Pages


Senin, 08 Juni 2015

Menyontek Itu Benar atau Salah

Quote:Quote:Halo gan, ane anak kelas 2 SMA yang baru aja selesai Ulangan Akhir Semester nih
karena ke ingetan terus ama ulangan, ane jadi kepikiran ama "nyontek"
tapi ane gak nyontek kok
tapi ane jadi kepikiran buat bikin thread ini. karena ini thread hasil pemikiran ane sendiri jdi gak mungkin deh klo kecuali memang pemikiran kami sangat sama

Quote:makasih ya mimin, momod, sama kaskuser yang lainnya udh jdiin threat sederhana ane ini jdi HT. makasih banyak semuanyaa
Quote:waktu ulangan kadang memang ada sebagian siswa yang tidak jujur saat menjawab kertas soal yang ada di depannya
tapi kalau di pikir-pikir, klo siswa itu salah siapa sih?
Spoiler for jawaban 1:
tentu saja salah siswanya itu sendiri
Spoiler for jawaban 2:
siswa dan lingkungan sekitar siswa

Quote:Mencontek Merupakan Kesalahan Siswa
siapakah yang mencontek? siswa bukan. terus berarti siapa yang salah dalam hal ini? bukankah siswa juga. di sini ane beberapa hal kenapa siswa yang mencontek itu salah
Spoiler for Ulangan seharusnya sebagai ajang menguji kemampuan diri:
Ulangan seharusnya sebagai ajang bagi siswa untuk mengetahui sebaik mana atau sejauh mana mereka sudah menguasai pelajaran tersebut, tentu saja hal tersebut harus dilakukan siswa seorang diri, karena yang dinilai waktu ulangan kan kemampuan individu, namun hal tersubut gagal karena siswa justru bekerja sama dengan siswa yang lain. siswa dan guru yang seharusnya dapat mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang pelajaran tertentu digagalkan oleh sang siswa yang menyontek saat ulangan dilaksanakan

Spoiler for Menyontek = Membohongi Diri Sendiri dan Orang Lain:
seperti hal di atas ulangan merupakan tempat dimana siswa menguji kemampuan siswa itu sendiri. namun siswa malah memberikan kemampuan orang lain, yaitu kemampuan teman sekelasnya atau kemampuan dari buku atau internet. siswa seharusnya jujur jika mereka bisa maka mereka harus mengatakan bisa dan jika siswa tidak bisa maka katakan tidak bisa. namun siswa yang menyontek pada dasarnya belum bisa namun mereka membohongi diri mereka senderi dan mengatakan mereka bisa dengan cara menyontek. pertama siswa membohongi diri mereka sendiri lalu mereka membohongi guru mereka

Spoiler for Siswa Melanggar Peraturan:
biasanya sebelum ulangan dimulai, pengawas akan membacakan peraturan ulangan. Di sana jelas tertulis bahwa siswa dilarang untuk bekerja sama dengan siswa lain dan apa lagi gitu, ane udh lupa . nh kalau peraturannya sudah jelas melarang siswa menyontek terus kalau siswa menyontek bukankah mereka melanggar peraturan? terus kalo melanggar peraturan itu benar atau salah? salah bukan, jadi siswa menyontek itu termasuk perbuatan yang salah bukan?

Spoiler for Siswa Menyontek = Males Belajar:
Kadang alasan siswa menyontek karena mereka gak bisa ngerjain soal. padahal bukankah seharusnya mereka bisa mengerjakan soal itu kalau mereka belajar. dan bukankah tugas dri siswa itu untuk belajar? mereka sudah punya yang mengajari mereka. mereka tinggal belajar aja dong. tapi sayangnya sebagian siswa malah males-malesan dalam hal belajar, mereka justru melakukan hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran. nh padahal waktu-waktu tersebut dapat mereka gunakan untuk belajar sehingga mereka tidak perlu mencontek saat ulangan.

Spoiler for Pengen Enaknya Aja:
mencontek memang ingin enaknya aja, yah kan dari pada susah susah belajar mending mencontek aja kan hasilnya akhirnya sama dapat 10 atau 9. toh nilainya sama-sama tinggi. siswa yang yang mencontek ingin dapat hasil yang wah (nilai bagus) namun mereka gak mau berusaha. mereka jadinya cuma memandang hasil akhirnya cara-cara kotor pun digunakannya seperti mencontek itu. mungkin mereka sudah tahu bahwa mencontek itu sebenarnya tidak baik namun karena mereka hanya mau enaknya dan tidak mau berusaha jadilah mereka mencontek saja. mungkin inilah kenapa guru-guru ane sering bilang kalau siswa mencontek besarnya bakal jadi koruptor yang mau enaknya aja (walaupun ane sendiri gak percaya sih sama omongan ini)

itu hanya sedikit alasan saja kenapa mencontek itu salah, masih banyak hal-hal lainnya lagi. namun dari hanya sedikit itu saja sudah jelas bahwa mencontek itu salah, apalagi kalau nanti ada agan-agan nambahin kenapa mencontek itu salah. makin ketahuan deh kalau mencontek itu salah


Quote:Menyontek Bukan Sepenuhnya Salah Siswa
yup siswa memang yang melakukan kecurangan saat ulangan, namun coba kita tengok apa yang menyebabkan siswa mencontek
Spoiler for Masyarakat Melihat Hasil:
Sebagian besar masyarakat menilai ke hasil bukan ke prosesnya. jadi siswa yang memiliki nilai rendah di satu mata pelajaran saja dapat dianggap sebagai siswa yang bodoh. padahal sebenarnya mungkin saja siswa tersebut memiliki potensi yang sangat besar di mata pelajaran lainnya.

Spoiler for Pelajaran Yang Terlalu Banyak:

coba agan itung berapa pelajaran yang harus dipelajari siswa SMP-SMA. ada matematika, kimia, biologi, sejarah, Fisika Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya. kira kira bakalan bisa semua gak tuh siswanya kalo belajar sebanyak itu bisa masuk gak ke otak siswa. sebagian mungkin masuk tpi yang lainnya gimana? dan karena masyarakat menilai hasil siswa mau gak mau harus menguasai semua. pertanyaannya gimana caranya? akhirnya siswa terpaksa mencontek agar mereka gak kena masalah di lingkungan masyarakat
Spoiler for Tuntutan Orang Tua yang Tinggi:
siapa sih yang gak bangga kalo anaknya rangking satu. terus siapa sih yang gak malu kalo anaknya gak masuk ranking. yah alhasil mereka cenderung memaksa anaknya agar masuk ranking klo gak yah paling-paling nanti kena marah atau apa gitu, yang jelas siswa bakal dapat masalah. siswa menjadi terbebani akan hal tersebut, ditambah pelajaran yang terlalu banyak akhirnya siswa tidak punya pilihan lain selain mencontek atau dapat masalah di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Spoiler for Gimana Masa Depan Anak yang Nilai Rapot Rendah:
nilai rapot sangat mempengaruhi siswa saat masuk ke perguruan tinggi, klo nilai mereka tinggi jalan mereka cenderung lebih mudah, jika nilai mereka rendah jalan mereka cukup sulit. tapi masalahnya mendapat nilai rapot yang baik tidaklah mudah banyak sekali mata pelajaran yang harus dikuasai. gagal dalam satu mata pelajaran maka akan sulit kedepannya. lalu jika siswa tidak mampu memperoleh nilai yang bagus gimana nanti? yang sudah lulus kuliah aja susah dapat hidup layak, apalagi yang gak diterima kuliah. akhirnya mereka tidak punya pilihan selain memenuhi keinginan nilai rapot tersebut

nh mungkin itu lah hal-hal yang membuat siswa mencontek, memang siswalah yang mencontek, namun lingkungan mereka juga lah yang kadang menyebabkan hal itu terjadi.

Quote:Tambahan Para Kaskuser
Spoiler for Pendapat Kaskuser Lainnya:

Quote:Original Posted By adiambassador
Tiap orang kemampuannya berbeda2

Misalnya nih, si A jago MTK, si B jago Bhs. Inggris, si C bisa semua pelajaran tapi gada yg jago otomatis mereka bakal saling membutuhkan

Jangan munafik dah, tanya aja guru MTK agan, apa guru MTK agan juga jago Bhs. Inggris?
Apa guru Bhs. Inggris agan jago MTK? Jawabanya, ENGGA! Kenapa? karena emang dah kodratnya manusia untuk saling membutuhkan

Ohiya, pernah ada guru di SMA ane (bukan guru ane tapi ) bilang "Masa depanmu tidak akan seburuk nilaimu" "Di akhirat gabakal ditanyain soal MTK"
There are BULLSHIT! (sorry English ane jelek )

Apa iya mereka gabakal marahin kita kalo nilai kita jelek di Matpelnya guru tersebut?
Apa iya mereka gabakal marahin kita kalo kita bilang ke guru tersebut "Maaf bu, tapi saya memang tidak mampu menerima pelajaran ibu"?
Apa iya mereka gabakal marahin kita kalo kita ga ikut pelajaran guru tersebut karna alasan "Tidak mampu menerima pelajarannya"?

Belon lagi kalo di rumah, bisa2 sapu bisa terbang, HP ilang, ada piring terbang, rumah jadi kaya pasar "cuman" gara2 ranking 25 dari 28 siswa (true story ) padahal para orang tua kita belon (baca: ga) tau gimana proses belajar kita & kehidupan kita selama di sekolah

TELLEK! oop
Ha-ha-ha!

Quote:Original Posted By nanaala
Iya gan,siswa nyontek juga ga sepenuh nya salah siswa. Tp dri sistem pendidikan nya juga yg memperhitungkan nilai drpd ilmu yang didapat si anak. Dan juga kalo si siswa entu ga memenuhi kriteria nilai dia terpaksa harus ngulang. Tiap siswa juga dipaksa memenuhi standar nilai,padahal bakat setiap anak itu berbeda.

Cepet merdeka untuk Pendidikan Indonesia



pejwan klo bisa

chu bla gan

Quote:Original Posted By kazuteru
gak ada orang yg gak pernah nyontek
biasanya ada guru yg ngasih materi A tapi yg keluar B dan akhirnya terpaksa deh searching di inet

hayoh coba jawab siapa yg salah?


Quote:Original Posted By salehr
Jadi sebenarnya gini gan, sebenarnya hal itu bukannya salah siswa, tapi salah pengawasnya, karena pengawasnya tidak mengawas dengan betul dan tegas gan

Quote:Original Posted By grramadhan24
Do it by your brain, is make it spirit

Quote:Original Posted By grramadhan24
Mencontek sama dengan tidak menghargai otak yang sudah dianugerahkan oleh yang maha kuasa

Quote:Original Posted By qwertybaru
Kalo dibilang mencontek murni bisa aja salah, kalo bisa nyontek beri sumbernya gan. Emang ujian itu merupakan salah satu apa yang kita dapatkan selama kita belajar. tp point dari semua ini tidak semuanya di kuasai ada pasti beberapa yang lupa atau ngga bisa, dari sini juga potensi kita tau titik lemah kita terlihat gan. nyontek wajar, tapi tidak perlu semua di contek, temuan kreatif pasti ada yang copy, mau sekerasa apa pun ente bilang ngga boleh menyontek tetep aja ngga bisa ngilangin sikap yang satu ini. mau tau kenapa, kita harus kembali ke masa sebelum masehi.

Quote:Original Posted By GreatAlex
Mencontek itu salah, tapi ane setuju bgt kalo hal itu disebabkan oleh tuntutan orang tua, pelajaran yg kurang relevan untuk dikehidupan nyata di masa depan, sama peraturan pemerintah yang aneh masak iya proses selama 6 tahun / 3 tahun hanya ditentukan selama beberapa jam (UN)

Quote:Original Posted By veegee
kalo menurut ane sih salah, tapi gak sepenuhnya salah sih...
karna gak semua siswa gak pintar dalam beberapa mata pelajaran, dan ada beberapa hal yang salah juga dalam sistem mengajar di beberapa sekolah...
contohnya kalo ada pertanyaan yang jawabannya disuruh menggunakan pendapat masing2 kebanyakan jawabannya pasti disalahkan oleh gurunya, katanya gak sesuai sama buku paduannya atau apalah...


Quote:Original Posted By naikee1
sebenernya ini salah murid dan faktor lain.meskipun kita gabisa. seenggaknya kita udh belajar. jadi ada yang masih bisa diisi. nah ini gan karena masyarakat kebanyakan ngeliat dari cover. hasil. nilai. orang tua mana ada yang ngeliat proses pembelajaran anak di sekolah (smp keatas maksudnya).. tapi ane percata gan. "KEJUJURAN ITU PASTI MEMBAWA KEBAHAGIAAN. MESKIPUN SAKIT"


Quote:Original Posted By ex.sr
Terkadang kebanyakan buang" waktu gan, jadi hasil belajar kita ga optimal.Sebenernya malu sama diri sendiri, tapi malu itu kalah sama rasa takut ngecewain orang tua.Serba salah
Satu lg faktor lingkungan.Orang yang positif bila bergaul sama orang negatif semua ya perlahan lahan ikutan rusak.

Quote:Original Posted By davethok
bingung sama trit ini.
masa nyontek ada pembenarannya. klo gitu nanti semua perbuatan yg kurang baik/tidak halal akan ada pembenarannya dong.

Quote:1. tidak selalu orang melihat hasil, ada juga orang yg menghargai proses. klo tidak ada proses maka tidak akan ada hasil, kecuali keberuntungan. lainnya adalah perbuatan menyimpang.
2. alasan pelajaran yg terlalu banyak jg tidak tepat. jika belajarnya dicicil dan selalu diulang serta tidak sistem 'SKS', niscaya ada yg nyangkut di otak.
3. tuntutan orangtua yg tinggi adalah tuntutan yg salah. apakah anda orangtua? apakah anda selalu menuntut?
jika ya, tuntut diri anda sendiri untuk menyediakan waktu anda untuk mengajari anak anda supaya bisa mencapai apa yg anda inginkan.
jika tidak, sediakan waktu anda untuk menilai proses belajarnya dan bimbing dia jika menemui kesulitan. tidak perlu ada yg dituntut. melainkan kewajiban harus dijalankan.
4. masa depan tidak ditentukan dari raport. pahami bakat dan minat anak anda, fasilitasi, biarkan dia mengikuti prosesnya sehingga masa depannya sesuai dgn apa yg diinginkan bersama. untuk ini [alm] bob sadino & menteri susi bisa menjadi panduannya.

at last, jgn biarkan diri anda mencontek jika merasa benar.
jika hal itu terulang untuk kali ke-2 dan seterusnya, anda akan menganggap korupsi adalah benar.
belajarlah dari hal yg kecil untuk mendapatkan yg besar.
karena jika anda mendapatkan yg besar secara langsung/instan tanpa melalui proses, anda pun tidak akan mampu menerimanya. kecuali iman anda kuat.

Quote:Original Posted By walawale
Kalo aja orang2 lebih liat proses daripada nilai, mungkin siswa gaakan ada yg nyontek lagi

Quote:Original Posted By samudra6969
ane kasihan ama siswa2 ni. mencontek dianggap murni kesalahan si siswa, siswa yg mesti berubah bla bla bla.

ga ada asap tanpa api, bukan?

sebelum masuk kepada nyontek itu salah atau benar, kita lihat sistem pendidikan di indonesia. disini, orientasi pendidikan kita adalah HASIL bukan PROSES. sepanjang apapun sebuah usaha atau proses jika hasilnya SALAH maka akan tetap SALAH. proses anak didik tidak dihargai, mana ada si anak yg jujur tapi menjawab salah lalu mendapat nilai 0.5 dr jawaban yg salah tsb krn kejujurannya? tidak ada!
jika seorang tenaga pendidik tidak menghargai proses, maka jangan harap peserta didik akan menghargai proses yg mereka tempuh utk mendapat hasil.

nah, di dalam penghargaan terhadap proses ini, akan terjadi sebuah pemahaman terhadap materi yg diberikan. jika seorang peserta didik PAHAM dengan materi yg diberikan, maka ia akan bisa mengerjakan soal2 yang dimodifikasi, kecil kemungkinan dia membuat contekan.

intinya, hargai proses mereka, berikanlah sedikit nilai bagi proses mereka dlm menjawab soal walaupun hasilnya tidak sesuai.
buatlah mereka PAHAM bukan HAFAL thd suatu materi.

*ane kuliah di ilmu pendidikan, dan ini adalah psikologi pendidikan.

Quote:Original Posted By kirbys
kalo di tanya benar atau salahnya ya ane bingung juga jawabnya.
di satu sisi jika anaknya tidak mampu mendapat nilai bagus dia di anggap bodoh.
di satu sisi lagi orang tua selalu menekankan anaknya untuk selalu mendapat nilai bagus.
sehingga sang anak akan memilih mencontek kepada teman yang ahli dalam mata pelajaran tersebut dari pada dia belajar dan hasilnya belum tentu bagus.

saran saya :
untuk orang tua, cobalah anda lebih bisa mengerti bidang anak anda, tidak semua anak hebat di semua bidang.

anda selalu memaksakan anak anda untuk mendapat nilai yang terbaik dengan alasan agar anak anda berhasil di masa depan.

cobalah buka pikiran anda, tidak selamanya nilai menentukan masa depan, jika memang anak anda tidak berbakat di bidang akademi toh masih banyak bidang lain yang bisa anda dukung untuk anak anda.

saya juga sebenarnya adalah salah satu korban penuntutan orangtua yang selalu menuntuk saya untuk dapat nilai bagus ( di atas 7 )
tetapi apa daya, saya lemah di matematika dan paling mentok hanya mendapat nilai 5.
dan sesudah orang tua melihat nilai matematika saya 5 akhirnya saya di pukuli, dan di ancam akan di usir dari rumah.
maka dari itu sekarang ane lebih suka mencontek dari pada mendapat perlakuan kasar dari orang tua saya, toh jika saya mencontek orang tua saya juga tidak akan tau.


Spoiler for Pengalaman Kaskuser:

Quote:Original Posted By TCipherGalm1
jujur ane dulu suka nyontek gan tp kalo pelajaran yang ane kuasai dan senengi ane gak nyontek,karena ane cuman pengen belajar hal yg udah ane kuasai dan senengi.
ane gak mau maksaiin belajar matpel yang ane gak mampu,ujung2nya pasti stress sendiri
ane gak peduli tuntutan guru yang nyuruh ane nguasaiin seluruhnya wong yang nentuin masa depan ane sendiri kok bukan orang lain dan ane udah tentuin apa jurusan ane pas sma jd ane cuman pengen belajar hal2 yg bersangkutan dgn jurusan tersebut.
Quote:Original Posted By xperian
Temen ane yg ujian nyontek uda lulus kuliah, uda kerja. Tapi ane yg ga pernah nyontek, belum lulus kuliah. Bukan karena ane bloon, tapi karena emang mata kuliah ane sulit sulit dan ane juga jarang berangkat kuliah .
Kadang jadi orang jujur cobaannya banyak, tapi jalanin aja sambil berdoa biar dapet hikmahnya (misal masuk surga) D

Quote:Original Posted By Nugrahaaaa
Ini kisah nyata guru ane. Dia Alumni Matematika UGM gan!
ceritanya pas lagi ujian gan, temen guru ane ini gak tau jawaban nya. katakanlah soal no. 4. nah, guru ane bilang ama temennya, "nih, liat jawaban gue aja. Gue udah." trus temennya jawab, "gak bro, ane udah bertekad dari rumah untuk gak nyontek"
jantung guru ane berdetak gan. akhirnya dia kagak nyontek lagi gan. oh iya, kata guru ane, temennya yang gak nyontek itu kuliah di STEI_ITB gan, dan dia juara umum UN se Sumsel gan!! Subhanallah!
Nah iya, guru ane kerjanya pengusaha Properti gan, udah kaya, rumah nya bagus, besar, mobil ada 4, istri banyak, eh baru satu. Haha (maafkan lah guru ku, wahai anak muridmu)
Kita harus selalu bertaqwa kpd Allah Swt! Harus jujur! Allahu akbar!
pekiwan kalo berkenan

Quote:Original Posted By sadewa23
menurut ane gan ini masalah kayaknya sudah medarah daging di negeri kita ini . masalah terbesar bangsa indonesia itu moral gan .

Bukan maksud sombong gan , ane masih sma dan selalu masuk 10 besar dan tanpa menyontek gan karena dulu sempat kejadian pas uji coba UN smp ane dulu ane dapat nilai bagus tapi dengan cara yang tidak halal , akan tetapi saat diberlakukan sistem paket semua jadi merosot gan . yang dulunya mtk nilai 8 keatas pas diberlakukan uco yang berpaket ane nilainya jadi 2.25 gan .


nah semenjak itu ane rubah pola pikir ane bahwasanya MENYONTEK ITU HANYA UNTUK KESENANGAN SESAAT .

ada satu contoh lagi gan , temen ane dia selalu nyontek dan dia gak pernah masuk 10 besar lalu dia tanya ke ane tentang cara biar masuk 10 besar dan ane cuma jawab jangan nyontek . dan setelah terbukti gan semester lalu dia masuk 10 besar bahkan melebihi ane .

urusan contek menyontek sudah tidak bisa dibenarkan lagi . lebih baik kita dapat nilai jelek karena keringat sendiri daripada nilai baik hasil kerjasama dengan orang lain .


pejwan kalo berkenan




padahal masih banyak komen dari agan-agan yang lain yang sangat bagus, ane mohon maaf ya gan karena keterbatasan karakter ane gak bisa cantumin semuanya.


Quote:menurut ane memang ada siswa yang mencontek karena penyebab-penyebab yang tidak baik, namun ada juga siswa yang mencontek karena itu berbagai alasan yang dapat menyebabkan mereka terjerumus ke masalah yang lebih besar lagi. namun ane tetap berpendapat bahwa mencontek itu merupakan sesuatu yang salah, meski dalam keadaan apapun
Quote:Nah cukup sekian thread buatan ane ini gan, ane mohon maaf kalau ada kesalahan dalam pembuatan thread ini. ane juga minta maaf kalau ada kata-kata ane yang menyinggung agan-agan semua atau kata-kata ane yang salah. ane juga minta maaf klo pemikiran ane ini terlalu dangkal. mohon ane jangan di ya gan. ane harap semoga thread ini berguna bagi ane dan agan-agan semua. terakhir selamat liburan gan
tenang nilai UN di masa mendatang tidak menentukan kelulusan



makasih
Slah dong gan ..keenakan orang susah susah jawab dicontek -_-
Quote:Original Posted By uao
tenang nilai UN di masa mendatang tidak menentukan kelulusan



makasih


yah tapi tetep aja gan, k pake buat masuk kuliah

Quote:Original Posted By xcoentrao
Slah dong gan ..keenakan orang susah susah jawab dicontek -_-

tpi kadang ada yang kerjasama gan saling contek mencontekkan
Benar gan. Gak ada aturan resmi pemerintah.
Salah... tapi ane sering menyontek
Quote:Original Posted By rdn5454
Benar gan. Gak ada aturan resmi pemerintah.


Iye gan, hrsnya ada peraturan... ky d india ada hukum pidananya
Quote:Original Posted By rdn5454
Benar gan. Gak ada aturan resmi pemerintah.


Quote:Original Posted By ammarashganteng


Iye gan, hrsnya ada peraturan... ky d india ada hukum pidananya


tpi ngeri juga klo gitu gann

Quote:Original Posted By cahnjero74
Salah... tapi ane sering menyontek


tenang gan, awal dari perubahan itu pengakuan dulu.
Saling melengkapi kalo ane, misal temen ane ada yg kurang di fisika tapi jago math, sedangkan ane kebalikannya, jadi saling memberi gan

tergantung kondisi dan situasi
Kalo otak udah buntu gak bisa diajak mikir lagi dan kurangnya pengawasan, why not nyontek
mau segimana pun salahnya tetep yg paling salah itu, nyontek ketauan
apa enaknya nyontek ..dulu ane ga pake nyontek juga skrg bisa kerja
salah gan kalo ketauan benr kalo ngga ketauan berarti jago wkwkwkwkw
Gua kagak nyontek bray.
gua sering jadi korban penyontek.
Benar karena mencerminkan pribadi bangsa yakni :
gotong royong dan toleransi
ane sering nyontek gan wkwkwk
the answer of this question depends on ur morality. And mentality.
gimana kita masing2 aja deh bray

biar gak repot mikirin bray

yo bay aaauuu
menyontek adalah budaya
Salah dong gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar