Pages


Sabtu, 02 Januari 2016

5 keuntungan yang akan didapatkan jika kalian adalah anggota TIM ROBOTIKA !

Quote:
TIM ROBOTIKA


Karena ane anggota tim robotik di kampus ane, ane bakal ngeshare beberapa pengalaman yang udah ane dapet nih gan, semoga bermanfaat !

Quote:1. Belajar Secara Mandiri dan Otodidak


Menjadi bagian dari tim robotik ? belum tentu saat membuat robot kalian mendapatkan semua materi tersebut saat perkuliahan, jikapun dapat, matkul tersebut (robotika) diajarkan di semester akhir di kampus ane, sedangkan menjadi bagian dari tim robotika akan dilakukan seleksi tiap tahun dan kebanyakan yang mendaftar adalah mahasiswa semester awal, dan memang target utama pendaftarnya memang mahasiswa tingkat awal. Kenapa ? mungkin karena mereka dapat memiliki pengalaman menangani robot. Mungkin untuk yang baru masuk gak langsung masuk ke tim lomba, tapi nanti ada pelatihan dan KOMPETISI. iya gan, biar terpacu untuk belajar sendiri.


Quote:2. Berani berbuat dan berani bertanggung jawab, dan problem solving !


Ini lebih berdasarkan pengalaman ane. Pas tahun pertama, ane ngebakar mikrokontroller gan . Di poin ini ane lebih pengen jelasin kalo di tim robotika, kalian mungkin akan menemukan hal-hal "tidak terduga", di saat inilah kemampuan troubleshooting kalian diuji, terlebih lagi saat permasalahan tersebut kalian buat sendiri. Apalagi bagian pemrograman, kalian harus kreatif tuh ngakalinnya biar robotnya jalan, soalnya kalo buat program kan ada banyak jalan menuju roma, namun carilah yang jaraknya paling dekat


Quote:3. Manajemen Waktu


Ngerjain robot semalem kelar ? yakin ? nah ini poin yang cukup penting, karena jika tidak ada manajemen waktu pengerjaan robot, bisa-bisa sehari sebelum KRI belum jadi, bisa kacau gan ! apalagi kalo harus cetak 3D printing lah, cetak PCB lah, ngoding lah (kalo yang ini ada beberapa yang jago semalem kelar )
Tapi memang harus ada pembagian waktu dan pembagian tugas yang jelas untuk membuat robot yang efektif dan efisien

Jika tidak disusun dengan baik, buyarlah semuanya, udah ada jadwal aja kadang harus begadang


Quote:4. Mengelola Amanah


Buat robo perlu biaya besar gan, nah gimana caranya ente sudah dipercayakan oleh pihak rektorat buat mengubah dana besar tersebut menjadi sesuatu yang mengharumkan kampus ente di ajang perlombaan robot ! Dan hal ini menjadi permodelan gimana saat kondisi ente diberi tanggung jawab yang besar nanti


Quote:5. Punya tim yang solid !


Yakin bisa buat sediri ? ane bakal jawab yakin. tapi, bakal makan waktu lebih lama dan agak susah di masalah troubleshooting, soalnya robotik bisa jadi multidisplin. Di tempat ane, dalam sebuah tim, ada bagian Elektrikal, Mekanikal, Programmer, dan Manajer, walaupun gak menutup kemugkinan satu orang bisa jadi multi-engineer. Tapi tetep aja, antar anggota harus punya komunikasi yang baik. Mekanik harus mengomunikasikan desainnya dengan bagian Elektrik untuk pemasangan kabel atau wiring. Bagian Elektrik harus berkomunikasi dengan Programmer dalam bagian Pemrograman Digital dan pemasangan komponen-komponen yang akan diprogram. Fungsi manajer juga penting untuk membagi tugas-tugas dan jadwal kerja, serta mengatur deadline pengerjaan.


tpi latian ngutek2 tuh robot supaya 'jadi' ribet banget gan, sampe sering begadang kata temen ane, apalagi mau kontes robot
mastah bagi ilmunya dong
Jadi pengen ikutan gan
Ane Suka tentang Ginian
bisa ketemu optimis prem gan
Quote:Original Posted By kamujahat21
Jadi pengen ikutan gan



ada robot gedek
share tutorial bikin robot sederhana donk...
ane mau bikin robot yang bisa lulus tes "saya bukan robot"
Quote:Original Posted By greenlazer
share tutorial bikin robot sederhana donk...


Ada yang ngerequest nih

Siapa tau bisa bikin transformer

Quote:Original Posted By greenlazer
share tutorial bikin robot sederhana donk...


Enteng mejeng aja, di room micro controller dan arduino
Quote:Original Posted By kamujahat21
Jadi pengen ikutan gan


g tahun baruan...
Ane gak ngerti soal robotika
Mantab! Lanjutkan gan...
Btw kalo tim robotika suka pake bahasa tertentu ga untuk komunikasi dgn team? Semisal bahasa robot gitu?
jadi nyesel pas dlu kuliah ga ikutan robotik.
Banyak untungnya
Jangan lupa keliling ke luar negeri gratis gan. (kalo berprestasi)
Bakal jadi keren bree kalo berhasil ngerakit noh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar