Pages


Selasa, 30 Juni 2015

Mengapa Teknisi IT sulit menjadi Wirausahawan ?




Spoiler for No repost:
Quote:]


Mengapa Teknisi IT sulit menjadi Wirausahawan ?
Quote:


Quote:Mengapa Teknisi IT sulit menjadi Wirausahawan ?

Saya atau mungkin Anda sering sekali mendapat "curhat" dari teman-teman Teknisi IT banyak yang gagal dalam membuka usaha, padahal mereka yakin, skill dan ilmunya sudah mumpuni. Hampir semuanya adalah mantan teknisi di beberapa perusahaan, kantor, dan warnet. Dan setelah gagal membuat usaha sendiri, biasanya mereka akan kembali menjadi karyawan abadi.
Mungkin catatan ini bisa memberi sedikit masukan bagi teman-teman yang berasal dari dunia IT dan mau banting stir jadi Wirausahawan. Terus terang, ada beberapa masalah yang terjadi jika kita alih profesi dari pegawai IT menjadi Wirausahawan IT, meskipun sama2 bidang IT, diantaranya :

Apa saja masalah itu ?

Quote:
Spoiler for nomer 1:
1. Produk yang bagus tanpa Pemasaran yang baik

Anda yakin telah membuat produk IT yang kualitasnya bagus, anda mencurahkan waktu dan tenaga untuk membuatnya dan memastikan produk tersebut bekerja dengan baik. Tapi anda lupa, anda TIDAK memasarkannya dengan tepat. Anda hanya MEMAJANG, dan menunggu pembeli datang. Paling banter, cuma taruh foto disertai keteranga seadanya, di jejaring sosial atau toko2 online, dan berdoa banyak2 supaya dagangan laku. Beberapa bulan kemudian, anda akan sibuk membuat surat lamaran untuk di masukkan ke lowongan kerja beberapa perusahaan.
Produk disini pun, termasuk HKI alias ilmu dan skill anda. Kemampuan anda adalah asset berharga dan produk jasa yang bisa dijual. Jika tidak ada orang yang tahu keahlian anda, jangan harap ada orang yang mau menyewa jasa anda.
Hal ini "diperburuk" oleh prinsip2 orang IT yaitu ilmu Padi, Semakin berisi, semakin merunduk. Alias semakin banyak ilmu, semakin diam saja. Iklan kemampuan diri dianggap Sombong. Klop dah...


Quote:
Spoiler for nomer 2:
2. Fokus hanya IT, bidang lain tidak dikuasai

Selama jadi pegawai, anda cuma dihadapkan kepada persoalan IT. Anda tidak akan pernah tahu, bagaimana kondisi keuangan perusahaan tempat anda bekerja, bahkan anda cuma disuruh memberikan solusi IT saja, soal barang2 apa yang akan dibeli atau yang diputuskan untuk dibeli, bukan wewenang anda. Anda cuma disuruh memberikan spek dan spek alternatif saja. Betul?
Jika anda menjadi Wirausahawan, maka semua bidang akan menjadi tanggung jawab anda. Anda dipaksa untuk memahami keuangan, pajak, legalitas hukum, pemasaran, jual beli, stok gudang, dan manajemen usaha. Semua itu "tumplek blek" ke pundak anda, dan ingat, jika anda memiliki karyawan, maka hidup karyawan itu merupakan tanggung jawab anda, mulai gaji, jobdis, sampai asuransi kesehatannya.
Selama jadi karyawan, anda tidak akan pernah tahu Berapa harga modal produk yang dijual. Bos anda tidak bakal memberitahu, dan setiap bidang selalu dicamkan untuk bekerja sesuai bidang masing2 dan dilarang berbagi informasi dengan bidang lain. Sebagai pengusaha, anda harus tahu berapa harga modal , berapa keuntungan yang ingin di dapat, dan terakhir anda akan mendapatkan harga jual.
"Wow, bagaimana bisa mempelajari secara cepat itu semua?"Ya ga bisa, yang bisa anda lakukan adalah belajar... mencoba .... belajar....mencoba.... dan begitu seterusnya, secara bertahap. Dan ini titik lemah orang IT, mereka terlalu fokus oprek IT dan enggan belajar bidang lain ( yang kadang ilmunya dianggap lebih rendah dari bidang IT ).
Open your Mind.


Quote:
Spoiler for nomer 3:
3. Teknik Lobby

Berapa banyak karyawan IT yang disuruh bosnya melobby client?
Paling banter, mereka mendampingi orang marketting untuk presentasi teknis didepan client, soal deal or not deal, don't know don't care.
Saya yakin, bahkan anda tidak pernah mencari client. Anda tiba2 disuruh menemui mereka oleh Bos.
Dalam dunia wirausaha, lobby adalah faktor penentu sukses atau tidaknya penjualan produk anda. Anda tidak akan begitu saja membawa produk yang bagus, mengenalkan kepada calon client, dan yakin kalo mereka bakal membelinya. Sampai akhir jaman, penjualan produk anda akan begitu2 saja (bahkan bisa menurun)
Lobby tidak serta merta pemasaran jual produk. Lobby adalah pendekatan ( dan seringkali personal). Untuk itu saya menyarankan pada no 2 diatas, Kuasai segala bidang. Hal ini berguna dalam lobby. Seringkali dalam melobby client bahkan tidak diawali dengan membicarakan produk IT, bisa sewaktu bertemu di acara, bisa sewaktu kumpul2 karena hobby yang sama, dan bisa juga tiba2 ketemu di jalan. Pengetahuan yang luas dapat membantu anda mengawali pembicaraaan dan membuat orang lain tertarik dengan produk anda.
Satu hal lagi tentang lobby, anda harus mempunyai kemampuan membaca kemana arah pembicaraan. Kualitas produk kadang tidak menjadi pertimbangan client membeli produk anda, beberapa client menitik beratkan kepada kemampuan support anda, dalam arti mereka terima beres dan jika ada masalah mereka akan menilai apakah anda memiliki kemampuan untuk memberi dukungan teknis yang memadai atau tidak.Dan... beberapa sama sekali mengabaikan kemampuan atau produk anda, yang penting dia dapat berapa persen jika "membantu" anda.

Quote:
Spoiler for nomer 4:
4. Menerima Perintah vs Memberi Perintah

Saat anda menjadi karyawan, anda hanya akan menerima perintah dari bos. Apakah perintahnya benar atau kurang tepat, bahkan anda tidak punya kuasa untuk merubahnya. Paling cuma bilang "Biarin ja, bos minta gitu ya kasih aja gitu"
Dalam wirausaha, andalah Bosnya. Andalah yang memberi arahan dan perintah ke bawahan anda, bahkan jika tidak punya karyawan sekalipun, anda wajib memberi perintah ke diri anda sendiri.
You are the captain, you must know what to do even when you don't, Yup itulah tanggung jawab anda, anda dituntut untuk mengetahui segalanya dan memutuskan segalanya secara tepat, dan jika keputusan anda terbukti salah langkah, andapun wajib memberikan solusi penyelesaiannya.
Biasanya seseorang yang terbiasa menerima perintah dari atasan dalam jangka waktu yang lama, secara tidak sadar akan memiliki ketergantungan dan keyakinan, bahwa kalopun ada kesalahan, masih ada bos yang bisa memberi solusinya. Dan hal ini lah "jebakan betmen" jika anda terjun membuka usaha sendiri, andalah yang pegang komando, dan jangan harap ada orang lain yang akan membantu kesulitan anda. Anda bergantung kepada kemampuan dan pengalaman diri anda sendiri.

Quote:
Spoiler for nomer 5:
5. Delegasi Tugas

Teknisi IT sudah terbiasa bekerja sendiri, belajar dan oprek sendiri, mencari pemecahan sendiri, dan menangani semuanya sendiri. Tak jarang dikantor, semua urusan IT pasti larinya ke Teknisi, mulai instalasi Jaringan Komputer sampai ke mengisi tinta printer. Lingkungan seperti ini yang tak jarang menjadikan orang IT menjadi individualis, tidak terbuka, dan merasa kurang jika tidak mengerjakan semua pekerjaan sendirian.Hal ini yang menjadi hambatan saat migrasi menjadi Wirausahawan. Semuanya ingin dikerjakan sendiri, dan kurang bisa percaya kepada karyawan. Saat perusahaan masih kecil, mungkin tidak menjadi masalah. Tapi saat perusahaan sudah berkembang, hal ini menjadi faktor penghambat bisnis.
One Man, One Show justru meruntuhkan perusahaan. Saat sang Kapten sakit atau berhalangan, maka runtuh pula semua pekerjaannya karena tidak ada anak buah yang bisa menanganinya. Keberhasilan suatu bisnis salah satunya ditentukan oleh struktur organisasi dan pendelegasian tugas yang baik antara pimpinan dan karyawan-karyawannya. Tanpa itu semua, usaha akan jalan ditempat, bahkan bisa hancur sebelum berkembang. Jangan jadi Superman, okey?


Itulah beberapa hal yang akan terjadi ketika anda banting stir dari seorang Teknisi IT menjadi seorang Wirausahawan, are you ready ?




Thanks udah liat Thread ane, semoga bermanfaat
jangan lupa komen dan gan
juga boleh, asal jangan aja



Rekomendasi Hot Thread


Spoiler for sumber:
Quote:sumber

this thread supported by :


reserved untuk komen2 kaskuser



Quote:Original Posted By rwarih
Ane walaupun lulusan pertanian tapi dari dulu seneng IT gan trus pernah buka tempat service, lumayanlah bisa buat biaya kuliah sampai selesai dan nikah.
Tapi setelah 7 tahun terpaksa saya tutup karena beberapa hal dan saya coba kerja jadi marketing sampai pindah 3 bank.
Akhirnya bulan kemarin saya putuskan untuk terjun kembali membuka usaha di dunia IT dengan modal seadanya dan ilmu pemasaran yang sudah saya peroleh selama beberapa tahun kerja di bank sebagai marketing.

Doain sukses ya gan, anak ane dah 2 soalnya



Quote:Original Posted By mr.wil
iya gan.. betul, ditambah lagi modal dan link hehehhe


bener banget nih, link atau networking juga sangat membantu dalam menyukseskan usaha yg dijalani

Quote:Original Posted By krupukers
harus ada partner yg mendukung ya gan , sulit kalo bekerja sendiiri


Quote:Original Posted By DeHabitBreaker
Not Agree gan

ane orang IT and ane wirausahawan gan



Ane punya 3 orang kenalan yang juga sesama IT,

yang pertama lulusan D3 IT,

dia sekarang jadi IT & Operational Manager,
dirumah punya perusahaan Trucking sendiri, punya Toko computer, n pabrik Tekstil rumahan gan,

yang kedua lulusan S1

Mantan Manager QCP/IT

Sekarang dia punya bisnis online store aksesoris cewe gitu gan,, sukses besar ampe omsetnya ngalahin manager2 dikantornya dulu

yang ketiga S2

agan minta bikinin program apaaan juga ama ni anak langsung jadi,

tapi ya itu, ga bias jualan

jadi menurut ane bukan masalah bidang ahli seseorang gan,

tergantung pribadinya juga, soalnya klo dilingkukngan ane kebanyakan orang IT itu wirausaha gan

*effek kecilnya gaji IT di Indonesia



so reseach dulu laaah



wah baru tau ane
Quote:Original Posted By theguardianx
wah baru tau ane


berarti sekarang udah tau dong gan
Thread yang recomended buat dibaca anak anak it

Keren bgt gan
thank infonya Gan, kebetulan ane teknisi IT yang sedang coba2 untuk buka usaha sampingan
Untung ane bukan teknisi it
kadang kadang menjadi seorang wirausahawan juga memerlukan bakat gan....
Quote:Original Posted By clarice.
Thread yang recomended buat dibaca anak anak it

Keren bgt gan

thanks udah komen gan

Quote:Original Posted By vineyardshop22
thank infonya Gan, kebetulan ane teknisi IT yang sedang coba2 untuk buka usaha sampingan

mantab gan, lanjutkan usahanya

Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Untung ane bukan teknisi it


siapa tau ada temen/sodaranya yg dari dunia IT
Quote:Original Posted By Maradona
kadang kadang menjadi seorang wirausahawan juga memerlukan bakat gan....


modal bakat doang saya rasa msh kurang gan
ciee curhatan TS sebagai anak IT
seringnya teknisi IT banyak yang tidak memikirkan hal itu Zar
Quote:Original Posted By sobar748
oh gitu yah gan... padahal asik loh jadi pengusaha itu...

bakalan lbh asik lagi gan klo tau trik2nya

Quote:Original Posted By Thelast.IlhamJr
ciee curhatan TS sebagai anak IT

ts anak mamah papah


Quote:Original Posted By duaporsi
seringnya teknisi IT banyak yang tidak memikirkan hal itu Zar


maka dari itu, sekarang harus mulai memikirkan hal2 demikian biar bisa berkembang
ane lulusan s1 it
dlu sempet 1th jadi aslab n kerja di perusahaan it di menteng
eh skrg ane malah kerjaan jadi pr n sambilannya jadi desain grafis soalnya ane emang suka desain2 n ga suka mikir yg terlalu bikin ppusing
dan income dari kantor ane masih lebih gede dr pd it junior
ane lg berusaha di 22nya gan
mungkin kudu ditambah dgn selingan kerjaan yg lainnya
ane anak IT juga gan
padahal ane lebih pingin jadi wiraswasta dari pada kerja sama orang
cuma anak IT belum jadi
Ane walaupun lulusan pertanian tapi dari dulu seneng IT gan trus pernah buka tempat service, lumayanlah bisa buat biaya kuliah sampai selesai dan nikah.
Tapi setelah 7 tahun terpaksa saya tutup karena beberapa hal dan saya coba kerja jadi marketing sampai pindah 3 bank.
Akhirnya bulan kemarin saya putuskan untuk terjun kembali membuka usaha di dunia IT dengan modal seadanya dan ilmu pemasaran yang sudah saya peroleh selama beberapa tahun kerja di bank sebagai marketing.

Doain sukses ya gan, anak ane dah 2 soalnya
Quote:Original Posted By bimzcool
ane lulusan s1 it
dlu sempet 1th jadi aslab n kerja di perusahaan it di menteng
eh skrg ane malah kerjaan jadi pr n sambilannya jadi desain grafis soalnya ane emang suka desain2 n ga suka mikir yg terlalu bikin ppusing
dan income dari kantor ane masih lebih gede dr pd it junior

udah lulus ya, klo ane msh proses buat jadi lulusan IT

wah, sama dong kita, sampingan ane juga di bidang design grafis

Quote:Original Posted By galihy
ane lg berusaha di 22nya gan

jaga terus semangatnya gan, jaga fokus

Quote:Original Posted By patchkom
mungkin kudu ditambah dgn selingan kerjaan yg lainnya


klo ane nyebutnya "nambah pengalaman dan pengetahuan" dari dunia luar

Quote:Original Posted By LeviTata
ane anak IT juga gan
padahal ane lebih pingin jadi wiraswasta dari pada kerja sama orang
cuma anak IT belum jadi


kita sama aja gan, tetap jaga semangat, jaga fokus
mungki emang lebih seneng ngoprek gan dari pada ngeloby2
Quote:Original Posted By rwarih
Ane walaupun lulusan pertanian tapi dari dulu seneng IT gan trus pernah buka tempat service, lumayanlah bisa buat biaya kuliah sampai selesai dan nikah.
Tapi setelah 7 tahun terpaksa saya tutup karena beberapa hal dan saya coba kerja jadi marketing sampai pindah 3 bank.
Akhirnya bulan kemarin saya putuskan untuk terjun kembali membuka usaha di dunia IT dengan modal seadanya dan ilmu pemasaran yang sudah saya peroleh selama beberapa tahun kerja di bank sebagai marketing.

Doain sukses ya gan, anak ane dah 2 soalnya

sukses terus gan, pengalamannya pasti sangat bermanfaat

Quote:Original Posted By anjarasmoroh
mungki emang lebih seneng ngoprek gan dari pada ngeloby2


klo mau jadi wirausahawan, ngeloby itu jadi tuntutan gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar