Pages


Minggu, 17 Januari 2016

BISAKAH SINGLE PARENT MENJADI PEREMPUAN INSPIRATIF??


Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh


Thread ini ane persembahkan untuk para sista/ibu single parent yang sedang berusaha bangkit dan yang tetap gigih berjuang untuk anak-anaknya.
Ane bukanlah seorang single parent, ane juga bukanlah seorang yang dibesarkan di keluarga single parent. Tapi disekitar ane, banyak para single parent (orang tua tunggal) yang luar biasa, berusaha bangkit dari keterpurukan dan berjuang demi anak-anaknya. Seperti kakak ipar ane yang terpisah jarak dengan suami, mengharuskannya mengasuh 3 orang anak perempuan dan seorang adik laki-laki yang hampir seusia anak pertamanya, uwa ane yang telah bercerai dengan suaminya harus banting tulang mencari nafkah serta mengurus 3 orang anak laki-lakinya , tetangga ane yang sampai saat ini masih berjuang mengasuh, mendidik dan membiayai 5 orang anaknya seorang diri setelah ditinggalkan oleh suaminya entah kemana, dan teman-teman ane yang menjadi seorang single parent di usia yang masih sangat muda. Mereka semua sangat menginspirasi dan menyadarkan ane tentang kerja keras, melawan rasa lelah dan terpuruk, pantang menyerah dan selalu bersyukur dalam menjalani hidup.
Disini ane mau berbagi sedikit ilmu yang ane peroleh dari sebuah buku yang ane baca. Yang aplikasinya bisa dilakukan oleh agan maupun sista yang single parent. Harapan ane, thread ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya sista-sista. Selamat membaca…
Quote:


ORANG TUA TUNGGAL
Orang tua tunggal bisa didefinisikan sebagai orang yang mengasuh anak sendirian, entah karena sudah tidak memiliki pasangan (bercerai, meninggal atau tidak menikah) atau yang masih memiliki pasangan tetapi terpisah oleh jarak karena berbagai sebab, seperti bekerja atau belajar. Masing-masing memiliki permasalahannya sendiri-sendiri karena mengasuh anak berdua dengan pasangan tentu saja berbeda dengan mengasuh anak seorang diri. Namun, bukan berarti mereka memiliki beban yang lebih besar dari orang tua pada umumnya. Sebab semua pasti kembali pada masing-masing pribadi.

Spoiler for HIDUP ITU SEBUAH PILIHAN:



HIDUP ITU SEBUAH PILIHAN
Tahukah sista bahwa hidup sista sekarang ini adalah pilihan bebas dari sista sendiri? Kita sering berpendapat bahwa hidup kita dikendalikan oleh orang lain, oleh orang tua, oleh ketidakberdayaan diri sendiri, oleh adat, dan oleh kebodohan kita sendiri. Bila kita pikirkan lebih dalam, apapun alasannya, ketika kita mengambil keputusan untuk hidup kita, itu artinya kita sudah menjatuhkan pilihan.
Menjadi orang tua tunggal juga adalah sebuah pilihan. Apabila sista mengatakan bahwa kondisi sista sebagai orang tua tunggal bukanlah pilihan sista, itu karena sista belum menyadari bahwa sebuah keputusan sesungguhnya diambil setelah melalui proses pemikiran. Sebuah keputusan adalah sebuah pilihan.
Lantas bagaimana jika sista menjadi orang tua tunggal sebagai akibat pasangan sista meninggal dunia? Itu artinya kehidupan sista telah ditentukan oleh Tuhan. Dan pilihan Tuhan pasti yang terbaik untuk sista. Butuh kedewasaan rohani untuk memahami hal ini.
Kemampuan untuk menghargai diri sendiri membuat kita berhenti menyesali hidup dan memotivasi untuk menjalankan tanggung jawab dan konsekuensi atas pilihan yang telah dijatuhkan, termasuk hidup sebagai orang tua tunggal.
Masa lalu, termasuk kesalahan dalam pengambilan keputusan atas hidup, adalah hal yang boleh sesekali ditengok untuk bercermin, dan sebagai motivator untuk menjadi lebih baik.


Spoiler for BANGUN KONSEP POSITIF:



BANGUN KONSEP POSITIF
Perilaku dan emosi dibangun oleh persepsi. Persepsi yang positif membentuk perilaku dan emosi yang positif, demikian sebaliknya. Persepsi yang positif tentang orang tua tunggal sangat membantu dalam menyikapi peran sebagai orang tua tunggal. Oleh karena itu, jika sista adalah orang tua tunggal yang masih belum memiliki perspektif positif tentang peran dan hidup sista, segeralah memperbaikinya.
Menjadi orang tua tunggal membutuhkan keberanian, itulah sebabnya sista perlu membangun konsep yang positif tentang peran dan hidup sista. Gunakan sugesti positif sebagai sarananya. Misalnya,”Aku adalah orang tua tunggal yang mampu mengasuh anak dengan baik… Yes!!!” atau, “Aku adalah ibu yang baik meskipun hanya mengasuh sendirian, Yes!!!” Berikan tekanan yang penuh semangat ketika mengucapkan sugesti sista, sista akan mendapatkan semangat baru untuk menjalani peran sista. Ucapkan sesering sista inginkan. Meski pada awalnya tampak aneh tetapi rasakanlah perubahan dalam hidup sista yang pasti lebih bersemangat dalam hidup sista .


Spoiler for BERSYUKUR ADALAH KEKUATAN MAHA DAHSYAT:



Dengan bersyukur, kita akan mampu melihat hal-hal yang sebelumnya tidak tampak dimata kita. Dengan bersyukur, hal yang sebelumnya kita anggap sebagai hal yang menjengkelkan, berubah menjadi hal yang indah. Bersyukurlah atas hal-hal kecil yang sista peroleh dan sista rasakan. Sista akan mendapati bahwa sista memperoleh hal-hal indah yang lebih besar lagi, demikian seterusnya. Karena syukur adalah kekuatan yang maha dahsyat.


Spoiler for JANGAN TEMPATKAN DIRI SISTA SEBAGAI KORBAN:



Menjadi orang tua tunggal bukanlah berarti menjadi KORBAN. Jika sista masih merasa demikian, segeralah mengubahnya. Posisikan diri sista sebagai pengambilan keputusan.
Seorang pengambil keputusan adalah yang memiliki otoritas, khususnya terhadap dirinya sendiri. Ketika sista merasa memiliki otoritas terhadap diri sista sendiri, harga diri sista akan membaik. Sista akan merasa bahwa apa yang sedang terjadi, termasuk kerepotan mengasuh anak, adalah konsekuensi dari keputusan sista sehingga sista memiliki kekuatan untuk menjalaninya.

Tabel di atas hanyalah sebuah wacana. Sista bisa merefleksi menggunakan cara berbeda. Apapun cara sista, jika hal itu bisa membantumu, silakan sista lakukan.

Spoiler for BELAJARLAH MENGELOLA RASA BERSALAH:

Menjadi orang tua tunggal sering membuat seseorang dihantui rasa bersalah, kepada anak, kepada keluarga, kepada diri sendiri. Rasa bersalah itu wajar, tapi jika lantas dihantui rasa bersalah, harus segera di atasi. Rasa bersalah yang berlebihan akan membuat jiwa menjadi sakit sehingga butuh pengobatan, pengobatan yang sampai pada penyakit yang sesungguhnya. Terapi “I love You” berikut ini bisa dicoba agar rasa bersalah berkenaan dengan menjadi orang tua tunggal bisa dilepaskan sehingga mampu mengasuh anak dengan hati yang ringan dan bahagia.
Spoiler for terapi I love You:

# ciptakan suasana hening. Untuk membantu suasana bisa gunakan music relaksasi.
# bayangkan wajah orang yang selama ini membuat sista merasa bersalah.
# katakanlah,”aku mencintaimu ………………………… (sebutkan nama orang tersebut).
# lanjutkan dengan mengatakan,” aku menyesal karena telah ……………………….. (sebutkan kesalahan yang sista lakukan)
# kemudian ikuti dengan kalimat,”maafkan aku ……………………… (sebut nama orang tersebut)
# dan yang terakhir “Aku mencintaimu ……………………………..
# tarik nafas dalam dan rasakan perubahan perasaan sista.

Spoiler for BERDAMAILAH DENGAN DIRI SENDIRI:

Ketika kita menerima dan mencintai diri sepenuhnya itu artinya kita berdamai dengan diri sendiri.kita tidak bisa berdamai dengan diri sendiri ketika kita selalu menolak apa yang ada dalam diri kita. Kita sering tidak menyadari bahwa penolakan kita terhadap orang lain atau pikiran negatif tentang orang lain, adalah merupakan penolakan dan pemikiran negatif tentang diri sendiri. Tahukah sista bahwa kita sering melihat kelemahan diri kita dalam kelemahan orang lain? Kita mungkin tidak berdaya untuk mengatasi kelemahan kita sehingga kita juga membenci tindakan orang yang mencerminkan kelemahan diri kita.

Spoiler for CINTAI DIRI ANDA:



Sebagai orang tua tunggal, sista tentu harus memiliki tabungan cinta yang banyak agar sista dapat membagikannya kepada anak-anak sista. Tabungan cinta yang tidak boleh habis sehingga anak-anak sista tidak kehabisan cinta.
Untuk bisa memiliki tabungan cinta, sista harus sudah mampu merasakan cinta. Sista tidak perlu mencarinya diluar diri sista karena sering hanya membuat sista kecewa. Carilah cinta dari diri sista sendiri. Sista bisa menumbuhkannya dengan cara:
*memfokuskan diri pada kelebihan yang sista miliki
*menggunakan terapi sederhana, yaitu memejamkan mata. Membayangkan dihadapan sista ada sebuah cermin, mengamati bayangan di cermin, dan mengucapkan “ I love you pada bayangan diri sista”
*menggunakan terapi “I love you”

Spoiler for ISILAH PIKIRAN DENGAN SUGESTI POSITIF:

Orang tua tunggal membutuhkan energi yang banyak untuk bisa menjalani perannya. Energy tersebut datang dari pikiran yang baik. Untuk itulah perlu kiranya para orang tua tunggal belajar menyugesti diri sendiri dengan kalimat yang memotivasi.beberapa hal berikut ini bisa digunakan untuk mengisi pikiran dengan sugesti positif:
# buatlah kalimat sugesti yang bisa memotivasi, misal “saya adalah ibu yang mampu membuat anak-anak saya berhasil dalam hidupnya.
#cermati perasaan yang muncul. Jika ada sisi lain dari sista yang menolak, itu berarti pada saat yang sama focus pikiran sista adalah pada kelemahan atau sisi negatif sista. Segeralah menghalaunya sampai sista bisa menerima sugesti dengan perasaan tenang.
#lakukan sugesti positif sesering sista inginkan, terutama ketika menjelang tidur agar segera masuk ke dalam pikiran sista.


Spoiler for PASRAH ITU INDAH:



Setiap orang, tidak terkecuali orang tua tunggal pasti ingin dimampukan untuk menjalani peran dalam hidupnya dengan baik. Pasrah adalah salah satu cara yang bisa membuat seseorang mampu melakukan hal-hal yang sering dianggap sebagai keajaiban.
Pasrah itu bukan putus asa karena meninggalkan perasaan tenang, damai dan keyakinan. Pasrah ada dalam diri seseorang ketika orang tersebut bisa menerima kondisinya apa adanya tanpa keluhan dan dengan senang hati, tidak ambisius, meski tetap menyimpan harapan.
Kepasrahan hanya bisa diperoleh ketika seseorang memercayakan hidupnya pada Sang Pencipta. Oleh karena itu, mendekatkan diri pada Sang Pencipta bisa membantu seseorang untuk mencapai kepasrahan.

Spoiler for BERI WAKTU UNTUK DIRI SENDIRI :



Meski sebagai orang tua tunggal sista memikul banyak kegiatan, namun, bukan berarti sista harus menghabiskan waktu sista untuk semua itu. Sisihkan waktu untuk diri sendiri agar sista tidak kelelahan menjalani hidup sista. Ke salon, ke pusat kebugaran, jalan-jalan, menonton televise atau film, mengikuti seminar atau lokakarya untuk pengembangan diri, bahkan menyendiri di kamar sambil mendengarkan musik kesukaan sista, bisa sista lakukan untuk memberi waktu pada diri sendiri. Tuliskan kejadian indah yang sista alami dalam buku harian sista untuk memotivasi hidup sista.
Memberi waktu pada diri sendiri harus segera sista lakukan agar sista dapat menikmati hidup sista secara lebih sempurna.


Spoiler for SISTA PASTI BISA MENJADI ORANG TUA YANG HEBAT:

Untuk menjadi hebat tidak perlu harus melakukan hal-hal yang besar dan menghebohkan. Melakukan hal-hal kecil dan ikhlas hati adalah hal yang hebat. Ini pula yang perlu ditanamkan kepada anak-anak kita. Beberapa hal berikut ini, diharapkan mampu membantu sista menjadi orang tua tunggal yang hebat. Sebab, orang tua tunggal yang hebat adalah orang tua yang bisa menikmati perannya sebagai orang tua bagi anak-anaknya.

  1. Menghayati bahwa anak adalah anugerah

    Lihatlah ke sekeliling, ada berapa pasangan suami istri yang sangat menginginkan anak, tetapi belum juga mendapatkannya? Jika saat ini sista sudah memiliki anak, berarti sista sangat beruntung. Perhatikan dan amati anak dikala tidur atau melakukan aktifitas pribadi seperti belajar atau berdandan. Amati sungguh-sungguh dengan hati sista, bandingkan dengan ketika mereka masih bayi, sista akan merasakan kekaguman yang luar biasa.
  2. Menyamakan persepsi dengan anak, tentang berbagai persepsi hidup, seperti tentang ayah atau ibu yang baik, anak yang baik, rasa bahagia, keberhasilan dan lain-lain.
  3. Sadarilah bahwa anak bukanlah sista, belajar itu butuh proses, sista perlu melatih kesabaran untuk mendampingi proses belajar anak, terutama tentang kehidupan. Dan memotivasi yang benar, bukan dengan cara merendahkannya, berilah semangat tanpa harus menyebabkan luka di hati anak.
  4. Anak bukan sarana penebus obsesi masa lalu

  5. Selaraskan tutur kata dan tindakan, misalnya jangan berjanji jika tidak bisa menepati, lakukan tindakan nyata bukan sekedar kata-kata.
  6. Orang tua memiliki sumbangan atas kepribadian anak, anak membangun kepribadiannya dari meniru, meniru terhadap apa yang didengar, dilihat, dirasakan, dan kepribadian sesungguhnya adalah sebuah kebiasaan , kepribadian adalah respons yang berulang.
  7. Jalin komunikasi efektif dengan anak

  8. Suplai anak dengan cinta

  9. Jalin kebersamaan dengan anak
  10. Jalin hubungan yang lebih pribadi
  11. Ajarkan anak memandang diri dan hidupnya dengan lebih positif

  12. Ajarkan anak menghargai dirinya sendiri
  13. Berikan anak spirit untuk hidup
  14. Jadikan anak sebagai spirit sista


Quote:Menanglah! Karena sista memang bisa! Suatu saat, akan terdengar suara lembut nan indah
“Ibu… Aku bangga padamu…”

Akhir kata
wassalamu'alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh


Spoiler for SUMUR:
di sini lebih lengkapnya


Ga nyangka, udah lama ga sign in. Alhamdulillaah ternyata jadi hot thread
Terima kasih buat teman-teman yg sudah komen & share,
Insyaa Allah nanti di update ulasan komennya, sekarang belum bisa karena masih banyak kerjaan, biasalah ibu2, cucian piring masih numpuk
See you
bagh, cuma jadi keduax



ane kurang setuju dengan kalimat "pasrah itu indah", karena konotasi agak negatif, mungkin pasrah bsa diganti dengan kata "ikhlas", klo menurut saya pasrah merupakan sesuatu yang tidak bisa diterima dengan ikhlas.
Quote:Original Posted By flammingjr
bagh, cuma jadi keduax



ane kurang setuju dengan kalimat "pasrah itu indah", karena konotasi agak negatif, mungkin pasrah bsa diganti dengan kata "ikhlas", klo menurut saya pasrah merupakan sesuatu yang tidak bisa diterima dengan ikhlas.


Yoyoy gan, kata "ikhlas" memang terdengar lebih berkonotasi positif,
Dikarenakan ane mengutip dari sebuah buku, maka poin-poinnya ane tulis apa adanya, sesuai pendapat penulis.
jelas bisa gan
siapa bilang engga

idola ane

Farah Queen
bisa gan,, patut dibanggakan,,, nice trit
Gw kira tante girang haduh ...
2 detik yang lalu • Suka Tambahkan Sebagai teman
Quote:Original Posted By mozz.elle
jelas bisa gan
siapa bilang engga

idola ane

Farah Queen

Betul sis
Makasih ya, dah mampir & komen di trit ane
Quote:Original Posted By ibalmaulana9
bisa gan,, patut dibanggakan,,, nice trit


Yoyoy gan, makasih dah mampir & komen
Quote:Original Posted By dsturridge15
Gw kira tante girang haduh ...
2 detik yang lalu • Suka Tambahkan Sebagai teman


Bukan gan
Bisa pake banget Sista.
Kalau bicara soal Single Mother aku pribadi Salut dan Terharu dengan kekuatan mereka.
Gak mudah lo membesarkan anak seorang diri.
Berdua bersama suami saja kadang bisa ada masalah INI ITU.

Semua Single Mother di seluruh dunia HEBAT HEBAT. Salut!!!
Quote:Original Posted By kpopluckynumber
Bisa pake banget Sista.
Kalau bicara soal Single Mother aku pribadi Salut dan Terharu dengan kekuatan mereka.
Gak mudah lo membesarkan anak seorang diri.
Berdua bersama suami saja kadang bisa ada masalah INI ITU.

Semua Single Mother di seluruh dunia HEBAT HEBAT. Salut!!!


Setuju sistah
Mertua saya (ibu) SINGLE PARENT, saya salut sama dia bisa bertahan dan mampu menyekolahkan anak2nya sampai lulus S1. Tinggal 1 lagi anak terakhir yang masih SMP. Istri saya anak pertama dan mudah2an semangat bekerjanya nurun ke anaknya. Syukur2 nurun ke anak saya (cucunya)
Quote:Original Posted By antotrd
Mertua saya (ibu) SINGLE PARENT, saya salut sama dia bisa bertahan dan mampu menyekolahkan anak2nya sampai lulus S1. Tinggal 1 lagi anak terakhir yang masih SMP. Istri saya anak pertama dan mudah2an semangat bekerjanya nurun ke anaknya. Syukur2 nurun ke anak saya (cucunya)

Salut buat mama mertuanya gan
Bisa bgt...ibu gw single parent sejak gw sd, salut bgt...gak kebayang kuat bgt ibu gw, bsa sekolahin smp slsai mskipun sampai SMK...sedangkan adek gw skrg kuliah. Apalagi gw bukan dr keluarga berada dan ibu pendidikannya lbh rendah dr gw. Doakan Smg bsa membalas jasa2 beliau suatu hari nanti
Bs donk,single parent yg mencari nafkah demi anak nya tetapi tetap merawat dan memberi kasih sayang yg baik terhadap anak.
Sosok ayah dan ibu dlm 1orang
Quote:Original Posted By bagaswd
Bisa bgt...ibu gw single parent sejak gw sd, salut bgt...gak kebayang kuat bgt ibu gw, bsa sekolahin smp slsai mskipun sampai SMK...sedangkan adek gw skrg kuliah. Apalagi gw bukan dr keluarga berada dan ibu pendidikannya lbh rendah dr gw. Doakan Smg bsa membalas jasa2 beliau suatu hari nanti

Aamiin gan. Terus berusaha bahagiain beliau y gan

Quote:Original Posted By velvetspice
Bs donk,single parent yg mencari nafkah demi anak nya tetapi tetap merawat dan memberi kasih sayang yg baik terhadap anak.
Sosok ayah dan ibu dlm 1orang

Yoyoy gaaan
Sampe mewek bacanya

Aku kaum banget dengan wanita yang berhasil membesarkan anaknya seorang diri.
Itu bukan hal yg mudah LHO
Ane single parent....sejak hamil hingga anak SMP kelas 7 sekarang. Fun aja kalo sekarang, bisa rundingan bersama anak, bisa diajak bagi tugas, bisa nonton bareng.

Yg berat saat memutuskan untuk jadi single parent, gimana nanti mengasuh dan membiayai anak, kerja apa yg bisa sambil ngurus anak. Rata2 single parent berhadapan dg masalah ini di awal2 kehidupan sebagai single parent. Bahkan hingga hari ini, ane masih sering berhadapan jg dg masalah tsb, gimana bisa mencari penghasilan agar bisa biayai sekolah anak, tp tidak meninggalkan asuhan anak ke org lain, krn anak ane mulai remaja, waktunya didampingi dari masa kanak2
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar