Pages


Senin, 25 Januari 2016

Ga naik2 jabatan dikantor?? masup sini gan!

Permisi momod mohon jangan di apus atu dipindah ya…disini aje biar banyak yg baca , engga repost kok mod, ane baru nulis ini buat di kaskus aja.

HT Pertama ane setelah 6thn ngaskus makasi mod
Spoiler for Bukti jadi HT 24 Januari 2016:


Hai gan
Selamat datang di thread ane, semoga agan mau baca dan dapet manfaat dare coret-coretan ane ini.
Thread ini ane tulis dari pikiran ane sendiri gan, jadi ga ada sumber copasnya, cuma ane terinspirasi dari beberapa bukunya John C. Maxwell sama Seth Godin.

Pendahuluan mohon dibaca dulu oke gan
Buat agan/aganwati yang kerja di perusahaan pasti ada keinginan untuk maju atau naik ke level/ posisi/ jabatan berikutnya di perusahaan ato dikantor.
Nah semakin keatas posisi jabatan diperusahaan semakin sedikit lowongan yang tersedia, diperlukan persaingan ketat buat para staf/ bawahan buat dapet promosi.

Biasanya persaingan di perusahaan bikin orang kadang melakukan hal-hal yang ga fair, curang, ga etis buat dipromosiin, termasuk sikut-kanan kiri, injek bawahan, jilat atasan, ato buat beberapa orang yang ga agresif persaingan dikantor bikin frustrasi bahkan akhirnya lebih memilih resign.

Ane juga mau ngingetin bahwa orang kerja diperusahaan itu pada dasarnya karena orang menjadi solusi atau menyediakan solusi, dan untuk itulah dia dibayar dengan gaji.
Apapun kerrjaan agan, baik itu fotokopi dokumen, anter dokumen, ngetik, ngeprint, ngedit, nagih, presentasi, dll. itu karena ada hal/ masalah yg harus diselesaikan
Sebenernya sih juga termasuk enterpreneur/ Wiraswastawan juga dapat uang itu karena bisnisnya dia menyediakan solusi ato memecahkan masalah orang lain.

Jadi supaya jelas dulu nih tujuan ente bekerja gan, jangan gaji tujuannya, ane kurang setuju kalo tujuan bekerja di perusahaan adalah uang.
Yes uang mmg penting dan semua perlu uang, tapi banyak hal-hal lain yang berharga selain uang yang kita dapet ketika kita bekerja, tp itu ga ane bahas sekarang.
Intinya, uang/ gaji adalah result! ato akibat ato hasil, bukan goal ato tujuan (tujuannya ya itu tadi utk menjadi solusi/ mecahin masalah). Itu prinsipnya.

Karyawan dipromosikan untuk naik posisi ato jabatan, biasanya karena manajemen perusahaan melihat potensi yang ada dari agan/ aganwati yang dipandang udah bisa memimpin dan bertanggung jawab sama hal yang lebih besar.

Nah ane mau nyampein beberapa poin yang menurut ane “minimal” kita harus tau dan bisa belajar untuk lakukan.
kalo kita mau naik level (bukan cuman jabatan ya) di kehidupan kita, terutama yang ane bahas disini adalah untuk karyawan dilingkungan kerja di perusahaan. Harapannya supaya agan/ aganwati punya kualitas-kualitas yang bikin agan/ aganwati dipromosiin:

Spoiler for Nomer satu:
1. Agan harus banyak berdoa

Ini bukan klise ato sok suci gan, tapi hal ini membuat perbedaan.
Kita semua makhluk Tuhan, apa-apa yang kita minta, langsung laporin aja ke “bos besar” kita, karena Tuhan jauh lebih berkuasa daripada bos-bos didunia. Dia lebih tau kebutuhan2 kita ato udah pantaskah kita dikasih rejeki yang lebih besar. Dia yang tau motivasi kita yang terdalam kenapa kita pingin dipromosiin. Kalo kita udah layak buat terima tanggung jawab lebih besar, terima rejeki lebih besar, dan bisa membagi berkat lebih besar buat orang lain, pasti Dia kasih “promosi” apapun bentuknya.
So, Pray first!


Spoiler for Nomer dua:
2. Agan harus tau teknis dan perform well

Sebelum agan/ Aganwati “rewel” minta promosi, pastiin agan/ aganwati adalah orang-orang yang handal dan cakap dalam melakukan tugas2 yang diberikan.
Jangan sampe agan/ aganwati jadi orang omdo ato omong besar tapi ga ada hasil, yang penting adalah kualitas hasil kerjanya, bukan sibuknya.
Ga ada shortcut buat jadi pemimpin yang baik, karena pemimpin yang baik dan benar adalah dia yang udah pernah ngelewatin proses dari bawah ato pernah bekerja keras dimasa lalunya.
Memang sih ketika agan/ aganwati jika nantinya udh berada diposisi atas, ga perlu lagi melakukan hal-hal teknis sendiri. Tapi gimanapun juga harus bisa ngejelasin “how to” nya sama bawahan2 agan/ aganwati kelak.


Spoiler for Nomer tiga:
3. Agan harus berbeda dan lebih

Jadi berbeda bukan berarti nyeleneh dan jadi badut dikantor ya gan, tapi lebih pada ada “sesuatu” yang agan/ aganwati miliki yang ga dimiliki sama rekan-rekan kerja yang lain. Kadang hal kecil bisa bikin perbedaaan, mungkin talenta-talenta lain yg agan miliki yg bisa bantu temen ato atasan dikantor, contohnya misalnya agan bantuin troubleshooting komputer karena agan ngerti komputer, bantuin ngasih info ato ga pelit ngasih data, suka komunikasi ato ramah sama rekan kerja , dan banyak hal bagus lain yang bisa bikin agan berbeda dan lebih daripada rekan kerja lain, coba agan/ aganwati pikirin, apa kelebihan yg dimiliki, pasti ada. Ini juga merupakan cara positif untuk menonjol, bukan cari muka, bukan ngejatohin orang, bukan ngelobi. Menurut bukunya Seth Godin agan/ aganwati kalo bisa jadi orang vital dikantor, yg kalo ada agan/ aganwati kerjaan dan komunikasi jadi clear, lancar dan kelar/ beress.


Spoiler for Nomer empat:
4. Agan harus punya kualitas leadership

Leadership adalah pengaruh ya gan, jangan salah maksud sama posisi ato jabatan.
Jadi kemampuan leadership adalah kemampuan untuk bisa mempengruhi orang dengan cara2 yang baik dan benar, kaga maksa ato ngancem, ato merengek, melainkan bisa kerjasama bisa komunikasi.

Pertanyaannya: ane cuma setap gan, ane cuma opisboy gan, ane cuma klining serpis gan, ane cuma bawahan gan, apa ane bisa jadi leader??….jawabannya BISA!
setiap kita minimal jadi leader buat diri sendiri dulu, gimana kita bisa memotivasi diri, disiplin, rajin dan berintegritas, selanjutnya bisa jadi leader dilingkungan kerja teman2 selevel. ketika kita punya kualitas2 leadership yang baik maka akibatnya orang2 butuh kita, kita melayani dan bermanfaat
buat orang lain. Bahkan sampe atasan kita aja bisa kena pengaruh/ leadership kita, karena kita bermanfaat/ penting/melayani mereka dengan baik. Buat lebih jelasnya hal ini ada di buku 360 degree leadership dari John C. Maxwell.


Spoiler for Nomer lima:
5. Agan harus punya good attitude


Sikap itu penting gan, semua orang punya masalah, tapi yang membedakan adalah sikap agan/ aganwati dalam menghadapi masalah. Sikap agan dalam berhubungan dengan rekan kerja dan atasan juga membuat perbedaan. Ane tau gan bahwa atasan itu kebanyakan as*hol* hehehe….tapi gimana kita mampu bersikap dewasa itulah yang membuktikan kualitas karakter kita bener-bener mantab. Dalam bekerja diperusahaan kita ga bisa kerja sendiri gan, pasti suatu saat kita butuh sesuatu ato harus ngasih sesuatu sama rekan kerja, nah sikap2 kita waktu meminta atau memberi hasil kerja ke rekan lain itu juga bisa memperlihatkan baik enggaknya sikap kita.

Pertanyaannya: jadi ane harus ngebaik-baikin atasan ato rekan kerja ane? harus pura2 baik? harus menjilat? jawabanya…ENGGAK!

Jadilah orang yang tulus gan, banyak orang yg bilang dirinya tulus ikhlas…tapi yg bisa tau cuman hati kecil/ nurani kita gan. Kebencian, iri, jengkel, kemarahan emang manusiawi gan, tapi jangan dibiarkan menguasai hati dan sampe membentuk karakter agan/ aganwati.


Naaah itu dia gan hal-hal yang menurut ane penting buat kita ketahui dan coba belajar buat lakukan kalo kita mau dipromosiin dikantor….jangan menyerah kalo belom dipromosiin gan….inget, kembali lagi ke nomer 1 diatas hehehe…

Terimakasih udah baca thread ane gan, semoga bermanfaat.

Kalo agan ada pendapat lain ato komentar silakan gan, klo ada yg nambahin tar ane taro pejwan.

Gimana menurut agan/ aganwati?

Komentar :

Spoiler for Komentar agan2 yg kondisi perusahaannya ga ideal:
Quote:Original Posted By playboycapkapal
kadang smua aspek yg agan jelasin diatas tidak berlaku di bbrapa prusahaan/instansi aplg yg udah pke budaya boss adalah segalanya. mo piner good attitude and best leadership klo boss nya ga suka ya ga bakal naek2 promosi gan


well itu emang reality gan, saran ane buat yg kerja di perusahaan kaya gini, jangan nyerah dan jadi ber-attitude buruk....inget kalo kualitas agan/ aganwati udah kebagusan buat perusahaan itu berarti waktunya ganti perusahaan gan. Tapi dari pengalaman ane biasaya karyawan yg tukang ngeluh itu pasti ada kurangnya di salah satu ato bbrp poin ane diatas


Quote:Original Posted By erick113
Semua itu tergantung manajemen perusahaan gan,secara ditempat kerja itu musuhnya banyak,persaingan jahat dimana teman bisa jadi lawan.
Beda lagi si wajah bertopeng,karyawan bermuka dua,pencari perhatian,dimana haus jabatan suka fitnah kawan,banyak teori nol praktek,cari aman dalam kesalahan penuh kemunafikan.
Ane aja yang senior 7th aja ga naik pangkat,naik gaji cm setahun sekali ngikutin aturan UMR daerah,banyak teman baru sekedar cari muka padahal kenyataan juga biasa aja kerjanya itu jg aku yang ngajarin supaya pinter.
Eh udah pada pinter ane malah dilupakan,,kampreetkan!!
Yang penting cintai pekerjaanmu bukan perusahaanmu,nikmati hasil kerja keras demi kepuasan. Tunjukin kemampuanmu jgn cm teori,semua itu untuk mengasah kreatifitas kita lebih jauh agar kita diakui rekan kerja toh jika udah percaya pada kita pasti akan ada secercah harapan. Dan jika ada waktu ambil job diluar jam kerja kita sebagai tambahan yang penting usaha.
Rejeki Tuhan yang mengatur, tetap berdoa dan berusaha.


Sip gan ane sarankan agan lebih ke poin 1 dan 5 supaya karir makin mantab


Spoiler for Komentar agan yang Wiraswasta ato Enterpreneur:
Quote:Original Posted By uklunk
Mau jabatan setinggi apapun tetep aja jadi "babu" orang gan. Mending jadi enterprenuer, mau usaha sekecil apapun tetep aja jadi bos

Betul gan, nah untuk bisnis agan supaya lebih sukses, prinsip2 diatas juga berlaku loh gan...bisnis mau sukses agan harus berdoa, tau teknis nya supaya ga diboongin anak buah, punya keunggulan dan perbedaan daripada pesaing, harus bisa mimpin anak buah, dan harus bersikap baik supaya lancar kongsian, disukai kastemer dan anak buah.


Update!
Spoiler for tambahan ane:
Ane ga menyangkal realitas kondisi perusahaan tempat kita bekerja memang kadang jauh dari ideal. Kadang ada orang2 yg belum patut dapet posisi tinggi tapi udah dipromosisin karena mungkin hal politis, like and dislike, hubungan kekerabatan, hubungan kedaerahan, dll yg dipandang engga fair....well untuk kondisi itu ane mo ngutip kata-kata atasan ane nih "Gold will be gold"...emas bakal tetep emas, mo dibakar, mo diinjek, mo dibanting, ya tetep emas....kalo agan punya karakter baik, kinerja baik, kepemimpinan baik, sikap baik, dan rajin sembahyang ga usah minta2 pasti akan datang saatnya agan dipromosiin, bisa aja naik jabatan ditempat itu, ato dapet jabatan yg lebih baik diperusahaan lain....jadi jangan menyerah gan


sumber ilustrasi=google
setuju deh sama agan hehehe
ane ngga naek naek juga tetep stay cool
yang penting masih bisa kerja gan ,disaat yang lain masih kembang kempis nyari lowongan sana sini
ane naikin bossnya aja, kalo cewe
nyimak dlu bray
Quote:Original Posted By nashroel
ane naikin bossnya aja, kalo cewe



ide yg bagus gan.
di tunggu pideonya
Quote:Original Posted By pe.coret
ide yg bagus gan.
di tunggu pideonya



Nah ini yg ditunggu tunggu..
Quote:Original Posted By nashroel
ane naikin bossnya aja, kalo cewe


njir greget bner dah ente
jade baper gan kalo masalah gaji bawaannya
Quote:Original Posted By pe.coret
ide yg bagus gan.
di tunggu pideonya



Quote:Original Posted By m00n2718
njir greget bner dah ente



threesome, foursome, BDSM, BMKG,BLBI....
gud inpoh masgan
Jabatan naik, tanggung jawab jg lebih besar.
Ane belum kerja gan
Ntar ane terapin deh. Siapa tau ntar naik jabatan terus sampe ane yang jadi boss nya
ane udah tampil beda gan, kalo laporan keuangannya 10 juta ane tulis 1 juta beda kan gan
gua pengen nambahin bray

lo musti nyuci ntuh bool bos lu tiap hari bray

biar lo dapet bonus gede bray

ah elahh...
kadang smua aspek yg agan jelasin diatas tidak berlaku di bbrapa prusahaan/instansi aplg yg udah pke budaya boss adalah segalanya. mo piner good attitude and best leadership klo boss nya ga suka ya ga bakal naek2 promosi gan
ane blom krja gan
bntr lgi ane naik jabatan jdi geek
Quote:Original Posted By nashroel
ane naikin bossnya aja, kalo cewe


klo cow ente yg dnaikin ya gan
Widih
nyimak gan


Gembok jendral
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar