Pages


Minggu, 03 Januari 2016

Haruskah Kita Membenci Penjajah Seumur Hidup?

Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Trus, JANGAN KIRIM CENDOL KE ANE KALO NTE MINTA DIBALIKIN! Soalnya ane bakal ngasih cendol rutin ke komen terpilih tanpa harus ngasih ane cendol duluan. Ane mengapresiasi komen keren dengan cendol, dan ane juga pengen dapet cendol karena orang mengapresiasi apa yang ane sajikan untuk mereka. Begitu juga dengan bata, mohon kebijaksanaan agan untuk tidak melempar bata seenaknya. Kalo nggak suka dan ngerasa sampah, langsung ajah close!

Nah, di thread pertama ane di tahun 2016 ini, ane mau mengajukan sebuah opini ane tentang kebencian dan masa lalu. Semoga agan bisa mengambil manfaat dari apa yang ane sajikan dalam thread ini.

Tulisan ini sendiri terinspirasi dari berbagai komen dan pantauan ane seputar sikap Kaskuser menyikapi masa lalu ataupun konten sebuah thread. Dan sebelum memulai, ane mau ngasih kutipan yang kalo nggak salah ini diucapkan presiden pertama Indonesia, Bapak Ir. Sukarno, Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu dan tidak melupakan sejarah bangsanya.

Dan sebelum agan lanjut membaca, tolong dipahami bahwa ane tidak sedang membela negara yang pernah menjajah Indonesia. Ane lebih cinta Indonesia, tanah air beta. Ane hidup di Bumi Pertiwi dan tidak disubsidi negara penjajah. Tapi, ane hanya menginginkan kita bersikap lebih positif.

Okeh, yuk kita langsung ke tekape, gans!


Spoiler for Alhamdulillah, HT lagi, gans!:
Quote:Tengkyu buat Mimin, Momod, rekan Kaskuser semua yang sudah bantu tret ane sampe bisa naik HT

Harapan ane tret ini bisa jadi bahan diskusi sehat, bukan ajang caci maki nggak jelas. Jadi, tolong dibaca secara seksama dari awal hingga akhir


Quote:Haruskah Kita Membenci Penjajah?



Thread ini ane buka dengan isu yang sangat sensitif. Setiap kali ada thread yang membahas tentang Jepang, Belanda, bahasa Inggris, dll., pasti akan banyak Kaskuser yang marah dan menuduh TS sebagai pengkhianat bangsa dan memihak penjajah.

Hal ini menjadi penting untuk dibahas!

Memang benar kita adalah bangsa yang punya pengalaman buruk karena dijajah secara bergilir oleh beberapa negara. Tapi, apakah kenangan buruk itu harus terus kita bawa hingga mati? Haruskah kebencian itu kita wariskan dari generasi ke generasi sampai akhirnya Indonesia menjadi bangsa pembenci?

Jika kita, rakyat Indonesia, benci penjajah.., mengapa tidak kita boikot saja segala produk ciptaan mereka? Ane mau agan jujur, masihkah agan menggunakan produk buatan penjajah saat ini? Sekali lagi, pemerintah kitapun sudah menjalin hubungan diplomasi dengan negara penjajah. Ini artinya kita nggak punya alasan untuk terus menerus membenci.

Bukankah sudah ada proses peradilan bagi wanita korban seks tentara Jepang?

Biarlah semua proses diselesaikan dengan jalur hukum. Dan kita, sebagai generasi muda, mungkin beralasan bahwa darah para pahlawan tidak akan kering sampai dunia ini terbelah menjadi dua. Tapi, apakah kita lupa bawa di Jepang dan di negara lain yang pernah menjajah Indonesia pun telah berganti generasi. Apa pantas kita membenci sebuah generasi yang mungkin saja tidak menyetujui perbuatan generasi pendahulu mereka.

Lalu bagaimana kalau kita balik keadaannya. Dahulu kala, Indonesia adalah bangsa yang kejam, menjajah berbagai negara dan membantai rakyat jelata. Apakah kita mau memikul dosa para pendahulu yang membuat Indonesia dibenci negara-negara bekas jajahannya?


Quote:Seruan Kepada Troller



Sesuai tema, ada dua hal yang mau ane bahas dalam thread ini. Dan pada poin kedua ini, ane menyoroti tingkah laku Kaskuser yang menurut ane terkadang kurang dewasa menyikapi sebuah thread.

Seorang TS tentu punya banyak alasan ketika ia memutuskan untuk membuat sebuah thread. Dan seperti yang suka ane tulis dalam berbagai kesempatan, adalah TIDAK MUNGKIN bagi siapapun di dunia ini untuk MEMUASKAN SETIAP ORANG. Itu artinya, konten sebuah thread tidak akan mampu memenuhi ekspektasi setiap Kaskuser.

Lantas apa yang harus dilakukan jika kontennya tidak mewakili apa yang agan kehendaki?

Langkah terbaik adalah dengan segera menutup thread tersebut. Agan tidak perlu meluapkan kekecewaan agan dalam thread tersebut. Hal ini akan lebih nyaman bagi setiap pihak yang terlibat. Kecuali jika agan mengejar ISO 2000 yang menyebabkan agan harus meninggalkan jejak apapun.

Jika memang agan sangat ingin ISO, agan tidak harus menebar kebencian di thread yang agan singgahi. Alangkah baiknya agan buat thread sendiri sebanyak mungkin. Siapa tahu pas tahun berganti, nama agan masuk dalam list pembuat thread terbanyak.

Selain itu, agan harus ingat, Kaskus ini forum tidak berbayar alias GRATIS. Saling menghormati antar member yang satu dengan member lainnya menunjukkan bagaimana agan bersikap dalam kehidupan nyata.

Sebagai makhluk sosial, agan akan saling membutuhkan suatu saat nanti.


Spoiler for Tret Gokil, Gan!:
Mampir juga ke tret ane:
Gokil, Superhero Marvel dan DC Comic Jadi Menteri di Indonesia!
http://kask.us/h4HfR
==================================
Dunia Kacau Tanpa Puting Susu Lelaki, Gans!
http://kask.us/iaTof
==================================
The Walk: Menggantung Mimpi pada Seutas Tali
http://kask.us/iamuh
==================================
Sudah Disiksa Pasangan Kok Masih Memilih Bertahan?!
http://kask.us/iaSLH
==================================
Bawang Putih and The Huntsman
http://kask.us/h90Wm
==================================
Lelaki yang Tersembunyi di Antara 7 Keajaiban Dunia
http://kask.us/iaj1h
==================================
THG: Mockingjay Part 2; 5 Menit yang Mengubah Segalanya
http://kask.us/h90Mo
==================================
Kreativitas Bisa Bikin Agan Abadi Kayak Vampire
http://kask.us/ialrB
==================================
Cara Superb Merahasiakan Status Jomblo
http://kask.us/h95MV
==================================
Dagelan Kaskus: Cendol dan Bata Jadi Senjata
http://kask.us/h8YF2
==================================
Jika Adam dan Hawa Nenek Moyang Manusia, Lantas Mengapa Kita Berbeda?
http://kask.us/h8NNd
==================================
Sering 'Sakit', Indonesia Bakal Ganti Nama dan Warna Bendera
http://kask.us/h6MNI
==================================
Wah, Karakter Seksual Agan Bisa Ditebak Dari Huruf "Y"!
http://kask.us/h7WK3
==================================
Benarkah Tempat Gym itu Sarang Maho?
http://kask.us/h5U5n
==================================
Ternyata Tetangga Nggak Suka Rumputnya Dianggap Lebih Hijau
http://kask.us/h6ij7
==================================
Payah, Ini Sebabnya Film Horror Indonesia Selalu Kalah Sama Film Hollywood
http://kask.us/h5pPB
==================================
Bener Nggak Sih Ketek Pria Sembuhkan Stres Para Aganwati?
http://kask.us/h5bIU


Quote:Sekian dulu tret dari ane. Di tahun yang baru ini, mari sama-sama kita memperbaiki diri, gans!



Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.
Bacanya pelan-pelan, dicerna, dipahami sampai akhir, baru komen, gans!


Yang Nggak Benci:

Quote:Original Posted By gesco
ngomong2 soal penjajah kita dimata orang Timor Leste adalah penjajah... tapi dari sudut pandang kita, Timor leste adalah "bekas salah satu provinsi", begitu juga menurut orang Belanda kita ini adalah bekas koloni mereka, tapi kita menganggap mereka penjajah.. hanya sebuah sudut pandang.


Quote:Original Posted By badarkodokijo
Penjajahan itu memang sangat menyakitkan..
Tapi klo di pikir2, penjajahan itu ada karna sudah jd pola hidup manusia Gan TS, sebutan Siapa kuat, dia berkuasa, dan berkuasa itu bisa diartikan suka-suka gue, adalah hal alamiah manusiawiah...

Ga usah belanda, jepang, portugis, inggris yg udah ngejajah indonesia... Lahhh dari bangsa kita saja dulu sudah menjadi penjajah Gan..

Sebutan mempersatukan nusantara oleh kerajaan majapahit, itu menurut gw adalah sistem pendudukan alias penjajahan,, karna daerah2 yg di sebut nusantara itu punya keraja'an-2 tersendiri...

Jadi klo kita benci dgn penjajahan, ya jangan mau menjajah... Jadi ketulahan dah...

Tapi ada hal positif yg kita dapet dari dijajah sama negara2 tsb,, mulai dari tanaman, ilmu pengetahuan alam, hukum, dll yg saat ini masih kita rasakan dan ada sebagian yg masih tetap kita pakai...

So, masa lalu biarlah masa lalu, jangan kau ungkit jangan ingatkan aku... (Kata Inul daratista)


Quote:Original Posted By erdewe
ngga perlu benci. sudah terjadi dan ga ada yg bisa dilakukan. sebelum benci berlebihan sama penjajah, kenapa gak cari tahu penyebab pendahulu kita bisa sampe terjajah?

buat yg masih dendam, pergi aja ke masa lalu trus ciptakan alternate universe dimana bangsa kita gak pernah terjajah. ato sekalian jadi bangsa superpower yg menguasai dunia sampe saat ini.


Quote:Original Posted By mutenroshi23
Penjajah di masa lalu telah berlalu
skrg kita di jajah para warga negara sendiri yg bersikap rasis,sara dan oleh para2 pejabat yg koruptor dengan memakan uang rakyat
Kita blom brhenti di jajah
Oleh bangsa sndiri


Quote:Original Posted By pe.coret
ane kaga sempet mikir ampe ksono gan.
udah ribet mikirin buat bertahan idup aja dah bagus bagi ane.

tapi ya ane tau kita pernah di jajah.
dan itu sejarah kelam di negri kita.

untuk benci ke penjajah,?
ane rasa ga.
jujur ya,klo ane di tawarin pekerjaan, dengan hasil yg pantas, n kebetulan yg nawarin itu orang jepang, ato belanda or portugis.
kaga make mikir lagi dah ane.

yg penting kerjaannya halal.


Quote:Original Posted By kruingputih2
Judul ts sama sprt menjawap pertanyaan "Maukah kita jalan di tempat dlm kehidupan kita?" Tentu semua org yg berfikiran rasional akan mengatakan TIDAK. Mengapa? Karena kehidupan arahnya kedepan, tidak pernah mundur kebelakang (kecuali time traveler, kalau memang ada). Menyamping itu adalah variatif kehidupan, utk sesaat saja, tapi pada akhirnya akan tetap mengarah kedepan. Pada saat kita balita dan dlm proses menjadi remaja-dewasa-tua, kerap kali kita terjatuh dan luka, bahkan hingga meninggalkan bekas luka (cacat), lantas apakah setelah sembuh kita tdk ingin berjalan kembali? Bahkan penyandang disabilitas tetap akan beraktivitas, tdk hanya tergolek menunggu ajal menjemput. Jadi menurut ane kagak ada org yg sehat jiwanya akan mendendam seumur hidup pada pahitnya cerita kehidupan, walau meninggalkan bekas luka yg dalam. Hanya mereka yg punya "penyakit hati" saja yg akan memelihara & memupuk dendam. (Mangaph gan ane bukan pencari cendol atau bata atau pengejar iso, kalau bagus menurut agan, cukup ditaruh di page one, makasih)


Quote:Original Posted By flammingjr
Sebenarnya bisa dibilang benci, kecewa, sakithati atau apalah yang negatif negatif, karena Bangsa Asing telah menjajah Indonesia. Ada yg beberapa tahun menjajah, puluhan bahkan ada ratusan tahun yg menjajah Indonesia. Ane liad di mbah google ternyata Indonesia adalah negeri kaya sumber daya alam yang dulunya menjadi beban bagi rakyat Indonesia. Dikatakan beban, pertama karena banyak dari kekayaan alam itu tidak bisa dikelola sendiri untuk mensejahterakan rakyatnya. Hingga banyak penduduknya hidup dalam keadaan miskin.
Kedua adalah dijadikannya Indonesia sebagai incaran bangsa-bangsa asing yang rakus dan miskin negaranya, untuk merebut kekayaan alam yang ada. Hingga akhirnya, rakyat Indonesia yang sudah miskin itu makin sengrasa hidupnya, setelah menjadi budak bangsa-bangsa asing. Agan tau apa yang diincar??? menurut sumur ternyata yg diincar negara asing, jawabannya bukan emas, intan dan berlian, tetapi rempah-rempah seperti lada, cengkeh dan biji pala.

Ada senangnya juga, senang maksudnya disni bukan senang dijajah melainkan bsa menikmati apa yang sekarang dimiliki Indonesia misalnya Transportasi kereta api yang dimulai dibuat di Semarang, mulanya dibangun demi kebutuhan ekonomi pemerintah dan swasta pada masa kolonial Belanda. Kala itu hasil perkebunan sebagai produk kebijaksanaan tanam paksa (Cultuur Stelsel) seperti gula, kopi, nila maupun tembakau dan hasil olahannya harus segera diangkut ke pelabuhan untuk diekspor. Gagasan yang telah ada sejak 1840 ini pada mulanya ditentang keras karena ada anggapan tentang minimnya volume produk yang akan diangkut dan hanya segelintir orang Belanda saja yang akan memanfaatkannya. Sejak tahun 1867, meskipun didera kesulitan keuangan dan teknis, dimulailah pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Semarang – Tanggung sepanjang 27 km. Peresmiannya baru dilakukan pada 10 agustus 1867. Nah, sekarang kita bsa menikmati transportasi ini untuk bepergian dengan waktu cukup cepat...

Untuk sekarang, harusnya Bangsa Indonesia tuch "MIKIR" bagaimana memajukan Negeri Indonesia ke Mata Dunia, jangan tulisannya "Indonesia adalah negara berkembang" sekarang harus mindset " Indonesia adalah negara Maju"...cool


Quote:Original Posted By allemania
Ane setuju 100% dengan TS

Tidak ada alasan bagi kita generasi penerus untuk terus menebar kebencian kepada mereka-mereka yang dulu pernah menjajah kita. Biarkan itu menjadi masa lalu kita, dan marilah kita bukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi mereka yang pernah menjajah kita dulu. Tapi, ambil suatu pembelajaran berharga bahwa penindasan dalam bentuk apapun, yang dilakukan oleh siapapun, dengan alasan apapun adalah bentuk pelanggaran HAM yang sangat luar biasa, dan sebagai generasi penerus yang saat ini telah dipersenjatai oleh ilmu dan pengetahuan, kita wajib untuk mempertahankan hak kita sebagai seorang manusia dan hak kita sebagai sebuah bangsa besar yang telah merdeka dari apapun itu.

Saya yakin, siapapun mereka yang pernah menjajah kita, baik itu Belanda, Jepang, Inggris, Portugal, dsb, juga sangat tidak berharap untuk terus dibenci oleh para rakyat di negara jajahannya, dan negara-negara penjajah tersebut pun kini telah mengalami regenerasi penerus bangsa. Mereka pun pasti akan bilang bahwa perbuatan penjajahan itu adalah melanggar HAM. So, di era seperti saat ini, dengan bekal pendidikan yang telah kita terima, mari kita maafkan sesama, dan jalin hubungan baik dengan tetangga-tetangga kita. Jika masih ada ganjelan di masa lampau, biarkan hukum dan peradilan yang berbicara.


Quote:Original Posted By dellahurahura
menjadi nasionalis buta juga ga baik , krn ternyata kenyataannya masyarakat kita lah yg menjajah negerinya sendiri .

skrg orang² bermental penjajah cem jepun, londo itu udh dimiliki masyarakat indo sendiri .

korupsi , monopoli keuangan , hukum tumpul keatas tajam kebawah , kebobrokan mental, dan hal lain yg dimiliki penjajah dulu skrg dimiliki oleh penjajah saat ini .

org yg berapi² ingin memerdekakan indo , patut diapresiasi namun sisanya menertawakan , ga lbh drpd mimpi belaka aja

fondasi plg bawah itu kesadaran dan jgn skeptis , mindset diubah lah apa arti sesungguhnya tntg "penjajah"


Quote:Original Posted By artwing
Masalah benci adalah urusan orangtua dan kakek buyut kita. Generasi sekarang sudah tidak ada urusan lagi sama hal membenci negara penjajah dimana kondisinya sudah seperti kita, generasi penerus yang tidak ikut turut serta dalam konflik sejarah masa lalu.

Sebagai contoh...
Benci Jepang? Coba lihat berapa produk Jepang yang sudah kamu pake?
Benci Inggris? Coba ingat olahraga favoritmu berasal dari mana?


Kalo ngomong soal sejarah Indonesia, kenapa sebagian besar yang dijelaskan cuma timeline penjajahan 3,5 abad yang lalu saja?
Tak adakah sejarah Indonesia yang terekam atau bisa dijelaskan dengan detail sebelum masa kerajaan Hindu/Budha?


Quote:Original Posted By maria.olivia
Ane lebih benci sama Malaysia gan ketimbang Belanda atau Jepang.
Lah kendaraan & elektronik ane buatan jepang semua, masa mau anti jepang ?

Kalau belanda, ane banyak temen orang sana juga. Pada dasarnya baik tapi ada yang belagu juga.
Tapi kalau yang belagu dan anggap indonesia masih terjajah oleh belanda ane pernah maki-maki dia gan.
waktu ane share foto 17 agustus 2015, dia bilang indonesia belum merdeka. ane di suruh kembali ke jadi budak sama dia.
akhirnya nomornya ane bomb via SMS sampai hp nya error.


Quote:Original Posted By madjoe23
penjajahan, sebuah permasalahan klasik dengan dampak yang tidak kecil, topik menarik yang tidak jarang menimbulkan api diantara pihak yang merasa dirugikan, tulisan ane cuma pendapat pribadi ane ya gan, jadi disikapi dengan bijaksana ya gan hehe

point 1
menurut ane penjajahan untuk saat ini bukan lah hal yang harus dibenci, tapi untuk dipelajari. inget gan kita udah ga di jaman perang lagi, kita sudah lebih dari itu, saat ini sudah menjadi jaman bagi orang-orang berpendidikan. karena itu TELAAH dan ANALISA setiap permasalahan. penjajahan ini juga salah satunya, telaah dan analisa dulu kenapa penjajahan bisa terjadi, baru berkomentar! ok begini, menurut ane penjajahan itu adalah produk dari kondisi jaman itu, masa dimana hak-hak seorang manusia belum disetujui oleh semua orang, hukum moral terhadap perbedaan ras dan agama belum terumus dengan baik, belum ada hukum international yang mengatur, tadaaa jadilah penjajahan dimana bangsa yang kuat demi memenuhi kebutuhan nya mulai mencari produk2 itu di bagian dunia yang lain, yang lama-kelamaan dari awalnya tujuan nya perdagangan menjadi pemerasan. jadi menurut ane kita harus tahu dulu bahwa penjajahan fisik adalah sebuah PRODUK JAMAN yang relevan pada saat itu dan hanya pada saat itu. SAAT INI adalah jelas sudah tidak relevan lagi, jadi buat apa kita cape2 membenci produk jaman yang lalu, dan malah luput melihat permasalahan yang lebih relevan pada saat ini. seperti contoh nya kemiskinan, buta huruf, pembangunan yang tidak merata, atau yang lebih dekat lagi buang sampah sembarangan, disiplin, tidak saling menghormati antar ras, dsb dsb

point 2
menurut ane marah, membenci atau apapun bentuk emosi itu, itu hal yang wajar gan, kita manusia biasa, semua orang punya hak untuk memiliki emosi itu. nah yang membuat nya jadi tidak wajar menurut ane adalah ketika kebencian dan kemarahan ini bukan nya membuat kita makin produktif malah membenci ga jelas, marah2, di forum umum memaki-maki mantan penjajah. harusnya kemarahan itu bisa memecut kita untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia kita tercinta bisa lebih baik dan makin baik. boleh-boleh saja di masa lalu bangsa kita "digilir" tapi SAAT INI kita harus tunjukan kehebatan Indonesia dengan BERPRESTASI!! ayo belajar, ayo kerja, jangan cuma bisa marah tentang penjajahan tapi kalo belajar ato kerja malah klemar-klemer males-malesan....malu kali

point 3
menurut ane ni gan ts dan agan-agan sekalian, mungkin ini point paling sensitif dari ane, mental sebagian besar bangsa ini masih mental minta dikasihani dan mengasihani diri sendiri, minta dikasihani karena sudah dijajah ratusan tahun...ohmigod, gan sadar kita sudah merebut kemerdekaan itu dengan DARAH DAN PERJUANGAN, ane baru selesai baca buku memoar seorang pejuang bali pada saat mereka berperang dengan belanda di tanah bali di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai, jadi agak berapi-api ni hehe. HARGAI PERJUANGAN MEREKA, bangga donk kalo kita bangsa MERDEKA, (jangan malah marah-marah ga jelas tapi malah nunjukin mental yang marah-marah itu mental tempe) mereka berjuang supaya kita merdeka loh gan, merdeka dari apa?? dari penjajahan saat itu dan penjajahan dimasa depan. penjajahan masa depan itu sepert apa? menurut ane kemarahan, kemalasan, ketidak pedulian itu adalah bentuk penjajahan, penjajahan pikiran. penjajahan dari siapa? penjajahan dari diri kita sendiri.

jadi gan ane setuju sama point2 TS diatas haha ane seneng akhirnya ada juga yang ngangkat ini topik ( maap gan TS cuma bisa kasi abu gosok haha)

terakhir dari ane :
sedikit quotes dari salah satu pendiri negara ini
"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir PENJAJAH, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan BANGSAMU SENDIRI" Ir. Soekarno
jangan biarkan INDONESIA kita tercinta ini tidak bisa maju, hanya karena sebagian orang didalam nya tetap ingin membenci penjajah dan terpaku pada masa lalu.

notes: buka mata, buka pikiran, buka hati




Yang Benci:

Quote:Original Posted By soeryopoetrajr
Malam Gan cuma sedikit menanggapi, memang sudah banyak berganti era di negara kita maupun negara ex penjajah dulu., jepang sudah mengakui kemerdekaan RI begitu Juga Inggris dan Sekutu sekutunya, tapi BELANDA Sampai DETIK Belum mengakui KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA dan Hanya Mengakui kemerdekaan RIS jadi wajar kalo saya masih tidak suka dengan Belanda, dan cukup di sayangkan negara kita punya kerja sama bilateral, thanks



Quote:Original Posted By Laus
harus lah


Quote:Original Posted By suryapro21
Ya lah harus di benci org" skrg mlah suka jejepangan pdhal jelas" dlu bkin sengsara Indonesia, tp jepang udh kena batunya sih di bom nuklir wkwk


Quote:Original Posted By bimamtks
Kalo sama portugis, spanyol gpp lah gk terlalu pengaruh, walaupun pisahnya TL juga ada campur tangan negaranya CR7, jepun jg gapapa lah walaupun beberapa strategi bisnisnya sering merugikan industri dalam negeri, nah kalo Belanda? Sampe kiamat gak bakalan rela tuh neguara ngebiarin Indonesia berkembang, banyak buktinya gan,

Pertama, kemarin 10 november pemerintahnya ngebiarin pengadilan tidak resmi atas G30s/PKI dan pemerintah Indonesia dinyatakan sebagai tersangka.

Kedua, agan liat di yutub, banyak video2 dokumenter Belanda tentang perang kemerdekaan yang dikemas kayak di History Channel (direstorasi, diwarnain dan dipercantik gambarnya) itu juga banyak memutarbalikkan sejarah, seperti contohnya pembantaian westerling yg diklaim "hanya" memakan 3500 korban, badingkan dg fakta di buku sejarah yg sampe 40000, itu sih masih gpp gan, contoh lainnya orang Indonesia diklaim membunuh puluhan ribu orang eropa pada saat itu, emang kita dikira orang primitif?.

Ketiga, pemilik rumah perjanjian linggarjati (orang belanda) mengaku kalau belanda tuh cuma membesar2kan berita negatif tentang Indonesia seperti teroris, kemiskinan, dll, padahal sebenarnya Indonesia banyak kemajuan.

Keempat, pemerintah belanda sampe kapanpun bakalan benci sama Indonesia, karena berulangkali dipermalukan sama negara kita yg pada saat itu baru lahir, sampe2 dalam keputusasaan mereka, mereka mengklaim kemerdekaan Indonesia tahun 1949.

Sebenarnya kalo bicara negara kompeni ini, malu2in banget nggak sih? Udah gak mampu ngalahin negara yg seumur jagung, bikin negara boneka gak berhasil semua, ditegur amerika berulangkali, kalah referendum papua, melanggar perjanjian berulangkali tapi tetep tidak berhasil naklukin Indonesia sepenuhnya, bahkan prajuritnya moralnya runtuh. Makannya sampe sekarang mereka gak rela Indonesia maju sedikitpun, anehnya kita yg dijajah nganggep semua itu hanya masa lalu, sedangkan mereka aja yang dulu menjajah malah masih dendam ama kita, liat aja gan banyak video di yutub, ane debat sama bnyak orang belanda di video "Indonesia Independence War 1945-1949" dan ane cuma sendirian :'(

Taro pejwan gan


Amankan
Yang dulu ya dulu
Sekarang sekarang jangan Jadi pendendam
Dendam itu dosa mamen


pak iwan hunter
ijin baca dulu gan
Quote:Original Posted By wangob.mangan
Amankan


aman palelu
negara penjajah sdh jdi shabat bagi indonesia, kenapa harus benci?
Kl dulu ane pernah ane pasti benci gan...
Sebenernya benci waktu kecil.
Tapi kian dewasa kita kian tau, ada hikmahnya. Dan makin dewasa kita akan lupa akan hal itu, kenapa?

karena ada banyak hal yg harus dilakukan daripada hanya mengingat sejarah kelam. Tak peduli cemoohan org tentang nasionalis. Yg penting hidup berwarna dan dapat memberi sumbangsih ke negara tanpa hanya mengingat penjajahan

Camkan itu
Quote:Original Posted By mutenroshi23


aman palelu


Sueee !!!!

Wanjir 2016 gue kalah mulu ,apes
penjajah yg dulu bukanlah yg sekarang
dulu pake senapan, sekarang pake utang
itu kan masa lalu
tatap masa depan. aja gan
Iyee gan
Setuju sama agan
Kita org skrg ga tau gmna pnderitaan dimasa lalu saat di jajah. Jadi ane ga bisa berkata apa2
..
ada postifnya kok gan
semisal rel , kereta..itu sebagian juga krna mereka kita bisa tau kereta rell dll
hemm klo menurut ane sih biasa2 aja deh gan lagian orgnya yg nge jajahnya juga udah mati
Quote:Original Posted By kamujahat21
Sebernya benci waktu kecil.
Tapi kian dewasa kita kian tau, ada hikmahnya. Dan makin dewasa kita akan lupa akan hal itu, kenapa?

karena ada banyak hal yg harus dilakukan daripada hanya mengingat sejarah kelam. Tak peduli cemoohan org tentang nasionalis. Yg penting hidup berwarna dan dapat memberi sumbangsih ke negara tanpa hanya mengingat penjajahan

Camkan itu


setidak nya diriku pernah berjuwaaaaaaaaaaaaaaaaaan.....

yo bray
Quote:Original Posted By kamujahat21
Sebernya benci waktu kecil.
Tapi kian dewasa kita kian tau, ada hikmahnya. Dan makin dewasa kita akan lupa akan hal itu, kenapa?

karena ada banyak hal yg harus dilakukan daripada hanya mengingat sejarah kelam. Tak peduli cemoohan org tentang nasionalis. Yg penting hidup berwarna dan dapat memberi sumbangsih ke negara tanpa hanya mengingat penjajahan

Camkan itu

setubuh gan...eh...sis... ah bodo
Quote:Original Posted By anwar04
Jika memang agan sangat ingin ISO, agan tidak
harus menebar kebencian di thread yang agan
singgahi. Alangkah baiknya agan buat thread
sendiri sebanyak mungkin. Siapa tahu pas
tahun berganti, nama agan masuk dalam list
pembuat thread terbanyak.



Obsesi ts 2016 ayo gan Lanjutkan mamen
punya sejarah

Serang!!!
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar