Pages


Minggu, 21 Juni 2015

Ni SisGan Kesalahan Umum Kita Terkait Ramadhan





-= Cek Repost ? Cari di sini SisGan =-  (www.kaskus.co.id)


HT Thanks for all mimin, nd momod nd Thanks for all kaskuser keep ngaskus sisgan



Thanks for cendol dan abu abu nya


Quote:

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Allah SWT menjanjikan lewat lisan Rasul-Nya, Muhammad SAW, bahwa semua amal ibadah di bulan tersebut dilipatgandakan, dan permohonan ampun dari mulut siapa pun akan dikabulkan.

Jika mengetahui keistimewaan di dalamnya, tentu tidak satu pun kaum Muslim yang ingin melewatkan momen Ramadhan dengan sia-sia. Sayangnya, sering kali kaum Muslim lebih mudah dibuai obral aneka barang dan jasa menjelang dan selama Ramadhan, ketimbang mengambil kesempatan untuk memburu pahala yang tiada tara murahnya (baca: mudah didapat) di sepanjang Ramadhan.

Apa yang menyebabkan kealpaan umum seperti itu lazim terjadi? Bisa macam-macam sebabnya. Beberapa akan dibeberkan berikut ini.


Quote:Tidak siap mental



Ketidaksiapan mental dalam menghadapi bulan Ramadhan kerap menjadi soal serius yang menyebabkan kaum Muslim tidak emngambil kesempatan emas memburu pahala selama bulan Ramadhan. datangnya bulan Ramadhan, banyak dari kaum Muslim yang bersikap biasa-biasa saja. Mereka seolah-olah tidak punya kerinduan untuk berburu pahala, kesempatan bertobat, dan meluruskan niat. Ada ungkapan sinisme yang mengatakan, “Entah mengapa hari-hari ini semakin banyak saja orang yang merasa sudah kebanyakan pahala, sehingga untuk memburunya tidak semangat lagi.”

Nabi Muhammad SAW menyinggung perbedaan sikap antara Muslim yang sejati dengan seorang munafik dalam menyambut bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada bulan terbaik yang mendatangi kaum Muslim melainkan bulan Ramadhan. Dan tidak ada bulan terburuk yang mendatangi kaum munafik selain bulan Ramadhan. Kaum Mukmin siap-siap beribadah sekuat-kuatnya ketika bulan itu datang. Sedangkan kaum munafik tidak menyiapkan apa-apa kecuali ingin membuat manusia lalai dan membuka aurat mereka. Bulan Ramadhan adalah gembala bagi orang Mukmin dan siksaan bagi kaum munafik.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi)


Quote:Menganggap puasa Ramadhan sebatas ritual



Banyak orang yang puasa di bulan Ramadhan hanya karena orang lain berpuasa. Puasanya dijalankan hanya sekadar ikut-ikutan. Puasa hanya dinilai menahan makan dan minum dari pagi sampai petang. Orang semacam ini hanya menganggap puasa Ramadhan sebagai ritual belaka atau sekadar menggugurkan kewajiban. Padahal, tujuan dari syariat puasa adalah untuk menyucikan hati dan jiwa manusia, serta usaha ketundukan tanpa syarat kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa.

Lalu puasa adalah upaya pembebasan rohani ke taraf yang lebih tinggi, atau kembali ke asalnya yang murni, sebelum ia menempati jasad ragawi yang selalu membutuhkan makan dan minum. Tidaklah mengherankan jika Allah SWT berjanji bahwa Dia sendiri yang akan menilai dan mengganjar pahala puasa setiap Muslim. Sebab puasa adalah ibadah kesunyian yang tidak demonstratif seperti shalat, zakat, maupun haji. Orang boleh saja mengaku puasa di hadapan orang lain tanpa harus mengundang kecurigaan bahwa dirinya memang betul-betul berpuasa atau hanya sekadar berpura-pura.

Dengan karakteristik seperti itu, ibadah puasa bertujuan untuk mendidik kaum Muslim agar jujur kepada dirinya sendiri, tunduk secara ikhlas kepada Allah SWT, serta tak ketinggalan menumbuhkan empati sosial terhadap orang-orang yang tak berpunya, yang untuk makan dan minum saja belum tentu mendapatkannya dalam satu hari.


Quote:Tidak mengetahui hukum puasa



Perlu digarisbawahi, ukuran diterimanya ibadah di sisi Allah SWT, selain ikhlas adalah mengetahui ilmunya. Ibnu Ruslan dalam karyanya, Matan Zubad menuliskan sebuah bait indah yang berbunyi: “Wa kullu man bi ghairi ilmin ya'malu, a'maluhu mardudatun la tuqbalu (setiap orang yang mengamalkan suatu ibadah tanpa ilmu, maka amalannya itu tidak diterima).”

Bait tersebut merujuk pada keterangan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, yang menyebutkan: “Barang siapa yang beramal tidak mengikuti perintah kami, maka akan ditolak.”

Sebab itu, patut bagi setiap Muslim mengetahui seluk-beluk mengenai puasa Ramadhan dengan membaca-baca buku maupun mendengar ceramah dari para ustaz, kyai, guru, atau orang lain yang lebih mengatahuinya, terutama terkait dengan apa yang membatalkan puasa, apa yang membatalkan pahala puasa, dan sebagainya.


Quote:Terlalu memikirkan makanan dan minum



Siapa bilang orang yang berpuasa merasa jauh dari makanan dan minuman? Justru makanan dan minuman yang selalu berseliweran di benak orang yang berpuasa. Tidak salah lagi, hampir sepanjang hari orang yang berpuasa memikirkan makana dan minuman, mulai dari merencanakan ingin berbuka puasa di mana, apa menu yang ingin dikudapnya, atau memasak sendiri penganan saat berbuka. Boleh jadi, pikiran akan makanan dan minuman ini lebih besar porsinya ketimbang konsentrasi untuk melakukan shalat-shalat sunnah, tadarus Al-Qur’an, zikir, dan ibadah-ibadah lainnya.


Quote:Melakukan hal-hal selain ibadah secara berlebihan



Bukan hal aneh jika selama puasa Ramadhan berlangsung sebagian besar orang malah tambah berat badannya. Hal ini dapat terjadi karena selama bulan puasa, porsi makan bukan berkurang malah bertambah. Saat sahur banyak orang yang makan sebanyak-banyaknya, seolah khawatir akan kelaparan dan kehausan. Sementara begitu tiba saat berbuka, kembali mereka makan dan minum seolah tidak menemui makan selama 24 jam. Makannya begitu lahap. Minumnya seperti orang kalap.

Perilaku berlebihan lainnya adalah menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Memang benar ada hadis yang menyebutkan bahwa tidurnya orang yang berpuasa dinilai ibadah. Namun, bukan berarti jika tidur sepanjang hari lantas merasa bahwa hal itu juga ibadah. Tidur sepanjang hari, atau menghabiskan sebagian besar waktu puasa dengan tidur sama saja tidak melatih raga untuk merasakan beratnya puasa. Nilai apa yang didapat jika puasa tidak dirasakan sama sekali?

Berkebalikan dengan orang yang lebih banyak tidur saat puasa adalah orang yang amat sibuk selama puasa. Namun kesibukannya itu bukan untuk ibadah, melainkan untuk sekadar menghabiskan waktu agar tak terasa dilalui. Misalnya, menghabiskan waktu dengan bermain video games, menonton tv, film, mendengarkan music, dan hal-hal yang jauh sekali kaitannya dengan ibadah.

Begitu pula, dengan kegiatan untuk mengunjungi satu sama lain yang terlalu sering hanya untuk sekadar mengobrol agar waktu berjam-jam terlewati. Padahal kegiatan ini dapat diganti dengan yang lebih baik semisal membaca Al-Qur’an. Secara rata-rata dengan membaca tartil kecepatan sedang, satu juz Al-Qur’an bisa diselesaikan dalam 30 menit. Kira-kira berapa juz yang terbuang jika digunakan untuk mengobrol yang tidak perlu?

Banyak pula orang yang tidak sekadar melakukan kunjungan, tetapi tidak jarang obrolan diisi dengan hal-hal yang membuat pahala puasa sia-sia. Misalnya, membiacrakan orang lain, menggunjing, mengadu domba, dan sebagainya. Padahal Rasulullah Saw berpesan begini: “Barang siapa tidak meninggalkan perkataan sia-sia dan hal yang bodoh, maka tidak ada pahala dari sisi Allah, kecuali orang tersebut hanya meninggalkan makan dan minum belaka.” (HR. Al-Bukhariy)


Quote:Menjalani puasa tetapi tidak shalat



Kebiasaan ini banyak sekali dilakukan kaum Muslim. Mereka puasa, tetapi meninggalkan kewajiban shalat. Padahal kunci dari baiknya semua ibadah kepada Allah SWT adalah shalat. Sebab shalat adalah tiang agama. Tidak ada alas an apa pun yang dapat membatalkan kewajiban shalat. Bahkan orang yang sakit pun wajib shalat, selama akal dan pikirannya masih berkerja normal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa orang yang berpuasa namun tidak shalat, maka puasanya itu akan sia-sia atau rusak.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaraka wa Taala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu. Pada riwayat lain disebutkan, ‘Bilamana shalat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana shalat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.’” (HR. Ath-Thabarani)


Quote:Demikianlah sekelumit mengenai hal-hal yang sepatutnya dihindari oleh kaum Muslim selama Ramadhan. Daftar di atas tentu masih dapat bertambah lebih banyak lagi, yang karena keterbatasan ruan tidak dapat disebutkan semuanya. Mudah-mudahan kita diberikan kekuatan oleh Allah SWt untuk menjalani ibadah puasa dengan sekhusyuk mungkin. Amin allahumma amin

Ts : Approve.cc
Sumur : Kik di sini  (erlangga.co.id)


Quote:See You Next Time di trit ane selanjut nya keep ngaskus gansis

Spoiler for Jangan di bukan gansis !:
Yang lempar cendol semoga rejeki nya di mudahkan


yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan


yang lempar bata semoga cepet dapet hidayah


yang komen semoga ilmu nya bermanfaat


amin allahumma amin






-=Trit ane yang lain =-


9 Restoran Unik yang Tak Pernah Terlupakan  (www.kaskus.co.id)
4 Strategi Sukses dari Haruki Murakami "penulis asal jepang"  (www.kaskus.co.id)
5 Kata Sederhana Sansekerta Untuk Hidupmu  (www.kaskus.co.id)
7 Makanan Aneh yang Tidak Dijual di Indonesia  (www.kaskus.co.id)
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Memasuki Bulan Ramadhan  (www.kaskus.co.id)
6 Manfaat Ketika Mengkonsumsi Kecambah/Toge  (www.kaskus.co.id)
4 Salah Kaprah yang Sering Kamu Temukan Di Jalan  (www.kaskus.co.id)
Inilah Cerita Asli Menakutkan Yang Diadaptasi Jadi Film-film Disney  (www.kaskus.co.id)
5 Film Action Indonesia Yang Tak Kalah Dengan Film Hollywood  (www.kaskus.co.id)
Kapankah Waktu Minum Kopi Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan?  (www.kaskus.co.id)
Hiks, Orang-Orang Ini Meninggal Akibat Kebanyakan Bekerja  (www.kaskus.co.id)
Inilah 13 Ciri Khas Orang Yang Punya Kekuatan Mental  (www.kaskus.co.id)
5 Pelajaran Hidup yang Patut Anda Tiru Dari Seekor Anjing  (www.kaskus.co.id)
10 Alasan Mengapa Bruce Lee Itu Keren  (www.kaskus.co.id)
Inilah Sosok Sherlock Holmes Yang Sesungguhnya Dalam Dunia Nyata  (www.kaskus.co.id)
Inilah 9 Pedang Milik Rasulullah SAW Yang Melegenda  (www.kaskus.co.id)
Kisah Abu Hurairah, Sahabat Rasulullah yang Dijuluki Bapak Kucing  (www.kaskus.co.id)
6 Cara Menikmati Kota Jakarta  (www.kaskus.co.id)
7 Lampu Lalu Lintas Paling Unik di Dunia  (www.kaskus.co.id)
15 Foto Wanita Yang Mengubah Dunia Dalam Sejarah  (www.kaskus.co.id)
5 Barang Selundupan Yang Paling Banyak Ditemui di Indonesia  (www.kaskus.co.id)
8 Fakta Manusia Terkaya Sejagat dan Sepanjang Masa, Siapa Dia ?  (www.kaskus.co.id)
6 Pemain yang Cocok Gantikan Peran Gerrard di Liverpool  (www.kaskus.co.id)
7 Hal yang Diharapkan Ada di Angkutan Umum  (www.kaskus.co.id)
4 Mitos Tentang Wanita Karir yang Belum Tentu Benar   (www.kaskus.co.id)
Fakta TELINGA yang Jarang ente Ketahui  (www.kaskus.co.id)
Simak Surat Penyesalan Pilot Pesawat Bom Atom Hiroshima-Nagasaki  (www.kaskus.co.id)
5 Karya Anak Bangsa Yang Dipakai Public Figure Dunia  (www.kaskus.co.id)
Objek Wisata di Indonesia yang Dipenuh Mitos Cinta   (www.kaskus.co.id)
6 Tempat Wisata Indonesia Ini Sering Dikunjungi Seleb Dunia Gansis !  (www.kaskus.co.id)
10 Hal Tentang Persahabatan yang Ibumu Ajarkan Tanpa Pernah Kamu Sadari   (www.kaskus.co.id)
4 Hal Penyebab Menurunnya Sistem Imunitas Tubuh  (www.kaskus.co.id)
6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi  (www.kaskus.co.id)
Dibalik Pembuatan 5 Film Horor Ini Tersimpan Kisah Yang Menyeramkan  (www.kaskus.co.id)
Ini tips ampuh tembus KPR di bank  (www.kaskus.co.id)
Quote:Original Posted By partystic
mau nambahin gan, mungkin yang dimaksud tidurnya orang puasa itu ibadah itu seperti ini..

pada saat puasa, bukan tidurnya yang ibadah tapi tetap puasanya yang ibadah sebenarnya, namun satu2nya ibadah yang jika tertidur dan ibadahnya tidak gugur hanyalah puasa, betul ga?
jadi saat orang puasa dan tertidur kita bisa bilang gini
" lihat orang yang tertidur itu, dia sedang ibadah" (dalam hal ini dia puasa)

coba kalo dia tidur pas lagi ibadah solat?
solatnya gugur kan?

semoga bisa memberi pencerahan diantara berbagai kesalahpahaman


Quote:Original Posted By randytmuntirta
puasa harus sholatlah gan.

hari biasa aja sholat wajib ya kan


Quote:Original Posted By duginbar
nice share gan semoga yg baca bisa lebih memperbaiki diri.


Quote:Original Posted By nonameneer
kalo ngabuburit suka beli makanan mcm2, pdhl kalo udah buka mkn secukupnya aja udah kenyang bgt..


Quote:Original Posted By platinum92
emang sayang banget si kalo ramdhan puasa doang , usahain yang sunnah jalanin juga kaya tahajud


Quote:Original Posted By al.royhanz
saya juga berusaha agar tak melakukan kesalahan2 tersebut, terutama yg berlebihan, macam tidur


Quote:Original Posted By vonnyrah


Menahan dan membatasi segala nafsu
Memperbanyak amal ibadah dan mendekatkan diri pada penciptanya...kalau istilah jawa nya tirakat


Quote:Original Posted By sandbox466
Iya juga gan. Banyak yg udah salah persepsi tentang puasa gan. Kita juga harus nambah" ibadah lagi gan biar makin banyak pahala


Quote:Original Posted By inzhabil
semoga amal puasa kita ini berkah dan ada faedahnya


Spoiler for Hadist tentang tidur ..:
Quote:Original Posted By toyvha
Alhamdulillah.

Hadits ini tidak shahih. Tidak ada ketetapan dari Nabi sallallahu’alaihi wasallam. Diriwayatkan oleh Baihaqi di kitab “Syu’abul Iman”, 3/1437, dari Abdullah bin Abu Aufa radhiallahu ’anhu sesungguhnya Nabi sallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصَمْتُهُ تَسْبِيحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

“Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya terkabulkan dan amalannya dilipat gandakan”.

Sanadnya dilemahkan oleh Baihaqi, dia berkata: Ma'ruf bin Hasan (salah seorang perawi hadits ini) lemah, dan Sulaiman bin Amr An-Nakha’i lebih lemah dari beliau. Al-Iraqi berkomentar dalam Takhrij Ihya’ Ulumuddin, 1/310: Sulaiman An-Nakha’i adalah salah seorang pendusta. Dilemahkan juga Al-Manawi di kitab Faidhul Qadir, 9293. Al-Albany mencantumkannya dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhaifah, no. 4696, dia berkata: (Hadits ini) lemah.

Seharusnya umat Islam secara umum –lebih ditekankan lagi para khatib dan penceramah- agar meneliti sebelum menyandarkan hadits kepada Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam. Tidak dibolehkan menyandarkan kepada beliau apa yang tidak beliau katakan. Karena beliau sallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ (رواه البخاري، رقم 1391 ورواه مسلم في مقدمة صحيحه، رقم 4)

“Sesungguhnya berbohong kepadaku tidak seperti berbohong kepada orang lain. Barangsiapa yang berbohong kepadaku dengan sengaja, maka disediakan baginya tempat di neraka”. (HR. Bukhari, no. 1391, dan diriwayatkan oleh Muslim dalam muqadimah shahihnya, no. 4)

Wallahu a’lam .

Derajat Hadits Sebenarnya

Hadits yang dimaksudkan,



نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

“Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”



Perowi hadits ini adalah ‘Abdullah bin Aufi. Hadits ini dibawakan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1437. Dalam hadits ini terdapat Ma’ruf bin Hasan dan dia adalah perowi yang dho’if (lemah). Juga dalam hadits ini terdapat Sulaiman bin ‘Amr yang lebih dho’if dari Ma’ruf bin Hasan.

Dalam riwayat lain, perowinya adalah ‘Abdullah bin ‘Amr. Haditsnya dibawakan oleh Al ‘Iroqi dalam Takhrijul Ihya’ (1/310) dengan sanad hadits yang dho’if (lemah).

Kesimpulan: Hadits ini adalah hadits yang dho’if. Syaikh Al Albani dalam Silsilah Adh Dho’ifah no. 4696 mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits yang dho’if (lemah).





Tidur yang Bernilai Ibadah yang Sebenarnya



Setelah kita menyaksikan bahwa hadits yang mengatakan “tidur orang yang berpuasa adalah ibadah” termasuk hadits yang dho’if (lemah), sebenarnya maknanya bisa kita bawa ke makna yang benar.

Sebagaimana para ulama biasa menjelaskan suatu kaedah bahwa setiap amalan yang statusnya mubah (seperti makan, tidur dan berhubungan suami istri) bisa mendapatkan pahala dan bernilai ibadah apabila diniatkan untuk melakukan ibadah. Sebagaimana An Nawawi dalam Syarh Muslim (6/16) mengatakan,



أَنَّ الْمُبَاح إِذَا قَصَدَ بِهِ وَجْه اللَّه تَعَالَى صَارَ طَاعَة ، وَيُثَاب عَلَيْهِ



“Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allah Ta’ala, maka dia akan berubah menjadi suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan (ganjaran).”

Jadi tidur yang bernilai ibadah jika tidurnya adalah demikian.

Ibnu Rajab pun menerangkan hal yang sama, “Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan shalat dan berpuasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala. Sebagaimana pula apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.” (Latho-if Al Ma’arif, 279-280)

Intinya, semuanya adalah tergantung niat. Jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia. Namun jika tidurnya adalah tidur dengan niat agar kuat dalam melakukan shalat malam dan kuat melakukan amalan lainnya, tidur seperti inilah yang bernilai ibadah.



Jadi ingatlah “innamal a’malu bin niyaat”, setiap amalan tergantung dari niatnya.



Semoga Allah menganugerahi setiap langkah kita di bulan Ramadhan penuh keberkahan. Segala puji bagi Allah yang dengan segala nikmatnya, segala kebaikan menjadi sempurna. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa sallam, wal hamdu lillahi robbil ‘alamin.





Rujukan:

1. As Silsilah Adh Dho’ifah, Muhammad Nashiruddin Al Albani, Maktabah Al Ma’arif Riyadh, Asy Syamilah

2. Latho-if Al Ma’arif fil Mawaasim Al ‘Aam minal Wazho-if, Ibnu Rajab Al Hambali, Al Maktab Al Islamiy

3. Syarh Muslim, Abu Zakaria Yahya bin Syarf An Nawawi, Mawqi’ Al Islam, Asy Syamilah

4. http://www.dorar.net/enc/hadith/نوم الصائم /pt






Quote:Original Posted By tanahrumahoke
Ramadan seringkali diasumsikan sebatas bulan puasa, meskipun sebagai bulan suci dan bulan kebaikan juga sering didengungkan di petuah agama, jargon publikasi dan gimmick2 lain

Mudah2an dijauhkan dari salah niat, gagal paham dan diterima ibadah yg dialankan di bulan suci ini


Quote:Original Posted By Gokudera.Raka
kebanyakan masyarakat indonesia seperti ini, walaupun tidak semua, dan ane juga melakukan salah satu kesalahan diatas, Astagfirullahaladzim s


Quote:Original Posted By MidunRDM
Teraweh juga gan, kebanyakan org sekarang teraweh cuma sebagai pelengkap puasa, kalau diniatkan ibadah betul betul mungkin gaakan ada yang namanya masjid penuh diawal teraweh doang


Quote:Original Posted By drive.car
Menganggap bulan puasa sebatas ritual saja itu memang salah.
Seharusnya dianggap sebagai latihan utk sebelas bulan ke depan utk kualitas iman dan diri yg lebih baik.



Quote:Original Posted By w1llys4trya
1 lgi gan. Anggapan klo cuman pas puasa doang gak boleh bermaksiat. Contoh klo pas puasa gak boleh bohong, marah, dll. Brarti bulan lain boleh?


Quote:Original Posted By gandangramas
Puasa tapi mengumbar aurat juga gann
..
Ksalahan besarrr jga gan


Sukran


Quote:Original Posted By idolnotice
kalo kata emak ane,bulan ramadhan itu harus dinikmatin,bisa aja ini ramadhan terakhir kita


Quote:Original Posted By Jonga23
Termasuk ane gan, mungkin baru beberapa tahun ini mulai sadar akan nilai ibadah dari puasa di bulan Ramadhan. Sebelumnya, mungkin ane cum puasa sebatas nahan lapar dan haus.... Bener sekali yang agan tulis kalau puasa itu untuk menyucikan rohani. That's right gan. Ane mulai bisa merasakan, tapi mungkin baru seujung kuku saja, masih banyak labilnya gan.
Anyway, tritnya bagus banget gan.


Quote:Original Posted By cupz53
Nganggep Imsak sebagai Batas Sahur gan, padahal Batas untuk Sahur adalah Waktu Shubuh... Biasanya orang yang telat sahur nanyain "udah Imsak belum??" padahal Shubuh adalah batas waktu sahur..


Quote:Original Posted By cross.faith
keren nih thread agan, secara tidak langsung thread nya menyadarkan si pembaca juga


Quote:Original Posted By kandagalima
kalo kata guru ane dulu :
hakikat puasa adalah puasa setelah berbuka

jd kl buka puasa.secukupnya aja ktnya jgn ky balas dendam
(sulit )

dan kebiasaan ibadah di bulan ramadhan tetep dibawa kl udh selesai ramadhan

semoga semua mendapat berkah dan rahmat Allah SWT
aamiin


Quote:Original Posted By hafizfadhila
Kalo fakir miskin setiap harinya merasakan lapar, masa kita ga bisa puasa di bulan ramadhan padahal 11 bulan lainnya kita bisa makan kenyang + enak .
Threadnya bermanfaat sekali gan, jazakallah khair


Quote:Original Posted By moroneh
iy gan, srgnya spt hanya menggugurkan kewajiban
mental gak siap ngadepin ramadhan..
yg dipikir srgnya soal perut & perut

mksh nasehatnya gan


Quote:Original Posted By exploitasi.02
puasa gak sholat ibarat pake baju gak pake celana.


Quote:Original Posted By erlangga94
Ayat diwajibkannya puasa itu turun di bulan Rajab loh, yang artinya 2 bulan sebelum Ramadhan. Ini memberi kita pelajaran agar berilmu dulu tentang Ramadhan, datangilah kajian dan majlis ilmu.


Quote:Original Posted By rob19kaskus
mantab abis gan
keren trit ente
semoga bisa menginspirasi teman2 sesama muslim lain agar lebih semangat menyambut ramadhan


Quote:Original Posted By bintangfairing
ramadhan.. bulan yg lebih baik dr semua bulan. pengampunan, pahala yg berlipat, lailatul qodar.. dll
skedar menahan lapar dan haus termasuk dlm berpuasa.. semoga kita lebih mendalami makna ramadhan dan menjadi pribadi bersyukur msh bisa jumpa dgn bulan suci.. buat ts.nya salute .. Trims mengingatkan


Quote:Original Posted By theoglenk
sbenernya sih itu bukan keslahan umum, ttp kurangnya pendidikan soal ramadhan aja.


Quote:Original Posted By ammathtigabelas
jangan lupa tentang amalan-amalan lain yang sebenarnya wajib kita kerjakan.
dalam kata lain mengerjakan amalan yang dimana belum pernah kita kerjakan dibulan sebelum ramadhan tiba.
semisal berbagi sebagian rejeki yang kita miliki kepada orang yang merasa kekurangan, memperbaiki bacaan al-qur'an.
karena, dibulan inilah dimana perbuatan baik akan dinilai berlipat-lipat ganda dimata Allah (baca:Tuhan)

nice thread dari TS
tak lempar cendol, smoga banyak yang baca, banyak yang tergugah hatinya.


Quote:Original Posted By naldiceansean
kayak pic dibawah gan.



kayaknya masih banyak tuh yang nganggep puasa cuman nahan laper
Iya bener nih TS ane setuju.

Mejeng aja di trit calon HT
Tergantung pribadi masing masing
walah gan ane puasa cmn kaga shalat
kalau begitu mulai sekarang ane usahakan shalat 5 waktu deh
Pic donatnya bikin ngiler gan .. Jadi inget J.co
Quote:Original Posted By tamfan.
walah gan ane puasa cmn kaga shalat
kalau begitu mulai sekarang ane usahakan shalat 5 waktu deh


Sama gan..diusahakan jangan bolong
Quote:Original Posted By sboedewn
Pic donatnya bikin ngiler gan .. Jadi inget J.co



bener gan. ane pertama pas liat juga mikir J.co
Habis buka balas dendam makan
kalo ngabuburit suka beli makanan mcm2, pdhl kalo udah buka mkn secukupnya aja udah kenyang bgt..
nice share gan semoga yg baca bisa lebih memperbaiki diri.
Quote:Original Posted By nonameneer
kalo ngabuburit suka beli makanan mcm2, pdhl kalo udah buka mkn secukupnya aja udah kenyang bgt..


Akhirnya dibuang..mubadzir kan
Quote:Original Posted By suburisdead
kayaknya masih banyak tuh yang nganggep puasa cuman nahan laper


iyh gan masih banyak , kurang pendidikan agama mungkin

Quote:Original Posted By rullyuthe
Iya bener nih TS ane setuju.

Mejeng aja di trit calon HT


amin thanks
Quote:Original Posted By tamfan.
walah gan ane puasa cmn kaga shalat
kalau begitu mulai sekarang ane usahakan shalat 5 waktu deh


inget loh gan amalan yang pertama di hisab soald , jika sload nya baik amalan yang lain ikut baik
Quote:Original Posted By vonnyrah
Habis buka balas dendam makan


manusiawi

Quote:Original Posted By nonameneer
kalo ngabuburit suka beli makanan mcm2, pdhl kalo udah buka mkn secukupnya aja udah kenyang bgt..


iyh makan gorengan 3 ajah udh kenyang banget
puasa harus sholatlah gan.

hari biasa aja sholat wajib ya kan
Quote:Original Posted By approve.cc


manusiawi



iyh makan gorengan 3 ajah udh kenyang banget


Yang bener keburu nafsu makan nya
alhmdlh ane udh mnjlnkn smua-nya
Ramadan bulan kaporit ane tjoi, hemat uang soalnya.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar