Pages


Rabu, 20 Januari 2016

Makanan & Jajanan Kaki Lima Paling Kesohor dari Beberapa Negara (Plus Suasananya)

Quote:

Thanks to : Mimin, KASKUS.Officer, Momod (all room), dan KASKUSer sedunia^^




Quote:WARNING : Beberapa jenis makanan (jajanan) dan minuman yang disajikan dalam thread ini mungkin mengandung dan atau menggunakan bahan bahan yang tidak halal bagi pemeluk agama tertentu. Mohon lebih teliti.


Quote:

Bray, bahwa di setiap daerah atau negara tertentu sudah pasti ada kuliner khasnya masing masing, tak terkecuali di Indonesia. Dan di thread gua kali ini gua akan membahas sedikit tentang macam macam makanan atau jajanan populer khas ala kaki lima dari beberapa negara yang mudah ditemui.

Misal kalo di Bandung, orang dengan mudah menemukan jajanan seperti serabi, cilok, colenak, batagor, dan lain lain. Begitu juga Jakarta dengan kerak telornya.

Nah.........Lalu bagaimana dengan jajanan ala kaki lima di jepang, India, Korea, Thailand, Vietnam, China, serta beberapa negara lainnya? Kalo begitu langsung aja kita lihat satu satu seperti apa jajanan kaki lima khas mereka yang sangat populer :




Quote:India



Ngomongin soal India, lu pade jangan cuma tau Shah Rukh Khan, dan goyangannya doang bray.......Karena ternyata India juga punya banyak makanan (jajanan) khas kaki lima yang populer yang wajib lu coba kalo nyasar kesono.......

Seperti yang ini misalnya bray :



Quote:1. Samosa



Samosa merupakan pastry yang digoreng dan berbentuk segitiga. Isinya berupa kentang, kacang polong, atau terkadang berisi daging. Kalau di Indonesia, ini mirip kaya kue pastel.

Meskipun samosa sering disajikan sebagai hidangan pembuka di restoran India di seluruh dunia, tapi Samosa sejatinya bisa dengan mudah lo temuin hampir disemua pasar tradisional dan kaki lima.






Quote:2. Pani Puri



Pani puri adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang populer di India, terutama di daerah Mumbai, Kalkuta, Delhi, Lucknow, Karachi, dan Lahore. Bentuknya segede bola ping pong yang tengahnya kemudian dibolongi dengan tangan lalu di isi bahan tertentu sesuai selera khas.

Terdiri dari puri, sejenis roti goreng khas India dengan tekstur mengembang. Bagian tengah puri kemudian diisi dengan pasta asam, kentang, bawang merah, dan chickpea. Rasanya cukup pedas. Karena ukurannya yang pas sebesar satu suapan warga India biasa menjadikan makanan ini sebagai cemilan.

Uniknya cara makan Pani puri ini jangan digigit sedikit sedikit tapi harus langsung dimasukan ke mulut lalu dikunyah....






Quote:3. Gulab Jamun



Gulab jamun merupakan salah satu makanan penutup khas India. Bisa ditemui saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri dan Diwali atau sebagai sajian di pesta pernikahan. Hidangan manis yang berbentuk seperti bola-bola lengket berwarna jingga ini terbuat dari susu yang dimasak hingga mengering kemudian dibalut dengan sirup gula.

Makanan ini sangat disukai anak-anak India. Rasanya yang seperti permen membuat mereka gemar memakannya sebagai cemilan.

Ini video cara bikin Gulab jamun sampe jadi :






Quote:4. Kathi Rolls



Makanan ini berasal dari Kalkuta (Kolkata). Mulai dikenal masyarakat sejak menjadi menu di salah satu restoran pada tahun 1932. Kati gulung merupakan jajanan pinggir jalan yang sangat populer di India. Hidangan ini juga cukup disukai di negara-negara lain.

Konsep penyajiannya mirip dengan kebab. Paratha, sejenis roti pipih India yang teksturnya sedikit mirip dengan tortilla diisi dengan daging asap, telur, sayuran, ditaburi bumbu, kemudian digulung. Sekarang ini di India Anda bisa menemui variasi kati gulung yang bermacam-macam.






Quote:5. (Masala) Dosa



Dosa adalah sejenis crepes atau pancake yang terbuat dari beras adonan dan rempah-rempah India. Merupakan hidangan pokok di India Selatan, negara bagian Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala, dan Tamil Nadu, serta menjadi populer di Sri Lanka.

Biasanya untuk hidangan sarapan masyarakat umum. Banyak dijual di warung makan, di jalan atau bahkan restoran. Bahan utama membuat adonan yaitu dari beras yang dihaluskan (tepung beras) bisa juga diganti dengan tepung terigu yang sangat halus yang sudah ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah.

Lapisan tipis adonan dibuat dengan menuangkan ke wajan panas yang sebelumnya sudah diberi minyak atau mentega. Dosa dapat diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus untuk membuat makan cepat saji.

Isian Dosa, antara lain kari ayam, kari daging, kari ikan, yogurt dengan buah buahan, acar India. Terkadang juga dengan dioles gula atau selai buah manis yang lebih disukai anak-anak.








Quote:Jepang



Kalo inget Jepang jangan cuma kepikiran robot sama JAV nya doang bray.....Tapi juga lu kudu nyaho makanan populernya yang biasa di jual di pinggiran jalan kaki lima....

Ternyata di Jepang juga banyak banget makanan atau jajanan khasnya yang terkenal enak dan mudah ditemukan di mana mana di wilayah Jepang. Seperti yang ini misalnya bray :




Quote:1. Takoyaki



Inilah camilan khas Jepang berupa bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki mudah ditemukan dimana mana di hampir seluruh wilayah Jepang.

Takoyaki biasanya dijual dalam satu set atau satu kotak, yang berisi 6-12 takoyaki. Untuk memakannya, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau sumpit. Harga satu kotaknya, biasanya berkisar 300-500 Yen atau sekitar Rp 34-57 ribu. Rasanya yang enak, tak usah diragukan.






Quote:2. Korokke



Kroket adalah makanan asal Prancis yang terbuat dari tepung roti yang dilapisi dengan putih telur. Tapi kalau di Jepang, ada korokke berupa kentang dan isinya macam-macam, seperti sayuran, daging sapi, ayam dan udang. Korokke bentuknya mirip dengan kroket, yaitu bundar dan lonjong.

Korokke asyiknya dimakan selagi panas. Korokke paling tersohor dan terkenal paling enak di Tokyo, ada di restoran Maruya Nikuten. Buktikan sendiri!






Quote:3. Okonomiyaki



Kalau makanan Jepang yang satu ini, dijamin menggoyang lidah. Inilah okonomiyaki, yaitu makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu yang diencerkan di atas air di penggorengan datar atau biasa disebut teppan. Lalu, tepung terigu tersebut diberi irisan kol dan di atasnya ditambahkan telur ayam, ikan, daging sapi, cumi-cumi, dan lainnya, sesuai dengan selera.

Makan satu okonomiyaki saja pasti sudah kenyang. Rupanya, rahasia enaknya okonomiyaki ada pada saus okonomiyaki yang manis, kental dan lengket. Tiap-tiap daerah seperti Horishima, Kansai, atau Okinawa punya saus okonomiyaki yang berbeda-beda.






Quote:4. Yakitori



Mau coba sate ala Jepang? Cicipilah yakitori. Yakitori adalah potongan daging ayam berupa kulit, hati, daging, dan lainnya yang ditusuk seperti sate dan dibakar di atas arang. Lebih enak, jika ditambahkan dengan saus pedas!

Satu yakitori biasanya dipatok seharga 70 Yen atau sekitar Rp 8.000 saja. Beberapa pasar tradisional di Tokyo yang terkenal dengan yakitori yang lezat adalah di Sugamo, Yanaka, dan Ameya Yokocho.







Quote:5. Ramen



Apa makanan Jepang yang mendunia? Sudah pasti, ramen jawabannya. Ramen adalah mie kuah yang berisi daging seperti ayam atau sapi, telur rebus, rumput laut, bawang, sayuran dan rempah-rempah lainnya.

Biasanya, ramen di Tokyo disajikan dalam satu mangkuk yang besar. Rasanya sungguh lezat dan gurih. Apalagi jika Anda menyantapnya selagi panas, nyam!

Kalau di Tokyo, satu harga mangkuk ramen dipatok mulai dari 700 Yen atau sekitar Rp 80 ribu hingga 1.000 Yen atau Rp 115 ribu. Restoran yang terkenal dengan ramen yang paling enak di Tokyo adalah di Hakata Shouten.







Quote:6. Udon



Sama dengan ramen, udon juga berupa mie kuah. Bedanya, ukuran mie udon lebih tebal dan lebih besar daripada mie ramen atau spaghetti. Udon biasanya disajikan dengan tempura, yaitu udang yang digoreng dalam adonan tepung terigu.

Udon paling enak di Tokyo ada di Rakugama Seimenjyo. Rasa udon sangat enak, kuahnya segar, dan bikin kenyang. Oishii!






Quote:7. Dorayaki



Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang.

Di Indonesia, kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju.







Quote:Thailand



Bukan cuma India, dan Jepang. Thailand juga dikenal sebagai salah satu negara yang terkenal dengan jajanan kaki limanya yang kesohor di Asia Tenggara. Banyak sekali jajanan yang bisa kita nikmati saat jalan jalan ke Thailand. Seperti berikut ini :



Quote:1. Pad Thai



Pad Thai adalah sejenis mie siram yang dimasak dengan udang kering, kuah asam, gula aren yang ditambah dengan taburan kacang dan daun bawang. Namun ada juga penjual yang mengganti udang kering dengan daging ayam. Buat yang ingin mencoba sensasinya, lu gak perlu khawatir karena lu bisa dengan mudah menemukan penjual Pad Thai di hampir semua sudut jalan di kota Bangkok.






Quote:2. Tom Yam



Mendengar nama Tom Yam mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan berkuah dengan citarasa asam-pedas khas Thailand ini? Yup, Tom Yam memang bisa dengan mudah kita temui di Indonesia.

Sup berkuah asam-pedas yang dicampur dengan udang, cumi-cumi, ikan dan berbagai sayuran segar ini pastinya akan membuat kamu langsung melek dan segar. Walaupun sudah pernah menikmatinya di Indonesia, tapi tidak ada salahnya kamu menyicip Tom Yam di negara asalnya. Pasti sensasinya akan berbeda.......







Quote:3. Kuay Teow Neua



Makanan khas Thailand lainnya yang gak bisa lo lewatin saat berlibur ke sana adalah Kuay Teow Neua. Makanan yang satu ini banyak dijual di berbagai sudut jalan di Bangkok. Mie kuah yang disajikan dengan daging sapi/ayam/babi, tauge dan daun bawang ini biasanya dijual dalam mangkok kecil. Karena rasanya yang nikmat, pastinya lo gak bakalan puas kalo cuman satu mangkok doang......






Quote:4. Khanom Krok



Setelah membahas makanan berat, sekarang waktunya kita bahas desserts yang wajib kamu kunjungi saat sedang jalan-jalan ke Thailand. Salah satunya ada Khanom Krok yang merupakan kue bulat kecil yang terbuat dari campuran terigu dan santan. Menariknya lagi, kue ini biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng yang renyah pada bagian atasnya.






Quote:5. Jajanan Serangga (Digoreng atau Ditumis Terserah lo)



Buat lo yang suka dengan hal-hal ekstrim, lo wajib nyobain kuliner kaki lima Bangkok yang satu ini, serangga goreng! Yup, saat berkunjung ke pasar malam di Bangkok, lo pasti akan menemukan nampan-nampan berisi aneka serangga goreng yang terlihat begitu renyah dan gurih. Ada Jing Leed (jangkrik), Non Mai (ulat kayu), Non Pai (ulat bambu), Tak Ga Tan (belalang), hingga serangga yang paling ekstrim yaitu kecoak. gimana bray? Berani mencoba cemilan ringan nan unik ini?






Quote:6. Cha Yen



Makanan tentunya belum lengkap kalau tidak ditemani dengan minuman. Nah sekarang lo bisa nyobain minuman khas Bangkok yang satu ini, Cha Yen. Dilihat sepintas, minuman ini memang mirip dengan teh biasa yang dicampur krimer. Tapi dari segi rasa, sudah pasti berbeda.

Cha Yen terbuat dari campuran teh hiyam dengan biji asam dan adas bintang. Boleh saja terbuat dari teh hitam, tapi warna teh ini bukan hitam Toppers, melainkan orange karena sudah dicampur dengan rempah-rempah dan susu.







Quote:7. Kha Niew Ma Muang



Sebagai penutup, ada Kha Niew Ma Muang, mangga segar yang dimakan bersama ketan dan krim santan manis. Kebayang kan gimana rasanya? Yup, manis, segar dan pastinya pas untuk dijadikan sebagai pengganjal perut.

Mangga ketan ini bisa dengan mudah ditemukan di gerobak kaki lima ataupun restoran-restoran di Bangkok, terutama saat musim mangga tiba.







Quote:Korea Selatan



Bray, kalo misalnya lu nyasar ke Korea Selatan, coba sekali kali lu cari jajanan khasnya disana. Misalnya lu bisa dateng ke MyeongDong, NamDaemun, Insadong atau pasar Dongdaemun. Karena disana lu bisa nemuin beragam kuliner kaki lima yang maknyus kek di bawah ini :


Quote:1. Tteokbokki



Salah satu jajanan yang paling terkenal hingga ke Indonesia adalah tteokbokki. Tteokbokki atau yang biasa disebut kue beras adalah cemilan yang terbuat dari kue beras yang dipotong-potong dan disajikan dengan pasta cabai khas Korea (Gocujang) yang akan membuat ketagihan dengan rasa gurihnya. Biasanya bisa juga disajikan dengan telur rebus atau fish cake.





Quote:2. Hoddeok



Sejenis pancake tapi digoreng dengan minyak dan berisi adonan kacang tanah, biji wijen juga madu yang dihaluskan. Selain itu, terdapat varian lain seperti isi sayuran atau versi asin. Cemilan ini cocok untuk disantap saat musim dingin karena cemilan ini paling nikmat disantap panas-panas.






Quote:3. Bungeoppang



Kue kecil berbentuk ikan ini memiliki bermacam rasa seperti pasta kacang merah, ubi manis, chestnut, coklat dan lainnya. Kue ikan ini mirip seperti waffle dan dibuatnya pun menggunakan sejenis cetakan waffle berbentuk ikan. Masyarakat Korea menganggap bungeoppang ini dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi yang menyantapnya.






Quote:4. Hweori Gamja



Dalam bahasa Korea Gamja berarti kentang. Hweori Gamja berarti kentang tornado. Sesuai namanya, bentuk cemilan yang satu ini melingkar spiral menyerupai angin tornado. Cemilan ini dibuat dari kentang yang dipotong tipis, ditusuk ke dalam tusukan dan dibentuk spiral, dicelupkan ke dalam adonan tepung lalu selanjutnya digoreng dan untuk lebih nikmatnya dapat dibumbui dengan bubuk perasa kentang goreng.


Quote:China (Tiongkok)

Kalo kita jalan jalan ke China atau Tiongkok, kita bisa nemuin banyak jenis makanan atau jajanan khas kaki lima yang populer disana. Bukan cuma bakso, fuyung hai, cahkwe, pangsit, siomay, dan jenis mie doang. Tapi kita juga bisa menikmati beberapa jenis kuliner seperti di bawah ini :


Quote:1. Lv Da Gun



Ini adalah makanan yang terbuat dari tepung beras atau tepung kacang, dengan bentuk menyerupai kue mochi. Adonannya terdiri dari tepung beras/kacang, ditambah dengan gula, dan digulung, lalu di dalamnya diisi dengan kacang yang ditumbuk dan diberi gula. Makanan ini juga telah mendunia, bahkan di Indonesia juga banyak terdapat penjual yang menjual makanan ini.




Quote:2. Tuckahoe Pie (fu ling jia bing)



Tuckahoe Pie boleh dibilang makanan yang sudah melegenda di Cina, bahkan pada masa Dinasti Qing, makanan ini sudah ada. Makanan ini terbuat dari sejenis pati, dengan bentuk bulat tipis, dan berwarna putih. Di dalamnya terdapat isi dari gula atau madu.

Dulunya makanan ini sangat digemari oleh permaisuri dari Dinasti Qing dan anak-anak karena rasanya yang manis. Kini makanan ini telah tersebar ke seluruh pelosok Cina. Elu bisa menemukannya di supermarket atau warung-warung di sekitar kota.




Quote:3. Wonton



Wonton adalah semacam siomay yang disajikan di dalam sup. Bagian dalam siomay biasanya diisi dengan ikan atau udang, dibalut dengan kulit siomay rebus yang halus dan terasa seperti sutra apabila ditelan dan dikunyah.

Makanan ini sendiri sudah dikenal sejak zaman dinasti Tang di abad ketujuh, dan selalu dimakan untuk merayakan datangnya musim dingin.

Siomay yang digunakan untuk membungkus Wonton berbentuk segitiga, dan sering dibandingkan dengan "Tortellini", masakan khas Italia. Wonton dicelupkan ke dalam sup hangat yang memiliki rasa sedikit pedas, dan terkadang disajikan dalam bentuk Wonton goreng.







Quote:4. Jiaozi

Jiaozi memiliki nama internasional "dumpling", dan di Indonesia mungkin masakan ini sedikit mirip dengan siomay. Konsep makanan ini pun sebenarnya cukup sederhana, daging ayam atau udang yang sudah dicincang dimasak hingga terasa lezat dan dibungkus dengan campuran tepung terigu dan sedikit kanji sebagai kulit.

Jiaozi adalah makanan khas Cina yang sudah memiliki sejarah ribuan tahun. Selain disajikan dalam bentuk Jiaozi kukus, terkadang masakan ini juga digoreng hingga kering dan disantap dengan saus khusus yang membuat kelezatannya bertambah berkali-kali lipat.







Quote:5. Bingtanghulu (Manisan Cina)



Bagi anda yang suka menonton film Mandarin, pasti sering melihat adegan di mana anak kecil membeli makanan ini dari pedagang kaki lima. Ya, Bingtanghulu adalah manisan yang berfungsi sebagai permen dan sangat populer di kalangan anak muda. Selain memiliki rasa yang manis, Bingtanghulu juga berbentuk sangat indah dan penuh warna.

Pada dasarnya, makanan ini terbuat dari buah kering seperti apel dan cherry yang dicelupkan ke dalam gula cair. Gula yang melapisi buah-buahan ini kemudian mengeras, dan sangat enak untuk digigit-gigit. Bingtanghulu biasanya sangat populer dijual pada saat musim dingin.






Quote:6. Mantou



Mantou merupakan makanan pokok di daerah Cina bagian utara. Makanan ini juga dapat ditemui di kawasan kuliner di Beijing seperti Wangfujing, Jiumen Street yang merupakan tempat menjual jajanan pasar di Beijing, atau di restoran-restoran yang ada di Beijing, seperti Restoran Donglaishun.

Mantou merupakan sejenis roti yang dikukus, mirip Bakpao, yang berbahan dasar tepung beras dan ragi. Perbedaannya Mantou tidak memiliki isi di dalamnya, dan tekstur Mantou lebih padat dari Bakpao.







Quote:7. Chou Doufu



Pemenang jajanan pinggiran Beijing adalah CHOU DOUFU! Arti harafiahnya adalah 'tahu bau', karena saat dimasak baunya memang luar biasa. Bisa digoreng atau direbus, tapi lebih enak direbus. Jangan tertipu dengan bentuknya yang normal! Biasanya dimakan menggunakan saus kacang, saus kecap, sambel, lada, dan sayur wangi.






Quote:Vietnam



Kalo suatu hari nanti jalan jalan ke Vietnam, jangan lupa buat mampir ke warung warung pinggir jalan atau restoraan disana bray. Sebab ada banyak makanan atau jajanan yang enak enak. Kek yang di bawah ini bray :


Quote:1. Pho



Namanya singkat "Pho" doang. Makanan sejenis mie dari tepung beras ini diolah menggunakan kuah berkaldu yang dilengkapi dengan irisan daging dan sayuran di atasnya. Jenis-jenis kuah kaldu yang tersedia antara lain adalah kuah kaldu daging sapi, ayam, babi, dan juga seafood. Orang Vietnam sangat menyukai daun mint sehingga hampir di setiap masakan daun mint selalu ditambahkan di dalamnya. Pho berkuah kaldu yang gurih menjadi segar dengan paduan daun selada, kol, tauge, dan tentu saja daun mint.






Quote:2. Goi Cuon



Goi cuon adalah semacam lumpia dengan kulit transparan (rice paper) yang terbuat dari tepung beras. Bentuknya seperti lumpia basah yang isinya beraneka macam seperti udang, daging ayam, daging babi, serta aneka macam sayuran. Daun mint juga ditambahkan dalam isian lumpia ini. Goi Cuon biasanya dicocol bersama saus ikan.





Quote:3. Banh Xeo



Banh xeo yang menyerupai crepe ini memiliki tekstur renyah yang diisi dengan daging babi, udang, dan kecambah. Dalam penyajiannya, disertakan pula beberapa lembar lalapan daun untuk menambah cita rasa banh xeo tersebut.





Quote:4. Ca Phe Trung



Kopi tradisional ala Vietnam ini terbuat dari kopi yang dicampur dengan putih telur dan merupakan minuman favorit para wisatawan. Busa dari putih telurnya membuat tekstur minuman ini menjadi sangat lembut.






Quote:Oke bray...Sementara itu aja dulu yang bisa gua unjukin, lain waktu gua bakalan update lagi beberapa jenis makanan dan dan jajanan yang populer khas kaki lima dari negara lainnya.

Ke depannya mungkin gua bakal eksplore makanan asal Eropa Timur, Russia, dan beberapa negara di Timur Tengah. Tentunya Indonesia juga bray.....


Yo bray tangan gua udah pegel gua mau cabut dulu......Makasih bray.






Quote:Beberapa foto, video, dan konten materi diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.
Gua butuh buat update!


Quote:Suasana pasar tradisional dan kuliner ala kaki lima di India :


Kolkata, Mumbai, dan New Delhi



Kolkata Street Food





Mumbai Street Food




New Delhi Street Food




Quote:Suasana pasar tradisional dan kuliner ala kaki lima di China :










Quote:Suasana pasar tradisional dan kuliner ala kaki lima di Thailand :









Quote:Suasana pasar tradisional dan kuliner ala kaki lima di Korea Selatan (Seoul) :





Quote:Suasana pasar tradisional dan kuliner ala kaki lima di Vietnam :

tetep favorit ane kue cucur anget sama kue apem
Widih
samosa


lebih murah di kaki lima dari pada makan2an di tempat" eksklusif
Ane lebih suka jajanan kaki lima dalam negeri booor..

Maknyus


enak-enak jajanannya

jadi kepengen nih
calon ht nih kayaknya
Bener itu Dosa makanan di india?
Kalo indonesia bakwan, sama pisang goreng ya gan,
siomay batagor
jajanan ane banget
majem page one dulu
masih enak gorengan gan
nih kandang.maho bikin baper aja.:
Eh laper maksudnya
Masih enakkan onde-onde bray
Quote:Original Posted By approve.cc
tetep favorit ane kue cucur anget sama kue apem


kayanya ente perlu makan banh xheo. Ntuh kayanya enak banget .
Beliin dong
Quote:Original Posted By kamujahat21
nih kandang.maho bikin baper aja.:
Eh laper maksudnya



dimana-mana muke elo terus
Quote:Original Posted By kamujahat21


kayanya ente perlu makan banh xheo. Ntuh kayanya enak banget .
Beliin dong


minta beliin sono sama manten ente yang di tamang lawang
Wow takoyaki favorit ane tuh bisa abis 4 porsi hohoho
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar