Pages


Senin, 22 Juni 2015

Mari Mengenal Kitab "Salaf"

Yang Perlu Agan Ketahui Tentang "Kitab Kuning"

Spoiler for Thanks for HT:
Terima kasih ane ucapin buat para kaskuser, mimin & momod, trit ane berkenan diangkat jadi HT Minggu 21 Juni 2015

Quote:Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan, ini ane buat trit yang berhubungan dengan ilmu dan ibadah. Agan agan tentu pernah mendengar istilah "Kitab Kuning" . Namun diantara agan agan mungkin ada yang belum tahu, apa sih yang dimaksud dengan kitab kuning?. Nah, disini ane mau mengajak agan agan mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan kitab kuning.


Quote:Maree...gan. ke TKP...
Quote:Arti kata "Kitab Kuning" terbagi menjadi dua, yaitu arti menurut bahasa dan arti menurut istilah.

Menurut bahasa arti kitab kuning adalah kitab yang kertasnya berwarna kuning. Ada beberapa pendapat mengapa kertasnya berwarna kuning.
1. warna kuning dianggap lebih nyaman dan mudah dibaca dalam keadaan yang redup. Ketika penerangan masih terbatas di masa lampau, utamanya di desa-desa, para santri terbiasa belajar di malam hari dengan pencahayaan seadanya.
2. Kertas yang sudah berumur lama akan menjadi berwarna kuning, walaupun asalnya berwarna putih.
3. Zaman dahulu penerangan masih menggunakan lampu minyak yang cahayanya berwarna kuning, sehingga kertas akan terlihat kuning, walaupun kertas putih sekalipun.
4. Kertas kuning adalah kertas yang berharga murah dibandingkan kertas HVS, sehingga akan menekan ongkos produksi dan dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Nampaknya alasan inilah yang paling bijak.
Pada zaman dahulu, baik kitab pesantren maupun kitab sekolahan menggunakan kertas kuning.

Penampakan Kitab Sekolah Zaman Dahulu
Spoiler for bahasaku:


ini adalah buku pelajaran bahasa indonesia yang di ajarkan di sekolah dasar zaman dahulu, dicetak dengan menggunakan kertas kuning murah dengan harga yang terjangkau berbagai kalangan.
Spoiler for cerdas tangkas:


Kitab hitungan sekolah dasar ini menjadi favorit ane ketika sekolah dasar pada tahun 1980an.


Quote:Adapun menurut istilah, "Kitab Kuning" adalah kitab ilmu agama karangan ulama terdahulu / salaf, yang banyak dipelajari di pesantren pesantren. Karena kitab tersebut tertulis dalam huruf Arab tanpa harokat ( gundul ), maka kitab tersebut sering juga disebut dengan "kitab gundul".
TS lebih suka menyebutnya sebagai kitab salaf.
Kitab Salaf = Kitab yang disusun oleh ulama salaf.
Ulama Salaf = Ulama yang hidup pada zaman terdahulu, yang masih dekat dengan zaman Nabi Muhammad S.A.W.

Quote:Kitab Kuning / Salaf / Gundul berisikan berbagai macam cabang ilmu, seperti:
1. Tafsir contoh: Tafsir Munir, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Jalalain dsb
2. Fiqih / Tata cara ibadah contoh: Fathul Muin, Kasyifatussaja, Nihayati Zain dsb
3. Ilmu Nahwu / Sharaf contoh : Jurumiah, Mukhtasor Jidan, Kaukibuduriah dsb.
4. Hadits contoh : Nashoihul Ibad, Nashoihuddiniyah dsb
5. Tasawuf contoh: Minhajul Abidin dsb.
6. Dan ilmu ilmu lainnya.

Quote:Diantara kitab kitab tersebut , sebagian ada yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia dan ada juga yang belum.
Yang sudah ada terjemahannya seperti:
Tafsir Ibnu Katsir, Jurumiah, Nashoihul Ibad, Fathul Muin, Ihya Ulumuddin dsb.
Dalam perkembangannya sekarang, seiring dengan perkembangan ekonomi yang membaik, saat ini sudah banyak kitab Salaf yang sudah dicetak diatas kertas HVS.

Quote:Ini Penampakan dari Kitab Salaf.
Spoiler for :
Spoiler for fathul muin edisi asli:

Spoiler for Fathul Muin Terjemah:

Spoiler for Kitab salaf dengan kertas HVS:


Quote:Mengapa Ulama Salaf mendapat perhatian yang besar?
Sabda Rasulullah Shallallahu’ala­ihi Wasallam :
“Sebaik-baik manusia adalah generasiku (para sahabat) kemudian generasi berikutnya (tabi’in) kemudian generasi berikutnya (tabiu’t tabi’in)” (Hadits Bukhari & Muslim)

Mereka -Radhiallahu’an ­hum- adalah generasi terbaik dalam hal :
- Memahami Agama
- Memahami Firman Allah
- Memahami Sabda Rasulullah
- Memahami seluruh perkara-perkara ­ Ibadah atau Syariat lainnya..

Quote:Untuk memahami isi Kitab Salaf dalam tulisan yang asli diperlukan:
Kitab Nahwu = kitab pelajaran tata bahasa arab.
Kitab Sharaf = kitab pelajaran perubahan bentuk bentuk kata.
Kamus = Untuk mengetahui arti kata per kata.

Bagi agan agan yang tidak cukup waktu untuk mempelajari Nahwu / Sharaf, bisa langsung membacanya dari kitab terjemahan yang saat ini sudah banyak tersedia di toko kitab.

Untuk yang versi softnya diinternet , menurut pengamatan TS, baru ada scan yang versi asli, sedangkan yang terjemah belum banyak, kalau diantara agan agan ada yang tau , boleh share disini.


Quote:PENUTUP
Demikianlah trit ane kali ini, semoga bermanfaat.
Kalau ada agan agan yang mempunyai pengetahuan lebih tentang kitab salaf, silahkan kasih masukan, untuk perbaikan trit ini.
Tolong dibantu share ya, biar banyak teman teman kita yang pada tahu.
Jangan menjadi "pembaca sunyi" ya gan. Ditunggu partisipasinya dengan komen yang membangun.
Kalau ada yang kurang pas mohon koreksinya.
Terima kasih, Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Sumber: Pengalaman TS, Wikipedia, Google dan foto foto koleksi TS.



Quote:Tambahan dari Kaskuser

Quote:Quote:Original Posted By seihanda


Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad dalam bahasa arab gundul (tanpa tanda baca), Baginda menerima wahyu dan menyiarkannya sampai wafat. Nah saat itu jumlah umat muslim semakin bertambah, termasuk yang tidak menggunakan bahasa arab sebagai bahasa sehari-hari. Untuk mereka, mempelajari baca tulis aksara arab dirasa cukup sulit

Pada masa Pemerintahan Ali bin Abi Thalib, beliau memerintahkan seorang ahli tata bahasa Arab yang bernama Abu Aswad ad-Duali, untuk menciptakan tanda-tanda huruf hidup (titik dan harakat) yang ditaruh diakhir tiap kata, agar tulisan lebih mudah dibaca, khususnya oleh orang-orang yang tidak mengerti bahasa Arab.

Pekerjaan tersebut disempurnakan oleh beberapa murid dan generasi sesudah beliau. Maka sempurnalah tanda-tanda huruf hidup seperti yang kita lihat sekarang, terdiri dari: fathah, kasrah, dhammah, sukun, tanwin, tasydid, hamzah, mad, titik, dll




Mohon saya diingatkan kalau ada yg salah

Quote:Original Posted By k3s3m3xk
Tambahan gan

Kitab kuning gak cuma dikarang sama ulama' terdahulu lho gan
Banyak ulama' sekarang yang masih nulis kitab terus disebarkan, tanpa minta imbalan apapun lho, meskipun penelitiannya menghabiskan tenaga, pikiran, bahkan dana yang gak sedikit

Banyak masalah2 yang di keseharian kita hampir gak pernah dibahas atau diangkat tapi di kitab salaf/kuning dibahas detail
Contohnya:
Gak baik naruh apapun di atas buku, meskipun itu bolpen, ini untuk menghormati ilmu

Oh iya satu lagi
Menurut Kitab Ta'liimul Muta'allim, belajar agama itu gak boleh sendirian, contohnya cuma baca buku atau cuma dari internet. Harus ada guru, ustadz, atau kyai yang berkompeten mendampingi
Soalnya, setan bisa datang, terus diajarin sama setan, lha kalo setan yang ngajarin bisa2 keblinger sesat deh
Kalo belajar dari buku atau internet sah2 saja tapi harus ditaskhih atau dipastikan ke guru yang berkompeten

Wallaahu a'lam bisshowaab
KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By Zories
Alhamdulillah. Ada juga yg share thread seperti ini.
Dulu di kampung ane hampir setiap pengajian selalu mengajarkan kitab kuning utk level ibtida seperti Jurumiyah, Safinah, Tijan, dsb. Namun sekarang mungkin Kitab Kuning hanya akan ditemui di pondok pesantren saja.
Alhamduillah banyak manfaatnya jika kita bs membacanya. Jika ingin tau hukum suatu hal baik mengenai fiqih, thoharoh, tajwid, tauhid, nahwu maupun shorof dsb, disanalah sumber asli yg kita dpt setelah Al-Qur'an dan Hadits. Jangan kita cari ke Ust.Google yang blm tentu kebenrannya.

Quote:Original Posted By hendrawanfathur
Klo denger kitab kuning/gundul kebanyakan susah bilanngya ( baca )
Padahal klo di pelajari mudah dan hemat biaya
Ane pernah beli kitab tapsir fizilalil quran harus ngeluarin ratusan ribu
Terus ane tanya tuh ke pak haji yg jualan kitab
Klo kitab nya brapa ?... Cuma puluhan ribu

Quote:Original Posted By vhry
Alhamdulillah, makasih gan atas pencerahanya sekarang ane jadi tau asal usulnya
didaerah ane kebanyakan sih nyebutnya kitab gundul gan karena ga ada harokat nya

Quote:Original Posted By shanghiyang
Kitab kuning semua aturan hidup ada di dalamnya..

Quote:Original Posted By sidwell
Ane inget banget pas ngaji gan, apalagi ilmu di kitab itu diterapkan dalam mengambil keputusan sehari-hari.

Quote:Original Posted By andhik4
kitab ta'alim muta'alim, usfuriyah, kaelani dll juga kitab kuning gan, jujur aja ane lbh ngerti ngaji pake kitab kuning soalnya kebiasaan nyari kosakata yang ga ngerti di kamus bahasa arab atau klo ga ada pake kamus bahasa arab almunawir

Quote:Original Posted By iebennsama
Sekarang kutub turots udah pake kertas putih gan.. tapi tetep aja dibilangnya kitab kuning.. kitab ane yg masih kertas kuning tinggal Bidayatul Mujtahid karya Ibnu Rusyd. Yang laennya dah ga kuning lagi.. heheh

Quote:Original Posted By papyrustiket
untuk kitab Fathul Muin sendiri edisi aslinya bukan yang beredar di pesantren-pesantren skrg ini, itu dah modern sebenarnya. Kalau edisi asli, ane punya temen orang India daerah Malibar (daerah asal pengarang Fathul Muin) disana mayoritas islam dan bermadzhab Syafi'i (btw ane kuliah di Cairo), waktu kita mengkaji itu kitab, dia ngeluarin kitab edisi asli yg ditulis dengan tulisan tangan, sumpah klasik abis !. dan kitab itu dikaji dengan gurunya dari gurunya sampai sambung sanadnya ke pengarang Fatul Muin. kalau yang beredar di pesantren-pesantren skrg itu aslinya cetakan perpustakaan Halaby Cairo Mesir yang didirikan tahun 1800 an. dan percetakan itu termasuk yang paling awal muncul di mesir untuk mengakomodir karya-karya ulama timur tengah supaya dapat dicetak dan diperbanyak dengan waktu singkat dan meminimalisir kesalahan tulisan. Berbeda kalau dulu manual pakai tulisan tangan.

Quote:Original Posted By anayonae
Agan2 mungkin ada yg tau bahwa sebenarnya dalam islam pada awalnya tidak mengenal ilmu agama atau ilmu umum. Karena sebelum peperangan di selat (mana ane lupa) dalam kitab banyak ilmu2 science, ilmu mathematics (kalo gak salah aljabar di mathematics ditemukan oleh #agan cari sendiri, kalau gak salah ya tp seinget ane begitu), ilmu astronomi dsb yg ditulis dalam b.arab dan banyak ahli science dr islam kala itu. Tapi setelah islam kalah dr perang tsb semua yg tidak berhubungan dgn keislaman di translate ke dalam bahasa(ane lupa tp skrg mayoritas sudah di translate ke english) dan kitab asli di bakar di lautan/selat tsb sampai airnya berwarna hitam pd waktu itu (ada yg pernah dengar laut/selat hitam? Itu sejarahnya), Agan2 bisa bayangin berapa banyak kitab/buku yg dibakar
#sumber guru ski ane waktu jaman sekokah

Btw cmiiw

Quote:Original Posted By amirhusein08
Gan, bapak ane ustad, ane sekarang kelas 1 SMA, alhamdulillah ane udh fasih bahasa arab, ane belajar kitab kuning didampingi bapak ane sejak kelas 1 SMP. ane belajar campur gan nahwu sharaf diaduk, kitabna Al-Jurumiyah sama Imrithy.....

btw tambaahin gan untuk kitab nahwu sharaf kitab imrithy, soalna kitab tu penting gan, terus ane lupa 1 kitab lg, isinya 10.000 perubahan kata gan, ane lupa, ntar ane tanyain......

angkat keatas gan.......

ohiya, bagi yg mau belajar bahasa arab, kudu Pede bahwa kalian bisa belajar, jangan takut tidak bisa menguasai karena susah, ane juga pertama mikir gitu, tp sekarang alhamdulillah ane bisa bahasa arab tanpa pesantren.......

Hmmm akhirnya aku tau tjoi.
nais share gan..

btw, ente salafi?
Gan . Aturan yg kredibelitas mantap nya sangatlah tidak kemasyuran.

Semoga sunggu tidak juga berliku, yang ada nya terpatri dengan simetris.


Landasan iman ialah jiwa yang suci.
Landasan keikhlasan ialah hati yang jernih.
Landasaan tekad ialah semangat yang kuat dan membara.
Landasan usaha ialah kemauan yang keras.
Landasan pengorbanan ialah aqidah yang kokoh.
nah gua suka bre kalo ngaji salafi lebih ngerti
oh gitu gan,, ane tau tentang kitab kuning tapi kaga tau penyebab tuh kitab hingga bisa disebut kitab kuning
Quote:Original Posted By insomaddict
oh gitu gan,, ane tau tentang kitab kuning tapi kaga tau penyebab tuh kitab hingga bisa disebut kitab kuning

Udah baca tuntas belum gan?
Ada tuh jawabannya di trit ane.
suruh wahabi ngaji salaf gan.. katanya wahabi ahli salaf ternyata paling goblok tentang salaf.. dan anak pesantren yg dituduh sesat ternyata paling ahli salafiyun ...
wahabi gendeng
Info yg menarik
Ane ngaji kitab ITU gan waktu smp-sma . guru ngaji ane bilangngya kitab gundul... Karna ga ada harokatnya.
Jika ingin mengisi waktu luang agan...hadirilah kajian salafy yang tersebar di wilayah jakarta gan...kajiannya ilmiah kek perkuliahan gitu
Oooh kitab kuning yaa gan
Ane baru tau gaaan
Ane dulu pas masih aktif ngaji, sering ngebahas kitab kuning juga gan . Kalo yg ane inget judulnya "Daqa ikhul Akbar" sama "Sulam-Safina" (Sulamutt taufiq & Safina tun najah" .
yg paporit tetep qurrotul uyun breyy


ane ga bisa baca kitab kuning bray


sedih kadang2...
Salaf bukan salafi... hehe...
Org salafi kagak bs baca ginian. Bisanya baca terjemahan... hehe...
yg ada terjemahannya jga males bacanya gan
lebih suka ada ustadnya yg ngejelasin.
Quote:Original Posted By bangmadrift
Info yg menarik

bantu share, ya gan...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar