Pages


Selasa, 16 Juni 2015

[iPerspective] WOW!! Dengan Cara Ini, Masalah Jalanan Jakarta Bisa BERES!




Legendary Thread Maker Group
[HTH]




Thanks min udah dijadiin Hot Thread, niat utama share ide dan pikiran aja malah bonus rejeki.



Quote:
Jakarta


Melihat kondisi Jakarta sekarang ini, sudah menjadi status umum bahwa provinsi DKI Jakarta adalah provinsi yang 'masih' jauh dari kata sempurna. Berikut, ada curahan ide-ide segar dari ane semoga bisa bikin Indonesia menjadi negara yang mendekati kata sempurna.

Spoiler for JKTCRZY:

1. Mengendarai Kendaraan Pribadi Sesering Mungkin




Jalanan yang lengang di Jakarta, sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan cara mengendarai kendaraan pribadi sendiri. Jika bisa, satu orang satu mobil akan sangat membuat jalanan Jakarta setidaknya lebih terisi. Terlebih, sekarang kredit kendaraan sudah murah gak ada salahnya kan beli kendaraan pribadi sendiri? Disamping bisa mempercepat waktu tempuh ke tempat tujuan, menggunakan kendaraan pribadi juga akan sangat membantu perkembangan ekonomi Indonesia terutama pundi-pundi perusahaan pengembang mobil luar negeri yang ternama.



2. Menghentikan Operasi Kendaraan Umum




Bajaj, Kopaja, Angkot, dan juga TransJakarta. Merupakan kendaraan umum di Jakarta yang membuat kemacetan parah di kota ini. Lebih baik jika kita BERHENTI untuk menggunakan kendaraan umum tersebut, dikarenakan waktu tempuh menggunakan kendaraan umum pastinya lebih lama dan lebih tidak praktis dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyak copet, waktu yang terbuang percuma menunggu kendaraan umum, sumpek-sumpekan di Halte demi naik TransJakarta yang juga terbatas armadanya, ketidakjelasan rute mending naik Kendaraan Pribadi kan?

Terutama TransJakarta, harusnya jalur tersebut bisa dilalui oleh kendaraan pribadi yang semakin hari semakin banyak di DKI Jakarta, malah dipake buat jalur Bis yang jalannya gak setiap waktu, kan biang penambah kemacetan juga nih.


3. Mensubsidi Bahan Bakar Kendaraan




Faktanya, harga BBM di Indonesia sekarang ini adalah yang termahal di Asia Tenggara. Malaysia sendiri memiliki harga Rp.8500 untuk tipe RON 95 (Pertamax Plus) namun di Indonesia, harga Premium nya saja cuma berbeda sedikit yaitu sekitar Rp.7600. Ya ini lah biang masalahnya, coba aja harga bahan bakar di Indonesia itu disubsidi lagi dan menjadi cuma sekitar Rp.3000 - Rp.5000 aja, pastinya bakal lebih banyak lagi kendaraan pribadi yang ngalor ngidul di jalanan Jakarta dikarenakan murahnya harga BBM yang juga bisa menambah pendapatan negara karena intensitas pemakaian yang jauh lebih sering dari biasanya. Toh kita juga kan negara penghasil minyak?


4. Mengganti Trotoar dengan Jalan Raya




Trotoar Jakarta, kayanya kurang digunakan ya di Jakarta. Jarang liat kan suasana trotoar yang banyak kendaraan lewat ataupun orang-orang jualan di Trotoar? Ya, itulah tandanya di Jakarta sendiri harus melakukan pelebaran jalan sampai ke Trotoar.

Pernah gak denger temen kamu ngomong "ane turun disini aja deh, udah deket juga kok. Kalo disana nanti lo muternya jauh" Yak, kayanya sampe kambing bisa kayang juga bakal jarang terucap ini kalimat.

Dikarenakan Trotoar sendiri itu gak ada gunanya, orang lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi nya juga kaleee daripada harus jalan kaki di Trotoar Jakarta yang adem dengan kanopi di setiap sisi Trotoar juga mencegah biar gak kehujanan kalo musim penghujan tiba, lalu juga harusnya sisi Trotoar ini diisi oleh beberapa penjual yang tertib mengisi keseharian Trotoar Jakarta sehingga terlihat lebih berisi dibandingkan kosong terus kan?


5. Mengganti Pohon dengan Tiang Canggih Serba Guna




Halah, pohon di Jakarta itu buat apa sih. Kerjaan nya cuma buat adem doang, selebihnya ya menghasilkan oksigen doang kan? Mending setiap pohon di pinggir jalan gitu diganti dengan tiang serba guna yang bisa menghasilkan Jaringan Wi-Fi, terus juga ada colokan buat ngecas hape ataupun Laptop disana, toh sekarang kebutuhan akan teknologi dan informasi sudah sangat dibutuhkan oleh semua kalangan.

Selain bisa membuat sisi Jakarta lebih futuristik, tiang-tiang tersebut juga gak akan pernah tumbang kaya pohon-pohon kebanyakan dan gak bakal bikin kotor jalanan karena gak ada daun yang merepotkan harus dibersihkan setiap hari kan?


6. Memperbanyak dan Mensubsidi Jalan Tol




Menurut data yang ada, waktu membayar jalan tol itu sendiri membuat kemacetan di jalan dan waktu tempuh yang bertambah. Apalagi jika tidak membayar dengan uang pas, bisa memakan waktu satu menit sih katanya, kalopun uang pas katanya sih hanya butuh waktu 3 detik. Kalo gitu, kenapa gak di subsidi aja atau di gratiskan? Toh, waktu yang tadinya sekitar 3 sampai 10 detik mungkin hanya akan menjadi 1 detik karena tidak perlu repot-repot melakukan pembayaran kan yang memakan banyak waktu tentunya.

Selain itu juga bisa menambah dan merangsang jumlah kendaraan di Jakarta yang terbilang masih sedikit lagi dan mengisi kekosongan jalanan Jakarta yang selama ini menjadi cerita rakyat Jakarta sendiri. Menambah jumlah jalan tol di Jakarta juga bisa menjadi alasan untuk membuat jalanan kota Jakarta menjadi lebih lenggang lagi sehingga membuat semuanya menjadi efektif dan efisien.

Spoiler for But:

Padahal...



Jumlah orang yang bisa ditampung oleh Bis itu sekitar 60 orang dan juga hanya menggunakan space jalanan sekitar 2 mobil sedan yang sedang berbaris dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi satu orang satu mobil. Alternatif kendaraan seperti sepeda juga bisa menjadi solusi Jalanan Sempurna Jakarta asalkan disediakan jalur khusus sepeda dengan kanopi yang mencegah panas dan juga hujan.

Ane sendiri sudah mencoba berbagai kendaraan di Jakarta, dari Kopaja, Angkot, Taksi, Kereta, Motor, Mobil, Bajaj, atau apapun lah itu lagi. Dan kenyataan nya, memang jumlah kendaraan pribadi di Jakarta itu sangat banyak dibandingkan dengan kendaraan umum yang tersedia.

Contohnya saja TransJakarta, menurut ane TransJakarta sendiri memiliki solusi baik untuk kemacetan Jakarta, sayangnya ane sering banget ngeliat suasana orang-orang numpuk di halte cuma buat nungguin TransJakarta yang armadanya cuma sedikit dan waktu kedatangan yang tidak pasti. Orang-orang pun rela berdesak-desakan yang penting naik, daripada harus menunggu armada selanjutnya yang tidak tahu kepastian waktu tiba dan juga akan desak-desakan juga.

Kereta ataupun Angkot sendiri sebenarnya juga solusi yang sangat bagus, namun sangat disayangkan kurangnya sosialisasi tentang informasi rute ataupun jam yang membuat saranan transportasi ini menjadi kurang favorit dibandingkan kendaraan pribadi. Faktor keamanan juga menjadi alasan yang banyak diutarakan orang-orang tentang penggunaan kendaraan umum.

Harapan ane, beberapa tahun ke depan setelah MRT dan juga kendaraan umum lain nya telah hadir di kota Jakarta dapat membuat kota ini menjadi SEMPURNA di bagian transportasi. Ane sendiri sekarang masih memakai sepeda motor untuk transportasi sehari-hari, dikarenakan menghemat banyak waktu dan juga relatif lebih murah daripada kendaraan umum.

Ya, sekian ulasan ide cemerlang dari ane. Semoga tulisan ini berkenan bagi para pembaca.





Sumber  (imyohanes.com)
RESERVED

for Comments, Arguments, or anything

Quote:Original Posted By mashedpotato
mengapa masih banyak yg menggunakan kendaraan pribadi?
-nyaman, dibandingkan dengan transportasi umum seperti bajaj, angkot, kopaja
-merasa lebih aman (khususnya mobil) selama berada di kendaraan, ketimbang di bus umum yang masih ada copet, preman tukang minta duit di bus
-mudahnya membeli kendaraan pribadi mobil / motor dengan semakin mudahnya sistem kredit, juga pajaknya yg masih terjangkau dibanding negara tetangga kita singapur
-cepat, bagi para pengendara motor dikarenakan bisa melegak legok di antara kerumunan mobil yang terjebak kemacetan
-mudahnya memiliki sim (mobil dan motor) di negeri kita tercinta
-lama, angkutan umum yang membudayakan penuh = jalan
-iklim, panas yang menyengat di sianghari membuat org lebih baik naik kendaraan pribadi ketimbang menunggu angkutan umum di siang bolong

untuk masalah berjalan kaki ataupun bersepeda mungkin BELUM cocok untuk jakarta saat ini yang siang hari panasnya luar biasa dikarenakan negara kita yang kedapatan iklim tropis dan juga polusi yang semakin menambah gerahnya ibukota. jika MRT terealisasi dan mampu mengurangi kendaraan pribadi di jalan, reboisasi besar"an jadi langkah yang tepat jika memang mau mebudayakan bersepeda dan berjalan kaki di kota kota jakarta

CMIIW

saran yang bagus gan, ane juga menunggu transportasi sempurna di Indonesia terutama jakarta
Quote:Original Posted By r..
coba fasilitas umum nya diperbaiki dan lebih baik lagi dalam pelayanan... buktinya kayak kereta api bisa dilakukan rombak besar besaran dalam pelayanan dan fasilitas yang lebih oke... makanya kereta api jadi kendaraan favorit sekarang

bener gan, sebenernya udah oke juga kereta api ane sering naik kok juga murah banget terlebih cepat juga.
sayang kadang penuh banget sampe berdiri dan penuh sekali sesak2an kasian kalo ada orang tua atau anak kecil

Quote:Original Posted By okierie
satu mobil isinya cuma satu orang sih

gpp gan, kan biar gak kepanasan dan menambah devisa negara

Quote:Original Posted By ahmadyusuf84
kenapa ga bikin speerti pemerintahan di jepang?
setiap keluarga hanya boleh memiliki mobil 1 , coba lihat sekarang 1 rumah ada 3 mobil, bayangkan jika ia pergi dalam waktu yang sama , si bapak ke kantor , anak ke sekolah , ibunya ke pasar, dan melewati jalan yang sama, kebayangkan macetnya?
lalu masalah transportasi umum sebaiknya fasilitas nya di perbaiki, tetapi ya orang indonesia mah , nampak barang bagus dikit dirusak , dikencingi , dan ga dirawat , lihat di singapur, disana transportasi umumnya nyaman ga kotor, coba bayangkan kalau transportasi umum dihapus , bila ada pendatang mau naik apa dia?, bila ada orang yang ekonominya pas"an gimana dia?, apalagi kalau trotoar dihapus

harusnya... sudah dilakukan sejak kapan tahun, tapi sepertinya sudah terlalu terlambat dengan kualitas pemerintahan yang seperti ini smh aja deh.
Quote:Original Posted By yanglokal
Btw, sumber kemacetan yang ane tau sih cuma angkutan umum sistem setoran sama pengendara motor yang UJIAN SIM NYA SETENGAH JUTA gan . Karna hampir semua dari mereka itu ga tau fungsi dari MARKA JALAN gan. Padahal menurut ane MARKA JALAN dibuat biar alur jalannya kendaraan jadi lancar

Sama satu lagi yang pernah ane denger. Luas jalanan di Jakarta kalah banyak dibanding jumlah luas kendaraan di Jakarta.

*silahkan tentang ane kalo salah

hello sebagai pengendara motor, ane selalu taat pake helm dan gak pernah melanggar peraturan lalu lintas.
ane pun suka kesel kok gan bagi pengguna motor yang melanggar seperti lawan jalur, pake trotoar, terlebih kalo mereka udah salah tapi ngotot

yak tepat sekali, kalo kendaraan nya lebih banyak mau dilebarin jalan sampe ada spesies onta kutub juga gak bakalan beres dah itu macet.

Quote:Original Posted By f3yzR0ckZ
Untuk mengurangi angka signifikan kemacetan. Menurut ane sih, tingkat produktivitas mobil2 di jkt dikurangin dl. Entah dgn pengurangan kuantiti dan penutupan beberapa produsesn/manufaktur ato dealer, mengurangi penggunaan mobil diatas lima taunan. Nah untuk eks pekerja2nya gmn? Tiada lain tiada bukan dgn memberikan sektor pekerjaan lain (sektor pekerjaan riil), dimana kembali ke habitat indonesia yg beralam sub tropis yaitu mengembangkan hasil bumi (baik non-gas, maupun gas). Memang klo skdr ngom bisa, tp prakteknya gmn gan? Nah pemerintah (bukan hanya Departemen Perhubungan) dan pemangku ekonomi, mesti merumuskan dan berjibaku nanganin masalah kemacetan.

Masalah yg krusial tuh gan, beberapa produsen/manufaktur otomotif dikuasai oleh "segelintir org" bahkan asing, lantas gmn gan?
Dijkt kt punya Ko Ahok, di surabaya kt punya Ibu Risma, di Bdg kt punya Kang Emil klo mereka2 mau jadi pioneer dan pendobrak kemacetan dijkt dan di indonesia pd umumnya, disinyalir langkah2nya bs diikuti oleh beberapa kepala daerah laen..

Hanya saja berani gk beberapa kepala daerah melawan "segelintir org" bahkan asing? Klo asing sih mungkin bisa dgn merevitalisasi aset mereka disini ato bahkan mem-privatisasi. Pelan2 saja spt yg dilakukan di India (buktinya motor TVS org india hasil privatisasi thdp asing, bisa menjadi kualitas dunia).

Klo melawan "segelintir orang"? Hal ini mesti dipioneerkan oleh Ko Ahok dl, sbg representative kepala daerah di Indonesia.

Sekian jawaab ngawur ane hehe
Wassalam

ya harusnya menurut agan yang di atas ente yang ane quote tuh,, ada pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi benernya, kalopun boleh pajaknya dinaikan super roket duper dah gan bisa 10000% tuh rasain.

ya, namanya juga kota sudah berantakan gan. bagaikan Jurgen klopp suruh ngelatih indonesia aja, walaupun pemimpin bagus kalo kualitas pemain dan juga faktor pendukung nya gak ada ya pasti agak mustahil kan

Quote:Original Posted By ais13184
Yang paling utama harus dirubah dari Indonesia itu adalah MENTAL MASYARAKAT nya..
Ogut sekarang sedang di Bangkok, Thailand sampai besok..
Ogut kemana-mana selama ini pakai Taksi & Bus..
Bangkok, Thailand ga beda jauh dengan Jakarta, Indonesia..
Macet.. Panas bakan lebih panas..
Tapiii..
Ogut lihat masyarakat Bangkok, Thailand itu lebih tertib & lebih pengertian..
Jadi..
Kalo di jalan nih..
Para pengemudi kendaraan pribadi lebih mengalah terhadap kendaraan umum baik itu Taksi, Bus, Travel, dll..
Bahkan terhadap pejalan kaki pun sangat mengalah..
Ogut sering nyeberang & mereka pasti berhenti..
Beda banget dengan di Indonesia..
Baru pasang lampu Sein misalnya mau ke kiri pasti mobil yang di kiri ga akan kasih malah langsung tancap gas..
Capek deh..

Kedua..
Ogut selama Bangkok, Thailand pakai Bus..
Bus nya bagus, nyaman & aman..
Bus yah..
Bus biasa lho..
Bukan kayak TransJakarta..
Bus biasa..
Tapi nyaman, aman, cepat & dingin kayak Bus Agra dinginnya..
Indonesia harus belajar banyak dengan negara luar untuk memperbaiki dirinya khusus MENTAL nya..
Sekian..


rubahlah dirimu sendiri sebelum kamu merubah orang lain.
yak benar sekali gan, mental malas itu sudah mendarah daging terutama di Indonesia.
jalan dikit aja males, panas lah apa lah gimana mau beres semuanya jadi gak beres

another comment di spoiler ya, kepanjangan nanti
Spoiler for JKTCRZYCMNT:

Quote:Original Posted By iin.nguin
ya yang ampuh itu tarif parkir dibuat setinggi langit.
cuma ya itu.parkir liar aja banyak..wkwkwwk
ga bisa diurus lah orang2 indonesia itu

bisa bisaa... bayar parkir dimahalin bisa jadi alternatif lain biar merangsang orang gak pake kendaraan pribadi ya gan
Quote:Original Posted By nashiru

trit sarcasm kayak gini biasanya banyak yg kontra gan, soalnya sebagian besar belum pada baca isi langsung asal komen..
nice trit gan, kalau mau jakarta bebas macet stop penjualan mobil / motor baru dan mempernyaman sarana transportasi umum..

Ya cuma yang otak nya sehat dan nyampe aja yang bisa ngertiin ini thread
bener gan, ane juga setuju cara itu bisa jadi alternatif utk ke depan nya.
Quote:Original Posted By xplone
Transportasi umum sebenernya lebih banyak nilai plusnya sih.
Bisa santai duduk didalem transportasi umum, tanpa mikirin bakal keserempet lah, takut nyenggol mobil orang lah
Bisa bersosialisasi sama orang banyak
Terus murah lagi, 3500 bisa muter-muter Jakarta wkwkwkwk

Gaenaknya sih, terima nasib desek-desekan,
Ya dari pada desek-desekan dijalan raya, nunggu macet ga bisa jalan

ya masalah umum, segala fasilitas kendaraan umum nya gak memadai.. MANA ADA YANG MAU NAIK??
Quote:Original Posted By suryaekaz
Mantab gan.. nice thread..

Ya begitu lah.. Terlalu banyak orang gengsi yang gak mau nik angkutan umum dan lebih memilih naik mobil pribadi.. Kadang kesel.. macet parah.. ngeliat isi mobil cuma 1 orang doang..dalam hati sih.. ini yang punya mobil gak punya otak banget.. Bkin jakarta macet aja..emang si ada faktor yang bkin orang kayak gitu.. yakni angkutan umum yang kurang memadahi..

Yah saya rasa untuk menanggulangi kemacetan, tahap pertama yaitu memperbaiki fasilitas angkutan umum agar orang tertarik menggunakan angkutan umum..

saya gak habis pikir juga yah mengenai busway...
ini angkutan umum buat saya sih nyeleneh.. kenapa??

1. Jalur nya ngambil jalur jalan raya.. Ya ampun.. gak ada busway aja udh macet.. lah ini lagi jalan raya di pangkas untuk busway.. ckckckck.. pake segala dibikin perda gak boleh massuk jalur busway... lah busway aja pake jalur umum koq.. cuma "dilegalkan" dengan ambahan separator dan marking jalur di jalanan.

2. Halte.. Ini siapa sih pengelola busway? gak memperhatikan kualitas layanan.. halte2 pada hancur semua.. Gak serius bikin sarana angkutan umum..

3. Kendaraan yang bobrok..kendaraan rawan kecelakaan seperti mogok, kebakaran, dll.. Saya rasa jangan menyalahkan bus nya.. Tapi salahkan gimana cara nya pengelola me maintenance bis bis nya. Oke bus import dari cina... Kualitas u know lah... Tapi liat disana.. Saya rasa cina memakai bus merk mereka sendiri aman aman aja.. mungkin karena maintenance bus mereka lebih baik.. coba agan agan perhatiin bus bus busway... keliatan sekali tidak terawat... ckcckkcck.. keliatan nya tampilan busway sama dengan kopaja atau metromini jaman bahela... wkwkwkwk..

itu aja sih sedikit komentar mengenai busway yang saya kira NYELENEH..

sukses kan MRT.. (y)

Setuju banget, 1 mobil 1 orang sukseskan kemacetan jakarta
transjakarta nya udah jadi, perawatan nya yang gak dikondisikan dengan baik jadi ya begitulah
lebih mudah membeli barang kan daripada merawatnya

Quote:Original Posted By nicbda
ane masih sering make motor sendiri gan, tapi ane biasanya 2 in 1 kok, jadi menghemat kendaraan di jalan
nahhh tapi ane tuh sering kesel, banyak amat sih orang cuma buat ngantar anak ke sekolah yang sekolahnya deket aja harus make mobil, kan bikin penuh, udah gitu gak cuma 1 atau 2 orang, BANYAK, mau gimana gak macet


NAH! Boleh dicontoh nih buat agan ini..
sering banget gan 1 mobil 1 orang sih, mereka katanya takut panas gitu biar menuhin jalanan jakarta juga lah yang kosong ini

Quote:Original Posted By sulami
cekidot video ini deh gan, soal kemacetan..


makasih gan sharenya
Quote:Original Posted By deniiriyanto
Terkadang memberitahu kebenaran bisa juga lewat kesalahan

cuma laki yang ngerti
Quote:Original Posted By uzzygodenzonen
pengen banget jakarta punya jalur sepeda sendiri kayak di belanda

kalo masalah transportasi umum, memang banyak yang harus di benahi gan. apalagi transjakarta, itu kalo bisa semua bisnya di ganti baru aja dah. belum lagi masalah fasilitas di haltenya yang menurut ane ada yang kurang (macam toilet sama tempat ibadah)

andai.. andaiiiii aja ya..

kurang banget, halte macam apa itu akses nya aja ke halte nya susah diputer2 malah ada yang di tengah2 dan nyebrang tanpa jembatan penyebrangan.
Quote:Original Posted By faldhy1907
hahaaa.. solusi sarkasm

lo laki kl ngerti bacaan ini

salam laki
Quote:Original Posted By space77
Kalau mayoritas semua pakai motor sbnrnya lebih mengurangi ruang yg makan tempat jalanan dibanding mobil.. Mobil kalau yg gunakan hanya 1 - 2 orang aja mending naik motor dr pada mobil.. Ane jg salah satu pengendara motor utk sehari2..

ya kita sebagai pengendara motor tetep aja disalahin bagi pengendara mobil
tapi kita yang pengendara motor juga tetep nyalahin pengendara mobil sih kalo mereka 'cuma' pake 1 mobil buat seorang
mending naik motor aja space bisa 4 orang satu mobil tuh boii

Quote:Original Posted By rechtkid
tulisan sarkarsme, coba detailin solusi jgn cuma nulis sarkasm, ada yg bisa diterapkan ga?

bagus karena agan sudah mengerti ini tulisan sarkasme, sayang pengetahuan agan tentang sarkasme belum mencapai level normal.
penerapan nya adalah apa yang sudah saya 'NAKSALEJ' itu gan

Quote:Original Posted By greensmoke02
nusuk gan! reader bego pasti ngatain TSnya bego, hahaha

Ya kita lihat aja yang otak nya nyampe yang mana
Quote:Original Posted By freeska
stop impor motor dan mobil......


masalahnya jepang mau kagak?belum lagi kalo semua dealer pada bangkrut

jepang? negara lain kok diurusi, negara sendiri gan lebih parah kondisinya.
mana berani pemerintahan kita blokir pembuat mobil gitu, mobil lokal aja gak kedengeran kabarnya
yakali dari 250jt orang gak ada yang bisa buat mobil bagus.. ya gak sih?
Quote:Original Posted By bolbas
nanti klo dibuatin mrt kayak dinegara2 lainnya paling juga kena tangan usil orang orang g bertanggung jawab,mental kita gan kudu diperbaiki

ya pasti deh, kalo gak kotor ya kotor.. dicoret2 gak terawat
tapi kalo diliat dari perawatan kereta sendiri kayanya udah mendingan gan bersih juga enak nyaman
Quote:Original Posted By fahmilennon
alhamdulillah udah hampir setahun gua naek sepeda ke kantor maupun ke kampus

hasil nya uang gua bisa nyimpen hampir 1,2 juta per bulan ganti dari bensin parkir dll
badan gua sehat
pernapasan lancar

dan yang paling penting bisa ngeledekin para pecinta kendaraan pribadi
ketika macet pas naek sepeda

dengan tampang bangga dan songong gua ledekin para pecinta kendaraan pridadi dan kredit ituu hahahha

Nice gan, pola hidup sehat emang selalu bagus buat solusi kemacetan, tinggal ya cuacanya didukung aja sama jalurnya yang lebih disediain ya gan..

Quote:Original Posted By galileoarius
ini yang jadi perhatian gue sih.
di sisi masyarakat terutama yang menengah ke atas, males naik semacam transjakarta atau commuter line. alasan yang paling klasik sih armadanya kurang.
di sisi penyedia transportasi umum ( pemerintah, pengusaha dan seluruh stake holder ya berlaku ), mereka berharap penumpangnya rame dulu baru armada ditambah.

istilahnya sih ya tidak ada yang mau berkorban.

memahalkan dan mempersulit memiliki kendaraan pribadi seperti di singapure pun meneurut gue bukan solusi karena Indonesia termasuk salah satu negara industri sekaligus pemakai.

-mengurangi subsidi juga kasian ke rakyat kecil dan menengah.

solusi satu-satunya sih, ya sentra ekonomi indonesia harus dialihkan sebagian ke daerah-daerah lain supaya gak terlalu banyak yang ke jakarta

pemakainya kurang ramai? hello... tiap hari itu transjakarta penuh mulu dan halte desak2an masih aja tuh pemerintah gak perbanyak armada, semua tuh butuh kepastian.. kalo rakyat yang ngalah sih gak mungkin, toh jumlahnya 250juta dan akan terus bertambah.. ya pemerintah lah yang harusnya sih bisa ngertiin masyarakatnya.. toh kita kan manja gan




komentar2 lain nya pada bagus2 dan mendukung serta ada juga yang otak nya gak sampe alias mencerca karena emang gak baca ataupun memang kontra

terimakasih kaskuser semua,
sampai bertemu di lain thread dan kesempatan
masuk akal, logis, dan empiris
macet adalah hal yg menyebalkan gan
tapi macet bisa juga menjadi cara buat melatih ke sabaran
bawah ane toko mapan ato cc approve
ane juga masih pake motor gan


makasih
Jakarta tambah padet bray, semua ke jakarta

Kemacetan menurut ane penyebab utamanya krn tatakota yg sembrawut bray
Quote:Original Posted By septiansendi
masuk akal, logis, dan empiris

sarcasm reply

Quote:Original Posted By nietche1
macet adalah hal yg menyebalkan gan
tapi macet bisa juga menjadi cara buat melatih ke sabaran
bawah ane toko mapan ato cc approve


macet adalah solusi.
solusi untuk membuat kesabaran lebih tinggi
hmm bolehjuga tuh mas bro semoga dah ga macet lg
Cicilan mobil / motor makin murah
+
Angkutan umum rongsok

SELAMAT DATANG DI JAKARTA


dulu waktu ane kecil bokap mau kridit motor CB aja susahnya minta ampun syaratnya,
sekarang mau kredit mobil cuma butuh copy KTP+KK
gimana ga makin macet ditambah ma buruknya peayanan n fasilitas kendaraan umum yang ugal2an, banyak copet, suka mogok hadeeh
Transportasi massal cukup efektif tapi fasilitasnya harus memadai dan harga yang relevan
Kebanyakan mobil pribadi adalah penyebab kemacetan dan juga taksi.
Setiap lampu merah dijakarta harusnya ada 1-2 petugas polantas yang berjaga.
Berantakan gan susah ditatanya entah butuh berapa puluh tahun biar jakarta rapih
setuju banget gan, ud dibuatin fasilitas mahal2 harusnya dpakai n djaga, lebih bagus lagi klo pada sadar naik sepeda lebih sehat hehe walopun panas2an dikit yg penting segar bugar
ane punya ide gan.. gimana kalo semua orang diem aja di jalan, biar jalannya yang begerak. pasti ga macet gan..
Alternatif kendaraan seperti sepeda juga bisa menjadi solusi Jalanan Sempurna Jakarta asalkan disediakan jalur khusus sepeda dengan kanopi yang mencegah panas dan juga hujan

itu gmn gan??

masa sepanjang jalan ada atap untuk pesepeda?? mnding tiap jalan ada pohon rindang biar g kepanasan.
mnrt ane jkarta macet tu karna pusat pemerintahan dan pusat perekonomian ada di jakarta. anggota dpr, anggota dprd , karyawan swasta, karyawan tv berangkat di jam yg sama, macet dah . andai kata pusat perekonomiannya bukan di jakarta, pasti g macet deh.
misalnya stasiun tv,kantor pusat usaha pindah ke tempat lain sprt lampung ato serang ato di pulau kalimantan. Nah stasiun tv ,usaha, bangun kantor cabang aj di jakarta, macet jd berkurang deh karena karyawannya sedikit.

gak gitu juga kale..


Tiru noh negara tentangga atau New york (kota tersibuk & terpadat)


ente bilang tarif transportasi mahal?
itu karna banyaknya kendaraan pribadi yg membuat macet
jadi butuh biaya lebih untuk mengurangi kekurangan dalam biaya perjalanan

kalau kendaraan pribadi sedikit dan transportasi umum di banyakin
ane yakin tarif angkutan umum bisa ditekan

Kalau boleh biasakan berjalan kaki (contoh orang luar sana)
Quote:Original Posted By sashimi92
Alternatif kendaraan seperti sepeda juga bisa menjadi solusi Jalanan Sempurna Jakarta asalkan disediakan jalur khusus sepeda dengan kanopi yang mencegah panas dan juga hujan

itu gmn gan??

masa sepanjang jalan ada atap untuk pesepeda?? mnding tiap jalan ada pohon rindang biar g kepanasan.
mnrt ane jkarta macet tu karna pusat pemerintahan dan pusat perekonomian ada di jakarta. anggota dpr, anggota dprd , karyawan swasta, karyawan tv berangkat di jam yg sama, macet dah . andai kata pusat perekonomiannya bukan di jakarta, pasti g macet deh.
misalnya stasiun tv,kantor pusat usaha pindah ke tempat lain sprt lampung ato serang ato di pulau kalimantan. Nah stasiun tv ,usaha, bangun kantor cabang aj di jakarta, macet jd berkurang deh karena karyawannya sedikit.

aelah dikota lain juga macet

Ya penting itu kesadaran masing" aja deh
Quote:Original Posted By zoei
gak gitu juga kale..


Tiru noh negara tentangga atau New york (kota tersibuk & terpadat)


ente bilang tarif transportasi mahal?
itu karna banyaknya kendaraan pribadi yg membuat macet
jadi butuh biaya lebih untuk mengurangi kekurangan dalam biaya perjalanan

kalau kendaraan pribadi sedikit dan transportasi umum di banyakin
ane yakin tarif angkutan umum bisa ditekan

Kalau boleh biasakan berjalan kaki (contoh orang luar sana)


Kok Ente membandingin nya sama amrik..??
Di sana jalanan sepi dan orang-orang bnyk jalan kaki or naik angkutan umum karena pajak kendaraan bermotor sangat mahal..


semuanya kembali ke mental pengguna jalannya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar