Pages


Jumat, 19 Juni 2015

Mengenal Istilah dalam Sirkuit Balap



Spoiler for hot thread:
Hot Thread Ke-3 dalam Dua Hari :
Terima Kasih, Kepada Semua Kaskuser Diamanapun Anda Berada


Quote:Thread ini Dicopas dari sini  (www.kaskus.co.id), cuma diperbaiki dan mungkin ada sedikit tambahan
Quote:Pembalap pemula, tak hanya dituntut skill membalap untuk memulai balapan. Ada ilmu lain yang harus dipelajari. Salah satunya, pengenalan terhadap istilah-istilah yang berada di sirkuit hingga bendera serta regulasi.

Quote:Curbstones

Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.

Quote:Paddock Area

Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.

Quote:Pit Area, Pit Lane, dan Pit Stop

[Pit Area] Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.

[Pit Lane] Selain Pit Area, ada juga Pit Lane. Letaknya segaris dengan Pit Area. Di Sentul besar, bisa dilihat dengan garis kuning. Di garis ini, para marshall pengibar bendera berdiri. Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.

[Pit stop] tempat di mana pebalap menghentikan kendaraannya saat event balapan berlangsung untuk urusan teknis seperti pengisian bahan bakar, penggantian ban, pengecekan mesin, dsb. Dalam sebuah balapan, setiap tim memiliki pit stop masing-masing, lengkap dengan pit crew dan berbagai fasilitasnya.

Quote:Start dan Finish
[Start] Tempat pembalap berkumpul untuk memulai kompetisi balap. Biasanya tempatnya tidak jauh dari Pit Out. Tak jauh dari tempat start selalu ada lampu start.

[Finish] Ditandai dengan sebuah garis. Di sirkuit internasional, lokasi garis start dan finish bisa beda. Tapi, di trek dadakan dan trek kecil seperti Kenjeran, garis start dan finish jadi satu.

Quote:Lampu Start

Bentuknya mirip dengan lampu lalu lintas. Cuma perbedaannya, bila lampu lalu lintas menunjukkan warna merah berarti berhenti dan hijau jalan. Sejak lima tahun lalu, start dimulai jika lampu merah padam.

Quote:Starting Grid

Ditandai dengan angka-angka. Menunjukkan posisi pembalap di angka berapa saat balapan. Angka ini didapat dari hasil qualifikasi sebelumnya. Makin cepat catatan waktunya saat qualifikasi, maka dialah yang berhak start dari grid pertama.

Quote:QTT Qualifying Time Trial.

Pembalap diberikan waktu beberapa menit untuk memutari sirkuit guna mendapatkan waktu tercepat. Misalnya selama 30 menit, pembalap boleh melintasi sirkuit berapapun dia suka. Sekali, dua kali atau bahkan 10 kali asal waktunya masih di dalam 30 menit tadi. Pembalap diperbolehkan keluar masuk paddock untuk mengatur setingan motor. Waktu terbaik, berhak start di grid pertama.

Quote:High Speed Corner

Tikungan kecepatan tinggi. Bentuknya membulat yang memungkinkan pembalap gantung gas melintasi tikungan ini. Sebutan rolling speed sering dipakai disini.

Quote:R [Radius]
sebutan top untuk semua tikungan. R diambil dari kata Radius. Penyebutan ini berlaku untuk semua tikungan. Makanya, ada R1 dan seterusnya.

Quote:Straight

Trek lurus. Sering dijumpai di antara R terakhir dan R1. Tempat paling favorit untuk melakukan overtaking (mendahului lawan). Disini juga bisa dilihat kemampuan motor mana yang unggul di trek lurus. Tapi belum tentu jago menikung.

Quote:White Line

Garis putih di lintasan. Hanya ada di sirkuit internasional. Tempatnya di dalam perlintasan berdekatan dengan bibir lintasan. Fungsinya memberi guidance untuk menentukan racing line (jalurb alap) yang benar. Juga batas pandangan kira-kira dari pembalap saat melaju.

Quote:Gravel

Ada di luar sirkuit. Hamparan pasir, batuan kecil atau kerikil. Berfungsi sebagai penghalau kecepatan motor yang keluar dari sirkuit agar tidak menghantam pagar pembatas sirkuit.

Quote:Chicane, Hairpin dan Chamber
[Chicane] Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.

[Hairpin] tikungan tusuk konde, karena bentuknya menyerupai tusuk konde. Di arena balap tanah air dikenal dengan sebutan tikungan balik badan. Tikungan ini berupa tikungan mati yang memaksa pebalap mengerem habis, bahkan, tidak jarang sampai harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar, sesuai ukuran sirkuit.

[Chamber] Lintasan yang miring. Biasanya terdapat di tikungan. Makanya disebut tikungan chamber. Fungsinya mempermudah pembalap melewati tikungan tersebut meskipun dengan kecepatan tinggi, tetap di jalur.

Quote:Race Direction Room
Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.

Quote:Kamera Jump Start

Letaknya di pinggir lintasan di sepanjang starting grid. Fungsinya, memantau pergerakan setiap pembalap saat start. Untuk mengetahui apakah ada pembalap bergerak sebelum lampu start padam. Bila pembalap bergerak sebelum lampu start padam, maka dikategorikan jump start atau nyolong start. Pembalap akan diberikan ganjaran dengan hukuman pemotongan waktu.

Quote:Lap Board

Papan bertuliskan angka-angka yang ditunjukkan pada setiap pembalap melintasi garis start. Papan ini menunjukkan sisa lap balapan yang harus dilalui oleh pembalap. Misalkan angka 12, maka pembalap masih harus mengitari 12 sirkuit sebanyak 12 kali. Balapan angka berakhir jika pada lap board menunjukkan tulisan LAST LAP. Ini berarti balapan hanya menyisakan satu lap lagi sebelum bendera finish bermotif kotak hitam putih dikibaskan.

Quote:Scrutineering

Tempat memeriksa motor/mobil sesudah balapan berlangsung. Untuk mengetahui apakah motor yang digunakan balapan sesuai aturan teknis balap. Apabila melanggar, maka motor akan didiskualifikasi dan hasil yang dicapai selama balapan dianggap hangus.

Quote:Transponder
Sebuah alat yang diletakkan pada setiap motor balap. Alat ini mengirimkan sinyal pada komputer yang ada di kamar hitung ketika motor melewati garis finish. Di garis finish sudah ditanam sebuah receiver yang mencatat data yang dikirim transfonder. Data itu diterjemahkan dalam catatan waktu yang dihasilkan motor balap setiap melintasi garis finish. Dari situ diketahui motor siapa yang tercepat.

Quote:High Side dan Low Side

[High Side] Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.

[Low Side] Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

Quote:Parc Fermé

Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.

Quote:Wild Cards

Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.


Quote:Manuver

Apex
Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi.

Braking Marker
Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.

Overtaking
Aksi pembalap dalam menyalip pembalap lain.

Overlaping
Menyalip pembalap lain yg berselisih satu lap/putaran atau lebih.

Wheelie
Mengangkat roda depan sambil melaju.

Stopie
Memainkan rem depan motornya dengan mendadak sehingga roda belakangnya terangkat.

Rear Wheel Steering / Sliding
Memainkan traksi ban belakang sehingga terlihat seperti membelok dengan roda belakang.

Late Braking
Mengerem dalam dan mendadak saat hendak memasuki tikungan.


Quote:Pelanggaran Dalam Balap.

1. Ride/Drive Through Penalty
Manuver pembalap yg membahayakan pembalap lain . Pembalap yg melakukan pelanggaran ini harus masuk pit lane dan melaju dg kecepatan maksimum 60km/jam.

2. Jump Start
Sebuah pelanggaran dimana pembalap mulai melajukan kendaraannya sebelum lampu merah dipadamkan lampu hijau dihidupkan (nyolong start).

3. Stop And Go Penalty
Pelanggaran yg menybabkan pembalap harus masuk pitlane dan berhenti beberapa detik.

4. Black Flag
Selain merupakan tanda bendera , black flag juga merupakn jenis hukuman untuk pembalap yg mengharuskan pembalap tersebut keluar/diskualifikasi.


Quote:Sekian Thread keindahan dari saya agan2 walaupun , CMIIW bila ada yang salah.. dan komentar untuk tambahan dari agan2



test max
kejar iso gan
Quote:Original Posted By make.imah

nyepam hungkul ente mah
keren bray.
info penting buat gua calon pembalap masa depan
Baru tau ane gan
Quote:Original Posted By septiansendi
keren bray.
info penting buat gua calon pembalap masa depan


wuiihh, cita cita nih?
apa cuma khayalan?
Quote:Original Posted By .whathefvck.
Baru tau ane gan


mangkan nya dikasih tau.
Quote:Original Posted By jibon.507.96


wuiihh, cita cita nih?
apa cuma khayalan?


Kagak bray.
Cita-cita gua jadi Kasir alpamart depan tempat kerja gua buat ngemodusin kasir ceweknya yang cakep luar biasa bray
dan sampe sekarang kagak kesampean
Quote:Original Posted By septiansendi


Kagak bray.
Cita-cita gua jadi Kasir alpamart depan tempat kerja gua buat ngemodusin kasir ceweknya yang cakep luar biasa bray
dan sampe sekarang kagak kesampean


untung itu gak kesampean, klw kesampean kek nya nggak bakalan lagi ada kasir di alpa
Quote:Original Posted By jibon.507.96


untung itu gak kesampean, klw kesampean kek nya nggak bakalan lagi ada kasir di alpa


lah kenapa bray?
gua kan ganteng...kata emak gua
Quote:Original Posted By septiansendi
keren bray.
info penting buat gua calon pembalap masa depan


Pembalap Pertamax ya bro ??
keren gan!
anejadi tau nih

mejeng pejwan.
kalo nyang bawa payung namanya apa gan?
Oh begitu ya gan
Jadi tau ane
baru tahu ada istilah apex

yes, this should be known to rider.

nice.

yg penting ngebuts gan
wah baru tau ane gan trnyata penjelasanny sprti itu
Quote:Original Posted By nyonyasamsat
kalo nyang bawa payung namanya apa gan?


paddock girl, atau umbrella gan CMIIW
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar