Pages


Jumat, 25 Desember 2015

Sisi Science & Politik Dari Sebuah Film

Halo agan2 dan sista2 tercinta, ane ingin ngeshare pendapat ane lagi nih hehe
Karena ane suka dengan detail, ane ingin MENGUAK sisi "science" dan "politik" dari film nih gan
kalimat gampangnya, ane ingin me-review film yang punya sisi2 itu.

Dan


Warning :
Agan2 tercinta dituntut untuk santai dan rileks dalam membaca thread ini karena selain untuk share informasi juga untuk seru-seruan dan diharapkan diskusi sehat

Spoiler for Cek Repost:

Jelas Ga Repost Lah, Ini Argumen Ane

Spoiler for Omega:
The Walking Dead


Creator : Frank Darabont
Stars : Andrew Lincoln, Norman Reedus, Steven Yeun
Imdb Rate : 86

Ini salah satu TV series fav ane gan!. Disini materi sciencenya mungkin sedikit, lebih ke arah pseudo-science. Disini yang banyak tersirat itu politiknya gan!. Disini ga ada yg namanya benar dan salah, yang ada baik atau buruk gan. Salah satu "politiknya" itu cara kepemimpinan tokoh utama si Rick Grimes itu gan! Doi punya dua sisi yaitu rickocracy (rick + democracy gan ) atau ricktatorship ( rick + diktator ) Ada momen doi pake sisi pertama kalo saat2 yg damai kayak waktu di "prison" gan, kalo momen pake sistem ricktatorship itu pas disaat genting atau saat rick mengalami stress stadium 4 gan!


Spoiler for Psi:
Iron Man 2


Director : Jon Favreau
Stars : Robert Downey Jr, Gwyneth Paltrow, Mickey Rourke
Imdb Rate : 70


Nah kali ini ada science (sci-fi) ama politiknya gan!. Sisi sci-finya itu ya pas doi nyiptain gadget2 gan Doi punya kecerdasan IQ oke nurun dari bapaknya Howard Stark yang membuat dia jenius gan! ( lulus dari MIT umur 17 tahun, udah gitu summa cum laude lagi ). Kalo soal EQ tanya aja pendapat steve rogers Sisi politiknya itu keliatan jelas di ironman 2 gan pas tony vs senator stern (yang ternyata member naga di hercules)

Intinya sih senator itu ingin "mengambil kekuasaan" properti si tony stark gan! haha
Yang paling lucu pas tony bilang gadgetnya prosthesis high tech (ya kali, armornya doi untuk pasien yang tubuhnya cedera)



Spoiler for Chi:
The Dark Knight


Director : Christopher Nolan
Stars : Christian Bale, Heath Ledger, Aaron Eckhart
Imdb Rate : 90


Wah, ini film terkaporit () ane gan seumur2!. Film ini punya balance banget antara science dgn politik. Intinya sisi science the dark knight itu gadget2 yang diciptain Lucius Fox gan (morgan freeman is amazing). Kalo sisi politiknya itu ada di tema "crime"nya gan disana dijelasin banget bagaimana jalan pikiran orang kriminal. Sebenarnya kriminal itu ga rumit, cuma harus tau apa yg dikejar si "aktor" kriminal gan Selain itu ilmu hukum jg tersirat, secara harvey dent itu jaksa wilayah gan!. Sayang banget 1 pelajaran yg ane dapet bahwa semulia-mulianya seseorang jika disakiti "luar" dan "dalam" bisa jadi "corrupt" gan


Spoiler for Phi:
PK (Orang Teler )


Director : Rajkumar Hirani
Stars : Aamir Khan, Anushka Sharma
Imdb Rate : 83


Film ini paling ga cocok ama ababil gan. Disini tema "politik"nya itu dalem banget gan, disini dikasih liat bagaimana pemuka agama punya "power". Power itu identik dengan politik gan!. Intinya film ini mengajarkan kepada kita2 harus kritis, logis, dan rasional. Kita dianjurkan percaya kepada Tuhan yang menciptakan kita bukan percaya ama "Duplikat Tuhan". Film ini tidak menjelek2kan agama manapun hanya menyampurkan suatu filsafat ilmu dengan agama walaupun emang kedengaran mustahil . Tapi overall ini film komedi seru.

Spoiler for Upsilon:
Batman V Superman - Dawn Of Justice


Director : Zack Snyder
Stars : Henry Cavill, Ben Affleck, Gal Gadot
Imdb Rate : RP

Gan, trailer nih film bener2 bikin ane gigit2 bantal sambil goyang2in kepala kayak anang pas denger penyanyi mirip justin biebier gan HAHAHAHA (TS tawa maniak )



Disini udah jelas ada sciencenya secara BRUCE WAYNE itu cerdas gan!, jadi BATMAN ga sembarang punya gadget ama uang banyak. ga hanya otot tp diimbangi otak gan! Yang bikin ane jadi maniak itu liat sisi politiknya itu juga gan (dari trailer). DCEU bakal jadi model yg beda ama MCU AND I LOVE IT!. Lebih gelap n kelam gan! sisi politiknya itu ya pas superman dateng ke court law itu gan. Ada kebijakan2 keren yg identik dengan "politik" Trus satu lagi, ada kata yg terngiang2 dikuping ane gan yaitu "Absolute Power Corrupts Absolutely" yg diomongin senator perempuan itu. Itu bikin ane ingin baca bukunya john dalberg lagi gan...

Spoiler for Tau:
Captain America The Winter Soldier


Director : Anthony Russo, Joe Russo
Stars : Chris Evans, Samuel L Jackson, Scarlett Johanson
Imdb Rate : 78


Film kedua ini termasuk keren gan, jauh melebihi yg pertama yang kayak retro2 gitu. Disini cap amrik bener2 ngerasain bedanya hidup jaman retro ama jaman modern. Banyak banget sisi "politik"nya gan. Keywordnya "Nick Fury". Salah satunya gimana "kekuasaan" itu sangat diperebutkan. Banyak kepentingan yg ngebuat banyaknya pengkhianatan. Kagak ada yang namanya pertemanan abadi, yang ada kepentingan abadi (ane sedih kalo ngebayanginnya, ibarat hal2 menyenangkan tentang "ikatan sahabat" hanya ada di pilem, kalo di real world ada "ikatan" kalo butuh hahaha (skeptis mode on). Sisi sciencenya sih hmmm, paling ya serum untuk cap amrik yg masih permanen ampe cap amrik 2 dari cap amrik 1 yg gagal ditiru bruce banner.


Spoiler for Sigma:
The Pianist


Director : Roman Polanski
Stars : Adrien Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finlay
Imdb Rate : 85


Film ini tentang seorang pianis bernama Szpilman yg survive pas perang dunia ke 2. Ane terharu liat perjuangan dia. Ane ga bisa bayangin hidup di jaman dulu. jaman perang ngebuat orang2 jaman dulu mentalnya ga kayak kerupuk atau bubur gan. Sisi sciencenya kayaknya ga ada sementara politiknya jelas ada karena Hitler ingin menguasai dunia dengan ideologinya (sok tau ). Pokoknya bagi agan2 yang suka film perang harus liat nih film

Spoiler for Rho:
Ted 2


Director : Seth Macfarlane
Stars : Mark Wahlberg, Amanda Seyfried, Morgan Freeman
Imdb Rate : 65


Ini sekuel dari ted gan, filmnya keren cuma punya "dark comedy" yg humornya unik.
Perseturuan antar 2 pengacara

VS

Sisi sciencenya mungkin lebih ke arah pseudo sementara sisi politiknya jelas ada pas ted ingin mendapat Hak sebagai warga sipil gan!. Intinya ted si boneka beruang yang dianggap sebagai "properti" ingin jadi seperti "manusia" gan. Ibarat kucing2 ente /anjing2 ente /dispenser ente yg tadinya status "properti" ingin punya hak sebagai "human". Menurut agan2 apa syarat jadi/sebagai manusia?

Spoiler for Pi (3,14):
The Imitation Game


Director : Morten Tyldum
Stars : Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode
Imdb Rate : 81


Aduh, aktor favorit ane ketiga setelah christian bale ama hugh jackman main disini gan! All Hail to Benedict Cumberbatch!. Gatau kenapa, ane ngefans banget ama nih manusia . Sisi sciencenya terlalu hebring gan!, agak rumit dijelasin disini, intinya alan turing yang ngebuat dasar dari komputer. sciencenya oke banget gan!. Sisi politiknya itu ada kebijakan yang melarang homoseksual jaman dulu. Jadi ga sabar liat benedict meranin doctor strange BTW.


Spoiler for Omicron:
Forrest Gump


Director : Robert Zemeckis
Stars : Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise
Imdb Rate : 88


Run Forrest! Run!, itu kutipan keren. Film ini bikin perasaan ane kayak permen nano-nano gan!. Sisi science mungkin ga ada tapi sisi politiknya itu loh gan kalo ditelaah oke beuuddddh, apalagi tentang politik dan sejarah USA. Yang bikin ane ngakak guling2 hampir tiap adegan selalu diawali nyorot kejadian penting/orang penting kayak JFK/Nixon/dll padahal sebenarnya ga ada hubungannya ama forrest gumpnya (misalnya adegan forrest main ping pong diawali dengan kamera menyoroti TV yg nampilin acara berita hahaha (ga jelas ). Ohya satu kutipan lagi "STUPID IS AS STUPID DOES", kutipan yang bikin ngakak guling2

Spoiler for Xi:
The Wolf Of Wall Street


Director : Martin Scorsese
Stars : Leonardo Dicaprio, Jonah Hill, Margot Robbie
Imdb Rate : 82

Ini film dari kisah nyata gan, Jordan Belfort. Leo ini memerankan Belfort dengan ok jadi sisi politiknya intense banget dengan gaya drama leo. Sisi sciencenya bisa diliat dari ilmu ekonomi yg tersirat (supply & demand). Sisi politiknya bisa dilihat dari cara dia memimpin antek2nya dan memberi mereka ilmu negosiasi yang bisa dibilang unik apalagi untuk orang macam Stock Broker. Sebagai orang awam bisa aja ditipu. Selain itu sisi politik yang lain adalah masalah "kepentingan". Film ini bener2 melihat dari sisi kenyataan realis bukan sekedar tetek bengek khayalan pilem. Jadi mereka berteman hanya karena punya kesamaan kepentingan (gila ). Btw lagi2 Leo cuma nominasi oscar dan ga menang, dan yg agak bikin ngakak, memenya bertebaran dimana2 hahahaha


Spoiler for Nu:
Thank You For Smoking


Director : Jason Reitman
Stars : Aaron Eckhart, Cameron Bright
Imdb Rate : 76

Nah ini film ga jelas bagi pecinta rokok, ane nonton ini kebanyakan ngakak, film ini bener2 anti mainstream gan. Aktornya yang main Harvey Dent di TDK. Ane agak susah nangkep sisi science tersiratnya tapi sisi politiknya itu loh gan. Dimana2 rokok dilarang tetapi difilm ini banyak banget argumen yang mengatakan ROKOK ITU BERMANFAAT (). Bagi agan2 yang ga ngerokok mending jauh2 lah dari film ini, bagi yang ngerokok kalian.... ah sudahlah ane bingung

Spoiler for Mu:
Wall-E


Director : Andrew Stanton
Stars : Ben Burtt, Elissa Knight
Imdb Rate : 84


Dari tadi ngebahas film nyata mulu, jadi ane masukin animasi gan!. Ini salah satu film animasi fav ane. entah kenapa ane sedih ngeliat film ini. Sisi sciencenya jelas sekali, digambarkan DUNIA udah HANCUR gara2 TEKNOLOGI. Yang tersisa cuma KECOAK (All Hail to Einstein ). Para penduduk bumi dipindah ke planet lain (kayak Interstellar aja). Sisi politiknya itu justru tersirat gan, dan ane gagal paham
Intinya kalo agan2 suka film animasi ANTI MAINSTREAM SEDIKIT DIALOG, try this

Spoiler for Lambda:
Soekarno


Director : Hanung Bramantyo
Stars : Ario Bayu, Maudy Koesnaedi
Imdb Rate : 71

Ini dia film fenomenal tahun 2013, seperti biasa Hanung Bramantyo menelurkan film berkualitas sarat makna ( etdah sok iye TS ). Difilm ini memang tidak menjelaskan Politik "Demokrasi Liberal" atau "Demokrasi Terpimpin" hanya sampai Proklamasi tetapi itu sudah hebat. Sisi sciencenya ane gagal paham juga , ada gak ya... Intinya film ini keren. Harusnya ada Soekarno 2 biar ada sejarah DI/TII . Bagi yg gatau soekarno itu siapa berarti ..... Ah sudahlah

Spoiler for Kappa:
Interstellar


Director : Christopher Nolan
Stars : Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain
Imdb Rate : 87

(Thanks to agan revianable) Film ini sisi sciencenya sangat kental. menggunakan teori fisika dasar (mekanika quantum dengan relativitas). Film ini juga menampilkan konsep dilatasi waktu, wormhole, blackhole, hawking radiation dll. Yang paling kental adalah konsep dilatasi waktu secara ini adalah dasar dari teori relativitas waktu (all hail to Einstein ). Film ini juga menjelaskan adanya 5 dimensi secara "time travel" tidak bisa dilakukan di dimensi yang sama. Intinya bagi agan2 yg suka film "science" perlu nonton film masterpiece ini.


Sekian thread ane gan, maaf kalo ada kata kurang berkenan
Kalo ga keberatan, rate 5, cendol ama rekomen HT ya
kalo ada tambahan dari agan2 tercinta ane taro pejwan seperti biasa ok


Spoiler for Komen2 Keren Kaskuser:
Quote:Original Posted By kamujahat21
Gile ane berasa mendalam

Ane menghayati bacanya
Film india ane mau donlot tuh


Quote:Original Posted By Zefrolasia
Gan, ane bukan ababil gan, tapi masih nonton spongebob. *protes*

Oia, ttn isi tritnya, oke banget lah. Cuma kayanya iron man yang pertama lebih kentel di politiknya deh.

P.S: Ane juga suka banget sama Benedict Cumberbatch, awalnya pas ntn dia maen si sherlock


Quote:Original Posted By KidPaddle
walking dead emg penuh perjuangan gan ... filosofi nya keren ..klo yg ngerti


Quote:Original Posted By lebah.ganteng
The Dark Knight, Winter Soldier, sama Imitation Game paling dalem dan bermakna gan sisi politiknya
Tambahan dri ane film yg bernuansa politis....

- 12 Angry Men
- V for Vendetta
- Malcolm X
- Philadelphia

Salam GANTENG


Quote:Original Posted By hanif1892
PK, film komedi tapi penuh makna yang keren gan


Quote:Original Posted By mars212
bakalan jadi HT keknya


Quote:Original Posted By abenq.cel10
Belom paham Ane Gan. Ntar ane baca sekali lagi deh


Quote:Original Posted By branded.watch
di film twd, itu rick jadi begitu karena pengalaman gan, baikin orang jadinya keluarganya terbunuh


Quote:Original Posted By smash
PK aka Peekaay seru tuh gan filmnya
emang nyindir banget tuh film


Spoiler for Komen Anti Mainstream:
Quote:Original Posted By revianable
Politik V Science..............Winner

The Walking Dead.............Politik
Iron Man 2........................Politik
The Dark Knight................Politik
Pee Kay...........................Politik
Batman V Superman.........Draw ('au)
Captain America 2.............Politik
The Pianist.......................Politik
Ted 2...............................Politik
The Imitation Game...........Draw
Forrest Gump....................Politik
The Wolf of Wall Street......Politik
Thank you for Smoking......Politik
Wall-E..............................Politik
Soekarno..........................Politik
....................................----------------
Total Winner.....................Politik

Wah ni Agan Ts dari Politik y


Quote:Original Posted By revianable

ttp aja politik yg menang y...

bwt Iron man 2 oke lah, bisa d nego
klo TKD politik nya terlalu kuat, conflict ny tuh d sisi politiknya (politiknya menang )
TWOWS kan Ekonomi (50 science 50 Politic) + politik
klo mw nego, Wall-E tuh Draw (kan gara2 politik buminya ampe ky gtu...)

Recomended : Interstellar -> Science


Quote:Original Posted By revianable

bwt TWOWS, ekonomi kan ngg cuma itungannya (science) aja tapi behavior juga (cara/teknik bikin costumernya ampe bilang yes(d film)(emng sh ngg 50:50 juga)), dll. + sama story nya jga.
klo Tembok-E science tuh cma backroundnya, eh... sma tokohnya juga, .... sma dll-nya juga, yang jelas yang nge-lead dunianya ampe kya gtu politic, sma yg nge-decide bwt human ngg balik kembali lg (k bumi) juga para politisi lama (klo ngg salah, dah lma bgt ngg nonton lg sh). intinya science nya tuh kurang ber-theory ma politic nya juga emng sh mnurut sy kurang kerasa. jadi kesimpulannya ini nih cerita romance nya bagus bgt.

jd gmna nih gan? dah ngg bisa nego lagi nih...


Spoiler for Sumber:
Racikan Dari Otak Ane Berdasarkan Sumber Internet Dan Interpretasi Sendiri, Gambar Dari Google

Reserved
Gile ane berasa mendalam

Ane menghayati bacanya
Film india ane mau donlot tuh
Gan, ane bukan ababil gan, tapi masih nonton spongebob. *protes*

Oia, ttn isi tritnya, oke banget lah. Cuma kayanya iron man yang pertama lebih kentel di politiknya deh.

P.S: Ane juga suka banget sama Benedict Cumberbatch, awalnya pas ntn dia maen si sherlock
Rick yg sekarang beda dg yang dulu ( minat damai ) , sekarang Rick lebih kesifat hati2 saat bertemu orang lain / kelompok lain :
Quote:Original Posted By kamujahat21
Gile ane berasa mendalam

Ane menghayati bacanya
Film india ane mau donlot tuh

Thanks gan, hehe kalo ada film yang punya 2 sisi diatas share ya gan hehehe

Quote:Original Posted By Zefrolasia
Gan, ane bukan ababil gan, tapi masih nonton spongebob. *protes*

Oia, ttn isi tritnya, oke banget lah. Cuma kayanya iron man yang pertama lebih kentel di politiknya deh.

P.S: Ane juga suka banget sama Benedict Cumberbatch, awalnya pas ntn dia maen si sherlock

Hahahaha ane juga gan, ane paling suka squidward. Kalo deskripsi agan tentang politik di iron man 1 apa?
Iya gan, ga sabar sherlock season 4, itu episode total baru 9 beda banget ama walking dead yg udah 80an, padahal sama2 dari 2010

Quote:Original Posted By fyurid
Rick yg sekarang beda dg yang dulu ( minat damai ) , sekarang Rick lebih kesifat hati2 saat bertemu orang lain / kelompok lain :

Iya gan, ada yg bilang rick kayak shane kedua tapi menurut ane TRUST itu mahal

walking dead emg penuh perjuangan gan ... filosofi nya keren ..klo yg ngerti
Quote:Original Posted By manaldani

Iya gan, ada yg bilang rick kayak shane kedua tapi menurut ane TRUST itu mahal


untungnya Shane udh mokat, ngeselin bgt tuh orang sekarang yg ngeselin itu si pendeta, udh ditolongin malah begitu
Quote:Original Posted By manaldani

Hahahaha ane juga gan, ane paling suka squidward. Kalo deskripsi agan tentang politik di iron man 1 apa?
Iya gan, ga sabar sherlock season 4, itu episode total baru 9 beda banget ama walking dead yg udah 80an, padahal sama2 dari 2010


Pas awalnya tuh gan, yang si tony diculik & jadi tawanan kelompok teroris Afghanistan. Memang yang 2 & 3 juga isiniya banyak politiknya, tapi yang pertama sih jelas banget.
Sherlock emang worthed buat ditunggu gan, cuma bulukan aja nunggunya, mana per season 3 episode doang
Quote:Original Posted By fyurid


untungnya Shane udh mokat, ngeselin bgt tuh orang sekarang yg ngeselin itu si pendeta, udh ditolongin malah begitu

Hahaha shane! emang dasar. Kalo pendeta sekarang udah agak baik gan, mau dilatih ama Carl

Quote:Original Posted By Zefrolasia


Pas awalnya tuh gan, yang si tony diculik & jadi tawanan kelompok teroris Afghanistan. Memang yang 2 & 3 juga isiniya banyak politiknya, tapi yang pertama sih jelas banget.
Sherlock emang worthed buat ditunggu gan, cuma bulukan aja nunggunya, mana per season 3 episode doang

Ohya gan, si Obadiah kutu kupret haha. Iya itu satu ep 90 menit sih, ngebuat filmnya hati2 banget lebih mending dari versi RDJnya haha
wah film favorit ane smua ni
Quote:Original Posted By approve.cc
wah film favorit ane smua ni

Ciyuuuss gan? the pianist ama ted 2 juga? haha
Sundul ya hehehe
The Dark Knight, Winter Soldier, sama Imitation Game paling dalem dan bermakna gan sisi politiknya
Tambahan dri ane film yg bernuansa politis....

- 12 Angry Men
- V for Vendetta
- Malcolm X
- Philadelphia

Salam GANTENG
PK, film komedi tapi penuh makna yang keren gan
WD fav ane
bakalan jadi HT keknya
Walking dead
Quote:Original Posted By lebah.ganteng
The Dark Knight, Winter Soldier, sama Imitation Game paling dalem dan bermakna gan sisi politiknya
Tambahan dri ane film yg bernuansa politis....

- 12 Angry Men
- V for Vendetta
- Malcolm X
- Philadelphia

Salam GANTENG

Haha, Christopher Nolan gitu (TDK), wow keren juga agan tau 12 angry men,ckck
ane belum liat malcolm x gan, nanti deh malming
Ohya salam tampan juga gan! hehe Ava menggambarkan user gan hehe

Quote:Original Posted By hanif1892
PK, film komedi tapi penuh makna yang keren gan

Hahaha iya gan, ane liat tuh film ampe geleng2 kepala, coba Indonesia bikin film yg model gitu hehe

Quote:Original Posted By fortunara
WD fav ane

Kalo TV series sama gan!

Quote:Original Posted By mars212
bakalan jadi HT keknya

Thanks gan hehe, berarti agan cerdas bisa memahami makna tersirat

Quote:Original Posted By donpelo
Walking dead

Wow, siapa karakter favorit agan? ane sih Daryl
Belom paham Ane Gan. Ntar ane baca sekali lagi deh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar