Pages


Sabtu, 27 Juni 2015

Hal Hal yang harus kamu tau tentang Offroad 4x4



widih HT lagi....thanks to admin dan reader ya....
Spoiler for HT:

sorry ya g bisa baca semua komen kaskuser semua, soalnya akhir2 ini error trus kaskus...semoga maintenancenya bisa memperbaiki bug bug dan error2 yg ada ya...semangat tim kaskus

Thanks udah mampir ke thread saya..disini saya akan menjelaskan berbagai hal tentang offroad 4x4...pertama2, udh pada tau blom offroad 4x4??..klo belom ane jelasin..offroad 4x4 adalah jenis offroad dimana kendaraan berpenggerak 4x4 melintasi jalan yang tidak rata,tanah, lumpur dll....offroad 4x4 udh berkembang di indonesia dari dulu(semenjak jeep willys masuk yaitu taun 1945) tpi semakin berkembang setelah taun 1970 dan seterusnya bahkan sampai sekarang....

kok TSnya tau tentang offroad 4x4??..saya adalah salah satu peminatnya..klo bisa dibilang sih offroader...

apakah offroad berbahaya gan?....sebenernya sih iya..berbahaya banget lah..tpi asalkan kita tetep nurut pada tata tertib dan peraturannya dijamin kita aman dan safe..

berapa biaya untuk membuat kendaraan offroad 4x4??...klo biaya sih tergantung gan...ada yg standard tpi udh cukup buat diajak offroad(toyota fj40, land rover,suzuki jimny)..tpi klo buat yg offroad lebih ekstreme lagi otomatis harus upgrade berbagai part bahkan membuang body standard mobil...biaya??..malu ngomongin biaya karena emang udh hobby gan...tpi bisa dibilang udh nyentuh angka ratusan

apakah ada syarat2 menjadi offroader??..syarat2 sih ada gan..tpi yg utama sih cakap dan gesit serta mampu survive dalam berbagai macam keadaan..

apakah offroad hanya seorang diri(dalam 1 mobil)??..tergantung mobil dan kebutuhan gan....klo mobil standard sih bisa sampe 4 bahkan lebih..tpi untuk jip kompetisi hanya berisi 2 orang yaitu driver dan navigator

apa itu navigator??...navigator adalah pendamping driver..bisa membaca peta/tulip, menarik winch, mengecek kondisi mobil dll...

selanjutnya langsung ane kasih peralatan yg digunakan dalam mobil offroad 4x4(kompetisi mode), klo standard g usah dibahas ya gan....

Quote:


Spoiler for base car/mobil dasar:


sebenernya mobil base itu banyak gan....ane sebutin yg sering dipakai dan dimodif aja ya : toyota fj40(hardtop maupun softtop), suzuki jimny series, jeep cherokee, jeep cj series)..base car adalah dasar kerangka untuk dimodif...

Spoiler for rollbar:


rollbar/rollcage adalah bagian wajib sebuah kendaraan 4x4 kompetisi(ane sebut aja jeep karena agan2 pasti lebih familiar)...guna dari rollbar adalah melindungi isi kabin dan pengemudinya dari benturan/kecelkaan...di dunia kompetisi, roll cage adalah wajib hukumnya(offroad, drift dan drag)...di dunia offroad, rollbar sangat penting dan vital perannya karena jip harus melewati medan ekstrem dan seringkali harus terguling ..rollbar terbuat dari bahan besi berkualitas dan memiliki tebal tertentu yg diatur oleh regulasi IOF(ane lupa tebelnya brp gan)...rollbar juga memiliki peraturan khusus dalam pemasangannya yaitu harus tembus ke rangka/chasis.sedangkan untuk di kabin, harus ada pilar A yg dipasang didepan pengemudi dan navigator.

rollbar biasanya dibangun didalem body asli mobil atau sering kali body mobil asli dibuang dan dibuat custom body dengan plat besi....hal ini agar bobot mobil lebih ringan dan stabil...

rollbar dan body yg udh difull custom jadinya gini..
Spoiler for final:


punya TS sesuai request aja ya ...

Spoiler for safety belt:


hayo agan2 klo naik mobil g mau pake safety belt..yg agan pikirin pasti ribet....didunia ofroad, seatbelt wajib hukumnya.percuma ada rollbar klo gk pake seatbelt karena pengemudi akan terlempar dan ada kemungkinan tergencet bodi mobil/terbentur...didunia offroad ada 2 jenis seatbelt yaitu 4 titik dan 5 titik..gambar pertama adalah 5 titik...bayangin gk ribetnya gan??hehehe..ribet gpp asalkan safety karena kita racing itu mempertaruhkan nyawa juga....biasain ya gan pake seatbelt....

Spoiler for helm:

Spoiler for helm:


helm juga wajib hukumnya dalam offroad...dioffroad g dibatesin merek dan jenis helmnya..yg penting udh standard dan berkualitas bagus.....tpi ada yg unik, didunia speed offroad(nanti ane jelasin macam2 offroad), seringkali pembalap senior memakai helm yg memiliki konektor langsung ke tabung oxygen...gunanya yaitu mensuplai udara bersih karena didunia speed offroad, terkadang debu menganggu pernapasan pembalap sehingga sulit fokus, selain itu oksigen murni juga membantu pengemudi agar lebih rileks dan tidak tegang....

Spoiler for mesin:


mesin adalah jiwa dari mobil..g ada mesin mobil g gerak gan ...didunia offroad, bnyk mesin2 yg udh dicustom sehingga tenaga yg keluar lebih besar dari kondisi aslinya...bahkan ada yg ditambah turbo agar tenaga di RPM bawah lebih besar....klo agan tanya seberapa besar tenaga mesin mobil offroad kompetisi??...ane jawab EDAN...bagi yg g biasa bakalan kelabakan bawa ini mobil...malah bikin bahaya orang lain disekitar gan klo g bisa ngendaliin...dan pemilihan mesin ini juga mempengaruhi kelas yg diikuti dalam offroad kompetisi..

Spoiler for Suspensi:

Spoiler for suspensi:


shock/suspensi adalah wajib juga...berguna untuk mengurani getaran dikabin, menstabilkan kendaraan dan menambah performa...banyak jenis shock didunia offroad dan merknya pun beragam...untuk jenis ada shock tube standar, shock double tube, coilover, bypass, dll...untuk merk ada fox, king, old man emu, pro rock , profender dll...untuk harga dari yg paling murah disekitaran 2 juta per buah(dikali 4 atau lebih karena terkadang sebuah mobil offroad bisa pake lebih dari 6 shock) sampe yang paling mahal dikisaran 20juta per buah...walaupun harganya emang mahal2, tpi seperti istilah "harga g bakal bohong" emang bener...klo agan liat, jip jip yg sedang kompetisi, dalam menuruni/menaiki bukit terjal sangat stabil kan??...saat jumping mendaratnya pun mulus...

Spoiler for ban:

Spoiler for ban:


ban juga kebutuhan wajib...ban dalam offroad memiliki kontur yg tebal dan alur yg rumit, kenapa?...alurnya berguna untuk melepaskan lumpur yg menempel pada ban agar traksi ban tidak menghilang...ukuran2 ban offroad rata2 diatas 30 inci...harganya??..harga paling murah ada di angka 2,5jt an perbuah dikali 4/5 sebagai cadangan...paling mahal ada di angka 5 jutaan lebih..yg membuat mahal adalah karet yg digunakan lebih tebal, alur yg lebih efektif serta keunggulan lain dari masing2 merk.

Spoiler for velg:


velg dalam offroad beragam macemnya gan..rata2 terbuat dari besi/alumunium berkualitas tinggi..di dunia offroad bnyk yg pake velg beadlock(bukan merk)..apa itu beadlock??..beadlock adalah fitur dalam sebuah velg yg berfungsi agar ban tidak terlepas dari velg dalam tekanan angin yg rendah bahkan bila ban sudah bocor, masih bisa digunakan semntara sampai diganti ban cadangan..

Spoiler for sepatu:

Spoiler for sepatu:


sepatu dalam offroad g ada standard khusus sih..tp yg pasti harus bisa melindungi kaki agan secara baik..apalagi klo offroad di hutan karena bisa2 aja kaki agan digigit ular gara2 g pake sepatu yg memadai...

Spoiler for jok/seat:


joknya harus sesuai dengan peraturan yaitu jok racing...klo di speed offroad harus bertipe bucket seat yang melekat erat ditubuh penggunanya agar safety...

Spoiler for wearpack/racing suit:


ini g wajib gan(wajib dispeed offroad aja) klo ini udh g begitu asing karena dunia balap pasti sering pake ini(moto gp/f1/drag/offroad/)...wearpack adalah racing suit yg dibuat khusus agar pembalap aman dan nyaman...biasanya terbuat dari serat2 khusus dan bantalan2 udara...wearpack seringnya dibuat agar tahan api, cairan keras dan mengurangi benturan....biasanya harga wearpack paling murah dikisaran 2 jutaan perbuah/dikali 2 dengan navigator...paling mahal dikisaran 5jt lebih

Spoiler for sarung tangan driver:

Spoiler for sarung tangan recovery:


sarung tangan juga wajib agar tangan gk cedera....didunia offroad ada 2 jenis sarung tangan..yg pertama driver glove atau sarung tangan buat pengemudi..yg ini sih biasa gan..yg ke2 adalah sarung tangan recovery..yg ini dibuat khusus buat navigator agar aman saat menarik winch yg terbuat dari baja/besi...sarung tangan ini dibuat sangat tebal agar tangan navigator aman(banyak kasus tangan robek saat menarik winch gara2 g pake sarung tangan)..

Spoiler for winch:

Spoiler for winch(plasma rope):

Spoiler for winch PTO:


winch tidak wajib bagi offroad(wajib di adventure offroad)....dipakai untuk menrecovery mobil yg stuck/tidak bisa keluar dari handicap...ada 3 jenis winch yaitu standard winch yg memiliki tali baja, winch custom plasma rope yaitu winch yg talinya diubah dari baja ke plasma agar lebih aman dan ringan serta winch PTO yaitu winch yg berhubung langsung ke mesin....

Spoiler for strap:

Spoiler for strap:


strap adalah alat recovery juga gan...terbuat dari serat khusus yg super kuat..berguna untuk menarik kendaraan lain, konektor ke winch, recovery point dll

Spoiler for shackle:


shackle adalah pendamping recovery untuk strap...digunakan bila strap tidak bisa/tidak cukup dikaitkan di kendaraan yg akan direcovery...maka strap akan dihubungkan dengan shackle...

Spoiler for lampu:


lampu juga wajib didunia offroad tpi lebih banyak digunakan di adventure offroad malam hari...

Spoiler for cut off:


yg ini wajib banget gan....cut off harus ada di setiap mobil ditempat yg terjangkau dengan cepat...gunanya yaitu memutus semua aliran listrik saat terjadi crash agar tidak menimbulkan kebakaran/kejadian yg tidak diinginkan lain..ini berfungsi juga sebagai anti maling gan karena walaupun pencuri memiliki kunci kontak, klo cut off dibawa pemiliknya g bakal bisa nyala....lagian maling2 juga g tau gimana cara kerja cut off...

Spoiler for aki:


biasanya offroader membawa 2 aki dimobilnya...1 aki buat starter dan kelistrikan lain, 1 aki buat winch, lampu tambahan dll...membawa aki cadangan pun lebih aman karena arus listrik terbagi 2 sehingga resiko kebakaran bisa diminimalisir...

Spoiler for fire extinguisher:


fire extinguisher juga wajib dikendaraan offroad saat keadaan darurat...di kompetisi, beratnya minimal 2kg dan g boleh lebih dari 4-5kg(klo g slh) ....


Spoiler for double line:


ini adalah alat recovery pendamping winch...digunakan misalnya jika ada kendaraan stuck dan winchnya rusak, maka kendaraan yg ada di belakang bisa memberikan bantuan dengan winchnya dengan menggunakan double line.....





sekian dulu kendaraan offroad dan perlengkapannya...akan ane update tentang macam2 offroad dan jenisnya....klo ada yg nambahin silahkan.. ...
setelah bahas perlengkapan dan peralatan offroad diatas, sekarang kita bahas macam2 offroad 4x4....btw, gw tegasin lagi apa itu offroad 4x4.....offroad 4x4 adalah offroad dimana mobil yang berpenggerak 4x4 melewati tanah, lumpur dan medan lain yg menantang dengan berbagai macam handicap dan sudut kemiringan yg ekstreme...

Quote:
macam2 Offroad




Spoiler for Adventure offroad:

Spoiler for adventure:



adventure offroad adalah offroad dimana pengemudinya harus melewati trek yg terjal2 dengan sudut kemiringan yg ekstreme...disini winch adalah hal yg wajib karena medan offroad yg sangat sulit...adventure offroad sering juga disebut awal mula dunia offroad...dan kompetisi adventure offroad di indonesia adalah kompetisi dengan peserta yg selalu banyak.disini, peran navigator sangat penting karena harus memberi tahu kan arah, sudut, serta menarik winch saat kendaraan terjebak....di kompetisi adventure ada 2 jenisnya yaitu per orangan dan team...untuk team, setiap team terdiri dari 3 mobil...

Spoiler for Speed Offroad:

Spoiler for Speed Offroad:

Spoiler for Speed Offroad:


speed offroad adalah offroad yg mengutamakan kecepatan dan waktu tempuh...jalur2nya bukan seperti adventure yg terdiri dari tanjakan/turunan ekstreme.jalur speed offroad rata2 adalah landai yg diisi oleh tikungan tajam, jump point, bridge/jembatan persilangan dan jalur lurus.....jadi di sini offroader harus menempuh sirkuit yg rata2 panjangnya 3.5KM secepat2nya...trek speed offroad terdiri dari 2 jalur jadi setiap start, ada 2 kendaraan yg saling beradu kecepatan.mereka akan bergantian trek/berpindah di jembatan silang.....

Spoiler for Country Road:

Spoiler for country road:


offroad sini lebih menekankan pada survive dan kecintaan pada alam...rata2 trek yg ditempuh adalah diatas 50KM..mereka akan melewati berbagai macam trek(rata2 ringan akrena tujuannya bukan kompetisi) tetapi ada juga trek yg ekstreme bagi yg ingin mencoba(persyaratan dan spek mobil harus sesuai)....disini, offroader2 yg masih baru bisa melatih skill mereka sedikit demi sedikit serta melatih rasa kesetiakawanan karena dalam dunia offroad, kerja sama adalah yg terpenting..

Spoiler for fun offroad:

Spoiler for fun offroad:


fun offroad lebih menekankan pada wisata alam...treknya pun sangat ringan sehingga lebih aman..cocok buat rekreasi keluarga/refreshing dari kepenatan


Spoiler for offroad ekspedisi:

Spoiler for offroad ekspedisi:

Spoiler for offroad ekspedisi:


offroad expedisi adalah offroad yg mengutamakan survival, kerjasama dan kesabaran..offroad ini memakan waktu yg sangat lama yaitu berminggu minggu dengan trek yg sangat ekstreme...jarak rutenya biasanya ratusan KM(offroad xpedisi sumatera-monas, java offroad dll)...para offroader harus kuat secara fisik maupun mental..mereka juga harus bersiap makanan, suku cadang dan peralatan lainnya....klo offroad yg satu ini bener2 survival deh(gw aja blom pernah ikutan karena waktunya berminggu2)...salutt buat yg ikut offroad ini

Spoiler for mudding:

Spoiler for mudding:


klo offroad ini bener2 ngutamain lumpur..ya bener..FULL LUMPURR...g ada trek lain kecuali lumpur....klo disini yg diutamain adalah..apa ya??..survive, kesabaran, kotor2an dan juga Lumpur... ..apapun mobilnya yang penting lumpur medannya


Spoiler for Rock Crawling:

Spoiler for Rock Crawling:


rock crawling adlah offroad dimana medannya adalah abtu2 besar..mereka harus ngutamain skill kesabaran serta spek kaki2 mobilnya...klo yg main rock crawling biasanya udh expert bgt didunia offroad karena g cuman kenceng aja yg dibutuhin tpi juga ketepatan(klo udh kecepit diantara batu2 susah bgt buat dikeluarin gan...jadi g boleh salah/ceroboh...


sumber : google.com, wikipedia.com, jip.co.id, sportku.com



sekian dulu deh macam2 offroad dari ane...apakah ada agan2 yg berminat jadi offroader??

dunia offroad di indonesia emang lagi berkembang lumayan pesat....tpi masih kalah dibandingkan drag race...padahal di offroad, banyak hal positif yg bisa kita dapet in :
-belajar bersabar (bener2 harus sabar gan kaya mancing, pelan2 yg penting pasti daripada cepet tpi crash )..g berlaku didunia speed offroad karena kita terpancing adrenalin tinggi untuk menginjak pedal gas dalem2 karena kita berpacu dengan waktu.klo udh kepancing adrenaline terlalu dalem dan jadi g konsen, akhirnya bakalan kebalik gan(pengalaman pribadi) karena kita g denger apa yg navigator katain....

-belajar kerja sama (wajib bgt nih klo mau survive, karena kita g bisa hidup sendiri)
-melatih skill survive (my trip my adventure )
-melatih feeling dan intuisi(didunia offroad feeling kepake bgt)
-melatih kecakapan
-dan banyakkkk lagi

dan yg utama yaitu kita semakin mencintai indonesia....karena dengan offroad kita bisa mencintai alam indonesia, kita bisa mengeksplore keindahan alam indonesia yang tersembunyi yang Tuhan anugrahkan buat kita. para offroader pun juga sering memberikan bantuan di daerah terpencil seperti baksos, pembuatan infrastruktur(buka jalan gan sehingga penduduk lebih mudah ke dunia luar) serta promosi wisata indonesia (banyak bule2 yg ikut dan bilang indonesia emang indah)

thanks to IOF(Indonesia Offroad Federation) sebagai induk offroad indonesia dan induk balap dunia yaitu FIA (Fédération Internationale de l'Automobile)

sekian thread dari ane ...salam offroad gan...No road No problem




pengurus IOF gan...

Quote:Original Posted By adityawardhanu
ingin tau lebih dunia offroad? silahkan mampir ke WWW.IOF.OR.ID
tritnya sangat informatif dan bagus. jika teman2 disini mau main offroad gak harus mahal koq. mahal karena banyak org awan coba2 memodifikasi sendiri mobilnya trus rusak karena gak sesuai standar. ujungn2nya jadi mahal karena bolak balik bengkel buat reparasi.

kebetulan saya salah satu pengurus Indonesia Off-road Federation (IOF). kalau ingin mengetahui regulasi lomba dan standar keamanan untuk modifikasi mobil silahkan PM atau visit WWW.IOF.OR.ID
kalau mau jadi anggota IOF juga monggo



komentar kaskuser....

Quote:Original Posted By Chibi_boy
Ane demen juga niiih ini 'mainan', double gardan kalau ane nyebutnya. Simpelnya itu disebut 4x4 karna keempat roda nya punya penggerak sendiri, bandingkan dengan mobil konvensional biasa yang 4x2 karna cuma dua ban aja yang jalan (biasanya sih dua ban depan); 4x4 itu sendiri 4 ban x 4 penggerak rodaa. Ane paling suka yang Ekspedisi Offroad, ituu offroad kaya buka jalan gituu jadi rute yang belum ada jalannya bisa aja tuuh tembus qkqkqkqk


Quote:Original Posted By Firehouse98
Akhirnya ada yg bahas offroad lengkap di kaskus
Mobil2 4x4 ini udh jadi idaman ane sejak dulu, bokap pertama punya fj40, terus cj7 yg terakhir taft gt tp semuanya hilang seiring bertambahnya usia bokap ane
Tp walau begitu ane tetep seneng ama offroad


Quote:Original Posted By winter14
Ane biasa pake mazda bt 50 sama ford ranger singel cab gan buat ke tambang..soalnya daerah ane notabene daerah tambang timah..dan buat operasional pengiriman barang2 ke tambang org..sama ane plihara taft 81 yg uda modif ke GT...dunia offroad uda lumayan knal gan walaw blom perna utk kompetisi atau ikut adventure..


Quote:Original Posted By elmoker
ini nih para offroader cewe favorit ane.
alinka sama mariachi
Spoiler for paporit:


oia buat ynag suka sama offroad dan dunia otomotif lainnya, kalian bisa mantengin sportku.com buat updet seputar kejurnas offroad & info otomotif lainnya.


Quote:Original Posted By galihleo
hahaha, jimny SJ410 gw udah dijual...

sekarang offroadnya pake mountain bike aja deh...

ooiya, untuk yang mau nyoba offroad dengan dana relatif cekak mungkin bisa mulai dari seri jimny SJ410.

1. bahan sekarang masih dapet 25juta ga? (dulu 5 tahun lalu ngelepas SJ410 1984 25juta soalnya).

2. mesin F10A (sama kayak mesin angkot carry), spare part banyak dan murah.
kalo dapet bahan dengan mesin yang udah kurang sehat, saran gw jangan direparasi, servis, bubut, turun mesin dan sejenisnya, jatuhnya lebih mahal dan buang waktu. langsung ganti mesin kampakan aja. lebih murah biaya dan waktu.

3. power to weight rasionya cukup, walopun mesin cuma 1000cc, asalnya jimnynya ga ditempelin variasi-variasi yang bikin berat dan ban yang kegedean (ban extra grip atau ban pacul ukuran 31" max) udah cukup untuk melintasi medan offroad.

4. transfer case pisah dari gearbox, memudahkan kalo engine dan gearbox swap tanpa perlu pusing bikin adaptor. kebanyakan jimny sih engine swapnya pake mesin vitara.

cmiiw


Quote:Original Posted By budh4s
Manteb gan, tapi untuk orang yg punya uang lbh ya
Untuk ane yg belum kesampean cuman ini aja gan



Kenapa ane main itu, kalo guling sopirnya aman. Dan juga masih belum punya duit beli beneran


Quote:Original Posted By umamtatong
pengen nyobain tuh offroad gan..seru kali ya jungkir balik di jurang


Quote:Original Posted By tomblokpeyok
Om ane mantan navigator n spotter salah 1 team offroad yg cukup punya nama gan
Sekarang udah pensiun dikarenakan kerjaan yg ga bisa ditinggal
Dulu antara 2005/2006 pernah ikut Rainforest Challenge di pedalaman Kalimantan


Quote:Original Posted By alepato1602
Hobi yg keren dan laki banget

Sayangnya modal gueedeeee

Thx gan infonya, ane bnyk yg belum tau soal offroad


Quote:Original Posted By silumanjantan
Jadi keingat sama Suzuki Jimny "kodok" punya ortu ane dulu. Biar mungil gak segarang tampilan Toyota Hardtop tapi udah 4wd gan. Sayang sebelum ane tamat SMP tuh mobil udah dijual ganti Kijang.
Padahal banyak kenangannya tub mobil, dari sering ane panjat sampe ke atapnya, sampe dulu belajar merokok ngumpetnya di bawah tuh mobil.


Quote:Original Posted By Prananda7
ediann lengkap banget agan yg satu ini jelasinnya dr A - Z di beri semunya.. pertamax gan



Quote:Original Posted By sayaanakhilang
keren banget offroad , bener - bener laki banget bukan sekumpulan pengendara konvoi ngebut di jalan dan pengendara lain mesti minggi



thread ane yang lain

Karakter dalam film yang didesain memiliki umur panjang/Immortal HT#1

Perlengkapan Pasukan Zaman Dahulu HT#2

Hobi nya orang berduit nih
Keren...

Mana gan jenis2 offroadnya?
Quote:Original Posted By puniceus
Keren...

Mana gan jenis2 offroadnya?


Ayo gan diupdate
wah mntp jg nie 4x4 hobi mahal bray
yg kecil pake remote aja mahal
Ane sukanya mobil ekspedisi

mobil impian ane

strada diesel atau nissan patrol (biar umum, bertenaga, irit, reliable, enduran, dan onderdilnya dinegara manapun ada) sam peralatan penunjang hidup dasar... beuh ekspedisi Indonesia-Afrika ....


Test..
wih thx infonya
Quote:udh pada tau blom offroad 4x4??..klo belom ane jelasin..offroad 4x4 adalah jenis offroad dimana kendaraan berpenggerak 4x4 melintasi jalan yang tidak rata,tanah, lumpur dll.


4x4 itu sama dengan 16 gan

4x4 adalah

4 adalah jumlah roda mobil, dan keempat-empatnya bisa digerakkan oleh mesin

Kalau 4x2

Jumlah roda mobil ada 4, dan hanya 2 saja yang bisa digerakkan oleh mesin

kalau 6x4

Jumlah roda ada 6, dan hanya 4 roda yg digerakkan mesin. Ada ya?..

6x6
roda ada 6 dan semuanya digerakkan mesin. Mungkin panser gan...

offroad 4x4 adalah lintas medan menggunakan kendaraan yang memiliki roda 4 yang masing-masing sumbu roda (depan dan belakang)tersebut bisa digerakkan oleh mesin.

Jadi offroad 4x4 itu bukan Lintas medan, yang sempat gak sempat harus dibalas
ane pernah punya gan...
terakhir bulan kemaren mobil ane jual karena ga pernah dipake
semoga pemilik barunya lebih baik dari ane...bisa ngerawat plus ngajak melumpur...

*ane masih nyari fotonya gan biar ada buktinya
Quote:Original Posted By bukanfxbiasa



4x4 itu sama dengan 16 gan

4x4 adalah

4 adalah jumlah roda mobil, dan keempat-empatnya bisa digerakkan oleh mesin

Kalau 4x2

Jumlah roda mobil ada 4, dan hanya 2 saja yang bisa digerakkan oleh mesin

kalau 6x4

Jumlah roda ada 6, dan hanya 4 roda yg digerakkan mesin. Ada ya?..

6x6
roda ada 6 dan semuanya digerakkan mesin. Mungkin panser gan...

offroad 4x4 adalah lintas medan menggunakan kendaraan yang memiliki roda 4 yang masing-masing sumbu roda (depan dan belakang)tersebut bisa digerakkan oleh mesin.

Jadi offroad 4x4 itu bukan Lintas medan, yang sempat gak sempat harus dibalas


wahh.. ente mahir juga gan..
bensinnya ngak tahan gan
mending pakai 4x2 terus bisa ganti 4x4
Lagi nunggu FJ40 Hardtop ane dateng -_-
nice thread ini gan
nice thread ini gan
Keren offroad gan :matsbelo
salute dengan yg main offroad, sabar bgttt pasti orangnya hehehe.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar