Pages


Senin, 25 Januari 2016

Kamu Pernah Mainan Kayak Gini Berati Kamu Anak Indonesia Sejati [MELESTARIKAN BUDAYA]

WELCOME TO MY THREAD


ALHAMDULILLAH, HT Ke 2 dari Sekian banyak Thread yg Ane buat. Tapi gk papa . Makasih Mimin , Momod , Member semuanya .. Jangan Bosen mantengin Thread' ane

Quote:PEMBUKAAN

Anak-anak Indonesia saat ini sudah disibukan dengan smartphone di tangan mereka, seiring berjalannya waktu mungkin akan banyak hal-hal seru yang mereka tidak tau. Salah satunya adalah permainan tradisional, permainan yang mungkin sudah tidak akan ada lagi .
Seru tauk mainan kayak gini, mungkin kalau kamu anak yang lahir tahun 90an udah pernah ngerasain mainan seru ini, tapi yang lahirnya udah di tahun 2000an, jarang dari mereka memainkan permainan tradisional ala anak cerdas Indonesia ini.

Selain Smartphone, tv juga menjadi salah satu sebab anak-anak Indonesia malas beralih dari duduk antengnya, tau sendiri acara tv sekarangkan, acara kartun udah jarang, sedangkan sinetron dan manusia jadi-jadian merajalela, tidak sedikit anak-anakpun ikut menirukan apa yang sudah dilihatnya di tv.

Untuk orang tua yang sayang anak, jangan terburu-buru memberi anak mainan berupa smartphone, karena dampak negatifnya jauh lebih banyak ketimbang dampak positifnya. Sinetron di tv juga memiliki dampak negatif yang sangat besar, sekarang ini lebih baik nggak punya tv daripada anak-anak rusak gara-gara acara tv.

Coba kita flashback, permainan apa aja yang seru dan bisa dimainkan anak-anak kecil dulu. Positifnya, anak menjadi lebih aktif dan lebih cerdas. :


Quote: Pletokan Bambu



Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki permainan tradisional yang satu ini. Pletokan bambu namanya, sebuah senjata mainan yang terbuat dari bambu, biasanya mainan ini menggunakan peluru yang terbuat dari kertas dan sudah dibasahi atau bisa juga menggunakan kembang jambu. Kalau kamu pernah mainan yang namanya pletokan bambu ini, berati kamu sudah menjadi anak Indonesia sejati.


Quote:Main Karet Tipe Satu



Kenapa namanya main karet tipe satu? karena nanti ada juga permainan yang menggunakan karet, dan akan dinamakan main karet juga. Main karet model begini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki.


Quote:Main Geret-geretan Pake Plepah Pohon Kelapa



Permainan geret-geretan ini bisa dimainkan oleh banyak orang, dengan cara dua orang saling bekerja sama, yang satu menjadi supirnya alias yang narik plepahnya, sedangkan yang satunya lagi menjadi penumpangnya. Plepah yang digunakan adalah plepah kering, siapa yang sampai digaris finis duluan, maka dia yang menang.



Quote:Membuat Gelang dan Jam Mainan



Saking kreatifnya, anak-anak jaman dulu suka membuat gelang dan jam tangan mainan menggunakan janur/daun dari pohon kelapa. Setelah itu mereka akan berubah menjadi power ranger atau satria baja hitam. hehe…


Quote:Petak Umpet



Ini adalah model permainan yang nggak kalah seru lagi, yang satu memejamkan mata yang lainya ngumpet, yang berhasil ditemukan pertama kali maka dia gantian jaga untuk memejamkan mata.


Quote:Lompat Tali



Permainan ini biasanya di mainkan oleh anak perempuan, cara bermainnya adalah karet dipegang oleh dua orang dengan tinggi yang sama, jika karet berhasil dilompati, maka dua orang yang memegang karet tadi harus menaikan karet lebih tinggi lagi, dan begitu seterusnya. Ada juga lompat tali yang mainya hanya lompat lompat dan lompat saja, sesuai dengan ketentuan dan bagaimana peraturan mainnya.



Quote:Dolanan Gatheng



Gatheng adalah sebuah permainan ambil batu letakkan batu dan tangkap batu. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki ataupun anak perempuan.



Quote:PENUTUP

Itu tadi beberapa permainan tradisional yang mungkin perlu kamu ketahui, buat catatan aja, mana tau ada yang kangen pengen main kayak gitu. hehe…

Oya, ini ada pesen dari anak kecil buat pak presiden. Mana tau pak presiden bukak KASKUS dan liat gambar ini:




Quote: Kalo Bermanfaat , Dan Bisa Diterima Bolehlah Kasih Saya

Sebagai Rasa Terima Kasih

Quote:Komentar Bermutu
Silahkan Berkomentar Dengan Sopan Dan Bijak , Karena Dari Komentar Kalian, Bisa Menginspirasi banyak Orang


----------------------------------------------------------------------------

Quote:Original Posted By edwardeor
Semua permainan berubah setelah lulus SD
Ane paling kangen mandi di kali sama temen2 SD ane. Dulu pake 'gedebok/pelepah' pisang buat 'ngeli'

Ane cari tau di internet sekarang tempatnya dibuat wisata arum jeram



Quote:Original Posted By fafaservice
Sebenarnya masih banyak lagi gan permainan Tradisional dan itu bikin kangen untuk kembali menikmati masa kanak-kanak dulu.Misalnya

Gobak Sodor, Patil Lele, main perahu-perahuan dari gedebong pisang di sungai, dan banyak lagi gan.

Semua permainan tersebut membuat kita bersosialisasi dengan teman-teman, memancing kreatifitas dan daya hayal kita untuk memunculkan ide-ide kreatif, sportifitas, kebersamaan dan lainya.

anak-anak jaman sekarang, kurang mengenal permainan ini, bukan hanya anak-anak diperkotaan saja, namun anak-anak di desa-desa juga banyak yang ngga kenal dengan permainan ini. Semua karena di kalahkan oleh Geget, internet yang bersifat individual yang akhirnya mengakibatkan anak kurang bergaul, bersosialisasi, dan yang paling menyedihkan, kurang bisa menghargai dan menghormati orang tua sendiri, dan orang lain. sifat idividual lebih menonjol daripada kebersamaan, dan lainya.



Quote:Original Posted By grahairpan
setiap anak punya masanya masing-masing gan. orang tua kita ngetawain masa anak-anak kita, kita ngetawain masa anak-anak sekarang, bisa jadi anak-anak sekarang akan ngetawain masa anak-anak selanjutnya karena berbeda dengan masa anak-anaknya dulu.
itu namanya perkembangan jaman. bisa jadi nanti pola pikir mereka lebih maju dan modern daripada kita.
#generasi90an



Quote:Original Posted By badutpelawak
aaah, ane sering maen peletokan sampe udahannya berantem beneran sama temen gara2 peletokan. Tapi namanya anak Indonesia yang belom kena sinetron jahat, sorenya berantem gara2 peletokan, paginya udah maen gambaran lagi... gan



Quote:Original Posted By deadly.sin
Pernaaahh semua gan , tapi beberapa permainan di domisili beda namanya gan, sepertipletok bambu = tulup lompat tali = main karet petak umpet = prancis, tah knp ini dibilang prancis ane juga gatau




Quote:Original Posted By felinio1999



Moga Moga Permainan tersebut terus di mainkan dan tidak punah di makan jaman


Quote:Original Posted By pentolpuyuh
Mainan ane jaman kecil yg udh ilang : _dlm bahasa jawa yak)
1. Patil lele : pake 2 tongkat kayu uk pnjang dan pendek
2. Engkleh : loncat2 1 kaki pake gambar kotak2 di tanah
3. Gaada namanya tp dia mainan pake stik sate yg terurai random dan diambil satu per satu tanpa menyentuh


Quote:Original Posted By fajarxaditya
ane bersyukur pernah maen itu semua gan
btw, ini komen ane untuk penutupnya gan.

Spoiler for pesan:
Untuk membuat perubahan harus saling intropeksi gan.
Dari pihak KPI, pemerintah, ataupun orang tua.

Selama sinetron, reality show yg tidak bermutu masih mempunyai rating yg tinggi, JANGAN harap bisa hilang dari pertelevisian indonesia.

Yg menjadi benteng utama itu seharusnya ORANG TUA.
Setidaknya mereka membatasi, mendampingi atau bahkan MELARANG anak-anak dibawah umur agar tidak menonton acara-acara tsb.

Logikanya, sinetron punya rating tinggi, punya banyak sponsor, AKAN terus tayang.
Sebaliknya, sinetron punya rating rendah, tidak banyak sponsor, AKAN MENGHILANG dng sendirinya.

Intinya sih, intropeksi diri sendiri (terutama ortu yg punya anak kecil) & tidak saling menyalahkan.


Quote:Original Posted By twisctre
Congklak. Adek gw yg lahir 2000 pas tahu. Bahkan pernah ngacak ngacak congklak pas gw lagi main

Sama dulu adek gw suka masak masakan di rumah, kadang pake lagu dubidubidam (yg setelah lama ga denger tiba tiba gw denger di RRI pekalongan pas lagi tuning radio)


Quote:Original Posted By ufoterbang
jadi inget dulu main petak umpet, aturannya cuma boleh sembunyi radius 10 meter dari yang jaga, tapi pelaksanaannya malah pada balik ke rumah masing2, yang jaga ditinggal sendirian di lokasi



Quote:Original Posted By kirayto
satu hal, bwt orang2 "dewasa" gk usah ngebully anak2 jaman sekarang miris lah, cman maen hp lah cman ngegame lah. Sadarlah klo itu jga krna perbuatan orang2 "dewasa" yg ngasih hp keanak biar gk nangis atau utk nunjukin status sosial. Sadarlah klo orang2 "dewasa" juga yg telah menggusur arena bermain anak menjadi konter hp, warnet, cafe dan sebagainya. Jadi akhirnya anak2 jaman sekarang udh gk ada pilihan lain selain ngikutin ap yg ada disekitarnya.

Dan gk jarang pula orang2 "dewasa" itu pula yg sering ngajak anak2 kewarnet dan malah nnton bokep bareng




Quote:Original Posted By end_phetuok
beda generasi beda permainan gan, pas jaman 90an masih marak nih permainan, setelah itu jaman sega, ps dkk, jaman itu sudah lewat skarang di ganti jaman smartphone...

jaman ane SD jangankan HP, telp rumah aja baru masuk tempat ane setelah SMP ... jaman kanak-kanak ane jauh dari namanya teknologi, TV aja cuma kepala PLN aja yg punya, itupun nontonnya cuma pas minggu pagi pas jam nya doraemon, ultraman, satria baja hitam, dkk... tiap pulang sekolah maennya bareng temen" banyak, klo cuma 1-2 orang g seru....

duh malunya keliatan tua



Quote:Original Posted By twisctre


Ada salah kaprah jg di indonesia, masa yg disebut quality time adalah masa kecil sm masa tua semata

Untung belum dikasih gadget yg udh diperingatkan dari 2000 tahun yang lalu. Itu yg ditanam ke badan segala, semoga ga terjadi di zaman ini

Generasi nunduk msh bisa tobat dengan beberapa hari/minggu tanpa gadget dan internet, kalo generasi "bionic" sifat dan perilakunya udh dikendalikan setan, kala mau tobat pikirannya akan disetir otomatis, jd boro boro mau melucuti alat itu, tobat aja gak.



Quote:Original Posted By fafaservice
yach gan,



Tapi kita harus tetap bisa mempertahankan permainan tradisional yang sarat dengan edukasi buat membentuk kratter anakanak sejak dini. jangan sampe juga nanti malah di klain oleh negara lain,kita baru teriak-teriak.







untuk Selebihnya Hanya Tuhan yang tau, Kita manusia cuma Bisa Berusaha
Jika Saya Salah , Tolong Tegur saya . Saya Hanya Manusia . Saya menerima Setiap Masukan dari Agan dan Aganwati semua .


Quote:Sumber
keren gan

Anak Indonesia banget gan
Widih
pernah mblo kangen ane


saya sering main adu tampan akan tetapi saya kesal karena sering menang

salam TAMPAN
Main kelereng sama layangan juga sering gan...
Wihhh jd inget kl dlo ane sukanya bikin mahkota mahkotaan dr daun nangka yg di sambung pk lidi kecil2 sama bikin kalung kalungan dr daun singkong tuh gan
jadi inget main pletokan

mayan sakit tuh kalau kena
Dolanan Gatheng

gateng oh gateng
semuanya hilang ketika android menyerang
ane udah nyoba semua tuh gan, berarti ane Tamvan yak
Quote:Original Posted By cecepraos
keren gan


Makasih gan
layangan gan..
oh yayayayaya .. mantab
Quote:Original Posted By ciikidot
Anak Indonesia banget gan


Iya gan , Bangga Jadi Anak INDONESIA :indonesias
Quote:Original Posted By bagobo
saya sering main adu tampan akan tetapi saya kesal karena sering menang

salam TAMPAN


-_-"
Quote:Original Posted By kutil.pejwan
Main kelereng sama layangan juga sering gan...


Iya Gan , Dulu ane Juga SEring Main ntu
Quote:Original Posted By otihime
Wihhh jd inget kl dlo ane sukanya bikin mahkota mahkotaan dr daun nangka yg di sambung pk lidi kecil2 sama bikin kalung kalungan dr daun singkong tuh gan


Iya , Serasa Jadi Ratu Sama Raja
ane pernah mainin itu semua
Quote:Original Posted By tokomapan
jadi inget main pletokan

mayan sakit tuh kalau kena


Hahaha iya gan , Apa Lagi Pelurunya Yg keras


#GEMBOK JENDERAL
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar