Pages


Rabu, 06 Januari 2016

Selamat Datang Era Satelit Mini


Selamat Datang Era Satelit Mini
Quote:
Spoiler for :

HT gan

Quote:
Quote:
Membayangkan satelit tentunya pikiran kita akan melayang ke tempat peluncuran roket milik NASA dan juga Orion yang serba komplek dengan ukuran satelit yang besar. Namun tampaknya perkembangan teknologi satelit telah memasuki era baru perlombaaan teknologi yaitu satelit mini. Satelit mini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan satelit yang telah dikembangkan sebelumnya, namun ukurannya jauh lebih kecil. Biasanya satelit yang dikategorikan sebagai satelit mini ini beratnya kurang dari 100 kg.

Fungsi satelit mini ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya untuk keperluan jejaring komunikasi, mengamati geogfrafi bumi, memprediksi luasan hutan, perencanaan infrastruktur, memprediksi hasil panen, pengembangan wilayah dll.


Satelit mini yang diluncurkan dari International Space Sation

Dengan ukuran yang sangat kecil ini dapat dibayangkan ongkos yang dapat dihemat dalam membangun suatu satelit dengan fungsi yang hampir sama dengan satelit besar lainnya. Walaupun prospek perkembangan teknologi mini satelit ini sangat menjanjikan, namun para pakar teknologi ruang angkasa masih terkendala bahwa mini satelit ini masih tetap harus diluncurkan dan ditempatkan di orbit.

Kendala ini tampaknya sedikit demi sedikit mulai teratasi seiring dengan perkembangan teknologi roket yang memungkinkan hulu pendorong roket dapat digunakan kembali dengan cara mendaratkan kembali hulu pendorong ini ke bumi. Teknologi ini bulan lalu telah berhasil dikembangkan oleh SpaceX (baca selengkapnya di sini).

Kombinasi pengembangan teknologi roket dan satelit mini tampaknya akan membuka lebar perlombaan penemuan teknologi luar angkasa lainnya.

Quote:
Jepang merupakan salah satu negara yang paling getol mengembangkan teknologi satelit mini ini. Banyak perusahaan di Jepang yang mengkhususkan diri mengembangkan teknologi ini dan menghidupi perusahaan melalui teknologi satelit mini ini.


Satelit mini yang dikembangkan oleh jepang ini hanya berukuran 10 cm persegi


Satelit mini karya Korea Selatan ini bobotnya hanya 10 kg


Sebagai contoh sebuah perusahaan di Tokyo berhasil megembangkan satelit mini dengan bobot hanya 20 kg yang akan diluncurkan tahun 2016 ini. Satelit ini dirancang untuk mengumpulkan data sampah ruang angkasa termasuk sisa-sisa roket yang tersebar di ruang angkasa. Sampah ruang angkasa ini sangat berbahaya dan mengancam satelit-satelit aktif yang kini beredar di orbitnya. Data data yang dikumpulkan ini akan dijual kepada yang membutuhkannya.

Perusahaan Jepang lainnya dalam kurun waktu 6 tahun terakhir ini akan meluncurkan 50 satelit mini mulai tahun ini. Satelit satelit mini ini memiliki kemampuan untuk mengobservasi 45% luasan bumi.

Rusia juga merupakan negara yang memfokuskan dirinya dalam pengembangan satelit mini ini. Teknologi yang dikembangkan oleh Rusia ini tidak hanya terkait ukuran satelit namun juga smart teknologi yang memungkinkan satelit ini memperbaiki dirinya sendiri jika tejadi kerusakan sehingga tidak perlu meninggalkan orbitnya. Tidak sampai disitu Rusia juga mengembangkan teknologi satelit mini yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Rusia diperkirakan memiliki kemampuan untuk meluncurkan sebanyak 600 satelit mini.


Mereka berlomba mengembangkan teknologi satelit mini


FASTSAT salah satu satelit mini karya NASA

Quote:
Amerika dan Inggris tentu saja tidak ketinggalan dalam mengembangkan teknologi satelit mini ini. Sebagai contoh mini satelit yang dinamakan Digital Globe's new Worldview-3 yang diluncurkan bulan Agustus tahun lalu mememiliki kemampuan mengirimkan gambar-gambar dengan resolusi tinggi sampai dengan ukuran 31 cm, termasuk dapat dilihat dengan jelas mobil, orang dan kotak surat sekalipun. Satelit ini memiliki kemampuan mengumpulkan data dan mengirimkannnya setiap 24 jam sekali.


Gambar kebakaran hutan yang diambil dari satelit meini


Contoh lainnya yaitu OneWeb yang merupakan menyedia internet global telah mengadakan kesepakatan sengan Airbus Defence and Space untuk membangun sebanyak 900 satelit mini yang dirancang untuk membentuk satu jejaring komunikasi yang memiliki kemampuan untuk menyediakan layanan internat dengan kapasistas 10 terabit per detiknya yang akan membuka era komunikasi baru dunia.


Satelit mini berhasil mengirimkan gambar yang sangat detail


Satelit mini memiliki kemampuan menangkap gambar sampai ukuran 31 cm, sehingga kotak suratpun akan dapat terlihat


Gambar deforestasi di Brazil yang diambil dari satelit mini

Tidak pelak lagi kombinasi perkembangan teknologi satelit dan juga roket membuka era baru perlombaan pengembangan teknologi ruang angkasa, termasuk di dalamnya satelit intelejen. Ke depan disamping teknologi ini sangat berguna untuk peningkatan kesejahteraan manusia, namun harus pula disadari bahwa tidak ada yang menjadi rahasia lagi bagi suatu negara karena semua data dan informasi secara terus menerus disadap dan dikumpulkan oleh satelit mini yang bertaburan di ruang angkasa.



Quote:




Quote:Terimakasih buat Mimin, Momod, dan Seluruh Kaskuser.
lah ntar penuh dong luar angkasa kalo negara" pada ciptain satelit mini
Bisa buat ngintip tuh
Semiga satelit ini digunakan untuk nambah pengetahuan manusia bukan untuk saling memata matai setiap negara
emang luar biasa perkembangan sekarang...
wuiih makin canggih aja yang buat hebat salute
Ada info org2 kaya Indonesia membantu pengembangan riset secara pribadi ga gan ?

Ane koq jarang denger ya. Padahal kampus di Indonesia ribuan, juara kontes robot tiap tahun, tp koq blom pernah denger ada proyek pengembangan dibantu perusahaan2 swasta kyk MIT ya.
Yg mini bikin di pake buat mata matai indonesia bray

Tp yg mini juga bikin sekseh apalagi rok mini
sama kayak google maps nih gan
Era satelite
emang bener bener banyak perubahan yah di dunia skarang ini
koyo kacang atom
wih keren nih dipake buat mata mata
tinggal nunggu indonesia ngeluncurin nih.
Quote:Original Posted By mukamukaos
lah ntar penuh dong luar angkasa kalo negara" pada ciptain satelit mini


angkasa masih luas gan....
hebat yee gan, konsep mini lama kelamaan setiap orang punya satelit sendiri2 nih
Quote:Original Posted By vivibintoro
Bisa buat ngintip tuh


ngintip apaan Vroooh??
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Semiga satelit ini digunakan untuk nambah pengetahuan manusia bukan untuk saling memata matai setiap negara


pasti buat mata2 juga bisa gan..
Quote:Original Posted By sapson
emang luar biasa perkembangan sekarang...


iya gan bener banget
cuma 10cm persegi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar