Pages


Senin, 18 Januari 2016

Mengenal White Coffee Dari Beberapa Negara

Mengenal White Coffee Dari Beberapa Negara






[HT ke-19 ] Trims momod dan Kaskuser sejagat trit ane udah jadi hate


Kopi, dalam seduhan dengan harum yang ciri khas tentu
membuat penggemar kopi tak bisa menolak bila mereka di tawarkan. Seperti kita ketahui, sebagian besar manusia dewasa menyukai minuman berwarna gelap ini. Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ : qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai minuman berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.


Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, serta berprestasi sebagai negara urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi di dunia. Seperti jenis Kopi luwak, kopi luwak diolah dengan mengambil bagian yang tidak dicerna oleh hewan luwak (yakni biji kopi tsb) dan keluar bersama kotorannya. Tapi Luwak hanya memakan biji kopi dengan kualitas tinggi, yang dapat dirasakannya dengan indra penciumannya. Oleh karena itu, cita rasa dari kopi luwak pun sangat tinggi, yang menjadikannya kopi dengan harga tertinggi di dunia, dengan perbandingan berkali-kali lipat dari jenis biji arabika dan robusta biasa.

Ada empat jenis kopi yang telah ada didunia yakni Jenis Robusta, Arabica, Luwak dan Liberika. Lalu dari mana dan jenis apa sebetulnya White Coffee berasal? White Coffee bukanlah jenis kopi, dan benar-benar tidak berwarna putih, namun hasil dari beragam modifikasi yang membuat kopi ini menjadi lebih terang-bukan hitam lagi, ada juga yang mencampurkan dengan creamer, tergantung daerah atau negara yang membuatnya. Nah Gan and Sis dibawah ini akan ane jelaskan jenis minuman White Coffee di beberapa negara, semoga menambah wawasan kita semua. Selamat membaca!





AMERIKA SERIKAT



Quote:Di Amerika Serikat, White Coffee adalah biji kopi yang dipanaskan hingga level yellow roast.
Karena proses pemanasannya hanya sebentar, gula alami dalam biji kopi tidak terkaramelisasi, sehingga tidak ada rasa pahit tertinggal. Kopi ini digunakan untuk membuat espresso, bukan kopi seduh biasa. Kadar keasamannya cukup tinggi dengan jejak rasa seperti kacang.











LIBANON



Quote:Siria, yang disebut White Coffee malah sama sekali bukan kopi, melainkan sejenis “teh herbal” yang dibuat dari air kuntum bunga jeruk, bersifat menenangkan syaraf, biasanya dihidangkan setelah selesai makan hidangan dengan menu berat. Di Lebanon diberikan pada bayi yang rewel, juga digunakan sebagai parfum pada air mandi ataupun langsung pada kulit.

Ada pun bicara teknik, ada yang berpendapat bahwa White coffee dibuat dari biji kopi yang digongseng (roasted) tidak sampai matang, sehingga akan menghasilkan biji kopi yang berwarna lebih terang dan aroma berbeda daripada biji kopi umumnya yang digongseng sampai matang, biasanya akan menghasilkan biji kopi berwarna coklat gelap dan aroma khas kopi. Biji kopi putih ini juga lebih keras dari biji kopi yang digongseng matang sehingga membutuhkan grinder khusus untuk menggilingnya, dan karena berasal dari biji kopi yang digongseng tidak sampai matang maka kopi putih diduga mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi biasa.











MALAYSIA



Quote:Orang Malaysia mengenal Ipoh White Coffee yang berasal dari kota Ipoh.
Kopi putih ini berasal dari biji kopi yang digongseng dengan margarin, sehingga memberikan warna lebih terang dibandingkan dengan kopi hitam tradisional Malaysia (Kopi-O), yang digongseng selain dengan margarin juga gula dan gandum. Ipoh White Coffee disajikan dengan susu kental, saat ini juga banyak tersedia dalam bentuk instan. Sebenarnya istilah “kopi putih” berasal dari bahasa Cina, yang diperkenalkan pada abad ke 19 oleh imigran Cina yang datang untuk bekerja di tambang timah lokal di Ipoh, yang artinya tidak ada hubungannya dengan warna tetapi lebih merujuk kepada bagaimana cara biji kopi digongseng.

Ada anggapan salah bahwa terdapat biji kopi khas Malaysia yang disebut White Coffee Bean. Padahal, yang dimaksud adalah biji kopi robusta atau arabika impor yang dipanggang hingga berwarna cerah.










INDONESIA



Quote:Di Indonesia sendiri ada sebuah produsen kopi yang menjual 'White Coffee'. Kopi ini diklaim diproduksi dengan mesin dari Jepang berteknologi cold drying. Biji kopi melalui proses pembekuan hingga -40 C sehingga kandungan asam gastricnya berkurang sampai 80%, sementara kandungan kafeinnya tetap utuh. Konon, karena itulah produk ini aman bagi lambung dan jantung. Kopi instan ini berbentuk bubuk dengan campuran non-dairy creamer dan gula. Setelah diseduh, warnanya cenderung lebih pucat atau krem dibanding kopi biasa.






★ ★ BONUS ★ ★



TIPS MEMBUAT KOPI TUBRUK YANG PERFETC!
( Cara Tradisonal )

Spoiler for :


TIPS MEMBUAT WHITE COFFEE YANG MAKNYUS
(Rahasia Keluarga nih Gan)

Spoiler for :
Pssst! Gunakan sedikit margarin agar mendapatkan rasa khusus dan ditambah satu hal lagi yang mempengaruhi rasa yaitu olahan white coffee waktu roast (pemanggangan dan pengolahan) nya lebih pendek daripada kopi hitam.


Spoiler for Coffee Freak:



PENUTUP

Demikianlah Gan and Sis threat ane yang membahas tentang White Coffee yang kini sudah kita ketahui bahwa White Coffe bukanlah benar-benar terbuat dari asli kopi putih. TS sadar masih banyak kekurangan, sudi kiranya kaskuser memberikan masukan dan saran agar thread ini semakin lengkap. Sebelum dan sesudahnya ane ucapkan terimakasih.



~ ๑ஜ۩۞۩ஜ๑~
TERIMAKASIH ANE KEPADA
sumur 1, sumur 2, sumur 3, sumur 4, sumur 5, sumur 6,



MAMPIR DI THREAD KOLEKSI ANE YANG LAIN GAN:

Rangkuman LINK Hot Thread
★ Babelapak ★








KOMENGTAR KASKUSER



3 Komentar Cerdas Terpilih berhadiah '3 Cendol'
SELAMAT YAAAA!



Quote:Original Posted By max mara
White coffee Indonesia yang bentuk sachet, apapun merknya, sih isinya hanya terdiri dari 3%-8% kopi dan sisanya gula, susu, krimer, PERASA, dan PEWANGI. Aman buat lambung karena kandungan kopi sangat sedikit tapi tidak bagus untuk ginjal karena kandungan zat kimia untuk pewangi dan perasanya.

Semua teman ane yang minum white coffee kalau buang air kecil selalu mencium bau white coffee. Hal ini tidak terjadi kalau minum kopi instan (non white coffee), kopi hitam, kopi buatan gerai seperti starbucks.


Quote:Original Posted By relevant
Ane belum pernah coba white coffee beneran sih gan, palingan cuma white coffee rasa-rasa (sachetan) yang justru lebih menekankan rasa creamy dan gulanya itu banyak banget.
Emang ada supplier kopi gorengan yang jualan yellow roast ya? Setau ane cuma mentoknya di light roast aja, itu pun rasa seduhannya volatile banget, nggak stabil dibandingkan si gorengan medium roast dan dark roast.


Quote:Original Posted By arman.deny
sip gan ane barusan dah praktekin cara bikin kopi tubruknya.. pake kopi bubuk murah dengan cara 2.. rasanya jadi mantab gan.. mirip kopi sachet yang special mix


=========================================================================

KOMENTAR LAINNYA

Quote:Original Posted By uklunk
Ane gak suka ngopi, soalnya udah ngerokok, jadi konsumsi racun gak boleh banyak2, diantara nikotin dan kafein, ane lebih pilih nikotin.


Ane cuma mau bilang keren bener tritnya rapi sama niat bener bikinnya. Keep postinf gan. Nice thread deh. Nanti ane guyurin cendol kalo udah isi ulang


terimakasih gan,,, ane tunggul cendolnya gan
Quote:Original Posted By rockfalcone
Yes! Saya suka thread ini.

Untuk saat ini White Coffee yang saya suka kebetulaannnn maaaf banget nih, malahan dari Malaysia. Ada merek yang memang mantab rasanya, Aik Cheong. Jarang ada di toko sih gan, tapi menurut saya rasanya sekelas White Coffee di Kafe atau Kopi Tiam.

wah boleh nih gan, indo*art ada gak gan, mau cobain ane ah
Quote:Original Posted By samtheblues
White Coffee katanya gak bagus buat kesehatan Gan, bener gak sih?

namanya juga udah kemasan gan, pasti ada pengawetnya, yg penting jangan overdosis aja
Quote:Original Posted By meirnpyon
white coffee emang lebih bersahabat di lambung dan nggak bikin deg-degan

:
Quote:Original Posted By bima2bima
jd pengen ngopi tar sore

C'mon breee kita ngupi
Quote:Original Posted By fajarboboii
Aah jangan minum kopi sachet gan..
Ane lebih suka produk biji lokal diseduh dengan teknik manual brewing..

:
Quote:Original Posted By linggaprtmaaa
paling nikmat mah ngopi sambil ngaskus gan itu gak ada yg bisa ngalahin

:
Quote:Original Posted By izzy68
menurut ane di indo raja'y kopi gan.!
bayangin tiap daerah ounya kopi khas sendiri2.!
ane lebih suka kopi lampung gan, alus banget dah tuh pas lahh.!!

:
Quote:Original Posted By bajahitam20
wah ternyata kopi expresso yg asli rasa nya sungguh Terrlaluuu hahahahha

ada pengalaman waktu duduk di kedai kopi dengan percaya diri temen ane 2 org pesan expresso dan ane pesan green tea
singat cerita datanglah si expresso..pas datang tmn ane kaget kok cangkirnya kecil banget....terus dicobanya tu expresso
hahhaahahha muka mereka jadi pucat seketika setelah coba kopi expresso......ane tanya kenapa mereka jawab mau coba?
udah ane coba emang bener ternyata ane juga diem seribu bahasa waktu coba rasanya
terus mereka campur tu expresso sama green tea ane kata mereka buat sedikit hilangin rasa ekpresso



oh yaaa Ijen Raung Coffee udah mendunia lhoooo

mustinya tambahin gula gan
Quote:Original Posted By arman.deny
sip gan ane barusan dah praktekin cara bikin kopi tubruknya.. pake kopi bubuk murah dengan cara 2.. rasanya jadi mantab gan.. mirip kopi sachet yang special mix

: mantapp kan gan
Quote:Original Posted By cahyonoayano
white coffe paporit ane. apalagi pake toping vanilla ice crean dibuat iced shake gitu. mantap deh

ane juga suka pilih toping kek gitu gan
Quote:Original Posted By the.darn.knight
mantpa inpohnya gan
jadi pengen ngopi

jangan lupa setelah ngupi cendolin ane yah agn
Quote:Original Posted By punkfajar
ane sukanya kopi tubruk gan...lebih mantepp

sambil ditubruk siapa gan
Quote:Original Posted By brianloveaffi
mantap kopi jepara
bikin ketagihan
karna pakai campuran kelapa.bawang putih dkawan2nya
coba ajah

wuiih kek apa yah rasanya, penasaran ane gan
Quote:Original Posted By ammar16
yap kopi lokal emang juara gan



paling enak yang buatan dalam negeri
Yang buatan Indonesia paling enak
Quote:Original Posted By Jow3
paling enak yang buatan dalam negeri


sambil ngupi gan
Quote:Original Posted By Jow3
paling enak yang buatan dalam negeri


Quote:Original Posted By ...near...
Yang buatan Indonesia paling enak


setuju sama agan ini
mama ane hobi setiap malam minum white coffee wkwk
Quote:Original Posted By edolbogel




setuju sama agan ini
mama ane hobi setiap malam minum white coffee wkwk


kopi jenis apa gan, sachetan atau original?
Quote:Original Posted By babelapak
kopi jenis apa gan, sachetan atau original?


sachetan gan
ane ndak nyebut merek lho ya..
Quote:Original Posted By edolbogel


sachetan gan
ane ndak nyebut merek lho ya..


mang napa gan
sambil ngupiiii gan
Quote:Original Posted By babelapak
Mengenal White Cofee Dari Beberapa Negara





Kopi, dalam seduhan dengan harum yang ciri khas tentu
membuat penggemar kopi tak bisa menolak bila mereka di tawarkan. Seperti kita ketahui, sebagian besar manusia dewasa menyukai minuman berwarna gelap ini. Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.


Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, serta berprestasi sebagai negara urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi untuk dunia. Seperti jenis Kopi luwak, kopi luwak diolah dengan mengambil bagian yang tidak dicerna oleh hewan luwak dan keluar bersama kotorannya setelah memakan biji kopi (arabika/robusta). Luwak hanya memakan biji kopi dengan kualitas tinggi, yang dapat dirasakannya dengan indra penciumannya. Oleh karena itu, cita rasa dari kopi luwak pun sangat tinggi, yang menjadikannya kopi dengan harga tertinggi di dunia, dengan perbandingan berkali-kali lipat dari jenis biji arabika dan robusta biasa.

Ada empat jenis kopi yang telah ada didunia yakni Jenis Robusta, Arabica, Luwak dan Liberika. Lalu dari mana dan jenis apa sebetulnya Coffee White berasal? White Coffe bukanlah jenis kopi dan benar-benar tidak berwarna putih, namun hasil dari beragam modifikasi yang membuat kopi menjadi lebih terang-bukan hitam lagi, ada juga yang mencampurkan dengan creamer, tergantung daerah yang membuatnya. Nah Gan and Sis dibawah ini akan ane jelaskan aneka jenis minuman White Coffee di beberapa negara, semoga menambah wawasan kita semua. Selamat membaca!





AMERIKA SERIKAT










LIBANON










MALAYSIA









INDONESIA





BONUS

Spoiler for Coffee Freak:



PENUTUP

Demikianlah Gan and Sis threat ane yang membahas tentang White Coffee yang kini sudah kita ketahui bahwa White Coffe bukanlah benar-benar terbuat dari asli kopi putih. TS sadar masih banyak kekurangan, sudi kiranya kaskuser memberikan masukan dan saran agar thread ini semakin lengkap. Sebelum dan sesudahnya ane ucapkan terimakasih.



~ ๑ஜ۩۞۩ஜ๑~
TERIMAKASIH ANE KEPADA
sumur 1, sumur 2, sumur 3, sumur 4, sumur 5, sumur 6,



MAMPIR DI THREAD KOLEKSI ANE YANG LAIN GAN:

Rangkuman LINK Hot Thread
★ Babelapak ★












Mumpung lage bahas kopi, kebetulan ane penggemar kopi nih. Buat ane kopi lokal lebi maknyus dibanding internasional, kalau ditelusuri banyak juga yg pakai komposisi dr negara kita juga.

Sekalian bagi info dhe, ada kedai kopi tua dijalan pintu besar daerah kota siapa tau bisa jadi reff, hanya kedai sederhana tapi soal rasa bisa diadu dengan coffe shop luar negeri, 😁😁

Dc start 10rb untuk kopi hitamnya ada cemilan dan makanan lainnya juga
#banggadenganproduklokal
: lanjutkan gan....
duluuu
Menurut ane, rasa kopi lokal jauh lebih nikmat daripada kopi luar.
Quote:Original Posted By fatille
Menurut ane, rasa kopi lokal jauh lebih nikmat daripada kopi luar.


sep gan, kopi indonesia emang dikenal dunia dengan kualitas rasa dan aromanya
White coffee Indonesia yang bentuk sachet, apapun merknya, sih isinya hanya terdiri dari 3%-8% kopi dan sisanya gula, susu, krimer, PERASA, dan PEWANGI. Aman buat lambung karena kandungan kopi sangat sedikit tapi tidak bagus untuk ginjal karena kandungan zat kimia untuk pewangi dan perasanya.

Semua teman ane yang minum white coffee kalau buang air kecil selalu mencium bau white coffee. Hal ini tidak terjadi kalau minum kopi instan (non white coffee), kopi hitam, kopi buatan gerai seperti starbucks.
Quote:Original Posted By babelapak


sep gan, kopi indonesia emang dikenal dunia dengan kualitas rasa dan aromanya


iye gan
apa aja kopinya yang penting ngopi
Quote:Original Posted By counter.strike.
apa aja kopinya yang penting ngopi


yup, tapi bicara rasa pasti gak bisa diboongin ya kan...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar