Pages


Rabu, 10 Juni 2015

Masih Malu Jadi "Orang Ngapak" Gan?



Spoiler for Jebule HT Lik!:
Maturnuwun Kaskus Officer karo Kaskuser kabeh, jebule thread-e nyong HT!


Spoiler for Cek repost dulu gan:
Sebelumnya, thread ini dibuat berdasarkan hasil pemikiran TS sendiri, jadi NO REPOSTya gan!


Quote:Sumber dari pemikiran TS sebagai "ngapakers", gambar didapat dari google gan

Quote:PROLOG
Quote:"Nyong kencot banget kiye waaa, madang yuh!" "Kepriwe sih rika?!" bagi agan sekalian yang baca dialog barusan dengan logat yang tepat pasti tahu itu bahasa mana gan! Yap, bahasa Banyumasan atau lebih familiar sebagai bahasa Ngapak!
Ngapak, sebuah sub-bahasa Jawa yang digunakan terutama oleh masyarakat Jawa Tengah bagian barat seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Tegal, Brebes, dan sekitarnya gan.
Jadi, TS membuat thread ini karena kegamangan TS yang masih sering melihat orang Banyumas, dll. tidak bangga dan terkesan malu menggunakan bahasa mereka sendiri. Karena apa, karena stereotip masyarakat luar daerah yang menganngap bahasa ngapak dengan logatnya yang lucu, atau malah kampungan gan. Sudah saatnya kita sebagai orang ngapak mau melestarikan budaya kita sendiri, kalo bukan kita, siapa lagi coba?
Berikut inyong kasih beberapa hal yang bisa bikin kita sebagai pengguna bahasa banyumasan tidak malu lagi, atau malah bangga dengan bahasa kita. Let's check this out!


Spoiler for Pertama:
Quote:Banyak Orang Luar Daerah yang Ingin Belajar Bahasa Banyumasan, Gan!
Inyong yang kuliah di Jogja sudah merasakan pahit-manisnya diketawain karena logat inyong yang wow ini. Hehe. Tapi bukan halangan gan sis! Tetep nguri-uri budayane inyong dewek lah istilahnya. Sampai kalo dikelas inyong dipanggil "bapakeee" (kaya Kartika Putri gitulaaa, hehe) Dan emeizingnyah, banyak yang pengen belajar bahasa ngapak ini gan, contohnya anak-anak kontrakan ane gan. Mereka berasal dari Klaten, Ponorogo, Purworejo juga lama-kelamaan pada fasih logatnya kaya orang-orang Banyumas gan (maklum sih, soalnya dikontrakan ane ada 3 orang Banyumas) Hehe.So, jangan malu-malu berkamuflase jadi orang luar daerah dengan cara logatnya dimiripin sama mereka, lha wong mereka juga pengen kaya kita kok!


Spoiler for Kedua:
Quote:Banyak Orang Terkenal dari Trah Ngapak Gan!

Siapa yang gak kenal Warkop DKI? Kebangetan! Hahaha. Mereka semua juga berasal dari Ngapakland gan. Om Indro berasal dari Purwokerto, kota inyong. Serta almarhum Kasino dan Dono berasal dari Kebumen gan (Ralat: Almarhum Dono dari Klaten gan . Bisa diliat di beberapa film mereka juga sering menggunakan logat ngapak yang sudah pasti mengundang tawa, gan.
Masih kurang? Coba liat jalan-jalan protokol di kota agan. Ada jalan Jend. Sudirman, Gatot Subroto dll. mereka juga orang ngapak ho gan, jangan salah! Jenderal Soedirman lahir di Purbalingga, Gatot Soebroto juga lahir di Banyumas gan!
Masih kurang juga? Chris John, dia dari Banjarnegara. Mayangsari, budhe nya temen inyong nih! Bahkan pak Prabowo juga keturunan orang Banyumas lho gan! sekolah-sekolah di kecamatan ane dulu disumbangin komputer tuh sama adiknya, Bpk. Hasjim Djojohadikusumo gan!


Spoiler for Ketiga:
Quote:Makanan dan Minumannya, Juara!

Siapa yang gak tau mendoan? Makanan khas yang terbuat dari tempe dilumuri tepung dan ah... bikin semua anak rantau rindu! Apalagi dimakan pas ujan-ujan, ditemenin cabe rawit sama teh anget. Makannya bareng kamu, iya kamu...

Ini juga nih, juara! Soto yang beda dari yang lain. Sekali nyoba pasti ketagihan lah! Yap, Soto Sokaraja namanya. Banyak lagi makanan dari Ngapakland seperti gethuk goreng (temen-temen inyong selalu request nih tiap inyong mau pulang kampung), dawet ayu Banjarnegara, petis enthog Sumpiuh, sate bebe Tambak, dan masih banyak lagi lah. Makanya, ajak temen-temen berkunjung ke Ngapakland gan! Jangan bingung apalagi malu mau nyuguhin makanan diatas!


Quote:Segitu dulu gan, kesel nyong tapi tenang. Bakalan update lagi kok. Masih banyak hal lain yang bikin kita bangga jadi orang ngapak!

Spoiler for Pesan dari Inyong:
Quote:Berbanggalah, kalau bukan kita, siapa lagi yang mau melestarikan kebudayaan kita sendiri. Lakukan yang terbaik dari kita. Berprestasilah, karena lingkungan dan tempat asal kita juga pasti bakal ikut bangga gan!
ORA NGAPAK ORA KEPENAK


Spoiler for Mau cendol atau rate 5?:
Quote:dan hanyalah bonus gan!
Keep sharing good and good will come to you!


Ora ngapak ora kepenak..
inyong ng semarang gan..misi ng kantor, membanyumaskan semarang..siki wis pada lancar ngomong 'kencot kiye ayo madhang..'
Patut diconto kiye. Bener gan, aja isin-isin lah wong anane kaya kiye

Quote:Original Posted By maman24
nyong bangga gan, dadi wong ngapak purbalingga, walaupun lahir nang wonosobo,,, tapi nyong bangga ne poll gann.. urip nang jkt bisa ngomong ngapak sekarepe dewek, di ece wong pikir si oraa. sing penting ngapak


Quote:Original Posted By iyo48
banjarnegara hadir...

bangga dadi wong ngapak..
bahasane lucu, apa maning ngger dinggo nglawak..
bangga lah pokoke.

ora ngapak? mending dadi bakul sempak


Quote:Original Posted By bl4ckdog
ora ngapak ora kepenak.
inyong wong purbalingga waa..... urip rantau neng fatmawati jaksel.

pengalaman.e nyong mbiyen ngasi tau di guyu neng kantor pas lagi telpon kambi wong purbalingga...
"sssttttt...... ada yang ngomong bahasa jerman nih" jere sekertaris neng kantorku...
langsung sekantor ngguyu kabeh .... tapi pede baen ora urusan...

ana maning pas balik kampung... bada wingi....
ngobrol biasa kambi kanca kampung
ditakoni "ko wis rong tahun neng jakarta tapi ngomonge ajeg medok yah.... ora katon wong jakartane" jere batirku
"kie sing jenenge mempertahankan budaya tanah air bro " jawabku
batirku mung prangas prenges tok....



Quote:Original Posted By BlackKotak
ane anak banjarnegara gan
bahasanya ngapak tapi masih halus cara ngomongnya ga terlalu kentel, kalo kenchot jadi ngelih, madang jadi maem, enyong jadi aku
walaupun kalo main ke jogja ato solo suka diketawain tapi mau gimana lagi justru malah temen ane pada suka karena ga neka neka,sesama ngapak bicara ngapak lebih enak


Quote:Original Posted By hanif48
Inyong ora ngapak_apak gan

Tinggal di Bekasi. Kata orang sih ane medhok banget. Padahal ane ngomong biasa aja dan biasa sekali . Kalo ngomong sama orang yang baru kenal, tiba2 dia bales omongan ane sambil di medok-bedokin . Bingung harus ngapain

Bener tuh gan. Ngapak harus dilestariin. Kolaborasi ama medhok juga enak .
Intinya jangan malu make budaya daerah sendiri walau sering di ejek. Orang Indonesia bukan seneng ngejek gan. Justru kalo mereka ngejek tandanya mereka tertarik dengan budaya kita.

PErtamanya sih ngejek . Besok-besok malah ketularan kayak kita .
Sekian aja deh. moga di pejwanin ama ngapaksman


Quote:Original Posted By r35gtr
Haha aku be kadang ndeleng kanca2ne aku pada ora gelem ngomong ngapakan, mbuh kenangapa kue..
Tapi nek aku tah ndeleng bahasa ngapakan nduwe ciri khas dewek, dadi bahasane kaya anti mainstream lah
* If you don't understand what I'm saying, please translate it yourself :v


Quote:Original Posted By MirrorBoy
Saya orang Cilacap tapi besar, kuliah, dan insya Allah dapet jodo di Malang gan.
malukah saya jadi wong ngapak? ya ora lah. nggo apa isin2
gara2 ngomong ngapak, saya sering dapet porsi jumbo kalo beli nasgor langganan saya di Malang. karena yg jual orang Majenang

btw, menurut saya bahasa orang Cirebon dan Indramayu juga termasuk ngapak lo. kenapa?
karena cara mereka melafalkan bunyi "-k" begitu mantep, mirip seperti kita orang ngapak.
bakan pada beberapa kata, malah lebih mantep dari kita.
contohnya, orang Indramayu menyebut "seket" (limapuluh) seperti "seqet". "bebek" (itik) jadi "bebeq", dan masih banyak yg lainnya.
tapi kenapa mereka gak mau disebut ngapak? ane jg gak tau gan.
tanyakan saja pada Amel Alvi yg bergoyang sambil mendesah


Ora ngapak ora kepenak.


Quote:Original Posted By hardxgun
Dulu taun 2005 pertama ngambah jakatra, ngomong ngapak mmg rada2 malu, apalagi kalo di tempat2 umum seperti pusat perbelanjaan angkot dll. Kalo ada telepon dr kampung pasti ngomongnya bisik2 minimal melipir cari tempat yg sepi..Tp ga lama mulai cuek aja lah..wis ora urusan pokoke nek arep ngomong ya sengomong-ngomonge, arep neng tempat sepi apa rame ttp bangga ngomong ngapak, ora urusan di pliriki wong..malah sekarang di kantor banyak yg ikut2an ngomong ngapak, kebetulan di kantor banyak ngapakers jadi serasa neng umah bae.
bahasa ngapak yg umum dipake selain ngapakers di kantor inyong:
1. kencot (laper)
2. madang (makan)
3. kepriwe? (bagaimana?)
4. rika/kowe (kamu)
5. bebeh (tidak mau)

#yes_im_ngapakers


Quote:Original Posted By tioardianto26
Nyong wong ngapak kang, purbalingga tepat.e, urip nang jogka, jan awal awal nang kene nek nyong ngomong mesti pada guyon, ujare dagelan ya kang hahaha. Tapi maring ngeneh malah pada tiron ngomong ngapak. Haha
Kang jand susah nang jogja angel nggolet mendoan, hehe


Quote:Original Posted By mektobat
saya orang kalimantan gan. pernah dengar orang banyumasan ngomong gitu di jakarta. mungkin terdengar lucu bagi yang terbiasa berbahasa jawa dari lahir. bagi saya, malah unik, gan . o iya, ada keluarga saya yang menikah dengan orang tegal, pinter dia ngomong ngapak, bisa surabayanan juga, sama ngomong kutai.

setuju gan. kalau bukan kita sendiri yang punya bahasa yang melestarikan bahasanya, siapa lagi?



Quote:Original Posted By Estehanget34
tetep bangga aja gan sama bahasa, sama segala sesuatu yg berhubungan sama kampung halaman
kenapa harus malu sama tanah kelahiran kita


Quote:Original Posted By 24.9.14
ora isin gan,inyong be ngapak
ayu-ayu ngapak lagi tren soale...

ana wong kebumen ora?


Quote:Original Posted By zie_spertel
wah ini sih masalah klasik gan buat warga ngapakers.
waktu dulu ane kuliah di jogja, temen temen ane yg orang ngapak juga ngerasa malu kalo ngomong ngapak.
jujur aje ane justru bangga sama mereka yg masih mempertahankan logat ngapaknya, karena itu merupakan identitas yg gak bisa di bayar oleh apapun.
emang sih ane bukan orang ngapak layaknya mereka, karena ane dr lahir di tanah sunda walau ortu orang semarang jadi gak ngerasa apa yg mereka rasain
tapi tetep, Orak NGAPAK orak KEPENAK 😝




Ini untuk pengetahuan tentang bahasa Banyumasan, atau bahasa Ngapak gan!


Quote:Original Posted By alerba13
Walaopun sesama ngapak, ternyata ada prbedaan logat dan beberapa bahasa..
Kalo menurut ane Ngapak terbagi menjadi 2 Rumpun:
1. Banjarnegara , Cilacap, Kebumen, Purbalingga dan Purwokerto.
Kata-kata penanda: kepriwe, kepriben, tela iyo koh (Emang iya), tuliiyy (gituu), kencot (laper) mbok(mungkin), madang (makan), ndais (sukurin)

2. Tegal , Brebes, Pemalang, Bumiayu.
Kata-kata penanda : pimen (bagaimana) poret (banyak) , pragad (selesai) , adeur? (Masa iya?) belihh (tidak?)
Biasanya ada penambahan 'ooh' dibelakang kata:
Oraooh, iyaoohh.

PEJWAN GAN KLO BERKENAN



Quote:Original Posted By susu182
ngapak itu identik dengan cablaka
kebebasan bicara tanpa batasan usia


Quote:Original Posted By Rasyid37
kalo ke daerah ngapakers berasa berada di Jepang gan
logatnya 11-12 sama Jepang
kayak lagi nonton Benteng Takeshi aja



Koreksi nih ternyata pakde Dono dari Klaten gan

Quote:Original Posted By sandalpink
Ora ngapak tak dupak.
Indro kui Purbalingga gan. Kasino Gombong, Bumen. Dono kui Solo.


Quote:Original Posted By syaisa
koreksi gan.. dono orang klaten bukan kebumen

CMIIW



Ini juga tokoh dari Ngapakland gan!

Quote:Original Posted By Mr. Popo
ingat ngapak ingat banyumasan, ingat Ahmad Tohari ingat bukunya yang berjudul ronngeng Dukuh Paruk...


Quote:Original Posted By masihccuenkk
Raimu ngomong apa lah... ora bakalan nyong isin dadi wong ngapak...

Wira Suci 5 ya sekang Banjarnegara gan... tapi ws close mic.. :


Quote:Original Posted By z4cknet

Ane jadi keingat sama "Wira Negara", Finalis SUCI 5 kalo ngomongin soal ngapak....
Lengkap sama syair2 koplaknya....
Klo logat ngapak yang berkesan buat ane sendiri sih Logat Cici Tegal...
Secara dari dulu suka nonton srimulat ane gan


Quote:Original Posted By fuckseen
vicky shu wong ngapak, ayu yo


Ngapakland memang selalu berkesan

Quote:Original Posted By konvensional
bahasa ngapak ane dengernya malah seneng gan, unik kalo didengerin

ane orang jakarta gan, minggu kemaren iseng maen ke tempat temen di banjarnegara via purwokerto..

dijemput temen di stasiun purwokerto langsung kuliner jalan ke warung soto sokaraja, makan pake ketupat rasanya mantap gan, ketagihan ane sayang di jakarta gak ada yg jual atau ane belom nemu

sampe dirumah temen di banjarnegara, langsung disuguhin tempe mendoan sama teh anget

besoknya pergi ke baturraden gerimis2 dingin gan
trekking 2,5 kilo akhirnya sampe pancuran 7 sumber air panas

hari ketiga saatnya pulang ke jakarta, gak lupa beli oleh2 gethuk goreng haji tohirin sama keripik tempe

hari ini ane bawa ke kantor, gethuk goreng sekilo langsung ludes gan dimakan temen2 kantor ane

sekian cerita ane jalan2 ke ngapakland, sory gak bisa bahasa ngapak jadi cerita bahasa indonesia aja
TS pejwan kalo berkenan


Quote:Original Posted By supersimianline
logat ngapak emang menarik tuh gan, ane aja pengen belajar
tp emang kalau denger orang pake logat ngapak bawaannya lucu gt gan, ane liat film sumanto aj masih suka ketawa padahal kan ntu film semi triller yak


Quote:Original Posted By zenithera
3 tahun ane di purwokerto, mendoan & soto sokarajanya emang juara gan, pasar wage, kebon dalem, moro, sri ratu, alun-alunnya juga kereen gan. apalagi ketemu temen2 yg gokil2, kalo becanda bikin perut sakit


Quote:Original Posted By PatiGeni
ane dr th 2011 - 2015 tiap minggu pasti ke purwokerto Gan krn istri msh nyelesain kuliah di sana,tp sampe sekarang blm bisa ngomong NGAPAk..cos ternyata tetangga2 sebelah pendatang smua
ane jd kangen sm purwokerto....


Quote:Original Posted By rachmatardi90
jadi inget sama kampung ane di Gombong






Quote:Original Posted By uplinkerz
ane kemaren abis nanjak gunung Prau..barengan sama orang banjarnegara...omongannya bikin naek gunung gak berasa capek..sepanjang jalan disuguhi guyonan kayak stand up comedy....

mantab dah basa ngapak...

mbakayu..mbakayu..inyong tresna karo rika..



Nih yang pengen tau bahasa ngapak gan, curanmor!

Quote:Original Posted By armankreamer
paling ane suka sama bahasa banyumasan tuh cuma ini gan, Bikin ketawa dari pagi balik pagi lagi hahaha



Ana sing teyeng njawab? Hahaha

Quote:Original Posted By bianca.huiz
Ane anak betawi Gan, tapi buat ane ngapak itu keren, kocak n khas bangget

Goleke nang kampus ra nana de'kene jogeddddan

celllleeekkk siiinggga Mbellllekkkk tai ngasssuuu bidi koe karo nyong (ga ngarti)


OKE GAN!

Quote:Original Posted By yukari.sasaki
males gua ngomong sama orang ngapak
kaga usah ditemenin lah


Quote:Original Posted By dhont07
Ora ngapak ora kepenak..


Buset, cepet bang lik

neng kene iki...
inyong...
iki... takandani... iki...
iki...
iki...
iki...



kimochi


Quote:inyong juga bisa ngapak bray
Hiduplah Indonesia Raya..
Quote:Original Posted By xrchmnx


Buset, cepet bang lik



iya kang..langsung sikat baen pas ngerti pertamax..
Ane uwong jogja bro
Ora ngapak ora kompak
mendi kiye Mbakayune?
durung teka2 yak






nuwun
salam ngapak gan
inyong neng jekardah paling males ketemu wong ngapak tapi dijak ngomong ngapak malah balesnya bhs endonesia,padahal kelihat medok
wah wah wah,
saya bantu sundul aja biar gak tenggelam tritnya
setuju lik, kaya nyong urip nang ibukota ya tetep bae lah ngapak forever.
hahahaha.

rika anu asline ndi?
jan, dadi kepikiran mendoan mak darsum.
" KOYOK KIYE"...
Inyong wong banjarnegara ora isin .
Tuh I'd ane aja nama desa ane karena saking cinta desa

Wuih HT
ane kagak malu gan soalnya ane kagak ngapak btw ane bingung sebenrnya artinya "iki kiyek" apaan sih gan?
wes ga ngapak2 wes he he ga usah malu gan
ora ngapak ora kepenak...
enyong wong brebes gan, salam ngapakers...
ane anak cilacap gan, tp dr kecil sampe besar pindah2 terus, terakhir si akhirny balik ke clp lg sampe pensiun ortu. tp ame ga bisa dialek ngapak.cuma kalo ngbrol di group temen2 clp berusaha si untuk ngikutin ngapak2nya...hampir tiap hari ane wajib mkn mendoan ampe skr ini ane tinggal di cimahi.untungny disini da. bnyk yg jual
Salam ngapak gaaaan
Yaaaak ituuuh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar