Pages


Kamis, 21 Januari 2016

Bahan disekitar Kita Untuk menangani Luka Bakar Ringan



gak nyangka dapet HT#17 dan double HT gini, suwun mimin dan juragan kaskus sekalian

Spoiler for bb:


Halloha again para juragan
Gak bosen2nya nih pada mampir di trit ane
kali ini ane bakal berbagi informasi seputar tips menangani kecelakaan ringan gan


Menindak lanjuti trit ane yang sebelumnye yaitu tentang Bahan di sekitar kita untuk mengobati luka berdarah.
bagi yang belum tahu nih tkp nye



karna di trit yang ntu ada beberapa koment juragan tentang luka bakar, dari itu ane tertarik bikin trit ini yang bahas beberapa langkah sederhana mengggunakan bahan2 sedehana juga untuk melakukan penolongan pertama pada luka bakar. semoga bisa bermanfaat
Spoiler for cek repsol dulu gan:

dari ke tiga trit hasil pencarian diatas isinya hampir sama gan membahas tindakan pertama pada pasien luka bakar bukan khusus ke luka bakarnya, secara umum menggunakan bahan2 dari hasil medical dan cream penyembuhan kulit
nah agak beda dengan trit ane, pertolongan pertamanye pada daerah luka bakar ringan dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapat di sekitar kita gan


Kecelakaan adalah kejadian umum yang dapat terjadi pada siapa saja ya gan, dan tidak dapat dihindari kalo memang jatahnya terjadi. bagaimanapun kita mencegah kalo namanya udah apes pasti tetep kena juga nah Ketika terjadi kecelakaan kecil dan mengakibatkan luka bakar, pertolongan pertama apa yang harus juragan lakukan?

Berikut ane tampilin beberapa bahan untuk memberikan pertolongan pertama pada luka bakar ringan gan :

Spoiler for 01 Siram dengan air:


Untuk yang pertama ini ada pro kontra nya gan. ada yang bilang jangan di siram pake air ada juga yang bilang boleh. tetapi secara yang medis diperbolehkan karna untuk mengurangi rasa sakit dan rasa panas, karna ketika juragan kena luka bakar, juragan perlu mengurangi suhu daerah tubuh yang terkena. Untuk ini, agan bisa menyiramkan air dengan segera. Ini dapat mengurangi juga menghindari rasa sakit dan lecet. Hal ini harus dilakukan sebelum menerapkan prosedur pertolongan pertama lainnya gan
usahakan gunakan air yang mengalir yee gan


Spoiler for 02 Madu:


Selanjutnya bisa gunakan madu gan. madu mempunyai efek mendinginkan dan mengobati luka bakar pada kulit. Terlepas dari penyembuhan luka, madu juga dapat bermanfaat untuk melindungi bagian tubuh yang terkena infeksi. Caranye goleskan sedikit madu pada kulit yang terkena luka bakar untuk meringankan rasa nyeri dan sakit akibat luka bakar agan


Spoiler for 03 Kunyit:


Kunyit adalah salah satu rempah –rempah yang dapat mengobati berbagai penyakit gan dan juga efektif digunakan pada luka bakar Caranye buat pasta dari kunyit dan tempelkan pada bagian tubuh yang terbakar . Ini dapat meredakan rasa panas dari kulit yang terbakar gan
ada juga yang menyarankan dicampur dengan air kelapa gan, carannye :

Spoiler for cara:
1. campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih.
2. Tambahkan air kelapa
3. oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas
Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh



Spoiler for 04 Cuka:


pake cuka juga bisa gan, tapi jangan langsung di siramin ke luka bakarnye
Caranye campurkan cuka dengan air, kemudian rendam sepotong kain didalamnya. Kompres luka bakar tersebut dengan kain rendaman air cuka, cara ini bisa meringankan luka bakar gan
.


Spoiler for 05 Lidah Buaya:


Lidah buaya memang tanaman yang bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit gan, ada juga yang di olah buat dijadiin cemilan atau bahan minuman yang kaya manfaat dan ternyata juga dapat mengobati luka bakar gan. Caranye terapkan daging dari lidah buaya langsung pada luka bakar yang agan2 alami. cara ini dapat mengurangi sensasi terbakar dan mengurangi infeksi serta kulit yang lecet kulit normal aja kalo maskeran pake lidah buaya rasanya semriwing dingin2 gan


Spoiler for 06 Pasta Gigi:


kalo yang ini dah umum kayaknya yee gan. termasuk praktek lama tapi menerapkan pasta gigi pada luka bakar dapat membawa manfaat yang luar biasa gan. Hal ini karena, selain dapat mendinginkan daerah yang terkena luka bakar, juga dapat mengurangi kulit yang lecet

Yang satu ini banyak ada yang pro kontra gan, ane dapet mesej dari kaskuser nih ane tampilin disni
Spoiler for pasta gigi:
Jakarta, Saat tangan melepuh karena tersiram air atau minyak panas, tidak sedikit orang yang langsung mengolesi luka bakar tersebut dengan odol alias pasta gigi. Sayangnya ini adalah cara salah yang justru membuat luka makin parah.

Kulit yang terkena luka bakar biasanya terasa panas dan seperti orang melepuh sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di badan. Masyarakat awam seringkali mengobati luka bakar dengan mengoleskan odol, margarin atau minyak. Padahal hal tersebut tak diperbolehkan, karena itu bukanlah pilihan yang benar.

"Untuk luka bakar ringan, pertolongan pertamanya yaitu diguyur air yang mengalir dari kran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es," jelas dr Vera Ikasari, SpBP, spelialis bedah plastik dari RSU Bunda, saat ditemui dalam acara Media Gathering Peluncuran Wound Care, di RSU Bunda, Menteng, Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Menurut dr Vera, pasta gigi tak bisa meringankan luka bakar. Berbagai kandungan zat di dalamnya, seperti pemutih dan pewarna, justru malah bisa memperparah luka dan memicu timbulkan infeksi.

Mengolesi pasta gigi atau mentega pada luka bakar juga bisa menutupi kulit dan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh, yang akhirnya menghambat proses penyembuhan.

Cara terbaik untuk pertolongan pertama pada luka bakar ringan adalah mengguyurnya dengan air mengalir atau air es. Guyuran air kran atau es yang mengalir dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, tidak mengikuti suhu tubuh. Tujuannya, agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

"Karena biasanya proses luka bakar belum selesai. Kalau sekarang tersiram air panas, melepuh tapi dibiarkan, besok lepuhnya akan semakin lebar. Itu karena proses luka bakarnya terus terjadi. Nah, air mengalir atau es ini fungsinya untuk menghentikan panas dan luka bakarnya tidak semakin parah," tutupnya


sumber dari detik.com


Kalo dari ane sendiri sih kalo ada bahan selain pasta gigi mending pake selain pasta gigi dulu, dan juga ini unutk luka bakar ringan artinya yang tisak parah kayak kena knalpot kesulut rokok apa korek gitu, kalo unutk luka bakar sedang atau parah ya mending langsung panggil bantuan medis


Spoiler for 07 Tinta Pulpen:


kalo yang ini ane juga baru tau gan tapi menurut sumber efeknya sama kayak pasta gigi bisa mendinginkan luka bakar dan mengurangi kulit yang lecet gan tapi kayaknya susah dan cari tinta pulpen disaat kena luka bakar, bisa2 malah luka bakarnya dicoret2 pake pena


Spoiler for 08 Lotion Antiseptik:


Kalo lotion antiseptik ini salah satu cara yang paling umum untuk mengobati luka bakar para juragan. dan gak ada salahnya juragan menyimpan beberapa lotion antiseptik di rumah, sebagai pertolongan pertama pada luka bakar jika agan2 mengalami kecelakaan ringan


Itu dia gan beberapa bahan yang dapat kita gunakan jika kita mengalami luka bakar ringan
bahan-bahannya mudah didapat sehingga kita tidak perlu panik dan berlama-lama mencari penanganan pertama pada luka bakar
selalu berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun gan, karena kita gak tau apa yang bakal terjadi
lebih baik mencegah daripada mengobati, kalo tetep apes juga bisa gunakan salah satu cara diatas
para juragan kalo kalo ada yang punya tips dan cara lain buat ngadepin luka bakar ringan monggo dishare ntar ane pejwan



sekian aje gan capek ngetiknye
jangan lupa kalo berkenan
ama jangan lupa juga jejaknye


Spoiler for sumber:
sumur
sumur juga
sumur sumber
pict dari mbah gugel








~~~ PERTAMAX ~~~

~~~ SARAN PARA JURAGAN ~~~
Quote:Original Posted By khiye80
udah coba tepung terigu gan??

ane selalu sedia tepung terigu di toples, jadi klo misal ane ato bocah kena penggorengan panas ato apalah gitu, lgs dicelupin aja ke dalamnya, kira2 10 menit, bekas yg kebakar tadi udh gak perih sama sekali...


Quote:Original Posted By godok
oli gan, dijamin makyusss.. rasa sakit lansung hilang dlm sekejap...


Quote:Original Posted By ginsengpalsu
kalo ane , ane biarin aja gan , asal jangan basah nanti malah benyek


Quote:Original Posted By darman3
pake BENSIN gan. bensin kan dingin maknyoss gitu...
Caranya cukup di oles atau tetesin di kulit yg terbakar. kalo masih berasa panas ya tetesin terus.
Paling manjur kalo kecium knalpot... dijamin gak mlendung kulitnya.


Quote:Original Posted By antokoplak
Kalo odol ga boleh gan... Coba kecap,...krn mengandung protein


Quote:Original Posted By andriliu
ane biasa pake air,
sama pake odol gan


Quote:Original Posted By niel182
menurut pengalaman ane pasta gigi emang lumayan membantu tapi nanti ada bekas lukanya gan,, kalo mau ga da bekasnya pake minyak keletik gan,, dijamin cepet sembuh dan ga bakalan ninggalin bekas luka,,, langsung olesin ketika kena bakar jangan telat,,,
pengalaman pribadi

pejwan gan soalnya masih jarang yang tau


Quote:Original Posted By ikascreamz
pke odol klo kena kenalpot sembuh tpi klo yang luka bakar laen mah mending cara laen j deh


Quote:Original Posted By ABCoffee
Gan... Sekedar masukkan saja, untuk penanganan Luka bakar yang paling efektif adalah: hanya dengan diguyur air dengan suhu biasa sebelum mendapatkan perawatan medis. Waktu dulu kemungkinan masyarakat kita karena belum mengerti atau hanya sekedar coba-coba banyak yang masih menggunakan bahan-bahan seperti tersebut di atas. Bisa jadi resiko yang disebabkan dari bahan-bahan tersebut dapat menambah parah luka atau terjadi infeksi. So, amannya yah pake guyuran air putih. Ok gan... Keep posting and keep safe.


Quote:Original Posted By Okutet
yang sering pakai pasta gigi atau odol itu gan..
adem mak nyez gitu rasanya


Quote:Original Posted By frizy.rusty
Pake cara ane gan, dijamin 100% ampuh dah ane uji coba.

Ambil tepung terigu, yang halus. Yang pasti tepungnya kering, jangan yang udah jadi adonan. Nanti malah buat kue.
Balurin bagian yang kena luka bakar sama tepung terigu, sampai rata dan tertutup semua. Biarin beberapa saat, jangan dikenain air dulu selama beberapa jam. Hasilnya rasa perih akan berangsur hilang, dan tidak ada bekas luka menonjol (berisi air) di permukaan kulit. Pokoknya kaya gak pernah ada luka bakar deh.

Biasanya kalo kena minyak panas atau air panas ane lakuin hal ini, dan selalu manjur gak ada bekasnya. Tapi untuk luka yang terbuka, kaya misalkan kena knalpot sampai kulit terkelupas ane belum coba.

Silahkan dicoba kalau ada kesempatan.


Quote:Original Posted By solehikhsanudin
ane dulu pas kecil pernah melepuh kena knalpot trus sama bokap ane dikasih pasta gigi, kalo madu kayaknya emang banyak manfaatnya


Quote:Original Posted By jureta
setau ane penggunaan pasta gigi (odol-merk) untuk luka bakar itu tidak diperkenankan ya.
Soalnya kandungan pemutih dan pewarna bisa menimbulkan iritasi pada luka bakar, yang ujung-ujungnya menghambat penyembuhan.
CMIIW


Quote:Original Posted By fafaservice
Pake kecap gan, sy dulu pernah kena minyak panas waktu goreng ikan. nah tuk minyak panas mercik dan kena ketangan saya gan. Rasanya wah panas gan. karena bingung di diobatin pake apa, kebetulan tu di rak bumbu daput ada kecap manis botolan. Lalu saya usapin aja tu yang kena minyak panas pake kecap manis, Hasilnya rasa panasnya perlahan hilang dan lukanya ngga melepuh gan. malah waktu dah kering tu kulit ngga ada bekas gan.

ada lagi waktu sy kena kenalpot motor, langsung aja tu saya olesin pake oli gan. nah tu panasnya hilang dan ngga melepuh gan.


Quote:Original Posted By figonaya
Kalo yang ringan sih biasanya ane rendem di air karena pernah dengar kalo kita harus netralin suhu didalam yang kena bakar / tersiram , Untuk melembung atau ga nya tergantung parah ga nya luka itu. Nah kalo melembung gitu jangan takut buat mecahinnya
Untuk bekas kayaknya semua luka bakar akibat apapun pasti ninggalin bekas apalagi knalpot. Tapi ga tau juga ya kalo pake oli beneran ga ninggalin bekas.


Quote:Original Posted By whatever.i.am
sedikit sharing, gan :
beberapa hari kemarin ane kena luka bakar (knalpot), ama ortu ane disuruh kasi odol (pasta gigi) .. setelah dua hari, ane masih ngerasa panas dan luka bakar ane keliatan sedikit item ... malemnya ane ke apotek K**** F****, kata mbak-mbak apotekernya suruh pake BioPlancenton atau nggak Minyak Tawon ... kata mbak-mbaknya harusnya langsung di hari yang sama pas kena luka bakar, jadi ane sedikit telat, gan


Quote:Original Posted By bang.rick
oh iya gan ane mau tambahin satu lagi,manjur nih bahan pakai ini saat luka bakar di oleskan aja gan ke luka bakarnya sampe terassa adem atau gak 3 kali, kalau bisa taruh di pejwan gan


Quote:Original Posted By mawltampan6
kalo ane c lbh suka dijilat gan, krn air liur kita mengandung zat yg bisa menyembuhkan luka,,


Quote:Original Posted By peachy25
pengalaman ane kesiram minyak panas di alirin air biar suhu disekitar kulit jadi adem lagi ga nyebar terlalu parah, terus pake salep luka bakar yang cina deh, ampuh ga terlalu parah dan ga jadi berair lukanya


Quote:Original Posted By malinkundang56
kalau mau pakai pasta gigi, harus didiamin ampe 3-5 menit baru dioles. Jangan lansung agan, nanti benar-benar bisa melepuh


Quote:Original Posted By Mike142
Kalo yang odol atau pasta gigi kayanya tergantung kandungannya ya gan

Pengalaman ane pernah kena knalpot dan itu lebih dari 1 detik karna keseret, langsung ane kasihin odol pepsodent merah, 5-10 menit kemudian ane malah gak sadar kalo ada luka bakar karna gak berasa sama sekali dan bisa dipegang2

Tapi pernah juga pake odol ciptadent yang putih itu, tetep aja gak ilang panas nya


Quote:Original Posted By Hubaibz
Anjay bgt yg ngolesin minyak ato margarin ke luka terbakar/melepuh... Dikira jagung bakar apa diolesin margarin -_-

Kejadian ane waktu kecil kesiram minyak panas diseluruh tubuh, sama emak ane langsung cepet2 diolesin odol keseluruh tubuh ane... Alhasil gak ada bekas luka bakar/melepuh... Terima kasih emak :*


Quote:Original Posted By Nafilalisyah
Pake tepung ampuh gan, ane sore kesiram air mendidih baru mateng se telapak tangan, ane langsung kasih tepung dan malemnya rasa sakitnya hilang gan, nggak berbekas pula.


Quote:Original Posted By fadleyz
Odol? Jangan deh gan

Ni pengalaman adek ane kena knalpot malem takbiran pas lebaran kemaren, sama bokap ane suruh siram pake minyak tanah, eh sekarang ga berbekas. Beda kayak ane, ane kena knalpot. Berhubung saat itu ane lagi boke, ane nekat pake saran orang orang di internet, pake es batu lah, pake tomat lah, sempat bernanah juga tuh luka dan sekarang bekasnya kelihatan jelas.


Quote:Original Posted By AoiNagase
pengalaman ane kena knalpot. yang pertama harus dilakuin ya cari air mengalir gan. dari kran tuh contohnya gan. abis itu ke apotek deh cari salep


Quote:Original Posted By hohothere
ane selalu pake odol/pasta gigi gan kalo kena luka bakar


Quote:Original Posted By indonesian1
Kalau yang pasta gigi ane udah tau ga boleh. Malahan ntar luka bakarnya bakalan ninggalin jejak. Kalau yang tinta pena ini ane baru tau, agak kaget juga. Masa sih bisa pake tinta?.

Tapi ane saranin deh, madu & lidah buaya. Bener-bener joss itu buat ngobatin luka apa aja, bahkan jadi cepat kering juga.


Quote:Original Posted By moenyabie
kalau luka bakar yang nggak parah diguyur air gakpapa gan.
kalau luka bakar parah setau ane nggak boleh langsung diguyur air


Quote:Original Posted By sangdedi
Damn.. akhirnya terjawab juga pertanyaan gw selama ini
Cuka bisa buat luka bakar gan.. ga percaya ?? nonton aja film fight club-nya si brad pitt
mohon masukin halaman depan ya gan.. makasih


Quote:Original Posted By iki0903
odol gan.pengalaman sampe sekarang kalau keciprat minyak panas pas llagi nge goreng,langsung dioles pake odol.nanti kalau udah sekitar set jam di cuci,nanti gak akan bengkak


Quote:Original Posted By wellbee
kalo ane dulu pernah kesiram air panas gan.. ane langsung siram pake air mengalir selama 5-10 menit gan, suhu kulit disekitar adem gan. Kalo ente ada waktu luang, langsung aja ke apotik beli salep khusus luka bakar, kalo ane dulu pake bioplacenton. Tapi karna dulu ane kejadiannya pas malem banget, jadi apotik sepertinya udah tutup, ane olesin minyak tawon dlu, baru besoknya beli bioplacenton.. Kulit ane yg dulu melepuh sekarang numbuh lagi gan, bekasnya gak jelek dikulit sih kyak warnanya belang gituh, tapi gak semuanya.. mungkin yg area yg lebih fatal tersiram air panasnya


Makasih gan, sekarang ane vaham
kalo luka bakarnya di hati, enaknya diolesin apa bray..?
tinta bulpen bisa?
Quote:Original Posted By internet.com
tinta bulpen bisa?


Diminum apa ditetesin mata gan..?
Kalo diperhatikan dengan seksama dan tempo singkat.. Threadnya TS membahas luka trs nih.. Cuma klo luka tusbol blm dibahas nih
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
kalo luka bakarnya di hati, enaknya diolesin apa bray..?


Berat ni pertanyaan..
Madu emg ngeri khasiatnye..
oli gan, dijamin makyusss.. rasa sakit lansung hilang dlm sekejap...
Quote:Original Posted By uklunk
Makasih gan, sekarang ane vaham

sama sama gan

Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
kalo luka bakarnya di hati, enaknya diolesin apa bray..?

yaelah baper mulu ente

Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Kalo diperhatikan dengan seksama dan tempo singkat.. Threadnya TS membahas luka trs nih.. Cuma klo luka tusbol blm dibahas nih

sabar bray nti juga dateng saatnye bahas pasal ntu
Quote:Original Posted By angindueh


Berat ni pertanyaan..


Beratan mana, sama penderitaan yg ente alamin..?
info bagus ni..
dulu ya..
yg pake tinta bulpen ane juga baru tahun gan, tapi apa malah gak kotor ya
Coba ah pake madu, kalo disiram pake air malah sesudahnya jadi perih
kalo ane , ane biarin aja gan , asal jangan basah nanti malah benyek
odol juga bisa gan untuk luka bakar...
Quote:Original Posted By godok
oli gan, dijamin makyusss.. rasa sakit lansung hilang dlm sekejap...

gak perih gan

Quote:Original Posted By andi.ffi
info bagus ni..
dulu ya..

ma kasih gan

Quote:Original Posted By parasyte
yg pake tinta bulpen ane juga baru tahun gan, tapi apa malah gak kotor ya

layya itu gan, kalo ada yang laen mending yg lain dah kayak madu tu
Quote:Original Posted By icronnec
Coba ah pake madu, kalo disiram pake air malah sesudahnya jadi perih

iye bner gan, tapi lebih bagusnye di siram dulu pake air baru dikasih madu

Quote:Original Posted By ginsengpalsu
kalo ane , ane biarin aja gan , asal jangan basah nanti malah benyek

bisa sih gan tapi proses nya lama biasanya

Quote:Original Posted By gue.dhan
odol juga bisa gan untuk luka bakar...

iye tu gan pasta gigi
masih pejwan ga?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar