itu ane cuma bisa ngiler liat iboih sama gapang,gk bisa nyebur (


Quote:Original Posted By rezkihadian
Sabang keren..
kalo ga salah berapa hari yang lalu di acara Ini Talkshow Net Tv, ada artis Abimana Aryasatya, dia pernah ngajak istrinya buat pindah, stay di Sabang, trus ditanya alasan pengen pindah ke Sabang, kata dia :
- Sabang indah, nyaman
- Makanan banyak yg gratis, tinggal ngambil di alam
- Aman, kunci motor aja ga di cabut
- trus orang nya baik2,dll
tp sayang istri nya ga mau pindah..

jadi pengen tinggal disana, mudah2an suatu hari bisa kesana, aamiin.


Spoiler for Biaya Ke Sabang:
Karena banyak yang nanya biaya dan jalur ke Sabang, agan/aganwati tenang karena sekarang sudah ada pesawat yang terbang langsung dari Medan ke Sabang dan sebaliknya. Atau bisa mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, kemudian naik kapal laut ke Pulau Weh, naik Bus dari Medan ke Banda Aceh juga ok Busnya keren-keren lho.
Quote:Original Posted By iwan13


Jakarta-kualanamu (medan) 800rban via lion air .
Kualanamu-banda aceh 200rb gan
Nyebrang dari banda aceh k sabang pake kapal feri 30rban perorang .
Nah PPnya tinggal kali 2 aja gan


Biaya selama di Sabang bisa disesuaikan kebutuhan, cek di blog agan ini punya tahun 2014 Trip Jakarta-Banda Aceh-Sabang


Sumber Gambar: Pribadi & Google


BONUS
Spoiler for Mobil Mweah Berserakan di Kebun:

Spoiler for Graffiti di Stadion sabang Merauke:
Daripada jalan-jalan jauh ke luar negeri...
mending kita jejakan kaki dulu di daerah-daerah indonesia...
dimulai dari sabang sampai merauke...
yobay
Nitip lapak dulu gan sambil nyimak. Bagus nih

Pantai nya indaj banget gan
Ane minat kesana gan keren banget. Miga2 ane bisa cepet kesana gan
serius aman gan?
butuh duwit banyak buat pergi kesana
nunggu jualan ane laku banyak dulu bray
Waw lmyn deh pemandangannya msh asri. Tuh yang jalanan bnyk pohon besarnya persis bgt kaya di Salatiga hehehe disepanjang kampus ane. Hehehe bolehlah kapan ada libur panjang ..... ... thanks inpohnya gan.
Yoo gan, mending main di ranah sendiri dulu. lagi menyusun mimpi buat ke Merauke sana.
yah semoga suatu saat ada rejeki terus bisa main2 ke sono

makasih
Quote:Original Posted By pemulung.miskin
Daripada jalan-jalan jauh ke luar negeri...
mending kita jejakan kaki dulu di daerah-daerah indonesia...
dimulai dari sabang sampai merauke...
yobay


Quote:Original Posted By nwl
Nitip lapak dulu gan sambil nyimak. Bagus nih

Pantai nya indaj banget gan
Ane minat kesana gan keren banget. Miga2 ane bisa cepet kesana gan


Yoo gan, mending di ranah sendiri dulu. lagi menyusun mimpi buat ke Merauke sana. Semoga setiap keinginan dikabulkan Tuhan. Keinginan melihat Indonesia jauh ke dalam.
Pengen cuman kapan yah bisa kesana
Quote:Original Posted By anggaaav
serius aman gan?

Ya aman binggo gan.

Doain aja, semoga suatu saat bisa berkunjung
Quote:Original Posted By ariflawas
butuh duwit banyak buat pergi kesana
nunggu jualan ane laku banyak dulu bray


Quote:Original Posted By ed1996
Waw lmyn deh pemandangannya msh asri. Tuh yang jalanan bnyk pohon besarnya persis bgt kaya di Salatiga hehehe disepanjang kampus ane. Hehehe bolehlah kapan ada libur panjang ..... ... thanks inpohnya gan.


Quote:Original Posted By uao
yah semoga suatu saat ada rejeki terus bisa main2 ke sono

makasih


Quote:Original Posted By basyirlingga
Pengen cuman kapan yah bisa kesana


Sukses terus buat usaha agan semua, yang penting tekad aja dulu, kalo udah waktunya ya jalan, ane tunggu disni.

Quote:Original Posted By 822015
Doain aja, semoga suatu saat bisa berkunjung


Quote:Original Posted By jejakmuhak








Sukses terus buat usaha agan semua, yang penting tekad aja dulu, kalo udah waktunya ya jalan, ane tunggu disni.



ok gan semoga sukses semua
bagus banget ternyata ya gan
mudah mudahan ane kapan kapan bisa kesana
Quote:Original Posted By ariflawas




ok gan semoga sukses semua


Amin
pengen kesana tapi nggak ada duit ples gak ada family atau temen disana
Quote:Original Posted By sakawuni
pengen kesana tapi nggak ada duit ples gak ada family atau temen disana

Biaya disini gak mahal2 amat koq gan, yok kesini biar kami temenin.
Quote:Original Posted By jejakmuhak

Biaya disini gak mahal2 amat koq gan, yok kesini biar kami temenin.


wah trimakasih gan
insyaaloh kalo ada kesempatan dan diberikan kesempatan pasti kesana
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar