Pages


Sabtu, 02 Januari 2016

Fakta Menarik tentang Candi Borobodur.



Siapa yang tak tahu dengan Candi Borobudur? Salah satu candi terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan bangunannya serta nilai sejarah yang terdapat pada candi tersebut. Setiap hari, candi Borobudur selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi anda yang belum pernah ke candi Borobudur, tak ada salahnya mengenal lebih jauh dan jika suatu saat ada kesempatan, setidaknya berkunjunglah satu kali seumur hidup anda untuk melihat betapa indahnya bangunan candi Borobudur.


Sebelum berbentuk bangunan megah seperti sekarang, candi Borobudur pada mulanya hanyalah bangunan yang tertimbun oleh tanah dan lahar dingin akibat letusan gunung merapi, terletak ditengah hutan dan penuh semak belukar. Pada saat penjajahan Inggris, tahun 1814 dilakukanlah penyelidikan terkait penemuan benda purbakala oleh gubernur jenderal Sir Thomas Stamford Raffles. Penemuan benda purbkala ini menjadi cikal bakal pemugaran candi Borobudur, karena luasnya wilayah bangunan candi sehingga perlu kerja keras untuk melakukan pemugaran serta pembersihan lahan dari semak serta pohon-pohon yang menghalangi area candi. Proses penggalian dan pemugaran cukup memakan waktu lama, pada tahun 1835 seluruh candi berhasil digali setelah itu pemugaran serta perbaikan terus dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia, tahun 1984 seluruh proses akhirnya selesai dilakukan berkat bantuan dari UNESCO.

Quote:Fakta Menarik Candi Borobudur

Banyak fakta menarik yang harus anda ketahui terkait candi Borobudur, semakin kita mengetahui akan membuat kita takjub dan ingin mengunjungi tempat ini. Tidak percaya? beberapa fakta berikut.


• Candi Borobudur merupakan situs warisan dunia (ditetapkan pada tahun1991 oleh UNESCO)
• Candi terbesar di Indonesia dan dunia
• Pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia
• Luas candi Borobudur 123x123 meter2 dengan 10 tingkat
• Bahan bangunan candi Borobudur terbuat dari balok vulkanik
• Memiliki 504 arca dan 72 stupa dengan 1 stupa induk yang terletak dibagian puncak
• Penyusunan bangunan candi Borobudur tanpa menggunakan bahan perekat apapun
• Terdapat 1460 relief pada dinding candi dengan panjang sekitar 2 meter
• Setiap relief merupakan gambaran kisah tentang kehidupan Buddha
• Candi Borobudur merupakan mahakarya bangunan dan seni yang mengandung nilai tinggi karena menunjukkan sebuah kemajuan peradaban pada masa silam
• Peninggalan dari dinasti Syailendra abad ke-9
• Nama Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta



Selain fakta-fakta yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi hal-hal menarik yang terkait candi Borobudur misalnya adanya kepercayaan yang menyebutkan bahwa siapa yang berhasil menyentuh patung yang ada di candi Borobudur maka keinginannya akan terwujud, selain itu pada waktu tertentu di candi Borobudur diadakan acara terutama pada saat acara hari raya besar agama Budha.


Candi Borobudur terletak di kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, propinsi Jawa Tengah. Meski letaknya di Magelang, sebagian besar orang yang berkunjung ke Yogjakarta pasti menyempatkan untuk berkunjung ke candi Borobudur. Selain dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, untuk bisa sampai ke lokasi dapat juga menggunakan angkutan umum. Apabila anda dari bandara dan ingin menggunakan bus, maka terlebih dahulu harus menuju terminal Giwangan setelah itu dilanjutkan dengan menuju candi Borobudur. Tidak sulit untuk bisa sampai ke lokasi karena jalur transportasi di daerah ini relatif bagus dan mudah dilalui.


Saat ini banyak fasilitas yang sudah tersedia disekitar candi Borobudur untuk memudahkan para wisatawan seperti tempat penginapan atau hotel, restoran, tempat berjualan souvenir, pom bensin, warnet, wartel, transportasi khas berupa andong (kereta kuda), dan museum-museum yang terdapat di area candi Borobudur.

Quote:How To Get There.

Buat agan2 yang ingin Explore Jawa Tengah dan Jogja silahkan cek akomodasi, hotel, info destinasi wisata lengkapnya di www.Indonesia.travel (Indonesia Official Tourism) agar bisa mengatur itenary, trip dan budget hotel yang ada di Jawa Tengah ini. sekarang ini saatnya kita Traveling keliling Indonesia.



Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
reserved for update dari agan2..

Quote:Original Posted By aromatherapy
Page 1 dong Gan BeKa. ini foto candi borobudur sewaktu puncaknya masih belum runtuh dan Chattra tidak dilepas.


Sumber : Wiki



Sumber: Wiki

jadi lebih tinggi dari sekarang ini.


Quote:Original Posted By jatishop.com
SELENDANG
Selendang wajib buat pengunjung yang pakai bawahan di atas lutut, kalo bawahannya panjang nggak perlu pake selendang. Selendang dipakai setelah pintu ticketing.
Ane terakhir ke sana sekitar 1 bulan yang lalu.

INFO TIKET
- Dewasa: 30.000
- Anak di bawah 4 tahun (kalo nggak salah): 12.500

INFO TAMBAHAN
- Saat hari libur pengunjung amat sangat banyak, di area candi jalan aja sampe desak-desakan.
- Banyak yang selfie dari pada menikmati indahnya bangunan candi. Termasuk ane.
- Dilarang senderan di dinding candi, apalagi naikin badan stupa. Kalo ketahuan security bakal di semprit pakai peluit (kayak maen bola aja).
- Jalur akses keluar amat sangat panjang dan berkelok. Kita dipaksa muterin lorong penjual souvenir sepanjang beberapa ratus meter. Nggak tau deh. Mungkin bisa 1 KM atau 2 KM panjangnya. Cobain aja sendiri. Ane malah lebih capeknya di sini (jalan keluar) dari pada naikin anak-anak tangga candi yang tingginya selutut.

Silahkan ditambahin kalo ada yang kurang & mohon dikoreksi kalo ada info dari ane yang kurang tepat / salah. #cmiiw


Quote:Original Posted By anoman_obong
Borobudur bisa diakses dari Semarang maupun Jogja, karena posisi Magelang tepat di tengah2 antara kedua kota tersebut.. Tapi pengunjung jauh lebih banyak yg mengakses lewat Jogja, karena:

1. promosi wisata pemda DIY jauh lebih kenceng, jauh lebih menarik, dan Borobudur masuk ke dalam salah satu menu wisata yang mereka tawarkan. Beberapa turis bahkan sampe ada yang nyangka kalo Borobudur itu di Jogja..
2. Ya karena promonya edan2an, terus makin banyak wisatawan Jogja yg tertarik mampir Borobudur, cara bepergian ke sana dari Jogja pun jadi makin gampang.. Selain bus, sekarang banyak jasa travel yang nawarin paket termasuk Borobudur, dengan harga nggak mahal-mahal amat..

Saran ane, kalo agan kebelet ke Borobudur, tapi tiket ke Jogja udah ludes atau harganya udah nggak masuk akal, cobalah cari tiket ke Semarang. Pasti deh lebih mungkin ada dan lebih murah.. Dari sana, agan bisa cari bus/rental mobil buat ke Borobudur


Quote:Original Posted By eunjomelody
Ane pernah dan bangga banget PKL disini waktu SMK gan, sebulan jadi pemandu wisata (yang amatiran) terus hadiahnya ane tambah eksotis gan (alias item karena panasnya bukan main wkwk)

Dan yang ane takjub adalah:
1. Borobudur dulu nya tersembunyi gan, ditutupi oleh hutan kemudian ditemukan oleh orang Belanda.
2. Borobudur dikelilingi air pada jaman dulu. Coba deh dibayangin, indah banget kan?
3. Melihat matahari terbit di Borobudur adalah salah satu yang harus agan lakuin, cakeeep banget!!!
3. Kalau dilihat dari atas seperti lotus atau bunga teratai. Bunga teratai sendiri punya makna spiritual bagi Budhism.
4. Disebelah utara Borobudur ada bukit Menoreh, bukit ini berbentuk orang sedang tidur gan. Katanya emang sengaja dibuat begitu.
5. Cara membangun Borobudur itu agak susah masuk di akal gan karena sistemnya adalah tumpang tindih kayak mainan lego, yang dipasang dan ditumpuk gitu.
6. Sekarang patung budha yang ada dimana2, bagian nya mulai hilang gan. Ada yang kepala nya hilang, tangan, jari nya dll. Entah sepertinya dicuri apa bagaimana, miris

Itu gan sekilas yang ane tau, CMIIW


Quote:Original Posted By ananxs
Bukti kehebatan nusantara jaman baheula.

Cina yang sekarang dikenal sebagai negara besar cuma punya punya the great wall a.k.a tembok besar yg dari sisi desain serta kerumitan pembuatannya dapat disimpulkan lebih indah dan lebih rumit Candi Borobudur.

Begitu juga Mesir, peninggalan sejarahnya cuma bangunan bentuk limas atau dikenal piramida, tentu saja dari sudut manapun dilihat bisa disimpulkan lebih rumit dan lebih indah Borobudur.

Itu menandakan kehebatan nusantara tempo dulu.

Lantas, akankah kehebatan masa lalu itu bisa dicapai sekarang??? atau kehebatan itu cuma dijadiin cerita untuk meninabobo-kan anak kita???


Quote:Original Posted By cranbery
Kalo Menurut Orang tua yang ane denger
Kalo sepasang muda mudi pacaran dan mengunjungi Borobudur PASTI AKAN PUTUS!
begitu ceritanya, Kalo logika ane , y bisa jadi karena Itu Tempat Ibadah Kok buat Pacaran, kan Gak sopan Banget...

Oh ya Ada satu lagi, meneurut Orang Tua Sebenernya MASIH ADA CANDI YANG LEBIH BESAR KETIMBANG BOROBUDUR, Letak nya di Daerah MUNTILAN, pernah mau di pugar, tapi ALAT BERATNYA TIAP MALAM HIDUP SENDIRI, akhir nya Gak di terusin

Begitu yang ane tau Fakta Lain Mengenai Borobudur.

PAGE ONE bang BHEKA


Quote:Original Posted By satriomartapuro
itu struktur borubudur kan emang ga pakai perekat ,paku, dsb. tp ke struktur balok yg masing2 nya mengunci satu sama lain..
jd klo ibarat disusun balok itu kaya ABCDE.. ga asal pasang.. mantap.

bukti leluhur bangsa ini mempunyai peradaban dan kebudayaan tinggi.
dizamannya hingga sampai sekarang.

kayanya ane lebih suka borobudur dimasukin lg jd 7 keajaiban dunia dibanding menara eifel atau pisa.


Quote:Original Posted By roberthw
Konon Candi Borobudur dibangun dengan cara blok-blok batu ditumpuk dengan putih telur sebagai perekatnya. Benar tidaknya masih bisa diperdebatkan. Yang jelas, Candi Borobudur merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang kita yang luar biasa, sebuah bukti peradaban nusantara yang tinggi di masa silam. Tugas kita adalah ikut menjaga dan merawat kelestariannya.

Mitos menaiki stupa untuk menyentuh patung Buddha di dalamnya, sebenarnya sangat dilarang karena kita bisa merusak batuan candi tersebut. Jangan sampai juga ISIS berkuasa di Indonesia, bisa-bisa Candi Borobudur akan dihancurkan karena dianggap sebagai berhala


Quote:Original Posted By Maradona
Kalo menurut Ancient Aliens di History Channel...Borobudur itu adalah pesawat Induk Angkasa luar yang pernah mampir ke tanah Jawa dan untuk mengenang pesawat Induk angkasa luar itu maka di buatlah Borobudur oleh pendudk pulau jawa.......Stupa stupa itu adalah merupakan Vimana Vimana terbang...yang kalo jaman sekarang di sebut UFO...




Quote:Original Posted By PanciBoyzz
Lebaran kemaren ane ke borobudur.. bbrp info tentang wisata ke borobudur dari ane

1. Waktu ane ke sana, ane ga dikasih sarung. Padahal ane pake celana pendek selutut (celana batik yg banyak di emperan malio gan). Dan sejauh mata memandang, wkt itu sama sekali ga ada yg dikasih sarung
2. Sunrise borobudur emang keren. Cuma info yg ane dpt pas di sono, nikmatin sunrise borobudur itu masuk ke dalem paket dari suatu hotel dekt borobudur gitu. Jadi kalo ente nginep di hotel itu dan pilih paket ny, ente dikasih masuk pagi" buat liat sunrise. Kalo ente bukan dari hotel itu, kyk ny ga bisa masuk karena seinget ane borobudur itu bukanya jam 8 apa 9 gitu (matahari udah naik). Untuk berapa harga paket ny itu, ane ga tau yg pasti agak mahal bagi ane
3. Ane pertama kali ke borobudur thn 2010. Terakhir 2015 lebaran kemaren. Selama 5 thn itu, udah banyak perubahan yg terjadi pada pengelolaan borobudur. Contoh kyk adanya pintu masuk yg kyk di busway gitu, metal detector, banyak penjaga yg berkeliaran, pedagang yg agak tertata, ada ruangan yg isinya kapal layar gede gitu, dll.. mungkin karena sekarang borobudur pengelolaan ny udah diserahkan ke PT
4. Kalo lg musim liburan dan ente dari jogja, usahakan dateng ke borobudur agak pagi. Kisaran jam 7 atau 8 gitu jalan dari jogja. Jalanan masih enak. Kalo ente pergi jam 10an, macet parah banget.
5. Hati" ama tangga borobudur. Curam banget. Dulu 2010 seinget ane blm ada pegangan besi. Sekarang udah ada. Ga kebayang kalo ujan, ngeri licin. Kalo ada manula yg ikut, mending jgn naik deh. Kecuali kalo lg sepi dan ente tuntun pelan".. kalo lg rame musim libur, mending jangan karena tangga ny itu sempit jd berdesak desakan
6. Entah kenapa turis lokal ama asing itu perlakuan ny beda banget bak bumi langit loket turis lokal ya kyk biasa. Kalo asing, loket ny di dlm bangunan khusus gitu ber-ac dan ga pake ngantri mungkin karena mereka bayar ny lebih mahal
7. Terakhir ane ke sana, lapak dagang para pedagang yg sebenernya lg dibenerin karena abis kena kebakaran, jadi dibikin tempat darurat kyk lorong tanpa ujung. Padahal barangnya sama aja. Ane ga tau sekarang udah kelar blm. Mestinya sih kyk prambanan yg ga terlalu panjang lorongnya

Cuma satu sayangnya. Banyak stupa yg buntung
terakhir kesana 2011 masih bebas ga pake sarung
katanya sekarang pake sarung gitu ya ?


pengen kesana lagi , deli ga pernah ngajak
Quote:Original Posted By bijinyakadal
terakhir kesana 2011 masih bebas ga pake sarung
katanya sekarang pake sarung gitu ya ?


pengen kesana lagi , deli ga pernah ngajak


yang jelas sekarang pake drone udah ga bebas hehehe
watermarknya baru nih om

==
kalo baca sejarah gitu bawaannya pengen ke masa sebelum Borobudur ditemukan, terus ikut ekspedisi pencarian bareng sir Thomas Raffles

fakta lain :
sering orang bilang Borobudur di Yogyakarta padahal di Jawa Tengah
Quote:Original Posted By bijinyakadal
terakhir kesana 2011 masih bebas ga pake sarung
katanya sekarang pake sarung gitu ya ?


pengen kesana lagi , deli ga pernah ngajak


ayo ke sana. bayarin tiketnya tapi
Quote:Original Posted By kidtsany
watermarknya baru nih om

==
kalo baca sejarah gitu bawaannya pengen ke masa sebelum Borobudur ditemukan, terus ikut ekspedisi pencarian bareng sir Thomas Raffles

fakta lain :
sering orang bilang Borobudur di Yogyakarta padahal di Jawa Tengah



yang ane bold makanya sekarang ada iklan visit jateng yang menampilkan borobudur
Quote:Original Posted By sitoy.51704



yang ane bold makanya sekarang ada iklan visit jateng yang menampilkan borobudur


wkkwk soalnya udah tertanam di masyarakat gan, ngomongnya main ke jogja ternyata ke borobudur
padahal borobudur di jateng
Quote:Original Posted By bijinyakadal
terakhir kesana 2011 masih bebas ga pake sarung
katanya sekarang pake sarung gitu ya ?


pengen kesana lagi , deli ga pernah ngajak

udah di wajibin pake selendang jarik kok sekarang setauku, terakhir kesana 2012 suruh pake selendangya setelah beli tiket sebelum masuk ke area candi

ntar ada stand khusus minjemin secara gratis di deket pintu masuk area candi yang deket tiketing, oiya bisa milih selendangnya juga yang pas ukurannya di badan, kalo pas lg rame apes gak bisa milih yang pas ama bagus
fakta menarik yang ga terbantahkan baik orang banyak pahala atau berlumuran dosa:
kalo ke Candi Borobudur punya aura yang berbeda ke wisata lain atau candi lain, auranya tenang sekali, di hati adem banget ga tau kenapa, padahal cuaca disana lumayan terik

ada yg merasakan hal yang sama ?
Quote:Original Posted By azizhkm
fakta menarik yang ga terbantahkan baik orang banyak pahala atau berlumuran dosa:
kalo ke Candi Borobudur punya aura yang berbeda ke wisata lain atau candi lain, auranya tenang sekali, di hati adem banget ga tau kenapa, padahal cuaca disana lumayan terik

ada yg merasakan hal yang sama ?


perasaan agan aja mungkin hehe..karena tempatnya adem dan tenang...
Quote:Original Posted By ufoterbang

udah di wajibin pake selendang jarik kok sekarang setauku, terakhir kesana 2012 suruh pake selendangya setelah beli tiket sebelum masuk ke area candi

ntar ada stand khusus minjemin secara gratis di deket pintu masuk area candi yang deket tiketing, oiya bisa milih selendangnya juga yang pas ukurannya di badan, kalo pas lg rame apes gak bisa milih yang pas ama bagus


iya gan..sekarang banyak berbenah borobudur...
Quote:Original Posted By kidtsany
watermarknya baru nih om

==
kalo baca sejarah gitu bawaannya pengen ke masa sebelum Borobudur ditemukan, terus ikut ekspedisi pencarian bareng sir Thomas Raffles

fakta lain :
sering orang bilang Borobudur di Yogyakarta padahal di Jawa Tengah


biar sedep diliat gan hehe
Jadi kangen pengen berlibur ke jogja lagi gan
Terkahir ane kesana juga pake slndang gitu gan emang sih indah apalagi pas di atas nya liat hutan gitu
tumben foto2 oom berry kurang banyak...
Gak salah deh masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia ... proud to be Indonesian
Ane juga pas kesana lagi untuk kedua kalinya waktu itu baru sadar dan cukup takjub ngeliat borobudur dari sisi lainnya gan
• Bukti leluhur bangsa Indonesia maju, tidak primitif, ber spiritual dan berperadaban tinggi.
memang keren ya untuk candi Borobudur ini. Tidak pernah ada matinya loh dalam keajaiban dunia
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar