Pages


Jumat, 19 Juni 2015

Panduan Singkat Ibadah Bulan Ramadhan Untuk Kaskuser



  (www.kaskus.co.id)


Quote:
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang



Quote:


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bulan Ramadhan merupakan sebuah bulan yang banyak dinanti oleh kaum Muslimin, dikarenakan bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Pahala di bulan Ramadhan berlipat-lipat dibandingkan bulan-bulan lainnya, sehingga kaum Muslimin berlomba-lomba untuk beramal shalih selama bulan Ramadhan. Namun jika bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan dijalani tanpa dilandasi ilmu, bisa-bisa sebulan penuh melalui bulan Ramadhan tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanyalah lapar dan dahaga belaka, bahkan bisa tanpa sadar malah menumpuk dosa, sungguh merugi! Sehingga perlu untuk kita untuk mengetahui esensi Ramadhan.

Berikut ini beberapa hal yang musti kita perhatikan selama di bulan Ramadhan:


Quote:


Momen Ramadhan tentunya sangatlah tepat untuk bermuhasabah diri. Pengertian dari muhasabah diri adalah menilai diri sendiri, mengevaluasi diri sendiri, intropeksi diri. Banyak manusia yang lalai kepada Allah, dari lalai seperti menyembah Allah 'Azza wa Jalla hingga bentuk lalai lainnya semisal dalam bersyukur, sedangkan Allah memberinya limpahan anugerah dan kebaikan seperti kesehatan, rezeki, keluarga, pekerjaan, tumpukan harta, dll. Subhanallah.
Quote:
Sebagai contoh mari kita sedikit memulai muhasabah diri atas perkara-perkara ini:

Bagaimana dengan shalat kita, rajin 5 waktu atau masih bolong-bolong atau tidak shalat?
Sudah berapa kali kita khatam Al-Qur'an? Lima kali, dua kali, satu kali atau belum pernah?
Jika ditimbang-timbang lebih banyak mana antara amal ibadah dan perbuatan dosa kita?
Jika sewaktu-waktu ajal menjemput, apakah sudah siap dengan bekal untuk akhirat nanti?





Sebagai contoh mengapa doa-doa yang kita panjatkan kepadaNya hingga kini belum terkabul? Atau semisal banyak masalah/cobaan mendera kehidupan. Adapun beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain: banyak dosa, gemar melakukan maksiat dan dosa, su'udzon terhadap Allah, yang dimakan atau yang dipakai tidak halal, nafkah yang tidak barokah, memutus tali silahturahmi, dll. Mari intropeksi diri, jadikan momen Ramadhan untuk berbenah diri.


Quote:


Pada bulan Ramadhan yang mulia dan penuh berkah, maka sudah semustinya kita bisa memaksimalkan waktu-waktu yang ada dengan perkara-perkara yang bermanfaat, perkara ibadah dan perkara kebaikan lainnya. Hendaknya kita berusaha istiqomah menjaga ibadah yang ada sepanjang bulan Ramadhan. Banyak dari kaum Muslimin semangat di awal Ramadhan, lalu semakin hari semakin menurun ibadahnya karena kembali terlalaikan dengan perkara duniawi.



Menulis trit ini mengingatkan ane kepada sosok Mu'adz Al Hafidz dan Muhammad Islah, mereka adalah tunanetra, namun semangatnya dalam menghafal Al-Qur'an sangat luar biasa. Tak lupa sosok Ibu Anik Indrawati dan Bapak Suharto suami dan istri tunanetra dari Surabaya yang menyusun Al-Qur'an Braille. Ya Subhanallah, sungguh mulia. Lantas bagaimanakah dengan semangat dari kita yang mana Allah karuniakan penglihatan sempurna?

Quote:
Perkara amal ibadah yang mari kita perbanyak selama berada di bulan suci Ramadhan:

Membaca Al-Qur'an dan juga memahami arti dari ayat-ayatnya. Al-Qur'an jangan hanya di like di Fesbuk.
Membaca Kitab-Kitab Hadits ataupun buku-buku agama lainnya. Jangan kalah sama majalah, koran, novel.
Perbanyaklah membaca dzikir kepada Allah Ta'ala dan shalawat atas Rasulullah shalallahu 'alahi wasallam.
Perbanyaklah dalam berdoa, terkhusus pada waktu mustajabah. Semoga yang gansis harapkan terkabul.
Tunaikan shalat fardhu lima waktu berjamaah di masjid-masjid. Sedangkan shalat sunnah di rumah gan.
Perbanyaklah berbagai ibadah sunnah seperti ibadah qiyamul lail dan berbagai amalan ibadah yang lain.


Banyak hadits dhaif (lemah) dan maudhu (palsu) yang beredar di masyarakat terkait ibadah di bulan Ramadhan, salah satunya adalah hadits tentang tidur di bulan Ramadhan adalah ibadah, bahwasanya hadits ini merupakan hadits dhaif yang tidak dapat dijadikan rujukan atau landasan dalam beramal ibadah. Namun tidak sedikit dari kaum Muslimin yang bertabiat pemalas dalam beribadah menjadikan hadits ini sebagai dasar untuk menghabiskan waktu untuk tidur.

Tidak mengapa seorang Muslim tidur ketika sedang berpuasa jika tujuannya untuk istirahat atau memulihkan stamina, selama tidak berlebih-lebihan dalam tidurnya tersebut. Jangan sampe tidurnya seperti beruang kutub yang sedang hibernasi, kebanyakan tidurnya daripada melakukan aktivitas ibadah atau kewajiban dalam bekerja serta hal positif lainnya.


Quote:


Di bulan Ramadhan kita sangat dianjurkan untuk gemar melakukan shodaqoh. Sekiranya dari rezeki yang ada kita dapat membantu mereka-mereka yang membutuhkan, maka sungguh besar pahala yang ada. Dan jangan salah menafsirkan shodaqoh hanya dalam bentuk uang semata, karena kita bisa bershodaqoh berwujud makanan hingga senyuman.


Quote:
Salah satu ciri dari penghuni surga adalah gemar bershodaqoh di kala lapang maupun sempit

Dan perlu juga diperhatikan, bahwasanya kebiasaan gemar ataus sering bershodaqoh jangan hanya sebatas bulan Ramadhan saja, namun jadikan itu sebuah kebiasaan yang mulia yang juga diamalkan di luar bulan Ramadhan. Sering kita temui kaum fakir miskin atau dhuafa yang 'kebanjiran' shodaqoh dari kaum Muslimin di kala bulan Ramadhan, namun selepas bulan Ramadhan mereka seolah kembali terlupakan. Mari gemar shodaqoh 'anytime & anywhere'.


Quote:


Bagi yang mengharapkan pahala dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka sudah semustinya selalu berusaha menjauhkan diri dari berbagai perkara yang dapat menyebabkan dosa atau kemaksiatan, apalagi dibulan Ramadhan.


Pada bulan Ramadhan kadang masih ditemui 'pasangan' remaja berduaan
Quote:
Jaga dan tundukkanlah pandangan mata kita, hindarilah godaan syahwat.
Jaga ucapan, jauhilah perkara ghibah (gosip) atau namimah (adu domba).
Jauhilah bentuk perdebatan yang mengeraskan hati dan tidak berguna.
Jauhkan diri kita dari ucapan kotor, berdusta apalagi menyebarkan fitnah.
Jauhilah zina mata, zina ucapan, zina pikiran terlebih lagi zina perbuatan.
Jauhilah berbagai pintu dosa lainnya, apakah itu dosa besar ataupun kecil.


Perlu kita ingat bahwa suara adzan mahgrib bukan pertanda kita boleh kembali berbuat maksiat dan dosa, setelah seharian berjuang melawan hal-hal yang dapat merusak atau membatalkan puasa. Bagi yang tidak memahami hakikat atau esensi dari berpuasa, maka banyak yang tanpa sadar menganggap bahwa ketika telah berbuka maka kembali bebas berbuat maksiat dan dosa, ini salah kaprah akut! Ini bisa diperumpakan seperti residivis kambuhan.

Quote:
STOP MAKSIAT DI BULAN RAMADHAN, AYO BERTOBAT SEKARANG JUGA
MARI HABISKAN SISA RAMADHAN YANG ADA DENGAN LEBIH BAIK LAGI




Quote:


Pada bulan Ramadhan, ketika kita menjalankan berbagai ibadah yang ada tentunya kita tidak lepas dari gangguan-gangguan yang ada, baik yang datangnya dari dalam diri kita sendiri maupun dari orang lain. Dan tentunya di bulan Ramadhan ini kita harus punya yang salah satunya adalah bekal kesabaran, sehingga ibadah puasa bisa maksimal.



Quote:
Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berfirman, yang artinya:
"Katakanlah (Muhammad), "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas."
(Al-Qur'an Surah Az-Zumar ayat 10)

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Bukan yang dikatakan kuat itu (menang) dalam perkelahian. Sesungguhnya orang kuat itu yang dapat mengendalikan diri ketika marah.”
(HR. Ahmad, 2/23. Dan hadits Muttafaq’alaihi)



Berlaku senantiasa sabar memang tidak mudah, namun kita harus berusaha untuk tetap bersabar. Mulai sabar dari menahan lapar dan dahaga, sabar ketika menanti datangnya waktu berbuka, sampai sabar menahan amarah gan.


Quote:


Makanlah secukupnya, namun jangan berlebihan. Allah Ta'ala tidak menyukai perbuatan yang sifatnya berlebih-lebihan, termasuk dalam hal ini terkait tabiat makan dan minum. Dengan datangnya Ramadhan mustinya banyak dari kita lebih berhemat, namun kenyataannya malah banyak keluarga-keluarga yang budget pengeluarannya malah membengkak akibat konsumsi selama bulan Ramadhan yang berlebihan. Salah satu esensi dari puasa Ramadhan adalah kita dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi fakir miskin atau dhuafa yang sering merasakan kelaparan dalam kesehariannya, sehingga diharapkan dapat meninggkatkan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sehingga tidak perlu harus dengan menu berbuka atau sahur yang malah lebih 'mewah' dibanding hari-hari biasa.

Quote:
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam menyenangi berbuka dengan kurma.
Selain dengan buah kurma, beliau Rasulullah berbuka dengan air putih.
Sunnah dari berbuka adalah disegerakan, sedangkan sunnah sahur diakhirkan.
Berbuka dengan berlebihan bisa membuat agan mengantuk saat tarawih.




Jangan menjadi sosok omnivora di malam hari. Jangan menjadikan waktu di malam hari sebagai ajang 'balas dendam', sehingga ketika menemukan ada makanan dan minuman semua diembat sampe susah bernafas karena kekenyangan. Janganlah berperilaku seperti seorang vampir, yang siang harinya tenang tapi kalap di malam hari.


Quote:


Ngaskuslah dengan bijak selama Ramadhan. Tidak bisa kita pungkiri, dari sekian banyak Kaskuser yang ada, masih kadang kita temui mereka-mereka yang jadi oknum yang gemar membuat trit-trit berbau BB atau pornografi hingga trit-trit bermuatan provokasi SARA yang memicu emosi atau kemarahan. Maka hendaknya jangan sekali-kali tertarik apalagi membuka dan menikmati isi trit-trit yang seperti itu, karena bisa menyebabkan hilangnya pahala puasa agan.

Quote:
Atur waktu ngaskus, jangan asyik ngaskus sampai melalaikan shalat dan ibadah lainnya.
Jika membuat trit buatlah trit yang bermafaat, jika berkomentar maka komenlah yang baik.



Quote:
Jaga hawa nafsu syahwat birahi agan dengan menghindari trit BB, apalagi trit-trit porno.
Buanglah avatar BB/porno. Dosanya dobel tumpuk-tumpuk, karena menyebarkan maksiat.


Dalam Islam, ketika agan melakukan amal kebaikan yang sesuai dengan syariat dan itu bermanfaat bagi orang lain, maka InsyaAllah pahala mengalir dari orang-orang yang mengambil kebaikan dari agan. Sebagai contoh beliau Imam Al-Bukhari rahimahullah, kitab karya beliau seperti Kitab Shahih Bukhari, Kitab Al-Adab Al-Mufrad dan selainnya telah dibaca sejak jaman beliau hidup hingga saat ini. Bayangkan pahala yang mengalir untuk beliau ketika milyaran umat Islam dari generasi ke generasi mengambil kebaikan dari karya-karya beliau. Nah begitu pula ketika seseorang menyebarkan kemaksiatan, mengalir pula dosa dari orang-orang yang terjatuh dalam kemaksiatan karenanya. Nah bayangin mereka yang suka bikin trit berbau BB/porno dan juga masang avatar porno di Kaskus, tidak disadari dosa terus mengalir dan menggunung. Naudzubillah min dzalik. Dan celakanya kadang pelakunya malah bangga.


Quote:


Shalat adalah tiang agama, shalat adalah yang pertama kali kelak dihisab di yaumul akhirat. Barang siapa yang shalatnya baik maka baiklah seluruh amal, barang siapa shalatnya buruk maka buruklah seluruh amal, apalagi jikalau tidak shalat! Dan jangan lupa bahwa shalat hakikatnya adalah menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala, memanjatkan dzikir dan berdoa kepadaNya. Bagaimana bisa seorang mau berpuasa namun tidak mau menyembah Allah 'Azza wa Jalla sebagai kewajiban Muslim yang beriman? Ini sebuah kesalahan yang sangat fatal dan banyak kita temui!

Sehingga apabila seseorang berpuasa namun dia meninggalkan shalat, maka puasa yang dia lakukan tidaklah sah (tidak diterima). Puasa yang diakukan tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti serta menjadi orang yang celaka.

Quote:
Ada pula yang kesehariannya enggan menjalankan ibadah shalat, namun ikut berpuasa Ramadhan dikarenakan semata-mata rasa malu jika tidak berpuasa, karena orang-orang di sekitarnya mayoritas berpuasa ataupun tidak mau dianggap seperti anak kecil yang tidak kuat berpuasa. Ketika berpuasa hanya menjadi sekedar formalitas.



Spoiler for Hadits Shahih Seputar Meninggalkan Shalat:

Beliau Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam telah bersabda, yang artinya:
"Yang membatasi antara seseorang dengan syirik dan kekafiran adalah meninggalkan shalat."
[HR. Muslim dalam Shahihnya (no. 82) dari Jabir bin 'Abdillah radhiyallahu 'anhu]

Beliau Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam juga bersabda, yang artinya:
"Perjanjian antara kami dengan mereka (kaum munafiqin) adalah shalat, barang siapa yang meninggalkannya maka telah kafir."
[HR. At-Tirmidzi (2621), An-Nasa'i (463), Ibnu Majah (1079) dan Ahmad (5/346)]


Setiap dari yang Rasulullah sampaikan bukanlah dari hawa nafsu akal pikiran beliau semata, namun semuanya merupakan wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagaimana beliau merupakan utusanNya. Dan Allah Ta'ala melalui Rasul-Nya mengancamkan dengan kekafiran terhadap setiap dari mereka yang meninggalkan shalat dan tidaklah Allah terima segala ibadah dari mereka. Mau puasa, mau haji, mau rajin shodaqoh tapi gak mau shalat, sia-sia amalannya.

Sehingga bagi yang lalai dalam shalatnya, maka hendaknya: "Shalatlah kemudian tunaikanlah puasa". TS sendiri pernah memiliki beberapa teman yang lalai dalam shalatnya dan gemar dengan perkara maksiat. Nasehat disampaikan untuk bertaubat, ingat kepada Allah Ta'ala, namun semua nasehat disepelekan, berpikir masih muda maka nanti saja taubatnya kalau sudah tua saja. Menjadikan candaan atas sifat Allah yang maha pengampun. Namun diluar dugaan, ternyata ajal menjemputnya lebih awal diusia muda. Sementara hidupnya banyak diisi dengan perbuatan maksiat.


Quote:


Banyak kaum remaja dan bahkan para orang tua yang salah kaprah terkait ngabuburit. Ngabuburit yang pengertiannya adalah menunggu waktu berbuka dihabiskan untuk perkara-perkara yang kurang bermanfaat, seperti jalan-jalan, berbelanja, ke pantai, ke taman kota, dll. Tak hanya waktu terbuang sia-sia, godaan syahwat malah banyak ditemui. Jika ada waktu luang, maka isilah ngabuburit dengan hal yang bermanfaat dan berpahala, seperti membaca Al-Qur'an, membaca kitab-kitab hadits dan yang semisalnya. Manfaatkan waktu untuk perkara yang diridhoi-Nya.



Bahkan bagi sebagian kaum remaja malah ngabuburit dengan cara yang menyalahi syariat, semisal ngabuburit dengan lawan jenis yang bukan mahromnya. TS bahkan pada hari pertama puasa Ramadhan menyempatkan diri melakukan survei di alun-alun kota, dan di sana banyak ditemui pasangan muda-muda yang dempel-dempel berduaan dengan alasan ngabuburit. Belum lagi mereka yang mojok di tempat-tempat sepi. Ini contoh mereka yang berpuasa tanpa dilandasi dengan ilmu, sehingga terjatuh dalam kesia-siaan, hanya dapat lapar dahaga dan dosa!




BERSAMBUNG DI BAWAH INI

Quote:


10 hari terakhir adalah yang paling utama. Bahkan sebagian kaum Muslimin memilih iktikaf di masjid-masjid Allah dan memperbanyak memaksimalkan amalan ibadah. Namun sudah biasa kita temui pada kenyataannya, lebih banyak kaum Muslimin yang lalai dan malah menyibukkan diri dengan mengejar kesenangan duniawi. 10 hari terakhir masjid bukannya makin ramai tapi malah makin makin sepi. Jama'ahnya 'menghilang', pindah ke pusat perbelanjaan sibuk shopping gan.



Pada sebagian orang, lebaran sering menjadi ajang pamer dan berlebih-lebihan. Seolah menjadi suatu kewajiban di masyarakat ketika lebaran semua serba baru: baju baru, celana baru, sepatu dan sandal baru, cat baru, sofa baru, bahkan kendaraan baru sampai dibela-belain kredit leasing. Ada yang jauh lebih utama dari sekedar baju atau celana baru, yaitu pribadi yang baru, pribadi seorang Muslim yang lebih beriman bertaqwa kepada Allah 'Azza wa Jalla, yang beruntung, yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Mustinya bukan malu karena tidak pakai baju baru di waktu lebaran yang kita pikirkan, namun yang lebih utama adalah malu kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala jika kita meninggalkan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan hanya untuk mengejar kesenangan duniawi yang tiada habisnya, sementara kita tidak pernah tau kapan ajal menjemput.



Quote:

Quote:Quote:
Hadir di Acara Buka Puasa Tapi Akhirnya Bolos Tarawih

Biasanya kalau ada undangan buka puasa yang tempatnya di restoran atau mall, sering kali kejadian (termasuk yang dilihat TS juga) bahwasanya kebanyakan malah keasyikan menikmati suasana. Akhirnya ketika waktunya shalat Isya', masih pada di lokasi acara, asyik santai ngobrol kesana-kesini. Dan 'demi kebersamaan' akhirnya banyak yang bolos shalat Isya dan tarawih berjamaah di masjid. Kadang juga pada asyik berbuka dan ngobrol-ngobrol sampai lupa shalat mahgrib. Nah untuk Kaskuser sekalian yang ingin menjalani ramadhan yang penuh berkah dan mengoptimalkan ibadah, jauhi acara-acara berbuka yang malah melalaikan kita dari ibadah.


Quote:Quote:
Update Status Aktivitas Ibadah di Medsos Rawan Menjadi Riya'

Sering sekali kita temui pada waktu bulan Ramadhan dimana orang-orang tertentu gemar mempublikasikan aktivitas-aktivitas ibadahnya dari mulai sahur sampai habis shalat tarawih. Lagi sahur update status yang isinya nampilin makanan mewah, selesai shalat update status kalau abis shalat sambil selfie masih pake baju koko atau mukena, selesai ngaji update status kalau baru ngabisin sekian surat, lagi bagi-bagiin sedekah bungkusan buat fakir miskin langsung selfie dan update di medsos, dan publikasi aktivitas ibadah yang lainnya. Hati-hati, tindakan-tindakan seperti itu rawan terjatuh dalam perbuatan riya'. Untuk apa setiap ibadah yang kita lakukan harus diketahui oleh orang banyak melalui medsos? Jangan sampai karena ingin menciptakan kesan shaleh atau sholehah. Riya' merupakan bentuk syirik kecil yang mana dibenci oleh Allah 'Azza wa Jalla. Riya' akan menghancurkan segala pahala amalan yang terkait dengannya dan malah mendatangkan dosa. Jadi hati-hati terjebak riya'.




Terima kasih untuk agan pulpe  (www.kaskus.co.id) untuk masukannya


Quote:


Jadikan bulan Ramadhan sebagai project pilot untuk bulan-bulan lainnya. Tidak sedikit yang lantas kembali kepada perbuatan maksiat dan dosa selepas berakhirnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri, dikarenakan lemahnya iman dan taqwa yang ada dan tidak memahami esensi dari bulan Ramadhan. Apakah agan atau sista tau bilamana tahun depan bisa menjumpai Ramadhan kembali?



Tiada satupun dari kita yang mengetahui datangnya kematian, termasuk beliau Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam. Dan hendaknya kita bisa menjaga baiknya amal ibadah yang telah diraih selama bulan Ramadhan. Ingatlah bahwa orang yang merugi adalah mereka yang hari ini lebih buruk dari kemarin. Sedangkan orang-orang yang beruntung adalah mereka yang hari ini lebih baik dari kemarin.


Quote:


Berikut ini beberapa ringkasan tambahan terkait bulan Ramadhan, yang sekiranya dapat bermanfaat:
Quote:
Diperbolehkan mengicipi masakan pada ujung lidah, lalu diludahkan dan berkumur
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Muntah tidak membatalkan ibadah puasa, begitu pula dengan kegiatan berbekam
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mimpi basah disertai keluar mani tidak membatalkan puasa, wajib mandi janabah
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Menelan ludah sendiri tidaklah termasuk sebagai perkara yang membatalkan puasa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak sengaja makan atau minum disebabkan terlupa tidaklah membatalkan puasa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Niat untuk berpuasa di lakukan ketika masih malam hari sebelum waktu berpuasa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Orang tua renta, sakit berat dan sulit sembuh dicukupkan dengan membayar fidyah
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Orang sakit yang bisa diharapkan kesembuhannya, mengganti puasanya di lain hari
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ibu hamil dan menyusui yang tidak kuat berpuasa mengganti puasanya di lain hari
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Suntikan obat ataupun infus obat tidak membatalkan puasa, kecuali infus makanan
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Puasa Ramadhan wajib bagi Muslim, baligh, berakal, mukim dan mampu berpuasa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Orang gila tidak wajib untuk berpuasa dan tidak wajib pula untuk membayar fidyah
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Musafir boleh berpuasa ataupun tidak, jika tidak puasa wajib mengganti di lain hari
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Boleh untuk suami bercumbu dan mencium istri selama aman dari keluarnya mani


Sekian sedikit ilmu dan pengalaman yang TS dapat sampaikan dengan harapan semoga bermafaat untuk ane pribadi dan kaskuser sekalian. Adapun jika terdapat kesalahan penulisan atau materi dalam thread ini adalah semata-mata karena kesalahan penulis (jika ada koreksi mohon informasikan via PM), sedangkan kesempurnaan hanyalah milik Allah Subhanahu wa Ta'ala. Wallahu A'lam Bishawab.

Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan dilancarkan serta dimudahkan dan semoga Allah Ta'ala menerima ibadah puasa dari kita semua. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin.


Quote:

Spoiler for Buka:

InsyaAllah tidak repost:
Tulisan karya ane pribadi, jadi gak mungkin repost gans

Spoiler for Buka:

Sumber materi thread:
Catatan taklim plus pengalaman pribadi serta pengamatan sosial


Mari berbagi, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda, yang artinya:
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"
(HR. Ahmad, Thabrani. Hadits shahih.)




  (www.kaskus.co.id)

  (www.kaskus.co.id)

  (bit.ly)

  (kask.us)


Ilmu bermanfaat bray.
Gua prakrekin hari ini ya
Thanks gan sharingnya
Quote:Original Posted By septiansendi
Ilmu bermanfaat bray.
Gua prakrekin hari ini ya

Silahkan gan. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Quote:Original Posted By pamuji2014
Thanks gan sharingnya

Makasih kembali gan. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Selamat mejalankan ibadah puasa
Btw,udah imsyak belum untuk Dki dan sekitarnya?
Biasanya kalo dah keluar dari bulan ramadhan pikiran aneh aneh pada balik lagi gaaan, sepertinya ane kaya gak belajar dari 23 ramadhan yang sudah dilalui
Quote:Original Posted By ciumanpertamax
Selamat mejalankan ibadah puasa
Btw,udah imsyak belum untuk Dki dan sekitarnya?

selamat menjalankan ibadah puasa juga gan
udah imsyak buat DKI dan sekitarnya
Quote:Original Posted By katsurashredder
Biasanya kalo dah keluar dari bulan ramadhan pikiran aneh aneh pada balik lagi gaaan, sepertinya ane kaya gak belajar dari 23 ramadhan yang sudah dilalui

Itulah ciri-ciri orang yang merugi gan. Faktor penyebabnya banyak, antara lain bekal ilmu agama dan pergaulan. Beda efeknya antara banyak bergaul dengan orang-orang shalih dan orang-orang yang lalai. Kodrat iman itu bisa naik dan turun, kl gak dijaga dengan ilmu dan muamalah pergaulan yg baik.. bisa menurun atau bahkan nyungsep. Coba berusaha untuk diupgrade iman dan taqwanya gan..
wahh gan panjang juga yee...ane buk mak dlu aje deh
sekalian ane bantu rate ajah
Ente ustad ya gan, bahasanya halus, enak bacanya, biar panjang tetap ane baca biasanya males baca kalo panjang2
Thanks gan udh ingatin, ane sebagai imam dirumah tangga akan membimbing makmum2 ane ke jannah, aminn YRA
Quote:Original Posted By Paguyuban007
wahh gan panjang juga yee...ane buk mak dlu aje deh
sekalian ane bantu rate ajah

Silahkan dibukmak gan. Makasih udah bantu kasih rate

pake clon aja nih .
numpang pejwan
Quote:Original Posted By yijni
Ente ustad ya gan, bahasanya halus, enak bacanya, biar panjang tetap ane baca biasanya males baca kalo panjang2
Thanks gan udh ingatin, ane sebagai imam dirumah tangga akan membimbing makmum2 ane ke jannah, aminn YRA

Hehehe.. bukan ustadz gan. Cuman penuntut ilmu biasa yang berusaha untuk sering meluangkan waktu untuk menghadiri majelis ilmu.

Quote:Original Posted By dodon1st
pake clon aja nih .
numpang pejwan

yang penting pake celana gan
ramadhan telah tiba

wajib hate nih kayaknya
Ramadhan bulan yg penuh berkah... jgn sia2kan waktu ini...

marhabban ya ramadhan
perbanyak waktu tuk beribadah
Subhanallah.. Semoga selalu ane ingat ni.. Ga cuma anget-nya di awal doank..

Quote:Original Posted By Paguyuban007
wahh gan panjang juga yee...ane buk mak dlu aje deh
sekalian ane bantu rate ajah


Baca aja dulu Gan.. Biar panjang, tapi enteng kok penjelasannya.. Ntar malah lupa lagi.. Hehehee..
*SekedarSaran

Quote:Original Posted By yijni
Ente ustad ya gan, bahasanya halus, enak bacanya, biar panjang tetap ane baca biasanya males baca kalo panjang2
Thanks gan udh ingatin, ane sebagai imam dirumah tangga akan membimbing makmum2 ane ke jannah, aminn YRA


Hahahaa.. Betul..betul..betul.. Enteng tapi dalem..
Nice thread Gan..
menuju pribadi yg baik dari sebelumnya.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar