Pages


Rabu, 27 Januari 2016

Mau Nikah Beda Agama Gan? Pertimbangin Dulu 5 Hal Ini

Punya pacar beda agama, Gan?
Bingung mau dilanjutin sampai nikah atau mau diputusin aja?

Ada beberapa pasangan beda agama yang akhirnya memilih ngelanjutin hubungan sampai menikah misalnya dengan cara menikah di luar negeri. Tapi ada juga yang akhirnya memilih putus aja.

Nah bagaimana dengan Agan dan Aganwati? Kalau punya pacar beda agama, milih putus atau lanjut terus??
Sebelum bikin pilihan, Gan, baca dulu poin-poin di bawah ini untuk pertimbangan:

1. 4 Kelemahan Nikah Beda Agama
Spoiler for 4 Kelemahan Nikah Beda Agama:
Nikah beda agama ternyata gak selamanya bakalan bikin tenang dan nyaman, Gan. Ada kelemahan yang akan dirasakan oleh pasangan yang nikah beda agama. Apa aja itu?

Dosen Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Fahruddin Faiz menyebutkan paling tidak ada empat hal yang menjadi kelemahan ketika pernikahan beda agama tetap dilangsungkan:
1. Perasaan dan suasana yang tidak nyaman hidup bersama dengan orang yang menurut kita ‘salah’
Menurut Faiz, lantaran pasangan yang akhirnya menikah itu tetap mempertahankan agama sebagai kepercayaan masing-masing. Hal ini bisa berdampak pada keharmonisan keluarga.
2. Rasa tidak aman
Akan ada kemungkinan pikiran seperti: “Jangan-jangan dia berusaha menarikku (membuat tertarik,- red) terhadap agamanya.”
3. Berkaitan dengan anak hasil pernikahan beda agama
Terlepas dari perspektif hukum positif di Indonesia, nikah beda agama dilihat dari perspektif sosiologis juga menimbulkan permasalahan, terutama bagi anak. Anak dari hasil pernikahan beda agama mesti pandai membatasi diri ketika berbincang dalam satu keluarga.
4. Perasaan tidak rela
Pasangan nikah beda agama punya berpotensi memunculkan perasaan khawatir jika anaknya suatu saat akan mengikuti atau tertarik dengan agama yang dianut pasangan.

Selengkapnya silakan cekidot artikel ini, Gan: Ini Empat Kelemahan Nikah Beda Agama


2. Pengadilan Belum Seragam Memandang Nikah Beda Agama
Spoiler for Pandangan Pengadilan tentang Nikah Beda Agama:
Jadi begini Gan, kalau kata Guru Besar Fakultas Hukum UI beberapa tahun lalu setidaknya ada empat cara populeryang dilakukan oleh orang Indonesia untuk melangsungkan pernikahan beda agama, salah satunya itu adalah minta penetapan di pengadilan.

Pernikahan bisa dicatatkan selama ada penetapan dari pengadilan. Pasal 35 UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (UU Adminduk) mengatur hal tersebut.

Udah ada contohnya nih di Surakarta. Salah satu permohonan yang meminta ketua pengadilan negeri untuk memberikan izin kepada para pemohon untuk melangsungkan pernikahan beda agama di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil dikabulin sama hakimnya. Salah satu alasannya sih begini...

Quote:“Perbedaan agama tidak merupakan larangan untuk melangsungkan pernikahan sebagaimana ketentuan Pasal 8 UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perka-winan. Selain itu, Pasal 29 UUD 1945 pada dasarnya memberi hak kepada seseorang untuk mempertahankan agamanya.”

Nah tapi jangan seneng dulu, Gan! Di wilayah lain, yaitu Bogor, Pengadilan Negeri-nya pernah menetapkan tidak mengabulkan permohonan pencatatan tersebut. Jadi emang masih ada kendala berupa pandangan pengadilan yang belum seragam di masing-masing pengadilan di Indonesia.

Artikel selengkapnya baca di sini, Gan: Pengadilan Belum Seragam dalam Memandang Nikah Beda Agama


3. Negara-Negara yang Membolehkan Nikah Beda Agama
Spoiler for Negara-Negara yang Membolehkan Nikah Beda Agama:
Seperti udah disebutin di poin sebelumnya, ada beberapa cara untuk menikah yang bisa dilakukan pasangan beda agama. Selain dengan minta penetapan pengadilan, bisa juga dengan menikah di luar negeri.

Berikut adalah beberapa negara yang ngebolehin pernikahan beda agama sebagaimana diuraikan dalam sebuah tulisan berjudul Pengkajian Hukum Tentang Perka-winan Beda Agama (Perbandingan Beberapa Negara) dari laman resmi Badan Pembinaan Hukum Nasional:

1. Singapura
Singapura itu punya solidaritas tinggi dalam beragama. Singapura merupakan negara sekular yang netral dalam permasalahan agama dan tidak mendukung orang beragama maupun orang yang tidak beragama. Salah satu contoh pernikahan beda agama yang dilangsungkan di Singapura adalah pernikahan antara Iwan Suhandy yang beragama Budha dengan Indah Mayasari yang beragama Kristen Katholik dan keduanya berdomisili di Batam.

Kalau agan mau tau detail cara menikah di Singapura, cekidot artikel ini gan: Negara-Negara yang Membolehkan Nikah Beda Agama .

2. Kanada
Masih dari tulisan yang sama, hukum pernikahan di Kanada tidak menjadikan persamaan agama sebagai syarat sahnya pernikahan, sehingga pernikahan beda agama bukan menjadi penghalang. Sahnya pernikahan di Kanada adalah:
a. berbeda jenis kelamin;
b. memiliki kemampuan seksual;
c. tidak ada hubungan pertalian darah atau keturunan;
d. tidak terikat dengan pernikahan sebelumnya;
e. adanya perjanjian.

3. Inggris
Masih juga dalam artikel yang sama, pernikahan di Inggris yang menganut sistem hukum common law tidak mensyaratkan adanya persamaan agama bagi para pihak yang akan melangsungkan pernikahan. Pernikahan bukan sekedar urusan agama sehingga dengan cara ini agama apapun yang dianut para pihak tidak dihiraukan lagi. Orang yang beragama ataupun tidak beragama, dapat melaksanakan pernikahan sipil, dan dapat dicacatkan secara sah dengan memenuhi prosedur yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, silakan baca detailnya di artikel Negara-Negara yang Membolehkan Nikah Beda Agama .


4. Repotnya Mencatatkan Pernikahan dari Luar Negeri di Indonesia
Spoiler for Repotnya Mencatatkan Pernikahan dari Luar Negeri di Indonesia:
Emang kalau diliat sih nikah di luar negeri itu seolah jadi solusi ya gan bagi para pasangan beda agama. Tapi… Kok ternyata biaya nikah di luar negeri itu tinggi alias nguras isi dompet plus tabungan juga ya…. Kalau dibandingin nikah di negeri sendiri.

Tapi secara hukum, pasangan beda agama yang menikah di luar negeri itu dianggap sah kalau dilakuin menurut hukum yang berlaku di negara bersangkutan. Dengan catatan, pernikahan pasangan beda agama di luar negeri itu juga tidak melanggar ketentuan Pasal 56 UU Perka-winan. (Coba juga baca ini gan: Pernikahan Beda Agama, di Kantor Catatan Sipil atau di Luar Negeri?)

Nah selain itu nih gan, aturan Pasal 70 ayat (2) Perpres 25/2008 ngasih syarat buat si pasangan yang nikah beda agama di luar negeri itu mesti juga dilaporkan ke Perwakilan Republik Indonesia dengan nge-lampirin:
  1. Bukti pencatatan pernikahan/akta pernikahan dari negara setempat;
  2. Paspor Republik Indonesia; dan/atau
  3. KTP suami dan istri bagi penduduk Indonesia.


Dan agak ribetnya lagi nih gan, pas udah sampe ke Indonesia. Si pasangan yang habis menikah di luar negeri itu masih harus daftarin surat bukti pernikahan yang di luar negeri itu ke Kantor Pencatatan Perka-winan di tempat tinggalnya dalam tempo 1 (satu) tahun setelah kembali ke Indonesia.

Nah, buat lebih jelasnya soal pernikahan beda agama di luar negeri bisa agan cek di sini nih: Perbedaan Pernikahan Beda Agama Secara Siri dan di Luar Negeri


5. Hanya Sebagai Pintu Darurat
Spoiler for Cara Daftarin NIkah Beda Agama di Luar Negeri:
Sebelum baca lebih lanjut, ane jelasin dulu ya gan. Ini adalah pendapat pribadi seorang profesor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Namanya adalah Prof M. Amin Suma. Seorang guru besar dan juga mantan dekan Fakultas Syariah da Hukum UIN Jakarta.

Dari sisi fiqh pernikahan, Prof Amin ini berpendapat, idealnya pasangan yang akan menikah ini memiliki kesamaan agama.

Namun begitu, Prof Amin nggak mau langsung serta merta bilang bahwa pernikahan beda agama itu menjadi tidak boleh/dilarang/haram. Tapi dia juga nggak langsung mau bilang nikah beda agama itu boleh/halal. Menurut dia, tergantung situasi. Misalnya jika ada seorang muslim yang tinggal di negara nonmuslim dan ia kesulitan mendapatkan pasangan yang seagama. Dalam keadaan tersebut, menjadi boleh nikah beda agama.

Prof Amin berprinsip, hukum pasti ada pengecualiannya. Termasuk juga untuk nikah beda agama tersebut gan.

Sambil beranalogi, Prof Amin mencontohkan, makan bangkai sebenarnya hukumnya haram. Tapi kalau dalam keadaan darurat dan tidak ada makanan lagi, maka menjadi boleh.

Kalau mau baca wawancara lengkap dengan Prof Amin, baca aja di sini ya gan. Prof. M. Amin Suma: Nikah Beda Agama Hanya Sebagai Pintu Darurat


Jadi gimana Gan? Mending lanjutin nikah sama si pacar yang beda agama atau mending cari yang seagama aja?

Silakan di-share pendapat Agan dan Aganwati di sini

bedanya dgn Soal Pernikahan Beda Agama ?

--

ane penasaran dalil yg melarang kimpoi beda agama di agama2 yg diakui negara. kl di islam kan setau ane ada beda tafsir mengenai "ahli kitab", ada yg berkata bahwa itu merupakan kebolehan kimpoi dgn sesama agama samawi, ada pula yg menafsirkan bahwa ayat tersebut khusus terhadap islam saja. tp gw lp tepatnya disebutkan di ayat apa ..kl agama2 lainnya gmn ?
Kadang Cinta tidak mengenal Suku dan Agama

Tempat Belajar Trading Saham dan Forex TERBAIK
>> www.sonytrade.com <<
Agama kadang bisa menjadi hal yang memisahkan...
Menurut ane faktor orang tua juga jadi penentu apakah punya seorang pasangan yang berbeda agama bisa tetap dipertahankan hingga jenjang pernikahan atau tidak
Apalah artinya sebuah agama... Bikin ribut aje beda2kan agama, smua itu sama..
kalo ane beda agama ga masalah

ortu dan buyut jg beda agama ya tidak ada masalah

yg penting manusianya bukan agamanya

kalo saling ngerti ya so far so good menurut ane
gak bisa ibadah bareng.
agama jadinya mengkotak-kotakkan manusia, atau setidaknya itu yg terjadi pada negara-negara yang berpikiran sempit, seperti negara kita ini
Ribet gan..
Pernikahan beda agama memang lbh ribet ya gan
Bener bngt gan, anak bakalan bingung mau milih agama apa
Quote:Original Posted By fackyu
agama jadinya mengkotak-kotakkan manusia, atau setidaknya itu yg terjadi pada negara-negara yang berpikiran sempit, seperti negara kita ini


Enggak juga gan, jangan berpikiran sempit
Kadang juga gan stigma negatif masih melekat di masyarakat kalo ada nikah beda agama :rose
ribetnya kalo ntar udah punya anak
dibawa simple saja..

klo emang cocoknya beda agama ya jalan..

klo dapatnya seagama ya jalankan juga..

dasarnya harmonis suatu hubungan bukan hanya dari agama saja kok
Saya cari yang seiman sajalah
Kalo udah ada unsur agama yg ikut itu sensitif banget yeeah om..

Mending cari yg se_iman ajja kagak usah ribet,kadang yg se_iman ajja susah buat nikah apalagi yg kagak

Mikirin mau nikah ama beda agama bisa ajja yg penting kuat mental dan finansial atau nikah siri ajja kayak artis2 ituh udah bosen tinggal kick..
ya usaha in cari yang seagama
wong masih banyak yang agamanya sama
jangan di bikin ribet
kalau ane nikah ua tinggal nikah hahaha Tetapi memang lebih baik satu. Tapi kalau orangnya Netral/high Toleran gk peduli tuh hehehe
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar