Pages


Kamis, 28 Januari 2016

Negara-negara yang Pernah dan Masih Terpecah di Dunia


HT #15
Spoiler for HT Kaskus:
Quote:


Di dunia ini, ada banyak sekali negara yang berdiri. Ada negara yang berdiri atas dasar kesamaan bahasa, ada negara yang berdiri atas dasar ideologi tertentu, ada pula beberapa negara yang menggabungkan diri menjadi satu kekuatan besar. Dalam sejarah, ada beberapa negara yang tadinya satu dan kemudian mengalami perpecahan. Ada yang telah kembali menjadi satu namun masih ada pula yang terpecah hingga hari ini. Negara apa sajakah itu?

Spoiler for Jerman:
Jerman

Pada 1945, Jerman kalah dalam Perang Dunia II dan diduduki oleh empat negara Sekutu : Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Uni Soviet. Zona pendudukan Amerika, Inggris, dan Prancis kecuali daerah Saar (Saar bergabung ke Jerman Barat pada 1956) dan ditambah Berlin Barat membentuk Republik Federal Jerman atau Jerman Barat pada 23 Mei 1949. Sementara zona Soviet kecuali Berlin Barat membentuk Republik Demokratik Jerman atau Jerman Timur pada 7 Oktober 1949. Selama 41 tahun, Jerman terpecah menjadi dua. Ada satu hal unik. Kota Berlin dibagi dua. Berlin Barat masuk teritori Jerman Barat dan Berlin Timur adalah wilayah Jerman Timur. Keduanya dibatasi oleh Tembok Berlin antara 1961 dan 1989 untuk menghentikan eksodus warga Jerman Timur ke Berlin Barat. Berlin Barat menjadi wilayah Jerman Barat yang dikelilingi Jerman Timur (wilayah semacam ini disebut enklave). Berdirinya kedua negara tidak terlepas dari situasi internasional pada masa itu. Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara resmi diterima sebagai anggota PBB pada 18 September 1973. Krisis yang melanda Blok Timur akibat permasalahan ekonomi di Uni Soviet membuka jalan bagi penyatuan Jerman kembali. Dengan runtuhnya tembok Berlin pada 1989, kedua negara akhirnya menjadi satu kembali pada 3 Oktober 1990 dengan nama Republik Federal Jerman.
Spoiler for Korea:
Korea

Korea berada di bawah pendudukan Jepang sejak 1910 hingga 1945. Ketika Jepang kalah pada 1945, Korea berada di bawah administrasi PBB. Wilayah utara diurus oleh Uni Soviet dan wilayah selatan diurus oleh Amerika Serikat. Wilayah utara menjadi Republik Demokratik Rakyat Korea pada 9 September 1948 sementara wilayah selatan menjadi Republik Korea atau Korea Selatan pada 15 Agustus 1948. Batas kedua negara pada awalnya adalah garis lurus yang terbentang di 38 Derajat Lintang Utara. Batas yang sekarang adalah hasil perang antara kedua negara yang pecah pada 25 Juni 1950 dan berakhir pada 25 Juli 1953 meski sampai sekarang kedua negara secara teknis masih dalam status berperang. Perbedaan antara kedua negara begitu mencolok, terutama setelah Korea Selatan menjadi negara dengan ekonomi dan teknologi yang sangat maju di dunia. Usaha untuk menyatukan kedua Korea terus dilakukan, salah satunya oleh Korea Selatan dengan mendirikan Kementerian Unifikasi. Kedua negara telah menjadi anggota PBB sejak 17 September 1991.
Spoiler for Vietnam:
Vietnam

Vietnam menyatakan kemerdekaannya dari Jepang pada 2 September 1945 namun harus menghadapi kembalinya Prancis hingga 1954 saat mereka memenangi pertempuran Dien Bien Phu. Setelahnya, Vietnam terbelah dua : Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Kedua Vietnam dipisahkan oleh garis demarkasi 17 Derajat Lintang Utara. Kedua negara berperang dan melibatkan kekuatan besar dunia : AS, Tiongkok, dan Uni Soviet. Perang ini berakhir dengan kemenangan Vietnam Utara yang menguasai Saigon, ibu kota Vietnam Selatan pada 30 April 1975 dan kedua negara bersatu kembali sebagai Republik Sosialis Vietnam pada 2 Juli 1976. Kekalahan dalam Perang Vietnam cukup memukul Amerika Serikat yang saat itu berusaha mencegah penyebaran komunisme di Asia.
Spoiler for Yugoslavia:
Yugoslavia

Di kawasan Balkan, pernah berdiri sebuah negara yang cukup besar dan multietnis. Yugoslavia. Negara ini berdiri pada 1918 sebagai kerajaan setelah Kekaisaran Austria-Hungaria runtuh. Negara ini berubah menjadi republik pada 1945. Negara ini dipimpin oleh Joseph Broz Tito. Negara ini adalah salah satu dari lima pendiri Gerakan Non-blok pada 1961. Setelah pemimpin Yugoslavia tersebut wafat pada 1980, perbedaan antaretnis mulai tampak. Diperparah oleh krisis ekonomi pada akhir 1980-an, keutuhan negara ini tidak dapat dipertahankan lagi. Riwayat negara ini tamat pada 2003. Negara-negara yang merupakan pecahan Yugoslavia antara lain Serbia, Montenegro, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Makedonia, dan Slovenia.
Spoiler for Yaman:
Yaman

Negara yang terletak di selatan Jazirah Arab ini pernah terpecah menjadi dua. Yaman Utara dan Yaman Selatan. Yaman Utara berdiri pada 1962. Yaman Selatan berdiri pada 1967. Kedua negara bersatu kembali pada 23 Mei 1990.
Spoiler for Tiongkok:
Tiongkok

Tiongkok mengalami perang saudara antara kelompok nasionalis pimpinan Chiang Kaisek dan kelompok komunis pimpinan Mao Zedong. Perang ini sempat diinterupsi oleh invasi Jepang ke Tiongkok pada 1930-an. Setelah Jepang kalah dan angkat kaki, perang saudara kembali berlanjut hingga 1949. Kelompok nasionalis mengalami kekalahan telak dan mengungsi ke Taiwan (Republik Tiongkok). Sementara, kelompok komunis mendirikan Republik Rakyat Tiongkok pada 1 Oktober 1949. Pada awalnya, Taiwan memiliki dukungan internasional yang lebih kuat terutama dari Blok Barat. Namun sejak 1970-an, banyak negara termasuk Amerika Serikat lebih memilih mengakui RRT daripada Taiwan. Taiwan bahkan digantikan keanggotaannya di PBB dan Dewan Keamanan PBB oleh RRT pada 1971. Kini, hanya beberapa negara saja di dunia yang mengakui Taiwan.
Spoiler for Austria-Hungaria:
Austria-Hungaria

Austria dan Hungaria pernah bergabung menjadi sebuah kekaisaran yang besar di Eropa Tengah antara 1867 dan 1918. Kekaisaran Austria-Hungaria menjadi salah satu negara yang besar dan penting di Eropa sebelum Perang Dunia I. Negara ini bersama Jerman, Bulgaria, dan Ottoman menjadi kekuatan Blok Sentral pada Perang Dunia I. Mereka kalah pada 1918 dan kekaisaran ini dibubarkan pada 31 Oktober 1918. Negara ini terpecah menjadi Austria, Hungaria, Cekoslovakia, Polandia, dan Yugoslavia. Beberapa wilayahnya diambilalih oleh Rumania dan Italia.
Spoiler for Uni Soviet:
Uni Soviet

Sejarah Uni Soviet diawali oleh Revolusi Oktober pada 7 November 1917. Uni Soviet berdiri pada 30 Desember 1922 dengan anggota Rusia, Ukraina, Transkaukasia, dan Byelorusia. Negara ini mencapai puncak kejayaannnya setelah Perang Dunia II karena berhasil keluar sebagai pemenang dan negara adidaya bersama Amerika Serikat. Negara ini pada puncaknya adalah gabungan dari 15 negara yaitu Rusia, Kazakhstan, Tajikistan, Georgia, Armenia, Moldova, Latvia, Lituania, Estonia, Turkmenistan, Kirgizstan, Belarusia, Ukraina, Azerbaijan, dan Uzbekistan. Negara ini juga memiliki dominasi ideologi atas negara-negara Eropa Timur seperti Rumania, Bulgaria, Hungaria, Albania, Polandia, Cekoslovakia, dan Jerman Timur. Uni Soviet memimpin Blok Timur yang tergabung dalam Pakta Warsawa yang berdiri pada 1955. Uni Soviet mengalami kemunduran pada 1980-an dan setelah Perestroika diberlakukan pada 1987, Soviet malah mengalami perpecahan dan akhirnya bubar pada 1991. Uni Soviet terpecah menjadi 15 negara di atas dengan Rusia sebagai penggantinya.
Spoiler for Cekoslovakia:
Cekoslovakia

Cekoslovakia adalah salah satu negara yang berdiri sebagai hasil pecahan Kekaisaran Austria-Hungaria setelah Perang Dunia I. Negara ini pernah dianeksasi oleh Jerman pada 1939 lalu kemudian kembali berdiri. Negara yang beribukota di Praha ini pernah diinvasi oleh Pakta Warsawa dan Uni Soviet pada 1968. Negara ini terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia sejak 1993.


Demikian negara-negara yang pernah dan masih terpecah di dunia ini. Semoga thread ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung dan membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X
Referensi XI
Referensi XII
Referensi XIII
Referensi XIV
Referensi XV
Referensi XVI
Referensi XVII
Referensi XVIII
Referensi XVIII
Referensi XIX
Referensi XX
Referensi XXI
Referensi XXII

Quote:

40 Tahun Bajaj Jakarta HT #1 (31 Maret 2015)
Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Indonesia yang Sering Kita Lakukan HT #2 (13 April 2015)
Perlakuan Kurang Baik Orang Indonesia terhadap Uang HT #3 (23 April 2015)
Hal-hal Ini akan Agan Alami/Rasakan/Lakukan Jika Menjadi yang Terpintar di Kelas HT #4 (8 Mei 2015)
Pertelevisian Indonesia : 1990-an vs 2015 HT #5 (16 Juni 2015) (Thread pertama tembus 100.000 view)
Orang Indonesia Itu... HT #6 (4 Juli 2015)
Berbagai Cara yang Dilakukan Seorang Thread Starter agar Threadnya Ramai Pengunjung HT #7 (6 Juli 2015)
17 Agustus 1945, Itulah Hari Kemerdekaan Kita! HT #8 (17 Agustus 2015)
7 Keistimewaan Spongebob Squarepants Menurut Ane HT #9 (1 September 2015)
Sejarah Libur Nasional Indonesia HT #10 (18 September 2015)
Fakta Menarik mengenai Kelahiran, Usia, dan Tanggal Lahir HT #11 (31 Oktober 2015) (Thread kedua tembus 100.000 view)
Negara-negara Adidaya yang Pernah dan Masih Ada di Dunia HT #12 (2 Desember 2015)
Foto-foto Langka Perang Dunia II HT #13 (14 Desember 2015) (Thread ketiga tembus 100.000 view)
Hal-hal yang Akan Terjadi Jika Blok Poros Memenangi Perang Dunia II HT #14 (22 Januari 2016)
Negara-negara yang Pernah dan Masih Terpecah di Dunia HT #15 (27 Januari 2016)



Apa yang Terjadi Jika Rupiah terus Melemah?
Mengapa Rokok Begitu Populer di Indonesia?


Spoiler for Komentar dari Kaskuser:
Quote:Original Posted By Agaz15
Indonesia semoga aja gk terjadi seperti negara-negara diatas .
Quote:Original Posted By jonblue
byk yg satu pulau kepecah2 y gan, klo indo beda2 pulau tpi satu
Quote:Original Posted By stupidman.007
Kaskus butuh lebih banyak trit macam ini gan
Quote:Original Posted By krugersyster
yang paling bertolak belakang Korea Utara dan Korea Selatan
the real civil war
Quote:Original Posted By bek0n
Uni sopiat..
Ketika mereka sedang mempersiapkan org utk kebulan tiba2 mamarika nyalip..
Quote:Original Posted By Kak.Edy
Biarin aja gan, yg sudah pexah biarin pecah

Semoga NKRI tetap utuh
Quote:Original Posted By hodor.hodor
Kasian Yugoslavia pecah
Padahal pemain bolanya dulu ganas ganas.
Dari Mihajlovic sampe Stankovic
Quote:Original Posted By zzainal
Indonesia jangan sampe
Harus tetap bersatu, jangan mau di adu domba
mejeng dulu
kalo indo gak pecah gan cuma cuil cuil
Semoga indonesia ga terpecah
Quote:Original Posted By roleplay
kalo indo gak pecah gan cuma cuil cuil


indo pernah gan ,kan jadinya timor leste bikin republik sendiri gan
setau ane gitu sii
calon ht
indonesia kagak ye gan
Quote:Original Posted By ciuni

indo pernah gan ,kan jadinya timor leste bikin republik sendiri gan
setau ane gitu sii



cuil sinonim dari pecah kecil2 gan
Indonesia semoga aja gk terjadi seperti negara-negara diatas .
Indonesia jangan sampe terpecah
inggris gan,kan pas jaman kolonial wilayah nya luas banget,sekarang udah jadi kecil
jangan sampai NKRI sma kya negara di atas
Seandainya Korut dan Korsel bersatu
Bukanya indo juga pernah ya gan apalagi waku RIS
hmm..not bad
byk yg satu pulau kepecah2 y gan, klo indo beda2 pulau tpi satu
Beberapa ane baru tau, gan. Nice info ~
Nanti ada Zimbabwe kanan ama kiri
Pemisahan cuma selokan
ane tambahin gan
united arab republic : gabungan antara mesir sama syria didirikan
22 Februari 1958 dibubarkan
2 September 1961
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Unit..._Arab_Republic
Via: Kaskus.co.id

1 komentar: